+-

Video Silat


HUT PSN ISMD PUTRA SETIA
canszz
Silat Sambut in slow motion
rontje/langkah/troktok-cipulir kong awih
Tarung Bebas PZH
Festival Silat Kampung Jampang - Golok Seliwa
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
gerak cepat

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: "Silat Tradisional Banten"  (Read 23705 times)

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #30 on: 17/07/2007 21:43 »
ini bukan sms bos, dia janjian ama saya untuk chating online......... ya gitu deh hasilnya........ aneh bin ajaib kan?............. ::)

sempu

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #31 on: 13/08/2007 15:53 »
Salam sejahtera....
Perkenalkan, saya masih anggota baru baik di foirum ini maupun dunia silat banten, malah bisa dikatakan sanagat awam.
Waktu kecil sampai remaja saya tinggal di Serang, tepatnya di kampung Sempu tapi mulai kuliah samapi berkeluarga sekarang ini saya tinggal diu Sleman Yogyakarta.
Dunia silat sudah menjadui bagian dari keseharian walauppun saya tidak ikut silat, hanya kakak-kakak saya yang aktif ikut silat. Saya mendalami bela diri tae kwon do walaupun tidak tuntas. Satu hal menyebabkan saya tidak ikut silat adalah kejadian 2 orang kakak saya yang bertengkar dan kemudioan masing-masing mengeluarkan juruis andalannya, parahnya masing-masing yang keluar adalah "pegangannya" yang berakibat diluar kesadaran masing-masing. Sehingga harus dibuang oleh ayah saya.
Satu hal yang membuat saya ingin mempelajari silat adalah sebuah mimpi, waktu masih kuliah dulu saya pernah bermimpi berikut:
Dalam mimpi tersebut saya diajak bertarung dan saya menggunakan jurus-jurus tae kwon do dan ternyata saya kalah :-(   Tapi di saat yang sama saya ada yang menegur dengan bahasa sunda yang sangat halus yang pada intinya kita pun punya 
ilmu bela diri yang sangat ampuh, dan beliau menyebut nama "silat singandaru". Sebetulnya sewaktu kecil saya ingin belajar aliran silat bandrong dan terumbu karena padepokannya ada disekitar rumah saya di kampung sempu tersebut, tapi setelah disuruh belajar silat singandaru saya jadi penasaran dengan silat singandaru ini yang sampai sekarang saya tidak tahu harus belajar di mana dan belum sempat menelusurinya.
Mungkin dari para senior ada yang memiliki informasinya.
Terima kasih atas infonya
Salam sejahtera.

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #32 on: 21/08/2007 22:20 »
semntara ini saya lum tau tentang silat singandaru ini
mang silat ini aslibanten?

gehan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 110
  • Reputation: 4
    • Email
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #33 on: 23/08/2007 15:17 »
halooo...sahabat....silat ada yang tau tidak silat singandaru????tolong......supaya ceritanya seru :)p :)p :)p :)p

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #34 on: 26/08/2007 22:21 »
lum taw saya ntar tanya2 dulu...........
BTW aq bikin weblog nih tukeran link dunk
klik aj disni http://silatbanten.multiply.com

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #35 on: 02/09/2007 15:00 »
insya allah pada hari jumat,  8 sept 2007 saya dan kawan2 dari perguruan karang tunggal ( silat bandrong ) akan promo dan demo silat bandrong dengan menggunakan iringan musik kendang pencak di SMP Negeri 7 Cilegon
demo yang akan kami lakukan antara lain :
1. Gerakan tunggal / kembang kalangan
2. Gerakan sambutan / kaidah bandrong diringi musik kendang
3. Atraksi alu dan cabang
demo ini saya prakarsai karena kemaren jum'at ada demo karate, dan setelah melihat kepsek yg pribumi banten merasa tergerak untuk melestarikan silat bandrong di sekolahnya dan memangil saya untuk mempragakan demo bersama tim pada tgl tersebut dan saya mengiyakannya. ....
do'akan ya semuanya semoga sukses...... ..klo banyak tertarik siswanya akan diadakan eskul silat tradisional tersebut
dan jadwal persiapan demo dilakukan pada malam kamis di kp. karang dalan bojonegara jam 21.00
nanti hasil liputannya aq add di http://silatbanten. multiply. com
kalo boleh aq kirim artikel ini ke silat indonesia.com bolehkah? dan lewat mana emailnya?
setelah acr selesai nanti

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #36 on: 02/09/2007 15:14 »
ralat hasil liputannya selengkapnya di http://silatbanten.multiply.com

kungfu_boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 0
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #37 on: 19/09/2007 13:59 »
 ^:)^ Saluut untuk Mas Trumbu atas jerih payahnya melestarikan silat.
Tetep semangat mas...... [top]

Wahyudin Al-Bantani

  • Guest
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #38 on: 20/09/2007 16:20 »
Salam kenal,

Wah mas terumbu pembahasannya mengenai silat Banten khususnya Aliran Terumbu  top deh  [top] saya juga waktu kecil pengen banget belajar silat ini cuma waktu itu ortu nggak ngijinin dg alasan terlalu berat buat anak kecil katanya  :'( sebenarnya selain Terumbu, Bandrong, Singandaru apa lagi mas silat tradisional Banten yg ngetop  [top] kalo Jalak Rawi, Perguruan Silat Haji Salam (PSHS) mereka pake aliran apa yah...?

Buat mas sempu Perguruan Silat Singandaru kalo nggak salah ada di Kaujon Serang Banten.

Ok to all senang sekali bisa bergabung di sini nambah2 ilmu pengetahuan ttg silat.

wassalam


trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #39 on: 20/09/2007 16:31 »
ada lagi sipecut, silat ini ampir punah orgnya kebnyakan dah umur dan blum ada nak muda yang berniat untuk belajar adanya di daerah cimerak kelurahan kebon sari kec. ciwandan
kemungkinannya sih pake aliran si pecut karena kebanyakan maen tanganya ketimbang kuda - kudanya .........

Fighter

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #40 on: 16/05/2008 14:07 »
Salam kenal dari Serang (Sayabulu)...
Saya baru beberpa hari bergabung di sahabat silat, dan langsung searching tentang silat Banten, ternyata langsung ketemu tengan Thread ini....

Selain Terumbu-Bandrong, ternyata di Serang banyak juga perguruan2 besar lainnya yang juga memiliki silsilah yang menarik untuk di share disini...
saya hanya tau nama2nya saja, sedangkan untuk sejarah dan silsilahnya belum tau,moggo Kang Terumbu dishare lagi, berikut nama2 perguron tersebut :
1. TTKDH (Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir) - Serang
2. HS (Haji Salam) - Serang
3. Banyu Geni - Serang
4. Macan Guling - Serang
5. Singandaru - Serang
6. Gagak Lawung - Serang
7. Beru Sakti (Cilegon)
8. Garuda Putih (Cilegon)
9. Baye Depe - Serang
10. dll, kayaknya masih ada tapi saya harus inget2 dulu deh, sambil nyari tau data bahwa perguron tersebut adalah perguron silat banten yang tulen.

Selain itu bermunculuan perguron2 baru (baru dibentuk atau baru ketauan saya belum ngerti), terakhir kemarin saya mengikuti Kejuaraan Piala H. Jajuli yang diselenggarakan tanggal 19-20 April 2008 di GOR Maulana Yusuf (alun-alun Timur Serang), ada beberapa perguron yang baru saya dengar namanya yaitu :
:: Tapak Gilang
:: Bayu Seto
:: Macan Stiar
:: Persinas Asad
:: Bintang Lima
:: yang lainnya belum dapet namanya...

untuk yang tau asal-usul perguron2 diatas mohon dishare ya, sambil saya cari2 infonya....

Wassalam

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #41 on: 16/05/2008 16:50 »
wah muncul lagi nih pendekar dari kulon, selamat datang bang fighter, silahkan di urai lagi ilmu silatnya kang  [top]

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #42 on: 22/05/2008 20:46 »
trim kang fighter.... atas infonya

tapi kayanya perguruan ini belum tau asal usulnya asli banten atau bukan....
kalo ada yang tau mohon pencerahan .... ;D
:: Tapak Gilang
:: Bayu Seto
:: Macan Stiar
:: Persinas Asad ( kayanya bukan asli dari banten neh....)
:: Bintang Lima

untuk wil. cilegon yang saya tau selain yang 10 di atas
sipecut ....             kebonsari - Citangkil cilegon
pacar putih ...         Jombang - Cilegon
Bang imi .......         luwung Jite - Jombang
Bandrong Daliran .... Kebondalem - Purwakarta

untuk wil. serang
karang tunggal....  kp.karang dalan - bojonegara

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #43 on: 22/05/2008 20:54 »
yambung lagi ...
wil serang ...
jalak Banten ....      padarincang - serang
lutung kasarung .... ciomas - serang

wil cilegon ...
elang emas ....  sumampir - purwakarta
jalak putih ....   Luwungsawo - kotabumi - purwakarta

sementara itu dulu fren yang aku tau ....  ::)

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: "Silat Tradisional Banten"
« Reply #44 on: 13/06/2008 13:50 »
selain aliran silat yang ada, kayanya kurang pas kalo silat tradisional di banten pada umumnya menngunakan iringan musik atau petingtung sebagai iringan silat dalam berlatih maupun dalam melestarikan seninya. berikut yang termasuk alat - alat musik petingtung....
1. Kendang 1 set ( besar, kecil 2 buah )
2. Gong kempul 3 buah ( gong ukurang sedang ) dari bahan kuningan semua
3. Kenong ( gong ukuran kecil )
4. Kecrek ( berbahan dari plat besi baja ) ada 3 / 2 buah ukuran 5cm x 15cm
5. Gong panggang ( gong yang dibuat dari lempengan plat baja dan dibawahnya dibuat tong kecil diisi air 1/2 dari tong itu )
6. Terompet petingtung ( terompet ini beda dengan terompet kendang pencak pada umumnya, karena purus dan corongnya panjang )

iringan petingtung berbeda dengan kendang pencak pada umumnya dalam hal suara outputnya baik terompet maupun suara kendangnya....karena pada petingtung nada terompetnya panjang dan nada iringan kecrek dan gong panggang yang berdeda bunyinya dengan gong biasa

 

Powered by EzPortal