+-

Video Silat


Silat Festival 2007
Usik Cikalong Pabuci #01
Perguruan Silat Pendekar 9
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
STIKES Ngudi Waluyo Cup Maret 2010
Pencak Betawi
Krida Yudha Sinalika - Performance Silat di acara
West Java Pencak Silat
beksi - Peragaan aplikasi dengan menggunakan golok

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

BENGKEL TULANG NO. 1 DI BANDUNG by cyakwingking
20/02/2015 01:14

[BUKUTAMU] by initial_d
09/02/2015 15:37

Tokoh Gapema by si wiwid
30/01/2015 15:13

Tokoh Gapema by halilintar
26/01/2015 13:40

(Ask) Timbangan di Jakarta by Pangeran Muda
02/01/2015 14:49

Pencak Silat Camp by Garis Paksi by Garis Paksi
29/12/2014 19:25

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [ PPS JURUS ] - Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus -  (Read 10555 times)

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
Assalamualaikum..

Mohon ijin ya rekan-rekan Sahabat Silat untuk berbagi cerita tentang sebuah  perguruan silat tradisional yg pernah saya ikuti.
Keliatannya belum pernah ada yg bahas sebelumnya. Keliatannya juga belum banyak yang tau tentang perguruan ini.


Untuk segenap rekan-rekan Perguruan Silat  JURUS saya mohon maaf apabila kurang berkenan.
Tidak bermaksud untuk melangkahi, namun semata-mata agar perguruan ini dapat dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya, dan warga pesilat Indonesia khususnya.


Insya Allah  bisa menambah ke-anekaragaman dan kekayaan khasanah Pencak Silat Tradisi di Indonesia.






______________________________________________________________________________________

Sebelumnya mohon maaf kalo agak panjang.. khawatir ada info yang terpotong dan menghindari fitnah nantinya, jadi saya tuliskan cukup detail.
Saya akan mulai bercerita dari postingan selanjutnya.




Salam.

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
[ PPS JURUS ] - Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus -
« Reply #1 on: 03/11/2011 08:17 »
Saya mulai dari
Sejarah dan Latar Belakang Perguruan  :


Sejarah Perguruan Silat JURUS ini diriwayatkan berdasarkan penuturan lisan dari guru besar Almarhum Pak Wakribadi yg dulu dikenal masyarakat sebagai Lurah Desa Talang Tegal Jawa Tengah serta dari beberapa kutipan sejarah pencak silat di Indonesia.

Pada masa penjajahan sekitar tahun 1936, Kesultanan Solo dan Kesultanan Cirebon mempunyai prakarsa untuk mempertemukan para pendekar pada masa itu. Perrtemuan ini di prakarsai oleh Pendekar Singa Perbangsa. Maksud dan tujuan pertemuan saat itu adalah untuk mempersatukan dan menggabungkan jurus-jurus ampuh menjadi satu kesatuan yang utuh dan kokoh untuk menghadapi penjajahan.


Tokoh tersebut diatas yang  pada akhirnya memiliki pengaruh besar bagi Perguruan Silat JURUS ini antara lain :
- Pendekar Madi
- Pendekar Kari
- Pendekar Syahbandar dan Khair


Atas kesepakatan bersama maka jurus-jurus dari para pendekar tersebut di gabungkan menjadi sepuluh jurus dan berkembang di daerah desa Penampon, Margaluyu – Jawa Barat, dan terkenal dengan nama “Jurus Nampon”.

Selanjutnya ilmu silat ini dikembangkan oleh almarhum R.M Notokusumo di daerah Ciamis, Jawa Barat, dan menurunkan ilmu silat jurus tersebut kepada murid-murid nya diantaranya Bung Karno, Ki Hajar Dewantara, Mbah Kersen, Syech Haji Sam Nampon, Abah Badri dan murid lainnya.




Perkembangan Awal :

Di kemudian hari, Syech Haji Sam Nampon  dan Mbah Kersen beserta murid utamanya, Bapak Wakribadi mengembangkan ilmu persilatan ini didaerah Padalarang, Jawa Barat, dan juga daerah Jawa Tengah (Tegal, Purwokerto, sampai ke Wonosobo) dan akhirnya menjadi sebelas gerak dasar jurus.

Pencak Silat JURUS ini berkembang sesuai  wasiat Guru Besar, Bapak Wakribadi, yang wafat tahun 1980. Wasiat nya yakni agar perguruan silat ini tetap menggunakan nama “JURUSyaitu singkatan dari Jujur dan Lurus yang memiliki makna falsafah sangat mendalam serta hendaknya dapat mengembangkan dan melestarikan beladiri ini ke seluruh pelosok tanah air.

Pekembangan ilmu pencak silat ini akhirnya memunculkan nama-nama perguruan silat seperti :

Perguruan JURUS Margaluyu di daerah Margaluyu Jawa Barat
Perguruan JURUS Waringin Agung di Jawa Tengah
Perguruan JURUS Seni Penyadar  di Tegal dan Ciputat
Perguruan JURUS Turonggo Seto  di Brebes
Perguruan JURUS Sekar Melati  di Purwokerto dan Semarang
Perguruan JURUS Tri Jaya di Tegal
Perguruan JURUS Panca Husada di Semarang

Sedangkan Abah Badri mendirikan Perguruan JURUS Pendowo di Tasik, Perguruan JURUS Ronggo Jati di Wonosobo, serta beberapa perguruan lain yg belum semua di uraikan.



Pembentukan Organisasi Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus / PPS JURUS :

Murid dari Alm Pak Wakribadi yaitu Bapak Kasan bersama murid lainya akhirnya mendirikan Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus yang sekarang dikenal dengan nama sebutan PPS JURUS,  di desa Sukasari, kecamatan Bumi Jawa, Tegal, dan terbentuk dibawah wadah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang kemudian berpusat di kota Surabaya sebagai badan Pengurus Besar  Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus [ PB-PPS  JURUS  ] di bawah asuhan Guru Besar Bapak Tadjuli dari Cianjur.

Hingga tahun 1995, telah berkembang PPS JURUS dengan kolat (kelompok latihan) :

Kolat - Surabaya
Kolat -  Jakarta
Kolat -  Ciledug Tanggerang
Kolat -  Bandung
Kolat -  Ujung Pandang
Kolat -  Pacitan
Kolat -  Sidoarjo
Kolat -  Lampung

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
[ PPS JURUS ] - Perguruan Pencak Silat Jujur dan Lurus -
« Reply #2 on: 03/11/2011 08:23 »
Menurut pengalaman pribadi saya selama belajar, perguruan ini mengajarkan gerakan-gerakan pencak silat dan di iringi dengan disiplin olah pernafasan yang tinggi.

Bobot materi gerak pencak dan pengolahan pernafasan bisa dikatakan seimbang.
Kalo bahasa keren jaman sekaran  fifty-fifty  alias  50%-50%.

Perguruan ini punya 11 (sebelas) gerak jurus dasar yang biasa kami latih bersama olah nafas setiap latihan. Ke-sebelas gerak jurus dasar ini juga mempunyai makna dan sasaran yang berbeda-beda.

Sekilas mengenai gerak jurus dasar PPS JURUS :

Tendet (teundeut)       = Sasaran ke ulu hati
Pupu bayu                   = Sasaran ke lutut kaki
Jeblag                          = Sasaran ke pundak
Beset                           = Sasaran ke pusar (4 penjuru)
Giles                            = Sasaran ke jantung dan perut
Lewat/Geser                = Tangkisan dan elakan
Begal Pati                    = Sasaran ke 4 penjuru
Pegat/Potong/Belah       = Sasaran ke jantung
Tarik                            = Sasaran ke lengan/tangan
Colok                           = Sasaran ke arah mata
Blegedeg  Bubar          = Sasaran ke segala penjuru




Dari 11 gerak dasar itu juga tercipta rangkaian gerakan kembangan pencak silat yg dimiliki perguruan ini.
Beberapa kembangan ini juga di ambil dari tingkah laku mahkluk alam semesta yang mempunyai keistimewaan sesuai kodrat alamiahnya dari Allah swt Sang Pencipta.

Beberapa kembangan tersebut antara lain :

Kembangan Rakit dan Kawin/Mustika
Kembangan Empat Penjuru Angin
Kembangan Segitiga
Kembangan Gempur Gunung
Kembangan Jalak Pengkor
Kembangan Harimau
Kembangan Kera
Kembangan Pengemis Mabuk
Kembangan Badai Pecah Karang
Dan juga kembangan lainnya.

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Ini baru keren NIH. Sejarah perguruannya banyak menyinggung sejarah perguruan lain, maid, sabandar, Kari Dan mbah khair segala dibawa. Artinya, cimande tambah cikalong  :), jadinya mirip margaluyu. Anehnya, bah khair hid up seabad sebelum bang madi, bang madi hidup seabad sebelum uwak nampon.  :D mesti pada rekonsiliasi sejarah NIH.

harunhdr

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 53
  • Reputation: 26
    • Email
  • Perguruan: Kateda
Mungkin maksudnya para pendekar yang alirannya  berdasarkan syahbandar,kari, madi dan khair. Bukan para pendiri aliran itu yang bertemu langsung karena memang beda zaman hidupnya. Atau dari pihak perguruan JURUS ada keterangan tambahan. Silahkan .....ditunggu kelanjutannya.

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
saya pernah baca di salah satu koran lama (selekta?) tahun 1985 mirip sekali sejarah ini tapi bukan perguruan ini. Menarik sekali, beberapa nama tokoh yang disebut

- Singaperbangsa adalah anak dari Wiraperbangsa yang merupakan adipati dari Karawang yang merupakan keturunan dari Galuh yang hidup pada tahun 1633-1677

- Bang Madi dan Bang Kari adalah guru dari Raden Haji Ibrahim Jayaperbata (1816-1906) sewaktu muda

- Sabandar adalah nama kampung di Cianjur dan menjadi nama tokoh silat yang semula bernama Muhammad Kosim (1766-1880) yg dikenal dengan nama Mama' Sabandar, dan meninggal di Wanayasa, Purwakarta

-Eyang Khaer / Khair / Khoer adalah nama tokoh silat yang dibawa oleh kakek dari Raden Haji Ibrahim Jayaperbata yakni Raden Aria Wiranagara yang lebih dikenal dengan nama Raden Aria Cikalong ke Cianjur sekitar abad XVII

- Nampon adalah nama orang Banjar
- Margaluyu adalah perguruan, andaikan yg dimaksud adalah tempat maka ini adanya di Pangalengan Bdg...

Coba simak juga sejarah aliran Cimande, Cikalong, Sabandar.... atau ikuti juga sejarah Margaluyu, Nampon yang ada di forum ini sebagai perbandingan...

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
@Mas Santrikinasih, harunhdr, one : Iya, jadi pertemuan pada waktu itu adalah pertemuan para pendekar yang kiranya merupakan murid dari ke-4 tokoh tersebut, atau memang jurus2nya berkarakter seperti tokoh2 tersebut.

Kalo ke-4 nya ditemukan, melihat berdasarkan waktu dan umurnya sepertinya tidak mungkin ya.
Tapi ke 4 tokoh tersebut memang menjadi pengaruh terhadap gerakan jurus2 di perguruan ini.

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
Jadi, pertemuan para pendekar itu memang sepertinya kayak yang mas harunhdr katakan.
Bukan para pendiri aliran itu yang bertemu langsung karena memang beda zaman hidupnya, tapi para pendekar yang berasal dari aliran tersebut.


Memang perguruan ini sangat erat kaitannya dengan perguruan Nampon terdahulu.
PPS Nampon memiliki 10 jurus, dan PPS JURUS memiliki 11 jurus.

Meskipun pada sejarahnya terdapat cerita tentang Margaluyu dan Nampon, namun bisa dikatakan, perguruan ini hadir jauh setelah adanya PPS Nampon dan Margaluyu.

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
@bang One : siaapp... langsung bongkar2 arsip Cimande, Cikalong, Sabandar, Margaluyu, dan Nampon..  [[run2]]

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
untuk sejarah Cikalong, para budayawan Cianjur dan penerus aliran ini memiliki catatan yg sudah dikumpulkan sejak jaman generasi II dan III, jadi sejarahnya masih bisa ditelusuri dan dijaga beberapa catatan antara lain
- keterangan Raden Obing Ibrahim, Raden Busrin atau Mama Ucin dan Raden Apit Saat Pertemuan Tokoh-Tokoh Maenpo di Sukanagara pada tahun 1920 yang dicatat oleh Raden Ipung Prawirasudibya, dan ditulis kembali oleh : Raden Memet Muhammad Tohir, AR
- Sadjarah Kabudajaan Pentja, Rd Obing
- Riwajat Guru-Guru nu Ngarundaykeun Penca Cikalong sareng Sabandar di Cianjur, R. Nunung
- Tuduh Kaedah Maenpo tulisan Raden Abad dicetak1961
- Sajarah Cianjur Sareng Raden Arya Wira Tanu Dalem Cikundul Cianjur, tulisan Drs. Bayu Surianingrat, terbitan Rukun Warga Cianjur – Jakarta 1982
- Tuturan Tentang Pencak Silat Dalam Tradisi Lisan Sunda, Yus Rusyana, Terbitan Yayasan Obor Indonesia Edisi Pertama  November 1996

beberapa keturunan dalem Cianjur dan anak cucu penerus aliran ini masih ada dan dapat dimintai keterangannya.

untuk Singaperbangsa, di daerah Banjar (perbatasan jabar-jateng) di km 2 arah dari Jateng dekat Ciaren samping perhutani makam lama en masuk cagar budaya, makam itu Singaperbangsa (?), namun itupun menjadi pertanyaan karena ternyata ada makam Singaperbangsa juga di desa Manggung, Cimalaya..... tokoh itu ada pada abad XVII tahunnya 1633-1677...

coba check juga jurus-jurus tersebut di Cikaret dan Sabandar........


P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
nyimak dulu ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
@ bang one : Alhamdulillah.., terimakasih banyak refrensi nya bang one. Mudah2an bisa jadi maslahat buat perguruan dan semuanya.
ijin pelan2 ngurut sejarah yaa..

@ bang upil : Mangga sok atuh.. disiapkeun heula kopi susu na..




Menariknya kalo dilihat berdasarkan latar belakang dan proses pembentukan perguruan ini, jelas sekali bahwa ada kesamaan konsepsi perguruan yang amat signifikan antara PPS JURUS, Margaluyu Pusat, dan PPS Nampon yaitu

"Meski jurus-jurus nya berbasis pada gerak pencak. Tetapi sesungguhnya adalah ilmu beladiri pernapasan, yang berkharomah tenaga dalam. Yang mana seni beladiri pernapasan saat itu pada akhir decade 1930an belum banyak dikenal oleh masyarakat. Sehingga sulit di perkenalkan atau disosialisasikan. Baru pada tahun 1948 beberapa perguruan perlahan mulai mendaftarkan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan daerah masing-masing (pada tahun ini di awali oleh Margaluyu Pusat, dan selanjutnya diikuti beberapa perguruan terkait)."

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 505
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Assalamu 'alaikum mas rdo736...

Sebagai seorang yang bergerak di bidang security, saya tertarik dengan jurus BLEGEDEG BUBAR  dari perguruan sampeyan... mungkin cocok untuk diterapkan dalam teknik DALMAS.

Daripada ngomongin sejarah, mendingan ngebahas tekniknya aja mas  x-))

Wassalam,
TP

bintang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 6
    • Email
kisanak, bisakah di aplod video-video aplikasinya... contohnya untuk gledek bubar (serangan dari 4 penjuru sekaligus) terima kasih kisanak  [top]

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
Wa'alaikum Salam mas Taufan dan mas Bintang..

Selama pengalaman saya berlatih disini, teknik yang di ajarkan di PPS JURUS mengandung unsur gerak pencak untuk beladiri praktis, olah pernafasan, tenaga dalam (juga untuk pengobatan/terapi), dan beberapa kolat yg berdiri di sekolah-sekolah juga mengajarkan teknik dasar pertandingan silat umum.

Kesemua unsur tersebut diajarkan dengan bobot yang sama, agar para murid diharapkan dapat memiliki wawasan pencak silat yang tidak sempit.

Dari ke sebelas jurus, sebagian besar diaplikasikan pada beladiri (fisik), dan sebagian lainnya di gunakan untuk non-fisik (proteksi, pagar diri, pengobatan, ngampal/beladiri dgn TD, meditasi aktif, dan olah nafas).




Jurus-jurus seperti jurus teundeud, jeblag,  giles, lewat, begal pati, potong, tarik, dan colok merupakan jurus yang sering dilatih dan diaplikasikan dalam rangkaian silat beladiri praktis.
Bentuknya pun amat banyak variasinya karena biasanya digunakan dengan kombinasi lebih dari 2 jurus.

Misal : tarik-giles-colok-potong. Maka bentuk gerakannya akan menangkap tangan seraya menarik dan mematahkan siku, lalu gerakan  giles kearah jantung, dan selanjutnya-dan selanjutnya... (jika variasi jurus tersebut dirubah maka tercipta gerakan yg berbeda)


Nah.., jurus yang mas Taufan dan mas Bintang lagi "lirik" nih, jurus Blegedeg pada bubar, biasa dilatih dalam aspek spiritual nya.
Fungsinya biasanya untuk sapu jagad/melingkari daerah sekitar dengan tenaga dari dalam yang sudah dibangkitkan melalui olah pernafasan.

Jurus "Bubar" ini (begitu biasanya kami menyebutnya), dalam aspek spiritualnya juga sering diaplikasikan untuk membuat pagar ghaib/tidak kasat mata baik untuk pribadi maupun untuk benda2.
Dalam aplikasi beladiri non-fisik/ngampal (kalo orang sering bilang "ilmu kontak") jurus ini digunakan untuk membubarkan serangan yang datangnya dari segala arah (kasarnya, buat kalo "digebukin rame-rame”).

Lalu kalo udah bahas segi spiritual, saya khawatir ada beberapa sahabat disini yg kurang berkenan. Mengingat kita sama2 menjaga image silat bukanlah ilmu sihir, ilmu hitam, dan sejenisnya.
Walaupun pada hakikatnya unsur spiritual dan kebatinan juga amat kental dengan pencak silat.
Jadi nggak terlalu “bar-bar” saya ngejelasinnya. Hihihi.. maklum ya mas..  x-))

Untuk video nya nanti saya usahakan bikin, berhubung teman2 seperguruan lagi pada ikhtiar cari uang.
hehehe..

 

Powered by EzPortal