+-

Video Silat


Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
pendekar - silat ki ontong 3
Bunga Betawi Liar Dayak Kalteng
Pencak Silat Golok Seliwa Bang Husein
Beksi - formasi
Langkah Troktok 01
peragaan singkat ibing Gan Didi oleh Mang Ita/Aki
Ajirasa Sabandar Kari Madi
Tarung Bebas PZH

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

Latihan Xinyi Liuhe Quan (only moslem) by Jenggot Perak
23/05/2014 19:46

Tempat Latihan Usik Cikalong di Bandung by muramasa
09/05/2014 08:19

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"  (Read 133881 times)

pangerancinta

  • Guest
[Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« on: 28/05/2007 21:28 »
Sebuah Fenomena menarik mengenai Silat Jabar yang bernama "Gerak Gulung", sama Halnya dengan Silat Jabar lainnya, Cimande dan aliran lainnya sedikit terdapat Informasi, namun bagaimana dengan silat Gerak Gulung dan bagaimana kisah perjalannya?

Silat inipun di klaim lebih tua dari cimande dan bahkan menurut salah satu sumber di Bogor bahwa gerak gulung adalah "Gerakan Budi Daya" atau kekuatan membela diri yang menjadi Inspirasi gerakan silat di Jawa Barat.

Disebut-sebut tokoh pendekar dari cireboh bahkan nama besar jaka sembungpun masuk dalam mitosnya, lalu bagaimanakah kelanjutan sejarah yang sesungguhnya, yang tentunya dibutuhkan penelusuran ke sumber2 yang bisa dipercaya.

memang di akui ada beberapa perguruan yang mengklaim, silsilah perguruannya dengam gerak Gulung, namun sejauh mana gerak gulung tetap menjadi silat yang asli seperti jaman dahulu. dan Uniknya silat ini belum terdengar namanya di Negeri lain.

sahabatsilat semuanya, adakah rekan2 yang ingin berbagi dengan kami, tentunya baik sejarah, Informasi hingga mitosnya pun silahkan di share disini. karena silat adalah warisan kita (bangsa ini) bukan lagi salah satu perguruan ataupun perorangan. kita semua adalah pewarisnya.

 [top]


======================
SELAMAT YA....TRIT INI MASUK HOT TOPIK
Tetap di pertahankan
============================


[[selamat]]
« Last Edit: 23/10/2009 14:48 by Qsecofr »

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #1 on: 29/05/2007 07:41 »
Sebuah Fenomena menarik mengenai Silat Jabar yang bernama "Gerak Gulung", sama Halnya dengan Silat Jabar lainnya, Cimande dan aliran lainnya sedikit terdapat Informasi, namun bagaimana dengan silat Gerak Gulung dan bagaimana kisah perjalannya?

Silat inipun di klaim lebih tua dari cimande dan bahkan menurut salah satu sumber di Bogor bahwa gerak gulung adalah "Gerakan Budi Daya" atau kekuatan membela diri yang menjadi Inspirasi gerakan silat di Jawa Barat.

Disebut-sebut tokoh pendekar dari cireboh bahkan nama besar jaka sembungpun masuk dalam mitosnya, lalu bagaimanakah kelanjutan sejarah yang sesungguhnya, yang tentunya dibutuhkan penelusuran ke sumber2 yang bisa dipercaya.

memang di akui ada beberapa perguruan yang mengklaim, silsilah perguruannya dengam gerak Gulung, namun sejauh mana gerak gulung tetap menjadi silat yang asli seperti jaman dahulu. dan Uniknya silat ini belum terdengar namanya di Negeri lain.

sahabatsilat semuanya, adakah rekan2 yang ingin berbagi dengan kami, tentunya baik sejarah, Informasi hingga mitosnya pun silahkan di share disini. karena silat adalah warisan kita (bangsa ini) bukan lagi salah satu perguruan ataupun perorangan. kita semua adalah pewarisnya.

 [top]

Salam kenal untuk bung pangerancinta

Sebelumnya saya mohon maaf, tetapi sebaiknya kita harus berhati-hati terutama bila ingin menyampaikan informasi apalagi menyangkut sejarah suatu aliran penca. Soal klaim meng-klaim, sebetulnya siapa saja bisa mengatakan apapun. Aliran ini dari anu dan aliran anu dari ini. Nah tehnik yang biasanya saya lakukan adalah, selain dengan bertanya pada sumber dan mengecek silang informasi, juga dengan mengkaji jurus-jurus yang dimiliki. Apakah dalam kaidah jurus atau gerakan ada kemiripan atau tidak. Dari sana nanti bisa terlihat apakah betul suatu aliran ini menjadi sumber atau justru yang mendapatkan pengaruh dari suatu aliran tertentu.

Saya pikir cukup sekian dulu dari saya. Terimakasih


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #2 on: 29/05/2007 08:37 »
wah menarik sekali neh ceritanya

ada pic posenya gak tuh yang lagi menca-nya 


salam kenal

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #3 on: 29/05/2007 10:14 »
Gerak gulung?...misterius amet ya...pernah denger-denger tapi gak jelas banget...
..ayoo dong yang pernah tau ..yang pernah belajar di perguruan gerak gulung (budi daya)..pada cerita duungg.....gerak gulung tuh apa? kenapa namanya gerak gulung? sejarahnya gimana? siapa guru dan tokohnya? jurusnya gimana? kekhasa-annya apa? gimana perkembangannya dewasa ini..

tanpa ketebukaan dengan niat yang tulus untuk melestarikan budaya kita, ya bagaimana kaum mudanya bisa tau dan ikut dalam proses pelestarian ini??  :'(...

Bisa juga mulai dari cerita temen punya temen tentang gerak gulung..

ditungu ya thread-nya...

S.B.
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

pangerancinta

  • Guest
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #4 on: 29/05/2007 12:06 »
Quote
Sebelumnya saya mohon maaf, tetapi sebaiknya kita harus berhati-hati terutama bila ingin menyampaikan informasi apalagi menyangkut sejarah suatu aliran penca. Soal klaim meng-klaim, sebetulnya siapa saja bisa mengatakan apapun. Aliran ini dari anu dan aliran anu dari ini.

^:)^ Nyuwun semu juga, terima kasih atas sarannya, memang di Thread ini ada tambahan [Fenomena] jadi krn memang sejarahnya nggak begitu jelas dan mitosnya cukup tinggi terutama baru tahap perkiraan2 semata.

tapi sarannya sangat bermanfaat juga buat teman2 lain dan saya, lalu kita mulai dari mana dulu nich, sejarahnya ? kita sama2 nggak tahu pasti.

Buat Pak Moderator, butuh bimbingan di thread ini, sekian :-*

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #5 on: 29/05/2007 12:29 »
baiklah teman-teman semua..
terima kasih atas perhatiannya sahabat pangerancinta :D

sesuai usulan sahabat maenpo, memang benar kita harus hati2 dalam penyampaian
aku setuju, akan tetapi mungkin ada baiknya begini..
tapi ini hanya sekedar usul saja, boleh diterima atau tidak, sambil
menunggu masukan dari rekan2 yang lain..

oke, saran saya.. begini..
apapun informasi yang ada tentang gerak gulung, baik mitos maupun fakta,
baik itu ada sumber maupun sekedar "katanya"
sebaiknya tulis saja disini untuk kita tampung semuanya..

nah setelah itu semua terkumpul,
barulah kita serahkan kepada yang ahlinya mengkritisi untuk dianalisis
dan itu kelihatannya ialah sebagai ahlinya ada banyak disini

yaitu: sahabat maenpo  :) , sahabat parewa :D , sahabat sosrobirowo :D , sahabat pendekar :-*

terus barulah dari hasil analisi itu
tentu saja akan terungkap Fakta sebenarnya dan barangkali juga terjadi penemuan baru
sekaligus menjadi pencerahan buat kita semuanya..  [top]

demikianlah sahabatsilat semua ^:)^
« Last Edit: 29/05/2007 12:31 by kisawung »

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #6 on: 29/05/2007 13:51 »
Setuju kisawung,....

Sok atuh di bahas tentang GG disini (disingkat GG aja ya biar kereen bacanya pake bhs inggris)

silahkan buat yang pernah mewawancara atau ketemu pewaris GG ini di share disini....

ssssttt, katanya semua silat berasal dari GG ini ya, salah satunya Gerak Rasa atau Saka gitu, mungkin ada yang bisa jelasin lebih detail

Ciao

"Mun Hayang Peurah, Kudu Peurih"

baiklah teman-teman semua..
terima kasih atas perhatiannya sahabat pangerancinta :D

sesuai usulan sahabat maenpo, memang benar kita harus hati2 dalam penyampaian
aku setuju, akan tetapi mungkin ada baiknya begini..
tapi ini hanya sekedar usul saja, boleh diterima atau tidak, sambil
menunggu masukan dari rekan2 yang lain..

oke, saran saya.. begini..
apapun informasi yang ada tentang gerak gulung, baik mitos maupun fakta,
baik itu ada sumber maupun sekedar "katanya"
sebaiknya tulis saja disini untuk kita tampung semuanya..

nah setelah itu semua terkumpul,
barulah kita serahkan kepada yang ahlinya mengkritisi untuk dianalisis
dan itu kelihatannya ialah sebagai ahlinya ada banyak disini

yaitu: sahabat maenpo  :) , sahabat parewa :D , sahabat sosrobirowo :D , sahabat pendekar :-*

terus barulah dari hasil analisi itu
tentu saja akan terungkap Fakta sebenarnya dan barangkali juga terjadi penemuan baru
sekaligus menjadi pencerahan buat kita semuanya..  [top]

demikianlah sahabatsilat semua ^:)^
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #7 on: 29/05/2007 17:00 »
ssssttt, katanya semua silat berasal dari GG ini ya, salah satunya Gerak Rasa atau Saka gitu, mungkin ada yang bisa jelasin lebih detail

wuehehehe akang Naga ..

mulai deh dengan gosip mautnya...  [top]

ayo... siapa yang mau nambahin lagi yang kebetulan pernah tahu
(nambahin gosip lagi mah sok atuh)

buat bahan untuk dikritisi nantinya ^:)^
ga apa-apa kan biar forum ini rame dan hidup... kitu.. :D

tapi ingat ya... berdiskusi tetap dengan hati yang lapang dan kepala dingin
bawahnya aja yang boleh panas x-))

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #8 on: 29/05/2007 18:15 »

KI,

Waktu ke Cianjur kebetulan aku satu kamar sama Babe Nani. Cerita punya cerita katanya aliran Babe Nani  adalah Gerak Saka yang akarnya dari Gerak Gulung. Kalau cerita detailnya yang paling tahu Kang Amal Ihsan.

Cuman yang namanya kumpul sama guru silat mau tidur aja kita diajak maen pukulan dulu. Yang aku kagum
dari Gerak saka jurus sangat sederhana cuma 2 kali ( kalau nggak salah ). Yang selebihnya cuma rasa dan ini full beladiri , praktis dan to the point.

Waktu saya diajak main sama Babe Nani tangannya cepat banget dan nggak kasar cuma langsung serangannya menuju ketempat berbahaya ( mata, tengorokan, kemaluan, ulu hati )

Bahkan saya sampai nggak bisa gerak ( kena tap terus ).

Kalau saya lihat percis kayak wing Cun dan ini membuat saya kagum disilat ada yang beginiaan koq telat taunya.

Untung ada forum. Biar terlambat harus belajar nich.....

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #9 on: 29/05/2007 18:20 »
alhamdulillah, terima kasih mas samber gledek

lumayan dapat sedikit info lagi


ayo teman-teman... lanjuut..  ^:)^

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #10 on: 29/05/2007 20:37 »

KI,

Waktu ke Cianjur kebetulan aku satu kamar sama Babe Nani. Cerita punya cerita katanya aliran
Babe Nani  adalah Gerak Saka yang akarnya dari Gerak Gulung. Kalau cerita detailnya yang paling tahu Kang Amal Ihsan.

Cuman yang namanya kumpul sama guru silat mau tidur aja kita diajak maen pukulan dulu. Yang aku kagum dari Gerak saka jurus sangat sederhana cuma 2 kali ( kalau nggak salah ). Yang selebihnya cuma rasa dan ini full beladiri , praktis dan to the point.

Waktu saya diajak main sama Babe Nani tangannya cepat banget dan nggak kasar cuma langsung serangannya menuju ketempat berbahaya ( mata, tengorokan, kemaluan, ulu hati )

Bahkan saya sampai nggak bisa gerak ( kena tap terus ).

Kalau saya lihat percis kayak wing Cun dan ini membuat saya kagum disilat ada yang beginiaan koq telat taunya.

Untung ada forum. Biar terlambat harus belajar nich.....

Salam

Dulu saya pernah belajar Cimande baik di Bandung maupun ke sumbernya langsung di Tarikolot. Setahu saya aliran Cimande sejauh ini masih merupakan aliran tertua yang ada di Jawa Barat. Dan ia ikut mempengaruhi munculnya aliran baru yang kemudian diberi nama Cikalong. Walaupun keduanya terlihat berbeda dalam pola pertarungan, namun masih bisa dilihat dari jurus-jurus Cikalong kaidah gerakan Cimande. Bagi orang awam mungkin gerakan tersebut tidak terlalu
nyata terlihat, karena yang di ambil hanya kaidahnya saja. Dari aliran Cikalong kemudian lahir pecahan-pecahan lainnya seperti Sanalika, Peupeuhan, dan lain sebagainya. Kemudian saat itu di Jawa Barat sendiri juga muncul aliran Sahbandar yang di bawa oleh mama Kosim. Aliran lain seperti yang di bawa Bang Ma'ruf, Bang Madi dan Bang Kari juga sudah melebur dalam Cikalong.

Bila ditilik dari cerita yang di sampaikan oleh bung samber gledek (ini perkiraan saya saat ini) saya ragu bahwa aliran ini menjadi inspirasi bagi gerakan silat di jawa barat. Karena bila aliran ini betul-betul lahir sebelum Cimande, maka seharusnya aliran ini pun ikut mempengaruhi Cimande, terutama bila daerah penyebarannya sekitar Bogor. Hanya saya tidak melihat adanya kesamaan prinsip dengan Cimande. Dalam Cimande dikenal istilah "mapas regang" yang artinya bila dalam suatu perkelahian seorang anak murid Cimande tidak berusaha mengincar bagian-bagian anggota tubuh yang jauh melainkan terlebih dahulu menghancurkan alat serang terdekat. Disini lawan diibuat merasakan sakit yang amat sangat sehingga keinginannya untuk melanjutkan perkelahian surut. Selain itu metode latihannya pun betul2 unik. Berbeda dengan aliran Penca lainnya, Cimande proses latihan jurusnya diawali dari posisi duduk dan langsung dilatih berpasangan dengan teman.

Semoga penjelasan saya di atas cukup jelas bagi teman-teman sahabat silat.

Terimakasih


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #11 on: 29/05/2007 21:03 »
Dalam Cimande dikenal istilah "mapas regang" yang artinya bila dalam suatu perkelahian seorang anak murid Cimande tidak berusaha mengincar bagian-bagian anggota tubuh yang jauh melainkan terlebih dahulu menghancurkan alat serang terdekat.
Mapas regang (mapas = memangkas, regang = ranting) diterjemahkan di Cikalong sebagai kaedah "Peupeuheun tong dilabuhkeun, Labuhkeuneun tong dipeupeuh" (Target buat dipukul jangan ditendang/dijatuhkan, target untuk dijatuhkan jangan dipukul).

T-O-P Kang Maenpo, silakan lanjutkan di thread Cikalong :)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #12 on: 29/05/2007 21:10 »
Dalam Sanghyang Siksa Kanda ng Karesyan disebutkan tentang 7 Maenpo yang wajib dikuasai oleh Raja Pajajaran, Panglima, prajurit dan diajarkan di masyarakat.

Beberapa praktisi maenpo sampai saat ini baru tahap meraba-raba mana saja 7 Maenpo yang diakui kerajaan Pajajaran itu. Dan dari sekian perkiraan itu, mereka baru sepakat di dua maenpo... yaitu: Cimande dan Terumbu.

Ada lagi yang menyebutkan bahwa Benjang Buhun layak masuk ke dalam kelompok tersebut. tetapi banyak dibantah dengan alasan, 7 maenpo tersebut adalah yang maenpo terbaik yang diajarkan ke prajurit untuk berperang, sedangkan Benjang sendiri mungkin kurang efektif untuk berperang. Benjang mungkin sebatas hanya olah raga pertunjukan rakyat, walaupun memang bisa dipakai alat bela diri.
« Last Edit: 29/05/2007 21:40 by bradlee »
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

boencis

  • Guest
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #13 on: 29/05/2007 22:35 »
Quote
Bila ditilik dari cerita yang di sampaikan oleh bung samber gledek (ini perkiraan saya saat ini) saya ragu bahwa aliran ini menjadi inspirasi bagi gerakan silat di jawa barat. Karena bila aliran ini betul-betul lahir sebelum Cimande, maka seharusnya aliran ini pun ikut mempengaruhi Cimande, terutama bila daerah penyebarannya sekitar Bogor.

Boleh ikutan ya kang !! ^:)^

Memang kalo saya baca dari awal, cimande punya sejarah yg jelas, apalagi cikalong lebih jelas lagi, tapi sampai saat ini gerak Gulung memang terbukti ada, dan sampai saat ini memang masih menjadi misteri yang terkesan jadi mitos saja, krn di sinyalir sebagai sumber gerakan silat.

tapi hanya satu sejarah tokohnya saja yang bisa kita telusuri yaitu :
1. Pangeran Jaka Sembung,
2. Pangeran Cakra (cucu prabu padjadjaran yaitu anak dari Kian Santang),
3. Pangeran Sake atau Papak (Anak Sultan Hasannudin Banten)
4. Gagak Lumayung.

dari tokoh ini yang menurut sy cukup menonjol adalah silat dari pangeran Kian Santang.
(Mohon ralat bila ada kesalahan)

sampurasun :)


samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: [Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"
« Reply #14 on: 30/05/2007 07:47 »

Sobat2 pendekar , mudah2an suatu ketika saya coba diskusi lagi sama babe Nani.

Babe Nani bilang bahwa Gerak Saka ini akarnya dari Gerak Gulung. Hal yang unik dari gerak Saka ini karena jurus cuma 2, main rasanya sangat tinggi dan segala sesuatu dinilai berdasarkan kondisi dilapangan ( kalau bisa saya umpamain seperti beladiri systema yang dipakai Pasukan khusus Rusia )

Menurut babe Nani kalau di bogor kalau nggak salah latihannya bersama kerbau. jadi orang yang berlatih memegang 2 tanduk kerbau dan mereka harus mencoba mengendalikan kepala kerbau terutama pada saat kerba mulai menanduk. Disini rasa sangat diperlukan.

silankah dilanjut....

 

Powered by EzPortal