Forum > Aliran Pencak Silat

[Fenomena] Silat Jabar "GERAK GULUNG"

Pages: << < (4/127) > >>

kisawung:


--- Quote from: maenpo on 29/05/2007 20:37 ---Bila ditilik dari cerita yang di sampaikan oleh bung samber gledek (ini perkiraan saya saat ini) saya ragu bahwa aliran ini menjadi inspirasi bagi gerakan silat di jawa barat. Karena bila aliran ini betul-betul lahir sebelum Cimande, maka seharusnya aliran ini pun ikut mempengaruhi Cimande, terutama bila daerah penyebarannya sekitar Bogor.
--- End quote ---

mantap analisanya sahabat maenpo..

namun saat ini kita masih menunggu masukan-masukan info lainnya..
dan jangan bosen untuk menganalisanya yak  [top]

ini Thread Starter nya kemana yak... wahai Pangeran Cinta [polisi]
hadirlah dikau.. mana informasinya lagi :o

Taufan:

Assalamu 'alaikum,

Ijin nimbrung nih... Gerak Gulung sumber dari semua aliran pencak silat di Jabar? Lebih tua dari Cimande? Jurusnya cuma 2? Jaka Sembung, Gagak Lumayung? Wah menarik dan misterius tuh... kok bisa luput dari investigasi Mas Oong dibukunya Pencak Silat Merentang Waktu ya?!

Buat sahabat2 yang tertarik mendalami sejarah... hal ini merupakan tantangan untuk mengurai misteri Gerak Gulung.

Saya lebih tertarik dengan pendekatan samber gledek yang langsung "diskusi" dengan praktisi Gerak Saka, Babe Nani. Dari pengamatan dan pengalaman yang didapat mas SG, saya tergelitik untuk memberikan perbandingan dengan pengamatan dan pengalaman saya ketika berdiskusi dengan Pak Yosis, Guru saya di Bandarkarima.

Tingkat tertinggi di Bandarkarima adalah Kumaitu, bisa diterjemahkan secara bebas "kumaha itu" atau bagaimana sikon yang dihadapi. Seorang pendekar yang telah mencapai tingkat ini sudah tidak main jurus lagi tapi main rasa...

Eittt... maaf ntar disambung lagi. Ada meeting euy!

Wassalam,
TP

Nagapasa:

Menarik sekali  8)

ambil jojodong, duduk paling depan sambil makan seupan boled...  [kodok]

ery:


saya nggak tahu apa itu jojodong maupun seupan boled... tapi saya duduk depan juga sebelah kang nagapasa  :)

boencis:


--- Quote ---Ijin nimbrung nih... Gerak Gulung sumber dari semua aliran pencak silat di Jabar? Lebih tua dari Cimande? Jurusnya cuma 2? Jaka Sembung, Gagak Lumayung? Wah menarik dan misterius tuh... kok bisa luput dari investigasi Mas Oong dibukunya Pencak Silat Merentang Waktu ya?!
--- End quote ---

Kalo nggak salah ada filosofinya yg pake bahasa sundanya ane lupa, kira2 gini katanya "ada tapi tidak ada, tidak ada tapi ada!!" ::)


Pages: << < (4/127) > >>

Go to full version