+-

Video Silat


Beksi, Peragaan Jurus #02
Pencak RONTJE Cipulir
Seni Beladiri Maen Pukulan Sabeni Tenabang (Demo K
Sabeni Rahmat performance 3, Jambore Pencak Silat
cikalong onAction #02
Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
bandrong on action
persinas asad

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: [Profil] Pencak Silat Cimande  (Read 51858 times)

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #105 on: 16/01/2008 21:29 »
@ Mas Java: Nanti kalau saya pulang bulan Juli antar saya ke pijat Cimande ya, banyak nih yg harus dibetulkan, cedera2 lama :)
Salam
Chandrasa

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #106 on: 17/01/2008 08:52 »
@mas Chandrasa
Ide bagus itu, otot & urat yg melenceng memang perlu direstrukturisasi ke ahlinya. Kalau model pengobatan kita khan pakai tori trial and error, bisa sembuh syukur tapi sekiranya tambah akut baru ngeluh sakit.   ;D

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #107 on: 17/01/2008 08:55 »

Kalau kita berkunjung ke cimande, maka tidak hanya ada satu cimande, satu kampung disana memiliki silatnya masing2 dan namanya semuanya cimande, perbedaan nyaris tidak ada bila kita lihat dari ciri gerakan khas cimande, kalo gerakan jurus mungkin saja ada yg beda satu guru dengan guru lainnya.


Salam

Menarik sekali memang membahas aliran pencak silat yang satu ini. Pertama, karena aliran ini dianggap yang tertua di daerah Jawa Barat sehingga juga turut mempengaruhi perkembangan aliran-aliran pencak silat yang muncul belakangan. Dan yang kedua, karena kekuatan lengan serta kaki yang keras seperti baja sehingga dapat membuat siapa saja yang pernah berhadapan dengannya menjadi kecil hati.

Dari pengetahuan yang saya miliki, di kampung tarikolot, daerah yang dianggap merupakan asal muasal aliran Cimande, hanya ada satu silat Cimande. Adapun perbedaan jumlah jurus serta pola latihan dalam jurus buang kelid (kedua hal ini yang paling sering terlihat disana), tidak semerta-merta menjadikannya Cimande yang lain. Hal itu hanya merupakan "karesep" masing-masing guru yang mengajarkan. Jadi selama tidak meninggalkan kaidah-kaidah pencak silat Cimande, tetap dianggap sebagai satu aliran.

Lain kali disambung lagi, dan mohon maaf bila ada kata-kata saya yang salah...



- Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur -

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #108 on: 17/01/2008 09:27 »

Sebetulnya ada hubungankah antara silat Cimande dg ilmu pengobatan Cimande mis; penyembuhan patah tulang, keseleo, terkilir, salah urat dsbnya?


Numpang komentar juga ...
Kemaren waktu kami rame-rame ke tarikolot hal ini juga ada sedikit dibahas..
Dari informasi yang kupahami bahwa dalam maenpo cimande; ilmu pengobatan adalah salah satu aspeknya, bagian tidak terpisahkan dari maenpo cimande, selain seni, beladiri, budaya dan lain-lain..

Katanya sih, dulunya ilmu urut ato pengobatan cimande lahir dari hasil mempelajari anatomi manusia secara mendalam, mulai dari tulang, urat-uratnya dan semuanya..
Dengan mendalami anatomi (ilmufaal) ini akan diketahui titik lemah tubuh manusia (musuh) yang bila diserang (pukul/tendang) maka akan berakibat fatal atau kerusakan.

Selain itu ketika latihan cimande juga banyak terjadi benturan tangan yang keras, yang untuk mengecilkan akibat sampingannya digunakanlah minyak dan urut..

Singkatnya, dengan mengetahui titik dan tempat lemah tubuh dan tahu merusaknya, seorang pendekar dituntut untuk tahu cara memperbaikinya..maka berkembanglah ilmu pengobatan ala cimande..

Bersamaan dengan itu alat dan sarana untuk pengobatan/urut dan lain lain juga berkembang. Minyak cimande yang kita kenal sekarang sejatinya adalah 'minyak pencak', yg biasa dioleskan pada tangan praktisi cimande; yang lambat laun dapat digunakan semata untuk urut/pijat. Demikian juga pengetahuan tentang tulang, otot, sendi dan cara menyambungnya..

Ada yang mengatakan bahwa pengobatan (urut/pijat/patah tulang) aslinya adalah bagian tidak terpisahkan dari maenpo cimande tradisional. Pengobatan tersebut lahir dari pencak cimande. Yang saat ini berkembang lebih lanjut untuk melayani pengobatan saja tanpa mengajarkan beladiri.

Demikian yang saya pahami dari hasil kunjungan dan wawancara dengan para sesepuh dan praktisi cimande di tarikolot...hasil pemahamanku ini belum tentu benar, maklum masih belajar mendengarkan :)

salam

S Birowo



Wah salut untuk kang Sosro Birowo.

Memang benar, pengobatan urut Cimande lahir karena tuntutan dari latihannya sendiri yang sengaja "merusak" beberapa bagian dari anggota tubuh yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk mencegah cedera akibat benturan-benturan yang dilakukan pada saat latihan.

Namun pada saat ini, perkembangan urut Cimande ternyata lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan pencak silatnya. Sehingga yang terjadi adalah banyak orang yang ingin belajar metode urutnya saja, tidak disertai dengan mempelajari pencak silatnya. Atau dalam beberapa kasus, ia hanya belajar jurus ala kadarnya saja.

Bila ingin mengetahui apakah seorang tukang urut Cimande itu asli atau tidak memang bukan perkara mudah. Yang paling penting, ia harus kenal dulu apa dan bagaimana Cimande. Bagi seorang anak murid Cimande yang mengamalkan ilmunya untuk mengobati orang lain, biasanya mereka harus mendapatkan minyak Cimande langsung dari Tarikolot serta diizinkan oleh sesepuh disana. Karena kandungan minyak Cimande inilah yang diyakini memiliki khasiat dalam mengobati tulang. Apabila minyak ini ditukar dengan minyak lain, apalagi dibuat sendiri, maka tingkat kesembuhannya tidak begitu sempurna.

Sekian dulu dari saya, lain kali disambung lagi...



- Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur -

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #109 on: 17/01/2008 10:10 »
@kang Maenpo
Keterangannya sangat informatif. Mengenai minyak urut Cimande, apakah terasa panas atau biasa saja setelah dioleskan pada tubuh?

salam,

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #110 on: 17/01/2008 10:23 »
Sambil nunggu akang maenpo menjawab...
daku komentar juga ah..

Masih dari keterangan sesepuh tersebut, minyak cimande bahan pokoknya diantaranya berasal dari minyak kelapa dan juga sari tebu, serta rempah-rempah lain khas tanah sunda...Dari bahan-bahan ini diolah dan kemudian didiamkan beberapa saat. Ada yang ditanam di dalam tanah dengan disertai doa-doa tertentu. Ada yang dibiarkan di dalam ruangan/di atas genteng atau juga di tanam dalam tanah dalam jangka waktu tertentu.Ada yang mewajibkan pakai doa-doa atau rapalan tertentu untuk mengisi minyak tersebut, ada yang hanya mengandalkan berserah pada Yang Maha Kuasa.

Setelah itu minyak baru siap di gunakan.

Mengenai  rasanya. Ini kesan pribadi ya sebagai pasien yang diurut..Waktu saya diurut, minyaknya terasa seperti minyak biasa saja, agak cenderung agak dingin sedikit, tapi setelah diurut menjadi agak panas, mungkin karena gesekan tangan ..:).  Tapi yang jelas minyak ini rasanya langsung meresap ke dalam tubuh (otot dan daging) dan tidak menyisakan apa-apa di kulit. Beda dengan minyak goreng biasa atau minyak tanah jika dioleskan maka minyak tersebut masih menempel di kulit. Minyak cimande in entah bagaimana, meresep masuk ke kulit/otot...Mmmm atao ini sekedar perasaanku aja..:)

silahkan temen2 yang kemaren dipijet memberi pengalamannya (uda parewa, Bang One dan lain-lain)

salam
S birowo
« Last Edit: 21/01/2008 09:18 by Sosro_Birowo »
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #111 on: 17/01/2008 10:33 »
@kang Sosro [top]
Saya waktu diurut tempo hari juga tak ada kesan panas setelah minyak CImande diusapkan ditubuh. Penjelasan kang Sosro Birowo diatas sudah sangat memadai buat saya. Maklum, saya sempat bertanya dlm hati, apa karena balung tuo dan kulit kapalan sehingga minyak gak terasa?

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #112 on: 23/08/2008 17:40 »
Waktu lagi cari2 informasi perguruan silat didaerah tempat tinggal saya sekarang (merak, cilegon), ipar saya bilang kalo ada perguruan TTKDH di lingkungan saya ini. barusan saya jalan2 mau lihat ternyata emang ada plangnya... agak terlantar sih. Kata Ipar saya sekarang dah jarang yang latihan silat di daerah sini, karena jaman dah modern katanya, dah pada pusing cari asep periuk, jadinya keknya yang latihan cuman satu dua dan di dalem rumah aja.
eniwei... nanti saya coba maen2 deh ke rumah yang dijadiin sekretariat TTKDH itu, coba ngobrol2... katanya ipar saya kenal sama gurunya...

EricB

  • Guest
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #113 on: 24/08/2008 00:10 »
Di Tanjung Karang (lampung) juga ada banyak TTKDH, saya kenal berapa orang pelatih di sana,
 menurut ceritaan mereka, Pendiri TTKDH juga pernah tinggal di disana
Katanya pendiri namanya Bpk Sarkani.
« Last Edit: 24/08/2008 13:25 by EricB »

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #114 on: 24/08/2008 04:31 »
wah barusan ngobrol2 sama istri ternyata katanya guru TTKDH-nya dah lama meninggal, coba tar cari tahu deh, ada penerusnya apa gak...

harunhdr

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 53
  • Reputation: 26
    • Email
  • Perguruan: Kateda
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #115 on: 08/09/2008 06:39 »
Di kota saya Palembang ada informasi dari blog silat Palembang  http://silatpalembang.multiply.com/reviews/item/17 terdapat profil perguruan ini :Perguruan Pencak Silat Jaya Praja Cidomas yang berdiri pada tahun 1991 di Palembang merupakan peleburan dari pencak silat Beksi/Bhesie dan TTKDH (Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir) dimana keduanya merupakan perpaduan dari Pak Wartoyo yang sekarang merupakan guru besar dari Perguruan Pencak Silat Jaya Praja Cidomas dan istri yang keduanya merupakan pesilat.
Saya tertarik dengan perguruan ini tapi belum berkesempatan mengunjungunya. Apakah ada sahabat silat yang mengetahui info perguruan ini ? Apakah silat Cimandenya berhubungan dengan jalur asli ?

awnputih

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 25
  • Reputation: 0
    • awnputih
    • Email
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #116 on: 17/01/2009 12:42 »
lam knal smuaaaa....
saya member bru di sini

email:awnputih@gmail.com
url:http://awnputih.blogspot.com

saya anggota dari PPS Satria Muda  Indonesia di sna ada berbagai aliran pencak silat ,,,,termasuk cimande ,,,thanks... :) :)

gabriel

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #117 on: 05/02/2009 21:10 »
Apa ada yang tahu kapan tanggal keceran di Tarikolot?

kentitsrby

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 0
    • Email
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #118 on: 20/02/2009 10:56 »
sebelumnya sy mohon maaf...
mungkin sy agak keluar dr topik,
sy memerlukan data
apakah ada tempat latian
silat cimande
di sidoarjo
suwun sebelumnya....

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: [Profil] Pencak Silat Cimande
« Reply #119 on: 14/03/2009 15:12 »
Salam Silaturahim untuk sahabat silat semua... :)
Senang bertemu dengan saudara-saudara se-Buang Kelid.
Silakan dilanjut lagi diskusinya... 8)

 

Powered by EzPortal