Forum > Aliran Pencak Silat

[Profil] Pencak Silat Cimande

<< < (23/25) > >>

Sosro_Birowo:
Sambil nunggu akang maenpo menjawab...
daku komentar juga ah..

Masih dari keterangan sesepuh tersebut, minyak cimande bahan pokoknya diantaranya berasal dari minyak kelapa dan juga sari tebu, serta rempah-rempah lain khas tanah sunda...Dari bahan-bahan ini diolah dan kemudian didiamkan beberapa saat. Ada yang ditanam di dalam tanah dengan disertai doa-doa tertentu. Ada yang dibiarkan di dalam ruangan/di atas genteng atau juga di tanam dalam tanah dalam jangka waktu tertentu.Ada yang mewajibkan pakai doa-doa atau rapalan tertentu untuk mengisi minyak tersebut, ada yang hanya mengandalkan berserah pada Yang Maha Kuasa.

Setelah itu minyak baru siap di gunakan.

Mengenai  rasanya. Ini kesan pribadi ya sebagai pasien yang diurut..Waktu saya diurut, minyaknya terasa seperti minyak biasa saja, agak cenderung agak dingin sedikit, tapi setelah diurut menjadi agak panas, mungkin karena gesekan tangan ..:).  Tapi yang jelas minyak ini rasanya langsung meresap ke dalam tubuh (otot dan daging) dan tidak menyisakan apa-apa di kulit. Beda dengan minyak goreng biasa atau minyak tanah jika dioleskan maka minyak tersebut masih menempel di kulit. Minyak cimande in entah bagaimana, meresep masuk ke kulit/otot...Mmmm atao ini sekedar perasaanku aja..:)

silahkan temen2 yang kemaren dipijet memberi pengalamannya (uda parewa, Bang One dan lain-lain)

salam
S birowo

Java:
@kang Sosro [top]
Saya waktu diurut tempo hari juga tak ada kesan panas setelah minyak CImande diusapkan ditubuh. Penjelasan kang Sosro Birowo diatas sudah sangat memadai buat saya. Maklum, saya sempat bertanya dlm hati, apa karena balung tuo dan kulit kapalan sehingga minyak gak terasa?

Cah_Gemblung:
Waktu lagi cari2 informasi perguruan silat didaerah tempat tinggal saya sekarang (merak, cilegon), ipar saya bilang kalo ada perguruan TTKDH di lingkungan saya ini. barusan saya jalan2 mau lihat ternyata emang ada plangnya... agak terlantar sih. Kata Ipar saya sekarang dah jarang yang latihan silat di daerah sini, karena jaman dah modern katanya, dah pada pusing cari asep periuk, jadinya keknya yang latihan cuman satu dua dan di dalem rumah aja.
eniwei... nanti saya coba maen2 deh ke rumah yang dijadiin sekretariat TTKDH itu, coba ngobrol2... katanya ipar saya kenal sama gurunya...

EricB:
Di Tanjung Karang (lampung) juga ada banyak TTKDH, saya kenal berapa orang pelatih di sana,
 menurut ceritaan mereka, Pendiri TTKDH juga pernah tinggal di disana
Katanya pendiri namanya Bpk Sarkani.

Cah_Gemblung:
wah barusan ngobrol2 sama istri ternyata katanya guru TTKDH-nya dah lama meninggal, coba tar cari tahu deh, ada penerusnya apa gak...

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version