+-

Video Silat


Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
Silat Ulin Makao
bandrong on action #3
cingkrik rawa belong (kong sakam) #2
Jambore Pencak Silat, Satria Nagagiri performance
Silat Betawi Rawa Belong 1
Silat Makassar menggunakan badik
PenampiLan Pencak TERAZAM di MaLioboro Pencak Fest

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by muramasa
Today at 10:01

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Asal Usul Silat Sendeng  (Read 39857 times)

Guru Sendeng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 2
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #30 on: 03/09/2007 07:41 »
[quote author=amirulhusnitekpi link=topic=193.msg3800#msg3800

Guru Sendeng,

Terima kasih diatas penjelasan guru. Saya pernah terbaca didalam internet yang Silat Sendeng Malaysia juga mempunyai permainan LEAN/LIAN (?)

Apakah yang dimaksudkan dengan lean/lian ini guru?? Bukankah di johor dan negeri-negeri lain juga terdapat silat-silat yang bernama Lian seperti Silat Lian Padukan? Ada persamaan diantara kedua-dua Lian ini guru?

wassalaam

[/quote]

Salam sdr Amirul,

Seni Lean/Lian yg terdapat dalam silibus pembelajaran SSM tidak ada kena mengena dgn silat Lian atau Lian Padukan atau mana silat Lian yg lain.

Seni Lean/Lian dalam SSM adalah salah satu kaedah permainan kuntau yg bermaksud
LEAN - Latihan Erat Anggota dan Nafas /
LIAN - Latihan Intim/Istiqamah Anggota dan Nafas

Degan kata lainnya, melalui kaedah seni Lean/Lian ini pesilat Sendeng akan dapat meningkatkan keupayaan tenaga dalam juga berkhasiat besar untuk meningkatkan kekuatan fizikal kerana pergerakannya diolah berserta dengan kaedah pernafasan namun harus dilakukan dengan berhati hati dengan cara yg betul. Wallahu'alam
 





Guru Sendeng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 2
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #31 on: 03/09/2007 15:07 »
salam pada rakan sepersilatan semua...

Pada pikiran saya ilmu silat sendeng ini sangat meluas bahkan sangat kaya!!!
Saya percaya di tanah leluhur Indonesia, permainan sendeng ini berwujud dalam bentuk dan seni yg di dalam kelas tersendiri manakan tidak bentuk silat sendeng yg kita bisa lihat pada hari ini mungkin daripada evolusi silat sendeng terdahulu yang pasti melalui zaman turun dan naik dan telah benar benar teruji sejak zaman berzaman hingga tersebar ke pelosok nusantara bahkan antero dunia. Beza mungkin pada nama namun jurus yg teras yg mendasari persilatan ini pasti saya kira tetap sama - sendeng / nyendeng. Lantas jika kita renungi bahawa ilmu persilatan secara umumnya adalah jambatan yg menghubungkan kebudayaan khasnya di dunia nusantara ini terutamanya di Malaysia kerana Malaysia adalah negara yg terdekat dengan tanah leluhur Indonesia.
Hubungan ini dapat di lihat sejak zaman kegemilangan kerajaan2 purbakala seperti Srivijaya,Mataram,Padjajaran,Demak,Kediri,Kampar,Acheh hingga zaman kemuncak Majapahit.
Manakala di tanah semenanjung Melayu pula seputar zaman kerajaan Langkasuka, Beruas, Kedah Lama hingga zaman kemuncaknya kerajaan Melaka. Telah berlaku migrasi dari tanah Indonesia ke tanah semenanjung Melayu atas faktor yg menolak seperti peperangan lalu migrasi ini membawa sekali salah satunya seni persilatan, jadi apabila seni persilatan tersebut mendarat di tanah semenanjung Melayu ia turut berevolusi mengikut kesesuaian, kebudayaan, keserasian dan penerimaan org tempatan ketika itu dan lahirlah ia dengan penampilan yg baru tapi pada masa yg sama mengekalkan pelajaran ini yg teras...

Gimana pikiran tuan tuan semua? Bisa dikembangkan lagi komentar saya...?

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #32 on: 20/11/2007 16:26 »
Saya pernah dengar tentang Silat PituE, silat asli Bugis Soppeng...apakah ini bagian dari Silat Sendeng? apakah ada perbezaanya karena menurut orang Soppeng sendiri bahwa silat Sendeng adalah silat Bugis di luar Soppeng, sementara di Soppeng hanya mengenal Silat PituE. Cirinya gerakan didominasi oleh kehandalan lincah kaki (maen sengkat_kata Betawinya), dengan kuda2 tinggi, lawan rapat (konon sering bertarung dalam sarung).

Sudilah kiranya tuan2 Pendekar Sendeng menjelaskan awak nan awam ini.

Salam,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

amboh

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #33 on: 27/10/2008 07:21 »
Baru2 ni saya berpeluang bertemu dgn seorang guru pukulan sendeng 7 hari. Dari penceritaannya, ilmu ini dari Long Mamat. Selain dari 7 kaedah pukulnya, terdpt 2 lagi buah/kaedah yg akan diguna pakai semula utk memotong/membunuh kembali ketujuh2 buah yg sebelumnya. Utk mengambilnya memerlukan edah selama 3 bulan selepas mengambil buah yg 7 itu. Jika pada pandangan guru tersebut murid tersebut layak, maka barulah diperturunkan 2 pukul yg terakhir tersebut. Menurutnya, kaedah pukulan ini diterima melalui ilham, setelah usaha2 membanteras lanun yg bermaharaja lela dizaman tersebut hampir2 menemui jalan buntu. Maklum shjlah jika lanun2 itu dari tanah bugis pastilah mereka amat handal dengan permainan  sendeng, yg amat terkenal dgn kepantasan permainannya; maka diilhamkan Allah pukulan 7 hari ini khusus untuk 'membunuh' permainan sendeng itu sendiri. Setiap 1 pukul ada/disertakan petuanya, dan tiada kebatinan didlm pelajarannya.

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #34 on: 02/11/2008 19:56 »
mohin tanya guru, apa yang dimaksud dengan petua tiap pukulnya, jika pukulnya berupa falsafah dimana lawan baru niat sudah terkena pukul apa ini sejenis Tenaga Dalam. Kerna menurut pengertian saya jika pukulan tidak berbentuk dan tidak berupa bagaimana pula dia boleh mencedera. banyak terima kasih untuk penjelasannya [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #35 on: 13/11/2008 14:03 »
 :)wah kemana ni guru sendeng [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #36 on: 14/11/2008 09:17 »
Ikutan menyimak!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #37 on: 19/12/2008 10:43 »
asslmalkm!!.. maaf nih kalo ane boleh kasih masukan.. Di aliran Rahmat (tenabang) ada namanye jurus sinding maling, knape d sebut sinding maling sebab jurusnye miring dan sasaran nye ke perut bawah tanpa lawan menyadari (kecolongan).. Konon katenye rahmat belajar dari orang
kalimantan (khusus 1 jurus itu) Wallahu a'lam....

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #38 on: 19/12/2008 14:30 »
Bener, kire2 begitu Bang Fath,

Di khasanah Maenpukulan Betawi, Sendeng dikenal ame sebutan Sinding, cuman akar Sinding nyang di marih berasal dari Kalimantan (kemungkinan setelah dari Sulsel die nyebrang).

Sentra penyebaran Sinding di Betawi sekiteran Tenabang, ade juware Sinding nyang orang Betawi (ane lupa namenye), nyang sempet nularin elmu Sindingnye ke Bang Nunung. Ane dan Bang Ben (Bocah Tua Nakal) ude sempet ngerasain maenan Sinding ni, rade beda...Bang Ben sempet dapet ole2 bibirnye sariawn lantaran pocel kena toyor Bang Nunung, pas diliatin care maenin Sindingnye....bener gak Bang Ben? x-)) ...Kalo cuman dilipet2 doang... :o,...(takut kualat mode on)

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #39 on: 19/12/2008 14:49 »
Bang Ben sempet dapet ole2 bibirnye sariawn lantaran pocel kena toyor Bang Nunung, pas diliatin care maenin Sindingnye....bener gak Bang Ben? x-)) ...Kalo cuman dilipet2 doang... :o,...(takut kualat mode on)

lah..denger-denger temennye bang ben juga kena tuh...(*lirik bang jali).. [lucu]

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #40 on: 19/12/2008 15:52 »
 :D...waktu ane sih, Bang Nunung same-same make Cingkrik, belio gak make Sinding...sambut pukulnye, ngasi pelajaran berharga buat ane nyang masing o'on sambut panjangnye....(padahal ane ude nepok lante tanda nyerah...eh masing diterusin aje... [lucu])....nyang penting ane ude dapet pelajaran berharga, utamenye maenan Cingkrik, dan pegimane care ngormatin orang tue.

Cingkrik  [top]

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #41 on: 23/12/2008 10:06 »
rumeh bang nunung deket rumeh ortu ane tuh bang.. bang jali bisa kenal bang nunung dari mane ye? Kemaren ade acara bang nunung, ente dateng
ga'?

Guru Sendeng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 2
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #42 on: 29/08/2009 23:43 »
salam ramadhan buat semua forumers nan muslim....sejahtera keatas semuanya..

Guru Sendeng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 2
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #43 on: 29/08/2009 23:51 »
mohin tanya guru, apa yang dimaksud dengan petua tiap pukulnya, jika pukulnya berupa falsafah dimana lawan baru niat sudah terkena pukul apa ini sejenis Tenaga Dalam. Kerna menurut pengertian saya jika pukulan tidak berbentuk dan tidak berupa bagaimana pula dia boleh mencedera. banyak terima kasih untuk penjelasannya [top]

salam tuan maulana...

petua pukul adalah berdasarkan niat  seperti di atas manakala pukulan yg tidak berbentuk dan tidak berupa adalah merujuk kepada kepantasan pukulan sendeng yg tidak lagi terikat dengan kaedah teknik tertentu. kerana dlm petua pukulan sendeng pesilat diajar agar tidak mengikat cara pukulan dgn teknik tertentu, ianya harus dlm bentuk yg terlahir secara jadinya. ia juga tidak harus mempunyai susun atur a, b atau c.

fachry09

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Asal Usul Silat Sendeng
« Reply #44 on: 31/07/2010 22:25 »
Ass Wrb...


Saya mau nanya tempat latihan silat sendeng di jakarta dmana yaa ???
Tolong di bantu !!!

 

Powered by EzPortal