+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: ayo bahas tentang SH Terate  (Read 122733 times)

YwK

  • Guest
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #60 on: 16/09/2008 08:28 »
Ane secara pribadi mending nggak ikut membahas problem2nya PSHT dech, males argumentasi dan buang2 waktu. Thanks



one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #61 on: 16/09/2008 23:03 »
Ane secara pribadi mending nggak ikut membahas problem2nya PSHT dech, males argumentasi dan buang2 waktu. Thanks




ya...udahlah lagian saya mah sedikit bersimpati dan solider aje antar pesilat....kalo yang punya perguruan gak mau ya wis...saya loncat ke thread lain ajah....daripada ntar berujung ribut

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #62 on: 16/10/2008 23:40 »
tuhhh... akhirnya ada juga yang mo sharing positip ma PSHT...

look at http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=817.0

ayo dulur2 PSHT, kemana ja kalian????

salam persaudaraan. 8) 8) 8)
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #63 on: 17/10/2008 09:00 »
Saya pernah ke Bojonegoro, tawuran/pengeroyokan antar pesilat itu mah udah tradisi.
Yang paling sering adalah sesama anggota SH, atau SH dengan Pagar Nusa.

Soal kejadian kemarin sudah dituntaskan dengan mengundang perguruan berbagai perguruan beladiri oleh Dandim pada tanggal 19 September lalu dilanjut pertemuan dengan Muspida pada Oktober ini, dengan mengundang 11 perguruan beladiri dengan berseragam dan panji perguruan masing-masing.

Persoalan tradisi tawuran/pengeroyokan memang sampai saat ini selesai di tingkat kertas (birokratik). Tapi di lapangan belum terlihat.

Saya sebagai orang luar, tentu trenyuh melihat hal ini
Dan karena tak ada yang dapat saya lakukan, selain berdo'a.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

gerakalami

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 15
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #64 on: 17/10/2008 14:23 »
Ini ada Ulasan tentang Pencetus perkembangan asal SH TERATE

EYANG SURO
Kesabaran dalam Pencak Silat

 

 

Muhamad Masdan lahir pada 1869 di daerah Gresik (Jawa Timur). Kelak kemudian putra tertua Ki Ngabehi Soeromihardjo ini dikenal dengan dengan nama Ki Ageng Hadji Ngabehi Soerodiwirdjo (Eyang Suro).

 

Setahun setelah menyelesaikan pendidikan formal setingkat SD, beliau mendapat pekerjaan magang sebagai juru tulis pada seorang kontroler (orang Belanda). Selain bekerja, beliau tetap meneruskan belajar di Pesantren Tebuireng (Jombang). Dari Pesantren inilah, Eyang Suro mulai mendalami ilmu agama dan pencak silat sekaligus. Kombinasi ini terus menjadi pola belajar yang beliau dapatkan selepas dari Tebuireng. Seperti ketika kemudian ditugaskan sebagai pegawai pengawas di Bandung, dimana selain menambah wawasan agama dari guru setempat, juga mendapatkan ilmu pencak silat aliran Pasundan seperti Cimande, Cikalong, Cipetir, Cibaduyut, Cimalaya dan Sumedangan.

 

Hanya setahun di Bandung, beliau harus pindah kerja ke Jakarta (Batavia). Dan selama di Jakarta pun, beliau menggunakan kesempatan untuk memperdalam ilmunya pada guru agama yang juga mengajarkan pencak silat aliran Betawen, Kwitang dan Monyetan. Setelah setahun, kemudian harus pindah kerja lagi ke Bengkulu selama 6 bulan, lalu ke Padang (Sumatra Barat). Di daerah ini, beliau tinggal hampir selama empat tahun dan juga tetap meneruskan belajar. Namun dalam budaya Minangkabau pada saat itu, mempelajari pencak silat setempat tidak mudah. Guru-guru tingkat tinggi umumnya adalah juga seorang sufi yang tidak sembarangan mengajarkan ilmu atau mengangkat murid. Salah seorang guru Eyang Suro di sini adalah Datuk Rajo Batuah. Selama di Sumatra Barat ini, beliau juga menambah penguasaan ilmu pencak silatnya dari aliran Minangkabau dan Bukittinggi. Selanjutnya Eyang Suro harus pindah tempat kerja lagi ke Aceh yang memungkinkannya memperdalam ilmu dari guru-guru di daerah setempat seperti Tengku Achmad Mulia Ibrahim, dll yang selain mengajarkan agama juga pencak silat Aceh.

 

Setelah empat tahun berada di Aceh, Eyang Suro kembali ke Surabaya (Jawa Timur). Ketika kemudian mulai banyak murid yang bermaksud belajar kepadanya maka agar lebih terorganisasikan kemudian dibentuk perguruan pencak silat dengan nama (dalam ejaan baru) Joyo Gendilo Cipto Mulyo / Sedulur Tunggal Kecer. Sebuah perguruan pencak silat yang kelak berkembang menjadi banyak perguruan seperti Persaudaraan Setia Hati, Setia Hati Terate, KPS Nusantara, dan beberapa nama perguruan pencak silat lainnya lagi.

 

Walaupun menguasai pencak silat tingkat tinggi dari berbagai daerah di Nusantara, namun justru oleh mereka yang mengenalnya, Eyang Suro sendiri dikatakan sebagai pribadi yang sangat sabar dan ramah. Beliau sendiri mengajarkan bahwa pada tingkatan tertinggi, olah pencak silat bukan lagi pada fisik tetapi spiritual, menuju pengenalan jatidiri sejati. Meskipun tidak banyak, namun ada murid-murid beliau yang kemudian mencapai tingkatan tersebut. Diantaranya alm. Bp. Bambang Soebijantoro Karto Koesoemo (terakhir menjabat sebagai Bupati Ngawi pada 1965-1967), salah seorang keponakan beliau yang karena kecerdasannya (antara lain menguasai beragam bahasa asing secara otodidak) juga menjadi penerjemah pemerintah untuk para tamu negara. Pada 2006, seorang murid (kini tinggal di Taiwan bersama keluarganya) yang sebelumnya telah menyelesaikan jenjang pendekar dari salah satu Perguruan beliau di Madiun juga kemudian mencapai tingkatan pencerahan tersebut.

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #65 on: 17/10/2008 16:07 »
Ini ada Ulasan tentang Pencetus perkembangan asal SH TERATE

Setelah empat tahun berada di Aceh, Eyang Suro kembali ke Surabaya (Jawa Timur). Ketika kemudian mulai banyak murid yang bermaksud belajar kepadanya maka agar lebih terorganisasikan kemudian dibentuk perguruan pencak silat dengan nama (dalam ejaan baru) Joyo Gendilo Cipto Mulyo / Sedulur Tunggal Kecer. Sebuah perguruan pencak silat yang kelak berkembang menjadi banyak perguruan seperti Persaudaraan Setia Hati, Setia Hati Terate, KPS Nusantara, dan beberapa nama perguruan pencak silat lainnya lagi.

betul mas, emang eyang suro tuh sumber mata air ilmu SH yang ada di nusantara, kemudian berkembang menjadi banyak perguruan yang seperti sampeyan sebutkan itu. tapi yang perlu diingat, STK - Sedulur Tunggal Kecer itu sekarang sudah tidak ada, tinggal perguruan2 penerus ajaran SH yang tersebar di nusantara,termasuk SH Terate ini :)

ada wasiat Eyang Suro sebelum beliau akan meninggal dan wajib diingat oleh setiap warga SH Terate:
1.Jika saya sudah pulang ke Rachmatullah supaya saudara-saudara “Setia-Hati” tetap bersatu hati, tetap rukun lahir bathin.
2.Jika saya meninggal dunia harap saudara-saudara “S-H” memberi maaf kepada saya dengan tulus-iklas..
3.Saya titip ibunda Nyi Soerodiwirjo selama masih di dunia fana ini..

Surat Yasin ayat 1 : Yasien Yasien “Allah saja yang mengetahui maksudnya”

Surat Yasin ayat 58: Salaamun Qaulam mir Rabir-Rahiem “Selamat Sejahtera itulah seruan Allah Yang Maha Pengasih”.

beliau wafat pada Jum’at Legi 10 November 1944 jam 14:00 (Bulan Selo tanggal 24 tahun 1364 H), dimakamkan di Desa Winongo Madiun dengan bernisan batu granit dan dikelilingi dengan bunga melati.

"banyak jalan untuk menyelami ilmu/kawruh SH yang amat luas mas, jadi semua perguruan yang mengatasnamakan SH pasti mengajarkan ilmu SH dari Eyang Suro". cumaaa, mungkin cara penyampaian ajaran-metodenya yang berbeda.

kalo boleh tau, sampeyan juga termasuk warga dalam ato tidak?? ato paleng ndak, apakah anda termasuk keluarga besar SH, terlepas dari perguruan SH manapun?

terimakasih
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

gerakalami

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 15
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #66 on: 20/10/2008 08:35 »
kalo boleh tau, sampeyan juga termasuk warga dalam ato tidak?? ato paleng ndak, apakah anda termasuk keluarga besar SH, terlepas dari perguruan SH manapun?

terimakasih

Saya bukan anggota SH, kebetulan saya menemukan artikel SH.

saya hanya pernah mempelajari seni pernafasan. suka sengan beldiri silat.
salam kenal
;D

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #67 on: 20/10/2008 08:54 »
Salam Persaudaraan buan,  Mas Warga terate, Gerak alam , Pak One & YWK.

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #68 on: 20/10/2008 11:34 »
 :'( Wasiat Eyang Suro yang no 1 sangat menyentuh sy sebagai orang luar. Beliau memang orang bijak dengan visi jauh ke depan [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #69 on: 20/10/2008 13:03 »
:'( Wasiat Eyang Suro yang no 1 sangat menyentuh sy sebagai orang luar. Beliau memang orang bijak dengan visi jauh ke depan [top]

 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #70 on: 20/10/2008 13:08 »
Salam Persaudaraan buan,  Mas Warga terate, Gerak alam , Pak One & YWK.
salam persaudaraan juga mas.. ayo mas, perjuangkan ajaran SH di forum ini bareng2...

klo ada waktu, bolehlah maen2 ke Madiun. nti kuajak jalan2 ke Padepokan Pusat, sekalian kenalan ma mas Tarmadji,hehehe :D :D :D :D

salam persaudaraan
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #71 on: 21/10/2008 12:51 »
Terima kasih Mas.

Mas Warga.

Boleh saya tanya di forum ini tidak pak.

Masalah Hati, menurut pendapat saya semua, amal / pikiran kita semua dikendalikan oleh hati.

Bahkan Pikiran dan Hati itu lebih cepat hati yg merasakannya.

Yang saya cari sekaran, bagaimana ya keadaan hati saya  ??

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #72 on: 21/10/2008 13:02 »
salam persaudaraan juga mas.. ayo mas, perjuangkan ajaran SH di forum ini bareng2...

klo ada waktu, bolehlah maen2 ke Madiun. nti kuajak jalan2 ke Padepokan Pusat, sekalian kenalan ma mas Tarmadji,hehehe :D :D :D :D

salam persaudaraan
salam persaudaraan.

Bagaimana Kabar Panjenengan, Mas Tarmadji, dan Saudara2 kita disana ?

Sehat walafiat seperti disini kan.


warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #73 on: 21/10/2008 14:15 »
Terima kasih Mas.

Mas Warga.

Boleh saya tanya di forum ini tidak pak.

Masalah Hati, menurut pendapat saya semua, amal / pikiran kita semua dikendalikan oleh hati.

Bahkan Pikiran dan Hati itu lebih cepat hati yg merasakannya.

Yang saya cari sekaran, bagaimana ya keadaan hati saya  ??

lah, menurut mas sendiri gimana?? kita kan gak bisa menebak keadaan hati orang laen mas agung. yang bisa tau adalah kita sendiri. dan untuk mengetahuinya, salah satu caranya adalah dengan merenung, apa yg terjadi dalam hati kita.... ato sampeyan PM (prifat mesage) aja ke aku, masalah sampeyan gimana... insyaallah bisa bantu
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #74 on: 21/10/2008 14:28 »

salam persaudaraan.

Bagaimana Kabar Panjenengan, Mas Tarmadji, dan Saudara2 kita disana ?

Sehat walafiat seperti disini kan.


[/quote]

alhamdulillah baek2 aja semua... Mas Madji juga sehat2 aja. meskipun aktip ikut kegiatan di luar, beliau masih sering turun ke lapangan koq, ngurusi organisasi... santai aja, orangnya tu ramah tur supel koq, meski bertemu dengan orang2 kecil kyk kita :P :P

sekedar info aja, sekarang saya aktipnya di Malang. tapi masih sering pulang ke Madiun, sering maen ke Padepokan Pusat juga.

sampeyan Jkt daerah mana??

salam paseduluran buat kadhang2 SH disana yah...
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

 

Powered by EzPortal