+-

Video Silat


Permainan Trisula PERPI Harimurti
perisai diri performance, Jambore pencak silat - s
Merpati Putih Cabang Kabupaten Tangerang
Gerak Saka
ICE 2009, golok seliwa
Silat Golok Seliwa 2
bandrong on action #3
Perguruan Silat Pendekar 9
Silat Si Bunder - Silat dr Betawi

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: ayo bahas tentang SH Terate  (Read 96608 times)

laskar TERATE

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 7
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati TERATE
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #90 on: 22/04/2010 10:26 »
Assalamu'alaikum,

Boleh bertanya dengan warga SHT? sehubungan dengan berita murid meninggal ketika latihan pencak silat, bisa menjelaskan bagaimana hal ini terjadi? Menurut saya ini penting karena anggapan yang berkembang di masyarakat bisa negatif, apalagi di tivi terlihat pesilat yang mendatangi pemakaman adalah dari SHT, mohon penjelasannya ya poro dulur..

Tabik


wa'alaikum slm wr.wb..........

saya mewakili warga PSHT jg sangat prihatin dengan kejadian ini, bagaimana hal ini bisa terjadi beritanya juga simpang siur. Tapi menurut informasi yang saya dapat, korban tewas setelah sebelumnya latihan sabung/sambung dengan pelatih. Dan korban tidak bisa menangkis serangan dari sang pelatih yang mengakibatkan lempeng kiri korban terkena serangan. Kejadian ini murni kecelakaan dan tidak ada unsur kesengajaan atau pidana.

semoga hal ini tidak terjadi lagi......

salam hangat
Suro Diro Joyo Diningrat Lebur Dening Pangastuti

nikedha

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: = n/a =
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #91 on: 22/05/2010 00:41 »
Boleh bertanya dengan warga SHT? sehubungan dengan berita murid meninggal ketika latihan pencak silat, bisa menjelaskan bagaimana hal ini terjadi?
Tabik
Assalamu'alaikum,
perkenalkan ni nubi pengen ikut nimbrung. Mencoba menjawab pertanyaan Pangeran muda dengan keterbatasan pengetahuan yang saya miliki.  :)

Salam Persaudaraan
singkat aja ya bang, ane kurang pinter olah2 kata.  :-P

Tidak bisa dipungkiri memang di PSHT menerapkan sistem latihan yang sangat keras. Sayangnya latihan yang keras ini menjadi tidak terarah & terukur ketika seorang pelatih memiliki kadar emosi yang labil. Akhirnya salah satu dampak dari hal tersebut adalah kejadian siswa meninggal seperti yang anda utarakan diatas. Miris memang, tapi memang begitulah kenyataan yang sebenarnya.

Semoga kedepannya kami dapat membenahi diri.

Wassalamu'alaikum

lotus1922

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 1
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #92 on: 15/07/2010 19:30 »
salam 1922,.

saya warga PSHT pengesahan tahun 1999, salam buat saudara2 PSHT Sahabat Silat di seluruh tanah air.


 

ardi cogaul

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 1
  • Posts: 7
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #93 on: 15/09/2010 21:46 »
Salam persaudaraan...

saya cuma mau nambahin... masalah siswa yang meninggal saat latihan...
saya ikut bela sungkawa atas itu... tetapi saya mohon jengan selalu cap jelek organisasi Setia Hati Teratai kami... coba deh telusuri masalahnya lebih lanjut... agak tdk menimbulkan sok udzon...
dan saya yakin tidak ada sebuah padepokan pencak silat mengadakan latihan silat untuk sengaja membunuh anggotanya,..
dan tolong pada para sedulur SHT, yang waktu itu ada di tempat kejadian agar dapat menjelaskan ke publik agar rekan" tidak salah paham...


Menang Tanpo Ngasorake, Ngluruk Tanpo Bolo, Sugih Tanpo Bondo, lan Sakti Tanpo Aji
"Yen Siro Dibeciki Liyan Tulisen Ing Watu Kareben Supoyo Ora Ilang lan Terus Kelingan"

Jaya selalu PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE

Rhaezham

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 4
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #94 on: 19/12/2010 21:43 »
Assalamu’alaykum adek boleh ikut nimbrung gag neh!!!  :) :)

Saya rasa benar, tidak ada padepokan silat manapun yang sengaja membunuh anggotanya.
Terlebih lagi yang namanya saudara.  Sesungguhnya tidak ada seorang kakak yang dengan sengaja menyakiti adiknya saya tahu betul itu.

Diantara keluarga saya dalam dunia persilatan (ceee ileee [[peace2]]) saya adlah saudara termuda. Orang tua saya, Bapak dan Ibu serta Pakdhe Budhe adalah warga Tingkat I pengesahan Solo tahun 80an.
Dan saat ini saya masih siswa, saya tidak ada apa-apanya, ilmu saya tidak seberapa jika dihadapkan dengan saudara tua dan saya bukanlah apa-apa jika begitu.
Tolong izinkan adek ini berbagi pengalaman saat-saat latihanya yha!!  :) :) :)

SH Terate memang keras, keras saat menggembleng siswanya. Tapi saya rasa itu adalah sebuah proses. Seperti halnya kehidupan, jika kita lemah terhadap diri kita maka dunia akan keras terhadap kita. Sebaliknya jika kita lebih keras pada diri kita maka dunia akan melunak pada kita. Setidaknya itu yang saya pelajari dalam proses pelatihan saya. Dan saya yakin semua itu ada aturannya, tidak sembarangan, tidak berdasarkan emosi atau dendam semata. Seorang pelatih tidak akan memukul, menendang dll siswanya jika ia tidak tahu batas-batasnya. Semua itu sudah diatur seberapa besar power yang harus ia keluarkan, bagian mana yang akan berakibat fatal, dan juga sudah difikirkan seberapa besar kemungkinan cedera serta bagaimana pertanggung jawaban bila terjadi hal semacam itu. Setidaknya itulah yang dapat saya pelajari dari saudara-saudara tua saya.  Saya sempat mengalami kecelakaan dalam latian seperti benturan kepala ysng hampir membust saya gagar otak, robek pada siku, memar dll dan saya rasa itu bukanlah sebuah kesengajaan. ada beberapa factor XYZ yang diluar perkiraan kita semua bahkan ketika kita sudah benar-benar memenuhi prosedur yang berlaku seperti matras, body dll. Jadi ada baiknya jika kecelakaan dalam latihan bahkan yang berakibat fatal atau sekalipun atau peristiwa apapun harus dilihat dari sisi yang benar-benar jelas, dan dicari faedahnya bagi kita semua jangan dijadikan momentum untuk saling menjatuhkan dan mencari kesalahan. Bisa jadi ini adalah lubang kecil yang telah menyelamatkan kita dari lubang yang sangat besar yang akan menenggelamkan kiita semua.

Manusia hanya dapat berencana dan mendekati kesempurnaan karena kesempurnaan yang sesungguhnya hanyalah milik Allah.

Sebelumnya saya mohon maaf apabila saya yang bukan siapa-siapa dan yang baru kemarin sore ini telah lancang berpendapat. Tapi setidaknya inilah wujud cinta saya terhadap perguruan ini, inilah cara saya berbakti kepada Tuhan, Orang tua, bangsa dan guruku.

Terima kasih.


Selama matahari masih bersinar dan bumi masih dihuni manusia tetap jayalah Persaudaraan Setia Hati Terate sepanjang masa.
~Tav10Oct~

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #95 on: 20/12/2010 10:51 »
"Innalillahi wa innalillahi rojiun" :'( :'( :'(,
"segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah",
semua kejadian di alam raya ini tidak terlepas dari kehendak Allah SWT Pemilik segala sesuatu,
apapun sebab dan akibatnya semuanya adalah takdir Allah semata,
ajal adalah kuasa allah, apapun yang melatar belakangi ajal seseorang didunia ini hanya sebuah sebab yang Allah rencanakan, bukan sebab itu yang mengakibatkan ajal, semuanya sudah ada batas dan ketentuan yang tidak bisa dirobah oleh tangan2 manusia,
tingggal bagaimana manusia itu sendiri bisa berlapang dada menerima kehendak Allah dan memetik hikmah dari setiap kejadian, sekian terima kasih, turut berduka cita,
salam

new_revolution

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 14
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #96 on: 04/02/2011 13:57 »
>> sambungan dari thread sedikit tentang PSHT

to mas kunderemp,

yah, PSHT tu tersebar kemana - mana mas. . .  diseluruh nusantara, dibelahan2 dunia. .  ada. .  tapi, tidak semuanya. . . karena di Madiun sebagai tempat lahirnya PSHT, tepatnya di daerah Pilang Bango, pada thun 1922.
jadi pasti, rasa militansi dan fanatisme disana lebih kuat, belum lagi disana juga ada sh winongo.

sedikit yg saya ketahui ttg sh winongo, sh winongo ini sebenarnya masih satu sumber dengan sh terate, yaitu dari setia hati. karena dulu ilmu sh ini diajarkan hanya kepada kalangan bangsawan saja, maka pendiri sh terate, yaitu Ki Hajar Harjo Utomo, berinisiatif, "kalo memank ilmu sh itu baik, kenapa kok gak diajarkan kepada masyarakat juga", oleh eyang suro (Pendiri SH, 1903), diperbolehkan, "boleh, tetapi jangan semata2(jangan terlalu mencolok)", nah dari situ, ki hajar membuat sebuah nama kelompok, yg disamarkan, agar tidak dicurigai oleh pihak belanda, macam2, saya kurg ingat nama2nya, pokoknya ada, ada sh sport club, dan lain2 lah. . .
hingga akhirnya pada tahun 1922 menjadi "Persaudaraan Setia hati Terate".

nah, pendiri sh winongo, sebagai sesama murid dari eyang suro, karena mengetahui saudaranya yaitu ki hajar harjo utomo, mendirikan sebuah perguruan, maka beliau pun, meminta ijin kepada eyang suro, untuk diijinkan mengembangkan sh juga, dengan mendirikan sebuah perguruan, oleh eyang suro, ditolak.  karena dikhawatirkan nantinya akan terjadi persaingan, yg bisa berujung pada pertikaian. tetapi, beliau tetap bersikeras, akhirnya beliau pun mendirikan pergguruan SH tunas muda winongo, tanpa restu dan ijin dari Eyang Suro.

Nah, sekarang terbukti. setiap malam satu suro, saya sering mendengar kabr berita, pasti didaerah madiun, terjadi keributan.

Sebenarnya bukan di daerah madiun saja, tapi, di banyak tempat, cuma kurang ter-expose saja. dikarenakan madiun sebagai daerah pusat, jadi sudah pasti menjadi yg paling dosorot,

oh ya, yg namanya bentrokan antar perguruan itu memank lumrah terjadi, dan pasti ada, karena setiap pendekar2 dari perguruan pasti mempunyai rasa fanatisme kepada perguruan masing2.

nah, tergantung masing2 individu saja. bagaimana menyikapi yg namanya fanatisme.

begitu, menurut saya, mohon petunjuk dari sepuh2 yg ada disini. . .

Salam Persaudaraan,

habib

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 2
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PSHT
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #97 on: 06/02/2011 20:45 »
Assalamualaikum..
Dari kemaren ngeliat doang akhirnya gregetan ngepost..
Salam Persaudaraan.. Dari PSHT jaksel

Setuju banget ama mas rhaezham diatas [top] PSht memang keras tapi itu untuk kebaikan semata,Sebagai pesilat latihan memang sudah menjadi makanan sehari-hari. Banyak kali bahkan Darah mengucur, dari bibir lah dari tangan lah, meskipun pelatih sudah berkata cukup, tetap saja saya memaksakan, memang saya yang salah

Saya bingung.. sekaligus gregetan ih baca SHT lagi SHt lagi bikin kesalahan,, aneh memang di pusat sana keadaan nya runyam seperti itu padahal kami disini (jaksel) sungguh bisa menikmati apa arti "Persaudaraan " itu sendiri,, "silat"urahmi kami membuat teman2 dan saya menjadi sebuah keluarga, bukan hanya di tempat latihan tapi di kehidupan nyata :-P
Mungkin semua kesalahan itu terjadi karena oknum2 yang tidak bertanggung jawab..
Bahkan dengan perguruan lain,  Sempat dalam pertandingan membawa nama sekolah,, dari berbagai perguruan Sperti SMI misalnya melebur menjadi 1 kesatuan,, tak ada yang egois tak ada yang fanatik,, menerima kekalahan dengan lapang , menganggap kemenangan hanya cobaan..
Mengutip dari guru "Silat bukan hanya beladiri, Silat adalah bagaimana kita men-treat orang lain dengan Sopan,Silat adalah bagaimana kita bertindak berbuat dan berfikir" aiisshh mantap euiy [[peace2]] [[peace2]]

Intinya Semua ilmu tak ada artinya bila kita sombong dan terlalu berbangga diri..

berharap yang terbaik untuk PSHT dan Perguruan lainnya
Salam dari adik kecil ini,, hhee peace...




Dengan Hati kita melihat, Dengan Rasa kita menyentuh..

ardi cogaul

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 1
  • Posts: 7
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #98 on: 10/03/2011 10:01 »
Salam Dulur" smua saya Ashter Kal-tim..

buat mas NR salam kenal, mas saya punya rekan kerja dari paser juga, warga 2006 namanya Edi Wibowo mungkin mas kenal..'


Setiap saya search forum diskusi tentang PSHT pasti ada aj yg membuat saya ngiris  :-[ membacanya, jadi merasa giman gt,smua seperti menyalahkan kita, tanpa mencari tau kenyataanya itu seperti apa, apa lagi kalw ada adik" kita calon warga yang tanya  'kenpa sich banyak kabar tentang PSHT yang gak enak di dengar mas?' ya kita selama ini hanya bisa mejawab 'mungkin ada beberapa kaka" kita yang setengah" belajar tentang ke SHan jadi mereka belum bener" jd orang yg memahami PSHT itu seperti apa, belum Memayu Hayuning Bawono  

saya selalu berdoa agar kita bisa menjadi SH yg bener" n membuat image kita selama ini yang dibuat jelek oleh oknum" tertentu bisa hilang, membuat PSHT kita jadi bangaan selurum umat... amin.... [top] [top] [top]
"Yen Siro Dibeciki Liyan Tulisen Ing Watu Kareben Supoyo Ora Ilang lan Terus Kelingan"

Jaya selalu PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE

lotus1922

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 1
  • Posts: 11
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #99 on: 11/03/2011 22:30 »
PERNAFASAN PEMUKULAN BENDA KERAS ATAU CES
(dikutip dari mas Mahendro Sutanto, Bulungan Jakarta)
pengesahan di cepu tahun 1983, cabang cepu mengesahkan kurang lebih ada `17 orang,... pada saat disahkan kami mendemonstrasikan pemukulan benda keras, menggunakan ES, bis beton, genting dan bata... salah satunya saya.. umur saya 16 tahun jalan tujuh belas tahun kata mas Imam 16 tahun lebih satu hari itu sudah disebut 17 tahun... jadi cocok sebagai perndekar SHT,... karena kami disahkan pada saat itu baru mendapatkan jurus 17, jadi kami diesbut pendekar muda SHT,... setelah disahkan kami membantu melatih dan setelah melatih kami latihan untuk menyelesaikan jurus dan senam dasar... yang melatih mas Rusmaryanto (tingkat II) dan mas Subiyanto (waktu itu masih tingkat I baru 1985 disahkan tingkat II)... pelatihnya tetapnya ada mas komari, mas herlan, pas nur muhamad, mas agus (sudah tidak aktif), mas herlan. mas yandik, mas wito dll.... pokoke latihannya keras tapi mengasyikan... dan kami menyelesaikan jurus dalam waktu 6 bulan dan baru mendapatkan jurus kunci...
 
ada sesusatu yang aku ingat, ceramah mas imam di depan forum umum saat pengesahan di cepu tahun 1983perihal pernafasan pemukulan benda keras, mas imam kusupangat ngendiko begini :
 
" Dik.... Ilmu SH itu tidak ada yang merusak, semua ilmu SH itu harus bermanfaat bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu kita harus memayu hayuning bawono,... coba tadi kita melihat dan menyaksikan atraksi pemukulan benda keras... kalau dilihat sepintas memang bagus sih.. coba di cari manfaatnya dan coba renungkan...
 
kalau latihan memukul Bis beton tadi jumlahnya 3 buah, dan yakin bahwa sebelum pentas mereka telah mencoba ;aling tidak satu kali... jadi sudah ada 6 bis beton yang dipecahkan atau duhancurkan... kalau yang latihan seperti tadi jumlahnya 50 orang berart ada 300 bis beton yang dihancurkan,... kalau 1 bis beton panjangnya 1 meter berarti sudah300 meter dan kalau digunakan untuk buat selokan sudah 300meter pasti manfaatnya banyak dan lebih banyak dibandingkan pukul meumukul seperti itu...
 
coba sekali lagi tadi ada pemecahan genting di perut tadi, berapa gentingnya kalau tidak salah lebih dari 25 buah. dan latihan juga paling tidak sekali, jadi ada 50 genting, kalau ada 50 orang yg latihan,..berarti ada 2500 genting dan cukup untuk satu rumah kecul dan sederhana.... dan pasti manfaatnya jauh lebih baik dibandingkan di hancurkan seperti itu...
 
nah coba kalau setiap cabang ada latihan seperti itu,... anggap saja ada 50 cabang, coba.... ingat bahwa ilmu SH itu tidak merusak dan ilmu SH itu memayu hayuning bawono...
 
tetapi sebagai orang SH ya tidak harus gumunan dan kagetan,. kalau ditanya orang SH bisa seperti itu jawabnya ya bisa, namun ada yg lebih penting dibanding belajar seperti itu....
 
Ilmu SH itu gudangan dan SH itu gudange ilmu, ibarat kedung ya ilmu SH itu kedung jero... dan latihan SH itu dak ada habisnya.. terus berjalans ejalan dengan kehidupan kita, dan ilmu kita pasti akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia...
 
dst.. dst...."
 
 
Sdr2 ku sekalian itulah cerita ceramah mas imam menanggapi tentang pernafasan pemukulan benda keras, apakah itu ilmu SH dan apakah ITu perlu,,, saya kembalikan pada kadang warga semua... sing penting jangan gumunan dan jangan kagetan

maka berdasar wejangan mas imam(alrm), jelas bahwa SH TERATE adalah organisasi persaudaraan yg mengedepankan falsafah "MEMAYU HAYUNING BAWONO", monggo para saudara2 senantiasa mawas diri (mulat sarira hanggrasawani), sehingga kekerasan2 tidak akan terulang lagi, baik perseteruan yg slama ini membudaya di berbagai cabang, maupun kekerasan2 di tempat latihan, sehingga tidak akan terjadi hal2 yg tidak kita inginkan.

salam 1922

new_revolution

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 14
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #100 on: 02/09/2012 02:58 »
Salam Persaudaraan Dulur kuu, semuuaaa. .  para sahabat silat. . salam untuk anda semua, waduh, dah lama gk mampir di forum ini, setahun ada kali, hehehe, ,  thread yg membahas sh terate sedikit bgt, . .  ayooo, cah terateee, mana nii, muncullll

lampers 1922 , ,  PSHT JAYA !! Semua Perguruan Juga Jaya !! Indonesia Jaya !! Amin !!

new_revolution

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 14
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #101 on: 02/09/2012 03:01 »
oh iyaa,  to mas ardi cogaul, salam kenal mas, maff ni lama blasnya, hehehe, btw mas edi yg saya kenal di paser ada 3 mas , tp, yang sering ktemu cuma 1 yaitu mas edi kuswantoro, mas edi yg lainnya, sudah jarang ketemu, insyaAllah saya kenal dengan mas edi yg sampean maksud mas, , lampers mas ardi !

new_revolution

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 14
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Persaudaraan Setia Hati Terate
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #102 on: 02/09/2012 03:05 »
PERNAFASAN PEMUKULAN BENDA KERAS ATAU CES
(dikutip dari mas Mahendro Sutanto, Bulungan Jakarta)
pengesahan di cepu tahun 1983, cabang cepu mengesahkan kurang lebih ada `17 orang,... pada saat disahkan kami mendemonstrasikan pemukulan benda keras, menggunakan ES, bis beton, genting dan bata... salah satunya saya.. umur saya 16 tahun jalan tujuh belas tahun kata mas Imam 16 tahun lebih satu hari itu sudah disebut 17 tahun... jadi cocok sebagai perndekar SHT,... karena kami disahkan pada saat itu baru mendapatkan jurus 17, jadi kami diesbut pendekar muda SHT,... setelah disahkan kami membantu melatih dan setelah melatih kami latihan untuk menyelesaikan jurus dan senam dasar... yang melatih mas Rusmaryanto (tingkat II) dan mas Subiyanto (waktu itu masih tingkat I baru 1985 disahkan tingkat II)... pelatihnya tetapnya ada mas komari, mas herlan, pas nur muhamad, mas agus (sudah tidak aktif), mas herlan. mas yandik, mas wito dll.... pokoke latihannya keras tapi mengasyikan... dan kami menyelesaikan jurus dalam waktu 6 bulan dan baru mendapatkan jurus kunci...
 
ada sesusatu yang aku ingat, ceramah mas imam di depan forum umum saat pengesahan di cepu tahun 1983perihal pernafasan pemukulan benda keras, mas imam kusupangat ngendiko begini :
 
" Dik.... Ilmu SH itu tidak ada yang merusak, semua ilmu SH itu harus bermanfaat bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu kita harus memayu hayuning bawono,... coba tadi kita melihat dan menyaksikan atraksi pemukulan benda keras... kalau dilihat sepintas memang bagus sih.. coba di cari manfaatnya dan coba renungkan...
 
kalau latihan memukul Bis beton tadi jumlahnya 3 buah, dan yakin bahwa sebelum pentas mereka telah mencoba ;aling tidak satu kali... jadi sudah ada 6 bis beton yang dipecahkan atau duhancurkan... kalau yang latihan seperti tadi jumlahnya 50 orang berart ada 300 bis beton yang dihancurkan,... kalau 1 bis beton panjangnya 1 meter berarti sudah300 meter dan kalau digunakan untuk buat selokan sudah 300meter pasti manfaatnya banyak dan lebih banyak dibandingkan pukul meumukul seperti itu...
 
coba sekali lagi tadi ada pemecahan genting di perut tadi, berapa gentingnya kalau tidak salah lebih dari 25 buah. dan latihan juga paling tidak sekali, jadi ada 50 genting, kalau ada 50 orang yg latihan,..berarti ada 2500 genting dan cukup untuk satu rumah kecul dan sederhana.... dan pasti manfaatnya jauh lebih baik dibandingkan di hancurkan seperti itu...
 
nah coba kalau setiap cabang ada latihan seperti itu,... anggap saja ada 50 cabang, coba.... ingat bahwa ilmu SH itu tidak merusak dan ilmu SH itu memayu hayuning bawono...
 
tetapi sebagai orang SH ya tidak harus gumunan dan kagetan,. kalau ditanya orang SH bisa seperti itu jawabnya ya bisa, namun ada yg lebih penting dibanding belajar seperti itu....
 
Ilmu SH itu gudangan dan SH itu gudange ilmu, ibarat kedung ya ilmu SH itu kedung jero... dan latihan SH itu dak ada habisnya.. terus berjalans ejalan dengan kehidupan kita, dan ilmu kita pasti akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia...
 
dst.. dst...."
 
 
Sdr2 ku sekalian itulah cerita ceramah mas imam menanggapi tentang pernafasan pemukulan benda keras, apakah itu ilmu SH dan apakah ITu perlu,,, saya kembalikan pada kadang warga semua... sing penting jangan gumunan dan jangan kagetan

maka berdasar wejangan mas imam(alrm), jelas bahwa SH TERATE adalah organisasi persaudaraan yg mengedepankan falsafah "MEMAYU HAYUNING BAWONO", monggo para saudara2 senantiasa mawas diri (mulat sarira hanggrasawani), sehingga kekerasan2 tidak akan terulang lagi, baik perseteruan yg slama ini membudaya di berbagai cabang, maupun kekerasan2 di tempat latihan, sehingga tidak akan terjadi hal2 yg tidak kita inginkan.

salam 1922

hmmm. .  iri saya mas, sampean pernah bertemu dgn mas imam, saya hanya ketmu ftonya saja, n sedikit sejarah dari mas2 yg lain yang pernah dilatih oleh beliau, ,  lamper mas ! sehat selalu !

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #103 on: 21/01/2013 13:07 »
Salam Persaudaraan.

Sudah 5 tahun ane kagak nongol dimari,

Ane pernah jadi Siswa SH terate.

bagi2. cerita aje Waktu jadi siswa PSHT.

ane cerita dari pelajaran poko SH terate.

Tentuaje yg pertama pengenalan Organisasi PSHT yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate dan disitu dijabarkan Falsafah dan pengertian apa Artinya PSHT.
1. Persaudaraan, itu wajib dilakukan antara siswa dan guru dan lebih luas lagi rasa kasih sayang terhadap sesama.

2. Pelajaran pokok yg diujikan dari awal masuk jadi siswa yaitu, senam dan Jurus.
Senam merupakan gerak di tempat dan buanyak sekali yg pasti lebih dari 100an lah, tapi yg diujikan kagak lebih dari 91, he,he

siapa yg m,au nambahin..

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: ayo bahas tentang SH Terate
« Reply #104 on: 23/01/2013 11:11 »
kalau baca falsafahn nya yang nmr 1 bagus sekali ya [top] [[peace2]]
tapi kenapa kenyataan dilapangan bisa bertolak belakang 180 derjat ya?
apa ada yang kurang pas dalam hal pembelajaran dan pengajaran dari para senior, atau memang hanya unsur oknum, tapi oknum kok banya banget ya dan seperti jadi sebuah rutinitas, aneh ya
tanya mengapa??? :'( :-[ :-X

 

Powered by EzPortal