Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Aliran Pencak Silat => Topic started by: Sosro_Birowo on 18/06/2007 11:23

Title: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Sosro_Birowo on 18/06/2007 11:23
Sahabat Silat,

berikut ini aku post ulang tulisan tentang BEKSI--salah satu aliran silat yang cukup terkenal di Betawi.

Bagi rekan-rekan yang tau aliran ini, pernah belajar, ayoo dong diskusi, kasih komentar atau kesan-kesannya..

thanks.

SB.
===


BEKSI : MAEN PUKULAN BETAWI
(Disarikan  dari buku karangan Yahya Saputra dan Irwan Sjafi’ie “Beksi, Maen Pukulan Khas Betawi’, diterbitkan oleh penerbit Gunung Jati,Jakarta 2002)


1.  Asal Usul Beksi

Seni budaya beladiri yang oleh orang betawi disebut maen pukulan Beksi lahir dari kemampuan orang terpilih yang tiada hentinya melatih kepekaan inderawi, mengolah kelebihan atau kelenturan anatomi tubuh dan belajar sebanyak mungkin dari pertanda alam seperti riak sungai, hembusan angin, gerak dan laku macan, monyet, kelabang, belalang,dst (hal 19).

 Menurut buku ini, asal usul beksi ada beberapa versi.

a.   Versi pertama.  Versi ini dikisahkan oleh seorang sesepuh Beksi: H Atang Lenong (usia 84 tahun –ketika wawancara tahun 2001).  Beksi mulai muncul ke permukaan dalam kurun pertengahan abad 19 sekitar tahun 1850-1860-an. Pada masa ini ada seorang tuan tanah di daerah tangerang bernama Gow Hok Boen yang tinggal di kampung kosambi.  Tuan tanah ini kebetulan gemar akan beladiri dan menguasai ilmu kuntao atau kungfu.  Orang lokal tangerang mengenal Gow Hok Boen sebagai Tuan tanah kedaung. 

Sebagai tuan tanah, Tuan Gow punya sekian banyak centeng untuk membantunya. Kepala centengnya bernama Ki Kenong yang memiliki ilmu beladiri yang tinggi dan dicampur dengan ilmu sihir yang dahsyat.  Tertarik dengan beladiri, Tuan tanah ini mengadakan sayembara untuk mencari jagoan yang lebih hebat dari kepala centengnya dan mendapat kedudukan menggantikan jabatan sebagai kepala centeng. Maka setiap malam minggu diadakan pibu alias duel dengan banyak jagoan yang mau mengadu ilmu dan keberuntungan dengan melawan Ki Kenong. 

Namun dari sekian banyak penantangnya belum ada satupun yang berhasil mengalahkan Ki Kenong.  Tersebutlah ada seorang tukang singkong rebus (disebut ancemon atau singkong urap) bernama Pak Jidan yang setiap malam menjual singkong di tengah keramaian pertunjukan  duel ini.  Pak Jidan mengambil singkong dari hutan dekat tempat tinggalnya dan singkong tersebut tidak habis-habis dan seperti ada yang memelihara, namun karena di hutan Pak Jidan tidak ambil pusing.  Suatu sore, ketika pak Jidan beristirahat di rumahnya dia didatangi oleh seorang pemuda yang protes karena singkong yang dia tanam dan pelihara di hutan diambil oleh pak jidan.  Karena tidak tahu pak Jidan pun minta maaf.  Melihat keluguan dan kekjujuran pak Jidan serta hidupnya yang miskin, orang misterius itu menawarkan untuk membantu pak Jidan dengan memberi pelajaran maen pukulan; tanpa memandang waktu itu pak jidan sudah berumur sekitar 60-an. 

Singkat kata, Pak jidan menerima pelajaran maen pukulan sebanyak 8 jurus dan tiga atau empat lagi belum diajarkan, yang akan diajarkan oleh orang lain. Sebelum pergi orang misterius itu minta kemenyan dan berpesan bahwa dia bisa dipanggil-- jika pak jidan memerlukan --dengan membakar kemenyan dan membaca mantra.  Ketika orang itu pergi, Pak Jidan melihat ekor macan tersembul dari balik jubahnya dan juga tengkuknya terlihat loreng-loreng seperti layaknya kulit harimau.  Pak jidan pun terkejut dan maklum bahwa dia dikunjungi dan diajari maen pukulan oleh Ki Belang atau Siluman Macan Putih. 

Malam selanjutnya, pak Jidan berjualan seperti biasa di tengah pentas duel.  Disebabkan karena jengkel dengan jagoan-jagoan yang tidak bayar sewaktu makan singkong dagangannya, Pak Jidan menendang keranjang dagangannya dan melayang masuk ke tengah gelanggang.  Tuan tanah Gow pun marah dan menyuruh orang menyeret Pak Jidan  tengah arena dan memaksanya bertarung dengan Ki Kenong. 

Di luar dugaan, Pak Jidan mampu mengalahkan di Kenong dengan ilmu yang diajarkan oleh Ki Belang itu.  Menurut legenda, dengan jurus baroneng-lah  Pak Jidan melumpuhkan ilmu Ki Kenong yang terkenal dengan   ‘pukulan tangan berapi’.   Ketika ditanya oleh Tuan Gow tentang ilmu yang dipakai oleh Pak Jidan, dia tidak tahu apa namanya. Lalu tuan Gow Hok Boen menyebutnya Beksi artinya pertahanan empat mata angin.  Sejak itu terkenallah Pak Jidan—yang diangkat sebagai kepala pengawal keamanan-- dengan ilmu beksinya.

b.   Versi kedua diceritakan oleh H Mahtun (lahir di petukangan 1945). Alkisah di kampung bagian timur tangerang hiduplah seorang laki-laki yang mahir beladiri bernama Raja Bulu berusia sekitar 63 tahun yang hidup berdua dengan anaknya yang gagu (bisu), istrinya sudah meninggal dunia. 

Kehidupan Raja Bulu berkecukupan dengan pekerjaan mengajar silat dari kampong ke kampong. Si anak sendiri tidak mau belajar silat pada bapaknya.  Suatu ketika Raja bulu bertanya pada anaknya mengapa dia tidak mau belajar maen pukulan. Dan jawabannya sungguh mengejutkan:  karena di anak belum tentu kalah dalam sambut-pukul dengan Raja Bulu.

Si ayah lalu mengetes dan terjadilah  pertarungan dan menjadi keteter atau kewalahan menghadapi ilmu anak bisu.  Akhirnya si anak mengaku bawah selama ini dia belajar maen pukulan di hutan dan dilatih oleh siluman mcan putih.  Karena belum ada nama, Raja bulu menyebut ilmu yang dikuasai oleh anaknya : Beksi:  sebab seperti segi empat dengan empat arah . Sejak itu Raja Bulu pun belajar pada anaknya dan ilmu ini pun diajarkan ke murid-muridnya.Demikian beksi pun berkembang.

Dalam perkembangan selanjutnya para pendekar Beksi memberi banyak makna pada ilmu maen-pukulan ini. Ada yang mengartikan BEKSI= Berbaktilah Engkau pada Sesama Insan ....

Asal usul di atas merupakan folklore, cerita rakyat berisi legenda yang didalamnya terdapat unsur-unsur kenyataan dan juga mitos atau legenda.   
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Sosro_Birowo on 18/06/2007 11:24
2. Tokoh-tokoh  Beksi

Hampir semua aliran beksi mengakui bahwa yang mengajarkan pertama-tama ilmu beksi adalah Ki Kidan ( Ki Iban) dan atau Raja Bulu.

Lebih lanjut inilah para tokohnya berdasarkan generasi:

Generasi I   : Raja Bulu dan Ki Jidan (Ki Iban)

Generasi II   : Ki Lie Cengk Ok, Ki Tempang, Ki Muna, Ki Dalang Ji’ah

Generasi III   : Kong Marhali, Nyi Mas Melati, Kong Godjalih

Generasi IV   : Kong H Hasbullah, Kong HM Nur, Kong Simin, Minggu, Salam Kalut, H Mansyur, Muhammad Bopeng

Generasi V   : Tonganih, Dimroh, HM Yusuf, HM Nuh, Sidik, H Namat, H Syahro, Mandor Simin, Umar

Generasi VI   :H Machtum, Tong tirih, H Dani, Udin Sakor, Soleh, Tholib/syaiful, dll

Generasi VII   : Abdul Aziz, Abdul Malik, HA Yani, Mftah, Nasrullah, dll


Ki Iban/Raja Bulu memiliki murid yaitu : Ki Lie Cengk Ok, Ki Tempang, Ki Muna, Ki Dalang Ji’ah.

Yang belajar pada atau menjadi murid dari Ki Ceng Ok yaitu : Kong Godjalih, Kong Marhali. Sedangkan Nyimas Melati berguru pada Ki Dalang Ji’ah.

Para murud dari Ki Ceng Ok terus menerus menyebarkan Beksi hingg ke Jakarta dan tempat lain.  Mereka dikenal denga sebutan 'Beksi empat serangkai' yakni : Kong Jali, Kong Has, Kong Nur dan Kong Simin. 

Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Sosro_Birowo on 18/06/2007 11:26
3. Jurus-jurus dan belajar Beksi

Jurus-jurus Beksi terkenal dengan keras, cepat, ringkas dan mengarah pada tempat-tempat yang mematikan pada tubuh. 

Sebelum mempelajari jurus, murid biasanya mengikuti syarat penerimaan siswa yang disebut rosulan atau ngerosul; berupa tawasul disertai zikir tahlil memanjatkan doa pada Allah SWT agar dalam mempelajari beksi diberi kerido’an, kekuatan, ketabahan dan kesabaran.

Dalam permain-an jurus, ada banyak melakukan gedi-(k/g) atau hentakan kaki ke lantai dan gerakan tangan yang sangat cepat. Oleh sebab itu dianjurkan untuk melotot dan tidak berkedip dalam melihat gerak lawan.

Cara belajar –mengajar beksi :
a.   Diperkenalkan jurus. Murid menirukan  disebut juga : asal tau jalan
b.   Tuntun. Latihan gerak bela yang dituntun oleh guru dengan teknik dan aplikasi jurus
c.   Sambut.  Murid tanding dengan sesama murid atau guru dengan menggunakan jurus.


Secara fundamental ada 12 jurus dalam beksi dibeberapa tempat disebut dengan nama yang berbeda.


Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Sosro_Birowo on 18/06/2007 11:29
NAMA JURUS.

Berikut nama-nama jurus beksi berdasarkan wilayahnya:

DAERAH   I
1.   Jurus Beksi
2.   Jurus Gedig
3.   Jurus Tancep
4.   Jurus Cauk
5.   Jurus Broneng
6.   Jurus Bandut
7.   Jurus Beksi Satu
8.   Jurus Silem
9.   Jurus lokbe
10.   Jurus Bolang Baling
11.   Jurus Janda Berias
12.   Jurus Panca Lima

DAERAH   I I
1.   Jurus Beksi
2.   Jurus Gedig
3.   Jurus Tancep
4.   Jurus Ganden
5.   Jurus Bandut/bandul
6.   Jurus Broneng
7.   Jurus Tingkes
8.   Jurus Rusia Pecah Tiga
9.   Jurus Bolang Baling
10.   Jurus Gebal
11.   Jurus Kebut
12.   Jurus Petir

DAERAH   III
1.   Jurus Beksi
2.   .Jurus Gedig
3.   .Jurus Tancep
4.   .Jurus Ganden
5.   .Jurus Bandut/bandul
6.   .Jurus Broneng
7.   .Jurus Tingkes
8.   .Jurus timpug
9.   .Jurus Kebut
10.   .Jurus Tiga
11.   .Jurus Galang Tiga
12.   .Jurus Galang Lima

DAERAH   IV
1.   Jurus Beksi
2.   .Jurus Gedig
3.   .Jurus Tancep
4.   .Jurus Ganden
5.   .Jurus Kebut
6.   .Jurus Broneng
7.   .Jurus Beksi Satu
8.   .Jurus Ganden Susun
9.   .Jurus Tingkes
10.   .Jurus Silem
11.   Jurus Timpug
12.   Jurus Tunjang/Petir

Pelajaran senjata juga diberikan yaitu ilmu golok yang terdiri dari dua jurus yaitu jurus golok satu dan dua. Jurus golok satu dipecah lagi jadi jurus satu hingga jurus tujuh. Sedangkan jurus golok dua dipecah menjadi 2 jurus yaitu jurus satu dan dua.

Kombinasi jurus baik tangan kosong maupun golok sangat sanagt penting dalam beksi sehingga bisa bercipta berbagai jurus lagi misalnya : Jurus bandut tepuok, jurus bandut galang, dll.

Lu jual gue beli”
“Lu jangan maen pukul aje, maen hakim sendiri. Pakelah ilmu padi, mangkin berisi, mangkin merunduk”


(Jakarta 15 Juni, 2005, SB)

sekian,tabik==
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: kisawung on 18/06/2007 15:45
mangstab.. tob markotob surotop.. maknyus  [top] [top] [top]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Abu Zakka on 21/06/2007 18:49
 :'( Mau dong jurus goloknya... :'( Eh...ngomong-ngomong ada ga yah aliran silat yang melulu atau didominasi jurus golok dan senjata lainnya seperti ilmu pedang di cina sono atau jurus-jurus katana iai jutsu di jepang, jadi aliran ini lebih banyak mengajarkan senjata seperti golok, toya, trisula, pedang dll dari pada tangan kosong. Kalau ada mau banget tuh berguru. ^:)^
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Aguswin on 22/06/2007 08:03
Ada hubungannya gak antara Beksi dengan istilah Bhesi yang dalam beladiri Tiongkok kalo nggak salah artinya kuda-kuda ? Seinget saya, dulu saya pernah baca bahwa ini ada hubungannya, tapi saya lupa baca di mana.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Sosro_Birowo on 22/06/2007 09:16
Mas Agus Win,

Di beksi sendiri mereka mengakui bahwa BEKSI  berasal dari bahasa Cina, Bie Sie. Bie artinya pertahanan dan Sie artinya empat. Maknanya, pertahanan empat penjuru. Dalam lidah Betawi, akhirnya menjadi Beksi. Oleh Hasbullah, lantas diberi makna baru: Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan. (ini dikutip dari interview yg dilakukan oleh wartawan tempo Amal Ihsan kepada perguruan Beksi)..

Dalam tradisi tiongkok, memang ada kata BHESI yang berarti kuda-kuda (yg kokoj dan tangguh), banyak dipakai oleh aliran siau lim sie (shaolin)...

Apakah kemudian ada hubungannya? walahulam...

Salam

S. B.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 24/06/2007 18:21
Sekitar tahun 2002 saya tertarik untuk mengenal silat Beksi setelah membaca buku berjudul BEKSI : MAEN PUKULAN BETAWI (Disarikan  dari buku karangan Yahya Saputra dan Irwan Sjafi’ie “Beksi, Maen Pukulan Khas Betawi’, diterbitkan oleh penerbit Gunung Jati,Jakarta 2002). Banyak hal yang saya ingin ketahui lebih banyak setelah membaca buku tersebut.
Lalu saya cari dimana alamat salah satu perguruan Beksi yang ada di Jakarta dan saya berhasil bertemu dengan Bapak Sabenuh Masir di Jl. Cileduk Raya No. 10 RT 002 RW 03, Kelurahan Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang mewarisi silat Beksi dari Alm. H. Hasbullah / Kong Has (mertua dari Bapak Sabenuh Masir).
Saya sampaikan kepada beliau alasan saya datang karena ingin mengetahui apakah yang tertulis di buku tersebut sesuai dengan sejarah Beksi.
Beliau mengatakan hal tersebut tidak benar, narasumber dan penulis buku tersebut dianggap memiliki informasi dan pengetahuan yang kurang mengenai Beksi.
Informasi yang benar dapat anda lihat di situs silat beksi yang telah ada (http://silatbeksi.blogspot.com/).
Pada intinya Ilmu Seni Bela Diri BEKSI berawal/berasal dari Negeri China yang dibawa pertama kalinya ke Indonesia (Batavia.red) oleh seorang guru keturunan China yang bernama “Alm. Lie Ceng Oek” yang bermukim dan bertempat tinggal di daerah Dadap, Tangerang sebelum diturunkan kepada muridnya Alm. Ki Marhali dan dilanjutkan oleh Alm. H. Ghazali, Alm. H. Hasbullah dan generasi selanjutnya.
Namun oleh mereka Beksi mendapatkan "sentuhan" lokal yang dapat dilihat seperti sekarang.
Bila ada yang mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan mistik mengenai Beksi, Bapak Sabenuh mengatakan hal tersebut tidak benar.
Beliau juga sempat memperagakan Silat Beksi yang membuat saya tertarik untuk mempelajari dari beliau secara langsung. Namun sayang, saya tidak mempelajari silat Beksi secara keseluruhan.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Kobok Muka on 27/06/2007 13:44
Sy pernah bertemu dengan H. Basyir Bustomi, murid H. Hasbullah yg skr menjadi Ketua Umum Beksi. Menurutnya cerita soal harimau putih itu memang tidak benar.

Sepengetahuan sy, cerita2 berbau mistis soal berguru dan bertarung dengan harimau ada di sejarah hampir semua aliran dan umumnya memang hanya sekedar mitos. Maklum, cerita sejarah perguruan/aliran di Indonesia umumnya lewat tradisi lisan/cerita yng kental unsur mistis dan mitos.   
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: takomuda on 04/08/2007 20:04
Subhannallah !!! Indonesia yang kaya akan khasanah cerita, budaya dan keragaman ilmu beladiri !!!
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: verdyboy07 on 18/04/2008 17:43
SALAM PERSAUDARAAN
ASSALAMU ALAIKUM WR.WB.
bang, ane dari beksi alm kong Nur. ane latihan sama bang Malik, bang Azis, ane juga pernah dapet gerakan dari Bang Miftah. semuanya berdiri dibawah kepemimpinan Ustadz H. Ahmad Yani, yang mana beliau-beliau ini adalah murid langsung dari guru besar Alm. Kong Nur. ane mo mengajak saudara2 sekalian untuk lebih merekatkan tali persaudaraan kita yang yang sudah terjalin selama ini. ane mo sumbang saran gimana klo kita melakukan latihan bersama lagi, seperti waktu yang lalu. jadi kita bisa bertemu dengan sesama saudara kita, baik yang dari Alm. H. Hasbullah, Alm Kong Nur, maupun Alm. Kong Simin. karena bagaimanapun juga kalo kita bersatu pasti kita akan lebih kuat dibanding jika kita berdiri sendiri-sendiri. Mohon maaf jika ada kata yang salah.
Wassalamu alaikum Wr.Wb http://[top] [top] [top]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: harry ghadod on 02/05/2008 21:18
bang.... boleh tau nga dari generasi ke tiga ada h. ghozali... bisa minta tolong siapa aja yang jadi murid nya..? klo bisa saya minta alamatnya...
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: babusakti on 17/05/2008 17:27
numpang nanya nihh..saya baru liat ada poster beksi Di bintaro katanya menerima murid baru....baru dapetinfo lagi....tadi saya liat ada spanduk lagi tulisan lengkapnya seni beladiri beksi sanghiyang putih...anyone know?....
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bradlee on 16/07/2008 03:52
Sahabat-silat, ini ada video yang sangat menarik dari Beksi
Silakan dinikmati :) [top]

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=TuaV0pS9CGc[/youtube]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Antara on 16/07/2008 20:36
Bagusssss sekalii.... ini laporan TV apa ya?

btw, di menit ke 3 latar belakang lagunya kok musik melayu ya? he..he..he... tapi gak apa-apa... ini menunjukkan pencak silat memang budaya nasional....  [top]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: cilux on 10/06/2009 22:17
mau nanya neh bang..sesepuh2 aliran beksi...!!ane punya temen..dia cerita kalo anaknya sering diimpiin orang tua yg suka ngajarin jalan jurus beksi..kejadian ini terjadi setelah anaknya temen ane itu belajar beksi..mohon pencerahan apakah memang suka terjadi hal2 yg seperti ini??terima kasih sebelumnya..
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 29/11/2009 20:55
@cilux, maaf baru dijawab pertanyaannya. Kalo selama ane belajar beksi belom pernah ada kejadian yg seperti diceritain temen ente. Mungkin hanya terjadi pada orang tertentu saja. Mudah2an itu bisa dijadikan semangat untuk lebih mendalami pelajaran silat Beksi.

Terima Kasih.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 29/11/2009 21:06
Ini ada berita dari Madina Online mengenai penampilan Silat Beksi Tradisional H. Hasbulah di acara Indonesia Consumunity Expo (ICE) 2009


Beksi Tradisional H Hasbullah
Tampil Gemilang di Senayan

(Jakarta, MADINA): Ajang bisnis nasional di Plaza Parkir Timur Senayan Jakarta Pusat Ahad pekan lalu menampilkan ratusan stand. Di antaranya adalah stand Silat Tradisional (Zona Olahrga) di bawah naungan Forum Pencinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia (FP2STI). Dari belasan perguruan silat tradisional yang bergabung di FP2STI, salah satunya adalah Perguruan Pencaksilat Beksi Tradisional H Hasbullah (PPSBTHH) yang diketuai Ustadz Mualih Yahya (45) dan Guru Besar Babe Sabenuh Masir (60).

PPSBTHH memang telah membuka puluhan kolat (kordinator/komando/unit latihan). PPSBTHH eksis di Yayasan Pendidikan Islam (MTs) Al Quraniyah Jln H Ridi dan Kolat Pusat Jln Ciledug Raya No 10 RT 02/03 Ulujami; Jln KH Hasyim Ashari KM 9 depan Masjid Agung Pinang Pinang Kota Tangerang, Pesantren Pengadegan Timur Pancoran Jaksel, dan kolat-kolat lainnya. Tiap bulan PPSBTHH membuka kolat baru.
Menurut para pimpinan FP2STI antara lain, Alda Amtha, Abdul Rasyid (Bang Ochid), Achmad Sudrajad (Bang Ajad), Iwan Setiawan (Bang Iwan), bahkan Oong Maryono, yang biasa berkumpul di Padepokan Pencak Silat Indonesia Taman Mini, Perguruan Pencak Silat Beksi Tradisional H Hasbullah pimpinan Ust Mualih Yahya dan Baba Sabenuh Masir memang sebuah perguruan silat tradisional yang terdinamis dan maju.

Ketika puluhan pesilat Beksi Tradisional H Hasbullah tampil menjalankan jurus-jurus kebolehannya, ratusan penonton mengitari, menyaksikan dengan kagum semua jurus yang diperagakan mereka. Syahrul bin Bushro, 7, masih duduk di kelas 1 SDN Kebagusan Jaksel, mengawali demo jurus dasar Beksi. Tepuk tangan riuh mengapplouse kepiawaian Pebeksi cilik itu bergaya di bawah tatapan ratusan penonton.

Kemudian muncul 8 peBeksi usia 10-12 tahun jalankan jurus Beksi Kombinasi satu dengan kompak. Rama, 12, unjukkan style golok. Penonton makin tertarik kagum, anak lelaki seusia ia sudah lihai bermain golok sungguhan. Setahun belajar Beksi sudah bisa mainkan beberapa jurus Beksi H Hasbullah. Setelah itu Rosyikin SAg, 31, eks pelatih Tae Kwon Do dan sering merebut medali sejak remaja, kini jadi pelatih Beksi Tradisional H Hasbullah menampilkan jurus sekaligus bergolok.

Wahyudi Tejalaksana, 22, kerap dipanggil Yudi, peBeksi kelas tur antar provinsi utusan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemda Provinsi DKI Jakarta ke berbagai event seni dan olahraga Bengkulu, Sulawesi, Maluku dan lain sebagainya, mainkan jurus Beksi juga golok. Setelah Yudi, Ali Aswar unjuk kebolehan bersilat Beksi Tradisional H Hasbullah, lalu peBeksi berikutnya dan berikutnya lagi termasuk pebeksi anak wanita usia SD. (rah)

http://www.madina-sk.com

Contact Person :
Perguruan Pencaksilat Beksi Tradisional H Hasbullah (PPSBTHH)
Ketua Umum Ustadz Mualih Yahya (45) HP 087880113999
Guru Besar Baba Sabenuh Masir (60) HP 021-98014937, 95016617, 085693474003.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Destroyer9 on 07/12/2009 14:46
Dimana Mas latihannya...?!

Biaya..?! Waktu..?!

Makasih...
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 29/01/2010 08:40
sekedar info...satu lagi guru besar beksi dari kebayuran namanye guru muhammad beliau murid li cang ok juga,pendiri perguruan beksi purbakala
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 29/01/2010 09:10
Langsung belajar ke Lie Ceng Oek ya ? Nama lengkapnya siapa ?
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 31/01/2010 09:05
muhammad bin yahya aslinye dari kebayoran lama,beliau guru besar perguruan beksi purbakala(beliau wafat tahun 1992),kalo dari segi umur beliau lebih tua dari almarhum h.hasbulloh.perguruan beksi purbakala masih eksis sampai sekarang,jadwal latihan saban malem sabtu dikomplek ikpn bintaro yang ngajar baba matalih
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: luri on 01/02/2010 07:57

sedikit trailer liputan acaranya Beksi kemaren.

Selametan dan Silaturrahmi BEKSI TRADISIONAL H.HASBULLAH
di Jl.Durian Raya,Rt 004/05,(samping masjid Al Ikhsan), Kampung Kandang, Jagakarsa, Jak-Sel
31 Januari 2010


(http://videosilat.com/files/thumbs/129387873-1.jpg) (http://videosilat.com/video/8067e6ed657a53c/Performance-Silat-Beksi-H-Hasbullah)

http://videosilat.com/video/8067e6ed657a53c/Performance-Silat-Beksi-H-Hasbullah
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 01/02/2010 12:43
Mas Luri, thanks udah di upload videonya.
Menurut ane Beksi emang salah satu perguruan yg sangat dinamis, khususnya Silat Beksi Tradisional H Hasbullah yg banyak memiliki Kelompok Latihan (Kolat) yang tersebar di daerah Jakarta dan sekitarnya. Hingga saat ini mereka telah memiliki 27 Kolat yg di setiap kolat-nya paling sedikit berjumlah 25 murid. Acara ini merupakan tradisi yg biasa mereka lakukan & ajang silahturahmi Keluarga Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah.
Turut hadir tamu undangan dr Komunitas Sahabat Silat (Kang Iwan & Mas Luri) & perwakilan dr P.S Pengasinan.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 01/02/2010 13:36
@brava

Dari cerita yg pernah ane dengar dari  Babeh Sabenuh Masir (Guru Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah), Kong Has (H Hasbullah) pernah marah2 & menyambangi salah seorang muridnya yg membuka pelatihan Silat Beksi tanpa izin dari beliau. Nama perguruan tsb adalah Perguruan Beksi Purbakala. Menurut Kong Has pemakaian kata "Purbakala" mengesankan perguruan tsb lbh dahulu memiliki silat tsb, padahal beliau menganggap muridnya tsb belum menguasai seluruh jurus yang ada di Beksi.

Dan sepanjang yg diketahuinya hanya Kong Has yg belajar dari semua guru2 yg menjadi tokoh2 Silat Beksi mulai dari H. Godjalih, Ki Marhali hingga sampai ke Lie Ceng Oek. Dari semua cerita mengenai proses pembelajarannya tsb, Kong Has memiliki pengalaman yg diceritakan lagi kepada penerusnya. Hal ini kemudian menjadi tradisi bagi Perguruan Silat Beksi Tradisional H Hasbullah untuk melakukan Napak Tilas.

Sedangkan para tokoh penyebar Silat Beksi yang banyak dikenal antara lain, Kong Has, Kong Simin & Kong Kong Nur. Mereka adalah teman seangkatan Kong Has dalam belajar Silat Beksi. Terakhir sempat diadakan Haul tiga Guru Besar Beksi tersebut yang dihadiri oleh pewaris dari masing-masing tokoh tsb. Disamping tokoh-tokoh tersebut masih banyak lagi penyebar silat Beksi.

Saya tdk bermaksud mendiskreditkan siapapun, mungkin keterangan yg saya dapat salah, namun ada baiknya bagi setiap praktisi suatu aliran tertentu utk tidak hanya mempelajari ilmunya saja namun juga mengenal jalur keilmuan yg di dapat. Menjaga tali silahturahmi dg perguruan lain yg memiliki aliran yg sama, mencoba mencari kesamaan dalam rangka melestarikan budaya yg ada & mengembangkan aliran yang dimiliki.

Semoga Beksi akan selalu eksis....!  [top]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Kembang Goyang on 01/02/2010 14:29
@brava

Dari cerita yg pernah ane dengar dari  Babeh Sabenuh Masir (Guru Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah), Kong Has (H Hasbullah) pernah marah2 & menyambangi salah seorang muridnya yg membuka pelatihan Silat Beksi tanpa izin dari beliau. Nama perguruan tsb adalah Perguruan Beksi Purbakala. Menurut Kong Has pemakaian kata "Purbakala" mengesankan perguruan tsb lbh dahulu memiliki silat tsb, padahal beliau menganggap muridnya tsb belum menguasai seluruh jurus yang ada di Beksi.



lha Purbakala bukannya singkatan.

PUtR BetAwi KebAyoran LAma :D
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 01/02/2010 15:50
Diceritakan kalau jaman dahulu bila ada orang yang membuka perguruan dg nama aliran Beksi, Kong Has langsung menyambangi perguruan tsb untuk mengetahui maksudnya. Seperti yg diceritakan sebelumnya, setelah bertemu dg Kong Has, orang tsb kemudian menjelaskan semuanya. Apa maksud penamaan perguruan tersebut dan sebagainya, namun Kong Has tetap tidak setuju karena alasan yg telah disampaikan.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Kembang Goyang on 01/02/2010 16:58
Diceritakan kalau jaman dahulu bila ada orang yang membuka perguruan dg nama aliran Beksi, Kong Has langsung menyambangi perguruan tsb untuk mengetahui maksudnya. Seperti yg diceritakan sebelumnya, setelah bertemu dg Kong Has, orang tsb kemudian menjelaskan semuanya. Apa maksud penamaan perguruan tersebut dan sebagainya, namun Kong Has tetap tidak setuju karena alasan yg telah disampaikan.

Trus gimane jadinye Bang...penasaran aye.. ???
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 02/02/2010 10:36
Kalau mau menggali sejarah suatu aliran memang terkadang sulit, namun sebagai suatu praktisi dari suatu aliran sebaiknya kita mengenali aliran yg kita pelajari secara komprehensif. Seperti yang saya telah sampaikan, menjalin silahturahmi dengan perguruan lain yg satu aliran & mengenal berbagai bentuk pengembangan aliran yg ada, semuanya itu akan membantu kita dalam lebih mengenal aliran yang kita pelajari. Walaupun hasil akhirnya terpulang kembali kepada opini dan paradigma masing-masing.

Perguruan Silat Beksi Tradisional H Hasbullah sendiri memiliki filosofi "Jas Putih Kancing Tiga", dimana "Kancing Tiga" berarti kewajiban dalam menjaga silahturahmi dengan sesama keluarga besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah, menjaga silahturahmi dengan sesama perguruan Beksi lainnya, dan perguruan lain di luar Beksi. Jadi, walaupun ada banyak kontroversi ttg sejarah & hal lain yg berkaitan dengan Beksi, mereka tetap menjujung tinggi silahturahmi & menyerahkan semuanya kepada penilaian orang lain.

"Lebih baik mengurus & mengembangkan perguruan, namun apabila ada yang menanyakan ttg sejarah harus tetap disampaikan apa adanya" (Babeh Sabenuh Masir, Guru Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah)
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Kembang Goyang on 02/02/2010 11:25
"Lebih baik mengurus & mengembangkan perguruan, namun apabila ada yang menanyakan ttg sejarah harus tetap disampaikan apa adanya" (Babeh Sabenuh Masir, Guru Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah)

cakep banget kata-katanye...emang ketahuan dah isinya dah mateng
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: hummdee6 on 02/02/2010 11:38
saya demen deh ama Kong Hasbullah ...
setiap ada yg buka perguruan beksi, lgs disamperin.. spt mencoba menjalin silaturahmi.

*gak beda ama orang2 gila silat di forum ini nemu satu aliran langka, langsung disamperin. sayang kemaren gak bs ikut ke silat pahaman*

btw, kayaknya asyik nih kl beksi h. hasbullah kl bs sharing management perguruannya .. smp bs banyak begitu cabangnya..kyk PGB bangau putih, Betako Merpati Putih, PD,dll.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 02/02/2010 19:39
Manajemennya sangat sederhana, dari awal murid2nya dipersiapkan untuk menjadi kader (guru/pelatih) bukan untuk menjadi jagoan. Karena dari kader2 tersebut Beksi dapat disebarkan dan dikembangkan. Yang terpenting adalah membina hubungan yang baik dengan tokoh masyarakat dan ulama setempat apabila ada seorang kader yang ingin membuka Kelompok Latihan (Kolat) yang baru. Dukungan dari dua elemen masyarakat ini dirasa penting dalam memudahkan penyebaran Beksi di suatu daerah.

Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: hummdee6 on 02/02/2010 21:04
Bang Ajad ..
ada pertanyaan yang mengganjal nih ...
bagaimana jika ada salah satu praktisi petantang-petenteng .. maklum, orang baru belajar kan biasanya gayanya sdh seperti yang keteknya bisulan aja tuh. Apa sangsi bagi mereka yang malah jadi 'jagoan'?
Sampai saat ini blm (mudah2an tidak akan pernah) terdengar orang2 Beksi mlh tawuran..(kl kyk begini bnr2 ane marah. Sama aja mereka gak menghormati Kong Has)..apa resep mencegah kejadian tersebut?
kdg saya inget ama tutur tmn (kbtulan tmn tinggal di daerah rawa belong), orang betawi asli kl berantem gak mau keroyokan..

Padahal yang sudah ngelotok, gak mau ngeremehin orang lain ... kl gak salah ada yg ngutip omongan kong Has bgm doi menghormati aliran lain, saya jg pernah dgr Ayah Jaka (Mustika Kwitang) jg begitu, Babe Nung (si Bunder) jg begitu (dr si Hud),dll.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 03/02/2010 01:57
Laporkan saja ke Pelatih yang bertanggung jawab di Kolat setempat, kalo perlu hubungi Ketua Umumnya Ustadz Mualih Yahya (45) HP.087880113999 atau langsung ke Guru Besarnya Babeh Sabenuh Masir (60) HP.021-98014937, 95016617, 085693474003.
Sepengetahuan saya baik pelatih, ketua umum, & guru besar Perguruan  Pencak Silat Beksi Tradisional H Hasbullah (PPSBTHH) selalu memberikan pesan/nasihat kepada murid2nya untuk menjaga tingkah laku mereka baik di setiap akhir latihan & acara2 kumpul bareng keluarga besar PPSBTHH.
Seperti falsafah yg ada di beberapa perguruan silat betawi lain, PPSBTHH mengibaratkan bahwa ilmu silat itu ibarat "golok", olehkarena itu perlu ada "sarung" yg dapat menutupinya. Dan sarungnya itu adalah ilmu agama, agar seseorang dapat mengerti apa yg baik & tidak baik untuk dilakukan. Selain itu mereka juga sering mengadakan acara peringatan keagamaan untuk meningkatkan ketakwaan pribadi & sosial bagi praktisi PPSBTHH.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: aki sija on 03/02/2010 06:11
@ Bangajad  : Klo menurut Aki mah...ilmu silat itu ibarat bola api......makanya kite harus selalu kemana mana bawa air putih aqua botol...umpama panasnya keluar, siramin aja biar jadi dingin....air itu adalah ahlak dari agama sbg penetral...sama juga kan ? he he he  :w

Salam
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: hummdee6 on 03/02/2010 08:38
@Bang Ajad ..
MANTABBBBB!!!
pelatih bertanggung jawab ama org yg dilatih  [top2] [top2] [top2]

@aki sija dan bang ajad...
setuju ama istilah :
- silat dan agama ibarat golok dan sarungnya ..
- silat dan agama ibarat bola api dan air putih aqua ...
 [toop]
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: luri on 03/02/2010 14:59
fyi,
tadi pagi sekitar pukul 06:30 - 07:00
beksi hasbulloh ditayangin di JakTV di acara Asal Goblek
cmiiw

Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Qsecofr on 03/02/2010 16:20
Yaah sayang di TV ku chanel tivi ini nggak ada...sedih
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: hummdee6 on 04/02/2010 11:06
yahh .. kelewat ...  :-\

tp yg diyoutube jg keren tuh ..
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 06/02/2010 09:13
sekedar mengingatkan sebagai seorang guru besar licang ok dan ki marhali punya banyak murid dan tersebar di tangerang dan jakarta,dari dadap banyak menghasilkan guru2 besar beksi antara lain h.jalih.guru muhammad,guru marjuki tersebut adalah nama2 yang kurang terekspos di belantara beksi padahal beliau2 ini juga punya andil yang besar dalam pengembangan beksi di jabotabek,guru muhammad jelas mempunyai banyak murid didaerah jombang,ciputat,bintaro,kebayuran lama.beliau mengajarkan beksi tanpa embel2 nama perguruan,beksi diturunkan tidak harus dengan lisensi siapapun,karena ini adalah warisan budaya betawi,jadi kalau kong nawawi mendirikan beksi purbakala beliau tidak harus minta ijin kesiapapun karena beksi ada untuk dikambangkan seluas2nya.kenyataan bahwa beksi purbakala masih eksis smpai sekarang karena menjalankan amanat guru,salam persahabatan nyo kita pertahankan warisan ini dengan menurunkan kepada anak cucu kita
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 29/05/2010 10:20
sekedar meluruskan informasi untuk bang ajad,bahwa memang benar h.hasbuloh pernah mendatangi guru besar perguruan beksi purbakala,namun kedatangan kong h.hasbuloh bukanlah untuk memaki/marah atau malah membubarkan perguruan beksi purbakala.Beliau hanya mengkonfirmasi/menanyakan mengapa beksi purbakala setelah ikut IPSI mencampur adukan jurus beksi dengan jurus2 dari IPSI,pada waktu itu kong nawawi menjelaskan bahwa untuk bisa ikut dalam pertandingan silat yang didakan IPSI maka pesilat harus mempunyai/mempelajari jurus2 yang berlaku di IPSI,karena kalau hanya jurus beksi yang dipakai tentu tidak diperkenankan ikut dalampertandingan alasanya jurus beksi sangat membahayakan,disini bukan kami mencampur adukan jurus2 beksi dengan jurus2 IPSI,jurus2 beksi yang orsinil tetap kami pertahankan seperti beksi,srosotgedig,gedig,tunjang,ganden,tancep,broneng,tingkes,bolangbaling,petir,longok gentong,bongkarkandang,dan lain2(saya agak lupa).Karena menurut cerita selagi kita menggunakan jurus beksi murni dalam pertandingan banyak serangan2 kita (pukulan,sikut,ganden bandut) yang diperingtkan karena dianggap mematikan,secara bekelai kita menang tapi secara nilai nilai kita banyak dikurangi.Menurut guru kami bang matalih beksi kami sanadnya jelas dari li cang ok/ki marhali turun keguru muhammad kebayuran,bahkan menurut satu cerita guru muhammad sempet belajar kuntau dari li cang ok.
Tambahan lagi,perguruan beksi purbakala sempat beberapa kali menyabet gelar dalam pertandingan.

                                                                                               SALAM PERGURUAN

                                                                                           BEKSI PURBAKALA BINTARO
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangajad on 31/05/2010 10:16
Semua yg saya sampaikan sudah sesuai dg apa yg saya dengar dari cerita Babeh Sabenuh Masir, Guru Besar Silat Beksi Tradisional H Hasbullah, yg juga menantu dari H Hasbullah (Kong Has). Benar atau tidaknya, kebetulan saya juga tidak ada pada saat peristiwa itu terjadi.

Secara garis besar, semua perguruan yg mengaku aliran Beksi secara keilmuan bersumber kepada Lie Ceng Oek. Namun di dalam pengajarannya, kedekatan hubungan antara guru & murid bisa berbeda2, ada yg belajar langsung, hanya mengenal namanya saja, atau hanya belajar dari generasi berikutnya.

Pada saat Kong Has masih ada Silat Beksi Tradisional H Hasbullah juga sudah menjadi anggota IPSI & ikut berpartisipasi dalam kegiatan2 yg dilakukan.

Pada tahun 1975 beberapa kali jadi juara dalam lomba pertandingan bebas di Cileduk Tangerang, & Bandung. Karena menang di Bandung itu almarhum Kong Has diajak main film "Darah Muda" sbg Guru Silat Rhoma Irama.

Menurut saya, yg terpenting adalah agar setiap praktisi Beksi tetap mempelajari ilmunya dgn sungguh2, membina hubungan silahturahmi dengan sesama aliran Beksi & tokoh2 Beksi. Mudah2 dengan adanya hubungan baik tsb dapat memberikan pemahaman yg lebih baik mengenai Beksi.

Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: bangtebe on 31/05/2010 15:55
apa yang disampaikan bang ajad sama dengan apa yang diceritakan guru saya Abdul Malik yang adalah cucu dari kong M Nur  didaerah  petukangan. jadi lebih baik kita tetap mempelajari ilmunya dgn sungguh2,dan  membina hubungan silahturahmi.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 09/07/2010 14:21
ane setuju banget bang sesama perguruan beksi walau beda guru harus tetap menyambung silaturrahmi sebagaimana diperguruan kami sangat intens berhubungan dengan beksi selempang betawi,bagi kami sejarah beksi penting untuk diketahui secara berimbang,karena kami mempelajari sejarah beksi itu jauh sebelum angkatan guru marhali dan li cang ok,kami mempelajari sejarah beksi dari jaman penyebaran islam di pulau jawa dimana beksi pertama diciptakan oleh bangsa tartar yang suddah diislamkan oleh seorang wali keturunan arab cina yang bernama syeh daud muhammad tartar terus turun ke teksan-teksin(hasan-husein),teksan menurunkan beksi ke bagian utara teksin menurunkan beksi kebagian selatan(dulu dikenal dengan beksi wetan dan bksi kulon),nah tokoh beksi selain licang ok ada juga cong jung ho dari sinilah sanad beksi purbakala sampai saat ini masih eksis di bawah pimpinan bang matalih bintaro,wasalam semoga ada manfaatnye.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: brava on 09/07/2010 14:30
oh iye satu lagi bang salam hormat saya dan doa untuk alm.h.hasbuloh,ane juga udah liat film darah muda oma irama dimana h.hasbuloh sempat manjalankan jurus beksi tapi kenapa bang h.oma irama malah keliatan kaya karate banget ya bang,salam perguruan dari beksi purbakala bintaro,semoga silat betawi tambah maju dan semoga jalinan silaturrahmi makin erat.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: lebah on 09/07/2010 16:04
beksi hasbulloh bekasi alamatnya dimana y bang  :)??
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Destroyer9 on 13/01/2011 01:00
Bang, saya kebetulan sedang banyak keliling!
Jalan-jalan, liat Silat.

Anggap aja Silatuhrahmi..

Bisa bantu saya Bang?

Minta Alamat perguruan silat ini donk?

Saya mau mampir! Minta alamat jelas!

Qlo bisa ketemu gurunya, alhamdulillah.

Qlo bisa ditemenin ane mau!

Cuma, gak bisa terlalu malam!

Bantu ane ya..

PM!
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: luri on 13/01/2011 05:32
@Destroyer9
kok pertanyaan yg sama, copy-paste, di beberapa thread aliran sekaligus ?
kebanyakan tanda seru, jd kaya orang teriak2 deh..

sebaiknya anda baca di thread2 awal, akan ditemui petunjuk lokasi dan siapa yg bisa dihubungi.
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Destroyer9 on 13/01/2011 12:30
@Destroyer9
kok pertanyaan yg sama, copy-paste, di beberapa thread aliran sekaligus ?
kebanyakan tanda seru, jd kaya orang teriak2 deh..

sebaiknya anda baca di thread2 awal, akan ditemui petunjuk lokasi dan siapa yg bisa dihubungi.

Ane lagi pengen Sungkem aja..
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: kunderemp on 13/01/2011 14:37
Gini aja deh...
Hari Sabtu siang (jam 10-12) ente ke padepokan pencak silat TMII. Banyak tuh perguruan yang nimbrung di sana. Ada GGBD, ada Cingkrik Goning, ada KPSN (eh benar, kan?), ada orang2 Cikalong. Nah, ente silakan silaturahmi di sana.

Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Destroyer9 on 13/01/2011 17:35
Gini aja deh...
Hari Sabtu siang (jam 10-12) ente ke padepokan pencak silat TMII. Banyak tuh perguruan yang nimbrung di sana. Ada GGBD, ada Cingkrik Goning, ada KPSN (eh benar, kan?), ada orang2 Cikalong. Nah, ente silakan silaturahmi di sana.

Insya Allah, ane juga udah janjian ama Bang Ghorylla.

Pagi ane udah di sana!
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: hummdee6 on 14/01/2011 14:03
wah, ente datengnya pas ane gak bs dtg .. :D
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Destroyer9 on 14/01/2011 21:53
wah, ente datengnya pas ane gak bs dtg .. :D

Kapan-kapan lagi ya???
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: luri on 15/02/2011 19:00

update info:

kemaren, selasa 14 januari 2011, 07:xx
berempat diajak temen2 dari beksi ke TIM Taman Ismail Marzuki
ada acara Teater Musikal Nyanyian 7 Pulau

disana beksi menampilkan performance silat dengan balutan musik teatrikal.
dari saya, luaarr biasaa.


kesan awal saat acara dimulai..
waah... gawat nih.. kok format acaranya gini..
tampilan silatnya bisa cuman dilirik sebelah mata nih.

diawali dengan penampilan beberapa band pembuka dan penyanyinya
semakin membuat deg degan... waahh.. semakin salah acara nih..
kemudian masuk di acara utama, teater musik nyanyian 7 pulau

tapii...
walau kesan diawal beksi hanya dijadikan addon saja,
tapi sambutan penonton ternyata lebih meriah dibandingkan acara utamanya

penampilan bukan cuman nampilin jurus semata,
tapi ada dialog tetrikal yang maknanya daleeeem bangat
dan beberapa kali membuat penonton ketawa ngakak
hahahahaaa....

siip..
orisinil + salut dah

Tetap SemangaT


cmiiw


(pulang dengan banyak cerita dan kepuasan)
Title: Re: BEKSI--Silat Betawi
Post by: Satria Naga on 27/02/2011 16:38
ada rekamannya bang Luri?