+-

Video Silat


Pendekar Trans 7 : Ciung Wanara #3
Festival Silat Tradisional Banten
Tongkat Tunggal
Pencak Malioboro Festival II , 2 Juni 2013
Pesilat Anak
eko wahyudi juara dunia 2010 pencak silat
ICE 2009, gerak gulung
nomusic noscream, biar beda
Silek Kumango di FIB UI

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur  (Read 16441 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« on: 18/02/2008 12:00 »
BONGKOT, MAEN PUKULAN BETAWI TIMUR


Siang itu cuaca sangat tidak bersahabat, namun hujan yang turun terus menerus tidak dapat menyurutkan langkah kami bertiga (Saya, Gobrek & Hasan) menuju Kampung Makasar, menyusuri Maen Pukulan Bongkot dari Betawi Timur.

Sambutan kedatangan kami ternyata bertolak belakang dengan cuaca disekitar. Tuan rumah dengan hangat mempersilahkan kami masuk, meski telah menginjak usia di kepala 7, Baba Nahali masih tampak kekar terasa sekali cengkeraman salah seorang  dari dua pewaris Bongkot  yang masih hidup ini ketika bersalaman.

Dengan suguhan kopi panas seakan-akan menjadi penghangat tubuh kuyup kami. hilang semua gemertak gigi menahan dingin. Sambil menyeruput kopi dan sesekali menghisap dalam-dalam rokok kretek nya, mulai menuturkan riwayat Maen Pukulan Betawi yang hampir punah ini.

Sekelumit Sejarah Maen Pukulan Bongkot
Bongkot merupakan sebutan dialek Betawi Ora’/pinggiran terhadap bagian batang pohon kayu, orang Betawi Tengah mengenalnya sebagi Pongkol. Dinamakan demikian karena Maen Pukulan ini sangat mengandalkan kekuatan dan kekerasan pangkal lengan, pangkal lengan yang dijadikan senjata diibaratkan sekeras batang pohon kayu.

Menurut Baba Nahali, maen pukulan ini pertama kali diperkenalkan di Kampung Makasar dan Kampung Dukuh, Kramat Jati. Oleh dua orang yang bernama Ki Kasim dan Kong Nausin. Menurutnya lagi, keduanya belajar kepada seorang perempuan yang biasa mereka panggil sebagai “Orang Tua” bernama Nini/Ni Seura. Istilah “Orang Tua” bagi orang Betawi Ora kemungkinan merupakan karuhun…

Dari Ki Kasim tidak banyak menurunkan murid hanya satu orang yaitu Ki Amat, begitupun Ki Amat hanya menurunkan kepada Kong Buasyim yang kelak menjadi legenda maen pukulan di Tandjoeng Oost setelah H. Entong Gendut. Menurut penuturan Bang Nur rosyid (Silau Macan/IPOSI), antara Kong Buasyim, Entong Gendut dan Entong Kare ayahnya masih ada hubungan famili.

Sangat disayangkan Kong Buasyim enggan melanjutkan tongkat estafet Maenan Bongkot, hal ini terjadi sewaktu beliau melancong ke daerah Karet Tenabang, dan kalah dalam melakukan Pibu dengan seorang Pendekar Cingkrik Sinan bernama Kong Ayar. Lewat petunjuk Kong Ayar, Kong Ucup (Usup Utay…?), Kong Buasyim menimba ilmu langsung kepada Ki Sinan. Sampai akhir hayatnya Kong Buasyim terkenal sebagai pendekar Cingkrik Sinan di daerah Betawi Timur.

Berbeda dengan Ki Kasim, murid Bongkot Kong Nausin lebih banyak, beberapa muridnya yang tekenal antara lain Baba Sabeni, Baba Hasan, dan Baba Jemih hingga terus sampai ke Baba Nahali lewat gemblengan Baba Sabeni. Pada akhir tahun 50-an, Maen Pukulan Bongkot sempat berjaya di daerah Kramat Jati dan sekitarnya. Sampai pada waktu kepulangan Kong Buasyim dari Karet ke Kampung Makasar. Satu persatu pendekar Bongkot tumbang dalam Pibu di daerah Mustika (samping Pusdikkes TNI AD Kramat Jati). Konon Mustika merupakan penamaan masyarakat yang kagum pada Maenan Kong Buasyim yang ternyata Cingkrik Sinan. Akhirnya satu persatu pendekar Bongkot itupun mengakui kelebihan Cingkrik Sinan dan menjadi murid Kong Buasyim. Kemungkinan pada masa inilah masa krisis dari riwayat Maen Pukulan Bongkot.

Ciri Khas Maen Pukulan Bongkot
Maen Pukulan Bongkot memiliki kuda-kuda yang rendah, dengan tumpuan berat badan pada kaki kiri sebagai pancer dan kaki kanan yang berpindah-pindah mengikuti pola langkah. Memiliki 3 Langkah jurus, Langkah 5, langkah 4, dan Langkah 3 mengacu pada 4 kelima pancer (4 penjuru satu pusat). Pada teknik pukulan mempunyai pola kedut (pukul-tarik), cenderung menghilangkan pukulan yang dilontarkan untuk menipu lawan. Begitupun dengan pola langkah di atas. Apabila lawan sudah terpancing masuk, barulah pangkal lengan bermain untuk menebas leher, badan, kaki ataupun selangkangan lawan. Namun dari semua itu ciri khas yang menjadi andalan maenan ini adalah besetan pangkal lengan, yang Baba Nahali sebut dengan istilah “Godot”.

Disamping Maen Pukulan Bongkot dan Cingkrik Sinan, Baba juga sedikit memahami maen pukulan Betawi Timur lain seperti Ki Jirimin (Cawang) dan Ki Atu (Cililitan).

Tidak terasa azan maghrib memanggil kami untuk sejenak menghadap Nya,sambil urun pamit kami sambil berjanji untuki pertemuan selanjutnya dengan pewaris kedua di Gunung Sindur.

Bada’ Maghrib silaturahim dilanjutkan ke rumah Bang Nur Rosyid di Condet, menengok Macan yang sedang kesilau-an. Gobrek pulang gak ikut...

Mohon maaf atas kesalahan, maklum masih bau kencur di dunia beginian...

5S-Salam, Silaturahim, Sekedar Sharing

tabik, Jali...

NB. • video sedikit gerakan Bongkot silahkan lihat di www.jalatunda.multiply.com



Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #1 on: 18/02/2008 12:12 »
wah....padahal salah satu nara sumber persekutuan silat dan ikatan pencak silat menyangkat Bongkot ini dari Jawa Timur dan sudah punah. Yang tersisa tinggal di Eropa saja...padahal di sekitar sini masih ada ya?

Ayo kang Jalatunda, bagi-bagi lagi infonya... [top]

salam,


one

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #2 on: 18/02/2008 12:25 »
kalo liat video bongkot nya bang gusman, ane rasanye familiar tuh ama gerakan2 langkahnye,
top abis dah...

lanjuuut..

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #3 on: 18/02/2008 13:26 »
Bang Jalatunda salut buat reportasenya,
GRP buat anda  [top],
makin lama forum ini kayaknya membuat kecanduan yah... terutama kalau baca reportase2 seperti ini  [top] [top]

Salam
Chandrasa

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #4 on: 18/02/2008 15:14 »
GRP juga  [top] [top] buat Kang Jalatunda, Gobrek dan Hasan...

Selama ini ane taunya cuman peguruan 'harimau bongkot' yg katanya tinggal atu-atunya di eropa sana, gak ada lagi di Indonesia. Kurang jelas apa 'bongkot'-nya satu ilmu apa gak?....

emang sayang sekali kalo ilmu bongkot ini sampe punah...
ayo rame-rame kita lestarikan, minimal didokumentasikan dalam bentuk tulisan dan video semua jurusnya kalo bisa he he he...

salut

S Birowo
(satu dari para moderator)
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #5 on: 18/02/2008 15:34 »
Saya juga belum bisa memastikan Mas Sosro...tapi yang saya baca di www.bongkot.nl, bahwa penciptanya Henri de Thornis. Makna Bongkot versi mereka adalah Akar, mungkin maksudnya akar dari aliran silat, karena Bongkotnya mereka penggabungan antara Serak dan Cimande.

Saya sempat kaget waktu cerita ke Baba Nahali tentang keberadaan Bongkot di Eropa yang sering jadi juara. Baba Nahali bilang mungkin bisa jadi waktu tahun 1986 Sa'aman Putera Condet diajak melatih di Belanda (yang membawa Bongkot). Tapi sayangnya Baba Sa'aman dicipo'ain katanya...hal ini juga di amini oleh Bang Nur Rosyid Silau Macan. Kasihan Baba Sa'aman sampai akhir hayat hidupnya keblangsak. Padahal turut mengembangkan silat di Belanda...

Tabik,...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #6 on: 18/02/2008 18:00 »
Hallo mas Sosro,
kebetulan saya kenal baik perguruan Bongkot Harimau ini, yg menurut saya tdk ada hubungannya dgn Silat Bongkot dr Betawi.

Bongkot Harimau didirikan oleh Henri de Thomis sekitar 40 tahun yg lalu, menurut pengakuannya seperti yg tercantum di Website mereka. Henri belajar Serak dr ayahnya kemudian belajar Cimande dan Kuntao di Jakarta. Setelah itu dia belajar di Surabaya aliran Derosemo. Setelah beremigrasi ke Belanda dia belajar Panca Bela.
Menurut Henri alirannya terdiri dari: Serak, Cimande dan Derosomo. Aliran ini juga lebih mengarah ke Silat Olah raga. Nama Bongkot Harimau diberikan oleh alm. Bapak Januarno.

Salam
Chandrasa

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #7 on: 18/02/2008 18:02 »
Eh maaf, sudah keduluan bang Jalatunda rupanya.
Gak papa agak diulang keterangannya ya. Aliran ini, seperti yg saya ceritakan sangat berorientasi ke Silat olah raga. Jadi mereka latihannya seperti TC-nya IPSI kalau mau pertandingan.
Salam
Chandrasa

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #8 on: 18/02/2008 18:15 »
nah, 'karang kan makin jelas bahwa BONGKOT "aliran" ternyata berbeda dengan BONGKOT "perguruan" dengan demikian saya rasa tak perlu lagi ada pembahasan mengenai "kepunahan Bongkot di tanah air kita", karena ternyata toh masih ada.....

salut buat kang Jalatunda, ditunggu koset kirinya...salam bandut [lucu]

one

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #9 on: 19/02/2008 08:39 »
Assalau 'alaikum wr.wb.

Bang Jalatunda emang T.O.P.  [top]
Ane menghabiskan separuh umur tinggal di Kp Makasar, kagak pernah tau legenda2 silat Betawi ada didepan mata. Sungguh terlalu... :'(
Lain kali ajak2 ane dong bang! Biar nggak KUPER... [pray2]

Wassalam,
TP

EricB

  • Guest
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #10 on: 19/02/2008 09:06 »
Betul kata mas Chandrasa, ceritaanya Bongkot Harimau di Belanda begitu,
saya kenal baik dengan rekan² perguruan tersebut dan sering ketemu dengan Pak Henri waktu masih ada.
Yang saya lihat tidak ada gerakan Cimande, kebanyakan kuntao di campur karate, sedikit gerakan pola JaTim supaya kelihatan sebagai Pencak Silat.
Sampai saat sekarang rekan² mencari asal-usul perguruannya, cuman belum pernah ketemu yang segaris dengan model gerak jurus mereka.

Kalau ada clipping video dari Bongkot yang dicerita oleh Bung Jalatunda saya benar² ingin lihat dan tambah komentar lebih lanjut.

Pesilat² Bongkot dari belanda memang sering dapat hasil dalam pertandingan, cuman harus di ketahui bahwa pertandingan pencak silat tidak ada hubungan dengan "Aliran", sistem pertandingan adalah sejenis olah raga yang sudah di patokkan dengan daya tersendiri, setiap "martial artist" bisa belajar, lihat aja pesilat Vietnam, mereka juga tidak punya Pencak Silat, cuman belajar khusus untuk pertandingan, dan gerak hanya dalam batasan peraturan.

Wassalam,

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #11 on: 19/02/2008 09:29 »
@Mas Chandrasa,Kang Eric B ...
terima kasih atas keterangannya yang jelas soal bongkot di Belanda. Menjadi jelas kalo bongkot di betawi timur tidak ada hubunganya dengan bongkot di Belanda.

Seprti ditulis oleh Jalatunda: "Bongkot merupakan sebutan dialek Betawi Ora’/pinggiran terhadap bagian batang pohon kayu, orang Betawi Tengah mengenalnya sebagai Pongkol. Dinamakan demikian karena Maen Pukulan ini sangat mengandalkan kekuatan dan kekerasan pangkal lengan, pangkal lengan yang dijadikan senjata diibaratkan sekeras batang pohon kayu."...

Nah kalo Bongkot Harimau apa punya arti yang sama ya? Harimau yang keras?... :-\ ???

tarik terus mang...silat tradisional emang top markotop..

S Birowo

Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #12 on: 19/02/2008 10:59 »
K@ng Eric,

Sedikit gerakan Bongkot Kang Eric bisa lihat di blog saya...

Sekedar informasi tambahan dari bang Hasan, Bongkot pernah juga dipelajari oleh "Kekaisaran Ciracas" kelompok Topeng Blantek Setia Warga (Bokir), Sinar Jaya (Nasir). Hal ini diawali oleh H.Ji'un (ayahanda alm.Bokir) yang dipelajari dari Baba sabeni...

Gerakan silat Bang Nasir di film Si Ronda Macan Betawi bisa dijadikan gambaran...

Tabik, Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #13 on: 20/02/2008 07:45 »
BONGKOT, MAEN PUKULAN BETAWI TIMUR
Ciri Khas Maen Pukulan Bongkot
Maen Pukulan Bongkot memiliki kuda-kuda yang rendah, dengan tumpuan berat badan pada kaki kiri sebagai pancer dan kaki kanan yang berpindah-pindah mengikuti pola langkah. Memiliki 3 Langkah jurus, Langkah 5, langkah 4, dan Langkah 3 mengacu pada 4 kelima pancer (4 penjuru satu pusat). Pada teknik pukulan mempunyai pola kedut (pukul-tarik), cenderung menghilangkan pukulan yang dilontarkan untuk menipu lawan. Begitupun dengan pola langkah di atas. Apabila lawan sudah terpancing masuk, barulah pangkal lengan bermain untuk menebas leher, badan, kaki ataupun selangkangan lawan. Namun dari semua itu ciri khas yang menjadi andalan maenan ini adalah besetan pangkal lengan, yang Baba Nahali sebut dengan istilah “Godot”.

5S-Salam, Silaturahim, Sekedar Sharing
tabik, Jali...
NB. • video sedikit gerakan Bongkot silahkan lihat di www.jalatunda.multiply.com
salut buat bang jali atas laporannye [top]
cuman ade sedikit yang pengen aye tanyain nih, bang. dari penjelasan ente bongkot berasal dari kata pongkol=pangkal yang menjadi andalan (maap dicetak miring). Nah, yang bikin rada puyeng nih, pangkal lengan tuh kan antara bahu s.d sikut.. trus gimane care nye tuh pangkal lengan buat nebas dan beset?
kalo dari sikut ke bawah sih emang udah umum dipake buat serangan. kalo nyang ane pernah liat orang2 pangkal lengan emang bisa dipake buat nyerang, tapi bukan nebas ato beset, yaitu bisa buat nubruk/gentus, arahnya juga sekitar dada-bahu lawan. kalo emang pangkal lengan bisa dipake buat nyerang-nebas-beset wah hebat bener tuh maenan, jadi kepengen..... :D
sekian dulu, bang. maap kalo ade saleh2 kate

n.b. 5 S, S nya kurang satu tuh....
peace

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #14 on: 20/02/2008 09:01 »
B@ng Rasid,...

Pangkal lengan versi bongkot mulain dari sikut ke bawah. Kalo nebas pake yg bagian atas ato bawah.

segitu bang...

nb. s nye yg satu lagi...terserah aban mao nambahin ape, supermen bisa,...s lilin boleh,...silat apaelag....

Tabik, jali.


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

 

Powered by EzPortal