+-

Video Silat


maung lugay performance, Jambore pencak silat
Ensiklopedi Silat Indonesia
Sabeni Rahmat performance - sambut, Jambore Pencak
Beksi Kid sedang beraksi (putri)
Silat Keluarga HASDI
Jurus Macanan KYS
silat tolaki - sulawesi tenggara
Beksi, Peragaan Jurus #01
Beksi Performance by Bang Muali

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur  (Read 16443 times)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #15 on: 20/02/2008 10:34 »
oh, jadi begicuuu...
so, bongkot=pongkol=pangkal. pangkal lengan itu sikut ke bawah? gitu yach..
BONGKOT, MAEN PUKULAN BETAWI TIMUR
...
Sekelumit Sejarah Maen Pukulan Bongkot
Bongkot merupakan sebutan dialek Betawi Ora’/pinggiran terhadap bagian batang pohon kayu, orang Betawi Tengah mengenalnya sebagi Pongkol. Dinamakan demikian karena Maen Pukulan ini sangat mengandalkan kekuatan dan kekerasan pangkal lengan, pangkal lengan yang dijadikan senjata diibaratkan sekeras batang pohon kayu.
...
ok deh...
ar

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #16 on: 20/02/2008 12:07 »
salam..
punten ah.. ikutan bikin kisruh.. ;D

apa bener sejarahnya begitu? asal kata bongkot?
nah terus yg dari jawa timur..?
wah....padahal salah satu nara sumber persekutuan silat dan ikatan pencak silat menyangkat Bongkot ini dari Jawa Timur dan sudah punah. Yang tersisa tinggal di Eropa saja...padahal di sekitar sini masih ada ya?
bukannya dua daerah ini memliki bahasa yg berbeda..?
Betawi:
bongkot=pongkol=pangkal -->pangkal =pongkol=bongkot
okelah..kl disambung2in :)
Jawa timur:
pangkal=..?

mohon bimbingannya
salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #17 on: 20/02/2008 12:25 »
 [top] [top] [top]

Bang Jalatunda terima kasih telah mengangkat Topik Bongkot ini



Maju Jaya Budaya Nusantara.... berkat SahabatSilat.com.. Alhamdulillah  :)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #18 on: 20/02/2008 12:41 »
[top] [top] [top]

Bang Jalatunda terima kasih telah mengangkat Topik Bongkot ini



Maju Jaya Budaya Nusantara.... berkat SahabatSilat.com.. Alhamdulillah  :)

Terima Kasih Ki, saya cuma nerusin niatan Kang Iwan...die tuh yg paling berjasa buat ngelacak silat yg mao punah... ;D

Rencana mao terus nyusurin lagi kalo bisa direkam jurus2nya, tapi kudu ke Gunung Sindur ke baba Hasan...Baba nahali udah gak kuat,kasian...kemaren aja ngos2an die..:'(

sekalian bantuin Bang Gobrek nyusurin Sinan nye...(mao liat maenan Golok Sinan,katanya bagus.. ;D)

Tabik, maju terus silat tradisional... [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

tangan-awan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 109
  • Reputation: 9
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #19 on: 20/02/2008 13:48 »

bukannya dua daerah ini memliki bahasa yg berbeda..?
Betawi:
bongkot=pongkol=pangkal -->pangkal =pongkol=bongkot
okelah..kl disambung2in :)
Jawa timur:
pangkal=..?

mohon bimbingannya
salam

kalo istilah ini sih baik betawi maupun jawa artima sama-sama pangkal
di jawa yang dikenal adalah bongkotan pring alias pangkal bambu
dipersilahkan sowan dan bertanya lebih lanjut
pada eyang google soal pring bongkotan ini
Lemes lebih menang dari keras.lembek lebih menang daripada koeat,antero doenia semoea taoe,tapi tida ada jang bisa djalanin  - Too Tik Ting Fatsal Ka LXXVIII Ajat 442

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #20 on: 22/02/2008 06:36 »
ini mungkin terjadi karena tak satupun perguruan di kita menggunakan nama Bongkot, dan Bongkot malah menjadi satu perguruan besar di Eropa dengan nama Harimau Bongkot. persepsi ini juga yang kadang membuat kita 'keblinger' sendiri antara perguruan dan aliran....makasih buat kang Jalatunda yang mau capek nyari data....top abis [top] [top] [top]

ayo kita kupas tuntas aliran ini, karena menurut yang saya keadaan aliran ini cukup memprihatinkan....

salam salut

one
BBM

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #21 on: 22/02/2008 13:20 »
He he he,
namanya sih sama, tapi isinya jauh berbeda. Saya rasa memang persoalan nama ini sering buat kita bingung. Jadi informasi yg baik memang jalan satu2nya utk mendapatkan "pencerahan" :).
Salut bang Jalatunda, bisa dilanjut kupasannya..

*nongkrong mode*
Chandrasa

Elang

  • Guest
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #22 on: 23/02/2008 23:14 »

Silat bongkot memang tidak populer di Indonesia, dan thanks banget sudah menuliskannya.....

qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #23 on: 27/02/2008 20:40 »
Salam buat pendekar semua.....

Punten mau ikutan duduk2 sambil ngobrol. Tulisan tentang Bongkot yg disampaikan di mukadimah thread ini sangat bagus. Dan hal itu menuntun saya untuk kesini. Setahu saya banyak sekali aliran/paguron yang menggunakan nama Bongkot. Entah apakah masing-masing ada hubungan atau tidak. Setidaknya, saya salut krn TS telah menampilkan satu cerita ttg bongkot. Bongkot ada di Betawi, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur. Beberapa praktisi bongkot yg saya kenal juga mengakui hal ini. Mereka sih ga pikirin masing-masing silsilahnya terkait atau tidak, atau nyari siapa yg paling tua. Pastinya, mainannya cakep banget. Sayang, emang rata2 usianya udah lanjut. Bongkot yg saya tau, ga bisa dimainin sendiri. Kudu ada lawan. Istilah kite, pasangan trampil. Saya pikir sama kaya Gombel.

Kl bongkot yg di luar negeri, ya udahlah... Tapi memang ada seorang pemain Bongkot dari Jawa Barat yg sempet hijrah ke Belanda. Itu juga ga tau apakah dia sempet ketemu sama pendiri Bongkot Harimau atau tidak. Orang yang saya ceritakan ini pakar krip2-an dari Bongkot. Mmmm.. ada yg tau istilah krip-krip an? Naah, gitu. Jangan main rapat ama dia. Heheheh...

Salam hangat buat TS dan sesepuh-sesepuh....
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #24 on: 27/02/2008 21:33 »
bener Akang...

kalo silat / maenan dulu ada istilah kudu di jelmaan.. alias silat mah musti dikasih orang (lawan maennnye) alias partner kagak bisa sendiri. Kalo sendiri mah jadi sastra kali ye? ;D

Balik lagi ke Bongkot, mungkin abang, akang, mbak, mpok teteh nyang nyimpen data mengenai ini boleh dibagi disini..itung itung ramein warung. [top]

Kang Jalatunda...jalan lagi yuk... ;D

salam,

one


Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #25 on: 06/03/2008 13:51 »


Kang Jalatunda...jalan lagi yuk... ;D

salam,

one





sssssttttt...(*lirih) ati-ati kang iwan...keadaan udah aman belom?istri udah tau ga??


MB
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Destroyer9

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 79
  • Reputation: 0
  • Ingin Mengenal Silat,Banyak Bertanya.
    • Email
  • Perguruan: Tarung Derajat,Merpati Putih
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #26 on: 03/06/2009 09:07 »
Assalamualikum...

Bang, maaf qlo ada salah-salah kata nih...

Cuman pengen nanya!!!

Dari artikel di paling depan, qo disitu tersirat qlo silat Cingkrik Sinan lebih baik dari Silang bongkot??!

Apa benar begitu!!

Kan ada tulisan qlo pendekar bongkok mengakui kehebatan pendekar cingkrik sinan!!

Maaf nih ye..

Makasih...

Wassalamualikum...
Saya ingin mengenal Silat, Mohon bantuan

mansur

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #27 on: 15/11/2014 14:22 »
Salam hormat .....

Wah menarik banget artikelnya ... terus gimana nih bisa liat videonya....

mansur

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #28 on: 21/11/2014 19:19 »
Assalamualaikum ....

Bang Jali dan rekan dalam forum ini .... sebelumnya salam kenal dulu ah.... dan maaaaf kalo baru-baru dah ngerepotin

Bang Jali, ceritanya menurut ane nih menarik banget .... kalo boleh ane tahu nama blog abang tuh apa biar ane bisa lihat tuh cuplikan dari Silat Bongkotnya.....

mohon ye bang Jali and Rekan dalam Forum ane dikasi linknya ...... biar bisa liat ntuh videonye.... makasih ...


si wiwid

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur
« Reply #29 on: 25/11/2014 22:06 »
bener tuh bang mansur.. ane jadi penasaran mo ngeliat juga kalau ada videonya...  ;D
hati2 terhadap hembusan angin, lemah gemulai melalaikan

 

Powered by EzPortal