Forum > Aliran Pencak Silat

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur

(1/6) > >>

Jali Jengki:
BONGKOT, MAEN PUKULAN BETAWI TIMUR


Siang itu cuaca sangat tidak bersahabat, namun hujan yang turun terus menerus tidak dapat menyurutkan langkah kami bertiga (Saya, Gobrek & Hasan) menuju Kampung Makasar, menyusuri Maen Pukulan Bongkot dari Betawi Timur.

Sambutan kedatangan kami ternyata bertolak belakang dengan cuaca disekitar. Tuan rumah dengan hangat mempersilahkan kami masuk, meski telah menginjak usia di kepala 7, Baba Nahali masih tampak kekar terasa sekali cengkeraman salah seorang  dari dua pewaris Bongkot  yang masih hidup ini ketika bersalaman.

Dengan suguhan kopi panas seakan-akan menjadi penghangat tubuh kuyup kami. hilang semua gemertak gigi menahan dingin. Sambil menyeruput kopi dan sesekali menghisap dalam-dalam rokok kretek nya, mulai menuturkan riwayat Maen Pukulan Betawi yang hampir punah ini.

Sekelumit Sejarah Maen Pukulan Bongkot
Bongkot merupakan sebutan dialek Betawi Ora’/pinggiran terhadap bagian batang pohon kayu, orang Betawi Tengah mengenalnya sebagi Pongkol. Dinamakan demikian karena Maen Pukulan ini sangat mengandalkan kekuatan dan kekerasan pangkal lengan, pangkal lengan yang dijadikan senjata diibaratkan sekeras batang pohon kayu.

Menurut Baba Nahali, maen pukulan ini pertama kali diperkenalkan di Kampung Makasar dan Kampung Dukuh, Kramat Jati. Oleh dua orang yang bernama Ki Kasim dan Kong Nausin. Menurutnya lagi, keduanya belajar kepada seorang perempuan yang biasa mereka panggil sebagai “Orang Tua” bernama Nini/Ni Seura. Istilah “Orang Tua” bagi orang Betawi Ora kemungkinan merupakan karuhun…

Dari Ki Kasim tidak banyak menurunkan murid hanya satu orang yaitu Ki Amat, begitupun Ki Amat hanya menurunkan kepada Kong Buasyim yang kelak menjadi legenda maen pukulan di Tandjoeng Oost setelah H. Entong Gendut. Menurut penuturan Bang Nur rosyid (Silau Macan/IPOSI), antara Kong Buasyim, Entong Gendut dan Entong Kare ayahnya masih ada hubungan famili.

Sangat disayangkan Kong Buasyim enggan melanjutkan tongkat estafet Maenan Bongkot, hal ini terjadi sewaktu beliau melancong ke daerah Karet Tenabang, dan kalah dalam melakukan Pibu dengan seorang Pendekar Cingkrik Sinan bernama Kong Ayar. Lewat petunjuk Kong Ayar, Kong Ucup (Usup Utay…?), Kong Buasyim menimba ilmu langsung kepada Ki Sinan. Sampai akhir hayatnya Kong Buasyim terkenal sebagai pendekar Cingkrik Sinan di daerah Betawi Timur.

Berbeda dengan Ki Kasim, murid Bongkot Kong Nausin lebih banyak, beberapa muridnya yang tekenal antara lain Baba Sabeni, Baba Hasan, dan Baba Jemih hingga terus sampai ke Baba Nahali lewat gemblengan Baba Sabeni. Pada akhir tahun 50-an, Maen Pukulan Bongkot sempat berjaya di daerah Kramat Jati dan sekitarnya. Sampai pada waktu kepulangan Kong Buasyim dari Karet ke Kampung Makasar. Satu persatu pendekar Bongkot tumbang dalam Pibu di daerah Mustika (samping Pusdikkes TNI AD Kramat Jati). Konon Mustika merupakan penamaan masyarakat yang kagum pada Maenan Kong Buasyim yang ternyata Cingkrik Sinan. Akhirnya satu persatu pendekar Bongkot itupun mengakui kelebihan Cingkrik Sinan dan menjadi murid Kong Buasyim. Kemungkinan pada masa inilah masa krisis dari riwayat Maen Pukulan Bongkot.

Ciri Khas Maen Pukulan Bongkot
Maen Pukulan Bongkot memiliki kuda-kuda yang rendah, dengan tumpuan berat badan pada kaki kiri sebagai pancer dan kaki kanan yang berpindah-pindah mengikuti pola langkah. Memiliki 3 Langkah jurus, Langkah 5, langkah 4, dan Langkah 3 mengacu pada 4 kelima pancer (4 penjuru satu pusat). Pada teknik pukulan mempunyai pola kedut (pukul-tarik), cenderung menghilangkan pukulan yang dilontarkan untuk menipu lawan. Begitupun dengan pola langkah di atas. Apabila lawan sudah terpancing masuk, barulah pangkal lengan bermain untuk menebas leher, badan, kaki ataupun selangkangan lawan. Namun dari semua itu ciri khas yang menjadi andalan maenan ini adalah besetan pangkal lengan, yang Baba Nahali sebut dengan istilah “Godot”.

Disamping Maen Pukulan Bongkot dan Cingkrik Sinan, Baba juga sedikit memahami maen pukulan Betawi Timur lain seperti Ki Jirimin (Cawang) dan Ki Atu (Cililitan).

Tidak terasa azan maghrib memanggil kami untuk sejenak menghadap Nya,sambil urun pamit kami sambil berjanji untuki pertemuan selanjutnya dengan pewaris kedua di Gunung Sindur.

Bada’ Maghrib silaturahim dilanjutkan ke rumah Bang Nur Rosyid di Condet, menengok Macan yang sedang kesilau-an. Gobrek pulang gak ikut...

Mohon maaf atas kesalahan, maklum masih bau kencur di dunia beginian...

5S-Salam, Silaturahim, Sekedar Sharing

tabik, Jali...

NB. • video sedikit gerakan Bongkot silahkan lihat di www.jalatunda.multiply.com



one:
wah....padahal salah satu nara sumber persekutuan silat dan ikatan pencak silat menyangkat Bongkot ini dari Jawa Timur dan sudah punah. Yang tersisa tinggal di Eropa saja...padahal di sekitar sini masih ada ya?

Ayo kang Jalatunda, bagi-bagi lagi infonya... [top]

salam,


one

Unknown:
kalo liat video bongkot nya bang gusman, ane rasanye familiar tuh ama gerakan2 langkahnye,
top abis dah...

lanjuuut..

sedyaleksana:
Bang Jalatunda salut buat reportasenya,
GRP buat anda  [top],
makin lama forum ini kayaknya membuat kecanduan yah... terutama kalau baca reportase2 seperti ini  [top] [top]

Salam
Chandrasa

Sosro_Birowo:
GRP juga  [top] [top] buat Kang Jalatunda, Gobrek dan Hasan...

Selama ini ane taunya cuman peguruan 'harimau bongkot' yg katanya tinggal atu-atunya di eropa sana, gak ada lagi di Indonesia. Kurang jelas apa 'bongkot'-nya satu ilmu apa gak?....

emang sayang sekali kalo ilmu bongkot ini sampe punah...
ayo rame-rame kita lestarikan, minimal didokumentasikan dalam bentuk tulisan dan video semua jurusnya kalo bisa he he he...

salut

S Birowo
(satu dari para moderator)

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version