+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Ulin Makao  (Read 16306 times)

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: Ulin Makao
« Reply #30 on: 12/03/2009 12:18 »
Terserah apa pun bentuknya. Bisa workshop dilanjutkan dengan diskusi. Atau dipilih salah satu. Atau ngobrol santai sambil ngopi juga boleh  :-P Jangan lupa... bawa ayam jantan... :w

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Ulin Makao
« Reply #31 on: 12/03/2009 12:26 »
wah, kalo diajak saya mau banget... :)
kalo boleh milih, saya pilih tawaran  abah yang ketiga aja,
ngobrol dulu.. santai, ngopi, :o
ayam jantan dari mana, nih? kalo ayam jantan dari timur mah PSM :w
ato ayam den lapeh..? :D

hayu ah...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Ulin Makao
« Reply #32 on: 12/03/2009 12:45 »
Kudunya gitu, sekali-kali keluar kandang...cuci mata, skalipun belon bisa wisata silat lagi...Ayam jantan buat apa ya bah...kalo gak salah bagian taleknya kan ya bah...? tapi kan cuma mau ngomong2 aja sembari ngopi...? ::)

btw, Abah kira-kira tau gak ulinan Ki Arba sebelum tarung dengan orang Makao itu apa? Tentunya sebelum menjadi Ulinan Makao/Ki Arba/Kampung Sawah...

Top buat Abah... [top]

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: Ulin Makao
« Reply #33 on: 12/03/2009 16:14 »
Mungkin yang dimaksud Sdr Jali adalah Ki Abu Arwanta, bukan Ki Arba. Ki Arba itu cucu muridnya Ki Abu.
Menurut penuturan guru saya, sebelum bertemu dengan pendekar dari Makao, Ki Abu sudah berguru silat di daerah Banten dan Jawa Barat (Pasundan), tapi tidak dijelaskan aliran apa.  Kemungkinan aliran Cimande pernah dipelajarinya.

pamanah rasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 57
  • Reputation: 11
  • Perguruan: Suliwa - Lima Adegan Serong
Re: Ulin Makao
« Reply #34 on: 12/03/2009 21:46 »
Sejak awal Januari saya sudah pindah ke Padasuka, dekat Saung Angklung Udjo. Kalau nanti jadi silaturahmi dan ngobrol-ngobrol tentang Ulin Makao, saya minta Sdr. Pamanah Rasa dan Sdr. Maenpo untuk membantu menjadi peraga. Karena beliau-beliau ini pun pernah belajar Ulin Makao  :) Mudah-mudahan masih pada ingat jurusnya :P

Pribados mah siap Bah... 8)
Jurus mah, kari di emut2 deui sakedik panginten  :D

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Ulin Makao
« Reply #35 on: 12/03/2009 21:56 »
Abah, kalau ngga salah ada seorang lagi selain Kang Maenpo dan Kang Pamanah Rasa.
Cuma saya lupa nick nya. Beliau ini yang juga belajar Thifan  :)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: Ulin Makao
« Reply #36 on: 12/03/2009 23:17 »
Kang Bradlee, mungkin yang dimaksud itu Sdr. Dewa Kambing. Ya ia juga pernah mempelajari jurus Ulin Makao waktu masih aktif di Perguruan Pencak Silat Manderaga. Kalau bukan dia, siapa lagi ya?

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Ulin Makao
« Reply #37 on: 13/03/2009 00:06 »
@Abah

Betul Abah, saudara Dewa Kambing yang saya maksud. Ternyata Abah sudah tahu. [top]
Satu lagi Abah, nicknya "urang sunda". Barangkali Abah kenal  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: Ulin Makao
« Reply #38 on: 13/03/2009 10:31 »
@Kang Bradlee: Kalau Sdr. Urang Sunda, memang pernah saya latih, tetapi bukan Jurus Ulin Makao. Ia sering silaturahmi dan berbincang-bincang tentang pencak silat. Ia muridnya Pak Eem Sulaeman dan Pak Tatang.alm. (Mustika Maenpo).

Abah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 4
Re: Ulin Makao
« Reply #39 on: 16/03/2009 09:24 »
DESKRIPSI JURUS ULIN MAKAO

I. Jurus Hiji/Suliwa.

0. Sikap awal kedua tangan telantang di depan dada.
1. Mundur kaki kanan kuda-kuda serong - pukulan lurus ke depan dengan tangan kanan.
2. Maju kaki kanan serong - pukulan lurus ke depan dengan tangan kiri.
3. Hadap kiri kuda-kuda serong - pukulan lurus ke depan dengan tangan kanan.
4. Maju kaki kanan serong - pukulan lurus ke depan dengan tangan kiri.
5. Dst. sampai menghadap kembali ke depan.

II. Jurus Susun/Jejel

Pola langkah sama dengan Jurus Hiji/Suliwa.
Hanya gerak tangan diganti menjadi: Pukulan beruntun sebanyak tiga kali.

III Jurus Tektok

Pola langkah sama dengan Jurus Hiji/Suliwa.
Hanya gerak tangan diganti menjadi:
Pukulan lurus kanan, kemudian punggung kepalan kanan ditepuk dengan telapak tangan kiri, diakhiri dengan pukulan punggung kepalan kanan ke telapak tangan kiri.

To be continued....

mang Ohle

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 2
  • Reputation: 101
  • mang Ohle ngacapruk...
  • Perguruan: Ulin Sawah
Re: Ulin Makao
« Reply #40 on: 18/07/2011 16:12 »
Ada satu perguruan lagi yang mempelajari Ulin Makao, yaitu Perguruan Sabrang Girang di Bandung Utara, kemudian ada juga kelompok latihan aliran ini di Bandung Timur dengan menamakan diri "Ulin Sawah".

abah.. di Bandung Timur sebelah mana tuh? domisili saya di Bdg Timur, kebetulan dulu sempat belajar ulin sawah dari kakek saya di daerah Padasuka (Cicaheum), tapi dasar dulu saya bandel ngga serius, skrg mau lanjut tapi kakek keburu almarhum..

yang abah maksud ada "Ulin Sawah" di Bdg Timur itu tepatnya dimana Bah? saya mau mulai lagi dari nol

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Ulin Makao
« Reply #41 on: 18/07/2011 16:42 »
Mang Ohle, coba mamang maen2 ke Saung Udjo, cari kang Gending dari garis paksi. Beliau praktisi ulin makao atau ulin sawah ki Arba. Mudah2an tiasa pendak. Ke turunkeun elmu na ka abdi.

Cag
eS We.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Ulin Makao
« Reply #42 on: 20/07/2011 08:44 »
Nya eta nick name Abah anu di luhur teh kang gending tea kang sawer  :w :w :w

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Ulin Makao
« Reply #43 on: 20/07/2011 22:59 »
Oooh, hehehe. Hampura atuh, maklum teu gaul. Hahaha

MASANT

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 2
  • Posts: 57
  • Reputation: 12
  • pejalan AKAP
    • Email
Re: Ulin Makao
« Reply #44 on: 21/07/2011 08:40 »
Top dach si Abah  [top] . Mohon informasi apakah masih ada sesepuh ulin makao di Pandeglang ? Bisakah dishare alamatnya ?

Trims

 

Powered by EzPortal