+-

Video Silat


padjadjaran nasioan - Performance silat di acara u
ICE 2009, gerak gulung
Cingkrik Goning - Performance silat di acara ultah
Eksibisi @ Pencak Silat Word Championship 2010 - M
Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Silek Harimau di FIB UI
Gerak Gulung di FIB UI
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Final Pencak Silat Sea Games XXVI kategori Regu Pu

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 256751 times)

seta

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 1
Re: cingkrik
« Reply #15 on: 12/07/2007 00:45 »
kalo Cingkrik Palu Gada itu masuknya kemana? ??? saya dengar malah ada orang kita yang tinggal diluar negeri katanya termasuk aliran ini ??? ???

trus Ki Sawung itu juga murid Cingkrik juga ya?  [top] Palu gada itu katanya juga pernah dipelajari kang Naga Pasa dan Puragabaya....bener gak itu Ki ??? ??? ???

eh salam buat anak Cingkrik semua... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #16 on: 12/07/2007 09:07 »
Nice info  [top]..thanks utk bro office boy...
saya pribadi dengan membaca keterangan dr bro office boy jadi makin ingin lebih tau tentang cingkrik2 lainnya...mungkin akan ada variasi atau rahasia2 langkah cingkrik yg belum pernah saya dapat (walaupun skrg saya masih baru banget belajar cingkrik)...paling tidak akan lebih membuka wawasan saya tentang ragam cingkrik
   mungkin dr sahabat silat yg lain yg tau tentang cingkrik ingin menambahkan keragaman cingkrik menurut versi lain...

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #17 on: 12/07/2007 11:06 »
kalo Cingkrik Palu Gada itu masuknya kemana? ??? saya dengar malah ada orang kita yang tinggal diluar negeri katanya termasuk aliran ini ??? ???

trus Ki Sawung itu juga murid Cingkrik juga ya?  [top] Palu gada itu katanya juga pernah dipelajari kang Naga Pasa dan Puragabaya....bener gak itu Ki ??? ??? ???

eh salam buat anak Cingkrik semua... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

wah, aku malah baru denger Mas.... mungkin Mas bisa bantu share mengenai warisan (budaya) silat cingkrik yang ini... Tentunya akan menjadi khasanah pengetahuan yang berharga sekali.... :)


Nice info  [top]..thanks utk bro office boy...
saya pribadi dengan membaca keterangan dr bro office boy jadi makin ingin lebih tau tentang cingkrik2 lainnya...mungkin akan ada variasi atau rahasia2 langkah cingkrik yg belum pernah saya dapat (walaupun skrg saya masih baru banget belajar cingkrik)...paling tidak akan lebih membuka wawasan saya tentang ragam cingkrik
   mungkin dr sahabat silat yg lain yg tau tentang cingkrik ingin menambahkan keragaman cingkrik menurut versi lain...


Terima Kasih Pak.....

Seluruh informasi ini saya dapatkan dari guru cingkrik saya, yg kebetulan karena saya, beliau akhirnya minta diceritakan kembali latar belakang cingkrik (warisan Bang Uming) dan cingkrik2x lainnya oleh gurunya.  ;D

beberapa informasi tambahan mengenai masing-masing ciri khas cingkrik warisan dari beberapa tokoh legenda.... tak lupa imho & cmiiw..... :

* Konon, Ki Saari ini menderita kelumpuhan yang menyebabkan beliau harus duduk atau tidak bisa berdiri. Sehingga, hal ini secara tidak langsung berperan dalam memberikan ciri khas pada cingkrik warisan Ki Saari yang umumnya bermain atas (serangan yg mengarah pinggang ke atas). (cmiiw)

* Konon, Bang Wahab ini punya "isian" di dalam kedua tangannya, yang menyebabkan tangan menjadi lebih kuat dan "tajam". Sehingga mungkin hal inilah yang secara tidak langsung berpengaruh pada gerakan-gerakan cingkrik Bang Wahab, yang konon jika orang lain melihat gerakan-gerakan jurus cingkrik beliau maka kesan yang timbul adalah kesan gerakan totokan dan/atau sodokan. (cmiiw)

* Kenapa bisa terjadi jurus-jurus cingkrik seseroang berbeda dengan yang lain. Konon hal ini disebabkan, salah satunya adalah karena para pecinta/penghayat cingkrik yang datang untuk belajar cingkrik, sebenarnya telah punya atau mendalami atau bahkan menjadi tokoh gerak silat lainnya (misal: beksi, sabeni, kelabang nyebrang, dll). Sehingga sangat mungkin terjadi, pada saat mewariskan cingkrik-nya ke generasi penerusnya, disadari dan/atau tanpa disadari telah terjadi perpaduan. Hal ini dapat saja tercermin di dasar jurus yang mengalami perubahan/perkembangan dan/atau dalam sambut-nya (fight practice). (cmiiw dan hal ini tdk berlaku utk diri penulis :P).

* Kalau dari cingkrik warisan Bang Uming.... Konon Bang Uming juga melakukan perubahan atau modifikasi, hal ini dapat dilihat dari ciri khas dasar jurusnya yang selalu berputar (seperti orang dikeroyok), start jurus dari titik A maka finis di kisaran titik A (tdk berlaku utk jurus 1 dan 2), hal ini yang menimbulkan julukan 4 penjuru. Dan dalam dasar jurus-nya pun selalu kombinasi serangan atas dan bawah. (cmiiw)

* Bang Hasan Kumis adalah murid dari Bang Uming yang menjadi "legenda". Pertama karena beliau adalah dianggap sebagai "murid berprestasi". Beliau juga mengajar cingkrik hingga keluar daerah bahkan jauh dari rawa belong, bahkan sempat mengajar artis2x laga (konon termasuk Pak Diky Zulkarnaen). Beliau juga membuka perguruan cingkrik "Tumbal Pitung", dimana pada masa itu cingkrik biasanya di ajarkan dalam bentuk "privat" dan tidak dalam pakem "organisasi". Konon beliau juga yang memodifikasi sambut, sehingga kemudian muncul "sambut 7 muke". Sambut 7 muka adalah sambut yang masih dipetakan atau istilah sehari-hari adalah masih "di-eja", terdiri dari 7 set. Dugaan penulis adalah, mungkin, dulu-nya dari dasar jurus langsung ke sambut gulung atau mungkin sambut abis (sambut dengan gerakan cepat atau sangat cepat seolah-olah real fight). (cmiiw)

* Diantara pewaris-pewaris cingkrik Bang Uming juga sebenarnya bisa terjadi perbedaan di gerak jurus-jurus-nya, namun inti dari 4 penjuru dan atas-bawah-nya biasa masih dapat terlihat. (cmiiw)

* Untuk cingkrik warisan Ki Goning, aku masih belum dapat informasi-nya yang lengkap. Kalau yang sejauh penglihatanku adalah: posisi pasang pukul (kuda2x awalnya) sedikit berbeda dengan pasang pukul yg di ajarkan kpd ku. Pernah dikasih lihat jurus 1 cingkrik Ki Goning, gerakannya lebih panjang dari jurus 1 yg ku dapet, dan jurus 1 ku jauh lebih sederhana gerakannya relatif jika dibandingkan dengan jurus 1 cingkrik Ki Goning. (cmiiw dan mohon pencerahannya kpd para sesepuh)

* Untuk cingkrik warisan Ki Sinan, ini yang aku belum tahu sama sekali. Mungkin Pak cingkrik bisa bantu aku utk share sekelumit ciri khas-nya di forum ini.  :)  ^:)^



mengenal budaya bangsa adalah sebagian dari iman....  hueheheheheee.... [pant] ....   kalau bukan kita sendiri yang menjadi pewaris budaya sendiri lalu siapa lagi? masak harus orang-orang bule....  :'(

ob

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #18 on: 12/07/2007 11:08 »
kalo Cingkrik Palu Gada itu masuknya kemana? ??? saya dengar malah ada orang kita yang tinggal diluar negeri katanya termasuk aliran ini ??? ???

maksudnya yang dari kong Geni  :)p hmmmmmmm..   :o

trus Ki Sawung itu juga murid Cingkrik juga ya?  [top]
iya.. aku muridnya Bpk Tubagus Bambang dari Cingkrik Goning  ^:)^
tapi aku muridnya yang paling kesian deh... jarang latihan  ^:)^
Palu gada itu katanya juga pernah dipelajari kang Naga Pasa dan Puragabaya....bener gak itu Ki ??? ??? ???
bijimana kang Naga  x-))

kalau kang Puragabaya mah... ebad euy.. sudah halus jurus cingkriknya [top]

eh salam buat anak Cingkrik semua... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
iya... salam persaudaraan kepada seluruh aliran cingkrik  [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #19 on: 12/07/2007 11:16 »
kalo Cingkrik Palu Gada itu masuknya kemana? ??? saya dengar malah ada orang kita yang tinggal diluar negeri katanya termasuk aliran ini ??? ???

trus Ki Sawung itu juga murid Cingkrik juga ya?  [top] Palu gada itu katanya juga pernah dipelajari kang Naga Pasa dan Puragabaya....bener gak itu Ki ??? ??? ???

eh salam buat anak Cingkrik semua... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

wah, aku malah baru denger Mas.... mungkin Mas bisa bantu share mengenai warisan (budaya) silat cingkrik yang ini... Tentunya akan menjadi khasanah pengetahuan yang berharga sekali.... :)
iya neh... aku jadi curiga... jangan-jangan mas seta ini pelatih pusat cingkrik palu gada  ^:)^

ayo dunks di share tentang cingkrik palu gada nya  :)p

mengenal budaya bangsa adalah sebagian dari iman....  hueheheheheee.... [pant] ....   kalau bukan kita sendiri yang menjadi pewaris budaya sendiri lalu siapa lagi? masak harus orang-orang bule....  :'(

ob
salut deh buat bang office boy  [top]

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #20 on: 12/07/2007 13:35 »

Seluruh informasi ini saya dapatkan dari guru cingkrik saya, yg kebetulan karena saya, beliau akhirnya minta diceritakan kembali latar belakang cingkrik (warisan Bang Uming) dan cingkrik2x lainnya oleh gurunya.  ;D

beberapa informasi tambahan mengenai masing-masing ciri khas cingkrik warisan dari beberapa tokoh legenda.... tak lupa imho & cmiiw..... :

* ob

wah mantap informasinya....

apalagi dengan silsilah yang dia atas..

Kl di cingkrik goning, keliatannya kurang diketahui siapa yang di atas Kong goning..
Pak Tubagus Bambang, satu2nya pelestari cingkrik goning saat ini--setahuku lho, belajar dari gurunya Bp Usup Utay yang merupakan murid dari Kong Goning...
Tapi kurang tahu Kong goning belajar cingkrik dari mana....

sama dengan Kisawung, saya juga murid yang kesian deh  :'(..ikut latihan dari awal, tapi kebanyakan gak masuk n ampe sekarang jurus juga gak apal2 n gak nambah...jurus yang lama pun udah lupa semua he he... ;D jadi malu ama guru ku Pak Bambang dan jadi malu juga cingkrik palu gada yang udah ampe ke luar negeri. salam hormat utk guru besarnya dan terutama penasehat spiritualnya : Syekh N Alzamzamy... ^:)^ ^:)^

salam
S.Birowo.

Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #21 on: 12/07/2007 14:47 »
wah mantap informasinya....

apalagi dengan silsilah yang dia atas..

Kl di cingkrik goning, keliatannya kurang diketahui siapa yang di atas Kong goning..
Pak Tubagus Bambang, satu2nya pelestari cingkrik goning saat ini--setahuku lho, belajar dari gurunya Bp Usup Utay yang merupakan murid dari Kong Goning...
Tapi kurang tahu Kong goning belajar cingkrik dari mana....

sama dengan Kisawung, saya juga murid yang kesian deh  :'(..ikut latihan dari awal, tapi kebanyakan gak masuk n ampe sekarang jurus juga gak apal2 n gak nambah...jurus yang lama pun udah lupa semua he he... ;D jadi malu ama guru ku Pak Bambang dan jadi malu juga cingkrik palu gada yang udah ampe ke luar negeri. salam hormat utk guru besarnya dan terutama penasehat spiritualnya : Syekh N Alzamzamy... ^:)^ ^:)^

salam
S.Birowo.


Nah itu dia Pak..... paling tidak dari forum ini kita bisa coba utk cari/tarik benang merah-nya.... dari saling cross-check... (tapi nggak pake keset-cingkrik ya Pak.... bisa njeblak saya-nya.... ^:)^)

sebagaimana jika menurut guru dari guru-ku, Ki Goning adalah murid dari Ki Ali. Di antara sekian banyak murid Ki Ali, ada 3 nama yang terkenal yakni Ki Goning, Ki Sinan, dan Ki Legod. Dari ketiganya, konon, Ki Legod tidak begitu menonjol, sehingga hanya Ki Goning dan Ki Sinan lebih dikenal yang mengembangakan Cingkrik warisan Ki Ali.

dan juga ttg cingkrik palu gada-nya please.... :) ^:)^

cmiiw dan mohon pencerahan lebih lanjut.


Btw, terima kasih utk "hadiah" nya Bapak2x.... heheheee... angka saya jadi "2" yah.... ;D


ob

seta

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 1
Re: cingkrik
« Reply #22 on: 12/07/2007 16:15 »
temen saya diweb sebelah ngaku dari aliran cingkrik Palu Gada. Katanya ada di Eropa, apa bener sampe ke sana? ???

Pernah saya di ajak teman dari untuk ketemu Bang Nunung yang katanya punya catatan lengkap Cingkrik tapi sampai hari ini ga kesampaian :-\

Hubungan cingkrik kalo begitu satu akar dong ya ???? tapi perguruannya gak pernah muncul di ajang IPSI ya ??? sayang banget :-\ :-\

Buat Ki Sawung gimana caranya belajar Cingkrik, daftarnya ke siapa? Syaratnya apa?

salam buat semua :) :) :)



Arya Seta Dewangga


Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #23 on: 12/07/2007 16:41 »
temen saya diweb sebelah ngaku dari aliran cingkrik Palu Gada. Katanya ada di Eropa, apa bener sampe ke sana? ???

kalau dugaanku ini adalah perpaduan antara cingkrik + silat lain. bener tidak ya ^:)^

Pernah saya di ajak teman dari untuk ketemu Bang Nunung yang katanya punya catatan lengkap Cingkrik tapi sampai hari ini ga kesampaian :-\

aku juga punya rencana ke sana.... hanya belum ada waktu yg klop... :(


bukarahasia.com...................................
Quote
guru dari guru-ku
Ki Sawung........  :P ............  [run]


Hubungan cingkrik kalo begitu satu akar dong ya ???? tapi perguruannya gak pernah muncul di ajang IPSI ya ??? sayang banget :-\ :-\

gimana bisa masuk.... lha wong serangannya banyakan "kagak sopan"...... kalo perlu dan kalo ada kesempatan "b*j* lawan" juga bisa di-embat.....

Buat Ki Sawung gimana caranya belajar Cingkrik, daftarnya ke siapa? Syaratnya apa?

salam buat semua :) :) :)

Arya Seta Dewangga

bisa dibaca di sini Kakak....

[yahoo] http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=58.0 [yahoo]

ob

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: cingkrik
« Reply #24 on: 12/07/2007 17:45 »
wah....mangstab nih....baru di forum kita ini ada informasi lengkap tentang silat yg telah jadi legenda dari tanah betawi...
terus terang aja saya dari sejak kecil udah denger tentang silat cingkrik ini, dan baru kali ini saya dapat informasi yg paling lengkap
mohon dilanjut abang-abang semua  ^:)^   ^:)^   ^:)^

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #25 on: 12/07/2007 20:13 »
...........
dan jadi malu juga cingkrik palu gada yang udah ampe ke luar negeri. salam hormat utk guru besarnya dan terutama penasehat spiritualnya : Syekh N Alzamzamy... ^:)^ ^:)^

salam
S.Birowo.

wah... ternyata mas Sosro_Birowo mengenal banget ama aliran Palu-Gada [top]

apalagi penasehat spiritualnya tuh... wuih... keren...
kharismanya terasa banget deh.. jadi merinding aku  :D

kapan-kapan boleh yak , ajak aku mas.. bertemu beliau  :D

bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #26 on: 12/07/2007 21:41 »
Setahu saya Cingkrik Palu Gada bukan aliran lain dari Cingkrik, itu hanya guyonan anggota Forum yang berlatih Silat Cingkrik Goning di Padepokan Pencak Silat TMII. Maksud kata Palu Gada disini berarti "Apa yang loe minta gue ada", hal ini timbul karena dalam sessi pelatihan selalu ada saja teknik yang muncul dari sang pelatih dalam mengantisipasi serangan yang diberikan oleh para murid. Maklum, murid2 yang berlatih berasal dari berbagai macam beladiri dan selalu ingin mengetahui bagaimana silat Cingkrik Goning menjawab tantangan perkembangan teknik beladiri yang sangat pesat.

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #27 on: 13/07/2007 08:38 »
Setahu saya Cingkrik Palu Gada bukan aliran lain dari Cingkrik, itu hanya guyonan anggota Forum yang berlatih Silat Cingkrik Goning di Padepokan Pencak Silat TMII. Maksud kata Palu Gada disini berarti "Apa yang loe minta gue ada", hal ini timbul karena dalam sessi pelatihan selalu ada saja teknik yang muncul dari sang pelatih dalam mengantisipasi serangan yang diberikan oleh para murid. Maklum, murid2 yang berlatih berasal dari berbagai macam beladiri dan selalu ingin mengetahui bagaimana silat Cingkrik Goning menjawab tantangan perkembangan teknik beladiri yang sangat pesat.

ooooohhhh... itu ternyata.... ;D
jadi inget cerita guruku.... konon seiring dengan perkembangan cingkrik, ada ujar-ujaran betawi yang juga turut mengemuka, yakni: "Loe jual, Gue beli. Kagak pake gue tawar-tawar lagi."
Kemungkinan besar ujar2x-an ini versi lain dari "palu gada" itu ya Pak?  ::)



Kl di cingkrik goning, keliatannya kurang diketahui siapa yang di atas Kong goning..
Pak Tubagus Bambang, satu2nya pelestari cingkrik goning saat ini--setahuku lho, belajar dari gurunya Bp Usup Utay yang merupakan murid dari Kong Goning...
Tapi kurang tahu Kong goning belajar cingkrik dari mana....

salam
S.Birowo.

Tadi malam, stlh baca tulisan Bapak Sosro, aku coba konfirmasi ke guru-ku. Beliau kasih komentar, bahwa ada kemungkinan di daerah kemanggisan, cingkrik yang dipegang adalah cingkrik warisan Ki Goning. Mungkin bisa dicoba utk hunting informasi-nya di sana Pak..... Atau mungkin Pak Bambang jg tinggal di sana?

tapi ini sekali lagi, hanya kemungkinan2x atau dugaan2x..... :)


ob

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #28 on: 13/07/2007 13:11 »
[Tadi malam, stlh baca tulisan Bapak Sosro, aku coba konfirmasi ke guru-ku. Beliau kasih komentar, bahwa ada kemungkinan di daerah kemanggisan, cingkrik yang dipegang adalah cingkrik warisan Ki Goning. Mungkin bisa dicoba utk hunting informasi-nya di sana Pak..... Atau mungkin Pak Bambang jg tinggal di sana?

tapi ini sekali lagi, hanya kemungkinan2x atau dugaan2x..... :)


ob

Mmmm...mungkin juga ya..
Pak Bambang saat ini tinggal di Grogol, jak-bar..
Hanya saja sejauh ini, Pak Bambang sendiri belum menemukan praktisi lain yang menguasai ilmu silat warisan Kong Goning ini...
Mungkin kapan-kapan perlu juga kami (murid-murid cingkrik goning) untuk mencari informasi di daerah kemanggisan seperti sarannya office boy. Thanks btw...
untuk lebih jelas ntara aku post-ken tulisan teman3 forum ttg cingkrik goning, tapi dicari dulu file-nya..

salam
S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #29 on: 13/07/2007 13:16 »
Kalo gak salah ini tulisannya Kang Aryanaz karena diambil dari blogspotnya dia..
Btw thanks berat untuk yang nulis ini (yg kuyakin Kang Aryanaz--kalo salah mohon konfirmasi )..

diambil dari : http://silatsilat.multiply.com/journal/item/1


CINGKRIK GONING "SILAT DENGAN TEKNIK KUNCIAN YG MENGAGUMKAN"

1.   Kata Pengantar
Cingkrik goning?  Cingkrik apalagi nih pikirku? Setahu ku cingkrik memang silat dari daerah betawi. Aku mernang pernah belajar sewaktu kuliah di UI namun tidak tamat he he. Namanya Cingkrik abdul hamid. Sewaktu aku bekerja di transtv pun aku pernah meliput cingkrik di daerah rawa belong. Di daerah ini cingkrik cukup dikenal dan berkembang.

2.   Sejarah Cingkrik Goning
Setahu ku cingkrik memang maenannya Bang Pitung. Jagoan dari daerah marunda. Konon orang tuanya orang bugis yg menetap di Batavia. Ada yg bilang dia robin hoodnya betawi, ada juga yg bilang pitung itu perampok. Mana yg benar aku tak tahu pasti. Yg pasti pitung mati di tembak belanda di daerah…... Catatannya bisa dilihat di perpustakaan Leiden, Belanda.
 
Menurut pak bambang cingkrik terbagi dua. Satu, cingkrik goning yang mengandalkan tenaga fisik . Dua, cingkrik sinan yang mengandalkan tenaga dalam/ ada unsur mistiknya. Cingkrik goning memang disebarkan oleh orang yang bernama Kong Goning. Waktu itu Kong Goning sering pergi berbulan-bulan ke daerah tanjung priuk untuk belajar cingkrik. Namun entah siapa gurunya, tak ada yg tahu. Setelah itu Kong Goning mewariskan ilmunya ke kong usup putai.
 
Nah Pak Bambang sendiri belajar sejak tahun 1966. Kala itu ia berumur 11tahun. Waktu itu Ia melihat tukang bambo dari daerah rempoa belajar silat dengan Kong Usup Putai.  Karena setiap hari Pak Bambang datang ke tempat latihan maka oleh Kong Usup Putai  ia di tanya apakah ia mau belajar silat. Pak Bambang menjawab mau. Kemudian oleh Kong Usup Putai Pak Bambang disuruh untuk meminta izin dari orang tuanya.  Setelah itu mulailah Pak Bambang belajar silat dg Kong Usup putai. Sampai akairnya Pak Bambang menikah dengan putri Kong Usup Putai yang bernama…… . Pak Bambang sendiri telah belajar selama .....tahun sampai Kong Usup Putai meninggal dunia. Tapi sebelum meninggal beliau berpesan kepada Pak Bambang jangan sampai mati obor (punah-red).

3.   Jurus dan Aplikasi
Cingkrik goning teridiri dari 12 jurus dan 80 teknik bantingan.

4.   Pembelajaran
Ada 4 tahapan dalam lempelajari cingkrik goning. Tahap pertama, murid harus menguasai 12 jurus cingkrik goning.  Setelah itu diadakan syukuran/tasyakuran dengan membawa pisau silet,  tape singkong, rokok gentong, rokok gudang garam merah, biskuit 7 rupa dan kembang 7 rupa.  Pisau silet dimaksudkan agar ilmu yg kita pelajari bisa menjadi tajam setajam silet.  Kembang 7 rupa agar ilmu yg kita pelajari dpt membuat nama kita harum seharum 7 bunga tersebut.  Sedangkan tape singkong dan rokok gentong ditujukan untuk mengenang kong goning karena dia sangat menyukainya.  Dan rokok gudang garam merah merupakan kesukaan Kong Usup Putai.

Tahap kedua,  murid mempelajari sambut.............
Tahap ketiga,  murid mempelajari 80 bantingan khas cingkrik goning.
Tahap keempat, murid mempelajari jual beli atau teknik sparring.
Untuk mempelajari cingkrik goning harus dg jumlah yg genap. karena latihan dilakukan dengan berpasangan. Latihan cingkrik goning yg diajarkan Bapak Bambang dibuka dengan membaca surat al-fatihah kemudian dilanjutkan dengan senam pemanasan, latihan gerak jurus, latihan tanduk/teknik 80 bantinagan kemudian diakhiri dengan latihan jual beli (latihan sparring). Kepada muridnya yg beragama islam pak  bambang berpesan agar jangan sampai meninggal kah sholat 5 waktu agar mendapat berkah dari ALLAH swt.
 
5.   Ciri Khas dan Filosofi
Banyaknya teknik bantingan/kuncian inilah yg merupakan daya tarik tersendiri dari cingkrik goning.  Bahkan teknik kunciannya dapat bersaing dengan teknik aikido, jijutsu atau judo.  Ciri lainnya, semua tekniknya dilakukan dengan satu hitungan. Jadi kecepatan dan ketepatan merupakan unsur yang penting dari silat ini.  Selain itu silat ini lebih bersifat defensif atau menunggu serangan lawan. Begitu lawan mengelurakan serangan seketika kita maju kedepan untuk menangkis dan melumpuhkan serangan lawan, hal ini disebut tubruk. Bisanya  serangan cingkrik goning tertuju kearah leher. Em, memebuat saya teringan deng silat harimau hijaiyah dari langkat.  Jika tenam-teman ada yang tertarik dengan cingkrik goning dang ingin berlatih dengan Pak Bambang dapat mendatangai alamat dibawah ini. Pak Bambang juga dpt mengajar secara privat.
 
6.   Alamat latihan
Bapak TB Bambang
Jl.  Semeru Raya gg. 6 Rt 06/ Rw 09
Kelurahan Grogol, Jakarta Barat
Telp. +6281310223511

Tags: cingkrik goning
http://silatsilat.multiply.com/journal/item/1
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

 

Powered by EzPortal