+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 310133 times)

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #30 on: 13/07/2007 13:48 »
Kalo gak salah ini tulisannya Kang Aryanaz karena diambil dari blogspotnya dia..
Btw thanks berat untuk yang nulis ini (yg kuyakin Kang Aryanaz--kalo salah mohon konfirmasi )..

diambil dari : http://silatsilat.multiply.com/journal/item/1

dari link di atas.... aku nemu link lain Pak.... (dari baca2x comment2x-nya....)
eeee.... ketemu lagi versi lain dari Cingkrik..... Alhamdulillah..... [yahoo]

namun berhubung aku tidaklah memiliki hak terlebih lagi kewajiban utk mem-posting, mungkin aku taruh aja link-nya di sini..... jika sekira-nya kurang berkenan mohon maaf... jika sekiranya berpotensi negatif.... ya di delete aja.... :)

indirect link (just copy-paste the link into the address bar of the browser):
Code: [Select]
www.singkrik.blogspot.com
imho & cmiiw ===> kayaknya sih ini modifikasinya Pak Hasan Kumis, pas bawa cingkrik ke luar Rawa Belong.... ^:)^

ob

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
cingkrik goning
« Reply #31 on: 16/07/2007 13:27 »
-----<( C I N G K R I K  G O N I N G )>-----

Apa itu cingkrik ?
Apa itu cingkrik ? mungkin ada sudah mengetahuinya dan ada juga yang belum. Cingkrik adalah salah satu olah raga beladiri atau disini lebih tepatnya salah satu aliran pencak silat yang ada di Betawi (sekarang DKI Jakarta). Cingkrik diambil dari bahasa Betawi ‘jingkrik’ (bentuk tunggal), ‘jejingkrikan’ (bentuk jamak) dan ’jingkrak-jingkrik’ (bentuk berulang).
Jingkrik yang dalam bahasa Indonesianya artinya meloncat (tunggal; berloncatan, berulang; meloncat-loncat, jamak; berloncatan), Suwarno Ayub1 sendiri (posmetro, 21 maret 2004) menjelaskan “Cingkrik itu artinya meloncat-loncat yang gesit”. Meloncat inilah yang menjadi ciri khas dalam cingkrik itu sendiri. Selain dari gerakan yang luwes, lincah serta cepat dan tepat dalam teknik serang. Pencak silat cingkrik di Jakarta sendiri terbagi atas 2 aliran utama yakni aliran Cingkrik Sinan, aliran Cingkrik Goning2.
   
Cingkrik Goning
Cingkrik Goning merupakan salah satu cingkrik yang dikembangkan oleh engkong Goning atau ki Goning. Engkong Goning (ki Goning) sendiri memiliki nama asli Ainin Bin Urim (1895-1975), beliau merupakan seorang pejuang Kedoya (bukan kemanggisan). Kata Goning berasal dari Go dan ning, ‘go’ itu sendiri berasal dari panggilan teman sebaya Ainin sewaktu  meledeknya. Sedangkan kata ‘ning’ berasal dari penggalan nama panggilan Ainin (biasa dipanggil ‘nin’) yang mendapat tambahan huruf ‘g’ dibelakang ‘nin’.
Ciri umum dari cingkrik adalah bantingan seperti yang dituturkan Nizam (salah satu murid Cingkrik Goning) “menurut orang tua dulu kalau cingkrik yang asli itu banyak ngebanting / jatuhannya”, demikian pula dengan cingkrik goning jika dihitung-hitung baik dari jurus dan isi jurus ada 80 tehnik bantingan. Ciri khas aliran cingkrik goning adalah cepat, tepat selain penggunaan kaki sebagai pamungkas. Cepat dan tepat disini berarti cepat dalam menyerang / serangan balik dan tepat dalam sasaran / lawan,  “sehingga tidak ada hitungan 1.., 2.., 3.., tetapi 1….brakk lawan sudah jatuh atau dapat dikuasai” ujar Tb. Bambang (Koran Tempo, 7 Oktober 2006). Penggunaan kaki sebagai pamungkas diutarakan Nizam “Tangan digunakan untuk meladeni serangan lawan, begitu lawan jatuh diselesaikan dengan tendangan kaki”.

Sejarah Cingkrik Goning
Setiap sejarah Cingkrik menyebutkan nama si Pitung sebagai pemilik cingkrik, sehingga cingkrik diidentikkan sebagai salah satu ilmu yang dimiliki oleh pitung. Demikian pula dalam sejarah Cingkrik Goning, dimana disebutkan beliau (pitung) sebagai salah pewaris ilmu silat yang berasal dari gurunya. Seorang Haji yang konon berasal dari Menes, daerah Banten yang tinggal di Rawa Belong yang bernama Haji Naipin (Haji Nai’pin)
Sehingga dalam hal ini si pitung diposisikan sebagai pewaris dan penyebar ilmu cingkrik di tanah betawi. Engkong Goning (ki Goning) (1895-1975) sendiri disebutkan sebagai pemilik aliran cingkrik dari dua aliran cingkrik yang ada di betawi. Satunya lagi adalah Cingkrik Sinan yang di miliki oleh Engkong Sinan.
Tidak ada sumber atau nara sumber yang menjelaskan kepada siapa ? atau dimana Engkong Goning (ki Goning) belajar Cingkrik ? Menurut anak-anak ki Goning yang lebih mengetahui lebih jelas adalah putra beliau yang bernama Hasan ‘jago’3 (berprofesi sebagai mandor) akan tetapi ia telah meninggal dunia. Sedangkan menurut Haji Husein (putra beliau yang lain) disebutkan bahwa beliau sering pergi ke daerah Marunda (Cilincing, Tanjung Priok) dan pulang ke Rawa Belong dari marunda setelah 2 atau 3, 4 hari lamanya. Tidak dijelaskan keperluan ki Goning pergi ke daerah marunda, mengingat daerah marunda adalah daerah dimana si Pitung pernah berjaya. Sehingga segala aktifitas yang mencurigakan dapat berakhir di penjara Glodok tanpa perlu alasan jelas. Sehingga tidak jelas apakah ki Goning mendapatkan Cingkrik dari belajar kepada seseorang ataukah menciptakan sendiri setelah melihat perkelahian para jawara atau pendekar silat, mengingat Rawa Belong dulunya merupakan kampungnya para pendekar silat pada masa itu. (posmetro, 21 maret 2003).
Ki Goning sendiri mengajarkan cingkrik ke beberapa tempat diantaranya Daerah Jembatan Dua, Grogol, Pesing, Kebun Jeruk, Kedoya dan Rawa Belong sendiri. Perkembangan selanjutnya ditangani oleh murid-muridnya antar lain Ali (daerah Pesing), Usup Utai (daerah Grogol, Kebun Jeruk dan Rempoa) dan muridnya yang lain. Perkembangan dari ‘muridnya yang lain’ inilah yang konon sampai ke luar negeri4.
Pewaris selanjutnya adalah bapak Usup Utai (1927-1993), seorang murid ki Goning yang tinggal di daerah Grogol, Jakarta Barat. Tongkat pewaris Cingkrik kemudian dilanjutkan oleh salah satu murid dari Usup Utai yakni Tubagus Bambang Sudrajat, yang meneruskan mengajarkan ilmu Cingkrik Goning hingga sekarang.

Jurus-jurus Cingkrik Goning
   Seperti yang diketahui Cingkrik Betawi yang ada di Rawa Belong berkembang menjadi 2 aliran:
1.   Aliran Cingkrik Sinan, dimana gerakan tangan dalam cingkrik ini pendek-pendek, di dalam Cingkrik ini juga diajarkan stroom semacam ilmu kontak atau tenaga dalam (jurus Ke-13)5. Seorang sepuh pernah menunjukkan sedikit Cingkrik Sinan ditutup pada posisi dikanan badan (kembali ke posisi sikap dengan mengubah badan ke kiri).
2.   Aliran Cingkrik Goning, dimana gerakan tangan dalam cingkrik ini terentang atau panjang dengan lebih mengutamakan tehnik gerakan yang cepat, tepat dan menutup jurus pada posisi hadap badan ke kiri (kembali ke posisi sikap dengan mengubah badan ke kanan).
Ada 3 tahapan dalam belajar Cingkrik Goning, tahap pertama adalah belajar jurus dimana murid harus dapat menghapal 12 jurus dengan baik dan benar. Tahap kedua yaitu belajar isi jurus  dimaksudkan agar murid dapat memahami isi dari tiap jurus dan hanya bisa menerima serangan serta mematahkan serangan tersebut atau menguasai lawan dan tahap ketiga adalah tehnik ‘jual-beli’ yaitu tehnik memancing serangan lawan / menyerang dan kemudian mematahkan serangan balik dari lawan dan menguasai lawan atau menjatuhkan lawan.
Tipe tahapan belajar lainnya adalah dengan belajar jurus + isi jurus kemudian langsung jual beli. Ada tiga daerah sasaran yang dilakukan yakni atas, tengah dan bawah yang biasa dilakukan oleh cingkrik ini, dengan sekitar 5-12 lebih gerakan silat dalam setiap jurus Cingkrik Goning. Nama gerakan silat yang dipakai dalam Cingkrik Goning adalah : (berdasarkan tangan, kaki, kombinasi keduanya6)
Tangan :    
- Singkur          - Gedor         - Kibas   / Tabok
- Tebas / Bacok      - Tepuk Lengan       - Sikut   
- Bandut / Bandul      - Totok          - Rambet    
- Beset            
Kaki :      
- Gedik          - Tendang       - Siser
- Sabet kaki      - Palang Tiga   
Kombinasi Keduanya4 :
- Ayunan         - Koset      - Cingkrik
- Lok A         - Lok B      - Potong Ayun
- Suliwa / sliwa      - Sapuan      - Sepok / slo
- Gunting         - Turun Tiga   - Putar balik jurus Lima
Banyaknya isi (tujuan atau maksud) gerakan pada tiap jurus berbeda-beda. Mulai dari 2 hingga 19 isi tergantung pada tiap jurus dari ke-12 jurus. Yang diantaranya dimaksudkan menjatuhkan atau membanting, mengunci lawan, membalikkan serangan senjata tajam lawan dan mematah atau menghancurkan anggota tubuh lawan.


Penutup
   
   Demikian uraian saya tentang cingkrik Goning  walaupun mungkin sebagian besar masih merupakan pendapat pribadi atau teori yang saya kemukakan ditambah dengan informasi atau keterangan dari nara sumber langsung  atau pihak ke-3 (Koran, Tabloid atau sumber lain). Yang semoga tidak merubah makna atau isi yang dimaksud. Saya juga ingin mengucap terima kasih kepada Tb. Bambang Sudarajat (pengajar), sesepuh, Para senior dan kawan-kawan Forum serta kawan yang berlatih . Saya juga mohon dibukakan pintu ma’af bila ada kata atau kalimat dalam tulisan ini  yang menyinggung seseorang, perguruan atau organisasi yang ada.

                              
Penulis

Sumber
-   Wawancara dengan para sepuh
-   Koran Tempo
-   PosMetro
-   Ringkasan Sejarah Cingkrik  karya Lutfi S.
-   Ringkasan Sejarah Marunda

Keterangan :
1. Pak Bambang (Tb. Bambang S) pernah bersilaturahmi kepadanya. Salah satu pengajar Cingkrik Tumbal Pitung. Ketua Umum FORKABI.
2. Wawancara Pak Bambang dengan Usup Utai. Hasil silaturahmi Pak Bambang dengan beberapa perguruan silat cingkrik betawi.
3. Sebutan beliau karena ilmu silat yang pelajari dari ayahnya. Sangat disayangkan karena telah wafat jauh sebelum tulisan dibuat.
4. Saat ini masih dalam konfirmasi kedua pihak tentang kebenarannya khususnya nasabnya.
5. Menurut seorang sepuh (namanya sengaja saya tidak disebutkan) “jurus ke-13” ini tidak wajib atau seutama 12 jurus sebelumnya. Menurut saya seperti olahan tenaga atau semacam itu, sehingga tidak semua murid belajar tergantung dari guru yang memberikan.
6. Gerakan berdasarkan anggota tubuh yang bergerak seperti tangan, kaki atau bersamaan / berurutan, yang dengan atau tanpa disertai dengan perpindahan posisi tubuh (badan) baik secara vertikal atau horizontal.

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
sejarah rawa belong.....!
« Reply #32 on: 16/07/2007 13:53 »
Soal sejarah rawa belong ada di posmetro tahun 2004 .......
 nanti deh ...aq tulisin  lagi .........(hutang lagi 1 tulisan.......)
salam ya..........

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #33 on: 19/07/2007 09:21 »
^

Pak Ujang mana Pak.... tulisannya.... daku menunggu.....  ^:)^ ^:)^ ^:)^

Pak Suwarno di atas, adalah salah satu guru cingkrik dari guru saya....  ^:)^ ^:)^

===============

Utk Bapak2x yang saya hormati,

saya mendapat amanah dan pesan utk meng-edit/merevisi tulisan2x saya sebelumnya, jd mohon maaf sebesar2x-nya apabila tulisan2x sebelumnya akan ada kemungkinan saya delete, apabila saya telah mem-posting versi revisinya.

Hal ini sehubungan dengan pesan Pak Nunung kepada guru saya (Pak Hasan Basri).

Inti pesannya sih, meluruskan sejarah cingkrik dan mengilangkan/polemik cingkrik "apa" dan cingkrik "apa". Salah satu, pesannya adalah: "Mau beda, mau sama.... cingkrik ya cingkrik..."  ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

sebelum dan sesudahnya terima kasih banyak.

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #34 on: 19/07/2007 13:22 »
^



Utk Bapak2x yang saya hormati,

saya mendapat amanah dan pesan utk meng-edit/merevisi tulisan2x saya sebelumnya, jd mohon maaf sebesar2x-nya apabila tulisan2x sebelumnya akan ada kemungkinan saya delete, apabila saya telah mem-posting versi revisinya.

Hal ini sehubungan dengan pesan Pak Nunung kepada guru saya (Pak Hasan Basri).

Inti pesannya sih, meluruskan sejarah cingkrik dan mengilangkan/polemik cingkrik "apa" dan cingkrik "apa". Salah satu, pesannya adalah: "Mau beda, mau sama.... cingkrik ya cingkrik..."  ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

sebelum dan sesudahnya terima kasih banyak.

Setuju bro [top]
Cingkrik ya tetep Cingkrik...Cingkrik Rawa Belong,Cingkrik Goning,Cingkrik Zat Ayu Tumbal Pitung,Cingkrik Sinan dan Cingkrik2 lainnya pasti dasarnya sama "CINGKRIK"...mungkin yg membuat beda cuma pengembangan dan kebiasaan dari guru2 cingkrik sebelumnya...CMIIW

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #35 on: 20/07/2007 07:04 »
^

Benar Pak....  ^:)^

"Bhineka Tunggal Ika"


 [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #36 on: 20/07/2007 10:49 »
Alhamdulillah.... thread Cingkrik ini telah menunjukkan rasa toleransi dan persaudaraan yang baik... Good Reputation point dari saya untuk anda semua  [top]

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: cingkrik
« Reply #37 on: 20/07/2007 11:11 »
Alhamdulillah.... thread Cingkrik ini telah menunjukkan rasa toleransi dan persaudaraan yang baik... Good Reputation point dari saya untuk anda semua  [top]

kisawung jg moderator yg top markotop [top] ^:)^... ane kasih GRP juga ah.... 8)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #38 on: 20/07/2007 11:24 »
Alhamdulillah.... thread Cingkrik ini telah menunjukkan rasa toleransi dan persaudaraan yang baik... Good Reputation point dari saya untuk anda semua  [top]

kisawung jg moderator yg top markotop [top] ^:)^... ane kasih GRP juga ah.... 8)

tenqyu uda admin   :-PP [thank]

JRP ( Julia Repez Point ) juga sudah saya kirimkan buat Uda  [lucu]

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #39 on: 20/07/2007 15:27 »


Asslamu'alaikum wr wb

Saya sangat kagum membaca masalah silat Cingkrik di Forum SAHABAT SILAT  ini
sebagai seorang Cordinatoor dan Pelatih calon Pendekar Pencak Silat Cingkrik di Europa yang sudah lebih 35 tahun mengembangkan Cingkrik di Europa saya tidak punya waktu untuk berdiskusi atau berdebat tentang segala macam Cingkrik yang berada di Indonesia bagi saya baik Cingkrik Goning, Sinan, Benji Rowo Belong,Palu Ganda, atau lain2nya adalah silat Cingkrik Silat Betawi begitu pula Perguruan 2 Silat Cingkrik yang berada di luar Indonesia selama mengatakan bahwa silat Cingkrik itu adalah silat Betawi saya sudah senang, tapi disini di Europa terutama di Belanda ada yang mengakui silat Cingkrik itu datangnya dari Suriname yang mengatakan asalnya Cingkrik dari seorang Lama Visnu sampai2 di Internet  kalau lihat di Google bisa membaca tulisan Cingkrik Visnu atau www.startkabel.nl.

Bagaimana ngga butek otak kalau memikirkannya ;D ;D ;D

Sekian Dahulu Reaksi dari saya lain kali akan saya sambung dengan.
** Sejarah Pencak silat Cingkrik di Europa
**Cabang2 PS.Cingkrik Di Athena Creece (Junani),Porto Portugal,Paris    Perancis,Gent Belgie dan semua cabang2 di Belanda.

***12 langkah Cingkrik
      Jurus 3 penjuru
      jurus 4 Penjuru
      Jurus 8 penjuru
Serta Kurikulum lainnya yang dipelajari penggema PS Cingkrik di Europa  [top]

Salam PERSILAT

Wassalam

**Perjalanan si  pitung masih jauh **   

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #40 on: 21/07/2007 00:53 »
ehem salam pak pandeka samui, saya murid bapak di Paris   ::)

Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #41 on: 21/07/2007 12:49 »
Berkat Bapak2x di Forum Sahabat Silat ini....

Yang diluar negeri jadi "ketarik"..... pancer-nya dahsyat....  ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

Apalagi Ki Sawung moderatornya.....  [top] [top] [top]

(Ki.... ampun Ki..... saya jangan di  [pant]...... atau sebelum di  :)p.... aku... [run] ah)




sincerely
ob

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #42 on: 21/07/2007 18:13 »


Assalamu' alaikum  wr wb

Bapak pandeka samui jangan terlalu banyak mikir :'( yang penting kesehatan bapak dulu kami masih ingin belajar cingkrik dari bapak, jangan terlalu stress.

Salah seorang murid bapak di Gent Belgie

salam PERSILAT

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #43 on: 24/07/2007 15:31 »
bro's semua..kmrn saya baru maen ke tempat mantan karyawan di kantor saya..sebelumnya saya pernah denger dia punya mainan cingkrik, penasaran jg..akhirnya kmrn sempet2in sowan kerumahnya didaerah rawabelong...trus ngobrol2 seputar cingkrik ..eh ternyata dia dari Cingkrik Tumbal Pitung,trus lsg saya minta dikasih liat langkah2nya...sempet saya rekam sih, nti InsyaAlloh saya mo upload di youtube....

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #44 on: 25/07/2007 15:30 »
bagaimana jika di buat sarasehan sesepuh - sesepuh cingkrik untuk menyambung tali silaturahmi.....

 

Powered by EzPortal