+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 265596 times)

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
silaturahmi para sesepuh cingkrik
« Reply #45 on: 30/07/2007 18:22 »
bagaimana jika di buat sarasehan sesepuh - sesepuh cingkrik untuk menyambung tali silaturahmi.....

wah saya setuju sekali kalo para sesepuh Cingkrik bisa saling bersilaturahmi  ^:)^ [top]

saya dari paris seorang murid dari guru Heri Masfar, ingin menanyakan kepada para sesepuh apakah mungkin dibentuk organisasi yang menaungi wadah seluruh aliran cingkrik di Indonesia, bahkan mungkin di eropa...

tujuannya bukan menyeragamkan aliran, tiap aliran ttp sebagaimana adanya, tetapi ebagai wadah penjalin persatuan dan silaturahmi diantara aliran2 yg ada...

bagaimana menurut para pendekar dan sesepuh Cingkrik mengenai hal ini? ini hanya pendapat saja.

untuk saat ini, sepengetahuan saya, guru saya, pak Masfar masih sering kontak dan menjalin tali silaturahmi dgn bapak Tubagus Bambang dari Cingkrik Goning [top]

sebenarnya sudah ada keinginan buat kami Cingkrik di eropa untuk menyatukan/menggabungkan diri dalam naungan cingkrik di Indonesia, cuman yang dari Portugal dan Yunani sekarang aga sedikit ragu , karena adanya surat yg diterima dari salah satu perguruan cingkrik di indonesia, karena persyaratan yg ada mungkin berat....

@buat abang matcodet, salam kenal bang dari paris  [top]

abang eng usah pusing ttg masalah itu ...

eh ngomong2 mau nanya nih bang, gimana sih cara latihan PTD [pemindahan tenaga dalam]nya abang ? ane fenasaran nih bang... :)
« Last Edit: 31/07/2007 15:47 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #46 on: 30/07/2007 21:31 »
Setahu saya Cingkrik Palu Gada bukan aliran lain dari Cingkrik, itu hanya guyonan anggota Forum yang berlatih Silat Cingkrik Goning di Padepokan Pencak Silat TMII. Maksud kata Palu Gada disini berarti "Apa yang loe minta gue ada", hal ini timbul karena dalam sessi pelatihan selalu ada saja teknik yang muncul dari sang pelatih dalam mengantisipasi serangan yang diberikan oleh para murid. Maklum, murid2 yang berlatih berasal dari berbagai macam beladiri dan selalu ingin mengetahui bagaimana silat Cingkrik Goning menjawab tantangan perkembangan teknik beladiri yang sangat pesat.

saya juga sebenernya sudah curiga hal ini

apa sebenarnya motif pembuatan cerita ini? mungkin ada saudara2 di forum yng mengetahui hal ini supaya tak menimbulkan kesalahpahaman.

tapi kenapa cerita guyonan ini ikut mengikutsertakan kong Rohimin dari kebon jeruk yang orangnya beneran ada ...

kasian kan almarhum kong rohimin

salam

« Last Edit: 30/07/2007 22:54 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

pujangga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 2
Re: cingkrik
« Reply #47 on: 31/07/2007 02:02 »
tapi kenapa cerita guyonan ini ikut mengikutsertakan kong Rohimin dari kebon jeruk yang orangnya beneran ada ...
kasian kan almarhum kong rohimin

maaf,
bisa ditunjukkan url yang menunjukkan hal tersebut?
soalnya sy coba search, kok ga ketemu yang menyatakan demikan yaah...

thx.
- pujangga rasa -

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #48 on: 31/07/2007 03:33 »
tapi kenapa cerita guyonan ini ikut mengikutsertakan kong Rohimin dari kebon jeruk yang orangnya beneran ada ...
kasian kan almarhum kong rohimin

maaf,
bisa ditunjukkan url yang menunjukkan hal tersebut?
soalnya sy coba search, kok ga ketemu yang menyatakan demikan yaah...

thx.


mas pujangga rasa yang baik

saya baca hal itu (palugada) di milis http://sports.groups.yahoo.com/group/silatindonesia , saya juga gabung disitu untuk menjalin tali silaturahmi 

mas pujangga bisa masuk kesana lalu search ketik "palugada"

saya baca ada yg menyatakan bahwa gurunya pak masfar (cingkrik belanda), yaitu kong rokhimin dari kebon jeruk itu murid cingkrik yg namanya aliran cingkrik palugada.

tadinya sih saya mikir oh begitu toh ada yg masi serumpun di indonesia ...
tapi ternyata  saya jadi bingung setelah membaca beberapa komen di milis dan di forum, sepertinya ada yg aneh...weladalah ternyata ini cuma guyonan/lelucon.
Bahwa palugada itu ternyata tidak ada...saya nda' ngerti kenapa ada lelucon seperti ini

saya ga ngerti maksudnya apa kalau ini memang guyonan/lucu2an ? 
karena kok sampai ada di milis silatindonesia yg mengaku2 bahwa palugada itu serumpun silatnya pak masfar,
namun ternyata diketahui [silat Palugada ] hal itu cuma lelucon fiktif?


punten kalo saya ga ngerti apa2, oleh karena itu semoga ada yg bisa menjelaskan biar ga blur gini sebenrnya fasal nya

saya berharap tali silaturahmi dan persaudaraan diantara kita semakin kuat...

begitu saja

salam alaikum

« Last Edit: 31/07/2007 06:30 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #49 on: 31/07/2007 10:18 »
Untuk itulah maka setiap anggota milis/forum diskusi/dll untuk tetap memperhatikan postingannya masing2

untuk itu caba perhatikan tulisan ini

http://www.mail-archive.com/silatindonesia@yahoogroups.com/msg02708.html

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #50 on: 31/07/2007 10:54 »
sepertinya hal ini perlu diluruskan

semoga kiranya teman-teman sekalian dapat memberikan clue nya..

namun yang jelas.. pencarian akan silsilah dan persaudaraan sesama penghayat Cingkrik semoga mendapatkan kejelasan dari "missing link" yang telah terjadi selama ini.


castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #51 on: 31/07/2007 13:53 »
sepertinya hal ini perlu diluruskan

semoga kiranya teman-teman sekalian dapat memberikan clue nya..

namun yang jelas.. pencarian akan silsilah dan persaudaraan sesama penghayat Cingkrik semoga mendapatkan kejelasan dari "missing link" yang telah terjadi selama ini.



wuah ternyata kisawung jadi moderatornya ^:)^

salam hormat dari saya ki,  :)
dari castro  [top2]

saya ga cari perdebatan atau masalah justru sebaliknya saya cuma ingin menanyakan hal2 yg saya masih bingung

semoga tidak ada kesalahpahaman dan saya hanya berharap mengetahui ada apa dibalik semua ini

terima kasih
« Last Edit: 31/07/2007 18:01 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #52 on: 31/07/2007 15:41 »
Untuk itulah maka setiap anggota milis/forum diskusi/dll untuk tetap memperhatikan postingannya masing2

untuk itu caba perhatikan tulisan ini

http://www.mail-archive.com/silatindonesia@yahoogroups.com/msg02708.html


terima kasih pak Elang

saya disini berbicara menanyakan hal itu atas nama pribadi kok pak

salam

Castro aka Bayu
« Last Edit: 31/07/2007 17:58 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #53 on: 31/07/2007 17:11 »

Assalamu'alaikum wr wb

Terlebih dahulu perkenalkan diri ane Mat codet [polisi]dari Cingkrik Belgie salah seorang murid dari Babe Masfar.
Ane kaget membaca posting yang ada disini atau di Forum, sebenarnya maksudnya apa,sampai ane nelepon babe Masfar apa benar soalnya Cingkrik Palu gada.
Maaf be  ^:)^ ^:)^   ane tahu babe baru keluar dari rumah sakit :'((semoga babe bener cepat sembuh.
Kalau memang benar cingkrik palu gada itu memang fictif ane sih kasihan sama babe masfar orangtua sudah umur 60 thn jadi permainan.
Makanye bang Castro inget pesen babe ;Dseorang pesilat itu harus memiliki ilmu padi makin berisi makin nunduk jangan ilmu gentong yang kosong bunyinya nyaring :)p anggap saja yang ngarang2 cingkrik palu gada ondel2nya forum silat indonesia atau pedepokan ;D jangan mikirin.Makanya ane Kaga mau nimbrung di FP2TS.
Bang castro ane pikir Paris juga nerima surat yang di kirim babe semua cabang di Europa surat dari cingkrik Indonesia,gimana pendapat ente isinya tentang sjarat menjadi cabang dan biaya privat les ke cingkrik goning Indonesia 800 euro untun 8 kali latihan  satu stengah jam ;D apa bang castro mau ngebeli ilmu seharga 10 jete rupiah ;D >:( sory bang castro ane jadi panas setelah denger dari babe tu surat di tulis oleh anak forum babe TBS kaga tahu)untuk jelasnya coba aje ente tlp babe TBS di jakarta .
Untuk Admin,Ki Sawung,Parewa dan Cinkrik mohon bener2 di benahin masalah ini.
Ane jadi inget castro kalau babe masfar padangnye keluar selalu die bilang, Inda kojo jadi kojo,kata betawinya kaga ade kerjaan jadi kerja ;D

Sekian dulu ane masih banya gawean
Ane minta maáf kalau tulisan ane ini ngga pantes

Wassalam Wr wb

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #54 on: 31/07/2007 18:06 »

Assalamu'alaikum wr wb

Terlebih dahulu perkenalkan diri ane Mat codet [polisi]dari Cingkrik Belgie salah seorang murid dari Babe Masfar.
wa alaikum salam wr. wb.
salam kenal juga Mat Codet.. :)


seorang pesilat itu harus memiliki ilmu padi makin berisi makin nunduk jangan ilmu gentong yang kosong bunyinya nyaring :)p anggap saja yang ngarang2 cingkrik palu gada ondel2nya forum silat indonesia atau pedepokan ;D jangan mikirin.Makanya ane Kaga mau nimbrung di FP2TS.
Pendapat anda itu benar adanya, dan saya pribadi setuju dengan ilmu padi..

namun masalah FP2TS, apakah saudara mau nimbrung atau tidak itu ialah hak pilihan masing-masing..

jika ternyata ada kesan seolah FP2TS yang membuat kesan ini sungguh diluar dugaan... namun jika saudara katakan itu ialah ondel2nya, maka kita samakan persepsi ialah itu "oknum yang tidak bertanggung jawab" saja.
jadi tidak meng generalisir bahwa seluruh FP2TS ialah tidak beres.

Bang castro ane pikir Paris juga nerima surat yang di kirim babe semua cabang di Europa surat dari cingkrik Indonesia,gimana pendapat ente isinya tentang sjarat menjadi cabang dan biaya privat les ke cingkrik goning Indonesia 800 euro untun 8 kali latihan  satu stengah jam ;D apa bang castro mau ngebeli ilmu seharga 10 jete rupiah ;D >:
masalah ini bukankah sebaiknya dimusyawarahkan antara Bapak Herry Masfar dan
Bapak TB Bambang, jadi jika ini diangkat ke forum oleh saudara Mat Codet
apakah sudah sepengetahuan dan  diizinkan oleh bapak Herry Masfar.
bukankah ini menurut saya ialah masalah intern mereka..

( sory bang castro ane jadi panas setelah denger dari babe tu surat di tulis oleh anak forum babe TBS kaga tahu)untuk jelasnya coba aje ente tlp babe TBS di jakarta .
Nah kalau ini saya setuju banget dan sangat bijak sekali, karena cross check langsung kepada Bapak TB Bambang ialah hal yang sangat tepat.
atau bisa juga diclearkan langsung kepada saudara Eko Hadi sebagai komandan FP2TS :)


Untuk Admin,Ki Sawung,Parewa dan Cinkrik mohon bener2 di benahin masalah ini.
saya pribadi sudah menyatakan di postingan sebelumnya disini, untuk semua kawan2 bisa memberikan jalan keluar yang terbaik atas masalah ini.


Sekian dulu ane masih banya gawean
Ane minta maáf kalau tulisan ane ini ngga pantes

Wassalam Wr wb
terima kasih atas perhatian dan ungkapan keprihatinan tsb.
saya pribadi tidak mempermasalahkan emosi saudara, karena itu ialah hak saudara
untuk menegur dan meluruskan masalah  :)

sekali lagi terima kasih atas masukannya... peace.. ^:)^

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #55 on: 31/07/2007 18:12 »
sepertinya hal ini perlu diluruskan

semoga kiranya teman-teman sekalian dapat memberikan clue nya..

namun yang jelas.. pencarian akan silsilah dan persaudaraan sesama penghayat Cingkrik semoga mendapatkan kejelasan dari "missing link" yang telah terjadi selama ini.



wuah ternyata kisawung jadi moderatornya ^:)^

salam hormat dari saya ki,  :)
dari castro  [top2]

saya ga cari perdebatan atau masalah justru sebaliknya saya cuma ingin menanyakan hal2 yg saya masih bingung

semoga tidak ada kesalahpahaman dan saya hanya berharap mengetahui ada apa dibalik semua ini

terima kasih
salam hormat juga saudara Castro  :)

sesungguhnya saya juga jadi bingung tentang hal ini.. ampun deh  :'(

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: cingkrik
« Reply #56 on: 31/07/2007 19:09 »

waduh... waduh.... kok jadi rame gini yah... :-[ :'(

Kalau diperhatikan, persoalannya ada dua, pertama soal cingkrik palugada, kedua soal duit.....

Kita masuk ke masalah kedua dulu deh. Ini sebenarnya gampang diselesaikan, ane yakin ini hanya salah paham. Mungkin ini ada kaitannya dg thread yg ane bikin disini: http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=57.0 yaitu bagaimana mensejahterakan para guru kita. Nah, disisi teman2 yg di Jakarta, yg dipikirkan adalah kesejahteraan guru mereka disini yg hidupnya pas2an (sorry to say but this is the truth  ^:)^), sedangkan teman2 dari Eropa berpandangan bagaimana agar guru mereka jg bisa hidup yg layak di negeri orang.

Untuk itu, ane cuma mau kasih saran, mohon diselesaikan antara anda berdua. Jangan sampai ada emosi lah... Kita semua bersaudara ^:)^ Perjalanan masih panjang nih.... :-[

Nah soal Palugada..... ane jg pusing nih Kisawung... :'(
Ada Cikalong Palugada gak Ki.....? Ane mau daftar jg ah...... [kodok]


castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #57 on: 31/07/2007 21:46 »
bang matcodet tenang dulu saja bang, saya yakin ini bukan semua yg bertanggung jawab  [top]

saya menghormati beberapa anggota forum disini .dan kami eng mengeneralisir semuanya. yg saya yakini itu perbuatan "oknum2 tertentu"

salam

Bayu aka Castro


« Last Edit: 31/07/2007 23:01 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #58 on: 31/07/2007 23:02 »

bersama ini saya minta maaf kalau posting yang terdahulu tidak baik.

ini semuanya karena memikir guru saya yang dalam keadaan sakit2an sebenarnya saya dapat mengerti mengapa pak masfar baru sekarang ini ingin bergabung dengan cingkrik indonesia karena kalau sampai terjadi apa2 sama beliau kami mempunyai induk organisasi di indonesia, untuk kelanjutan masalah ini saya serahkan kepada FP2TS agar kami mengetahui apa benarnya silat Palu gada.
Terus terang saya sampaikan disini saya sangat menghormati serta menghargai pengurus dan anggauta forum FP2TS yang benar2 ingin melestarikan pencak silat kita sebagai kebudayaan Indonesia yang jangan sampai kalah dari seni bela diri asing.

Semoga Pencak Silat Cingkrik  maju dan bersatu diseluruh manca negara.

sama bang parewa terima kasih bang untuk sarannya maaf saya sampai membuka isi surat dari cingkrik indonesia di forum ini. :-[

untuk ki sawung  ^:)^ mohon maaf yah jangan sampai nama saya dicabut dari forum.semoga oknumnya bisa ketauan  [polisi]

untuk bang catro  x-)) caile emangnya ente ponakan fedel castro ye, kalau ente mau tahu cara latihan PTD Belgie lain dari caranye bang carlos dari yunani ane latihan menurut cara penapasan segi tiga tapi bang carlos memakai  itu murni make pernapasan cakra (model kaya chi kung) ane kaga tahu apa bang Freek van Laar dari Den helder itu juga pake sisstim cakra atau pernapasan segi tiga.
makanya kalau hari jadinya babe masfar jang ke 60 datang bulan oktober ente     ke Denhelder menghadiri pertemuan dewan pelatih se europa biase sambil makan2 :w
kalau bang carlos juga hadir ente test kalau gebrakan die kaga ngebakar kulit ente ,ente bener2 ponakan castro :w [lucu] kalau ane udah ngerasain waktu pertemuan dewan pelati thn 2001 ogah kaga mau duakali  >:(

Salam Persilat untuk semuanya


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #59 on: 01/08/2007 00:19 »
Salam,
Saya Iwan, saya salah satu murid Cingkrik Goning,juga koordinator . Ada beberapa hal yang harus dicatat dan diperhatikan.
1.   Bahwa Cingkrik adalah bela diri serumpun yang jelas akarnya dan rata-rata ada kesamaan Teknik, Pola Langkah, Jurus dan Penamaan.
2.   Bahwa Cingkrik dengan kejelasan itu, segala yang terdapat di Cingkrik akan dapat diketahui dari tatanan gerak.
3.   Cingkrik ada kaitan dengan silat Banten dimana senjata yang dipelajari hanya golok atau pisau itupun sebagai lawan bukan pegangan
4.   Dalam silat yang dipelajari di silat Betawi tidak akan terlihat penggunaan senjata semacam keris….., arit bukan clurit (?)
5.   Rokhimin yang dimaksud memang ada, namun bukanlah dari Cingkrik, karena beliau adalah orang dari silat betawi yang juga mempelajari Cimandean, maenan tangan, maenan Tasik. Sehingga daerah Kebon Jeruk tidak terkenal sebagai tempat suatu aliran.
6.   Penamaan Palu Gada yang tercetus karena melihat kok ada yang ngaku Cingkrik dari luar tapi tak ada satupun teknik Cingkrik ada…? Penamaan dari Cingkrik Goning, Rawa Belong, Sinan dan lainnya akan terlihat ada yang sama, baik nama, jurus langkah ataupun lainnya….namun ada kebingungan dari Cingkrik di sana, dimana tak ada satupun penamaan jurus yang sama. Lalu apa yang pantas untuk itu kalo bukan Palu Gada (apa lu mau gue ada? Sampe arit, keris, toya dibawa-bawa…). Mas Bayu sampeyan akan bingung dengan ini apalagi kami yang belajar juga menjaganya….kami jauh lebih bingung daripada anda. Tak ada dalam sejarah Cingkrik berantem pake arit….oke andai itu kreasi, tapi sudah tahukah sampeyan bahwa kami disini menjaga keaslian silat. Jika ada orang yang sudah mencampur suatu aliran maka kiranya orang tersebut jangan menggunakan sesuatu yang masih asli. Silahkan pakai nama silat kreasi...itu sah kok. Coba Tanya istilah beset, tepuk nyamuk, tepuk rame ada gak disana…? Lok Be? Tolong jelaskan apa kalo benar Cingkrik…kami disini sudah banyak tanya ke beberapa pendekar silat yang keilmuannya sudah diakui dunia persilatan mengenai silat anda….dan semua akur menjawab…tak bisa “Cingkrik” sana dinamakan Cingkrik broer!!
7.   Kalo masalah biaya…kami disini juga tak mempermasalahkan, siapa bilang kami jual ilmu mahal…tidak!!! Niatan anda sebetulnya mencari silaturahmi atau apa? Tahukah sampeyan kami bosan dengan janji-janji dari tahun lalu…..kalau betul ingin belajar ke sini silahkan datang….dari oktober janji trus ke desember trus mei, trus juli….sekarang bilang mahal….tahu gak kami buat angka segitu supaya tahu kami apakah punya niatan baik atau cuma pengen test doang….kamipun sudah bilang ke pak Eddie Nalapraya tentang hal-hal seperti ini….ternyata sudah mau mundur sebelum ketemu…. .eh hari gini yang katanya dari Eropa mau belajar silat ke Indonesia minta tarif Rp. 500.000, perkelompok sekali latihan….? Coba bayangin kalo satu kelompok 10 orang, berarti Cuma Rp. 50.000 perorang….bayangkan betapa silat kita “hanya” dihargai gocap…silahkan anda Tanya ke Aikido kalo belajar di Jepang….Gimana kami bisa menghargai anda? Penghargaan anda ke kami hanya sebatas tawar-menawar kayak barang obral….apa itu anggapan anda kepada Silat hah?!  tahukah anda tarif anda belajar privat di Padepokan untuk satu sesi? Tanya pak Oong Maryono atau bang Edward. Jika anda punya niatan baik datang ke kami dan keberatan dengan biaya itu kami tak mempermasalahkan…berapa anda punya karena di Cingkrik bayaran belajar adalah keikhlasan. Tapi karena anda terlalu banyak janji…..ternyata kosong….alias gentong!!! Lagi pula kami mengirimkan surat dengan resmi, andaikan anda beradab maka surat keberatan anda dengan resmi pula bukan dengan umbar ke sana ke mari, saya yakin anda orang yang mengerti, beradab dan berbudaya. Kenapa hal kecil begini dianggap masalah….kalau kami memberi kuasa pada seseorang untuk menangani hal tersebut karena kami mengerti masalah hukum.
8.   Selain itu yang berhak menentukan penamaan adalah sumber asli, jika anda juga merasa berhak menggunakan silahkan aja ….asal tau aja gak ada dalam sejarah Cingkrik seperti yang anda pelajari…. ….
9.   Yang gentong itu siapa….mat Codet itu siapa? Maaf ..Saya baru sarasehan dengan Pak Eddie Nalapraya mengenai silat, silahkan kalau anda merasa punya ilmu padi datang kesini dan kita akan lihat betul Cingkrik atau bukan….disini Putra Betawi akan menjadi wasit mengenai bener gaknya itu Cingkrik….di forum ini semua bertanggungjawab, jadi tak mungkin kami lari dari hal itu…..jadi gak ada tuh istilah ondel-ondel forum…karena banyak dari luar merasa menjadi bagian dari suatu aliran padahal bukan, seperti kasus Cikalong Cempaka Putih, Pukulan Kweetang, dll yang sebenarnya tak ada kaitan sama sekali….. coba anda bicara didepan PERSILAT mengenai aliran anda…saya akan angkat ini di hadapan president PERSILAT kalau anda mau…saya berani karena kami sudah punya bukti otentik, apakah anda berani seperti saya? Apakah PERSILAT harus turun…memperjelas “Cingkrik” anda yang wallahu alam bisawab keotentikannya…atau yang ngarang-ngarang itu Cingkrik siapa?
10.   Saya merasa senang orang sana mau gabung, tapi yang kami sesalkan adalah persoalan seperti ini….saya sudah banyak tanya ke para pendekar dari berbagai aliran mengenai silat yang berkembang di luar negeri…saya bukan ondel-ondel forum, anda cuma  murid yang belajar sementara kami adalah murid yang harus menjaga keaslian tradisi dari suatu budaya….silahkan anda bandingkan. Kalo silat cuma buat maen jago-jagoan….saya akan pilih olah raga menembak…anda ngaku polisi tapi coba tanya ke guru anda, betulkah itu Cingkrik? Alurnya dari mana…? Selidiki..dong! Kalo bukan, kenapa baru mau belajar mengharuskan / mensyaratkan kami masih mempergunakan materi yang sebenarnya tak ada di aliran Cingkrik….apa takut ketahuan bukan nya? Tanya juga masalah keabsahan Cingkrik anda pada PERSILAT...anda pakai salam PERSILAT tapi alirannya apa? Saya disini jelas....tanya ke induk organisasi anda deh!
11.   Saya gak masalah si Mat Codet gak gabung di FPPST, toh orang macam anda gak terlalu dibutuhkan dalam pelestarian jika pandangannya seperti itu
12.   Silahkan anda berguru pada siapapun aliran apapun….tapi kami yang disini (bangsa Indonesia) berhak menyelidiki apakah anda pernah belajar di aliran kami dan berniat meneruskan atau cuma cari status biar dibenarkan keberadaannya….
13.   Jujur dibalas jujur, curang dicurangi, kebaikan dibalas kebaikan…
14.   Ente jual ane beli….ente kurang ajar ane juga bisa…

terima kasih buat mas Bayu, silaturahmi akan erat jika ada kejujuran diantara kita semua....salam takzim buat semua

buat bung Cingkrik, Deprok saya salut dengan anda begitu juga kang Office Boy, saya juga pernah diajak silaturahmi ke bang Nunung oleh Bang Nani dari Gerak Saka, sampai hari ini belum kesampaian...moga lain waktu kita bisa diskusi dan ketemu...saya akan senang jika ada waktu anda main ke kami pada tiap hari jumat malam di gedung Hydro...saya ingin semua keaslian Cingkrik tetap terjaga....itu saja

buat Ki Sawung, mungkin penjelasan ini bisa membuat agak lega...

uda Parewa, sesama urang awak kita cuma bisa ngingatkan jangan sampe sesama urang awak bekelai....kita ni perantau ya ndak? ini cuma urusan kecil...yang jadi gede karena karena yang ngomong bukan yang hak....jadi nyaring kayak ember digebuk...

mas Elang, ndak usah khawatir....masalah ini ndak bikin aku naek pitam kok

mas Eko, ente ngerjain ane ngejanteng bareng pak Eddie ama pak Hayono Isman ampe sore di sarasehan....istri pertama ane cemberut ngurusin "bini" yang kedua ini...ntar ane bales!!!

meneer Oong, sabaraha sih tarif buat orang luar latihan? Masak Guru urang ngan dihargaan sarua jeung harga 2 kaos oblong sakali latihan...kumaha urang rek mikeun?

(eee...geuning geus peuting, hapunten kasadayana, mangga atuh akang cuang tutup lawang sigotaka.......jeng jeng jeng...cag ah )

one

 

Powered by EzPortal