+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 265484 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: cingkrik
« Reply #540 on: 06/08/2008 19:17 »
wah selamat atas gelar calon pendekarnya untuk bang ochid

saya setuju aja, dan siap di traktir
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #541 on: 06/08/2008 20:43 »
wahhhhh...selamet ye bang ochid !!! 8)
ente emang pas kl di bilang "pendekar"... [top]

kopi nya kirim2 dong ke cililitan hehehe :o

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #542 on: 06/08/2008 20:54 »
Emang bener Bang Ochid, ane punye gambaran cuman suseh bener jelasin lewat tulisan...

Sedikit coba2 compare dari 3 maenan Cingkrik (Kong Goning, Kong Sinan dan Kong Sakam), nyang ane perne liat di jurus 1 (Langkah Cingkrik)...moge2 berkenan (IMHO)...

-Pasang Buka:
  Ade kesamaan nyang kuat antare Cingkrik Sinan ame Cingkrik Sakam, pola kembangan tangan 
  maupun kaki. Kaki nyang jadi tumpuan badan di kaki kiri nyang nekuk ke depan, kaki kanan
  kedepan. jarak diantare keduanye kagak begitu jauh. Perbedaan dari keduanye cuman Cingkrik
  Kong Sakam badan rade mendek, kuda2 rendah, sebaliknye Cingkrik Sinan kuda2 sedeng.

  Cingkrik Goning, posisi tumpuan badan seimbang, kaki kiri nekuk ke bawah agak
  kesamping, jarak antare kaki kanan ame kiri rade jauh.

-Tutup abis:
  Cingkrik Sinan ame Sakam tutup abisnye ampir sama, tangan ngepel, kalo Cingkrik Goning
  tangan kebuka.

CMIIW_____

Bang Gobrek masuk doong jelasin lebih lanjut....

Selanjutnye lagi2 nyerep2in aplikasi sambut pukulnye nih...

Tabe'...Jali






pa kabar nih bang jali...penjelasannya mengenai bukaan n tutupan cingkrik kong Sakam dah diwakili sama bang jali 8)..cuman ane jg bingung kl mo ngejelasin pake kata2  :-\ tp yg jelas cingkrik kong Sakam hampir semua langkahnya pake kuda2 rendah...nah kl mo agak jelasan dikit sobat2 liat aje di multiply kepunyaan bang jali..itu  langkah 1 "cingkrik" dan sebagian isiannya...
kalo masih kurang...bisa maen2 ke depok hehehe :D

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #543 on: 08/08/2008 11:57 »
@kang eric, bang jali, bang dodol, gus lam, cing gobrek, kang naga dan seluruh sahabat silat lainnya,
terima kasih banyak banget
buat beragam ilmu dan pengetahuan
yang di share di forum ini
benar2 menambah wawasan dan memperluas tali silaturahmi

salam

note:
maap baru sempet baca en reply
ditunggu deh acara ngopi2 nye..

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #544 on: 08/08/2008 14:48 »
ye...gimana neh..pangeran jakarte (princeofbatavia), pan ente nyang punye hajatan..hehehe..sekalian pertemuan cingkrikers aje deh...nasi uduk,semur jengkol,sambil duduk bise ngengkol (kaki);;hehehehehee


D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #545 on: 08/08/2008 16:23 »
hahahaaa...
kalo di cingkrig ane cuman tamu, bang...

gan iwan, bang gusman, ujang baden, bang nijam
bangajad, gan ery, kang yudhi, bang rudyh,bang antara, bang gobrek, deprok
beliau2 itulah jawara cingkrig di ni forum

nyok, silaturahmi cingkrigers..

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #546 on: 11/08/2008 18:37 »
hidup bang ochid !!!
hehehehhehe ane ikut ya?? hehehehhehe
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #547 on: 11/08/2008 21:33 »
wah sepupu pake kuda-kuda rendah tuh..cuman alm.babe pake kuda2 setengah badan...

@bang Sarkem...sekalian bawa menyan deh... [lucu] [lucu]

D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #548 on: 11/08/2008 22:36 »
undang dong pak Masfar juga.....masa cume kite nyang kitaran sini doang..?! bener gak bang?

salam

one
NB: kapan lagi jalan bareng tuh...?

puragabaya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 4
    • The Soul of Puragabaya
Re: cingkrik
« Reply #549 on: 12/08/2008 08:10 »
Eh ada apaan nih kyknya ada yg ngomongin makan2, kalo mo selametan Kang Ochid & ada makan2nya ajak2 dong...he..he... :D
A thousand friends are not enough, one enemy is too much
http://puragabaya.blogspot.com
http://puragabaya.multiply.com

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #550 on: 12/08/2008 09:16 »
nah akhirnya nogol lagi nih
para senior cingkrig...

kang yudi ke mana aja nih?

ayo makan2 selametan gan iwan
baru sembuh dari flu ;D

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: cingkrik
« Reply #551 on: 12/08/2008 10:45 »
Hmmmm foood....  :P

ane ikutan pokoknye, semua yang ada hubungannya sama makan ane mesti kudu ikut  [lucu]
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #552 on: 12/08/2008 16:57 »
situ bukannya lagi diet kang nagapasa?  [lucu]

kemarin ba'da isya (11-08-2008) ane jalan sama bang adam (teman bang gobrek) menelusuri aliran kong sinan di kebon sirih. Kita bertemu dengan bang Topik ( M Topik Hidayat) dan babeh Bobby. Ngobrol panjang tentang cingkrik, cerita kong sakam dan kong sinan . Aliran mereka dari Pak Satiri (Pak Kilik)dan Abah Saleh. Disana dijelasin nama asli kong Sinan dan beberapa tokoh cingkrik di jakarta. kita juga dikasih liat mainan lama cingkrik versi bang Topik.

Tengah malam penghabisan wisata bentaran sekitaran jam 12 malam, kita berdua makan **mie di warung kopi dekat rel gondang dia.



"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #553 on: 13/08/2008 16:58 »
Ane yang jauh jadi merasa senang ngeliatin Cingkrikkers rame kembali mudah2 kita semua selalu memegang pedoman Budaya Paguyuban dalam bahasa Sunda nya "Silih asih" "Silih asah" dan "Silih asuh" dan memiliki karakter didalam bahasa jawanya "Melu handarbeni", "Melu hangrunkebi" dan"Mulat saliro hangroso wani"yang menjadikan harapan kita semua "Tata Tentrem Karta Rahardja" hehehe......gimane pendekar Ochid selamet ude jadi pendekar.....tingggal perjalanannye aje kapan nih kenegara tulip pokoknye rebes deh kalau sampe negare londo ane sajikan permainan sabung ujungan hehehe.....gan iwan jangan komentar dolo hehehe....terima kasih undangannye....udah ah ...ane harap sih semua Cingkrikers...menjunjung tinggi 5 prinsip jiwa pesilat,Taqwa,Tanggap,Tangguh,Tanggon dan Trengginas ....hehe....betul ngga ki Sawuuuuung bersama Mener Sinyo Eric Bovenlander.

salam pesilat

"Pejalan si Pitung masih jauh"

pendekar

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #554 on: 13/08/2008 18:14 »

@Pandeka Samui

Sinyo itu apa seeh, maklum New Bie :)

 

Powered by EzPortal