+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 265393 times)

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #60 on: 01/08/2007 00:55 »
oh sekarang semua sudah jelas.

ternyata memang ada ketidak sepakatan dan kesalahpahaman.

Untuk masalah ini sudahlah tidak usah diperpanjang, karena kabar terakhir Pak Masfar sedang sakit lagi :-[ jadi tambah bingung saya. sedih saya.

buat bang Iwan dan Bang Matcodet sudahlah tidak usah diperpanjang ini hanya masalah ketaksepakatan ternyata.

Biar lah nanti dimusyawarahkan bersama antara Pak Masfar dngn Pak Bambang ,bagi saya itu lebih adil rasanya. Toh hubungan silaturahmi keduanya masih berjalan lancar dan baik.

saya pribadi menghormati kedua orang tersebut.

sekarang semua sudah jelas bagi diri saya pribadi ada apa sebenarnya.

salam alaikum dan terima kasih

sekarang harapan saya adalah agar tidak terjadi perpecahan diantara kita,dan tali silaturahmi tetap tersambung.

Bayu
« Last Edit: 02/08/2007 03:58 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #61 on: 01/08/2007 02:32 »
saya tak pernah mempermasalahkan, tadi juga ada telpon....tapi kalo dimulai dengan baik saya dengan baik menyambut dengan baik. toh beliau sudah ada disana, yang katanya sudah mengembangkan.....saya salut.

 kalau orang dipegang omongnya.... Karena beberapa kali janjinya gak pernah ditepati, itu yang buat kami merasa dipermainkan....apalagi ada muridnya yang gak jelas juntrungannya nimbrung ngomongin yang bukan haknya...sebenarnya surat itu ditujukan bukan buatnya....lagi pula kami juga tadinya mau menolong teman-teman di eropa untuk induk asal organisasi....tapi kalau yang ditolong kayak nolongin anjing kejepit....belum apa-apa udah menggonggong....apa pantas? tadinya kami mau menerima dengan ikhlas apapun asal bela diri silat anda semua buat gabung ke Cingkrik Goning, asalkan mau belajar Cingkrik Goning, cukuplah itu bagi kami....sedangkan jurus  lalu yang telah anda pelajari itu sebagai "kekayaan" milik anda yang gak akan kami utak utik... tapi perilaku dari murid disana menjadi catatan bagi saya selaku koordinator untuk berpikir ulang...karena pesan awal belajar silat adalah akhlak...saya berhak menolak  (jika perlu) karena saya koordinator, untuk menjaga guru saya seperti halnya anda semua...

surat itu resmi kami kirim...balaslah dengan resmi, apa cuma orang yang merasa diluar negeri aja yang harus dihormatin? kita juga punya harga diri.... tak bener macam begitu..apalagi ngaku polisi Belgie segala...emangnya halal polisi buka surat yang bukan haknya? itu udah jelas salahnya dua kali..pertama buka surat trus sebagai polisi yang seharusnya tau aturan....ama salam PERSILAT, emangnye ente udah resmi anggotanya? berapa no. keanggotaan ente di sana? Saya akan check bila perlu....ke pak Tata

Kalau sekiranya kesehatannya terus terganggu, kami rasa mendingan sembuhin dulu ama biar fit....kasihan sakit mikirin silat mulu.

Kata udah terucap, tulisan sudah tergores, walau hati luka tapi maaf udah terucap dengan lapang dada saya akhiri polemik ini

doa saya semoga cepat sembuh buat pak Herry Masfar!!!


buat semua, salam....


one (Iwan Setiawan Dharma Saputra Arga Direja Wiriarjaya Dwi Kusuma Nagara) / Arya Seta Dewangga.

nb:....gila sampe jam 2.30 pagi nerangin Cingkrik....apa masih disebut oknum yang tidak bertanggung jawab? padahal jawaban adalah...eit udah ah..eh uda Parewa cabut omongan ente....kalo gak ntar ane kasih jurus Kalong gendong Babi (kombinasi Cingkrik plus Cikalong) besok malem!!!! atau kasih Tomplok macan.... (trio macan kali!)

salam, ane bobo dulu...... ::)

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #62 on: 01/08/2007 07:40 »
sudahlah kang iwan,semua kan sudah jelas, dan ada ketaksepakatan dan salahpahaman ,nantinya kan bisa dibicarakan secara baik2 dan lebih jelas.

sekarang saya ga bisa komentar mcm2 karena pak masfar sedang sakit,beberapa bulan ini bolak balik rumah sakit, perasaan yg ada cuma sedih kalo inget itu :-[

bagi saya sekarang adalah berkarya sesuai dgn niat yang ada di dalam hati saya ini.

untuk sekarang menurut saya disudahi saja semua perselisihan ini untuk sementara, saya yakin ini pasti ada jalan keluarnya baik2 Insya Allah. ini hanya kesalahpahaman dan beda pendapat saja. buat bang Matcodet, maaf bang, menurut saya tenang saja dulu bang,insya Allah ada penyelesaiannya yg baik  .

 saya tadinya cuma berniat mau cari ada apa sebenrnya, karena beneran bingung dengan postingan disini ttg hal itu.
dan sebenernya saya juga sudah kasi ym saya pribadi di milis supaya ada yg menjelaskan secara pribadi.

Saya sekarang pamit saja dulu saudara2, sesepuh2. Saya harap kita menyudahi polemik ini karena semua sudah jelas buat kita semua yg bersangkutan.

salam alaikum

Bayu
« Last Edit: 02/08/2007 03:57 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #63 on: 01/08/2007 08:18 »
Maaf menggeser masalah sedikit,

Saya lihat vid-vid Cingkrik, bantingan-bantingannya sangat mirip dengan punya PGB Bangau Putih. Apa ada hubungannya yah (maksudnya hubungan terang bukan hubungan gelap lho ;D ;D. Jadi penasaran mau nanya, di Cingkrik, kalau melangkah kakinya diangkat atau digeser yah?

Salam hangat bin hormat,
Bram.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #64 on: 01/08/2007 11:09 »
mungkin akan banyak pola bantingan yang sama, mengenai ada hubungannya atau tidak...saya rasa nggak. Tapi "ambilan", pengerahan tenaga dan langkah akan beda...begitu Mas ::)

saya yang bodoh ini mungkin akan memberitahu sedikit yang saya tahu, pola langkah di Cingkrik kalau dilihat rada kumplit (kalo orang sini bilang), dari siser (seser / geser), Cingkrik (lompatan kecil), pola langkah ladam (letter "U"), pola silup siluman (letter L) dan lainnya ada mas...gitu mas.

salam hormat kembali, ^:)^ ^:)^


one

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #65 on: 01/08/2007 11:54 »
kalau langkah saya pernah dapat sedikit "rumus"  ::) (semoga-moga tidak di  :)p sama pak bambang)
 terpaksa saya buka kualat deh  :'(
teknik dasar langkah (dalam menghadapai lawan) dalam cingkrik goning ada 4
 kalau maju ia siser, mundur pake ayunan jurus 1
ke samping kanan pake sikap jurus ke-5,  kesamping kiri pake sikap jurus ke-2
 
sedangkan aplikasinya tergantung dari jarak lawan mulai semeter, setengah meter atau dekat. sehingga pak bambang sendiri sering berkata cingkrik goning ini dekat "mau" jauhpun "mau" + kata almarhum usup utai "kalau di bilang punya, jawab sedikit. kalau mau ya ayo"........


sedikit renungan
kepada siapapun kita berguru kita seharusnya mengerti tentang ke ilmuan guru yang kita akan pelajari ilmunya.
Dalam silat yang diutamakan adalah beladiri "silat"turahmi...
Seperti yang dibilang (alm) usup utai kepada Tb bambang (diceritakan kembali oleh muridnya  ^:)^ )
"kita (pesilat) harus banyak salaman (maksudnya silaturahmi), biar kita hidup aman"


NB:
wah ane lagi nyari potongan korannya tentang sejarah rawa belong jadi belum dulu ya... (utang belum terbayar... ;D  ;D  ;D)
   

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #66 on: 01/08/2007 12:37 »
jangan jangan kepake bungkus gorengan bang?  [lucu]

salam,

one ;D

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #67 on: 01/08/2007 14:13 »
baiklah... Freedom Of Speech telah dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab

kepada sahabat Castro [top] kebingungannya sudah dijawab tuntas  :)

kepada sahabat Mat Codet  [top] , terima kasih dan tetap semangat  :)

kepada sahabat Iwan Arya Seta Dewangga, sebagai Koordinator pelatihan Cingkrik Goning  [top] , terima kasih atas klarifikasinya dan pertanggungan-jawabnya  ^:)^
dengan ini saya juga jadi jelas masalahnya dan saya anggap Mas Iwan sudah bukan oknum/ondel-ondel lagi  ^:)^ , tetapi seorang yang Satria  [top]

kepada sahabat Pandeka Samui , kami doakan kesehatannya cepat prima lagi
dan ditunggu klarifikasi nya  [top]

kepada sahabat Parewa,..... hiks :'(  .... ma acih juga ... hiks  [polisi]


Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #68 on: 01/08/2007 15:18 »



Assalamu'alaikum wr wb

Sekali lagi saya  memperkenalkan diri saya adalah Herry Masfar,karena kesahatan saya tidak mengizinkan saya tidak bisa panjang lebar turut berdiskusi disini.
Sebagai seorang umat saya mohon kepada seluruh pengurus serta anggauta baik dari Forum FP2TS,Sahabat Silat,Silat Indonesia, atas tindakan2 murid2 saya di Europa.Sekali saya mohon maáf.
Secara pribadi saya sudah menegur semuanya untuk menghentikan kerusuhan semuanya.
Memang semuanya ini adalah kesalahan saya mempermoderen Pencak Silat Cingkrik
bila memang sdr Iwan bila anda meragukan keaslian saya bersedia membubarkan semua Cabang2 Cingkrik di Europa,dan di Merieland dan Richmond di Amerika.
Saya adalah warga negara Indonesia dan saya masih tetap memakai Pasport Indonesia saya bukan orang Belanda saya merasa malu dipermainkan oleh bangsa
saya sendiri.
Rupanya saat ini akhir perjalanan saya mengembangkan Pencak Silat selama 32 thn.
Setahun yang lalu saya mulai berhubungan dengan Cingkrik Goning dan menelefhon Bapak Tubagus Bambang Sudrajat dengan maksud bilah ada sampai terjadi apa dengan diri saya murid2 saya mempunyai Induk organisasi di Indonesia karena saát itu saya akan menjalani operasi jantung saya,saya sering telefhon Bapak Bambang
saya harap Bapak Bambang dapat menerengkan kepada semuanya tentang maksud saya.
Bila keadaan mengizinkan akan saya sambung lagi.

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass wr wb

Hormat serta maaf dari saya.

Herry Masfar 

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #69 on: 01/08/2007 15:50 »
saya cuma berharap Pak Masfar patut dihargai oleh teman2 dan mas Iwan , selain umur beliau yang lebih tua dari kita semua.

Walau bagaimanapun juga, Pak Masfar sudah berjuang cukup lama untuk mengajarkan cingkrik di negeri orang, bukan hanya kepada orang belanda tetapi juga kepada pelajar-pelajar Indonesia.


yang jelas ilmunya pak masfar eksis dan bermanfaat. Dan tetap silat
walaupun akan dianggap bukan cingkrik. Karena niat saya adalah belajar silat buat
beladiri dan memang mencintai budaya bangsa.Bukan untuk mencari pengakuan dsb.

Saya dan murid2 pak masfar yg orang Indonesia juga tetap berjati diri orang Indonesia yg cinta tanah air, yang suatu saat akan pulang untuk membangun bangsa kita.

Walau nanti mungkin di bermacam bidang yang lain, bukan silat.

walaupun ada hal2 seperti ini, tak membuat saya putus asa dalam berlatih silat.

salam alaikum warah matullahi wabarakatuhu

Bayu Priyambodo
« Last Edit: 01/08/2007 21:06 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Maheso_Jenar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 8
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #70 on: 01/08/2007 16:29 »



Assalamu'alaikum wr wb

Sekali lagi saya  memperkenalkan diri saya adalah Herry Masfar,karena kesahatan saya tidak mengizinkan saya tidak bisa panjang lebar turut berdiskusi disini.
Sebagai seorang umat saya mohon kepada seluruh pengurus serta anggauta baik dari Forum FP2TS,Sahabat Silat,Silat Indonesia, atas tindakan2 murid2 saya di Europa.Sekali saya mohon maáf.
Secara pribadi saya sudah menegur semuanya untuk menghentikan kerusuhan semuanya.
Memang semuanya ini adalah kesalahan saya mempermoderen Pencak Silat Cingkrik
bila memang sdr Iwan bila anda meragukan keaslian saya bersedia membubarkan semua Cabang2 Cingkrik di Europa,dan di Merieland dan Richmond di Amerika.
Saya adalah warga negara Indonesia dan saya masih tetap memakai Pasport Indonesia saya bukan orang Belanda saya merasa malu dipermainkan oleh bangsa
saya sendiri.
Rupanya saat ini akhir perjalanan saya mengembangkan Pencak Silat selama 32 thn.
Setahun yang lalu saya mulai berhubungan dengan Cingkrik Goning dan menelefhon Bapak Tubagus Bambang Sudrajat dengan maksud bilah ada sampai terjadi apa dengan diri saya murid2 saya mempunyai Induk organisasi di Indonesia karena saát itu saya akan menjalani operasi jantung saya,saya sering telefhon Bapak Bambang
saya harap Bapak Bambang dapat menerengkan kepada semuanya tentang maksud saya.
Bila keadaan mengizinkan akan saya sambung lagi.

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass wr wb

Hormat serta maaf dari saya.

Herry Masfar 


Mualaikum Salam Wrb,

Sahabat Silat Pak Herry Masfar...salam silat Pak..sudah lama sekali, baru kita bisa bersua lagi ... Pak Herry Masfar, saya rasa hal ini hanya salah paham saja, maklum komunikasi mungkin terbatas akibat jarak dan waktu, sehingga terkadang menimbulkan bias...sebelumnya saya telah mendapatk profile bapak dari saudara saya Mas Oong, beliau banyak menceritakan bagaimana perjuangan Bapak dlm mengembangkan Pencak Silat di Eropa pada umumnya dan saya rasa rekan2 di Indonesia (anak FP2STI) sangat apresiatif atas hal tersebut.
Mengenai Masalah Cingkrik saya rasa dapt dijembatani dengan komunikasi yang lebih intens lagi, karena tujuan kita adalah sama, silahturahmi pak, apalagi bapak adalah salah satu orang yang tinggal diluar negeri yang sangat apreciate atas forum dan milis, pada awal2 berdirinya Forum dan hal tersebut menjadi catatan tersendiri bagi kami.
Pak Herry Masfar, solusinya adalah saya rasa dengan menyambung kembali tali silahturami apalagi Bapak adalah orang Indonesia, saya rasa maksud Mas Iwan hanyalah sekedar mengingatkan dan tidak memiliki maksud lain selain hal tersebut, cuma bahasa dari Mas Iwan yang terkesan blak-blakan.
Pak Herry Masfar kami di Indonesia mengharapkan (dan harapan ini juga sama kepada rekan2 indonesia yang tinggal di LN) agar Bapak dapat menjadi duta2 bangsa yang bertanggung jawab dan membantu pelestarian seni budaya bangsa kita, agar anak cucu kita memiliki kebanggan dan jati diri yang jelas.
Selamat berjuang Pak Herry Masfar, kami yang muda2 masih mengharapkan kontribusi bapak dan saran serta bimbingan dari yang lebih senior.

Untuk moderator, saya rasa diskusi lebih lanjut mohon diarahkan ke arah pembahasan falsafah dan kaedah dari cingkrik, karena itu lebih bermanfaat.

Monggo kami persilahkan yang mau lewat ...... [top] 8) [polisi]

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass Wrb

Hormat dan Salam dari saya


Koordinator FP2STI



Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #71 on: 01/08/2007 17:38 »
Yth Pak masfar,

Saya hanya ingin mengatakan salut sama Bapak atas perjuangannya terhadap perkembangan pencak silat, semoga bapak sehat selalu dan kapan nich pak bisa jalan2 ke indonesia, jangan lupa bawa oleh2 yg banyak yaaa :D

Pak Masfar dan mas iwan, Tetaplah semangat  [top]

Salam

Elang [polisi]

Webadmin SilatIndonesia Network

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #72 on: 01/08/2007 18:38 »

Untuk moderator, saya rasa diskusi lebih lanjut mohon diarahkan ke arah pembahasan falsafah dan kaedah dari cingkrik, karena itu lebih bermanfaat.

Monggo kami persilahkan yang mau lewat ...... [top] 8) [polisi]

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass Wrb

Hormat dan Salam dari saya


Koordinator FP2STI

siap komandan  [polisi]


Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #73 on: 01/08/2007 19:13 »
Assalamu' alaikum wr wb

Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua dukungan serta doa dari teman2 sayang sekali kesehatan saya tidak mengizinkan lama duduk di depan comp.
Sekali lagi saya minta tolong kepada Sdr Iwan yang ragu akan silat Cingkrik yang saya berikan...Begini saja mas Iwan tolong ajarin saya bagamana menterjemahkan jurus2 Cingkrik ke bahasa Inggris ngga usah ke bahasa belanda atau Creece.
umpamanya ,jurus satu hitungan ke dua...miring singkur gedor kiri gimana caranya yah, atau bukaan jurus ke dua....Buka dua pecah atas tabok,ambil ayun dua balik kipas atas gedik bawah bersamaan, atau jurus ke empat hitungan kedua....pecah belakang gedor kanan,kanan gedor kiri,koset pukul rame rapat.yang terakhir  tolong terjemahkan jurus kesepuluh hitungan ketiga......rambet gedo rkanan,sapu sepuluh tancap pukul rame,sikut singkur dan bandut bawa balik belakang ayun satu maju gedor.
Nah sdr Iwan kalau sdr Iwan bisa terjemahkan kedalam bahasa inggris dan murid2 saya di Athena Creece memuaskan.

Maafkan saya tidak bisa lebih lama duduk.
Saya barusan meminta restu dari Bapak Tubagus Bambang Sudrajat untuk membubarkan semua perguruan Cingkrik yang saya pimpin baik di Eropa maupun di Amerika tidak saya izinkan mempergunakan nama Cingkrik
Rupanya sesudah 32 thn saya berlanglang buana mengembangkan seni bela diri bangsa saya, saya gagal mencari induk organisasi di Indonesia.
Terus terang saya menghargai serta menghormati salut kepada Sdr.Iwan yang ingin mempertahankan ke aslian pencak silat Cingkrik.

sekian dahulu hormat saya kepada semuanya

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass wr wb

H.Masfar

(maaf pak Bambang saya tidak berani menamai diri saya koordinator europa)

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #74 on: 01/08/2007 19:33 »
Assalamu' alaikum wr wb

.......
Saya barusan meminta restu dari Bapak Tubagus Bambang Sudrajat untuk membubarkan semua perguruan Cingkrik yang saya pimpin baik di Eropa maupun di Amerika tidak saya izinkan mempergunakan nama Cingkrik
Rupanya sesudah 32 thn saya berlanglang buana mengembangkan seni bela diri bangsa saya, saya gagal mencari induk organisasi di Indonesia.
Terus terang saya menghargai serta menghormati salut kepada Sdr.Iwan yang ingin mempertahankan ke aslian pencak silat Cingkrik.

sekian dahulu hormat saya kepada semuanya

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass wr wb

H.Masfar

(maaf pak Bambang saya tidak berani menamai diri saya koordinator europa)


Wa'alaikum salaam Bapak H Masfar,

Maaf ini saya bukan sanak bukan kadang ikutan nimbrung soal silat Cingkrik. Saya suwangat (maksudnya sangat dengan logat Walikukun) keberatan kalau Bapak bubarkan sekolah-sekolah Cingkrik yang Bapak dirikan di Eropa hanya karena bahasan wankawan di sahabatsilat.  ;D

Kenapa harus dibubarkan? Tidak perlu dan tidak berguna pembubaran itu. Kami semua rata-rata lebih muda dari Bapak, dan mungkin kadang semangat kami terlalu meletup, termasuk ketika membahas apa-apa yang kami pandang sebagai misrepresentasi dari silat yang kami cintai. Bapak justru salah satu pelopor gerakan kami yang sudah melangkah ketika kami masih jadi angen-angen ayah-ibu. Jadi mohon dengan hormat lagi rada maksa, janganlah Bapak mengambil tindakan drastis membubarkan buah kerja rintisan Bapak yang sudah puluhan tahun itu. Sayang bin eman, Pak! ^:)^

Perkara ada perbedaan antara Cingkrik yang dihayati di sini dengan yang Bapak hayati itulah keindahan dunia ini bukan? Sekarang, Bapak jangan mikir yang berat-berat dan memasgulkan hati kata dokter itu termasuk pantangan Bapak sekarang bukan?  Kami semua berdo'a agar Bapak segera sembuh. Kami semua mengucapkan salut dan terimakasih serta hormat yang sangat atas jerih payah bapak memperkenalkan Cingkrik di benua bule. Kami tau itu tak mudah bahkan sulit.  [top] Nanti kalau Bapak sudah sembuh seperti semula insya'allah Bapak sempat main ke Jakarta menggunakan paspor Bapak yang ijo bergambar garuda mengo itu dan kita semua bisa bersilaturahmi dengan lebih hangat. Kadang kala media internet tidak mendukung lancarnya diskusi apalagi kalau sudah ada emosi anget atawa panas.

Soal nama jurus dan terjemahannya, saya usul Pak, gak usah diterjemahkan jadi nama, cukup diterjemahkan konsepnya sedang namanya biar tetap bahasa Betawi saja, biar para murid belajar menekuk lidah juga.

Demikian pendapat saya, Pak, mohon jangan dibubarkan itu Cingkrik Eropa. Jangan pula diganti nama jadi Yang Lain. Tetap semangat dan maju terus Pak.

Wassalam,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

 

Powered by EzPortal