+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 265483 times)

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #75 on: 01/08/2007 21:03 »
Pak Herry Masfar, saya Iwan. saya setengah urang sunda setengah lagi urang awak, bila ingin tahu banyak saya tanya kakak saya O'ong Maryono, mungkin bapak lebih dekat ke dia, saya orang yang bicara apa adanya, ceplas ceplos dan terbuka..saya adalah orang yang sangat senang bila silat kita dipelajari orang di ranah rantau, saya orang yang selalu mendukung setiap langkah pengembangan..saya agak terpukul saat "mendua hati" bapak kepada suatu aliran yang belum jelas juntrungannya, karena menginginkan mencarikan wadah sebagai induk organisasi.

Bapak dengan kesehatan yang kurang baik masih memikirkan silat itu adalah kebanggan bagi kami...itulah namanya PENDEKAR! Pak Masfar, setiap hari yang kami lalui itu panjang pak...sangat disayangkan beberapa kali bapak berjanji pada kami yang notabenenya orang kampung bapak sendiri kadang terlupakan...dari mulai ingin mengorganisir Cingkrik Goning, jadi donatur, akan datang murid (yg ternyata cuma lewat Bali trus langsung ke Australia), trus tawaran bayaran ...trus tour, permintaan ngelatih ke sana dll...itu sangat membuai guru kami hingga kami merasa kasihan, pak Herry memang guru kami secara ekonomi kurang namun kami ingin "memperlihatkan" realita yang ada bahwa itu belumlah digenggaman, kita harus tetap bekerja untuk mencapai itu..seperti halnya bapak yang bekerja keras menyebarkan silat. Trus keseriusan itu juga yang pada akhirnya sampai "dipertanyakan".

Kami merasa suatu kehormatan andai bisa bertemu bapak atau murid-murid bapak yang hingga terakhir janji akan datang 16 juli ini belum juga ada. Kami membuat daftar harga pelatihan itu semata-mata kecintaan kami terhadap silat dan hormat kami kepada guru-guru kami. Seandainya murid bapak yang begitu menghormati bapak agak bersikap "santun" dengan tidak mengumbar surat yang kami tulis dan tidak menjelek-jelekkan forum yang kami buat dengan segala jerih payah dan daya upaya kami, saya secara pribadi tak mempermasalahkan...selama ini saya hanya diam dan membisu tentang apa yang saya tahu. Saya akan tertawa kalau yang diejek saya tapi dengan segala keterpaksaan teramat sangat, saya terusik jika segala kebaikan usaha yang saya bangun bersama teman dicaci.

Saya tak pernah mengusik jerih payah seseorang, saya tak pernah mempertanyakan usaha kegigihan bapak dalam menyebarkan silat...saya malah kagum kepada kegigihan bapak...Saya dan teman-teman adalah orang yang mendukung ketika pertama kali bapak ingin menginduk ke kami. saya selalu berprinsip suatu produk budaya akan dibilang berhasil bila dipelajari banyak orang...

Di awal kami tak pernah mempermasalahkan cingkrik atau bukan, islam atau bukan, WNI atau bukan...dimana berniat menyambung silaturahmi dengan Cingkrik Goning dengan hati lapang kami terima. Jika telah tercipta karya dari bapak tentang pengembangan dari Cingkrik itu bagi saya suatu kejutan...karena kami belum sampai ke sana.

Tak ada alasan bapak membubarkan Cingkrik di Eropa, tak ada sedikitpun alasan untuk itu pak !! Saya yakin jiwa pendekar tak gampang menyerah. Layar sudah terkembang..walau surut pantang berpulang. urang awak itu pejuang sejati. sayang kita belum pernah bertemu.. Jika bapak berniat baik, teruskan...jika bapak berniat menyambung silaturahmi, teruskan...

Ibarat emas, bapak punya adalah perhiasan sementara kami batangan. Suatu saat bila kita bergabung di Cingkrik Goning maka teknik yang bapak punya akan kami sebut teknik Herry Masfar yang merupakan pengembangan...suatu hal yang baik!

Sayapun sudah beberapa kali ngobrol dengan pak Eddie Nalapraya, tentang akan gabungnya Cingkrik Eropa itu hal yang baik. Kami akan meminta ke pak Eddie untuk mensahkan kalau induk itu semua ada di kita....dimana nanti organisasi yang bapak pimpin maupun teman-teman di Eropa menjadi bagian dari PERSILAT, jadi tak kan ada istilah kacang lupa akan kulitnya.

Jika bapak mundur dan bubarkan Cingkrik Eropa, saya akan tertawa....karena jiwa kependekaran bapak luntur...
Jika jadi bapak mundur dan tak jadi tidak meneruskan usaha bapak yang selama ini dirintis...berarti dugaan saya benar, bahwa semua ini main-main.
Jika bapak patah arang karena hal sepele ini, jangan lagi bilang pesilat! Karena sampai akhir hayat pesilat tak pernah menyerah...
Jika hal ini membuat bapak mundur, hutang (janji) bapak sebagai pesilat dan pendekar menjadi catatan bagi kami yang tak kan pernah terbayar
Buktikan kalau itu salah
Buktikan kalau dugaan saya salah
Buktikan bahwa perkiraan saya salah
Saya akan salut
Saya akan sangat hormat
Saya akan ikhlas bilang....inilah pendekar kami!

Saya tantang bapak buktikan ini karena inilah saat yang tepat, saya yakin tak ada pendekar yang mau dikalahkan di akhir pertandingan. Tak ada juara kedua di silat!

Salam hangat,


wans

nb: doa saya semoga bapak sehat dan dalam limpahan rahmat Allah SWT
     saya tetap tunggu kedatangannya

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #76 on: 01/08/2007 21:19 »
mas Majapahit, betul bin bener....eman tenan yo mas?! lha wong udah ada lama, kalo nyari induk, lha wong udah diterima apa kagi? Pak Eddie aja udah denger kalo aku ngomong kok....

nah, sekarang kan aku tinggal tunggu, lha segala tetek bengeknya udah disingkirin....iki mas aku mulai lembar baru, putih bersih ikhlas...opo meneh?

sayang tadi aku turu' mas...capek aku semaleman begadang....lha kalo sekarang udah clear apa dibalik butek lagi? yo ndak tho'?

Monggo pak Herry Masfar....

Tetep sumanget!


wans


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #77 on: 01/08/2007 21:27 »
saya mohon kepada sahabat yang lain ,


kita berikan kesempatan dahulu kepada Bpk Herry Masfar dan Mas Iwan untuk saling sambung rasa  ^:)^


semoga kiranya, mendapat jalan penyelesaian yang terbaik
dan persaudaraan kembali terjalin dengan erat nya... amin ya Robbal `aalamiin .

pembahasan tentang cingkrik kita lanjutkan setelah sambung rasa ini clear.. setuju ^:)^

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #78 on: 01/08/2007 22:04 »
ah Ki sawung ini, rasa ini udah tersambung dari dulu....kenapa saya berani nantang ke Pak Herry Masfar (untuk pembuktian..)? karena saya yakin akan kalah...bukan karena saya berani atau jago, tapi gimana akan terjadi barokahan kalo "napel" ke pendekar aja gak pernah....

level saya pesilat, beliau pendekar....ya gak sebanding dong! Dengan meminta izin, trus mau mencari asal muasalnya, nyari induk buat organisasi itu nandain sifat kependekaran....aku udah ngomong kok ke Pak Eddie Nalapraya

Levelku masih pesilat, jadi salah kalo pak Masfar minta diterangin gimana caranya  ngajar, terjemahin....ada juga kita yang belajar ke beliau, gilee bener di test tuh aku...

wah begadang lagi nih kayaknya....

nemenin ya Ki...

salam


wans

tangan-awan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 109
  • Reputation: 9
Re: cingkrik
« Reply #79 on: 01/08/2007 22:37 »
ah Ki sawung ini, rasa ini udah tersambung dari dulu....kenapa saya berani nantang ke Pak Herry Masfar (untuk pembuktian..)? karena saya yakin akan kalah...bukan karena saya berani atau jago, tapi gimana akan terjadi barokahan kalo "napel" ke pendekar aja gak pernah....

level saya pesilat, beliau pendekar....ya gak sebanding dong! Dengan meminta izin, trus mau mencari asal muasalnya, nyari induk buat organisasi itu nandain sifat kependekaran....aku udah ngomong kok ke Pak Eddie Nalapraya

Levelku masih pesilat, jadi salah kalo pak Masfar minta diterangin gimana caranya  ngajar, terjemahin....ada juga kita yang belajar ke beliau, gilee bener di test tuh aku...

wah begadang lagi nih kayaknya....

nemenin ya Ki...

salam


wans



Selamat begadang ditemani lagu Bang Haji Rhoma Irama

Malam ini ‘ku tak dapat tidur
Wajahmu menggoda selalu
Aku ingin memandang wajahmu
Agar reda rasa rinduku.........

(OST Cinta Segitiga)

 [run]
Lemes lebih menang dari keras.lembek lebih menang daripada koeat,antero doenia semoea taoe,tapi tida ada jang bisa djalanin  - Too Tik Ting Fatsal Ka LXXVIII Ajat 442

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #80 on: 01/08/2007 22:50 »
kayak merek terigu....segitiga biru... ;D

baruklinting

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 70
  • Reputation: 25
  • DEn WAspodo RUweting CIpto
    • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat  - Cicalengka-
Re: cingkrik
« Reply #81 on: 01/08/2007 23:00 »

Nah soal Palugada..... ane jg pusing nih Kisawung... :'(
Ada Cikalong Palugada gak Ki.....? Ane mau daftar jg ah...... [kodok]



Cikalong Palugada......hah ?
Margaluyu Palugada kali......he he...he....
atau Aikido Palugada ?????
Hidup itu sudah sulit, maka jangan mempersulit hidup

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #82 on: 02/08/2007 00:32 »
palu gadanya Cikalong itu ya bisa Margaluyu...he he he ;D
atau Sakarimaya...Sahbandar, Kari, Madi (karate meureun...) sagala aya....

ojo guyon ...pak

palu gada iki rumit lho pak...pala iki pusing wis kegethok palu lha..ketiban gada!!


semangat... [top]


salam ^:)^

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #83 on: 02/08/2007 11:37 »
Setelah 2 hari ramai pembahasan masalah Cingkrik, kini kiranya sudah cukup penjelasan dari saya. Terima kasih untuk moderator ( Ki Sawung ) juga semua yang mengikuti topik pembahasan ini. Banyaknya opini dan ragam pemikiran hendaknya menjadikan khasanah di dalam pencak silat, bagaikan mozaik yang tersusun baik akan menjadikan suatu karya yang indah…tak akan bagus bila itu semua berserakan. Karena perbedan itu rahmat.

Raga silat mencari teman, jiwa silat mencari Tuhan…itulah yang kita akan kejar dan seperti pepatah bilang seribu teman masih kurang, musuh satu terlampau banyak…

Harapan saya semua yang terjadi akan membuat kita semakin mempererat tali silaturahmi yang telah tersambung karena silat ini.

Salam Takzim,


Iwan Setiawan Dharma Saputra Arga Direja Wiriarjaya Dwi Kusuma Nagara
(one / wans / Arya Seta Dewangga)

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #84 on: 02/08/2007 16:04 »


Assalamu'alaikum wr wr

Saya mohon kepada semua teman2 dari Sahabat Silat atau FP2TS dan lain2.

Janganlah di teruskan masalah saya dengan Sdr Iwan atau masalah Palu gada
dulu saya sangka Cingkrik Indonesia merasa bangga bahwa mempunyai saudara
di luar negri mengembangkan kebudayaan indonesia di manca negara apalagi mengembangkan pencak silat cingkrik rupanya saya keliru saya hanya dicemoohkan.
Walaupun pak Bambang melarang saya membubarkan Cingkrik Eropa (sesuai pembicaraan melalui telfon hari rabu) dengan berat  akan saya bubarkan pada tgl 6 okt 2006 yang kebetulan pertemuan dewan pelatih seeropa setiap 3thn.

Untuk saudara saya Iwan, saya mohon membalas email yang saya kirimkan kealamat email sdr pribadi no hp saya adalah 003147350603.
kalau sdr memang keturunan orang minang sebagai nini mamak orang minang saya sampaikan AWA BADUSANA INDA ELO AWA BACAKA NAN INDA BAGUNO.

Untuk semua teman2 sahabat silat para pendekar dan sesepuh saya sampaikan
Berjayalah Pencak Silat sebagai kebudayaan dan olah raga bela diri semoga suatu saat dapat dimasukan dalam Olimpiade.

Wabillahi Toufiq wall Hidayah Wass wr wb
H.Masfar


Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #85 on: 02/08/2007 17:55 »
Bagi saya dan juga anak2 forum pak masfar adalah salah satu pejuang untuk silat ini, bahkan kami sangat bangga sehingga kamipun sangat perhatian sekali ketika pak masfar menyampaikan ke inginannya menyanmbung silaturrahmi ke Indonesia. mungkin niat ini harus tetap ada sehingga apa yang kita sangsikan seharusnya tidak terjadi lagi.

rasa hormat dan perhatian kepada pak masfar pun sempat kami publikasikan di koran tempo dan juga di situs mengenai silat cingriknya, atau untuk bahasa inggrinya pun telah kami publikasikan, semata-mata bukan hanya cingrik goning saja, tapi kepada keluarga cingrik dan pribadi pak masfar, saya berharap dan juga temen2 forum agar semua ini akhirnya berjalan dengan lebih baik, dan tetap semangat buat bro Bayu dan salam untuk pak masfar agar lekas sembuh dan bisa bergabung memanjangkan silaturahmi

Coba baca baik-baik tulisan ini, ada nuansa kebahagian dan kegembiraan yang tak terhingga terutama dari kawan2 Forum dan semoga mas bayu bisa membaca dengan seksama, bagaimana bangganya kami ini.

Judulnya "Cingkrik Goning - Studied by Dutch Marines"

http://sahabatsilat.org/id/2007/06/08/cingkrik-goning-studied-by-dutch-marines/

salam

elang

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #86 on: 02/08/2007 19:47 »
baiklah kawan-kawan semua sahabatsilat yang saya muliakan..

atas pernyataan Mas Iwan dan Bpk Herry Masfar, yang menyatakan sudah dicukupkan postingannya tentang masalah tersebut diatas,

maka dengan ini , perdebatan dan polemik saya nyatakan selesai, dan untuk tidak dibahas lagi disini.

demikianlah agar dapat dimaklumi.


Terima kasih.

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Ganti ID
« Reply #87 on: 03/08/2007 14:40 »
bro's ... cuma mo pemberitahuan, id saya yg semula "cingkrik" saya rubah menjadi "gobrek"...setelah ta' pikir2 kayaknya berat jg pake id "cingkrik" takut ada salah2 nti nama cingkrik yg kena... ^:)^ ^:)^ ^:)^

 [thank]

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Cingkrik Tumbal Pitung
« Reply #88 on: 03/08/2007 14:45 »
sesuai janji saya utk upload Cingkrik Tumbal Pitung di youtube  [toop]...saya sudah upload, ini jg permintaan dr teman saya "Doni" yg memperagakan langkah2 Cingkrik Tumbal Pitung utk di upload di internet...

semoga bermanfaat buat teman2 sekalian.... [thank]

Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #89 on: 03/08/2007 16:24 »
Mas gobrek mana linknya ?  :-[

Untuk menaruh link pada forum ini bisa pakai lambang youTube tuh dimenu atas. :)

 

Powered by EzPortal