+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263958 times)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: cingkrik
« Reply #405 on: 24/03/2008 07:57 »
dalam kesempatan bertandang ke jakarta saya sempet ketemu dg bung Gobrek dan Bung Aero Baung, abang berdua ini belajar dari bang Popon, dan Cingkrik yang dipelajari adalah aliran Rawa Belong, Dahsyat! Permainan langkah bener2 mambuat kagum...

Mungkin dalam kesempatan lain saya pengen bersilaturahmi dg temen2 cingkrik semuanyah...

Secara sepintas ada kesamaan dengan bentuk Silat Kuntau yang saya pelajari dari Bpk. Mustar (jaman saya masih SMP) tetapi di Cingkrik Rawa Belong bener2 kelihatan detail pada setiap langkah dan penyelesaian akhir pada jurus...

salam,
HartCone

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #406 on: 24/03/2008 08:38 »
mereka berdua emang jago2 muda cingkrig yang top, mas..
saluut..

Pemula

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 31
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #407 on: 24/03/2008 12:50 »
hari minggu pagi ketika nubie berlatih bersama Bang Husin Golok seliwa dan cingkrik Sinan. eh kami kedatangan tamu yaitu Bapak Tubagus Bambang dari cingkrik Goning [top]

Bapak bambang datang bersama putra bungsu dan istri, yang ternyata adalah sahabat bang Husin. saya bersyukur bisa melihat pak Bambang main Pisau dan sedikit memberi masukan dalam beberapa "ambilan"

salut2 [top] saya diundang beliau untuk main ke padepokan atau ke Chandradimuka awal bulan depan,tapi nubie sungkan karena masih cupu. :-[

hari itu juga saya mengundang Produser SCTV bagian olahraga yg mempunyai visi untuk mempromosikan beladiri diIndonesia baik tradisional atau modern. ternyata bukan hanya tertarik untuk meliput latihan tapi juga langsung tertarik jadi murid bang Husin.....sepertinya dia terkesima melihat sabetan golok bang Husin.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #408 on: 24/03/2008 12:57 »
salam kenal bang pemula (tapi kayaknya bukan "pemula" nih..)
kalo boleh tau ente belajar cingkrig ama bang husin di mana? cingkrig sinan? cerite2 dong..
kebetulan kite2 dengan komandan bang iwan lagi demen ngumpulin data riwayat cingkrig. minggu kemaren ane baru ketemu ama anak ketiga kong goning dan dapet informasi ttg masih ada nya keturunan kong sinan di kebon jeruk. kapan2 kite bisa ketemuan, bisa gak? kalo mau ziarah ke makam kong sinan, ada di mesjid kebon jeruk deket polsek kebon jeruk dan SMP 75.

tabek..

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #409 on: 24/03/2008 13:56 »
Salam,

Kalo kagak salah Bang Husin Golok nyang ngajar di Masjid LIPI Gatot Subroto ye Bang...?
Bole tuh maenan Golok Sinan nye, emang udah terkenal.

Tabik, Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Pemula

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 31
  • Reputation: 4
    • Email
Gedung Lipi
« Reply #410 on: 24/03/2008 14:16 »
salam Hormat buat para senior, bang rasyid dan bang Jalatunda.
etul seperti yang dibilang bang Jala bahwa Bang Husin ngajar setiap sabtu pagi di mesjid Gedung LIPI Gatot Subroto.

Bang Rasyid,
beneran kok,saya baru latihan 2 kali, baru dapet satu jurus,itupun nggak bisa2 maklum sdh tua daya tangkap menurun.

sebetulnya sebulan kebelakang saya survey bertemu pak Ali Sabeni, Bang Zul, hub pak Bambang (goning)karena mau belajar silat. akhirnya berjodoh dengan bang Husin karena tempatnya paling deket ama tempat tinggal saya.

dapet tempatnya juga dikasih tahu bang Kiki Nagapasa yg sekarang lagi "keluar"urusan kantor.

kalo sekarang ketemu..."malu' "isin" masih hijau. dan latar belakang beladiri saya hampir bisa dikatakan "NOL" besar. harap maklum tapi mau banget kok ketemuan.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #411 on: 24/03/2008 14:26 »
wah, jangan begitu bang..
ane juga kagk ade ape2 nye dibandingin temen2 di sini. ane malah ga bisa cingkrig dan ga belajar cingkrig. nyang penting di sini mah semua sodara, sama2 belajar dan silaturahmi. cuman dah kadung cinte ama "maenan" jadi biar kagak bisa tetep aja belagak ;D...
ane salut di sini ga ada pembedaan cingkrig baek entu goning, sinan, rawa belong ataw laennye yang belon ketemu. semua akur dalam persaudaraan cingkrig.
ada senior bang nijam, sesepuh gan iwan, jawaranye bang jalatunda, bang ajad, bang erry, bang gobrek ama bang deprok..dll kalo ketemu dijamin ruaaammeee...
tapi awas, ati2..jangan ampe ketularan "gile", hahahaa...

tabek

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #412 on: 24/03/2008 14:36 »
Salam..

aye juga udeh denger (yah kasian deh baru denger) tuh maenan goloknye Bang Husin...mantab punye..kalo di ceritain covered area maenan goloknye ampir sama ame "selubung aura" badan..(bentuk penyangatan kalimat) maksudnye hampir menyerupai bola...tapi kire-kire kalo maenan goloknye ade berapa jurus sih  Bang?


MB
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #413 on: 24/03/2008 19:13 »
Salam,

Kalau boleh jelasiin dikit. Bang husin memang pewaris cingkrik sinan yang ia dapat dari gurunya Kong Rodani. Kong Rodani mewarisi cingkrik dari Kong Sinan dibawah bimbingan pak Murdani di tahun 50an. Kong Rod, yang sekarang sudah pensiun, punya murid utama 5 orang, tapi yang masih aktif mengajar cuma 2, salah satunya bang husin. (Kong rod sekarang punya murid muda yang paling disayang namanya Sulaeman, yang juga ahli patah tulang cimande dan paranormal alias tidak normal).

Sedikit mengenai bang husin, sebelum belajar cingkrik, beliau juga belajar dari ayahnya, Kusni, yang pewaris silat Seliwa. Pak Kusni ini yang mengajarkan teknik golok, pisau, dan trisula kepada bang husin di masa remaja. Setelah belajar dari bapaknya selama 4 tahunan, bang husin jadi jagoan di kampungnya. Akibatnya, kelakuannya sering bikin pusing orang tuanya, sehingga latian silatnya pun diberhentikan sama bapaknya sendiri.

Bang Husin masa remaja jarang ada lawannya. Semua orang diajak berkelahi dan tidak pernah kalah. Karena watak anaknya yang jadi preman, Pak Kusni, minta bantuan sahabatnya, Rodani, untuk 'menghajar' Husin.

Konon, waktu husin muda mau keluar rumah, golok yang biasa ia bawa dilucuti sama ayahnya sendiri. Karena takut, husin rela dilucuti bapaknya. Ternyata di jalan dia sudah ditunggu sama Pendekar Rodani. Tanpa basa-basi, pendekar cingkrik itu langsung mengajak tarung husin muda yang bengal. Singkat cerita, husin dibuat jatuh bangun sama Kong Rodani dan akhirnya berguru dengannya selama 5 tahun.

Setelah belajar 5 tahun dengan Kong Rod, Husin yang sudah insyaf kembali ke ayahnya. Kali ini, ayahnya yang menantang anaknya sendiri. Husin yang sudah maju ilmu silatnya berkali-kali lipat dengan gagah berani menyerang ayahnya sendiri. Tapi lagi-lagi dia tidak mampu melawan ayahnya sendiri.

Lalu, husin harus belajar lagi sama ayahnya selama beberapa tahun sampai ayahnya sakit keras dan kemudian meninggal dunia.

Menurut kong Rod, ilmu golok bang husin itu adalah gabungan seliwa dan cingkrik. Ilmu memutar, menghilangkan, memindahkan dan menyabet golok didapat dari ayahnya. Tapi dia sudah gabungkan dengan hindaran untuk pertarungan sejata tajam ala cingkrik sinan.

Untuk pertarungan tangan kosong pun, ilmu bang husin sudah tercampur 3 aliran murni, yaitu sliwa (pak Kusni), cingkrik sinan (kong rod) dan Gerak Rasa (bang Nani dan Bang Nunung). Makanya jangan heran kalau bang nunung gerak rasa akrab dengan bang husin, karena bang nunung dan muridnya suka bertukar ilmu silat dengan bang husin.

Sedangkan ilmu kecepatan tangan ia dapat dari kong rod yang pernah juga belajar dari Haji Komarrudin sesepuh Cimande di Tarik Kolot.

Bang Husin sudah banyak meluluskan murid untuk aliran cingkrik sinan, tapi belum satupun untuk aliran seliwa. Murid yang paling lama belajar seliwa sama dia bernama Caca sudah meninggal dunia karena sakit beberapa bulan yang lalu. Sekarang murid sliwa yang paling senior namanya Mantri Jeron yang juga member disini. Kalau mau belajar golok kembar, tarung pisau atau pisau terbang, bisa hubungi mas Mantri Jeron. Mas MJ ini mantan juara silat se DIY waktu masih muda dan salah satu murid kesayangan salah satu pendekar perguruan historis di Bantul.


Ciao

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #414 on: 24/03/2008 19:46 »
Salam kenal Bang Santri,...kire2 ente mondok nyantri dimane...?  ;D

Kalo di tempat ane Bang, Kong Buasyim nyang terkenal maenan Sinannye untuk daerah timur. Die dulunye langsung beguru ame Kong Sinan di Rawa Belong/Kemanggisan gitu. Lintingan die tuh Kong Ayar dari Karet...Kong Buasyim udeh lama wafat. Nurunin ilmunye ame anak2 Kp. Makasar, tapi nyang jago maenan Golok Sinan udeh pindah ke Gunung Sindur...namanye Baba Hasan, lagi mudanye lantaran jago maen Golok Sinan dipanggil Hasan Golok juga...kalo dipikir2 ampir sama...Husin-Hasan>Golok gitu. Barangkali kenal, sape tau bise manjangin silaturahim ye...

Tabik, Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #415 on: 24/03/2008 19:57 »
Salam bang jali,

Ane dulu nyantri di yogya..di betawi ane sempet belajar sama Baba Nasan di jalan bango pondok labu.
Kenal sama bang husin udah 7 tahunan.  Selama ini belum pernah denger yang namanya baba hasan. Nanti ane tanyain sama Kong Rod..siapa tau dia kenal. Kong Rod juga belajar di Rawa Belong....Sekarang kong rod udah jadi ahli ibadah..silat tinggal masa lalu..tapi kalau ada yang minta petunjuk..dia nggak pelit..baek banget

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #416 on: 24/03/2008 21:41 »
* sambil lirik-lirik curiga * ???

Kakang Satri Kinasih ini tidak lain tidak bukan mesti salah satu geng-nya kakang
Mantri Jeron dari padepokan ngekonomi Kampus Nyukja ya?

Salam hormat dari adek kelas...

Waduh, Cingkrik ternyata main senjata juga yak? Soalnya di VCD-nya nggak ada.
Hihihihiii... maklum, masih pemulaaaa...  x-)) Lutut saya masih ngilu kalau latihan
duduk jurus tiga...  :-X
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: cingkrik
« Reply #417 on: 24/03/2008 22:52 »
salam kenal bang pemula (tapi kayaknya bukan "pemula" nih..)
Emang bukan pemula Bro.... lha wong maenan kerambit dan pisaunya sudah maknyus!!! Untung saya ga codet2 nih...  :'(

Sekarang murid sliwa yang paling senior namanya Mantri Jeron yang juga member disini. Kalau mau belajar golok kembar, tarung pisau atau pisau terbang, bisa hubungi mas Mantri Jeron. Mas MJ ini mantan juara silat se DIY waktu masih muda dan salah satu murid kesayangan salah satu pendekar perguruan historis di Bantul.
Nek iki yg kelewat bombastis!! >:(..  Mase ijo royo2 dibilang mateng pu'un??? Awas nih si santri gw beri juga luh... dzieg..dzieg!!!

Further, td sore sempet ngobrol sama uda parewa dan mengusulkan Kong Rod dalam pelacakan jejak cingkrik Goning, semoga aja bisa dapetin jejak yg makin jelas.

Wassalam.
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #418 on: 25/03/2008 08:29 »
@santri kinasih, mantab info nya. nah akhirnya lama2 muncul juga tokoh2 cingkrig. makin banyak tokoh yang muncul ke permukaan, tentu makin banyak informasi yang kita dapet ttg cingkrig ini. kita semua mahfum bahwa penyebaran cingkrig sangat luas di seantero jakarta, jadi sangatlah mungkin terjadi/muncul berbagai variasi dan aliran cingkrig di jakarta..
ayo terus lanjutin pengungkapan riwayat dan sejarah cingkrig.
@mantrijeron14,
setuju, semua tokoh cingkrig harus kita ungkap riwayat dan sejarah kecingkrigannya.. kalo selama ini kita cuma kenal cingkrig goning, sinan, rawa belong, maka "ambisi" kita2 adalah menemukan titik temu keilmuan maenan cingkrig ini..dan tokoh2 cingkrig yang masih belum terungkap..
ayo rame2 jalan2 tour cingkrig...
salam..

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: cingkrik
« Reply #419 on: 25/03/2008 08:42 »

Kong rod sekarang punya murid muda yang paling disayang namanya Sulaeman, yang juga ahli patah tulang cimande dan paranormal alias tidak normal


ooo.. pantes.... :w =)))

yang ini belum daftar nih di sahabatsilat.com....... ayo dong kang.... ^:)^

oom santri, Insya Allah ane mau maen ke LIPI 2 minggu lagi.... tim BBM, mau ikut gak...??

salam.




 

Powered by EzPortal