+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263975 times)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #420 on: 25/03/2008 08:46 »
ikuuuttt...
hehe...ane ngikutin di belakang tim BBM aja.. ;D

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: cingkrik
« Reply #421 on: 25/03/2008 08:53 »
salam kenal bang pemula (tapi kayaknya bukan "pemula" nih..)
Emang bukan pemula Bro.... lha wong maenan kerambit dan pisaunya sudah maknyus!!! Untung saya ga codet2 nih...  :'(  :w

ane udah tau kok siape... :w

anyway, welcome aboard... tak kenal maka tak sayang, right? [top]

Quote from: Mantrijeron14
Sekarang murid sliwa yang paling senior namanya Mantri Jeron yang juga member disini. Kalau mau belajar golok kembar, tarung pisau atau pisau terbang, bisa hubungi mas Mantri Jeron. Mas MJ ini mantan juara silat se DIY waktu masih muda dan salah satu murid kesayangan salah satu pendekar perguruan historis di Bantul.
Nek iki yg kelewat bombastis!! >:(..  Mase ijo royo2 dibilang mateng pu'un??? Awas nih si santri gw beri juga luh... dzieg..dzieg!!!

Wassalam.

yg jelas ane kenal si oom mantrijeron kira2 5 thn yg lalu, dan beliau udah jadi pendekar saat itu, apalagi sekarang yak......  8) [payung]

tetap semangat....


devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: cingkrik
« Reply #422 on: 25/03/2008 09:21 »
mangstab akhirnya salah satu calon pewaris golok sliwa cingkrik sinan dah ikutan nimbrung di thread ini nih.... pa kabar bang ed.... eh bang santri_kinasih  :D , lanjut dong dikupas sejarah cingkriknya bang

aye cuma bisa monitor doang nih


salam

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #423 on: 25/03/2008 13:42 »

salam kenal bang pemula (tapi kayaknya bukan "pemula" nih..)
Emang bukan pemula Bro.... lha wong maenan kerambit dan pisaunya sudah maknyus!!! Untung saya ga codet2 nih...  :'(  :w

ane udah tau kok siape... :w

anyway, welcome aboard... tak kenal maka tak sayang, right? [top]

Quote from: Mantrijeron14
Sekarang murid sliwa yang paling senior namanya Mantri Jeron yang juga member disini. Kalau mau belajar golok kembar, tarung pisau atau pisau terbang, bisa hubungi mas Mantri Jeron. Mas MJ ini mantan juara silat se DIY waktu masih muda dan salah satu murid kesayangan salah satu pendekar perguruan historis di Bantul.
Nek iki yg kelewat bombastis!! >:(..  Mase ijo royo2 dibilang mateng pu'un??? Awas nih si santri gw beri juga luh... dzieg..dzieg!!!

Wassalam.

yg jelas ane kenal si oom mantrijeron kira2 5 thn yg lalu, dan beliau udah jadi pendekar saat itu, apalagi sekarang yak......  8) [payung]

tetap semangat....



Uda Parewa Gadang Sarawa dan MantriJeron Ra Cawetan memang orang yang paling giat bersilat dan mendalam ilmu persilatan.

Sedikit mengenai MantriJeron, beliau dulu melatih di Perguruan Setengah Hati Terpaksa ...Belajar silat karena ilmu beladiri jepang yang ia banggakan dikalahkan dalam suatu pertarungan di garasi dengan pesilat dari Negara Bagian Newyorkarto Hadiningrat alias DIY.

Mengenai Cingkrig lagi...

Syahdan saya bertanya kepada Kong Rodani, siapa sebenarnya pencipta Cingkrig. Dia bilang dia pernah minta dengan Kong Sinan untuk dibawa ke gurunya Kong Sinan,jika masih ada.

Kong Sinan menyanggupi. Lalu mereka pergi bersama berjalan kaki dan naik kendaraan seadanya ke satu daerah di luar kota Pandegelang. Di sana Kong Rod muda bertemu dengan seorang ulama yang biasa dipanggil Abah Uyut..Tidak banyak yang Kong Rod ceritakan tentang pertemuannya dengan Abah. Ia bilang ia cuma minta satu ilmu dari Abah, yaitu ilmu selamat fiduniah wal akhirah.

Waktu saya tanya lagi kepada Kong Rod, siapa sebenarnya pencipta cingkrig. Akhirnya dia cerita, bahwa penciptanya hanya ada dalam bentuk hikayat. Yaitu tentang seorang perempuan latah yang tiba-tiba bisa bersilat karena melihat seekor kera besar bertarung dengan seekor harimau di pinggir sungai citarum. Saya langsugn ingat cerita di bukunya Kang O'ong...koq mirip cerita cimande?

Lalu suatu saat si sulaeman menunjukkan silsilah yang dia dapat entah darimana, bahwa silat cingkrig itu ada hubungan keilmuan dengan istri Mbah Khair sesepuh Cimande...apalagi nih?

Anyhow, selama ini cingkrig hanya diketahui memiliki 12 jurus. tapi ada 1 jurus rahasia yang hanya dimiliki pewaris dan diberikan setelah gurunya mendapatkan 'restu' untuk mengajarkan ilmu terakhir.

Bang Husin walaupun menurut Kong Rod sudah mendapatkan restu, tapi beliau tidak mau mengambilnya. Menurut Bang Husin, ilmu terakhir berisikan amanat yang terlalu berat, karena harus menjaga tingkah laku sehingga menjadi uswattun hasanah dan menjaga diri dari segala sesuatu yang bersifat subhat (apalagi haram)

Tinggallah sekarang Kong Rod yang masih dalam penantian, menunggu siapa yang mau mewariskan semua ilmu cingkrig yang diperolehnya dari kong sinan. Dalam usia yang hampir 75 tahun, Kong Rod masih menunggu bang husin untuk mengambil alih 100% keilmuannya.

Salam

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #424 on: 25/03/2008 14:54 »
salam kang santri kinasih,
penelusuran riwayat dan sejarah maenan cingkrig emang menarik dan penuh tantangan..itu sebabnya temen2 dengan komandan bang iwan berencana melakukan penelusuran asal muasal cingkrig ini.
saya sendiri bukan murid dan ga belajar cingkrig. ketertarikan ane terhadap cingkrig lebih didasarkan faktor kultural dan kebetulan babe adalah murid Kong Goning langsung. seperti pernah ane posting di halaman terdahulu, keterkaitan maenan cingkrig satu dan lainnya disebabkan penyebaran yang luas dari cingkrig ini dan dekat nya hubungan para tokoh cingkrig pada masanya, sedangkan di halaman2 awal salah satu sahabat cingkrig pernah mem posting garis keilmuan cingkrig ini (sebagai bahan dasar penelusuran)
berdasarkan 3 tokoh cingkrig yang sudah kita kenal namanya yaitu Kong Goning, Kong Sinan dan Kong Sakam terdapat hubungan yang sangat erat. Kong Goning bertetangga dengan Kong Sinan di kedoya dan kebon jeruk. bahkan salah satu anak Kong Goning menyebut Kong Sinan dengan panggilan 'ncang Sinan. Kong Sakam belajar cingkrig di rawa belong dan masih satu guru dengan Kong Sinan (berdasarkan cerita Bang Popon, guru dari sahabat cingkrig gobrek dan deprok).
Mengenai monyet dan harimau, cucu Kong Goning yaitu babe Saali pernah cerita bahwa Kong Goning punya guru di Batu Ceper dengan sebutan Ki Kilin. Ki Kilin ini-masih menurut cerita babe saali- menyuruh Kong Goning untuk memperhatikan waktu monyet lagi berantem sama kucing. itulah maka ada gerakan2 khas  yang mewarnai setiap maenan cingkrig apapun namanya.

Kebetulan saat ini ane tinggal di kedoya, kampung kelahiran Kong Goning dan masih bertetangga dengan anak dan cucu beliau. Juga masih deket dengan kampung halaman Kong Sinan di Kebon Jeruk.

maap kalo ada yang kurang mantap..silakan dikoreksi untuk menambah informasi..

tabek
« Last Edit: 25/03/2008 14:58 by rasyid »

Mat_kuple

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
  • Pithecanthropus erectus
Re: cingkrik
« Reply #425 on: 25/03/2008 15:23 »
Assalamu alaikum,

@ Bang rasyid ..

manteb banget ulasannya , kalo boleh saya tau untuk Kong Sakam yang di rawa belong ada ga yah penerusnya?


MK
Mat Kuple

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #426 on: 25/03/2008 15:36 »
@abang mat kuple..
salam,
di forum tercinta ini ada dua sahabat cingkrig yang jadi murid dari bang popon(gobrek dan deprok). Bang Popon ini cucu dari kong sakam. Bang Popon tinggal di Depok. Maenan nye..mantabbb buaangeet..

piis.

Mat_kuple

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
  • Pithecanthropus erectus
Re: cingkrik
« Reply #427 on: 25/03/2008 16:32 »
@Bang Rasyid,

berarti di daerah rawa belong turunan dari Kong Sinan / Kong Goning...apakah bang gobrek dan deprok bertempat tinggal di rawa belong??

MK
Mat Kuple

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #428 on: 25/03/2008 16:52 »
kalo di rawa belong ane blm tau nih, blm sempet maen ke rw blng. kalo keturunan kong goning ada di kedoya, kong sinan ada di kebn jeruk..
ente tinggal di mane? kalo mau ketemuan aja ama gobrek lgsg bang die di cawang..
 piis..

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #429 on: 25/03/2008 16:59 »
Salam, B@ng mat Couple... ;D

Ade bae'nye Bang Gobrek atawe Bang Deprok nerangin nih...

Kalo nyang ane tau dari Bang Gobrek, bahwa Kong Sakam ntu asli orang Depok, Beliauw di Rawe Belong cuman belajar aje barengan ame Kong Sinan, Kong Goning dari Ki Ali-Ki Yajid nyang ngkongnye Babe Nunung. Sepulang nye ke Depok, Kong Sakam ngembangin lagi tuh maenan...katenye sih ade pengembangannye juga tuh...dari kuda2 jurus atu banyak maenan bawahnye. Perkare Kong Sakam ninggalin maenan Cingkrik gayenye di Rawe Belong ane kurang mahfum, kayaknye sih cuman di Depok aje nyang nerusin ye Bang Popon, seperti nyang dibilangin Bang Rasid.

Kalo mo liat di jalatunda.multiply.com bang...3gp pemberian Bang Gobrek.

Tabik, Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Kronologis Cingkrik Rawa Belong - Beji, depok
« Reply #430 on: 25/03/2008 17:45 »
Kronologis :

Pd abad 15 diwilayah Banten berdiri sebuah kerajaan Islam yg dipimpin oleh Syekh Maulana Yusuf sebagai raja, beliau mempunyai putra yg bernama raden Sanca Manggala, syekh Maulana Yusuf memerintahkan Raden Sanca Manggala utk pergi mengembara utk melakukan siar agama yg didampingi oleh Syekh Hasan Ali sbg penasehat spiritual, dlm perjalanan pengembaraan di daerah Menes di Gn Kencana wil. Banten Selatan Raden Sanca Manggala sering diganggu oleh kehadiran monyet, dam kehadiran dan kepergian monyet tsb sulit diketahui dan krn monyet tsb selalu menggangu maka Raden sanca Manggala berusaha utk mengusir ataupun menangkap monyet tsb, usahanya pun berlangsung selama 3 hari dan baru pd hari ke-4 beliau mampu menangkap monyet tsb,selanjutnya monyet tsb di ikat di pohon dan di sabet dgn ranting kayu, dipukul dan di tendang, ketika beliau memukul monyet tsb maka monyet tsb mengeluarkan jurus, dan jurus tsb dipelajari oleh Raden Sanca Manggala hinnga hari ke-9 dan pd hari ke-9 monyet tsb hilang secara misterius,ketika monyet tsb hilang maka datanglah seorang berjubah putih yg mengenalkan diri Eyang Raksa yg selanjutnya dikenal sbg Perawat Silat Cingkrik,lalu Eyang Raksa memberi pesan agar jurus silat cingkrik dirawat dan dikembangkan  bersamaan dgn siar agama Islam,pengembaraan pun berlanjut ke selatan smp Sukabumi & cianjur, ke timur smp ke bekasi, ke utara smp ke Betawi dan ke barat daerah banten...
     setelah kejadian tsb ada kejadian yg hampir serupa terjadi pada diri seorang perempuan yg teraniaya oleh suaminya yg seorang pendekar..pd waktu perempuan tsb mencari kayu bakar di hutan,perempuan tsb didatangi oleh 2 ekor monyet yg sedang bertarung,monyet tsb memperagakan jurus2nya krn pertarungan tsb dangat menarik perhatian perempuan tsb, tdk terasa ternyata hari sudah maghrib,krn merasa blm menyiapkan makan dan minum utk suaminya maka perempuan tsb tergesa gesa utk pulang dengan perasaan takut akan dianiaya oleh suaminya, ketika sampai dirumah ternyata suaminya sdh menunggu dengan rasa marah, lalu perempuan tsb dianiaya oleh suaminya, ketika dalam keadaan kritis perempuan tsb teringat oleh jurus2 monyet tsb,lalu jurus2 tsb di gunakan utk mengatasi serangan suaminya dan pertarunganpun berakhir dengan keberhasilan perempuan tsb..yg pada akhirnya sang suami pun belajar jurus2 tersebut dengan sang istri, dengan syarat sang suami harus merubah sifat dn sikapnya...

     Selanjutnya pada Abad 18, H.Naipin dan salah satu muridnya yg bernama Pitung mengembangkan dan menggunakan silat cingkrik utk melawan penjajah Belanda di daerah betawi...
     Pada abad 19, K.Sinan, K.Sakam, dan K.Saleh mengembangkan di daerah Rawa Belong, Kebon Jeruk dan th 1942 mengembangkan didaerah kebon Sirih, Jakarta...
     Pada th 1960 K.Sakam pulang kampung ke daerah serengseng, Pondok Cina, depok dan mengembangkan didaerah tsb..
     Pada th 1960 H. Napsin yg seorang polisi ditugaskan didaerah kebon jeruk, lalu diperintahkan oleh K. Sakam utk menemui H. Sinan di Rawa belong, Kebon Jeruk utk belajar silat cingkrik...
     Pada th 1970 H. Napsin bergabung kembali dgn K. Sakam utk mengembangkan di daerah Depok dan pada th 1975 K.Sakam dan H.Napsin mewariskan silat cingkrik kepada Bang Popon yg merupakan cucu dr K.Sakam...dan Bang Popon mengembangkan silat cingkrik sampai sekarang...


sobat cingkrigs, maap ni ane quote lg postingan bang gobrek di awal topik..
sekedar ng refresh aja..

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Sekedar Mengajukan Wacana Lain
« Reply #431 on: 25/03/2008 17:48 »
yang ini lebih mantap lagi, ada silsilah nya pula. cuma sayang nya sobat ini dah lama ga nongol lagi, belon sempet kenalan pula... :'(

Assalamu'alaikum Bpk2x yg terhormat.

:)

Sebelumnya saya pernah berjanji utk share sekelumit ttg cingkrik, dan ternyata sudah ada bpk cingkrik yang mengetengahkan sejarah cingkrik beliau ke forum ini. Terima Kasih Banyak Pak...  :)

Berhubung catatan2x saya ttg cingkrik, ternyata, hilang dan sampai sekarang belum ketemu2x (keselip di meja kerja saya), saya -akhirnya kepada guru cingkrik saya, yg kebetulan adalah teman satu kantor- meminta utk diceritakan kembali sekelumit sejarah cingkrik.

Jika diperkenankan saya ingin ikut share di sini, sekedar membawa wacana dari sisi yang berbeda. sebelumnya seperti biasa desclaimer saya kalau bikin tulisan yg seriusan di forum adalah: imho (in my humble oppinion) & cmiiw (correct me if i'm wrong).

========

Sekelumit Cerita

   Alkisah tersebutlah seseorang bernama Ki Maing yang sedang menggali ilmu pengetahuan di daerah kulon (daerah banten). Karena merasa kurang puas atas apa yang telah dan yang sedang dipelajarinya, akhirnya dia memutuskan untuk kembali dulu ke rumahnya.

   Semacam mengambil cuti kuliah gitu lah.  ;D....

   Di tengah-tengah kegundahannya saat di rumah, secara tak sengaja ia memperhatikan gerak-gerik seekor monyet. Monyet ini tak lain adalah monyet peliharaan dari tetangganya yang bernama Nyi Saereh (nama tetangganya, bukan nama monyetnya :p). Makin lama dia semakin tertarik dengan keunikan gerak-gerik monyet tersebut, sehingga dengan dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang besar Ki Maing mendekati monyet peliharaan tetangganya itu, dan "bermain-main" dengan monyet itu.

   Saat bermain-main dengan monyet itu, Ki Maing makin memperhatikan gerak-gerik natural yang menjadi ciri khas dari seekor monyet. Bagaimana ketika dia mencoba menyodok monyet tersebut dengan sebatang tongkat, diperhatikannya bagaimana cara monyet itu menghindari sodokan sekaligus mencoba merebut tongkat Ki Maing, secara simulatan. Ketika suatu saat tongkat itu berhasil direbut oleh sang monyet, diperhatikannya gerak-gerik sang monyet ketika mencoba menghindari tangan Ki Maing yang mencoba merebut kembali tongkat tsb dan disaat yang bersamaan juga melakukan serangan dengan menggunakan tangan atau kaki yang lain.

   Menyerang sekaligus Bertahan, Bertahan sekaligus Menyerang, Bertahan adalah Menyerang, Menyerang adalah Pertahanan, lebih kurangnya inilah intisari filosofi gerak-gerik sang monyet yang akhirnya didapat oleh Ki Maing, hingga terciptalah jurus-jurus cingkrik.

   Hingga tak lama setelah menemukan jurus-jurus cingkrik ini, Ki Maing memutuskan untuk kembali ke padepokan tempat dia menimba ilmu di kulon. Sesampainya dia di padepokan, dia ajak teman-teman sepadepokannya untuk mencoba/menjajal jurus-jurus baru Ki Maing ini. Hasilnya adalah seluruh teman-teman, adik-adik, bahkan hingga kakak-kakak sepadepokannya jatuh bangun oleh jurus-jurus Ki Maing ini. Bahkan sampai pada akhirnya, sang guru besar padepokan pun menjadi penasaran dan ingin ikut mencoba dan menjajal Ki Maing. Hasilnya, lagi-lagi sungguh diluar dugaan, sang guru pun jatuh bangun oleh jurus-jurus Ki Maing. Sehingga menjadi gemparlah seluruh isi padepokan ini karena ternyata tak ada satu orangpun di padepokan ini yang mampu membuat jatuh atau mengalahkan Ki Maing dan jurus-jurus barunya ini.


Asal Kata Cingkrik

    Darimanakah kata cingkrik berasal? Kata cingkrik muncul dari frase "jingkrak-jingkrik" atau bila dalam bahasa betawi adalah "cingkrak-cingkrik" yang berarti "lincah". Hal ini merujuk pada tingkah laku dan gerak-gerik natural dari binatang monyet yang memang terkenal akan "kelincahannya". Kemudian seiring dengan perjalanan waktu frase tersebut terkenal dengan sebutan "Cingkrik" saja.


Keunikan Dari Cingkrik

    Jika penulis boleh mengungkapkan sebagian kecil pendapat pribadi, maka paling tidak ada 3 kesimpulan umum dari silat betawi cingkrik ini, yakni:

* Filosofi menyerang adalah bertahan dan bertahan dengan menyerangnya yang tercermin dalam 12 jurus cingkrik. Tangan yang satu bertahan, tangan yang lain simultan atau sekuensial langsung melakukan penyerangan. Kaki yang satu bertahan, kaki yang lain digunakan untuk menyerang.

* Perkembangannya yang unik seiring dengan waktu. Guru saya (penulis) pernah berkata: "Jangankan beda daerah/wilayah, beda gang saja cingkrik yang dipegang/dipelajari bisa berbeda." Sehingga bisa jadi antara cingkrik daerah A berbeda dengan daerah B, itupun cenderung lebih disebabkan karena variasi kembangan (perkembangan jurus) dan/atau kelebihan atau kekurangan dari individu masing-masing. Misal ada yang jurus 1-nya terlihat bagus sekali, tapi jurus 2-nya biasa sekali, lebih kurangnya seperti itu. Namun biasanya tetap ada beberapa keunikan gerak atau filosofi tersendiri. Misal: Bang Wahab terkenal dengan cingkrik-nya yang selalu main atas dan jika orang lain yang melihat maka gerakannya terlihat cenderung seperti gerakan totokan, Bang Uming terkenal dengan cingkrik atas-bawah dan 4 penjurunya, pun demikian dengan cingkrik Ki Goning dan Ki Sinan yang juga melegenda.

* Biasanya semuanya akan "sepakat" menyebut bahwa cingkrik identik dengan Rawa Belong, terlepas dari dinamika yang terjadi mengenai masalah "keaslian", hal ini secara pendapat penulis pribadi merujuk pada poin 2 di atas. Hal ini adalah karena memang cingkrik tercipta - tumbuh - berkembang - dan berpusat di Rawa Belong. Jika menurut informasi yang didapat oleh penulis, Ki Maing sendiri adalah orang/warga/penduduk yang tinggal di Rawa Belong.


Diagram Silsilah Cingkrik

    Dari informasi yang penulis berhasil dapatkan, berikut adalah gambar diagram silsilah silat cingkrik:



atau silahkan klik:
http://i126.photobucket.com/albums/p96/office_boy/sc.jpg

Nama-nama tersebut di atas adalah nama-nama yang memang menonjol dan/atau terkenal dimasanya, atau paling tidak adalah nama yang paling dekat dan/atau dikenal oleh narasumber penulis. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ternyata ada nama-nama yang khilaf belum penulis sebut.

~~%%**$$~~

Narasumber: guru dari guru cingkrik penulis.
==============

"Kurikulum" Cingkrik yang penulis pelajari adalah:

I. Dasar Jurus:

1. Keset Bacok
2. Keset Gedor
3. Cingkrik
4. Langkah 3
5. Langkah 4
6. Buka 1
7. Saup
8. Macan
9. Tik Tuk
10. Singa
11. Lok Be
12. Longok

"Bonus" ==> Gombang (biasa diatraksikan di panggung, yang merupakan gerak silat gabungan dari jurus 1 s/d jurus 12)

II. Sambut 7 Muka

III. Sambut Gulung

IV.  Sambut Detik / Sambut Abis

"Bonus" ====> Palang Pintu (sambut untuk atraksi)

==============

* penulis hanyalah seorang office boy atau pekerja biasa yang tertarik untuk belajar cingkrik terlebih karena tertarik dengan budaya betawi khususnya budaya seni beladiri silat. Dan penulis pun masih dasar dalam mempelajari cingkrik ini. Mohon maaf sebesar-besarnya dan imho & cmiiw. :)

ob

saluut..

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #432 on: 26/03/2008 12:36 »
@Bang Rasyid,

berarti di daerah rawa belong turunan dari Kong Sinan / Kong Goning...apakah bang gobrek dan deprok bertempat tinggal di rawa belong??

MK


salam kenal bang mat kuple...
ane sendiri tinggal di daerah cililitan cuma kalo gawe emang deket rawa belong,deket rcti..
kl bang deprok lahir n gede di cililitan cuma semenjak kawin die tinggal di depok,deket rumah bang Popon...

ane kenal cingkrik dari bang deprok yg kebetulan die udah belajar duluan sama bang Popon..nah kl bang deprok sendiri tau cingkrik tuh dari mertuanye yg juga jagoan cingkrik(cuma gak bisa ngajarin) makanye sama mertuanye bang deprok die di suruh latihan cingkrik sama bang Popon..krn menurut beliau bang Popon lah yg sudah di warisin/di ijazahin sama kong Sakam

utk pertanyaan silsilah maenan cingkrik rawa belong,beji_depok(kong Sakam) dah diwakilin tuh sama bang rasyid and bang jalatunda...



salam

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #433 on: 27/03/2008 13:38 »
Salam,...

Naaah ni die orangnye dateng...

B@ng Gobrek ceritain lagi dong nyang laen dari Cingkrik nye Kong Sakam...denger2 ade maenan "dalemnye"...sewaktu Kong Sakam maen golok kebacok beneran ame Kong Sinan...cuman dielus doang rapet lagi tuh perut nyang kesobek...

Ape di Depok juga diajarin tuh...?

Tabik, Jali...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #434 on: 27/03/2008 13:56 »
nyang bikin kite kesengsem ame maenan cingkrig bang popon (rw blng) kan gerakan nyang mantep, lugas, technically fight (bener ga ye?).. dan mauuut...
kalo dah liat bang gobrek ama bang deprok maen, wah yahut bangeet...

 

Powered by EzPortal