+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263932 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #480 on: 24/04/2008 12:33 »
He...he...he...  x-))
Mau berbagi kabar baik boleh yaaa... ?

Saya mulai latihan Cingkrik di bawah asuhan Pak Bambang di Bulan Februari lalu,
sejak itu saya selalu latihan setiap habis sholat subuh kira-kira satu jam. Berhubung
dapatnya baru jurus, ya jurus itu yang diulang-ulang. Saya pakai alarm di HP untuk
menandai waktu ganti ke jurus berikutnya.

Nah... walaupun ilmu berantemnya belum dapet, tapi sudah ada manfaat yang saya
rasakan nih...

Waktu mulai, berat badan saya 98 kilogram... tadi pagi nimbang sudah 85 kilogram.
Horeeeee....  [fruit]

Sekarang sudah berani adu kempes-kempesan perut lawan Kang Iwan...  :w

Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

pendekar

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #481 on: 02/05/2008 01:27 »


Bagus juga tuh ...pantes aja pesilat cingkrik pada kurus2 yaa :)

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #482 on: 03/05/2008 07:22 »
Mas Antara tinggi badannya berapa sih?

Salam hangat,
Ranggalana.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #483 on: 03/05/2008 15:06 »
He...he...he... biasanya seratus delapan puluh senti, Mas Bram...
plus minus satu senti tergantung sama kualitas meteran dan waktu
pengukurannya... ;D
« Last Edit: 03/05/2008 15:07 by Antara »
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

puragabaya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 4
    • The Soul of Puragabaya
Re: cingkrik
« Reply #484 on: 05/05/2008 10:59 »
He...he...he...  x-))
Mau berbagi kabar baik boleh yaaa... ?

Saya mulai latihan Cingkrik di bawah asuhan Pak Bambang di Bulan Februari lalu,
sejak itu saya selalu latihan setiap habis sholat subuh kira-kira satu jam. Berhubung
dapatnya baru jurus, ya jurus itu yang diulang-ulang. Saya pakai alarm di HP untuk
menandai waktu ganti ke jurus berikutnya.

Nah... walaupun ilmu berantemnya belum dapet, tapi sudah ada manfaat yang saya
rasakan nih...

Waktu mulai, berat badan saya 98 kilogram... tadi pagi nimbang sudah 85 kilogram.
Horeeeee....  [fruit]

Sekarang sudah berani adu kempes-kempesan perut lawan Kang Iwan...  :w


Saya setuju sama Kang Antara.
Jurus cingkrik termasuk jurus yang lumayan sering saya latih, karena selain manfaat disebutkan di atas, jurus cingkrik sangat baik untuk membuat nafas menjadi lebih panjang, stamina lebih baik serta badan lincah dan lentur. Apalagi kalo udah maenin jurus 9 sampai jurus 12, masing2 4 set (4 penjuru)...wuihh top.. [top]
Btw udah lama juga nih nggak latihan di padepokan....kangen juga maen "jual beli" ama babe Tb Bambang. Kalo udah maenin cingkrik, babe kite yang satu ini kagak ada matinye.... [top] [top] [top]
A thousand friends are not enough, one enemy is too much
http://puragabaya.blogspot.com
http://puragabaya.multiply.com

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #485 on: 29/05/2008 11:51 »

kayaknya beda jg sama cingkrik kong Sakam deh..soalnya ane pernah liat jalannya cingkrik tumbal pitung [top] sampe 12 langkah..kebetulan temen ane palang pintu cingkrik tumbal pitung yg di rawa belong..

salam..



Tumbal Pitung bukan aliran Cingkrik tapi organisasi/perguruan bikinan Bang Akib...yg kasih nama Bang Nunung Alirannya Ki Yajid...(ke arah Sinan)

Dinamain gitu lantaran dari salah satunye tokohnye "konon" masing keturunan Pitung. mayoritas di Daerah Rawabelong, Kemandoran, Pengumben. 

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #486 on: 29/05/2008 11:57 »
oh gitu ye bang jali...tengkyu infonya nih
 [top]

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #487 on: 05/06/2008 11:44 »
abis baca-baca lagi thread cingkrig dari depan ampe belakang,
heheheee....asyik euy...

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #488 on: 05/06/2008 13:13 »
Maap..

Ini pengalaman pribadi...
Ane belajar silat udah lumayan lama, mungkin hampir sepertiga usia..tapi baru kemarin ane tumbang dalam waktu 3 detik oleh engkong2x 74 tahun, grandmaster cingkrik, cuma pake 2 jari tangan....Yang sedihnya lagi, badannya dia cuma 60% berat badan ane...tapi begitu kena jarinya..kaki ane lemes kayak ditarik tenaganya..

NB: Karena permintaan ybs, kami tidak bisa memberi tahu nama dan alamat beliau...maap2x...Yang jelas beliau adalah grandmaster cingkrik

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #489 on: 05/06/2008 13:25 »
wah, sayang banget nih..
kita ga boleh tau nama ama alamat nye tuh engkong,
padahal temen2 cingkrigers lagi pade giat2nye nelusurin riwayat ame sejarah cingkrig, ngumpulin data ampe keluyuran siang malem.
malahan sempet kejadian dialog seru di awal2 tret cingkrig demi penelusuran sejarah dan pelestarian cingkrig.
umpame aje kite2 bise kenalan ame beliau kan bisa jadi tambahan input neeh..


ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: cingkrik
« Reply #490 on: 05/06/2008 14:45 »

ane sabtu kemaren latihan cingkrik sama Pak Bambang di Candradimuka Martial Arts Pondok Cabe. Lumayan lah nginget-nginget jurus lagi, udah banyak yang lupa hehehe  :)
Lifetime Student of Martial Art

puragabaya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 4
    • The Soul of Puragabaya
Re: cingkrik
« Reply #491 on: 06/06/2008 09:57 »

ane sabtu kemaren latihan cingkrik sama Pak Bambang di Candradimuka Martial Arts Pondok Cabe. Lumayan lah nginget-nginget jurus lagi, udah banyak yang lupa hehehe  :)
Jadi inget wkt sparring sama saudara perguruan ane yang satu ini, kalo pas lagi maenin "isi satu" serasa ditubruk buldozer .... :) :)
A thousand friends are not enough, one enemy is too much
http://puragabaya.blogspot.com
http://puragabaya.multiply.com

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #492 on: 06/06/2008 18:09 »
Quote from: santri kinasih
Maap..

Ini pengalaman pribadi...
Ane belajar silat udah lumayan lama, mungkin hampir sepertiga usia..tapi baru kemarin ane tumbang dalam waktu 3 detik oleh engkong2x 74 tahun, grandmaster cingkrik, cuma pake 2 jari tangan....Yang sedihnya lagi, badannya dia cuma 60% berat badan ane...tapi begitu kena jarinya..kaki ane lemes kayak ditarik tenaganya..

NB: Karena permintaan ybs, kami tidak bisa memberi tahu nama dan alamat beliau...maap2x...Yang jelas beliau adalah grandmaster cingkrik

Kang Santri,
Boleh dong diceritakan sedikit detil tentang gerakan yang dipakai... itu tentu saja kalau sempat dilihat  :P

Saya sendiri belum belajar isinya Cingkrik, tapi suka merelakan diri jadi bahan latihan para senior. Harapannya dengan begitu saya bisa mengapresiasi tekniknya dari sisi sang korban (bisa mbanting harus sering dibanting ;D).
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #493 on: 07/06/2008 20:32 »
Maap..

Ini pengalaman pribadi...
Ane belajar silat udah lumayan lama, mungkin hampir sepertiga usia..tapi baru kemarin ane tumbang dalam waktu 3 detik oleh engkong2x 74 tahun, grandmaster cingkrik, cuma pake 2 jari tangan....Yang sedihnya lagi, badannya dia cuma 60% berat badan ane...tapi begitu kena jarinya..kaki ane lemes kayak ditarik tenaganya..

NB: Karena permintaan ybs, kami tidak bisa memberi tahu nama dan alamat beliau...maap2x...Yang jelas beliau adalah grandmaster cingkrik


bang santri...keknya pengalaman yg sangat berharga tuh...
kl emang kaga boleh tau nama dan alamatnya..kira2 bisa tulung tanyain gak kronologis cingkriknye...sape tau ada info yg bisa ngebuka wawasan tentang cingkrik...
makasih sebelumnye bang !!!!

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #494 on: 09/06/2008 13:41 »
Bang Gobrek dan Mas Erry,

Maap...bukannya mau rahasia, tapi ini engkong emang udah pensiun lama dari dunia kangouw..Konon dia sudah jadi pelatih cingkrin tahun 50an..belajar cingkrik dari engkong murdani dan engkong sinan..dan kemudian ditambahin lagi sama gurunya engkong sinan..Tapi uniknya dia juga pernah belajar keturunannya mbah khair, cimande...Makanya kalo sama engkong satu ini..tangan kita suka diurut sama minyak silat cimande yang dia buat  dari minyak kelapa, cuka aren, sari tebu dll.

Kronologis kejadiannya sederhana koq..Saya serang beliau dengan pukulan ke arah atas, terus dia tangkep dengan lembut, terus tangannya dia langsung nyosor ke arah dada dengan kecepatan tinggi, sebenarnya saya bisa pentil, tapi tangannya menggeser lembut melintasi rintangan dan "tuk" menyentuh lembut titik vital..berhenti sejenak..dan waktu saya gunakan sedikit kenyur untuk mindahin titik, jarinya bergerak halus dan 'nyuss' badan diteken lembut, kaki lemes..dan gubrak... :D

 

Powered by EzPortal