+-

Video Silat


Dogongan, Indonesia wrestling
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
PenampiLan Pencak TERAZAM di MaLioboro Pencak Fest
Pencak Malioboro Festival - ujungan macan ngawahan
Silat Sera Indonesia by master Gending Raspuzi
BENJANG
Silat Chakra V ( MMA Style )

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 256703 times)

longok

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
cingkrik
« on: 23/06/2007 15:32 »
ada yang tau sejarah cingkrik rawa belong??????


--TRIT INI MASUK KE HOT TOPIK---
SELAMAT YAAA BUAT TS DAN MODYNYAAA

 [[hot-topic]]
« Last Edit: 23/10/2009 14:41 by Qsecofr »

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #1 on: 23/06/2007 15:52 »
cingkrik......keren tuch

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #2 on: 23/06/2007 18:51 »
yth saudara longok, threadnya saya pindahkan ke sini, karena Silat Cingkrik itu ialah temasuk dalam cakupan bahasan "Aliran Silat"  [top]

baiklah, saya persilahkan kepada teman2 yang mau menjawab pertanyaan dari sdrt longok.. dipersilahken  :)

mapioso

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
Re: cingkrik
« Reply #3 on: 24/06/2007 00:44 »
si pitung dari rawabelong pake silat cingkik bukan

maaf y nanya2 dikit :)

pamanah rasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 57
  • Reputation: 11
  • Perguruan: Suliwa - Lima Adegan Serong
Re: cingkrik
« Reply #4 on: 24/06/2007 01:22 »
si pitung dari rawabelong pake silat cingkik bukan

maaf y nanya2 dikit :)

Kalau om Dicky Zulkarnaen-nya dia silat Garutan. Dia jago beneran loh. Malah, konon pak Bokir aja jadi bulan-bulanan dia.

Pukulannya bukan dengan kepalan, tapi notog dengan ujung-ujung jari.

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #5 on: 24/06/2007 14:00 »
si pitung dari rawabelong pake silat cingkik bukan

maaf y nanya2 dikit :)

Kalau om Dicky Zulkarnaen-nya dia silat Garutan. Dia jago beneran loh. Malah, konon pak Bokir aja jadi bulan-bulanan dia.

Pukulannya bukan dengan kepalan, tapi notog dengan ujung-ujung jari.

pak bokir jadi bulan2an?

yang disini ya kang http://www.livevideo.com/video/E9B88E82AC314D8BA8204B60FF4CA131/silat-si-ronda-4-comedy-.aspx

 [run]
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #6 on: 05/07/2007 09:00 »
Aku ikut cingkrik, baru.... jadi masih nubi.... Cingkrik yang aku ikuti ini, warisannya Bang/Pak Uming, jadi (sedikit) berbeda dengan Cingkrik Goning atau Cingkrik Sinan. Mengenai sejarahnya.... sebentar ya, bulan kemarin aku dikasih tahu ttg sejarah Cingkrik dan silsilah-nya, tapi keselip di tumpukan kertas di meja kantor.... aku cari dulu ya....


:D

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Kronologis Cingkrik Rawa Belong - Beji, depok
« Reply #7 on: 08/07/2007 20:26 »
Kronologis :

Pd abad 15 diwilayah Banten berdiri sebuah kerajaan Islam yg dipimpin oleh Syekh Maulana Yusuf sebagai raja, beliau mempunyai putra yg bernama raden Sanca Manggala, syekh Maulana Yusuf memerintahkan Raden Sanca Manggala utk pergi mengembara utk melakukan siar agama yg didampingi oleh Syekh Hasan Ali sbg penasehat spiritual, dlm perjalanan pengembaraan di daerah Menes di Gn Kencana wil. Banten Selatan Raden Sanca Manggala sering diganggu oleh kehadiran monyet, dam kehadiran dan kepergian monyet tsb sulit diketahui dan krn monyet tsb selalu menggangu maka Raden sanca Manggala berusaha utk mengusir ataupun menangkap monyet tsb, usahanya pun berlangsung selama 3 hari dan baru pd hari ke-4 beliau mampu menangkap monyet tsb,selanjutnya monyet tsb di ikat di pohon dan di sabet dgn ranting kayu, dipukul dan di tendang, ketika beliau memukul monyet tsb maka monyet tsb mengeluarkan jurus, dan jurus tsb dipelajari oleh Raden Sanca Manggala hinnga hari ke-9 dan pd hari ke-9 monyet tsb hilang secara misterius,ketika monyet tsb hilang maka datanglah seorang berjubah putih yg mengenalkan diri Eyang Raksa yg selanjutnya dikenal sbg Perawat Silat Cingkrik,lalu Eyang Raksa memberi pesan agar jurus silat cingkrik dirawat dan dikembangkan  bersamaan dgn siar agama Islam,pengembaraan pun berlanjut ke selatan smp Sukabumi & cianjur, ke timur smp ke bekasi, ke utara smp ke Betawi dan ke barat daerah banten...
     setelah kejadian tsb ada kejadian yg hampir serupa terjadi pada diri seorang perempuan yg teraniaya oleh suaminya yg seorang pendekar..pd waktu perempuan tsb mencari kayu bakar di hutan,perempuan tsb didatangi oleh 2 ekor monyet yg sedang bertarung,monyet tsb memperagakan jurus2nya krn pertarungan tsb dangat menarik perhatian perempuan tsb, tdk terasa ternyata hari sudah maghrib,krn merasa blm menyiapkan makan dan minum utk suaminya maka perempuan tsb tergesa gesa utk pulang dengan perasaan takut akan dianiaya oleh suaminya, ketika sampai dirumah ternyata suaminya sdh menunggu dengan rasa marah, lalu perempuan tsb dianiaya oleh suaminya, ketika dalam keadaan kritis perempuan tsb teringat oleh jurus2 monyet tsb,lalu jurus2 tsb di gunakan utk mengatasi serangan suaminya dan pertarunganpun berakhir dengan keberhasilan perempuan tsb..yg pada akhirnya sang suami pun belajar jurus2 tersebut dengan sang istri, dengan syarat sang suami harus merubah sifat dn sikapnya...

     Selanjutnya pada Abad 18, H.Naipin dan salah satu muridnya yg bernama Pitung mengembangkan dan menggunakan silat cingkrik utk melawan penjajah Belanda di daerah betawi...
     Pada abad 19, K.Sinan, K.Sakam, dan K.Saleh mengembangkan di daerah Rawa Belong, Kebon Jeruk dan th 1942 mengembangkan didaerah kebon Sirih, Jakarta...
     Pada th 1960 K.Sakam pulang kampung ke daerah serengseng, Pondok Cina, depok dan mengembangkan didaerah tsb..
     Pada th 1960 H. Napsin yg seorang polisi ditugaskan didaerah kebon jeruk, lalu diperintahkan oleh K. Sakam utk menemui H. Sinan di Rawa belong, Kebon Jeruk utk belajar silat cingkrik...
     Pada th 1970 H. Napsin bergabung kembali dgn K. Sakam utk mengembangkan di daerah Depok dan pada th 1975 K.Sakam dan H.Napsin mewariskan silat cingkrik kepada Bang Popon yg merupakan cucu dr K.Sakam...dan Bang Popon mengembangkan silat cingkrik sampai sekarang...

« Last Edit: 29/12/2007 09:09 by gobrek »

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok
« Reply #8 on: 08/07/2007 20:40 »
"Perguruan Silat Betawi Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok "

Nama Cingkrik..."Cing" adalah suara dr jurus2 monyet ketika monyet tsb sedang bertarung dan "Krik" adalah suara ketika monyet tsb menggaruk garuk badannya..

Cingkrik mempunyai 5 langkah dengan 12 jurus dan jurus penutup yaitu 5 pancer, diantaranya :
 1.  Langkah 1 (Cingkrik)
 2.  Langkah 2 (Sliwa)
 3.  Jalan Saup
 4.  Jalan Singa Beset
 5.  Jalan Singa Deprok
 6.  Langkah 3
 7.  Langkah 4
 8.  Jalan muka 1
 9.  Langkah 5
 10. Jalan Longok
 11. Jalan Lukbe
 12. Jalan Iringan dan jurus penutup 5 pancer

 [top]

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok
« Reply #9 on: 09/07/2007 09:12 »
Wah asik, ternyata banyak juga ya yang belajar cingkrik di sahabatsilat ini, bro cingkrik boleh dong di share lagi tentang kaedah dari jurus jurusnya.

mungkin pertanyaan saya adalah cingkrik yang di ajarkan apakah dalam 1 jurus itu hanya merupakan 1 gerakan atau 1 jurus itu merupakan rangkaian gerakan ?

maksud saya kalau yang dimaksud 1 gerakan adalah jurus pukulan lurus kearah depan misalnya, ini disebut 1 gerakan dalam 1 jurus.

sedangkan yang dimaksud 1 jurus rangkaian ialah dalam 1 jurus ter diri dari beberapa rangkaian gerakan. misalnya jurus 1 itu adalah mukul kedepan, kemudian tangkisan bawah dilanjutkan dengan tendangan sabit ke arah pinggang misalnya.

nah jurusnya kira kira 1 jurus 1 gerakan atau 1 jurus terdiri dari rangkaian gerakan ?

'Makasih sebelumnya'
"Perguruan Silat Betawi Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok "

Nama Cingkrik..."Cing" adalah suara dr jurus2 monyet ketika monyet tsb sedang bertarung dan "Krik" adalah suara ketika monyet tsb menggaruk garuk badannya..

Cingkrik mempunyai 5 langkah dengan 12 jurus dan jurus penutup yaitu 5 pancer, diantaranya :
 1.  Langkah 1 (Cingkrik)
 2.  Langkah 2 (Sliwa)
 3.  Jalan Saup
 4.  Jalan Singa Beset
 5.  Jalan Singa Deprok
 6.  Langkah 3
 7.  Langkah 4
 8.  Jalan muka 1
 9.  Langkah 5
 10. Jalan Longok
 11. Jalan Lukbe
 12. Jalan Iringan dan jurus penutup 5 pancer

 [top]
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok
« Reply #10 on: 09/07/2007 12:54 »
Wah asik, ternyata banyak juga ya yang belajar cingkrik di sahabatsilat ini, bro cingkrik boleh dong di share lagi tentang kaedah dari jurus jurusnya.

mungkin pertanyaan saya adalah cingkrik yang di ajarkan apakah dalam 1 jurus itu hanya merupakan 1 gerakan atau 1 jurus itu merupakan rangkaian gerakan ?

maksud saya kalau yang dimaksud 1 gerakan adalah jurus pukulan lurus kearah depan misalnya, ini disebut 1 gerakan dalam 1 jurus.

sedangkan yang dimaksud 1 jurus rangkaian ialah dalam 1 jurus ter diri dari beberapa rangkaian gerakan. misalnya jurus 1 itu adalah mukul kedepan, kemudian tangkisan bawah dilanjutkan dengan tendangan sabit ke arah pinggang misalnya.

nah jurusnya kira kira 1 jurus 1 gerakan atau 1 jurus terdiri dari rangkaian gerakan ?

'Makasih sebelumnya'


Dari 12 nama langkah + langkah 5 pancer yg saya tuliskan, setiap langkah merupakan beberapa rangkaian gerakan..begitu bang nagapasa  ;)

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #11 on: 10/07/2007 12:51 »
bang cingkrik,

malam sabtu kemaren 06/07/07 ada demo silat cingkrik dirumah bpk. naming bothin beji - depok

abang cingkrik ada gak yaa disana yaa, ikutan jadi peraga silatnya

ada bang harun juga seh, katanya  :'(  (saya gak nonton soalnya) 


salam aja deh



Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #12 on: 10/07/2007 13:05 »
bang cingkrik,

malam sabtu kemaren 06/07/07 ada demo silat cingkrik dirumah bpk. naming bothin beji - depok

abang cingkrik ada gak yaa disana yaa, ikutan jadi peraga silatnya

ada bang harun juga seh, katanya  :'(  (saya gak nonton soalnya) 


salam aja deh




oiya...denger sih dr bang popon, katanya ada demo utk peliputan majalah terbitan bogor...saya sendiri gak kesana, malem minggunya baru saya ke depok belajar di belakang poltek ui, sama sdr deprok, bang popon n bang harun smp jam 2 pagi baru pulang...

Office Boy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 4
Sekedar Mengajukan Wacana Lain
« Reply #13 on: 11/07/2007 20:10 »
Assalamu'alaikum Bpk2x yg terhormat.

:)

Sebelumnya saya pernah berjanji utk share sekelumit ttg cingkrik, dan ternyata sudah ada bpk cingkrik yang mengetengahkan sejarah cingkrik beliau ke forum ini. Terima Kasih Banyak Pak...  :)

Berhubung catatan2x saya ttg cingkrik, ternyata, hilang dan sampai sekarang belum ketemu2x (keselip di meja kerja saya), saya -akhirnya kepada guru cingkrik saya, yg kebetulan adalah teman satu kantor- meminta utk diceritakan kembali sekelumit sejarah cingkrik.

Jika diperkenankan saya ingin ikut share di sini, sekedar membawa wacana dari sisi yang berbeda. sebelumnya seperti biasa desclaimer saya kalau bikin tulisan yg seriusan di forum adalah: imho (in my humble oppinion) & cmiiw (correct me if i'm wrong).

========

Sekelumit Cerita

   Alkisah tersebutlah seseorang bernama Ki Maing yang sedang menggali ilmu pengetahuan di daerah kulon (daerah banten). Karena merasa kurang puas atas apa yang telah dan yang sedang dipelajarinya, akhirnya dia memutuskan untuk kembali dulu ke rumahnya.

   Semacam mengambil cuti kuliah gitu lah.  ;D....

   Di tengah-tengah kegundahannya saat di rumah, secara tak sengaja ia memperhatikan gerak-gerik seekor monyet. Monyet ini tak lain adalah monyet peliharaan dari tetangganya yang bernama Nyi Saereh (nama tetangganya, bukan nama monyetnya :p). Makin lama dia semakin tertarik dengan keunikan gerak-gerik monyet tersebut, sehingga dengan dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang besar Ki Maing mendekati monyet peliharaan tetangganya itu, dan "bermain-main" dengan monyet itu.

   Saat bermain-main dengan monyet itu, Ki Maing makin memperhatikan gerak-gerik natural yang menjadi ciri khas dari seekor monyet. Bagaimana ketika dia mencoba menyodok monyet tersebut dengan sebatang tongkat, diperhatikannya bagaimana cara monyet itu menghindari sodokan sekaligus mencoba merebut tongkat Ki Maing, secara simulatan. Ketika suatu saat tongkat itu berhasil direbut oleh sang monyet, diperhatikannya gerak-gerik sang monyet ketika mencoba menghindari tangan Ki Maing yang mencoba merebut kembali tongkat tsb dan disaat yang bersamaan juga melakukan serangan dengan menggunakan tangan atau kaki yang lain.

   Menyerang sekaligus Bertahan, Bertahan sekaligus Menyerang, Bertahan adalah Menyerang, Menyerang adalah Pertahanan, lebih kurangnya inilah intisari filosofi gerak-gerik sang monyet yang akhirnya didapat oleh Ki Maing, hingga terciptalah jurus-jurus cingkrik.

   Hingga tak lama setelah menemukan jurus-jurus cingkrik ini, Ki Maing memutuskan untuk kembali ke padepokan tempat dia menimba ilmu di kulon. Sesampainya dia di padepokan, dia ajak teman-teman sepadepokannya untuk mencoba/menjajal jurus-jurus baru Ki Maing ini. Hasilnya adalah seluruh teman-teman, adik-adik, bahkan hingga kakak-kakak sepadepokannya jatuh bangun oleh jurus-jurus Ki Maing ini. Bahkan sampai pada akhirnya, sang guru besar padepokan pun menjadi penasaran dan ingin ikut mencoba dan menjajal Ki Maing. Hasilnya, lagi-lagi sungguh diluar dugaan, sang guru pun jatuh bangun oleh jurus-jurus Ki Maing. Sehingga menjadi gemparlah seluruh isi padepokan ini karena ternyata tak ada satu orangpun di padepokan ini yang mampu membuat jatuh atau mengalahkan Ki Maing dan jurus-jurus barunya ini.


Asal Kata Cingkrik

    Darimanakah kata cingkrik berasal? Kata cingkrik muncul dari frase "jingkrak-jingkrik" atau bila dalam bahasa betawi adalah "cingkrak-cingkrik" yang berarti "lincah". Hal ini merujuk pada tingkah laku dan gerak-gerik natural dari binatang monyet yang memang terkenal akan "kelincahannya". Kemudian seiring dengan perjalanan waktu frase tersebut terkenal dengan sebutan "Cingkrik" saja.


Keunikan Dari Cingkrik

    Jika penulis boleh mengungkapkan sebagian kecil pendapat pribadi, maka paling tidak ada 3 kesimpulan umum dari silat betawi cingkrik ini, yakni:

* Filosofi menyerang adalah bertahan dan bertahan dengan menyerangnya yang tercermin dalam 12 jurus cingkrik. Tangan yang satu bertahan, tangan yang lain simultan atau sekuensial langsung melakukan penyerangan. Kaki yang satu bertahan, kaki yang lain digunakan untuk menyerang.

* Perkembangannya yang unik seiring dengan waktu. Guru saya (penulis) pernah berkata: "Jangankan beda daerah/wilayah, beda gang saja cingkrik yang dipegang/dipelajari bisa berbeda." Sehingga bisa jadi antara cingkrik daerah A berbeda dengan daerah B, itupun cenderung lebih disebabkan karena variasi kembangan (perkembangan jurus) dan/atau kelebihan atau kekurangan dari individu masing-masing. Misal ada yang jurus 1-nya terlihat bagus sekali, tapi jurus 2-nya biasa sekali, lebih kurangnya seperti itu. Namun biasanya tetap ada beberapa keunikan gerak atau filosofi tersendiri. Misal: Bang Wahab terkenal dengan cingkrik-nya yang selalu main atas dan jika orang lain yang melihat maka gerakannya terlihat cenderung seperti gerakan totokan, Bang Uming terkenal dengan cingkrik atas-bawah dan 4 penjurunya, pun demikian dengan cingkrik Ki Goning dan Ki Sinan yang juga melegenda.

* Biasanya semuanya akan "sepakat" menyebut bahwa cingkrik identik dengan Rawa Belong, terlepas dari dinamika yang terjadi mengenai masalah "keaslian", hal ini secara pendapat penulis pribadi merujuk pada poin 2 di atas. Hal ini adalah karena memang cingkrik tercipta - tumbuh - berkembang - dan berpusat di Rawa Belong. Jika menurut informasi yang didapat oleh penulis, Ki Maing sendiri adalah orang/warga/penduduk yang tinggal di Rawa Belong.


Diagram Silsilah Cingkrik

    Dari informasi yang penulis berhasil dapatkan, berikut adalah gambar diagram silsilah silat cingkrik:



atau silahkan klik:
http://i126.photobucket.com/albums/p96/office_boy/sc.jpg

Nama-nama tersebut di atas adalah nama-nama yang memang menonjol dan/atau terkenal dimasanya, atau paling tidak adalah nama yang paling dekat dan/atau dikenal oleh narasumber penulis. Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ternyata ada nama-nama yang khilaf belum penulis sebut.

~~%%**$$~~

Narasumber: guru dari guru cingkrik penulis.
==============

"Kurikulum" Cingkrik yang penulis pelajari adalah:

I. Dasar Jurus:

1. Keset Bacok
2. Keset Gedor
3. Cingkrik
4. Langkah 3
5. Langkah 4
6. Buka 1
7. Saup
8. Macan
9. Tik Tuk
10. Singa
11. Lok Be
12. Longok

"Bonus" ==> Gombang (biasa diatraksikan di panggung, yang merupakan gerak silat gabungan dari jurus 1 s/d jurus 12)

II. Sambut 7 Muka

III. Sambut Gulung

IV.  Sambut Detik / Sambut Abis

"Bonus" ====> Palang Pintu (sambut untuk atraksi)

==============

* penulis hanyalah seorang office boy atau pekerja biasa yang tertarik untuk belajar cingkrik terlebih karena tertarik dengan budaya betawi khususnya budaya seni beladiri silat. Dan penulis pun masih dasar dalam mempelajari cingkrik ini. Mohon maaf sebesar-besarnya dan imho & cmiiw. :)

ob
« Last Edit: 11/07/2007 21:39 by Office Boy »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #14 on: 11/07/2007 22:01 »
terima kasih atas tambahan keterangan tentang sejarah Cingkrik dari berbagai versi

semoga akan menjadi wacana yang baik bagi kita semua  [top]

 

Powered by EzPortal