+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263941 times)

Sancang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 107
  • Reputation: 6
    • RORONOA ZORO
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #510 on: 10/07/2008 18:48 »
doh... jadi kepengen ngiri en cepet pulang ke Indonesia, pengen ikut kopdaran en ane bersedia di jadiin bahan percobaan [asal nggak sakit  :P] byar cepet nambah pengetahuannya   :D
napak tapi ngalayang, ngalayang tapi napak

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #511 on: 14/07/2008 15:06 »
Waah boleh nih Bang Debe...buat memperkaye khasanah perdiskusian Cingkrikers...Kalo bole tau Cingkrik apaan nih Bang...?

Cuman nyang dimarih ane jarang nemu'in nyang ngomonging Cingkrik Sinan nih...

Enaknye Cingkrikers ketemuan nih, di rumah Kang Iwan nyok...!

Tabe'...Jali

(quote repaired by Mod)
Salam..........

wah kalo ke tempat kang iwan ane takluk dah......

gimana kalo di padepokan Aza....bang jali ? yah abis lat. cingkrik pak TB. sekalian silaturahim lagi sama yang lat.

salam......

Ujang Baden


« Last Edit: 14/07/2008 21:15 by EricB »

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #512 on: 25/07/2008 16:20 »
Quote from: Mas @ntara
@Bang Jali,
kapan kite ketemu, tolong aye diunjukkin maenannya Kong Sinan ye?
Terus, dari yang aye liat, kayaknya jurus singe deprok emang cuman satu sisi (kaki kanan yang rebahan, kaki kiri yang bediri)... apa ada kebalikannye?

Sekali lagi terima kasih banyak semuanya.
Quote repaired by Om Bule

Mas @ntara disini aje jawabnye ye...

Boleh, kapan ade waktu nti, ane maen ke Padepokan lagi...kangen ude lame juga kagak nengokin guru...
kalo jurus Singe Deprok nyang ane tau sih...pegimane keadaan aje, dua2nye bise...mao kanan-kiri...terserah...asal jangan nungging aje...takut berube namenye jadi Singe Nungging... [lucu]

OOT sedikit nih...boleh kan...

Perbedaan tiap jurus  sebenernye wajar, jangan kate Kong Sinan, Kong Goning atawe Kong Sakam...antare ente, bang Iwan, bang Ajad, atau nyang laennye juga bise "keliatan beda" slipun maenin jurus nyang same...tergantung karakter dan bawaan serte kebiasaan orang tanpa harus ngilangin esensi jurusnye sendiri. Peribase kate kalo orang ngaji kagak apalan...kenal urup dan tajwidnye...(IMHO-mudah-mudahan nyambung ye...)

Perbedaan Ngkong2 Cingkrik kite dulu...ditempa juge ame jam terbang (pibu kal) ...sampe akhirnye nimbulin kreasi hasil improvisasi dari Cingkrik2 nyang kite kenal sekarang...

Mungkinan Cingkrik nyang awal mule dari Ki Maing bise lebi beda lagi....(tau dah...)...Cuman nyang ane sayangin dari Cingkrik Goning nyang ude dipelajarin temen2 kite ni...gak ade namenye dari tiap jurus...palingan cuman jurus 1,2,3, dst...(CMIIW)

Tabe'...Jali




« Last Edit: 27/07/2008 16:12 by EricB »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #513 on: 25/07/2008 16:47 »
Tambahan....

Cingkrik dulu aslinye cuman punye 10 jurus...di Goning dan Sinan ade tambahan 2 dan 3 nyang disebut Gombang, artinye kombinasi dari 1-10...(gambaran aplikasi)

kemungkinan bise 12 ampe lebih mungkin lantaran karakter rate2 jurus dasar Maenpukulan Betawi, 12 jurus dengan isi papat kelima pancer.

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #514 on: 25/07/2008 17:25 »
Mas @ntara disini aje jawabnye ye...

Boleh, kapan ade waktu nti, ane maen ke Padepokan lagi...kangen ude lame juga kagak nengokin guru...
kalo jurus Singe Deprok nyang ane tau sih...pegimane keadaan aje, dua2nye bise...mao kanan-kiri...terserah...asal jangan nungging aje...takut berube namenye jadi Singe Nungging... [lucu]

Na... ntu dia nyang aye mangkin pinter... singe nungging ame singe ngguling [lucu]... Singe Deprok-nye malahan belum juga kejadian...

Sekali pernah dapet deprok beneran, tapi namanye jadi Singe Deprok Kagak Bisa Bangun ???... abis itu malah bekembang jadi Singe Kesleo....  :-X

Sabaaarrr... sabaaarrr... ntar juga ketemu jurusnye.... (menghibur diri) :-X
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #515 on: 26/07/2008 14:12 »
Salam..
Nah @bang jali...waktu jaman babe ame abang , aye cuman penggembira aje sih..hehehehe, maen pukulan cingkrik..ade nyang aye liat agak beda gerakan dg cingkrik goning, semua aplikasi jurus selalu di tutup dengan kaki menyapu dan tangan memukul..ape entu maenannya Kong Sinan ato Kong Sakam?

Makasih sebelonnye..

D'Buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #516 on: 26/07/2008 15:27 »
akhirnye cingkrig rame lagi,
udah lama juga nih cingkrigers ga pada kumpul..
ayo deh dilanjut silaturahmi nye
niatan pengen ngamprokin pemaen2 cingkrig goning, sinan ama sakam
kapan kah terwujud?

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #517 on: 27/07/2008 03:48 »
Assalamu' alaikum wr wb
Bener juga bang Ochid Cingkrik mulai rame lagi'ane juga kepengen ngeliat semua cingkrik di Manca negara bersatu
saling mendukung, seperti maenan murid ane kelihatanye sih hampir kaga ade perbedaan dengan jurus dariRawa belong cume
banyak ade ringkesan bukaan jurus satu ane sama dengan bukaan jurus empat rawa belong.(ups....ane nunggu dengan kesabaran reaksi saudare2 ane semua.

Wabillahi toufiq wall hidayah wass wr wb


*Perjalanan si Pitung masih jauh*

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #518 on: 28/07/2008 12:00 »
Suatu thread akan rame kalau yang baru mulai kagak takut buat nanya, dan yang udah lama kagak segen buat njawap...  x-)) Repotnya di Indonesia budayanya memang begitu...  :'(

Saya pingin nanya dikit ni...
Dengan Cingkrik yang berbeda satu sama lain, bahkan konon beda gang udah beda Cingkriknya... maka unsur apa yang menjadikan Cingkrik sebagai Cingkrik?

Saya belum banyak lihat Cingkrik dari aliran-aliran lain, tapi kadang-kadang Bang Hasan atawa Bang Jali mbawain rekaman silat dari guru-guru Cingkrik, yang buat mata saya 'mah mbingungi, "itu Cingrik toh?"... tapi Babe bisa langsung bilang... "ho oh, itu emang Cingkrik."

Jadi... ciri-ciri apa yang membuat suatu silat masih bisa menyandang nama "Cingkrik"?

Antara...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #519 on: 28/07/2008 12:14 »
M@s Antara,

Menurut ane, mangkenye dinamain Cingkrik/Jingkrik...lantaran ntu nyang sebenernye jadi "unsur" Cingkrik disebut Cingkrik. Cuman nyang lagi ane serep-serpin dari dulu, jejingkrakan model kayak ape nyang paling khas...lantaran jejingkrakannye beda-beda. (IMHO)

Kalo menurut orang-orang tua, dari tiap jurus di Cingkrik ade jejingkrakannye....slipun dikit...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #520 on: 28/07/2008 13:14 »
Salam...
wah @mas antara...mendingan dibace lagi deh dari awal threadnye...ntar ketemu deh ape nyang mo ditanyain...



D'Buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #521 on: 28/07/2008 13:41 »
Bang Dodol,
Makasi sarannye...

Aye udah mbaca ni thread dari depan, tapi aye tuh punya kebiasaan untuk konpirmasi... mangkanya ditanyain lagi disini... Entu yang aye pernah diajarin. There is no stupid question.

Ini termasuk yang aye maksud di atas, thread bakalan sepi kalo yang baru kagak berani nanya, dan yang lama segen nerangin panjang lebar. Atawa, yang baru ngerasa udah kejawab, padahal dia belon konpirmasi...

Gituuuuu....
Tabik.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #522 on: 28/07/2008 13:49 »
iye ye,bener juga..ok deh...dilanjut


D'Buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #523 on: 28/07/2008 13:54 »
ya emang agak sulit ngebedain antara cingkrig yang satu dengan yang lain
kecuali udah pernah ngeliat beberapa jenis maenan cingkrig
seperti kata bang jali di atas, ada grak langkah
yang seperti jingkrak-jingkrik.
sebenarnya gerakan itu ada juga di maenan betawi lainnya, cm mungkin namanya lain
dan pola nya sedikit berbeda..
agak sulit ngejelesin dengan kalimat tulisan (ato emang ane yg gak bisa...)

paling enak sih ngumpul bareng2 cingkrigers
di sini ada murid dari cingkrig kong sakam kok
nah bisa di liat deh tuh maenan masing2..

p.s
sebelon puasa ada yang mau nyekar
ke makam kong goning - kong sinan ga?

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #524 on: 28/07/2008 14:14 »

p.s
sebelon puasa ada yang mau nyekar
ke makam kong goning - kong sinan ga?
aye boleh ikut bang?

D'Buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

 

Powered by EzPortal