+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 265370 times)

pujangga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 2
Re: cingkrik
« Reply #630 on: 25/10/2008 22:20 »

besok cingkrik ada acara yaa?

sayang lokasi jauh nih
- pujangga rasa -

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #631 on: 26/11/2008 14:46 »
Sepi amat yak...lg pada belajar nangkep "cacing sama jangkrik" yak?? [lucu]

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #632 on: 26/11/2008 17:03 »
Cingkrik itu TOP dah !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #633 on: 26/11/2008 17:37 »
 :) :D ;D >:( :o 8) ??? ::) :-[ :-P :-X :-\ :-* :'( [lucu] :w x-)) [top] [top]

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #634 on: 27/11/2008 05:13 »
saking bingungnya bahas apa lagi di Cingkrik, ane cume mo nitip....tolong jage, perhatiin ame lebarin maen ni maenan. Jage keasliannye, perhatiin keadaannye lebarin perkembangannye

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #635 on: 27/11/2008 08:29 »
Wah berat nich amanah dari kang iwan.

Saya pengen nanya sama sahabat silat, terutama cingkrikgers. Kita diskusi lagi

Kalau saya lihat di cingkrik kalau mau mau jatuhin orang pakai bantingan itu langsung aja. Misalnya kalau lawan serang dengan pukulan lurus langsung tangannya diambil terus bisa langsung di banting.

Kalau di aikido mau banting lawan harus dibuat tidak seimbang dulu baru di banting.

Sebetulnya kalau langsung di banting itu dalam kondisi sebenarnya sulit nggak?

Salam

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #636 on: 27/11/2008 09:40 »
Salam Bang Samber Gledeg,

Mohon maaf mungkin apa yang dilihat abang hanya "salah satu" dari Cingkrik, jadi menurut ane gak bisa digenelaisir begitu.

Cingkrik begitu variatif dan fleksibel sebagaimana fleksibelnya para guru-guru yang mengembangkannya. Mereka mempunyai karakteristik tersendiri sesuai dengan latar belakang bela diri sebelumnya dan "pembawaan" pribadi. Mungkin karakter yang paling pas yang bisa di generalisir dari Cingkrik adalah gerakan apa yang disebut "Cingkrik" itu sendiri yang menurut saya sangat khas, meskipun di silat Betawi lainnya memiliki gerakan melompat seperti ini.

Perihal Cingkrik yang selama ini telah ada dan ditulis oleh rekan-rekan hanya sebagian kecil, yang kira-kira tidak ada seujung kuku dari keilmuan dan kesejarahan Cingkrik. Untuk itu perlu kembali dibuka diskusi untuk membuka wawasan Cingkrik dengan bersumber dari Rawa Belong sebagai sentra lahirnya maenpukulan ini.

Tabe'


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #637 on: 27/11/2008 10:01 »

Sebetulnya kalau langsung di banting itu dalam kondisi sebenarnya sulit nggak?

Salam

Supaya gak penasaran, kita jawab aja bang jali..
kalau metode yang diterangkan baik cingkrik maupun silat apapun itu biasanya ada... jadi bukan punya cingkrik saja..

tapi masalah sulit atau tidak sulit tergantung situasi dan kondisi. Jadi setiap ambilan yang menuju bantingan tidak bisa dibilang sulit atau tidak sulit, tapi moment, situasi dan kondisi yang tepat yang membuat sulit dan tidak sulit. maksudnya bisa sulit atau bisa tidak sulit. sulit kalau ada anti disetiap gerakan yang membuat gerakan itu menjadi sulit/ malah bisa tidak jalan sesuai pola.(Dalam aikido pun kalau tidak mengikuti pola belum tentu bisa digunakan pada setiap orang)

Inilah pelajaran moment, situasi dan kondisi yang tepat lebih mendalam biasanya dalam pelajaran pukulan betawi yang harus dipelajari adalah pehamaman yang mendalam dari istilah level "jual beli".

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #638 on: 27/11/2008 11:40 »
Ngikut dikit ye? Tapi cuman dikit aje, soalnye gak bisa onlen lama-lama nih...

Saya lihatnya cuma di Cingkrik Goning, jadi kalau nyebut Cingkrik, reperensinya ke aliran yang satu ini, sedangkan kalau nyebut Aikido, aliran yang saya maksud adalah Honbu Aikikai, dan Judo adalah Kodokan Judo (emang ada yang laen? x-)))

Kalu penglihatan saya, konsepsi jatuhan di Cingkrik lebih dekat dengan Judo ketimbang Aikido, antara dua beladiri Jepang ini ada perbedaan yang mendasar.

Meski keduanya mengandalkan kuzushi (merusak keseimbangan), Judo melakukannya dengan lebih aktif dan agresif ketimbang aikido. Itulah kenapa dalam pertandingan Judo kita melihat dua kontestan saling betot dan ngotot, sedang dalam pertandingan Aikido (kalo ada) keduanya akan saling tunggu sampe penonton bosen dan pada bubar :o.

Jatuhan dalam Cingkrik menggunakan kuzushi yang sangat aktif, cenderung irimi (masuk) menubruk. Di sini kelihatan perlunya gerakan melompat, supaya jarak bisa dipotong dengan cepat dan ada momentum untuk melabrak keseimbangan lawan. Dalam Judo teknik-teknik semacam ini juga ada (tinggal tambahkan tobi... di depan nama teknik :D), namun tidak dimasukkan dalam empat puluh teknik judo standar karena terlalu berbahaya (dus tidak dipertandingkan).
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #639 on: 27/11/2008 13:07 »
Jatuhan dalam Cingkrik menggunakan kuzushi yang sangat aktif, cenderung irimi (masuk) menubruk. Di sini kelihatan perlunya gerakan melompat, supaya jarak bisa dipotong dengan cepat dan ada momentum untuk melabrak keseimbangan lawan. Dalam Judo teknik-teknik semacam ini juga ada (tinggal tambahkan tobi... di depan nama teknik :D), namun tidak dimasukkan dalam empat puluh teknik judo standar karena terlalu berbahaya (dus tidak dipertandingkan).

hehehhee saya setuju dengan mas antara.. tapi sulit atau tidak sulitnya kalau yang ditubruk kereta api saya yakin yang nubruk yang babak belur mas....dan itu jelas sulit banget untuk ditubruk apalagi di jatuhin/ditebalikin !!  :D

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #640 on: 27/11/2008 15:07 »
 [lucu] [lucu]
Kekekekekeee... ada satu cara supaya kereta ditubruk sama orang biasa bisa terguling. Sewa crane yang kapasitas lebih dari 100 ton terus miringin deh keretanya 45 derajat. Habis itu dijamin belaian ringan aja bisa bikin keretanya gegulingan... :w

Seriusnyah, itulah esensi kuzushi, bertindak persis ketika lawan sedang bergerak pada posisi keseimbangan yang paling lemah (aikido) atau betot sampai lawan kehilangan keseimbangan sebelum dibanting (judo).

Saya belajarnya baru isi-isi jurus 1, dan keliatannya Cingkrik tuh memang sangat perlu timing yang luar biasa tepat. Waktu latihan kemarin, kalau kita nubruknya telat, teman kita akan tetep berdiri sambil cengar cengir jahat. Meskipun temen latihan itu akhirnya berbaik hati njatuhin diri, tangan (dan dada) kiri kita dijamin bakal kejang-kejang seminggu penuh, soalnya berat banget nubruknya.

Lucu juga, timingnya kayak aikido, tapi agresif-nya kayak Judo... he..he..he.. Prustasinya kayak habis latihan aikido, kejangnya kayak habis latihan Judo. Kurang apa cobak... ha..ha..ha.. :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #641 on: 27/11/2008 20:22 »
Meski keduanya mengandalkan kuzushi (merusak keseimbangan), Judo melakukannya dengan lebih aktif dan agresif ketimbang aikido. Itulah kenapa dalam pertandingan Judo kita melihat dua kontestan saling betot dan ngotot, sedang dalam pertandingan Aikido (kalo ada) keduanya akan saling tunggu sampe penonton bosen dan pada bubar :o.

Wah, salah pengertian bang Antara. Judo sama Aikido kalo tanding sama2 bakal nunggu lawan gak seimbang sampai penonton bubar.

Kenapa sekarang di Judo main betot2an? Ya itu, penonton bubar, ngapain ada 2 orang di tengah arena saling pegang tapi gak gerak selama 3 tahun nungguin yang lain meleng dikit baru banting? Beladiri macam apa itu? Jadinya dibuatlah aturan main batas waktu, kalo pada diem aja kena peringatan semua, walhasil harus mejeng biar kelihatan aktif gitu loh.

Coba Aikido kasih aturan batas waktu kayak Judo, dijamin 100 persen main betot2an.

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #642 on: 27/11/2008 21:29 »

[lucu] [lucu]


Lucu juga, timingnya kayak aikido, tapi agresif-nya kayak Judo... he..he..he.. Prustasinya kayak habis latihan aikido, kejangnya kayak habis latihan Judo. Kurang apa cobak... ha..ha..ha.. :w


salam,

kakak seperguruan, harusnya latihannye ame nyang belum tahu cingkrik jadi wuss langsng jadi  :D , kalau ame nyang udah tahu mah emang tergangtung kemurahan hatinye...mau ngga dia ngejeblak ke belakang...

tapi pernah ane ngelihat babe ame lufty main panjang keren, istilahnya "ane yang mukul ane yang ngebanting...atawa jualbeli (bener tuh om sarung kampret)"


kakak, kemarenkan dapat masukan tuh dari wak haji azis, kira-kira kalau pas ayun 1, kita dorong tapi lawan manteng aje kayak pohon jengkol bisa ngga ye di oyag-oyag dikit biar oblag kedudukannye terus baru deh kita dorong(asumsi lawannye patung jadi dia kagak nonjok muka kite...hi...hi...hi)


kakak seperguruan besok sabtu latihan kagak, rame sekarang nyang latihan, setelah 2 tahun kita latihan di padepokan akhirnye pecah telor... ade cewe 1 orang ikut latiahn...,,,pokoknye makin mantep aje...

salam sayang

keentup tawon   

Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #643 on: 27/11/2008 22:06 »
Seriusnyah, itulah esensi kuzushi, bertindak persis ketika lawan sedang bergerak pada posisi keseimbangan yang paling lemah (aikido) atau betot sampai lawan kehilangan keseimbangan sebelum dibanting (judo).

Ya ini salah kaprah lagi tentang Judo. Judo juga tekniknya bertindak ketika lawan sedang tidak seimbang. Intinya adalah you do not need to do kuzushi when your opponent can do it for you. BUT!

If your opponent won't give you kuzushi, what course do you have than to force it upon him?

It's called THE BACKUP PLAN :D

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #644 on: 28/11/2008 08:49 »
Para master bahasannya berat.

Belum nyambung. jadi ikut nyimak dulu...

Salam

 

Powered by EzPortal