+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263670 times)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #660 on: 28/11/2008 15:41 »
pade ngomongin paan sih??? bahasenye nyang dimengertiin dong...mane ade betawi pake bahasa jepun..hehehe nyang mboten-mboten wae neh,..

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: cingkrik
« Reply #661 on: 28/11/2008 15:57 »
pade ngomongin paan sih??? bahasenye nyang dimengertiin dong...mane ade betawi pake bahasa jepun..hehehe nyang mboten-mboten wae neh,..

debuls

hua.haa.ha..ha.. dodol macak jadi admint..
pusing gua mikirin harga besi yang melambung..
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #662 on: 28/11/2008 16:14 »
pade ngomongin paan sih??? bahasenye nyang dimengertiin dong...mane ade betawi pake bahasa jepun..hehehe nyang mboten-mboten wae neh,..

debuls

hua.haa.ha..ha.. dodol macak jadi admint..
pusing gua mikirin harga besi yang melambung..

itulah hebatnya Cingkrik kang Dbulls dan Mbak PT !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #663 on: 28/11/2008 17:09 »
@Antara

Kan ada di video.google.com :D

BTW nama ente Dimas? Halah, dejavu, nama kita sama...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #664 on: 30/11/2008 07:54 »
Quote from: Mantrijeron14
Quote from: Antara
sedangkan Aikido secara disiplin mengunci pola latihannya pada tujuan paling tinggi, yaitu pengenalan kuzushi secara ultimate, weruh sakdurunge winarah :-P.

Dari modal baca2 dan nongtong DVD (favorit ane daito-ryu aikijujutsu), nih emang ginian filsafat Aikido. Dimas Antara sudah masuk tlatah ini belom?? Atau ada tk tertentu yg disahkan dengan sabuk tertentu yg dinyatakan bisa ginian?? Adakah tingkat seperti ini di Silat? cingkrik?? Monggo sampeyan sebagai pemerhati sekaligus praktisi both styles bisa memaparkan sama, mirip atau bedanya...


Waduh, kalu dibilangin praktisi bisa-bisa aye mandi kembang mulu tiap ari ... :o

Kalo yang ane tau di aikido kagak ada tingkatan tertentu yang ngelambangin pencapaian di level ini. Bahkan, keberadaan lepel ini pun cuma ditunjukkan oleh cerita yang beredar di kalangan aiki-deshi (murid aiki) tentang Ueshiba yang pas saat mencapai pencerahan (satori) dan merevolusi ilmu aikido.

Konon, menurut kisah yang shahih adanya, suatu ketika Ueshiba bertanding dengan seorang kendo-ka. Si Kendo-ka menggunakan pedang bambu (shinai) dan Ueshiba cuma bertangan kosong. Menurut riwayat, saat itulah Ueshiba mencapai tingkatan weruh rak weruh itu. Menurut penuturannya sendiri (dan disetujui oleh para saksi mata) beliau seperti bisa merasakan hantaman shinai di badannya sebelum pedang bambu itu diayunkan, akibatnya beliau bisa menghindar tepat waktu dengan jarak hanya setipis kertas. Pertandingan dimenangkan Ueshiba dengan hanya bergeser kesana kemari sampai si kendoka kehabisan napas dan menyerah.

Konon sesudah peristiwa itu Ueshiba seperti dihantam sinar dari langit dan mendapat pengertian soal isi cinta kasih dalam ilmu beladiri. Sejak kejadian itu, Ueshiba merubah gaya latihan aikido yang keras dan mengerikan jadi yang kita kenal sekarang ini. Mungkin supaya murid-muridnya bisa mencapai tataran itu juga.

Dalam sebuah kisah yang dirawikan oleh Gozo Shioda (kemudian menjadi pendiri aliran Yoshinkan), beliau pernah mengantar Ueshiba berdemonstrasi ke kamp militer Okubo, di sana Pak Guru ini menunjukkan kemampuannya mengelak dari tembakan enam orang sekaligus pada jarak dua puluh lima meter, dan ini diulangi sampai tiga kali karena para perwira di Okubo penasaran (aikido shugyo, Biografi Gozo Shioda).

Tapi kita belum kenal seorangpun dari penerusnya yang memiliki kemampuan ini... para murid dari barat malah cenderung menganggap semua urusan "ki" ini sebagai omong kosong dan memilih berlatih aikido secara praktis dan ilmiah saja.

Dari silat...
Saya percaya pasti ada yang sanggup... soalnya kalau tidak ada, tidak mungkin ada istilah "rasa sinar" yang disebut-sebut di kalangan silat Sunda. Ada namanya pasti karena pernah ada yang sampai ke sana...

Tapi ya itu... hal-hal kayak gitu jauh dari jangkauan saya...

Kembali ke Cingkrik,
Latihan sambut itu punya profil yang sama dengan latihan Aikido modern sesudah dirubah oleh Ueshiba. Si yang berlatih berdiri dengan rileks tanpa buka pasang... saya percaya dengan melatih ketenangan di depan lawan yang akan menyerang, pelan-pelan kita mengembangkan kemampuan persepsi yang luas... dan siapa tahu sampai ke mana jangkauan persepsi itu nanti?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #665 on: 30/11/2008 21:02 »
pade ngomongin paan sih??? bahasenye nyang dimengertiin dong...mane ade betawi pake bahasa jepun..hehehe nyang mboten-mboten wae neh,..

debuls

Jadi cacing ame jangkriknya lom nongol nih..hihihi

OM ALAM EMANG TOP DEH !!!  [top]

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: cingkrik
« Reply #666 on: 30/11/2008 21:54 »
TOP PERTAMAX emang jeng SK,

tentang rasa sinar itu memang saya stuju..pasti deh di silat ada yang bisa.

tapi siapa..siapa nih...
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #667 on: 30/11/2008 23:51 »
 [top]kalo sampe sini kkeknya ngomongin bukan nyang fisik lagi, sinar nyang gak setiap orang bisa liat. Denger2 dulu ada ajengan di daerah semplak seputaran rumah sakit jiwa nyang lagi Zikir di bacok dari belakang, goloknya ke ambil orangnya pingsan kebanting. Waktu di tanya katanya perasaan ada orang nyang ngasih tasbeh dia ambil gak taunya dapetnya golok n orang pingsan. Abis itu banyak nyang mulai belajar terutama parawat2 RS Jiwa utk nenangin orgil ngamuk. Sekarang aliran silat eni gak kedengeran lagi. kumaha batur2 di bogor x-))
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

tangan-awan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 109
  • Reputation: 9
Re: cingkrik
« Reply #668 on: 01/12/2008 01:55 »
TOP PERTAMAX emang jeng SK,

tentang rasa sinar itu memang saya stuju..pasti deh di silat ada yang bisa.

tapi siapa..siapa nih...

Rasa Napel, Rasa Anggang, Rasa Sinar
Dalam maenpo kan dikenal istilah ini, kalo rasa napel kan rasa yang didapat karena tempelan
tapi rasa sinar dan anggang karena sama-sama berjarak belum tau nih gimana bedanya
Lemes lebih menang dari keras.lembek lebih menang daripada koeat,antero doenia semoea taoe,tapi tida ada jang bisa djalanin  - Too Tik Ting Fatsal Ka LXXVIII Ajat 442

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #669 on: 01/12/2008 09:48 »
Cingkrik di uraikan dengan bahasa Jepun, ampe bahasa sunda...
bener-bener TOP Dech...


Seperti kata Orang Tua Guru dulu, " Loe ikutin aje... loe bagusin dan   rasa-in pelan-pelan mainannye...terus loe tes dech diluaran..."

huhahhahahahaha.. gak panjang khan.....huahuahhahahhaa...

CINGKRIK EMANG TOP !!





"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: cingkrik
« Reply #670 on: 01/12/2008 12:24 »
TOP PERTAMAX emang jeng SK,

tentang rasa sinar itu memang saya stuju..pasti deh di silat ada yang bisa.

tapi siapa..siapa nih...

Rasa Napel, Rasa Anggang, Rasa Sinar
Dalam maenpo kan dikenal istilah ini, kalo rasa napel kan rasa yang didapat karena tempelan
tapi rasa sinar dan anggang karena sama-sama berjarak belum tau nih gimana bedanya

akhirnya nongol juga ...
saya larinya juga mau ke sono mas, tapi pendekarnya maenpo dah pamitan tuh. Mau sebut nama sungkan..
he.he.he..
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #671 on: 01/12/2008 13:02 »
salam
coming soon

UPDATE SEJARAH CINGKRIG BY JALI JENGKI

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #672 on: 01/12/2008 13:08 »
Hore Bang Ochid comeback!  [top]

Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: cingkrik
« Reply #673 on: 01/12/2008 13:52 »
siiipp... nyambung juga deh ama bang Ochid,

ayoo bang turun gunung,
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

bocah tua nakal

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 54
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #674 on: 01/12/2008 14:57 »
Bang Ochid itu sebenernya bukan update, kalo pendapat saya lebih tepatnya versi lain dari sejarah Cingkrik. Dan yang nelusurin n nulis bang Cacang dari Rawabelong muridnya Babe Nunung, ditulis ulang sama bang Jali.
Kalo yang ane baca seh isinya ga beda jauh sama yang sudah ada di sini juga karena sumbernya dari Babe Nunung. (Coba deh tar tunggu tanggal maennya)


salam

 

Powered by EzPortal