+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263938 times)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #705 on: 12/12/2008 10:31 »
bang haji, ma kasih no hp nye, boleh ane catet ye?
o iya, ada inpo latian cingkrig :
"Malem Kamis di aula kecamatan kebon jeruk, sebelah polsek kebon jeruk"

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #706 on: 12/12/2008 10:46 »
@sarungkampret = tararengkyu ye dah mampir ke cililitan n sori de mori jadi gak bisa ngejamu lama2

huahuhahahaha ane datang pembantunya bang gobrek gelagepan  gak bisa nafas !!   gimane ane datang bawa keluarga neh.. :D

Thanks bos.. masalah info punya space nongkrong sama tim cingkrik depok di C4refour depok ane minat tuh(serius).. lumayan ane bisa buka usaha salon anjing disitu heheheehehe... [lucu]
(belajar cari sesuap nasi dan ilmu jual beli sama tim cingkrik depok)

Cingkrik emang Te O Pe dech....






"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #707 on: 12/12/2008 16:17 »
Kapan mau dibentuk wadah para Cingkrikers?

Beberapa waktu lalu, ane di Rawa Belong ngajuin format semacem wadah pemersatu Cingkrik. Cuman beberapa "kendala" ngebikin konsep ane jadi mental.

Kite-kite nyang bisa ngelunturin ego masing2 dan punye orientasi ke depan buat kemajuan Cingkrik kususnye, dan maenpukulan umumnye...wadah semacem ni kite arepin.

Konsep nyang laennye lebi luas (baru sekedar wacana) pengen dibuat Forum Silaturahim Silat Betawi, yg ane usulin namenye KOMBET singkatan dari Komunitas Maenpukulan Betawi. KOMBET punya schedule tiap 2  minggu nye buat promosiin maenpukulan dan Pencak Silat ke khalayak rame. Salah satunye Latian bersame beberape perguruan silat Betawi di Istora Senayan, Yang ngutamain silaturahim dan kagak nonjolin egoisme masing2. Disamping ntu KOMBET berusahe ngebangun kantong2 maenpukulan Betawi.

Pegimane...?

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #708 on: 12/12/2008 20:07 »
Bukan sudah ada "Keluarga Besar Cingkrik" yang gambar logonya warna kuning sebagai wadah pemersatu cingkrikers, bang jali?

Dulu tahun 90-an atau 80-an mereka sudah kumpul di monas tuh, malah babeh meneer eddie khan datang..

Nah nanti status KOMBET sama gak dengan PUTRA BETAWI??

heheheehhehehhe :D


"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #709 on: 12/12/2008 20:48 »


huahuhahahaha ane datang pembantunya bang gobrek gelagepan  gak bisa nafas !!   gimane ane datang bawa keluarga neh.. :D

Thanks bos.. masalah info punya space nongkrong sama tim cingkrik depok di C4refour depok ane minat tuh(serius).. lumayan ane bisa buka usaha salon anjing disitu heheheehehe... [lucu]
(belajar cari sesuap nasi dan ilmu jual beli sama tim cingkrik depok)

Cingkrik emang Te O Pe dech....

[/quote]

jahhh ente bijimane guslam..pan ane dah bilang jgn buka salon anjing di situ,mending ente buka jasa penitipan orang gila...pasti nyang dititipin kesane pade klop sama ente  [lucu]

@bang haji..ane catet ye no telpnye...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #710 on: 13/12/2008 07:10 »
assyyyiikkk..ada wadah KOMBET...tuh bang jali dari dulu ngebet banget pengen bikin wadah..tapi   [top] buat semuenye..nyyookkk kite satuin para cingkrikers..tapi bukan nyatuin gerakannye ye..cuman dibuat silaturahim cingkrikkk.....cihuuuuyyyyyyyyy


debuls van batavia
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #711 on: 13/12/2008 23:48 »
Bang haji..makasih ye dah mampir ke cililitan...kagak nyangke bang haji ini orangnya tinggi gede...kalo kite ampe kena kesingkur ame bang haji alamat lsg joprak nih alias pingsan ditempat.. :D

ngeliat bang haji maenin cingkriknye..mantep amat  [top]
ampe ane dilipet lipet...jgn kapok2 bang maen ke cililitan walopun cuma kopi ame martabak doangan hehehe..

CINGKRIK EMANG TOP (sarung kampret mode = on)

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: cingkrik
« Reply #712 on: 15/12/2008 10:29 »
itu lah om, penamaan ini menurut ane bukan hal kecil yang bisa kita
sepelin gitu aja,
di postingan2 awal treadd ini udah beberapa kali dibahas
ttg nama2 gerak langkah di cingkrig,
seperti yang ane post di atas, jaman kong goning ngajar dulu,
juga udah dikenal penamaan ini, makanya ane rada kaget
kok ya penamaannya sama dengan sinan, gitu....

lah kenapa kok yang dikembangkan sekarang, seperti yang om tawon sebut
di atas ga ada nama nya??? ???

salam

ane kemaren udah ngobrol ame babe bambang, katanya nama jurusnya ada. ada yan gsama dan ada yang beda sayang ane lupa nyatet... tapi gampil tuh nanti ane telpon bang lufty...

alsan kenafa di Cingkrik Goning up UUTB(unit pelatihan usup utai-tubagus bambang) ngga infoin nama-nama jurus adalah biar sederhane dan gampang di inget(sambil ngedipin mate nih babe), aye pikir apakah karena di nama jurus itu termaktub "isi" dari gerakan kunci/rahasia dari jurus maka sengaja ngkali disembunyiin..atau bisa jadi karena kesederhanaan aja, kan ngkong usup itu pedagang bukan jawara(duh maaf yee ini cuma analisa ane yang masih pemula belum kenal asem garem perguruan)


misalnye(ini petikan gerakan dari salah satu jurus) ==> Buka Kanan Maju Palang ............... Singkur Gedor....Bandut........Ayun Satu... Lok A ......... ===> nah penamaan jurus sepertinye diambil dari salah satu gerakan dijurus tersebut...(maaf yhe ini cuma analisa ane aje)


oh iya aye dan abang aye sarung kampret pernah tuh di tunjukin kitabnya UUTB, lucu tuh kitab ada yang pake ketikan mesin ketik  dan ada yang masih pake tulisan tangan...(hi ... hi... hi... sumprit puyeng deh bacanye)...


kayakmya emang mantep...kalau di adain sarasehan cingkrik...tahun depan kali yee after  work shop GG...duh senengnyee...


nyoook ahhhh gawe dulu...


salam sayang

keentup tawon...
(masih puyeng ama 11, 12)

Cingkrik Goning up UUTB
(unit pelatihan Usup Utai Tubagus Bambang)
PADEPOKAN SILAT TMII
Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #713 on: 15/12/2008 10:56 »
Bukan sudah ada "Keluarga Besar Cingkrik" yang gambar logonya warna kuning sebagai wadah pemersatu cingkrikers, bang jali?

Dulu tahun 90-an atau 80-an mereka sudah kumpul di monas tuh, malah babeh meneer eddie khan datang..

Nah nanti status KOMBET sama gak dengan PUTRA BETAWI??

heheheehhehehhe :D





Syukur deh kalo ude ade. Setau ane waktu silaturahim ke Rabel kayaknya gak jalan...wadah Cingkriknye lantaran beberape kendala (secret:mode on).

Antara KOMBET sama PUTRA BETAWI mungkin sama halnya seperti KOMUNITAS SILAT INDONESIA-KOMUNITAS SAHABAT SILAT (FP2STI) dengan IPSI kali yak...(Ini sih menurut ane aje)...Ente tau ndiri dah perbedaan mobilitasnye...

Tabe'


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #714 on: 15/12/2008 10:59 »
Dear all Cingkriker's,

Ada nuansa silaturahim diantara golongan muda cingkrikers yang begitu kental dan indah...
Dan golongan jawara-jawara tua masih memegang kental tradisi cingkrik yang emang Te O Pe....

Ane silaturahim sama babeh bobby dan bang Opick di kebon sirih (dari kecil sudah dekat), telinga ane dari kecil sudah gak asing ttg cingkrik (dulu masih senang liat cingkrik kong sinan).

Keluarga besar Rawa Belong juga gak asing buat ane dari kecil saat melihat abang-abang ane dari kebon sirih belajar cingkrik.

Ane juga dekat sama Babeh Bambang dari PS Cingkrik Goning, hingga dia mempersilahkan ane melihat kitab kurikulum cingkrik goning versi beliau.

Sahabat-sahabat ane di  forum dan di komunitas juga terlalu banyak adalah cingkrikers.

Cingkrik memang berisi beberapa aliran, walau mungkin ada perbedaan, namun perbedaan mungkin gak berarti selama para cingkrikers saling tautkan hati kedalam kebersamaan. Saling menjaga, melindungi dan mencintai untuk para cingkrikers..


Sekali lagi saya ucapkan dari hati yang paling dalam Cingkrik Emang Te O Pe dech....  8) [top]

Ayo kita majukan Cingkrik !!


NB : seperti kutipan dari salah satu sahabat saya dari belanda
"perjalanan cingkrikers masih jauh...."  :D
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #715 on: 15/12/2008 11:10 »



NB : seperti kutipan dari salah satu sahabat saya dari belanda
"perjalanan cingkrikers masih jauh...."  :D
[/quote]


Emang Cingkrikers abis jalan-jalan yak...? :-X
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #716 on: 15/12/2008 11:47 »
huahahhahaha  :D

nah seperti Jali jengki bilang :

"Cingkrikers Rempug..!,...Kalau jali jengki belajar. Kalau Jali alim die mengajar. Kalau Jali Jengki sakit berobat. Kalau doi masih sakit jiwa, minum obatnya pasti telat !"
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: cingkrik
« Reply #717 on: 18/12/2008 12:30 »
Asslmkam abang 2x !!... salam kenal nih.. Ane anak tenabang tinggal di pamulang.. Kebetulan juga ane penganut singkrik kong sinan. pengen rasenye kumpul silaturahmi ame abang2x..
kasih kabar yee kalo ada acara sesama pemerhati singkrik..
wasslamkm!!

bang haji

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 1
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #718 on: 18/12/2008 12:46 »
Makasih kembali buat bang Gobrek dan bang Adam yang udah ngebales sowan malem kamis ke tempat latihan. Salam juga buat bang Marwan dan bang Apit.

Kira2 masuk akal kagak (udah ada apa belum?) kalo kite bikin database tempat2 yang ngajar cingkrik plus ama gurunye. Biar kite saling kenal dan saling hormat. Kate pepatah " Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, kalo cinta sudah melekat tai (ma'af) kambing terasa coklat"


liat dan tunggu selalu update cuap-cuap dan longok di sinancingkrik.multiply.com

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #719 on: 18/12/2008 13:32 »
Wa'alaikumsalam bang afath...salam kenal jg bang
mangkin nambah aje nih cingkrik2 Sinan..mantep dah  [top] [top]!!!
kalo bisa, di ceritain bang..belajarnye dimane n same siape??trus jg langkah2nya....biar mangkin akrab  :)

oiya..mo cerita dikit,semalem ane sama bang deprok abis silaturahmi ke tempat latiannye bang haji(rumahnye bang Aris gurunye bang haji)
seneng banget boleh ikutan nimbrung sembari nontonin Cingkrik Sinannye bang Aris sembari di empanin kopi same gorengan...mangkin sadar kalo Cingkrik tuh banyak banget ragamnye...baru sekali liat langkah Cingkrik Sinannya bang Aris..Manteppp banget,apelagi waktu kite liat sambutnye...weeeehhh keren,kalo menurut ane..ringkes,rapet n mematikan [top] [top] [top]
apelagi liat yg pade latian disono...semangat2 banget...resep jadi liatnye
n yg latian jg seneng banget ngebodor [lucu]...baru sekali dateng kyk udah berkalikali dateng sangking pade cihuyy2 orang2nye

mantep banget dah kalo semua Cingkrikers pade bisa ngumpul  [rapat]apelagi kl bisa pade akur [beer]...biar kate langkahnye beda2 tp namenye tetep "Cingkrik" [top2]

CINGKRIK EMANG TE O PE


 

Powered by EzPortal