+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263970 times)

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #735 on: 22/12/2008 00:20 »
Orang Betawi tempo doeloe waktu kecil kalo abis ngaji ke langgar ntarnye diajarin maenan ame guru ngajinye atawe ame orang tuanye.....kalo cume setepak dua tepak doang mah, ane rase mustahil kalo ampe kagak bisa mah.....

balik ke Cingkrik, kalo ane perhatiin Cingkrik Goningnye nyang di Padepokan gak ade penamaan itu mungkin ade beberape sebab musababnye.
1. Waktu pembentukan Putra Betawi, nyang ikutan masuk Putra Betawi (nyang ngikut nginduk ke IPSI entu "cuma" Cingkrik Goningnye dari pak Usup Utai yang hadir) ini di aminin ame babe Nunung sesepuh Rawabelong. Baca juga buku perguruan pencak silat Jawa, Bali dan Madura karangan george ame pak Noto Soejitno
2. Karena dengan masuknya ke IPSI, maka proses pembakuan teknik menggunakan penggantian alpabetik atau penomoran urutan pengajaran.
3. Kurikulum yang telah dicoba dibakukan oleh pak Usup Utai dilanjutkan hingga kini oleh mantunya pak Bambang Sudrajat, dan saya rasa tak masalah (namun jika para muridnya mencari mengenai info "nama jurus" yang telah diajarkan pada nara sumber lain itu boleh saja dan itu hak mereka, dan juga merupakan suatu gagasan baik sebagai penelusuran sejarah aliran) .
4. Panamaan adalah hak, namun menjaga kelestarian adalah kewajiban, jika ada orang yang merelakan "hak"nya digantikan itu adalah haknya. Namun kiranya kita arif dan bijak memandang dari segala segi, akan jauh lebih baik jika kewajiban kita sama-sama kerjakan dengan segala semangat dan pengertian akan masing-masing fungsi daripada kita kembali memperdebatkan urusan "pepesan kosong" yang malah akan memperenggang tali silaturahmi.
5. Silat untuk silaturahmi, silaturahmi untuk silat adalah kata yang cocok untuk mengakhiri permasalahan "pepesan kosong" ini.
6. Kita selalu pantau antara perbedaan karena sudut pandang dari sang guru-guru dan itu saya rasa sah dan wajar. namun sangat berbeda jika anda mengada-ada .....itu mah urusannya lain

salam hormat,


one
(belajar silat untuk takut pada kelemahan bukan untuk bangga pada kekuatan)   

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #736 on: 22/12/2008 00:44 »
  :o :o gak nyangke....... :-P
ternyate bang Iwan serius jg  [top] [top]

kite mah bhinekka tunggal ika aja dech, berbeda-beda nyang penting cingkrik jg
(mudah2an  g salah artinye), smakin banyak perbedaan (pengembangan sesuai gurunye) smakin keliatan cingkrik emang  [top] [top] [top]

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #737 on: 22/12/2008 11:49 »
hehehhe akang ane lagi buat buku yang berbeda nanti ttg cikalong.. [top]

dan saya harap beliau juga buat buku ttg cingkrik... :D

saya bukan keluarga besar cingkrik, namun saya besar dekat dengan para keluarga besar cingkrik (baik sesepuh dan tokoh2nya) yang semuanya mempunyai kebesaran jiwa dan kebaikan hati yang indah dalam diri mereka..

mudah melihat perbedaan tapi mungkin sulit untuk satukan hati..

Dari pada disini membicarakan perbedaan untuk perdebatan, bukan membicarakan perbedaan untuk menggali potensi dan kelebihan  dari tiap perbedaan, lebih baik seperti yang kang Iwan ucapkan,

" Manusia itu bukan menciptakan, tapi Alloh yang menciptakan ".

Jadi kita berserah kepada Alloh SWT dan mendoakan para Orang tua pengembang Cingkrik yang telah meneruskan rizqi sebuah permainan cingkrik kepada kita semua.


-sarung kampret-
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #738 on: 22/12/2008 12:44 »

Permisi numpang nyimak..nonton video yg di link tsb. ternyata Nasir dan Bokir emang terlihat spt pesilat betulan. Apa mrk benar2 pesilat (diluar skenario) atau gerakan2 tsb. hanya acting belaka.


Seperti kata Kang Iwan, aneh kalo orang betawi asli gak kenal pukulan barang setepak dua tepak... apalagi mengingat Kong Bokir & Kong Nasir adalah penghulu dari tokoh kesenian betawi...

Tapi nonton video-nya, waktu Kong Bokir ngedeprok dan abis itu gak bisa bangun lagi... rasanya kok jadi inget seseorang ::) <spoiler: kalau ngelihat deproknya itu, jelas bahwa beliau sebenarnya luwes dan bisa bangun sendiri kalau mau>

Back to Cingkrik,
Jadi malu, aye kagak kebagian tuh kumpul-kumpulannye... duh, muhun maap ye?
Dulu aye saban ari lewat politeknik UI, nah sekarang pas udah pindah ke Bogor, baru tau kalo ada Bang Deprok di Depok. Ibarat pepatah Cina, "Kagak nyadar gunung Salak ada di depan mata"

Soal buku, bukannya Bang Jali lagi nulis-nulis soal Cingkrik tuh?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: cingkrik
« Reply #739 on: 22/12/2008 18:04 »
boleh bang jali, insya Allah Malem kemis ane silaturahmi ke rumah bang aris,tadi baru aje bang haji nelpon ngundang ane.Makasih bang haji, Mudah2xan semua yg ade di sini bisa kumpul ye malem kemis nti..

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #740 on: 22/12/2008 20:16 »
Manteppp nih bang Afath...yuk cingkrikers..kite rame2 sowan ke tempatnye bang Aris !!!
malem kemis ini ye...
ade baeknye bang haji kasih ancer2 rumahnye bang aris nih biar kl ada nyang mo nyusul kagak kesasar...kl yg ane tau sih setelah setubabakan dan sebelum APP..nama gangnye ane lupa  :P


Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #741 on: 22/12/2008 20:32 »
bang gobrek, buah pepaya buah mangga,enaknye diasinin...kalo saya datang juga,mohon diizinin..heheheh ribet amat dah pantunnye,,,kasi tau ancer2nye ye bang ...


debuls van beck

ancer2nye ane jg kurang paham nih nama2 jalannye..nih yg ane bisa gambarin ye...
kl pas bang Popon lg jaga malem..ane sama bang deprok latiannye dibelakang pos security belakang poltek ui
cuman kl bang Popon lg kagak jaga malem..ane latian(sebenernye sih cuman banyakan ngobrolnye nih hehe :D) dirumahnye bang Popon..ancer2nye rumah bang popon kl dr poltek ui pan ade jalanan setapak tuh yg buat ke perkampungan...nah ikutin aje tuh jalan sampe ente ketemu lapangan bola sebelah kiri..terus lg, kira2 200meter nti ente telp ane deh...nti ane samperin  ;D
ade baeknye sih sebelum ente jalan telp ane dulu soale takut2 ane lg kagak latian...'ni aje dah ampir 2 bulan kagak latian  :-[
ni kl mo helo helo rojer rojer ane..0818993530

bocah tua nakal

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 54
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #742 on: 22/12/2008 21:20 »
Wah kebetulan n  ke beneran, ane juga boleh dong ikut bang Deprok, pan rumah ane di Citayam jadi kalo ke UI ga begitu jauh. Boleh kan bang?


salam

rajatawon

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 0
Re: cingkrik
« Reply #743 on: 23/12/2008 00:33 »
Salam kenal buat semuanye,

malem kemis itu pas malem natalan yak, aye dulu sering ke UI, tapi ngga pernah tau kalo ada latiannya cingkrik deket situ. Kayaknya ada waktu tu ke depok, boleh ikutan ngga bang.

-OttoF-ikutancingkrikgoningbelomsetahunan


Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #744 on: 23/12/2008 05:48 »
wah...wah...malem liburan eni ye pade ngumpul?? aye pass dulu ye..berhubung encing ane baru pulang haji...tapi insya ALLAH ane hadir di lain waktu.

@bang gobrek ane catet no.hp nye ye.

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #745 on: 23/12/2008 08:49 »
sekalian main ke padepokan sarung kampret gak nih??  :D

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: cingkrik
« Reply #746 on: 23/12/2008 09:39 »
padepokan sarung kampret di mane tuh bang? ...

bang haji

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 1
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #747 on: 23/12/2008 10:22 »
Assalamualaikum

Ancer2 nye kalo mau ke rmh bang aris : dari setu babakan terus aje kearah APP, nah sebelum APP ade namenye "jalan Nalim" sebelah kiri. Nah dari situ masuk tanyain rumah bang Aris. Ataw ketemu jalan Nalim tlp ane insya Allah malem Kemis ane ade di situ.

Ahlan wasahlan Cingkrikers

Moga-moga kite bisa saling sowan, buat bang Gobrek ame bang Deprok,kapan nih kite diundang ke UI?   

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #748 on: 23/12/2008 12:13 »
padepokan sarung kampret di mane tuh bang? ...

dirumah sarung kampret lah kalau di Cianjur mah padepokan Pancer Bumi dong !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #749 on: 23/12/2008 12:39 »
 [lucu]kaya tamu aje diundang...... kapanpun abang mau dan pas kite ada pasti kite anter dech  ::)

gimane tuch undangan dari padepokan sarung kampret.... kopi item lagi nich, pastinye pulang bawa ole2 sejurus dua jurus mach kinclong [top]

 

Powered by EzPortal