+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263630 times)

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #105 on: 08/08/2007 21:01 »
sepertinya pernah diangkat maslah pernafasan dengan langkah 3
ada yg bisa ceritain nda........
soale di cingkrik rawa belong ane pernah mencoba
  ;D

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #106 on: 09/08/2007 13:22 »
oke dah ane duluin, itung-itung ngebalakin....Latihan Cingkrik Goning di Padepokan Pencak Silat Taman Mini :), sabtu mulainye sih jam 9 an pagi  kecuali kalo nyang dateng pade telat ;D selesainye ba'da dhuhur 8)....disono bisa ketemuan ame ane, Bang Eryanto Nugroho, Bang Yudhy (puragabaya kalo kite bilang pura-pura begaya biar dikate bahaya ;D), Syech Nizam Al Zamzamy [lucu], Ujang Baden (Witarsa), Ki Sawung (kalo gak ade halangan ::)), Bang Ajat....dll, terakhir gurunye nyang kecil tapi galak Babe Tb Bambang S ;D...

entu dulu aje deh,


salam ^:)^,


one

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #107 on: 09/08/2007 22:31 »
oke dah ane duluin, itung-itung ngebalakin....Latihan Cingkrik Goning di Padepokan Pencak Silat Taman Mini :), sabtu mulainye sih jam 9 an pagi  kecuali kalo nyang dateng pade telat ;D selesainye ba'da dhuhur 8)....disono bisa ketemuan ame ane, Bang Eryanto Nugroho, Bang Yudhy (puragabaya kalo kite bilang pura-pura begaya biar dikate bahaya ;D), Syech Nizam Al Zamzamy [lucu], Ujang Baden (Witarsa), Ki Sawung (kalo gak ade halangan ::)), Bang Ajat....dll, terakhir gurunye nyang kecil tapi galak Babe Tb Bambang S ;D...

entu dulu aje deh,



salam ^:)^,


one

Salam Pentjak...
Gile..be..eng... cingkrik.. dibalakin .....(emangnya "maempo"ker[/i]  ;D)...
weleh nama ane disebut lagi...(bang 1 pegimane seh..! entar ane  :)p sama TBS)
tapi pernah juga di milis silatbogor untuk yang mau belajar cingkrik sinan....sama kontaknye......ah ane lupa lagi.... :( (kayaknya sama yang pernah di'lipet' sama TBS , dulu yang sewaktu forum diskusi silat cingkrik  ::) )

eh iya.....forum kapan donk diskusi lagi...nih...!

kang QQ masih punya kopian dok cingkrik ngga ? (film yang ane simpen di Hdd kena format euy.... :'( )

salam pentjak.....

nb......
uda parewa, buku di"pinjam" TBS sabtu baru di bawa.....

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #108 on: 10/08/2007 11:09 »
Latihan Cingkrik Rawa Belong, Beji-Depok setiap malem minggu jam 8 mlm (kl gak ngaret jg  :w) sampe jam 1 malem...

latihannya di Pos belakang Poltek UI kl pas bang popon jaga  [polisi], ato di lapangan deket rumah bang Popon di Belakang poltek UI..

yg latihan ada ane(dendy a.k.a Gobrek 8)) ..Adam (Deprok), iwan(Longok),Apit sang raksasa,ebe (pendekar tangan basah)..n ada anggota baru dr Lenteng agung Mas anwar n mas Hisyam (kl gak salah) :P..gurunye bang Popon ato asisten pelatihnya bang Harun..utk CP nya hub. aja lsg ke bang popon (021)7760839

 [thank] sekian sekilas infonya.. [run]
« Last Edit: 10/08/2007 11:12 by gobrek »

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #109 on: 10/08/2007 19:14 »
oke ...makasih infonya Bang, no ane 0888 155 22 90, Ujang Baden 0856 853 11 08 (021-856 38 42), bang Yudhi...mas Ery ..Seyech Nizam Al Zamzamy... [lucu], ajat dll nunggu nih kapa kita temuan....sekalian kita ngobrol. Banyak yang harus kita bahas sebenernya bang.... ???

salam,


one

Kang Yana

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 54
  • Reputation: 13
Re: cingkrik
« Reply #110 on: 10/08/2007 21:01 »
Salam Kenal Pak Herry Masfar,

Kagum dan salut atas perjuangannya, memperkenalkan 32 tahun nama Cinkrik di Eropa dan USA. Memang perjuangan Bang Pitung melalui Maenpo Cikrik belum selesai sangat setuju. Si pitung yang sudah menjadi Robin Hood bangsa Indonesia yang prihatin melihat bangsa terjajah ratusan tahun dan munculnya pembodohan dan kemiskinan.

Bapak benar2 seorang "kesatria" berani membubarkan nama perguruan Cingkrik yang telah berjalan 32 tahun cabang2 Eropa dan USA suatu perjuangan yang tidak mudah.
Satu lagi terjalin silaturahmi Pak Herry Masfar dan Pak Herry Masfar merupakan hikmah bagi murid2 Cingrik ke dua belah pihak.

Memang benar dalam satu perguruan yang bernama / aliran  sama akan ada perbedaan ucap,langkah,gerak,teknik, naf's, dzikir , ritual dan acting (penyebaran Cingkrik 32 tahun cukup lama).

Salam PERSILAT
Kang Yana
www.silatpdusa.com

bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #111 on: 10/08/2007 23:02 »
Daripada ngeributin "pepesan kosong", mendingan ane mau tanya ke Bang Gobrek. Bagaimana kalau malam Minggu besok (11/08/2007) atau lain waktu ane maen ketempat latihan ente. Boleh nggak ?

BANG AJAD CINGKRIK GONING

deprok

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 42
  • Reputation: 2
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #112 on: 12/08/2007 14:24 »
Ass..
Sebelumnya maaf nich baru liat (telat),
Dengan senang hati...........silahkan n bagaimana jika Insya Alloh minggu depan 18/8/07
jadi g enak... yang mudaan dikunjungi (baru belajar) 
 :)

Kobok Muka

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 31
  • Reputation: 2
  • ...by way of deception, thou shalt do war...
Re: cingkrik
« Reply #113 on: 12/08/2007 16:40 »
salam pentjak
ini dia s :D

bener kata one hampir jadi bungkus kacang rebus  :'( tpi kagak jadi  :w
ini dia di ambil dari posmetro
 
HIKAYAT KELUARGA BESAR BANG BALONG

Mengapa kampung yang kini terpecah ke dalam beberapa kelurahan di wilayah Jakarta Barat dan Selatan itu disebut Rawa Belong?
Pada hal saat ini dalam administrasi di pemerintahan tidak tercatat adanya Kelurahan Rawa Belong. yang ada hanya Kelurahan Sukabumi Ilir, Sukabumi Utara Grogol Utara dan kelurahan lainnya.
Seperti yang dikisahkan Komarudin, tokoh masyarakat betawi yang juga Ketua Umum PERWABI, di daerah ini dulunya terdapat sebuah rawa, mungkin saat ini terletak dekat pertigaan Rawa Belong yang menghubungkan jalan Kebayoran lama, jalan Palmerah dan jalan Rawa Belong.
Di pinggir rawa itu hidup sebuah keluarga yang sangat dermawan terhadap yang lemah. Namanya keluarga Bang Balong. Bang Balong memiliki tanah yang sangat luas dan ternak yang banyak.
Daerah ini, dulunya memang merupakan daerah subur perkebunan, pesawahan yang berawa-rawa dan juga masih terdapat hutan. Mata pencaharian penduduk rata-rata berkebun, menanam padi dan berternak. Kemakmuran tanah Rawa Belong mulai menyusut ketika Belanda terus mencengkram meraka. Mereka pun kemudian hidup dibawah garis kemiskinan. Bang Balong sedikit dari pengecualian nasib warga betawi saat itu. Namun menurut Suwarno Ayub, meski sangat demawan terhadap sesama, ada kelemahan Bang Balong yang kemudian menjadi beban hidupnya. Ia gagal mengurusi urusan domestik dalam hal keluarga. Bang Balong ternyata doyan kawin, memiliki istri banyak dan tentu saja anak-anaknya juga sangat banyak. Meski tidak ada yang tahu alasan kuat apa yang membuat (Bang) Balong suka menikah. Apakah karena sunah atau memang memiliki syahwat yang tinggi. Tidak ada yang tahu.
Keluarga (Bang) Balong yang banyak itu pada awalnya memang hidup rukun-rukun saja. Tak ada percekcokan  diantara meraka. Dalam banyak kesempatan mereka berkumpul di rumah (Bang) Balong yang besar. Saling canda dan memahami satu sama lainnya, baik natara sesama istri (Bang) Balong maupun anak-anaknya.
Namun suatu ketika, setelah anak-anak itu dewasa, mereka mulai menuntut hak warisan. Kondisi itu diperpanas oleh istri-istri (Bang) Balong yang mempengaruhi anak mereka masing-masing agar kebagian lebih dari harta warisan itu. Maka konflik keluarga pun akhirnya tidak dapat dihindari. Makin hari suasana keluarga Bang Balong tambah kacau. Tentu saja hal ini sangat membebani pikirannya. Akhirnya ia jatuh sakit dan meninggal.
Warga sekitar sangat prihatin dengan penderitaan dan beban hidup yang ditanggung Bang Balong. Padahal mereka tahu lelaki betawi itu sangat demawan terhadap sesama. Selama hidupnya, tak sedikit warga yang mendapat pertolongannya. Apalagi saat itu jaman penjajahan, rakyat pribumi sangat hidup menderita.
Jika berhutang ke tuan tanah atau rentenir Arab dan Cina, mereka dibebani bunga uang yang tinggi. Bang Balonglah yang menolong mereka dengan ikhlas. Ia tidak pernah menarik bunga dari uang yang dipinjamkannya, karena ia tahu bunga uang adalah riba. Dan riba itu diharamkan dalam agama. (SP)

POSMETRO,Sabtu tanggal 22 Maret 2003

itu dia sekelumit ceritera ASAL RAWE BELONG...........
SEKALI CINGKRIK TETAP CINGKRIK........................

SALAM PENTJAK


kalo setahu saya sih, dr hasil tanya2, namanya Rawa Belong bukan karena ada orang bernama Bang Balong tapi dari kata Balong (bahasa Sunda) yang artinya "Kolam" karena ketika itu Rawa yang ada disana hanya sedikit memiliki tumbuhan aquarial, sebaliknya memiliki banyak air, seperti kolam.

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #114 on: 12/08/2007 22:35 »
salam pentjak

Si Ateng bawa kayu....
Tengkyu...................
^:)^  ^:)^ bang "kobok" atas koreksinya..... [top] atas sejarah rawa belong.
Memang "Balong" dalam bahasa sunda adalah kolam atau genangan air yang ..............dst. (menurut kamus Bahasa Indonesia). Tulisan itu saya hanya menulis ulang, tulisan yang terdapat pada surat kabar yang bersangkutan.
Jadi apa adanya, tanpa tambahan (kecuali dalam kurung  :'( itu doang sumpe bang ane juzur.....  :) )
soalnye inikan lagi Diskusi Silat Cingkrik (jadi kalau buka sejarah dikit bolehlah
ane cuma "buka" sejarah dikit aja.....takut sama ki sawung, nanti dibuatin diskusi khusus tentang "SEJARAH RAWA BELONG"  :D dan takut meluas jadi ngebahas yang lain yang tidak ada hubungan sama silat... :o

En kemarin ada "kunjungan" alias silatturahmi dari perguruan cingkrik lain..........
(yah selain dari "Babe" Kustiawan.....kemane aje....kagak keliatan....sibuk be.... ???.)
dan "bonus"nya ini....kita jadi tau dikit tentang "keberadaan" silat bongkot dan perguruan P.S.R.I. Syahbandar (hayo....ki 'buka' dong 'dikit'  ;D biar tau agak 'banyakan')

Dari (kalau saya bisa bilang) saudara cingkrik saya ,bang hasan, memang ada kesamaan baik langkah gerakan dan aplikasi..walaupun itu berbeda nama gerak,langkah atau perguruan... sehingga jika mungkin suatu hari (ini juga suatu hari...nanti lho) ada wadah silatturahmi perguruan-perguruan cingkrik betawi...

sekali cingkrik tetep........nyingkrik......
salam pentjak
 



aircadas

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #115 on: 12/08/2007 22:55 »
salam pentjak
ini dia s :D

bener kata one hampir jadi bungkus kacang rebus  :'( tpi kagak jadi  :w
ini dia di ambil dari posmetro
 
HIKAYAT KELUARGA BESAR BANG BALONG

Mengapa kampung yang kini terpecah ke dalam beberapa kelurahan di wilayah Jakarta Barat dan Selatan itu disebut Rawa Belong?
Pada hal saat ini dalam administrasi di pemerintahan tidak tercatat adanya Kelurahan Rawa Belong. yang ada hanya Kelurahan Sukabumi Ilir, Sukabumi Utara Grogol Utara dan kelurahan lainnya.
Seperti yang dikisahkan Komarudin, tokoh masyarakat betawi yang juga Ketua Umum PERWABI, di daerah ini dulunya terdapat sebuah rawa, mungkin saat ini terletak dekat pertigaan Rawa Belong yang menghubungkan jalan Kebayoran lama, jalan Palmerah dan jalan Rawa Belong.
Di pinggir rawa itu hidup sebuah keluarga yang sangat dermawan terhadap yang lemah. Namanya keluarga Bang Balong. Bang Balong memiliki tanah yang sangat luas dan ternak yang banyak.
Daerah ini, dulunya memang merupakan daerah subur perkebunan, pesawahan yang berawa-rawa dan juga masih terdapat hutan. Mata pencaharian penduduk rata-rata berkebun, menanam padi dan berternak. Kemakmuran tanah Rawa Belong mulai menyusut ketika Belanda terus mencengkram meraka. Mereka pun kemudian hidup dibawah garis kemiskinan. Bang Balong sedikit dari pengecualian nasib warga betawi saat itu. Namun menurut Suwarno Ayub, meski sangat demawan terhadap sesama, ada kelemahan Bang Balong yang kemudian menjadi beban hidupnya. Ia gagal mengurusi urusan domestik dalam hal keluarga. Bang Balong ternyata doyan kawin, memiliki istri banyak dan tentu saja anak-anaknya juga sangat banyak. Meski tidak ada yang tahu alasan kuat apa yang membuat (Bang) Balong suka menikah. Apakah karena sunah atau memang memiliki syahwat yang tinggi. Tidak ada yang tahu.
Keluarga (Bang) Balong yang banyak itu pada awalnya memang hidup rukun-rukun saja. Tak ada percekcokan  diantara meraka. Dalam banyak kesempatan mereka berkumpul di rumah (Bang) Balong yang besar. Saling canda dan memahami satu sama lainnya, baik natara sesama istri (Bang) Balong maupun anak-anaknya.
Namun suatu ketika, setelah anak-anak itu dewasa, mereka mulai menuntut hak warisan. Kondisi itu diperpanas oleh istri-istri (Bang) Balong yang mempengaruhi anak mereka masing-masing agar kebagian lebih dari harta warisan itu. Maka konflik keluarga pun akhirnya tidak dapat dihindari. Makin hari suasana keluarga Bang Balong tambah kacau. Tentu saja hal ini sangat membebani pikirannya. Akhirnya ia jatuh sakit dan meninggal.
Warga sekitar sangat prihatin dengan penderitaan dan beban hidup yang ditanggung Bang Balong. Padahal mereka tahu lelaki betawi itu sangat demawan terhadap sesama. Selama hidupnya, tak sedikit warga yang mendapat pertolongannya. Apalagi saat itu jaman penjajahan, rakyat pribumi sangat hidup menderita.
Jika berhutang ke tuan tanah atau rentenir Arab dan Cina, mereka dibebani bunga uang yang tinggi. Bang Balonglah yang menolong mereka dengan ikhlas. Ia tidak pernah menarik bunga dari uang yang dipinjamkannya, karena ia tahu bunga uang adalah riba. Dan riba itu diharamkan dalam agama. (SP)

POSMETRO,Sabtu tanggal 22 Maret 2003

itu dia sekelumit ceritera ASAL RAWE BELONG...........
SEKALI CINGKRIK TETAP CINGKRIK........................

SALAM PENTJAK


kalo setahu saya sih, dr hasil tanya2, namanya Rawa Belong bukan karena ada orang bernama Bang Balong tapi dari kata Balong (bahasa Sunda) yang artinya "Kolam" karena ketika itu Rawa yang ada disana hanya sedikit memiliki tumbuhan aquarial, sebaliknya memiliki banyak air, seperti kolam.

Koreksinya di terima abang Kobok_muke
Tapi kalo ane baca ini baru sebatas tulisan dari koran tentang legenda, jadi belum yang sebenernye bang!. tapi menurut ane sih, kagak masalah sih buat nambah bahan legenda batavia

Eit...ttt, Silat Bongkot, wah boleh tuh abang, kasih kilasan dikit aje atau kalo bahannya sudah ada bikin thread baru aje bang, ane liat di belande nama silat ini ada, apakah sama bang ???

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #116 on: 13/08/2007 07:40 »
iya tuh Bongkot kalo menurut pak Noto udah gak ada di kita, kalo di Belanda banyak yang jadi pengurus NPSB, dan urutan 1 untuk nomor anggota PERSILAT di Belanda...kalo kita nemuin infonya, keren punya tuh... [top] [top] [top]

kalo Cingkrik threadnya udah jelas kayaknya ya bang 8), tinggal bareng nyusun sejarahnya ama guru-guru, biar lebih "shahih"....

itu aja dari saya


one

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #117 on: 13/08/2007 09:26 »
iya tuh Bongkot kalo menurut pak Noto udah gak ada di kita, kalo di Belanda banyak yang jadi pengurus NPSB, dan urutan 1 untuk nomor anggota PERSILAT di Belanda...kalo kita nemuin infonya, keren punya tuh... [top] [top] [top]

kalo Cingkrik threadnya udah jelas kayaknya ya bang 8), tinggal bareng nyusun sejarahnya ama guru-guru, biar lebih "shahih"....

itu aja dari saya


one

Akuur kang Iwan...ane bantu hunting sebisanye deh... [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #118 on: 13/08/2007 10:17 »
Daripada ngeributin "pepesan kosong", mendingan ane mau tanya ke Bang Gobrek. Bagaimana kalau malam Minggu besok (11/08/2007) atau lain waktu ane maen ketempat latihan ente. Boleh nggak ?

BANG AJAD CINGKRIK GONING

boleh banget bang Ajad  [fruit]...cuma mohon maaf ^:)^, malem minggu kmrn (11/08/07)gak ada latihan..krn banyak yg lg gak bisa, tp InsyaAllah malem minggu besok (18/08/07) kita pade latihan..kemungkinan jadwalnya kite latihan di pos belakang poltek ui krn pas bang popon jaga [polisi]...
betul jg kate bang deprok...kite yang mudaan malah di kunjungin... ^:)^ ^:)^ ^:)^ sori jg baru ngereply krn baru balik dr luar kota..n baru ni hari bacanya..
oiye...utk kontek2an nya bisa ke - Adam (0811846665), Dendy (0818993530)

rgds
dendy...


« Last Edit: 13/08/2007 10:20 by gobrek »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #119 on: 13/08/2007 12:13 »

soalnye inikan lagi Diskusi Silat Cingkrik (jadi kalau buka sejarah dikit bolehlah
ane cuma "buka" sejarah dikit aja.....takut sama ki sawung,

weleh weleh weleh ... hihihi...  ^:)^


nanti dibuatin diskusi khusus tentang "SEJARAH RAWA BELONG"  :D
nah ini dia informasi yang mantap punya..... awas yak kalo ga jadi dibuat  [polisi]

En kemarin ada "kunjungan" alias silatturahmi dari perguruan cingkrik lain..........
(yah selain dari "Babe" Kustiawan.....kemane aje....kagak keliatan....sibuk be.... ???.)
babe kustiawan lagi sibuk mancing ikan di pemancingan   :w

dan "bonus"nya ini....kita jadi tau dikit tentang "keberadaan" silat bongkot dan perguruan P.S.R.I. Syahbandar (hayo....ki 'buka' dong 'dikit'  ;D biar tau agak 'banyakan')
iya.. aku pernah bertemu ama beliau HZA. Arifin penerus dari Bpk Saturi alm. [top]

Dari (kalau saya bisa bilang) saudara cingkrik saya ,bang hasan, memang ada kesamaan baik langkah gerakan dan aplikasi..walaupun itu berbeda nama gerak,langkah atau perguruan... sehingga jika mungkin suatu hari (ini juga suatu hari...nanti lho) ada wadah silatturahmi perguruan-perguruan cingkrik betawi...

mantap...  [top]

sekali cingkrik tetep........nyingkrik......
salam pentjak

ajarin dunks caranya nyingkriks...  [lucu]


 

Powered by EzPortal