+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263621 times)

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #900 on: 07/12/2009 14:17 »
balik ke diskusi cingkrik ya... 8)
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Destroyer9

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 79
  • Reputation: 0
  • Ingin Mengenal Silat,Banyak Bertanya.
    • Email
  • Perguruan: Tarung Derajat,Merpati Putih
Re: cingkrik
« Reply #901 on: 07/12/2009 14:21 »
Tepat latihan dimana Mas..?!

Biaya..?! Waktu latihan..?!

Cingkrik Sinan atau Singkrik Goning..?!

Kan, qlo gak salah ada 2 ya..?!

Info ya Mas..?!

Makasih...
Saya ingin mengenal Silat, Mohon bantuan

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #902 on: 07/12/2009 14:31 »
Cingkrik itu bukan dua aja mas.... ada banyak saat2 ini....

Cingkrik Kong Sinan,Cingkrik Kong goning, Cingkrik Rasa, Cingkrik kombinasi, Cingkrik kong Ali, Cingkrik kong Sakam, Cingkrik Rawa belong, etc...

Banyak banget... kalau mau belajar cingkrik yang sini tahu ada di depok, padepokan tmii, kalau di Rawa belong pusatnya tuh... ibarat hape roxy model2 jenis cingkrik ada disitu bang. (malah di Eropa juga ada ...)


"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

resto

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 62
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #903 on: 07/12/2009 14:59 »

Praktisi cingkrik teryata tidak seperti yang ane kira, teryata di balik layar ada salah satu guru dari silat cingkrik ada yang tidak suka dengan sahabatsilat apalagi dengan Forum Pelestari silat tradional Indonesia. ane rasa bukan rahasia umum siapa orang itu krn dia ngomong itu sama siapa saja. menurut guru tersebut adalah "selama ini gw ngga butuh di lestarikan sama forum kayak ginian" kata sesepuh itu.  maksudnya apa sih, kebetulan ane denger langsung. ada yang bisa jawab nggak?

(ini bukan provokasi, ane ngga nyebut nama dan jangan sampe nyebut nama loh)


wah  ini salah nih.. ini Forum mencoba netral ke segala lapisan walau forum dengan modal dari anggotanya masing... forum hanya sebuah komunitas yang jelas mencoba buat melestarikan.

Memang pernah terjadi kesalah fahaman ttg hal ini, tapi saya rasa para guru2 mulai mengerti nih..

Kami ini manusia pasti punya salah, lagian kita ini independent banget yang gak dibantu dari salah satu sponsor manapun.Ini adalah hasil wujud para komunitas yang pecinta silat bukan badan pemerintah.

dan mohon maaf ini adalah thread ttg para Cingkrikers, jadi jangan memperluas masalah disini.

Kalau mau buka thread baru buat uneg2 ke Forum.

Dibukanya situs ini untuk sharing ilmu pengetahuan bukan sharing keributan.



-I Love Cingkrikers-


Maaf buat kawan-kawan lainnya kalau postingan di anggap menyimpang
yang ane tulis di atas sebenarnya karena rasa PRIHATIN yang amat sangat, dimana para sahabatsilat disini bersemangat seperti yang kang sarung katakan di atas akan tetapi ada beberapa OKNUM yang masih membuat opini publik untuk memojokkan sahabatsilat.com
Hanya itu yang ingin ane katakan. selebihnya mohon maaf


Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #904 on: 07/12/2009 16:32 »

Praktisi cingkrik teryata tidak seperti yang ane kira, teryata di balik layar ada salah satu guru dari silat cingkrik ada yang tidak suka dengan sahabatsilat apalagi dengan Forum Pelestari silat tradional Indonesia. ane rasa bukan rahasia umum siapa orang itu krn dia ngomong itu sama siapa saja. menurut guru tersebut adalah "selama ini gw ngga butuh di lestarikan sama forum kayak ginian" kata sesepuh itu.  maksudnya apa sih, kebetulan ane denger langsung. ada yang bisa jawab nggak?

(ini bukan provokasi, ane ngga nyebut nama dan jangan sampe nyebut nama loh)


wah  ini salah nih.. ini Forum mencoba netral ke segala lapisan walau forum dengan modal dari anggotanya masing... forum hanya sebuah komunitas yang jelas mencoba buat melestarikan.

Memang pernah terjadi kesalah fahaman ttg hal ini, tapi saya rasa para guru2 mulai mengerti nih..

Kami ini manusia pasti punya salah, lagian kita ini independent banget yang gak dibantu dari salah satu sponsor manapun.Ini adalah hasil wujud para komunitas yang pecinta silat bukan badan pemerintah.

dan mohon maaf ini adalah thread ttg para Cingkrikers, jadi jangan memperluas masalah disini.

Kalau mau buka thread baru buat uneg2 ke Forum.

Dibukanya situs ini untuk sharing ilmu pengetahuan bukan sharing keributan.



-I Love Cingkrikers-

trima kasih kang sarkem,
dengan postingan sdr sarkam di atas, persoalan ini sudah tidak perlu diperpanjang lagi.
kang resto diharap tidak memunculkan lagi tulisan yang dapat memancing kontroversi.
diskusi ttg cingkrig sangat bermanfaat buat para sahabat lainnya, jadi ayo dilanjut diskusi nya....

resto

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 62
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #905 on: 07/12/2009 17:22 »
@Ocid

Bang Ocid maaf dech kalo tulisan ane terlalu kontraversi, awalnya ane cuma mau tanya kenapa tuh oknum guru ngomongnye kok kayak gitu di depan umum, apalagi ada beberapa teman yang jadi anggota forum pelestari silat tradional. okelahkalobegituuuuu [[peace2]]

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #906 on: 07/12/2009 19:38 »
dalam setiap perjalanan tidak semuanya mulus dan enak, kalau terjadi hal yang demikian mungkin itu adalah salah satu tanjakan atau curam yang harus kita lalui. Sejak pembuatan awalnya kita juga sering menerima cibiran. Jangankan dari luar, lha dari dalam sendiri kadang mencemoohkan diri. Kenapa musti buat forum, sahabat silat dan silatindonesia? padahal kita tahu bahwa hal itu sama sekali tidak menguntungkan (malah merugikan secara materi, waktu, tenaga dan pikiran), dan itu juga bukan kerjaan ringan yang tentunya bukan kerjaan kami dan kita. Lalu kenapa kita mau? Itu adalah pilihan...karena dari sebegitu banyak anak bangsa ternyata ketika kita mulai, toh banyak yang peduli dengan pencak silat ini. Kita kadang frustasi dengan keadaan (beberapa kali keinginan untuk cabut berhenti bahkan keluar kadang dengan gampang mulus keluar mulut ini) Nah, yang jadi pertanyaan, ketikan kita mundur beramai-ramai, akankah ada yang meneruskan? Akankah kembali kita tidak peduli dan cuek dengan kenyataan bahwa tingkat kepedulian kita akan pelestarian (jangankan pelestarian, mempublikasikannya pun kita lihat minim) budaya bangsa yang adiluhung ini minim dan nyaris tak bergema. Dengan segala keterbatasnya tentu baik forum, ss dan sI menyadari hal itu, namun akankah harus mundur karena keterbatasan, atau berusaha dengan segala keterbatasan? saya rasa pilihan kedua itu yang lebih arif.

ketika berbicara puas dan tidak, maka itu adalah relatif dan sulit kita ukur. Mungkin karena tingkat kepuasannya itu tidak mungkin terpenuhi adalah hal yang wajar tidak memerlukan forum, ss dan sI. Begitu juga sebaliknya, apa yang telah dikerjakan bukanlah untuk mencari popularitas atau memenuhi kepuasan semua pihak, namun sumbangsih ini adalah ketulusan hati anak bangsa akan budayanya. ketika diakui atau tidak, saya rasa biarlah masing-masing kita nilai. Namun sekali lagi karena ini adalah pertanyaan, saya rasa kita berkewajiban menjawab dan tak merasa perlu kita terpojok dan tersudut. Karena kita bersama adalah anak bangsa yang peduli akan pencak silat, nah jika yang bersangkutan tidak peduli dengan forum, ss, dan sI saya rasa kenapa memaksanya untuk peduli dengan kita? toh itu adalah haknya.....

mungkin jawaban ini terlalu normatif, namun pada intinya apa yang telah, sedang dan akan di kerjakan baik forum, ss dan sI itu semua adalah bentuk peduli kita pada budaya. Nah, kalau bukan kita, siapa lagi? Pendapat guru itu mungkin karena ketidaktahuannya, forum sendiri bukanlah wadah karantina pelestarian yang mengekang yang bersifat otoriter mengatur. Namun adalah wadah silturahmi / silaturahim para pesilat yang peduli akan kelestarian silatnya, sedangkan kegiatan hanyalah bentuk penjelmaan dari kepedulian itu....dan yang utamanya adalah silaturahmi/silaturahim nya yang dijaga. Dari semua yg telah kita kenal dan jalin  tali silaturahmi / silaturahim nya kita selalu terus  jaga...adakah yang lebih penting dari itu? saya rasa tidak...

wassalam,


Iwan Setiawan

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #907 on: 08/12/2009 07:54 »
Udah lama nggak dengar kat2 bijak kang one. Thx..

PariGesit

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 146
  • Reputation: 4
  • Gesit Berkelit
Re: cingkrik
« Reply #908 on: 08/12/2009 08:49 »
Cingkrik itu bukan dua aja mas.... ada banyak saat2 ini....

Cingkrik Kong Sinan,Cingkrik Kong goning, Cingkrik Rasa, Cingkrik kombinasi, Cingkrik kong Ali, Cingkrik kong Sakam, Cingkrik Rawa belong, etc...

Banyak banget... kalau mau belajar cingkrik yang sini tahu ada di depok, padepokan tmii, kalau di Rawa belong pusatnya tuh... ibarat hape roxy model2 jenis cingkrik ada disitu bang. (malah di Eropa juga ada ...)


wahhh...
banyak juga yaa variannya ?

masing2 ini punya akar yang sama yaa?
kalo dr tulisan kang sarungkampret diatas, akarnya dr yang Rawa belong yaa?
(rawa belong ini nama tempat khan?)

dr masing masing varian ini pasti punya ciri khan dan spesialisasi sendiri,
ada yang bisa share ?

makasih
depresi bisa disembuhkan, namun harus sgr diperiksakan,
Jangan terlalu lama mencoba mengatasi sendiri, ntar Temennya jd ikut frustasi

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #909 on: 08/12/2009 13:20 »
variannya jelas banyak dong... dan jelas cingkrik sendiri membentuk dari silatnya untuk seorang pesilat membentuk "kebebasan berpikir".

Kalau seorang pesilat cingkrik merasa kurang akan silatnya, itu bukan kesalahan dari ilmu silat cingkriknya, tapi pendalaman ilmu hingga menjiwai ilmu cingkriknya yang kurang.

Cingkrik itu TOP banget dan sudah terkenal seantero pencak silat keampuhannya.

Masalah akar yang sama.... nah ini saya bingung jawabnya... permainan cingkrik itu saya rasa (sepengetahuan saya) dari akar yang sama. tapi kalau cingkrik ini dari Ki Maing atau yang lain ini juga masih pencarian titik awal di sejarahnya. Walau saya bukan pesilat cingkrik, tapi saya bangga dengan cingkrik dan bangga menjadi kawan2 cingkrikers yang sifat kebetawi-an nya sangat terasa "kumpul2x" , "senang2x", "ketawa ketiwi" dan gak jauh dari kopi !!

Cingkrikers adalah kumpulan para pesilat cingkrik, walau tongkrongannya jawara tapi isinya ramah tamah banget, I Love cingkrikers !!

Sayang cingkrikers ini masih belum ada yang buat wadah secara pasti buat bentuk2 kegiatannya.....selain dulu berkumpul di monas..

Rawa Belong itu nama tempat, coba deh cari Bang Bachtiar or Babeh Nunung dan guru2 pengajar cingkrik di Rawa belong.

Kalau masalah ciri dari varian itu jelas ada dong !! cuman mata memandang akan beda2 pendapatnya, Kalau buat sini yang bukan ahli silat or ahli cingkrik. semuanya KEREEEN !! [[jogetlah]]

nah yang lain silahkan share !!
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #910 on: 08/12/2009 14:05 »
Kl saya membayangkan seperti CMA, contohnya taichi chuan.
Taichi Chuan ada 5 aliran besar : Chen, Yang, Hao/Wu, Wu dan Sun..blm lagi aliran2 kecilnya.
walau berbeda gerakan,bahkan ada yang ekstrim spt Yang dg Chen.. namun mereka memiliki 'benang merah' dan cirikhas tersendiri sehingga mereka pantas menyandang nama Taichi Chuan.

Nah, kl cingkrik ini memiliki cirikhas apa yang menjadi benang merah antar alirannya?
Dg begitu gak sampe sesama cingkrikers gontok2an krn menganggap aliran lain palsu.

Mohon infonya ...

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #911 on: 08/12/2009 15:56 »
kalau gontok2an sih Insya Alloh gak ada...
Dan semuanya Insya Alloh asli walau campur modifikasi....

tapi kalau benang merahnya ya jurus cingkrik mereka ada kesamaan kok....
Setahu saya yang sering berjumpa dengan para jawara cingkrik, Ada penamaan Cingkrik di jurus yang seharusnya tiap cingkrikers tahu...

Yang namanya Cingkrik itu dimana di jurusnya ??...

nah untuk tahu yang namanya cingkrik itu dimana ya harus belajar jurus sampai tamat dulu bang.

ada yang mau menambahkan ?
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #912 on: 08/12/2009 16:37 »
Ayo-ayo...
cingkrikers!! ..

Mohon inponya ... ^:)^ ^:)^ ^:)^

resto

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 62
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #913 on: 09/12/2009 09:47 »


dilanjut bang sarung, makin asik nih membahas cingkrik:)

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cingkrik
« Reply #914 on: 09/12/2009 10:03 »
wah harusnya yang bicara org cingkrikers murni nih...
saya secuil aja gak bisa-bisa jurusnya...

tapi saya pernah lingkungan bermainnya di kebon sirih yang banyak praktisi cingkrik disana.
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal