+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263977 times)

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #120 on: 14/08/2007 13:02 »
walah...mbah kok minta diajarin nyingkrik ^:)^ ^:)^ ^:)^? Bukannya udah hebat....buktinya kalo gak salah tahun kemaren juara I maen dampu di 17-an ;D

salam ^:)^


one

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #121 on: 15/08/2007 06:00 »
Tadi malem ada kabar kalo pak Herry Masfar masuk Rumah Sakit, kita doain semoga lekas sembuh dan baik-baik aja. Amien...


wassalam,


one

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #122 on: 15/08/2007 09:13 »
Salam Pentjak

Back 2 Cingkrik.....

Pak masfar s'moga cepet sembuh dan bisa ber"sua" lagi disini......
 
weleh babe kustiawan lagi mancing ikan,ajak-ajak dunks  :'( (aku sama kang One sudah lama nggak "pengang" kail lagi......nich  [lucu] )

Untuk soal diskusi "SEJARAH RAWA BELONG" ma'af ki (sawung) belum bisa karena data belom lengkap harus studi lagi [rapat] en s'karang lagi sibuk  ~X( buat persiapan 17-an (kan mo ngadain perlombaan dampu lagi.....biar ki sawung "juara (tetap)" lagi  ^:)^ ) + "senior" (tahukan orangnya [pant] ) lagi nyuruh kumpulin data buat bikin buku  :'( .

Soal silatturahmi, nggak harus yang muda ke yang tua atau yang tua ke yang muda. Yang penting nilai silatturahminya tul ngga ? [top]. apa lagi sesama Perguruan Cingkrik..... yang nota bene (mungkin) berasal dari 1 sumber yang sama (buktinya banyak gerakan, langkah atau aplikasi yang tidak berbeda jauh).

Salut juga abis 17-an, malem minggu langsung lat. cingkrik salut..... ^:)^  ^:)^
bang ajad hati-hati nanti di "SP 1"  :o .

sudah ah ane mo' "nyelem" lagi nanti  :)p sama "senior"  [run].

Sekali cingkrik tetap.......nyingkrik........lagi.
Salam pentjak

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #123 on: 15/08/2007 19:03 »

Assalamu' alaikum wr wb

Saya sangat terkejut mendengar Pak Masfar kembali masuk rumah sakit,karena setahu saya minggu lalu pak Masfar menerima Kunjungan 9 orang pesilat Cingkrik dari Paris beliau masih memperlihatkan aplikasi 2 untuk dimasukan ke You tube memang menurut anaknya kesehatan pak masfar achir ini sangat mundur apa lagi menghadapi tgl17 ini katanya akan menjalani operasi yang ke 4 kalinya.
Kami Cingkrik cabang Belgie mendoakan cepat sembuh.

Wass wr wb

Darmawan Sjahrir
Pelatih Cingkrik Gent Belgie

P.S. Kalau bisa pertemuan dewan pelatih se europa dipindahkan ke Belgie atau       Paris.Kalau bisa sesudah Lebaran bukan tgl 6 okt lagi puasa,masa selalu belanda atau Yunani menjadi tuan rumah.
       

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #124 on: 15/08/2007 20:21 »
mudah2an pak Masfar di berikan kesembuhan dan semoga nti operasinya berjalan lancar..Amiiin

ditunggu ya you tube nya bang Mat codet :)

aircadas

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #125 on: 15/08/2007 23:45 »

Assalamu' alaikum wr wb

Saya sangat terkejut mendengar Pak Masfar kembali masuk rumah sakit,karena setahu saya minggu lalu pak Masfar menerima Kunjungan 9 orang pesilat Cingkrik dari Paris beliau masih memperlihatkan aplikasi 2 untuk dimasukan ke You tube memang menurut anaknya kesehatan pak masfar achir ini sangat mundur apa lagi menghadapi tgl17 ini katanya akan menjalani operasi yang ke 4 kalinya.
Kami Cingkrik cabang Belgie mendoakan cepat sembuh.

Wass wr wb

Darmawan Sjahrir
Pelatih Cingkrik Gent Belgie

P.S. Kalau bisa pertemuan dewan pelatih se europa dipindahkan ke Belgie atau       Paris.Kalau bisa sesudah Lebaran bukan tgl 6 okt lagi puasa,masa selalu belanda atau Yunani menjadi tuan rumah.
       


Salam buat pak masfar, doa dari kami di Indonesia, katakan padanya bahwa silat adalah semangat hidup!!!, salam dan cepat sembuh, kalo sudah sembuh, Insya Allah janji pak masfar untuk mengunjungi tanah air menjadi kenyataan!! amin

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #126 on: 16/08/2007 11:58 »
Nah, itulah silaturahmi...meski kami di sini, kami tahu kabar tentang pak Herry Masfar.

Kita doain cepat sembuh

Wassalam,


Iwan Setiawan
(Koordinator Cingkrik Goning)

nb: buat bang Ajad, ujang Baden, Mas Erry, mas Yudhy, Bang Gobrek  dan kawan-kawan jadiin aja ketemuannya....sekalian buat data penulisan Cingkrik. Kayaknya bang Gobrek aja yang jadi tuan rumahnya....kita ketemuan...gak perlu jauh-jauh ke Eropa ;D, di depok atau TMII aja juga boleh... :)

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #127 on: 20/08/2007 09:14 »
Assalamu' alaikum wr wb

@ one ...makasih berat kemaren dah sharing ilmunya..he he..tob bgt  ^:)^
 
n makasih jg untuk anggota forum yg dah welcome bgt..nerima kita2 dari Cingkrik Rawa Belong di gedung Hydro...jd pengen kesana lg  ;D

@ abang2 dr Cingkrik Goning...malem minggu kemaren saya pikir jadi silaturahmi ke depok...dah saya konfirm ke bang Popon mo kedatengan saudara2 kita dr Cingkrik Goning...he he...


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #128 on: 20/08/2007 12:48 »
nah, kan kalo silaturahmi kita malah makin deket :).....ah ane mah cuma bisa dikit...maklum kalo ada yang  bilang ondel-ondel rada wajar ;D ;D ;D, kita masih harus banyak nimba kekayaan "Cingkrik" kita punya....kalo cuma permukaan doang sayang kan... ::), cuma kebagian ampas ngapungnya doang... ;D, makanya kita nusti sering ketemuan lagi, lagi dan lagi...he he he

ada kabar baeknya, kemaren pak Eddie Nalapraya keliatanya mau tuh jadi sesepuh Cingkrik....nah tinggal kita gimana?

salam.


one
nb: jadi malu ane...ilmu dikit "berani" ngasih....ah maklum aja ya ^:)^ ^:)^ ^:)^

gehan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 110
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #129 on: 23/08/2007 15:41 »
rame bgt niy? ^:)^

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #130 on: 24/08/2007 16:42 »
met dateng mas Gehan.... :) :) :), di CIngkrik sini kami senang berdiskusi secara terbuka dan untuk menjalin tali silaturahmi kadang kami suka sedikit mbanyol (kata wong Jowonya) ;D ;D, tapi kami selalu ingin memberikan informasi tentang aliran ini seluas-luasnya...sbg salah satu nuansa kekayaan teknik silat kita... gitu mas ^:)^
 
maaf kadang becanda ala anak Cingkrik Goning kadang kebawa kemana-mana ;D ;D

salam,

one

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
PITUNG
« Reply #131 on: 28/08/2007 15:31 »
Ngomongin Cingkrik pasti gak lepas dari nama PITUNG [top]..ada yg tau gak tentang sejarahnya Si Pitung..????
kayaknya kurang resep nih di forum Cingkrik kl kagak ngomongin Pitung...
bagi kawan2 yg tau dipersilahkan... :)
« Last Edit: 29/08/2007 10:01 by gobrek »

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #132 on: 28/08/2007 16:14 »
Ada yang bilang kalo Pitung bukan orang Betawi....eh abang-abang sekalian saya, bang Nizam, bang Amal, bang Yanav dan bang Nani sudah ketemu Babeh Nunung (bang Nunung), yang merupakan saksi hidup aliran Cingkrik... beliau minta supaya kita semua kumpul dan meluruskan sejarah Cingkrik biar gak berbelit. :)

Kabarnya beliau mau menulis tentang silsilah dan asal muasal aliran Cingkrik, juga karena beliau salah satu tokoh Betawi, maka siapa saja yang jadi murid aliran ini dapat ditelusuri. kabar terakhir bang Haji Rhoma bukan belajar Cingkrik. Juga beliau minta kita semua cross check tentang aliran ini biar sejarahnya runtut dan absah. Insya Allah kalo gak ada halangan kita adakan seminar menelusuri jejak sejarah aliran Cingkrik dengan beberapa nara sumber dan saya akan ajukan ini ke pak Eddie Nalapraya sebagai program pelestarian aliran dan sebagai kekayaan khasanah budaya kita. Insya Allah bang Uci dari Putra Betawi juga kita undang.  :)

Buat yang udah gabung di Cingkrik...ayo kita susun sejarah ini aliran secara utuh dan keseluruhan...sebagai bentuk pelestarian dan kecintaan pada budaya bangsa...caile dalem banget!!  ;D ;D ;D ;D

salam


one

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #133 on: 28/08/2007 16:58 »
Ada yang bilang kalo Pitung bukan orang Betawi....eh abang-abang sekalian saya, bang Nizam, bang Amal, bang Yanav dan bang Nani sudah ketemu Babeh Nunung (bang Nunung), yang merupakan saksi hidup aliran Cingkrik... beliau minta supaya kita semua kumpul dan meluruskan sejarah Cingkrik biar gak berbelit. :)

Kabarnya beliau mau menulis tentang silsilah dan asal muasal aliran Cingkrik, juga karena beliau salah satu tokoh Betawi, maka siapa saja yang jadi murid aliran ini dapat ditelusuri. kabar terakhir bang Haji Rhoma bukan belajar Cingkrik. Juga beliau minta kita semua cross check tentang aliran ini biar sejarahnya runtut dan absah. Insya Allah kalo gak ada halangan kita adakan seminar menelusuri jejak sejarah aliran Cingkrik dengan beberapa nara sumber dan saya akan ajukan ini ke pak Eddie Nalapraya sebagai program pelestarian aliran dan sebagai kekayaan khasanah budaya kita. Insya Allah bang Uci dari Putra Betawi juga kita undang.  :)

Buat yang udah gabung di Cingkrik...ayo kita susun sejarah ini aliran secara utuh dan keseluruhan...sebagai bentuk pelestarian dan kecintaan pada budaya bangsa...caile dalem banget!!  ;D ;D ;D ;D

salam


one

Pitung emang bukan orang Betawi karene sebutan orang Betawi ade baru awal abad 19 jadi termasuk suku paling mude terbentuk, dulu sebutannye orang Rawebelong, Kemayoran, Merunde dll. dimane isinye ade macem2 suku ade sunda, ade Jawa, Bali, Bugis dsb (cie ilah...kaya lagu Bang Oma).
Ane pernah baca die anak bontot dari empat sodare...Ade nyang bilang Nyak nye orang Cirebon, babenye Banten (Sekampung (nitipin Pitung) ame Kongaji Naipin nyang tinggal di Rawebebek). Ade lagi yang bilang babenye Bugis.
Arsip lengkapnye ade di Blande katenye...

Jingkrik emang dominan maenannye Pitung, tapi gak nutup kemungkinan kali die punye maenan laen (namenye juga Jaware...)

Buat kite2 Nyok kite dukung warisan leluhur, dukung Kang Iwan dan temen2 buat pelestarian silat tradisional (salah satunye Jingkrik/Cingkrik). Mudah2an nyang laen bisa ngintilin...

Bravo Silat Tradisional, Bravo Cingkrik, Bravo Kang Iwan, Bravo Maung Cepot...(????) ;D ;D ;D
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #134 on: 28/08/2007 17:33 »

Ada perkiraan pitung dari daerah lainnya pitung mungkin seeh lebih ke arah Bugis...
tapi ini belum pake data yg bener, baru berandai2 saja.

 

Powered by EzPortal