+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 262981 times)

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #975 on: 09/03/2011 22:13 »
sama2 bang..
ane jg baru ngeh setelah ketemu forum ini.

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #976 on: 09/03/2011 22:44 »
sama2 ..
kita sama2 blajar. :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #977 on: 10/03/2011 21:27 »
Trima kasih bang hummdee6,boleh ane tanye lg,mungkinkah cingkrig berasal dari akar yg sama dengan saka,karena saya dengar dasar cingkrig ada lima,kemudian dikembangkan menjadi delapan jurus,setelah itu dikembangkan lagi menjadi dua belas,mohon pencerahannya, . . . . .

Sebenarnya malah menarik untuk tau lebih lanjut tentang dugaan itu, Bang Rebelong... Meskipun saya sependapat dengan Bang Hamdi bahwa tidak ada hubungan (dekat) antara silsilah Cingkrik dan Saka, tapi boleh juga dong dibahas kalau ada ciri-ciri khusus yang menimbulkan munculnya dugaan kesamaan akar itu.

Saya sendiri belajar Cingkrik Goning, sekedar dapat hapalan dua belas jurus. Kemudian sempat dikasih kesempatan nyicipin maenan selancar dari Gerak Gulung, yang deket banget dengan mainannya Saka. Nah, ceritanya satu ketika setelah ngelamun lama (ketauan keseringan ngelamun ketimbang latihan x-))) saya merasakan kesamaan karakter antara gerak selancar dengan jurus lima Cingkrik Goning. Sama-sama menggunakan geseran kaki untuk masuk ke badan lawan dengan mengandalkan telapak terbuka dan hampir mengabaikan tangan lawan. Meski gerakannya beda, tapi kalau diperes sampai tinggal sari-nya, ketauan bahwa keduanya sebenarnya hal yang sama.

Yah, sebenarnya kesamaan ini mungkin semata karena prinsip yang dipakai sangat universal, belum tentu karena ada kedekatan silsilah. Saya menemukan prinsip yang sama di teknik Irimi-nya Aikido, teknik Gunting dalam Panantukan (makanya Pak Dhe HC mengatakan Cingkrik mirip dengan Panantukan), teknik kepretan-nya Jian Shou, Naihanchi-nya Karate (kalau tau Bunkai-nya x-))) dan pasti banyak yang lainnya.

Tapi ya itu... boleh dong diceritain, apa yang kira-kira sebangun meski tidak sebentuk antara Cingkrig dan Saka menurut pengamatan Bang Rebelong. Siapa tau kan kita-kita jadi bisa dapet pemahaman baru.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #978 on: 11/03/2011 01:24 »
lanjuut bang abay...
gimane kalo ente cerita2 soal cingkrik kong muhayat ama kong acik....
kayak nya bagus tuh buat nambah wawasan kite2 ttg kekayaan cingkrik

salam buat bang amri yee...

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #979 on: 11/03/2011 06:29 »
wuihhh ada lagi cingkrik kong muhayat dan kong acik.
beliau2 ini seangkatan dg kong goning atau lebih tua lagi?

Btw, secara pandangan awam saya..
kira2 apa sih yang dapat kita simpulin, bahwa aliran ini adalah cingkrik.
Sebab dg sangat bervariasinya cingkrik, mata awam saya krg terlatih untuk membedakan aliran2 ini.
Misalnya: saya paling sering melihat cingkrik goning (dr jalur kong usup utay dan kong hamdan). Saat saya melihat cingkrik yg di UI kemaren, saya merasa cingkrik yang di UI tersebut berbeda.

Blm lagi cingkrik kong muhayat dan kong acik.. ini bikin penasaran nih.

Mungkin tmn2 ada yg bs jelasin??

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #980 on: 11/03/2011 08:36 »
Eh ade bang Ochid,ape kabar bang?

Bae deh bang ane share sedikit yg ane tau,mohon koreksi kalo ade yg salah, . . . .

Seperti kite tau cingkrig dari ki Maing kemudian ki Ali,Ki Ajid,Ki Saari
Dari ki Ali ke Ki Goning,Ki Sinan,Ki Sakam,dll
Dari Ki Ajid ke kong Muhayat(Ayat),kong Uming,dll
Dari ki Saari ane gak tau, . . .
Ki Ali menurunkan cingkrig kepada orang  luar rawa belong,sedangkan Ki Ajid menurunkan cingkrig kepada orang rawa belong, . . .
Saat ini yg masih mengajarkan cingkrig dari jalur kong uming adalah babe Warno dan babe Aman,yg laen ane gak tau,sedangkan dari jalur kong Ayat,ade cingkrig kong Ayat,yg di pimpin ame bang Satria jaya,adapun ane dari cingkrig gerak cipta,guru ane bang Amri murid dari kong Acik(Munasik) murid dari kong Ayat, . . . .

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #981 on: 11/03/2011 09:00 »
Bang hamdi>kalu ane melihatnya dengan melihat jurus asal cingkrig,yaitu langkah satu sampai lima,setiap aliran cingkrig pasti punya jurus yg bernama cingkrig(langkah satu),walau penempatannya tidak sama,seperti di sinan dan kong sakam ada di jurus satu,di babe warno jurus tiga,di tempat ane jurus dua,memang gak sama tapi inti dan fungsi yg di tuju sama,silahkan perhatikan dgn seksama terhadap jurus yg lain,oh iya salah satu ciri cingkrig adalah permainan dgn kuda-kuda rendah,tapi ada yg nuruninnya langsung ada yg di tingkat lanjutan, . . . .

Segini dulu ya lain waktu di sambung lagi . . . .

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #982 on: 11/03/2011 11:12 »
wuihhh ada lagi cingkrik kong muhayat dan kong acik.
beliau2 ini seangkatan dg kong goning atau lebih tua lagi?

Btw, secara pandangan awam saya..
kira2 apa sih yang dapat kita simpulin, bahwa aliran ini adalah cingkrik.
Sebab dg sangat bervariasinya cingkrik, mata awam saya krg terlatih untuk membedakan aliran2 ini.
Misalnya: saya paling sering melihat cingkrik goning (dr jalur kong usup utay dan kong hamdan). Saat saya melihat cingkrik yg di UI kemaren, saya merasa cingkrik yang di UI tersebut berbeda.

Blm lagi cingkrik kong muhayat dan kong acik.. ini bikin penasaran nih.

Mungkin tmn2 ada yg bs jelasin??
adaaa...
banyak yang bisa jelasin, tapi yang jelas bukan ane...hehehe...
 [run]

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #983 on: 13/03/2011 12:37 »
[run]

Yang eni emang teknik cingkrik-nye Bang Ochid, angkat kaki atu, trus lumpat ngilang... hehehehehe...  [lucu]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: cingkrik
« Reply #984 on: 14/03/2011 08:12 »
Iyah.. mirip banget dengan yang di jurus 4-nya cingkrik goning  [lucu]

Ngomong2, kayaknya di halaman 40-an ada yang ngebahas teknik Cingkrik pakai Bahasa Jepang.. Lanjutkan dong...  x-))

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #985 on: 15/03/2011 09:59 »
Iyah.. mirip banget dengan yang di jurus 4-nya cingkrik goning  [lucu]
apaan yg mirip?

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #986 on: 15/03/2011 11:24 »
Assalamualaikum wr wb
Ane mo lanjut dikit tentang cingkring kong acik,yg di beri nama:CINGKRIG GERAK CIPTA

Kong Acik belajar cingkrig dari kong Ayat(Muhayat) yg merupakan murid dari ki Ajid.kong Acik gemar bersilaturahmi dan bertukar fikiran kepada para praktisi silat lain,baik dari aliran cingkrig maupun aliran lainnya.
Ciri dari cingkrig gerak cipta ini(konon ini adalah memang ciri dari pada cingkrig itu sendiri) adalah full power dan kuda2 yg rendah,serta gerak lembut yg di susul dgn gerak cepat.
Jurus2 dalam cingkrig gerak cipta:

gerak cipta memiliki 17 gerak dasar yg sederhana,fungsinya untuk pemanasan dan juga untuk melatih kelenturan, . . . .

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #987 on: 15/03/2011 12:49 »
Lanjutan, . . . .

Cingkrig gerak cipta memiliki 12 jurus yaitu:
1.beset
2.cingkrig
3.buka satu
4.satu kurung
5.saup
6.langkah 3
7.langkah 4
8.langkah 5
9.lok b
10.singa
11.macan
12.longok

biasanya setelah tamat 12 jurus di sempurnakan dgn jurus pancer,yaitu jurus pasang badan untuk menghadapi serangan lebih dari satu arah.

Sambut.

Dalam cingkrig gerak cipta sambut di bagi menjadi 3,yaitu:

1.sambut rimpes
sambut rimpes adalah sambut untuk melatih kecepatan  dan kelenturan tangan,sambut ini bisa di lakukan sambil berdiri ataupun duduk,karena sambut ini menitikberatkan pelatihan tangan tanpa merubah posisi kaki.

2.sambut gulung
sambut gulung adalah sambut untuk melatih tangan dan kaki,dalam sambut ini penyerangan dan pertahanan di lakukan bergantian dan berulang-ulang,yg lengah atau kurang tepat gerakannya maka dia akan terkena serangan dan terjatuh.

3.sambut pintas/jadi

sambut ini adalah sambut aplikasi dari gerak jurus yg di pelajari,dalam sambut ini di ajarkan bagaimana memenangkan pertarungan dalam satu dua gerakan.
 
Inilah sekelumit tentang cingkrig gerak cipta,semoga bermanfaat,wassalamualaikum wr wb.

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: cingkrik
« Reply #988 on: 15/03/2011 22:01 »
Assalamualaikum wr wb
Ralat sedikit, . . . .

Dalam tulisan di atas kami menulis kong Ayat(Muhayat),barusan ane di inbox,yang bener H.Hayat bukan muhayat,dengan adanya tulisan ini menjadi koreksi atas tulisan yg telah lalu.
Terima kasih bang ubeng atas koreksinya,dan kami mohon maaf atas kesalahan ini,wassalamualaikum wr wb

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: cingkrik
« Reply #989 on: 15/03/2011 23:29 »
Ternyata pembabaran bang abay tentang cingkrik gerak cipta sangat lengkap sekali,ternyata aliran maen pukul cingkrik ini luas sekali, dan kehadiran bang abay di tread cingkrik ini cukup memberi warna baru bagi keragaman yang terdapat dalam aliran cingkrik,ayo dilanjut babarannya bang abay,terima kasih pencerahannya
salam

 

Powered by EzPortal