+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263674 times)

pendekar

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #210 on: 12/11/2007 22:23 »
Betul2 [top]...kumpulkan data2 Cingkrik sebanyak banyaknya jangan lupakan data2 dari kami Cingkrik Europe (Portugal, Creece (yunani),Perancis, Belgie, Nederland (belanda) dan akan menyusul Spanyol) yang saat ini dalam gemblengan bp. H.Masfar. :-[

Darmawan Sjahrir

Cingkrik Belgie



Saat ini saya melihat kawan-kawan dari Cingrik di Indonesia sedang mengupulkan data2 mengenai congrik itu sendiri, salah satunya yg pernah di tayangkan di Televisi TPI beberapa waktu lalu.

Cukup menarik juga tawaran Mas Darmawan Sjahrir, untuk cingrik disana setidaknya sebagai data perkembangan cingrik di eropa. terutama yang mas Darmawan Sjahrir seleggarakan di belgie. Masalahnya tentunya di Dana Apakah mas Darmawan Sjahrir bisa memberikan dukungan dana? bila bisa mungkin kami bisa melakukan survei perkembangan silat di khususnya di belgie tdk hanya cingrik saja.

Data ini akan sangat berguna sekali nantinya, bisakah ma Darmawan Sjahrir untuk mengirimkan data alamat lengkap sekretariat anda disana. kebetulan saya pernah punya kawan dari belanda yang juga mengajar silat bongkot di belgie, sayangnya sudah lama sekali sehingga nama dan alamanya saat ini tidak saya miliki.


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #211 on: 13/11/2007 08:39 »
Iya bener juga tuh ide, silahkan aja buat data/sejarahnya. Nanti kita cross check aja silsilahnya. Disini masih banyak yang kenal orang yang diperbolehkan melatih Cingkrik mulai tahun 70-an. Sesepuh dari silat Betawi masih banyak kok, dari ujung ke ujung yang namanya pesilat senior mah pasti pada kenal.

Saya juga udah lihat materi yang dikirim pertama dulu, masih tersimpan dan sudah dibahas bareng, malah ama peserta wisata silat salah satunya kang O'ong. Kita tinggal cocokan aja, penamaan dan bahasa mah gak masalah. Orang ketemu ama yang udah sepuh seperti ayahanda bang Rasyid yang latihan sekitar tahun 1954 aja masih sangat ingat kalo ngomongin silsilah, materi, teknik kontak dan lainnya mengenai Cingkrik.

Trus sekalian aja ama Cingkrik yang katanya dari Suriname, murid siapa, orang mana (atau no. KTPnye sekalian..he he he), jurusnya, belajar dimana ama taun berapa. Tinggal cross check, gampang kan? Turunan ki Goning masih ada, guru-guru aliran Sinan masih banyak, Cingkrik Rawa Belong sesepuhnya saya kenal dan beberapa tokoh dari Rawa Belong juga kenal, PUTRA BETAWI kita cukup deket...president PERSILAT juga. Nah, biar jelas semuanya bener juga tuh ide, silahkan aja buat data nanti kita cross check....orang yang namanya Cingkrik itu maenan Betawi, gitu aja kok repot?!

Saya masih simpan beberapa tulisan kapan, dimana dan umur berapa belajar silatnya.

Mas Pendekar, ane dukung idenya. Biar kagak ada kesimpangsiuran memang pendataan amat diperlukan. [top] [top] [top]

wassalam,


one
kejujuran adalah kemudahan yang kadang terhalang lidah

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #212 on: 13/11/2007 14:50 »
cingkrig...top banget dah... [top] [top] [top]
kalo menurut cerita babe ane, di kemanggisan dan kebon jeruk dan sekitarnya cingkrig lebih dikenal  sebagai maenan KI GONING. Kalo ngomong ttg cingkrig, umumnya orang Kemanggisan mengartikan sebagai maenan KI GONING.  Walaupun sebenarnya ada Cingkrig Ki Sinan...

Cuma karena dulu Babe belajarnya di rumah sendiri (KI GONING dateng ke rumah Babe) jadi beliau tidak begitu kenal murid2 KI GONING yang lain yang di luar Kemanggisan dan sekitarnya, seperti Usup Utay gurunya Bp Tb Bambang.. tapi mungkin kalo babe ada kesempatan ngobrol ma Bp Tb Bambang, mungkin sedikit banyak bisa digali informasi2 yang berguna. Ato gimana kalo kita ketemuin aja para sesepuh cingkrig, biar mereka saling tanya jawab, siapa tau dari situ akan tergali informasi lebih mendalam...

Babe juga ga ngajar maen pukulan, dan rata-rata temen seangkatan babe ga ngajar. yang ngajar Bang Amsir Oon (alm).

Karena ga ngajar, jadi kalo diminta "jalanin langkah2" ya ga bisa lagi. Kecuali kalo liat orang jalanin masih inget di mana 'pas' ato 'ga pas' nya.

Kalo Bang Iwan dkk ada rencana ke rumah lagi (mudah2an Bang Iwan ga Kapok  [pray2] [pray2] ke rumah ga disuguhin apa2  ^:)^)... mungkin kita bisa ngobrol lebih enak dan Babe pengen banget liat Cingkrig Goning dimaenin ma jago2 muda kayak Bang Iwan dkk...

wassalam


ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: cingkrik
« Reply #213 on: 13/11/2007 15:48 »


Kalo Bang Iwan dkk ada rencana ke rumah lagi (mudah2an Bang Iwan ga Kapok  [pray2] [pray2] ke rumah ga disuguhin apa2  ^:)^)...


Saya malah khawatir Bang Rasyid yang kapok kedatengan rombongan Bang Iwan yg ajaib2 orangnya hehehehehe... rombongan itu emang nggak usah disuguhin Bang Rasyid, kalo disuguhin malah kita khawatir mereka bakalan balik-balik melulu  ;D

Anyway, salut buat Bang Iwan dan rombongan atas usahanya yg luar biasa bersilaturahmi untuk  melakukan kompilasi dan verifikasi data seluruh aliran silat Cingkrik agar bisa jelas. Data itu pasti bermanfaat untuk pelestarian dan untuk menghindari penyalahgunaan atau penyimpangan yg tidak kita inginkan bersama

salam,
ery
Lifetime Student of Martial Art

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #214 on: 13/11/2007 17:57 »
Iya  saya yang minta maaf seharusnya dari Cipanas langsung ke rumah bang Rasyid yang ternyata begadang ampe jam 3 pagi. Makanya pagi itu meski nyasar
harus kerumah abang. ;D kemaren rombongan gak dibawa karena dari jumat  sampe minggu pada "kabur", biar ntar bossnya (istri..) gak ngasih SP 2. ;D ;D ;D

Buat mas Ery, piye sampeyan iki? lha wong diminta dateng kok sakit? masih kurang sakti mas kalah sama puyeng? kan sampeyan juga masuk rombongan (yang suka ngabisin makanan..). Gimana jualan kudanya?

Sambil cari data berikutnya, kita juga tunggu data dari eropa dan suriname. Nanti kita cross check, karena usaha kita ini gak cuma buat kita, PUTRA BETAWI dan sesepuh Cingkrik dan Rawa Belong sangat mendukung usaha ini supaya produk budaya ini tetap lestari. Setelah itu tinggal klarifikasi pihak terkait.

Nanti kita temuin satu-satu sesepuh cingkrik, salam takzim buat ayahanda bang Rasyid. Moga abang yang gak kapok......sebab kite suka ngabisin makanan kalo bertamu. [lucu]

Bang Gobrek, bang Deprok, bang Jalatunda, bang Rizal nyok kita jalan bareng

tetep semangat [top]
salam,


one
kejujuran adalah kemudahan yang kadang terhalang lidah

X MaLL

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #215 on: 15/11/2007 13:31 »
salam pentjak

weleh-weleh....kang "one" pergi nggak ngajak-ngajak.......
kang rasyid....tolong nanti kalau "rombongan" datang jangan kaget....
mas Ery....(yang sakit) semoga cepat sembuh.....gimana nich Juragan KuDa....tidak bisa jaga kesehatan.... ::)
kang gusman, kang rizal .... tunggu aja jadwal "magang" berikutnya... ;D
kang OB kemana aja jarang nongol nich.....?
"team" atur jadwal lagi banyak euyyy..yang perlu disambangi....
 

salam pentjak

aircadas

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #216 on: 24/11/2007 22:40 »
Betul2 [top]...kumpulkan data2 Cingkrik sebanyak banyaknya jangan lupakan data2 dari kami Cingkrik Europe (Portugal, Creece (yunani),Perancis, Belgie, Nederland (belanda) dan akan menyusul Spanyol) yang saat ini dalam gemblengan bp. H.Masfar. :-[

Darmawan Sjahrir

Cingkrik Belgie



Saat ini saya melihat kawan-kawan dari Cingrik di Indonesia sedang mengupulkan data2 mengenai congrik itu sendiri, salah satunya yg pernah di tayangkan di Televisi TPI beberapa waktu lalu.

Cukup menarik juga tawaran Mas Darmawan Sjahrir, untuk cingrik disana setidaknya sebagai data perkembangan cingrik di eropa. terutama yang mas Darmawan Sjahrir seleggarakan di belgie. Masalahnya tentunya di Dana Apakah mas Darmawan Sjahrir bisa memberikan dukungan dana? bila bisa mungkin kami bisa melakukan survei perkembangan silat di khususnya di belgie tdk hanya cingrik saja.

Data ini akan sangat berguna sekali nantinya, bisakah ma Darmawan Sjahrir untuk mengirimkan data alamat lengkap sekretariat anda disana. kebetulan saya pernah punya kawan dari belanda yang juga mengajar silat bongkot di belgie, sayangnya sudah lama sekali sehingga nama dan alamanya saat ini tidak saya miliki.



silat Cingrik di Belgie menarik sekali itu, sebab banyak kawan-kawan saya semasa kuliah yang saat ini bekerja disana. mungkin saya akan kontak beberapa rekan untuk mengetahui keberadaan silat disana, kalau ada alamatnya bisa minta bantuan kirimkan melalui PM saja, kebetulan kawan-kawan saya bekerja di bagian perkapalan, tambang dan minyak! yang punya kantor di seluruh dunia.

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #217 on: 11/12/2007 20:06 »
pade kemane ye pendekar2 cingkrik :-\...sepi amat!!!
jangan2 lagi pade serius najemin isian nih [satrianusantara]

babusakti

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #218 on: 13/12/2007 04:19 »
salam kenal....saya mau nanya kalau mau belajar cingkrik ada batasan umurnya gk > soalnya saya baru 14 dan satu satunya ma yang saya tertarik yaa ke cingkrik ini.... dan kira kira soal berat gmn ? soalnya saya tinggi : 180 berat :91kg 

trima kasih sbelumnya.... :)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #219 on: 13/12/2007 08:45 »
salam kenal....saya mau nanya kalau mau belajar cingkrik ada batasan umurnya gk > soalnya saya baru 14 dan satu satunya ma yang saya tertarik yaa ke cingkrik ini.... dan kira kira soal berat gmn ? soalnya saya tinggi : 180 berat :91kg 

trima kasih sbelumnya.... :)

Lam kenal juge,
Klo mo belajar Cingkrik Goning di padepokan TMII kagak ade batesan, asal kuat pernapasan aje...soalnye anak2 cingkrik klo abis latian kuat pernapasannye (Ahli Hisab)... ;D ;D ;D

ditunggu...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #220 on: 13/12/2007 14:53 »
@babusakti, salam kenal....
waduh ga salah tuh? umur 14 th, tgi 180, brt 91... weleh-weleh gede banget...
mantabbb tuh kalo bisa cingkrig, kate babe ane, ente kalo ngedesek musuh pake tangan kiri aje, musuh dah ga bisa masuk. ape lagi kalo musuh nye dikunci, angkat saup, bisa melayang tujuh meter tuh musuh [top] [top] [top]
btw, ane juge pengen nih belajar cingkrig.

@bang jaltun (hehe, maap bang jalatunda, kepanjangan sihhh)
buat kite2 nyang dah umur gini kalo jadi ahli hisab (p) krase banget waktu ngejalanin, napes kagak kuaaaaat...... :'( :'( :'(




bang ben

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 3
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #221 on: 13/12/2007 17:46 »
Lam kenal juge,
Klo mo belajar Cingkrik Goning di padepokan TMII kagak ade batesan, asal kuat pernapasan aje...soalnye anak2 cingkrik klo abis latian kuat pernapasannye (Ahli Hisab)...   

ditunggu...


lam kenal juga semuanya.
Wah om jalatunda alias gsmn kasih info kaga lengkap neh, untuk pendekar babu sakti kalo mo latihan cingkrik tepatnya setiap hari sabtu jam 10 an di Padepokan Pencak Silat ye,
bener kata bang Rasyid tuh, kalo badan setinggi n segede ente ikut cingkrik hasilnya dashyat tuh. Tapi tar kalo sambut pukul ame sape ye ::) :-\ [top]

babusakti

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #222 on: 13/12/2007 17:50 »
iya nihh hehehe udh lumayan lama mau ikut cingkrik tapi takut soalnya dulu saya kira cingkrik badannya harus lincah bgt...lahh kalo saya kan oversized hehehehe....
kalo mau ikutan yang di taman mini harus daftar dulu gk ? dan dimana >

terima kasih.... :)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #223 on: 13/12/2007 18:05 »
bener kata bang Rasyid tuh, kalo badan setinggi n segede ente ikut cingkrik hasilnya dashyat tuh. Tapi tar kalo sambut pukul ame sape ye ::) :-\ [top]




Iye, maap sukur deh ade ente Bang Ben nyang ngejelasin,...emang bener hasilnye dasyat tuh palingan pade ngeri sambut pukulnye. Bagus ame angkot aje kali ;D ;D ;D

Udeh deh dateng aje Pendekar Babusakti...kali aje Padepokan goncang dengan kedatengan ente ;D ;D

Pis ah,... [top]
« Last Edit: 14/12/2007 18:31 by kisawung »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

aircadas

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #224 on: 18/12/2007 21:17 »
Betul2 [top]...kumpulkan data2 Cingkrik sebanyak banyaknya jangan lupakan data2 dari kami Cingkrik Europe (Portugal, Creece (yunani),Perancis, Belgie, Nederland (belanda) dan akan menyusul Spanyol) yang saat ini dalam gemblengan bp. H.Masfar. :-[

Darmawan Sjahrir

Cingkrik Belgie



Pak Darmawan Sjahrir, Saya berencana dengan kawan-kawan dari PERSILAT akan mendata Pencak silat di Belanda dan belgia, karena saat ini banyak sekali perguruan yang belum masuk pendataan Persilat. bisakah perguruan anda memberikan bantuan informasi tentang pencak silat tradisional disana.

Terima kasih


 

Powered by EzPortal