+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263783 times)

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #255 on: 07/01/2008 22:50 »
nyang mo ikutan...japri aja ya ke ane : wans711225@yahoo.com. tanggalnya kita tentuin seabis pulang nanti dari Banten, biasa bang....kite muter  ;D

BBM team siap ya [top], ayo tinggal nyang laennye nyusul daftar ya [top]

makasih

salam,


one

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #256 on: 07/01/2008 23:47 »

Untuk para pendekar P.S.Cingkrik YTH.

Saya pernah menjelaskan Tentang masalah perkembangan serta siapa Guru saya
serta mengapa saya mempergunakan nama Cingkrik dan mengapa berbeda dengan cingkrik di tanah air.
Semuanya pernah saya beberkan di Sahabat Silat ataupun di Silat Indonesia.
Saya juga pernah mengajukan baik kepada Bp.Tubagus Bambang Sudrajat untuk Cingkrik Europa bernaung di bawah pimpinan Bp Tb.Bambang Sudrajat kalau bp.Bambang sangat setuju tetapi ada ..... tertentu yang tidak ingin kami bersatu
malahan menyindir dan merendahkan nama Cingkrik Europa yang telah saya bangun selama lebih 30 th.
Terus terang saya banyak merubah kurikulum Cingkrik disesuaikan dengan situasi disini dimana bagaimana kita dapat mengembangkan kebudayaan kita tidak kalah dengan Bela diri yang lain.
Kemarin saya baru berkunjung ke Paris menemui dewan pelatih Frans mereka juga sangat kecewa dengan Reaksi dari teman2 di Tanah air.
Terus terang saya sampaikan usia saya sudah lebih 60 thn saya juga tidak tahu apa yang harus saya lakukan apakah saya merubah nama aliran atau membubarkan semua perguruan2 dibawah bimbingan saya.
Nampaknya Cingkrik di Indonesia bukan merasa senang dengan adanya cingkrik di luar Indonesia yang sebenarnya merangkul dan memberi pengarahan bagaimana baiknya tapi malahan hanya bisa mencemo'ohkan.
Perlu diketahui pada tgl 26 mart 1978 Cingkrik pernah saya peragakan di televisie belanda di VARA dalam acara Late Late Lien Show jang pertama.Mungkin Bung Erik.B bisa mencek kebenarannya.dan sebelumnya saya pernah menulis tentang cingkrik di majalah SAMURAI majalah matrial arts Belanda saat itu ini boleh juga di dicek apa betul atau tidaknya.
Sekali lagi saya sampaikan  kalau kami membubarkan nama Cingkrik di Europa kami bersedia kami bisa saja memakai nama cingkrik palugada yang dikarang oleh ....oknum2 tertentu yang tidak senang dengan adanya cingkrik di luar Indonesia.
Bung ErikB..... bagaimana dengan cingkrik BOLSWAR yang menyebut dirinya Maha Guru Cingkrik yang mengatakan cingkrik itu asalnya dari Suriname?????
Sebagai seorang yang sudah mendarah dagingkan PS.Cingkrik dengan rendah hati saya memohon petunjuk2 dari para pendekar2 serta maha guru2 di Indonesia....apa yang harus saya lakukan mengganti nama aliran atau membubarkan cingkrik europa?
Saya akan mengirim melalui You tube semua aplikasi2 serta vidio2 cingkrik di thn 80 an.

PESAN SAYA KEPADA SEMUA ANGGAUTA CINGKRIK EUROPA ....HARAP TENANG
Untuk Carlos di Athena Yunani .RE MULEES SIGA2 RE.

Sekian dahulu dari saya

H.Masfar

Perjalanan si Pitung masih jauh

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #257 on: 08/01/2008 08:42 »
Terima kasih atas penjelasannya.

Namun sayang tidak diperinci silsilah dan sejarahnya. Setidaknya kami akan mengetahui seluk beluk mengapa dan bagaimana hingga terjadi penamaan Cingkrik. Juga perubahan dan kurikulum yang dirubah dari Cingkrik tidak diperinci. Sehingga sama sekali tidak memberikan gambaran seperti apa dan sejauh mana perubahannya. Perguruan besar seperti SHT pun belajar Cimande dan Cikalong, Kwitang dll namun disana diperinci perubahan penyampaian dan teknik. Namun penamaan dan bentuknya serta ciri khas dari aliran ini masih dapat dikenali. .

Saya rasa penampilan anda, pengembangan organisasi yang telah anda bentuk tak ada kaitannya dangan beberapa pertanyaan saya dan beberapa anggota diskusi ini. Yang jadi pertanyaan “mengapa kok beda? Atau sejarah, silsilahnya dan bagaimana bisa kesana ?”  itu saja.

Untuk yang menamakan diri Maha Guru Cingkrik ya bagi kami disini tentu merasa janggal dan aneh. Karena sepanjang sejarah aliran Cingkrik ada, ki Maing, kong Sinan, kong Goning, ki Ali, ki Yazid sendiri sampai hari ini oleh orang Rawa Belong tak pernah menyandang gelar itu. Silat/Maenan Betawi mengajarkan rendah hati (alias tidak menyombongkan diri..) tapi tidak rendah diri (alias tidak disepelekan orang lain)

Tak ada kata yang menyebutkan saya tak senang dengan adanya Cingkrik diluar Indonesia. Silahkan… kami berhak bertanya (selain bertanya itu hak setiap orang) juga kami berkewajiban menjaga dan meluruskan info mengenai Cingkrik. Ini lho sejarahnya…. Begini lho silsilahnya……..ini lho teknik dan jurusnya yang ada di kami. Lha asalnya sendiri dari Betawi, kan?! Permasalahan tidak jadinya bergabung sudah sangat jelas dibahas dihalaman sebelumnya.
 
Permasalahan intern perguruan dipersilahkan anda selesaikan sendiri dengan sebaik-baiknya.

Disini setahu saya tak ada tak ada yang maha guru, tapi untuk berdiskusi bagaimana menangani kasus seperti ini, sebaiknya buka thread baru saja. Kita bisa kupas tuntas.

Salam,


One
(kejujuran adalah kemudahan yang kadang terhalang lidah)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #258 on: 08/01/2008 09:51 »
Terima kasih atas penjelasannya.
Namun sayang tidak diperinci silsilah dan sejarahnya. (dikutip dari Bang Iwan)

Ini sekedar pendapat dari saya yang masih ijo :
mungkin Bapak Pendekar Samui bisa berangkat dari sejarang yang di telah panjang lebar diuraikan di halaman pertama tread ini oleh Bang Gobrek dan Bang Office Boy.  Bahkan Bang Office Boy telah membuat grafik silsilah cingkrig. nah dari data silsilah itu Pak Pendekar bisa merujuk di mana akarnya cingkrig yang Bapak kembangkan.
Saya pribadi salut atas perjuangan bapak mengembangkan seni silat tradisional kita di LN.

Untuk itu marilah kita dengan kepala dingin mendiskusikan hal ini.

N.B. Bang Iwan boleh dong ane ikutan jalan2 nye...

salam damai dan sejahtera untuk seluruh sahabat silat

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #259 on: 08/01/2008 10:36 »
makasih atas sarannya bang... [top]

one
 
NB : bang Rasyid nanti kalo kita mo jalan, kita hubungi dah...kayaknya enak juga nih jalan ama juragan ;D

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #260 on: 08/01/2008 10:38 »
Waktu SD, oleh almarhum bapak saya disuruh privat silat perguruan Madisa. Markas mereka  di sebelah jalan raya Pasar Minggu, dekat pabrik Trebor.

Yang menarik, ada beberapa gerakan yang oleh si pelatih dibilang 'untuk anti nya cingkrik yang biasa maen bawah'.

Cuma betah beberapa bulan, antara lain karena merasa dipaksa ikut 'silat kampung'. Waktu itu saya pengennya masuk taekwondo yang modern dan gagah .... :-\  
Sekarang nyeselnya gak ketulungan....kenapa dulu gak nerus.

Ada yang tahu perkembangan perguruan Madisa ?

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #261 on: 08/01/2008 10:47 »
 ;D ;D ;D postingan nye bung sabrang kidul menarik juga, lumayan buat intermezo di tread cingkrig nih (nyambung ga ye???) :-\


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #262 on: 08/01/2008 10:55 »
Makasih mas Sabrang Kidul, perguruan yang anda maksud kayaknya udah vakum, beberapa perguruan yang masih aktif di daerah Pasar Minggu, Pusaka Jakarta, Cit Bitik Mayangkara, Cit Bitik, Sukma bayangan dan lainnya.....itupun jarang "show" alias ngeliatin

Cingkrik memang dikenal "ngilang kebawah" mengambil persendian kaki kalau mendapat serangan atas. Sementara ciri lain adalah kuncian dan patahan sendi selain meloncat dan mengangkat satu kaki

salam :)


one


Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #263 on: 08/01/2008 11:04 »

Untuk para pendekar P.S.Cingkrik YTH.

Sekali lagi saya sampaikan  kalau kami membubarkan nama Cingkrik di Europa kami bersedia kami bisa saja memakai nama cingkrik palugada yang dikarang oleh ....oknum2 tertentu yang tidak senang dengan adanya cingkrik di luar Indonesia.
Bung ErikB..... bagaimana dengan cingkrik BOLSWAR yang menyebut dirinya Maha Guru Cingkrik yang mengatakan cingkrik itu asalnya dari Suriname?????
Sebagai seorang yang sudah mendarah dagingkan PS.Cingkrik dengan rendah hati saya memohon petunjuk2 dari para pendekar2 serta maha guru2 di Indonesia....apa yang harus saya lakukan mengganti nama aliran atau membubarkan cingkrik europa?
Saya akan mengirim melalui You tube semua aplikasi2 serta vidio2 cingkrik di thn 80 an.

...H.Masfar

Perjalanan si Pitung masih jauh

Abang Masfar,

Saya sebagai orang luar Cingkrik sangat menyesalkan aroma perasaan tidak sreg yang sering terasa dalam komunikasi antara Bapak dengan kawan-kawan di Jakarta di forum ini, yang sesungguhnya hanya kesalahpahaman yang berlarut-larut. Bapak perlu memahami bahwa belakangan kita menemukan beberapa 'maling silat' dari Barat yang mengaku-aku, misalnya sebagai Guru Besar Mustika Kwitang, atau juga Serak yang aseli, atau juga Cimande terdahsyat di dunia. Jadi antena kita agak sensitif dengan perbedaan dalam silat luar negeri yang make nama lokal sini. Jadi mungkin dari awal ada korsleting seperti itu. Padahal dari posting Bapak yang terbuka dan rendah hati jelas Bapak bukan seorang 'maling silat'. Sebagai 'anjing' saya juga gak mau menggonggongi -sangat beda kalau menghadapi maling beneran, saya bisa kena 'spirit possession' Pit Bull Terrier. Kalau ada pihak yang menurut Bapak perlu digongongi ajak saja ke forum ini saya bersedia jadi anjingnya.

Saya kira semua kami di sini kini sangat paham dengan legitimasi Bapak dan juga sangat menghormati perjuangan Bapak menyebar silat di Eropa. Tak banyak di antara kami yang sedemikian menghidupi pencak silat seperti Bapak lakukan. Tentu, mengajar bule-bule yang berbudaya lain harus ada penyesuaian, dan sebagai senimannya di sana, Bapak punya 'poetic license' untuk merubah-rubah jurus dan kurikulum seperlunya, menurut takaran Bapak pribadi.

Karena internet, kini perjuangan Bapak terbuka bagi kami. Mungkin ada diantara kami yang terburu menilai dan memberikan pandangan miring tetapi itu hanya karena salah paham saja, toh?

Akhir kata, janganlah pernah bubarkan Cingkrik Eropa! Sebaliknyalah  harusnya Bapak lakukan:  yakni pererat silaturahmi antara Cingkrik Eropa dengan silat di tanah air khususnya di keluarga besar Cingkrik. Kami do'akan semakin mesra saja.

Salam hangat
Bramantyo
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #264 on: 08/01/2008 11:15 »
@ pak Masfar,
saya setuju ungkapan mas Bram. Bapak tidak perlu membubarkan cingkrik Eropa, tetapi malah sebaliknya dibuka jalur komunikasi yg baik, diperdalam tali silaturahmi, dgn para praktisi cingkrik yg lain di tanah air. Teman2 di forum ini pasti bisa membantu bapak dalam menjalin tali silaturahmi.

Salam
Chandrasa Sedyaleksana
Perisai Diri Jerman & Swiss

BTW. GRP buat mas "Bull Terrier" Bram :), atas komitmennya mengonggongi maling :D.

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #265 on: 08/01/2008 11:24 »
...BTW. GRP buat mas "Bull Terrier" Bram :), atas komitmennya mengonggongi maling :D.

Kawan-kawan saya sering ngomong kok sama saya :"Omonganmu kuwi dudu asu-asunan, Bram, yen kowe kuwi asu tenan!"

GRP juga buat Mas Chandrasa yang betah melek atau bangun pagi-pagi langus nyahabat silat.

Salam hangat
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: cingkrik
« Reply #266 on: 08/01/2008 11:48 »
@pak Masfar
Mohon maaf sebelumnya karena nyebur kedalam diskusi keluarga Cingkrik?
Untuk diketahui, saya bukanlah partisan satu PS Cingkrik manapun, jadi tidak ada agenda politik sedikitpun. Tulisan ini semata wujud kepedulian terhadap kelangsungan seni pencak silat Indonesia.

saya sependapat dengan bang One, bang Rasyid, mas Bram dan mas Chandrasa, agar dilakukan diskusi ataupun silaturahmi positif sesama keluarga besar Cingkrik. Sebagai sesama pecinta pencak silat, saya turut prihatin atas kesalahpahaman yg ada.

Semoga Cingkrik tetap lestari, aman dan damai. [top]

salam, 

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #267 on: 08/01/2008 12:02 »
Makasih mas Bram, saya rasa permasalahan yang berlarut-larut ini  sebenarnya bisa diselesaikan.

Dari beberapa halaman sebelumnya pemecahan permasalahan telah ditemukan.

Saya cukup santun berbahasa dengan pak Masfar hingga tak perlu mengeluarkan "gonggongan".

Saya rasa perbedaan sudut pandang ini bisa diselesaikan dengan baik, murid dari Kong Goning dan Kong Sinan yang "bersaing" dari dulu aja di forum bisa ketemuan dan tukar info dan jurus.....

salam,

one
NB: saya setuju thread ini lebih mengembangkan info, penjelasan dan keterangan dari aliran ini jangan melulu perseteruan....karena saya rasa hanya beberapa halaman muka yang bahas tentang ini...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #268 on: 08/01/2008 12:16 »
nah ini baru namanya kekeluargaan diantara sesama keluarga besar silat... [top] [top] [top]
ayo, ayo... cingkrig adalah milik kita bersama. yang mau masuk dapur silaken, yang mau nyebur monggo...
lha wong saya sendiri juga bukan/belum murid cingkrig, cuman sok tau doank :-[

salam

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #269 on: 08/01/2008 12:32 »

Bang Rasyid, dalam waktu deket ini kita akan sowan ah ke rumah abang. Siapin aja suguhannya. Ada yang mo ikut (bang Gobrek, bang Deprok dll)? daftar ya (waktu ditentuin nanti)..........terbatas, karena takut makanan dirumah bang Rasyid keabisan [lucu]

salam,

one
BBM


ikut dong bang one....mudah2an ane gak ada halangan
nti ane infoin ke bang deprok jg deh


 



 

Powered by EzPortal