+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263935 times)

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #270 on: 08/01/2008 12:37 »
betul bang rasyid  [top]...yok kita sesama cingkrik saling terbuka n besodare


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #271 on: 08/01/2008 12:38 »
eeeh bang Gobrek, iya dah kita kabarin nanti. [top]

sekarang ane nunggu dulu balesan tulisan ane. Kalo nyang mudaan ya mao gak mao musti sabar nunggu... ;D. Tapi kayaknya disono lagi malem...

Masak sih gak kelar-kelar yak....?

salam,


one


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #272 on: 08/01/2008 12:47 »
Salam semuenye...

Akur aje deh,...ape nyang ane mo omongin udeh diwakilin ame semue,terutame kang one nyang udeh ngejublek ame hunting cingkriknye, moge2 bise di share ame anak2 cingkri laennye mengenai data2 nyang didapet...ane ngeliatin aje deh...nyang penting Cingkrik tetep bekibar ame kebenaran... ::)

Tabik, [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #273 on: 08/01/2008 13:37 »
...
Saya cukup santun berbahasa dengan pak Masfar hingga tak perlu mengeluarkan "gonggongan". ...

Kang Iwan, kukira di forum ini selama ini yang kebiasaan menggonggong cuman saya. Yang lain mah macan yang mengaum ;D

Saya kasihan Pak Masfar, sepertinya blio salah terima nada bicara Kang Iwan, terus down begitu, mutung istilah Jwnya, jawabnya mau bubar-bubar saja.  :'(

Selain itu mungkin para Cingkriger di Tanah Air perlu ngasih sedikit kelonggaran bagi yang mengembangkan di luar. Susah lho ngembangin silat di luar, jadi pelakunya butuh dukungan moral. 

Khusus soal Cingkrig, rasanya kita perlu menyambar umpan Pak Masfar mengenai oknum yang mengaku-aku Mahaguru Cingkrig yang berasal dari Suriname, takiye?

Yang bisa mengaum, silakan mengaum.

Yang bisanya baru menggonggong ... silaken mbaung... tuh di cakrawala terlihat rombongan kafilah yang berlalu membawa klaim-klaim Cingkrig yang perlu kita urus.

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #274 on: 08/01/2008 13:59 »
Betul kang Iwan,
kalau mau mengembangkan silat di luar memang tdk mudah, butuh banyak pengorbanan, bukan cuman waktu saja, dengan catatan kalau bener lho mengembangkannya, bukan bisnis semata atau jualan asongan. Kadang2 kita mesti sedikit modifikasi, mengubah sana-sini, tapi bukan teknik yg kita ubah, hanya cara penyampaian dan latihan.
Setelah sampai tahap2 tertentu baru kita balik lagi sesuai kurikulum standar di tanah air. Saya juga begitu, kalau masih dasar s.d. calon keluarga masih diluar kurikulum, setelah keluarga, baru saya latih benar2 sesuai standar tanah air. Jadi saya bisa mengerti kesulitan pak Masfar, karena saya dulu juga sempat "mutung", karena merasa tdk mendapat dukungan dr pusat, untung ada senior yg terus mendukung saya secara pribadi, sehingga saya masih bertahan terus sampai skr. Dan akhirnya skr saya mendapatkan pengakuan dr Pusat, bahkan mendapat tugas bukan hanya sbg ketua / penanggung jawab teknik utk jerman saja, malah ditambah negara Swiss sbg wilayah tugas saya.

@pak Masfar: maju terus pak cingkriknya! Saya harap anda tdk patah semangat.

Salam hangat
Chandrasa
« Last Edit: 08/01/2008 14:49 by sedyaleksana »

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #275 on: 08/01/2008 16:57 »
Matur nuwun mas-mas semua........

Pembahasan ini hangat karena kepedulian kita semua. Namun saya secara pribadi menginginkan pembahasan ini selain memberikan keterangan yang benar mengenai aliran ini juga`lebih kepada aspek nilai "budaya" yang belum tergali.

Ambil misal, acara khataman dalam aliran ini ada yang disebut tawasul. Dalam acara ini semua guru pembawa aliran disebutkan satu-persatu, ini memperlihatkan betapa seorang murid harus berbakti pada gurunya meski guru dari gurunya telah tiada namun "hadiah" fatihah dan do'a seorang murid tetap dikerjakan. Selain itu memperlihatkan bukti bahwa ilmu yang bermanfaat memiliki nilai yang tak terhingga, sehingga sampai liang kuburpun tetap menjadi pundi amal bagi sang guru. Nah, itu juga mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menjaga sejarah, tidak melupakan jasa orang, menjaga hak kita. Nilai spirit seperti itu jugalah yang mungkin membuat saya 'sedikit' teriak namun tak sampai 'menggonggong' (minjem istilah mas Bram yang saya salut [top] [top] [top]) pada beliau ini.

Itu yang diajarkan Guru saya, bapak Tb Bambang S meski kami harus mengambil i'tibar dari itu semua.

Mas Chandrasa, nuhun berat atas pencerahannya ^:)^. Cingkrik belumlah sebesar perguruan anda. Kami akan banyak belajar dan menjaganya seperti anda [top]

saya lagi nunggu nih....

salam,


one
NB: Mas Bram ajarin aku 'menggonggong' Pit Bull Terrier dong ;D ;D ;D

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #276 on: 08/01/2008 18:20 »
Pembahasan ini hangat karena kepedulian kita semua. Namun saya secara pribadi menginginkan pembahasan ini selain memberikan keterangan yang benar mengenai aliran ini juga`lebih kepada aspek nilai "budaya" yang belum tergali.

Betul sekali mas. Saya setuju dgn anda, walau susah saya mencoba menanamkan nilai2 budaya dalam mengajarkan Silat di sini. Tidak selalu berhasil, hanya memang kita gak boleh berhenti melakukannya. Capek memang, kadang2 saya juga gak mau lagi berbuat apa2, tetapi forum seperti ini,  atau komunikasi dgn saudara2 di Indonesia sangat membantu memotivasi saya utk terus-menerus melakukannya. Oleh karena itu saya rasa Pak Mashar perlu dimotifasi, dirangkul, dalam "persaudaraan Cingkrik". Mungkin mas Iwan perlu kontak beliau lewat japri, shg lebih leluasa.

Saya juga punya pengalaman seperti ini. Ada beberapa anggota perguruan yg keluar dr pakem, bahkan ada yg mendirikan aliran baru. Kita coba utk merangkulnya kembali. Kalau mau syukur, kalau gak ya, yg penting kita sudah berusaha dan ada aturan main yg jelas.

PD di Swiss pernah kehilangan arah, karena mereka kehilangan kontak dgn indonesia, dan mesti berlatih dgn pelatih yg sebetulnya belum saatnya berlatih, masih jauh tingkatannya. Tapi mereka tetap setia berlatih PD, suatu saat, mungkin krn jodoh, ada anggota PD Jerman yg ke sana. Terjalinlah kembali tali silaturahmi, bahkan sekarang secara resmi mereka ada di bawah tanggung jawab saya.

Quote
Selain itu memperlihatkan bukti bahwa ilmu yang bermanfaat memiliki nilai yang tak terhingga, sehingga sampai liang kuburpun tetap menjadi pundi amal bagi sang guru. Nah, itu juga mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menjaga sejarah, tidak melupakan jasa orang, menjaga hak kita.

Betul sekali mas. Salut buat anda. Hal2 seperti ini yg kadang2 dilupakan, bukan saya oleh barat, melainkan juga oleh bangsa kita sendiri. GRP buat anda. [top]

Quote
Mas Chandrasa, nuhun berat atas pencerahannya ^:)^. Cingkrik belumlah sebesar perguruan anda. Kami akan banyak belajar dan menjaganya seperti anda.

Kembali mas Iwan, saya cuman sharing pengalaman saja kok, utk "mencerahkan" masih jauh ilmunya. Bergabung di forum yg plural seperti ini banyak memberikan masukan buat saya. Saya masih belajar mas Iwan, juga dr anda. Suatu perguruan silat dinilai bukan dr besar atau kecil jumlah anggotanya, tetapi kualitas manusia2 di dalamnya.

BTW, kita semua mesti belajar menggonggong dr mas Bram :D.

@pak Mashar: saya harap anda membaca postingan mas Iwan, dan mulai menjalin tali silaturahmi dgn Cingkrik Indonesia.

Salam hangat dr Jerman yg dingin
Chandrasa


Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #277 on: 08/01/2008 18:33 »
Matur nuwun mas-mas semua........

Ambil misal, acara khataman dalam aliran ini ada yang disebut tawasul. Dalam acara ini semua guru pembawa aliran disebutkan satu-persatu, ini memperlihatkan betapa seorang murid harus berbakti pada gurunya meski guru dari gurunya telah tiada namun "hadiah" fatihah dan do'a seorang murid tetap dikerjakan. Selain itu memperlihatkan bukti bahwa ilmu yang bermanfaat memiliki nilai yang tak terhingga, sehingga sampai liang kuburpun tetap menjadi pundi amal bagi sang guru. Nah, itu juga mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menjaga sejarah, tidak melupakan jasa orang, menjaga hak kita. ....
one
NB: Mas Bram ajarin aku 'menggonggong' Pit Bull Terrier dong ;D ;D ;D

Saudaraku Cingkrigers di mana saja berada,

Khataman, al-Fatihah, kepercayaan bahwa ilmu baik yang diamalkan tetap menjadi hitungan amal sang guru dan sebagainya, merupakan ayat, istilah dan konsep-konsep Islam. Bagaimana dialih-budayakan ke negeri Barat di mana latar belakang budayanya Kristen tetapi kenyataan sehari-harinya sekuler, materialistis, dan cenderung anti-agama?

Mungkin dalam hal ini kita mesti belajar dari cara para Wali dulu berkarya di tanah Jawa membuat perubahan budaya luas, yakni dengan melebur memasuki budaya setempat dan memangkas-memupuk unsur-unsurnya hingga sesuai dengan tujuan akhir mendirikan masyarakat madani yang selamat dunia akhirat.

Jadi membawa budaya silat ke Barat, harus pandai-pandai menyelipkan budi luhur dan / atau ajaran agama secara halus, ibaratnya, adzan gak perlulah pake speker Toa dikerek ke atas nyiur. Kagak boleh menularkan budaya dengan tinggi hati, kagak boleh dengan merendahkan budaya yang kita datangi. Sebab bila begitu orang-orang pada melengos gak mau. Justru kita harus pandai-pandai memupuk budaya mereka yang setuju dan sejalan dengan yang kita hendak sampaikan sehingga mereka merasa berangkat sendiri menapaki jalan berbudi luhur yang kita inginkan.

Sedangkan soal menggonggong itu mudah saja asal 1) atas nama sendiri, jangan bawa nama perguruan atau tetangga, dan 2) dikerjakan dengan ikhlas.

Coba saja, guk! guk! auuuuuuuung!

Bram. 

batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #278 on: 08/01/2008 18:57 »
Jadi membawa budaya silat ke Barat, harus pandai-pandai menyelipkan budi luhur dan / atau ajaran agama secara halus, ibaratnya, adzan gak perlulah pake speker Toa dikerek ke atas nyiur. Kagak boleh menularkan budaya dengan tinggi hati, kagak boleh dengan merendahkan budaya yang kita datangi. Sebab bila begitu orang-orang pada melengos gak mau. Justru kita harus pandai-pandai memupuk budaya mereka yang setuju dan sejalan dengan yang kita hendak sampaikan sehingga mereka merasa berangkat sendiri menapaki jalan berbudi luhur yang kita inginkan.

Setuju 100% mas Bram  [top].  Hal ini memang tidak mudah, apalagi buat orang seperti saya, tukang insinyur, yg tahunya cuman 1 & 0 saja, suuusah banget. Akhirnya saya nemu caranya, bagaimana? Gak usah pake teori gak, usah pake pidato, lakukan saja, dalam kehidupan sehari-hari, dalam bergaul dgn anak didik. Sekali lagi, ini bukan resep paten 100 % pasti jalan. Saya masih harus banyak belajar dr teman2 di sini.

Mungkin kang Eric bisa lebih memberikan input buat kita dlm hal ini?

Salam
Chandrasa


« Last Edit: 08/01/2008 19:15 by sedyaleksana »

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #279 on: 08/01/2008 19:06 »
@mas bram..
gg..g.g.. tok
tok..tok..petookkk...kukuruyuuk..

waduh susah mas.. jadinya metok bukan ngonggong  [lucu]
mesti privat nih kayanya  ;D

pada prinsipnya setujuuu  [top]
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #280 on: 09/01/2008 06:25 »
Saudaraku Cingkrigers di mana saja berada,

Khataman, al-Fatihah, kepercayaan bahwa ilmu baik yang diamalkan tetap menjadi hitungan amal sang guru dan sebagainya, merupakan ayat, istilah dan konsep-konsep Islam. Bagaimana dialih-budayakan ke negeri Barat di mana latar belakang budayanya Kristen tetapi kenyataan sehari-harinya sekuler, materialistis, dan cenderung anti-agama?


Ah mas ini paling bisa aja.... ;D

kan saya bilang nilainya, kalo aplikasinya ya udah kejawab ama jawaban mas sendiri.... [top] kalau kita bawa-bawa agama, yang lain gak bakal terima tapi kalo nilai-nilainya he  he he pasti diterima, bener gak mas?

semaleman nunggu sampe jam 01.30, eh ada ternyata ada yang iseng....ini situs gak bisa diakses mulai jam 11-an. Syukur deh pagi ini bisa...

salam,

one
Nb: bang Rasyid ngantuk ya ngumpul ama kita-kita ampe jam 12 malem....maenannya keren euy...

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #281 on: 09/01/2008 07:02 »
...gg..g.g.. tok
tok..tok..petookkk...kukuruyuuk..
....

Mas Sunan,

Hati-hati lho, yang petok-petok itu babon mo betelor, yang kukuruyuk itu jago berkokok. Ada perbedaan fundamental antara keduanya ....hm.... jangan-jangan Mas Sunan lagi krisis identitas? Bercanda lho ini...

Jabat erat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #282 on: 09/01/2008 07:36 »
gilee... pentolan cingkrig pagi2 dah nongkrongin komputer ;D ;D ;D
mantabbb dah bang iwan mah... tapi kapan donk kite ketemuan di padepokan TMII, pengen nih dimentorin ma bang iwan...
rame lagi dan guyub lagi, kang...

tengkyu berat pencerahannya tadi malem...
ngantuk? yah kite orang pan emang udah tukang begadang dari sononye....

salam
ar yang masih perlu banyak bimbingan

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cingkrik
« Reply #283 on: 09/01/2008 09:03 »
@mas bram

hahaha.. ga kok mas.. becanda doang itu mah.. meramaikan suasana  ;D

jabat erat juga [top]
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #284 on: 09/01/2008 10:38 »
belon tidur nih...mantau balesan nyang moga aja ngelegaain ati kita semua, amit mundur dulu ya, mata sepet juga buka tutup komputer dari semaleman.

kok belon juga ya..... ???

salam,


one

 

Powered by EzPortal