+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263792 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #285 on: 09/01/2008 11:51 »
belon tidur nih...mantau balesan nyang moga aja ngelegaain ati kita semua, amit mundur dulu ya, mata sepet juga buka tutup komputer dari semaleman.

kok belon juga ya..... ???

salam,


one

kapan...Kang Iwan bise tidur bari bediri :-[...apelagi beri ngetik... :o
gak usah ditungguin deh...belon kelar kali nyusun kate2nye...
Kire2 udah di call belon ye ame Kang Eric, katenye mo di call kemarenan...

tabik,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

EricB

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #286 on: 09/01/2008 11:56 »
di call mah udah, cuman Bang Henri sedang bicara, artinya belum sempat ngobrol dengan beliau

nanti coba lagi ;)

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #287 on: 09/01/2008 12:10 »
ya udah deh ane sekali lagi amit mundur....

salam,

one
BBM (baru bisa mooolooor.. ;D)

Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #288 on: 09/01/2008 14:51 »
@all

Buat Pak Masfar, jangan mudah marah yach,  :)
bagaimanapun juga kita disini ini sedang diskusi yang baik2 dan cari jalan terbaik, jadi janganlah putus asa.

Salam


bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #289 on: 09/01/2008 22:52 »
Bila saya mengamati perdebatan panjang yang terjadi di thread Cingkrik, saya berpendapat bahwa semua ini hanya dapat diselesaikan apabila dari para pihak dapat bersikap "JUJUR" terhadap permasalahan yang terjadi.

Kalau mau jujur Bpk. H.Masfar harus menjelaskan mengapa murid2 Cingkrik, khususnya Cingkrik Goning mempertanyakan kejelasan aliran silat Cingkrik yang beliau ajarkan dan semua janji2 pernah yang beliau sampaikan.

Jujur kami akui, khususnya bagi Cingkrik Goning di Indonesia kami semua salut terhadap upaya yang telah Bpk. H. Masfar lakukan dalam mengembangkan silat Cingkrik di luar negeri.

Tetapi apakah bapak peduli Cingkrik sebagaimana kami peduli dengan aliran silat tersebut. Bagi kami, bila mencintai suatu aliran, kita harus peduli juga dengan sejarah, para tokoh & nilai-nilai yang dikandung dari budaya tersebut. Salah satunya dengan menjalin silahturahmi dengan semua sesepuh dan tokoh silat Cingkrik dari berbagai aliran yang ada.

Apakah bapak pernah mempertanyakan keabsahan aliran yang diajarkan atau meminta izin dari sesepuh silat Cingkrik, khususnya yang berada di daerah kelahirannya yaitu Rawa Belong untuk mengajarkan silat tersebut. Karena dari pengamatan kami mereka tidak merasa memiliki penerus silat Cingkrik yang berada di luar negeri.

Bagaimana kalau kita mulai kembali perbincangan ini dengan kejujuran untuk melestarikan Cingkrik yang kita sayangi bersama.

Mau...?

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #290 on: 10/01/2008 17:36 »

Assalamu' alaikum wr wb .

Saya sebagai salah seorang murid dari bp.Masfar saya merasa sangat sedih melihat perkembangan tentang Cingkrik dalam diskusi ini tidak habis2nya di kecewakan,semuanya ini karena saya yang memulai ingin juga memperkenalkan Cingkrik Europa di Forum ini.
Pada saat ini saya sedang bertugas di Dubai tidak punya banyak waktu untuk menjelaskan semuanya.
Setahu saya pak.Masfar pernah menjelaskan di Forum ini gurunya pertama adalah abang Soma yang thn 66 terbunuh diplanet Senen saat itu dan kemudian belajar dengan Bp.Rochimin di kebun jeruk dan bapak H.Salim di Batuceper untuk latihan senjata.
6bln yg lalu pada ultah berdirinya Cingkrik europa ke 30 thn bersamaan dengan hari jadinya bp. Masfar 60 sebenarnya pak.Masfar berniat membubarkan Cingkrik Europa karena permintaan semua dewan pelatih baik di Europa serta di Amerika
Marieland Md yang di pimpin oleh keponakan pak Masfar. Riduan Masfar dan juga dari Bp.Tubagus Bambang Sudrajat  maka pak.Masfar tidak jadi membubarkan Cingkrik Europa.
Ini semua di mulai dengan adanya seseorang oknum yang mengatakan dari Cingkrik Palugada dan macam2 ingin menjatuhkan nama pak Masfar.
Saya masih ingat ketika saya mulai belajar dengan pak Masfar sekitar thn 78  pak Masfar banyak sekali merubah rubah Kurikulum sehingga ribut dengan muridnya dari Creece (Yunani) Carlos Parlatakis.
Bagi saya yang mewakili Cingkrik Belgie, kami hanya mengikuti keputusan bp masfar serta dewan pelatih bila Cingkrik europa akan dibubarkan kami akan tetap menuruti bp Masfar.

Untuk Bp.Masfar saya doakan semoga tetap sehat dalam mengalami cobaan ini
kegiatan di Cingkrik Belgie semntara di pegang oleh Peter Nanlohi No.Baku.00913/E02/94 bersama Siti Nurhasanah No.Baku.01067/E02/01 sesuai dengan surat yang saya tujukan ke seketariat PSCE.

Untuk semua keluarga besar Cingkrik Marilah kita semua sama2 saling membangun Pecak silat Cingkrik yang sangat kita banggakan.

Wass wr wb
D.Sjahrir

darmawan_sjahrir@yahoo.com
www.pencaksilatcingkrik,com

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #291 on: 10/01/2008 20:38 »
...Ini semua di mulai dengan adanya seseorang oknum yang mengatakan dari Cingkrik Palugada dan macam2 ingin menjatuhkan nama pak Masfar....

darmawan_sjahrir@yahoo.com
www.pencaksilatcingkrik,com

Assalamualaekum,

Bung Darmawan Sjahrir,

Mohon jangan sedih, marah, dan mengoknumkan sahabat yang mengatakan Cingkrik Palugada, sebab di awal-awal thread ini masalah itu sudah selesai. Bung Iwan, yang mencetuskan Cingkrik Palugada di forum ini sudah menjelaskan kenapa sampe ngomong demikian, sedangkan Pak Masfar dan Pak Bambang juga sudah telpon-telponan.

Jadi jelas, Bung Iwan hendak membela Cingkrik dan keasliannya, sedangkan di awalnya tampak seperti Cingkrik Eropa nambah-nambahin maenan. Justru Bung Darmawan Sjahrir seharusnya berterimakasih kepada Bung Iwan, sebab dengan adanya beliau itu semakin jelaslah urgensi silaturahmi erat antara silat  diaspora dengan induk alirannya di Rekiblik ini.

Kita semua mendo'akan Pak Masfar segera sembuh dan sehat walafiat. Kita harapkan  Cingkrik Eropa makin jaya, dan makin erat bersilaturahmi dengan induk aliran di Rawa Belong.

Mungkin agar lebih jelas lagi dan tiada kerancuan, ada baiknya bila isi kurikulum Cingkrik yang "ditambahkan" Pak Masfar diberi tanda agar dapat dikenali dan tidak disangka aseli Si Pitung. Seperti kalau arkeolog menyusun sebuah candi yang roboh, bila ada batu yang harus diganti maka batu yang gantian itu harus diberi tanda berupa pasak timbel sebesar jari, agar kelak kemudian hari ketika batu baru itu kena hujan panas dan waktu, berubah rupa menjadi seperti asli, semua orang masih dapat memastikan bahwa batu itu tambahan baru sebab diberi ciri pasak timbel tersebut.

Percayalah, Bung Iwan bukanlah tipe lempar batu sembunyi ngumpet, dan tidak punya niat menjatuhkan Pak Masfar karena dia tidak kurang kerjaan. Lebih baik kita satukan tenaga untuk mengejar yang mengaku-aku Cingkrik dari Suriname, yang mengaku Guru Besar Mustika Kwitang,  yang mengaku Cimande terdahsyat di dunia, serta yang mengaku sebagai pewaris Serak serta mendaftarkan nama itu sebagai trademark di USA. Mereka itulah yang seharusnya kita buatkan thread panjang-panjang dan kita koreksi dengan tegas.

Sedangkan kita sebagai warga Endhonesya yang cinta bangsa dan budaya janganlah memamerkan ilmu persatuan tai kambing, yang lekat erat ketika kegencet bo'ol, namun lari mencar sendiri-sendiri ketika bebas di luar.

Salam hangat,
Ranggalana.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #292 on: 11/01/2008 08:08 »
Terima kasih sekali lagi bung Darmawan S,

Dengan penjelasan anda yang hanya berkutat seputar Cingkrik Palugada yang merupakan karangan dan tidak memperinci sejarah, alur, kaidah tatanan, falsafah dan budaya yang dipelajari sebenarnya telah cukup bagi saya untuk mengetahui sejauhmana "isi" anda tentang Cingkrik.

Keterbukaan anda dengan segala "penampilan", pengembangan, dan tulisan sentimentil anda tidaklah membuat permasalah semakin bisa diperjelas. Tapi membuat pembahasan ini semakin tidak berbobot dan hanya membuat memperjelas ketidaktahuan anda.

Jika ingin memberikan informasi dan keterangan serta "isi" Cingkrik, sebenarnya anda bisa dengan memulai perbandingan misalnya, anda sering bilang belajar TD, pernapasan Chikung, khataman Cingkrik dll.....nah bisa dijelaskan apa itu TD (tenaga dalam?) Cingkrik yang anda pelajari, khataman yang anda dapat (bagaimana dan apa isinya dan bagaimana makna simboliknya), pernapasan Chikung, segitiga..dll, yang seperti apa?(karena sayapun pesilat yang telah lebih 10 tahun belajar pernapasan dari perguruan besar dan pernah jadi pelatih, silahkan  tanya kang O'ong Maryono)...Dengan memulai baik-baik studi banding sebenarnya diskusi ini enak dipelajari...karena dari alur kong Goning, tak dikenal pernapasan, dari kong Sinan ada kontak, dari Rawa belong tak ada...nah kan bisa dicompare kenapa bisa yang ini bisa ada yang ini tidak... tentu ada alasan,...sebetulnya sangat menarik...seperti halnya perbandingan Goning dan Sinan tapi sayang. Anda seperti orang kebakaran jenggot kalau ditanya.

Padahal bertanya adalah hak azasi manusia, sementara menjawabpun hak tiap orang....jika tak mau menjawab ya sudah. Tapi kini kami telah amat sangat jelas terang sekali dengan "penjelasan yang tidak menjelaskan" anda

salam buat pak Masfar,


Iwan Setiawan
Nb: Hatur nuhun mas Bram, karena malam tadi latihan sampe subuh saya baru pagi bisa balas...kita cukupkan "rebutan pepesan kosong" ini sampai disini aja
 ;D

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #293 on: 11/01/2008 13:55 »
....Nb: Hatur nuhun mas Bram, karena malam tadi latihan sampe subuh saya baru pagi bisa balas...kita cukupkan "rebutan pepesan kosong" ini sampai disini aja
 ;D

Setuju banget, baek diakhiri saja rebutan pepesan kosong Palugada ini. Janganlah kita rebutan pepesan, kosong maupun isi. Malu dan bodoh sekali bila kita sendiri betengkar sedangkan para maling berlenggang tanpa digonggongi. Demikian bila kita menghayati ilmu 'canine spirit possession' hendaknya sebagai herder to doberman yang setia, bukan sebagai 'anjing geladak berebut kurap'.

Saya mengharap bila thread ini dilanjutkan, hendaknya dilanjutkan dengan santai.

Kalau boleh saya tanya, apa saja inovasi/penyesuaian yang dilakukan Cingkrik Eropa terhadap bahan dasar yang dari Betawi? Maksud saya nanya itu untuk membuat jelas, seperti analogi pasak timbel di batu candi pada posting saya terdahulu.

Di singgung secara tersirat di awal thread ini bahwa Cingkrik Eropa mengajarkan permaenan keris. Benarkah demikian?

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #294 on: 11/01/2008 14:33 »
sataju pisan euy.... [top] [top] [top]


salam,


one
BBM

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #295 on: 11/01/2008 16:53 »
dibandingkan sahabat2 lain di forum ini saya adalah yang paling awam dan masih ijo di "dunia persilatan ini", tp pernah saya lihat perbedaan dan persamaan anatara cingkrig goning, sinan, da rawa belong. jelas khas betawi.... biarpun di hampir semua wilayah jakarta ada cngkrig, tetap aroma khas adonan betawi nya masih ada.
apakah cingkrig eropa masih mempertahankan ke khasan tsb? dengan alasan menyesuaikan dengan karakter masyarakat eropa dan amerika, saya pikir tidak beralasan untuk merubah jurus pokok, yang di cingkrig ada 12 langkah. perkembangan dan variasi mungkin saja di tehnik2 aplikasi nya, tapi apakah pondasi dari cingkrig harus ikut berubah????
menurut para pemaen cingkrig yang saya kenal, jurus2 cingkrig telah menampung dan mengantisipasi berbagai senjata tajam, entah itu golok,belati, keris, clurit, apalagi toya.
nah, kalau memang cingkrig eropa masih mempertahankan dan mengajarkan ciri khas maenan betawi di cingkrig, alangkah baiknya....
flexibilitas dimungkin kan dalam teknik pembelajaran, tapi ciri khas dan jurus dasar sebagai pokok saya pikir tidak dapat diubah seenaknya.
silat adalah bahasa visual, harus diterjemahkan dengan gerakan, tidak perlu mengubah istilah agar supaya orang2 eropa dan  amerika dapat mengerti. jelaskan dengan gerakan.
rimpes, tabok, singkur, sabet, bendrong, tepak, lok B, jugil, suliwa, singa depok, dll adalah bahasa khas cingkrig. tidak perlu diterjemahkan karena akan bias.
semuanya harus dijelaskan dengan gerakan dan contoh. gini loh rimpes, gini loh singkur, giniloh sabet, bendrong, tabok, dsb...

salam.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #296 on: 11/01/2008 17:22 »
Capek Deeeh.... [gelas]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

bang ben

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 3
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #297 on: 11/01/2008 17:35 »
ooh ko la masih ribut aja ya :) sorry jarang OL seh

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: cingkrik
« Reply #298 on: 11/01/2008 17:37 »
... seperti analogi pasak timbel di batu candi pada posting saya terdahulu.
Maaf, saya potong sebentar diskusi Cingkriknya. Sekedar memperjelas "pasak timbel"-nya Mas Bram (ini gara-gara istri saya nanya). Timbel (=Jawa) di sini adalah "timbal" (= Indonesia) atau "timah hitam" yang bahasa Latinnya adalah "plumbum" (Pb). So, pasak timbel bukan pasak yang dibuat dari nasi timbel (dari pertanyaan istri), tetapi pasak yang dibuat dari timah hitam.

Silakan dilanjut diskusi Cingkriknya... tapi... jangan kelahi ya....

Salam...

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #299 on: 11/01/2008 17:47 »
dibandingkan sahabat2 lain di forum ini saya adalah yang paling awam dan masih ijo di "dunia persilatan ini", tp pernah saya lihat perbedaan dan persamaan anatara cingkrig goning, sinan, da rawa belong. jelas khas betawi.... ....salam.

Abang Rasyid merendah aje sukenye... masak awam dan ijo tapi tau banyak tentang silat Betawi. Kalo yang ijo aja nglotok kayak gini gimane nyang ude mateng pu'un?

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

 

Powered by EzPortal