+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263642 times)

tjifreek

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #315 on: 12/01/2008 21:15 »
hello my brothers off CINGKRIK,

Mr. ery nugroho bp. masfar will tell you about the money thing as soon as he can but he is in hospital right now with a light haert attack so he will not be able too respond  soon. the reason that you have not heard from me is simpel bp. masfar is for me cingkrik and wen i go too indonesia i will like too go together with him en not without him.his history is also my CINGKRIK history. all we want is SATU CINGKRIK for the world as one BIG HAPPY FAMILY. [top] [top] [top] [top]
 
Bang Bram ingkang remen weruh kasukannan weruh
               he who tries to find knowledge will find knowledge.
               i hope.

greatings too all my brothers hope too see you soon when i dont know but i hope it will be this year....

god bless us all

freek vasn laar


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #316 on: 12/01/2008 22:19 »
tah amun kieu mah genah kana hate diskusi teh...


mangga dilajeng


salam,

one

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #317 on: 13/01/2008 01:59 »
Sahabat Cingkrig, mohon maaf menyela diskusi nya.
Saya sudah bertemu dengan cucu langsung dari Kong Goning yang mewarisi maenan Kong Goning. Beliau adalah Bapak Saali (biasa di panggil Saali Gutet). tinggal di Kampung Duri.
Saya berkesempatan ngobrol dengan Pak Saali ditemani sahabat gobrek dan sahabat deprok
berikut adalah sedikit info yang berhasil saya dapat:

bersambung...

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #318 on: 13/01/2008 09:12 »
he he...kok ada tubikontinyunye bang rasyid...mata sepet ye bang ;D
iye nih...kmrn ane n bang deprok silaturahmi ke rumah bang rasyid..sampe rumahnye jam 4 sore...eh gak disangka sangka trnyata babe Tabrani (babenye bang rasyid) yg jg murid lsg dr kong Goning lg ada dirmh bang rasyid..ya udah deh tuh kite b4 ngobrolin cingkrik..sampe2 kite diceritain waktu dl babe Tabrani masih muda/masih doyan bekelai  :) n gak lupa dikasih oleh2 isian cingkrik sama babe Tabrani [top] [top] [top]...saking asiknye ngobrol gak terasa udah jam 9 malem, tadinye ane mo balik tuh,cuman bang rasyid nahan2 kite mulu...eh trnyata bang rasyid dah ngundang cucunye (babe Sa'ali) kong Goning yg jg belajar langsung dari kong Goning...sekitar jam 9 dateng tuh babe Sa'ali g dianterin same pak Rt...emang rejeki kite kali ye, tuh babe Sa'ali masih mau nunjukin langkah cingkrik Goning n gak lupa kite2 dkasih oleh2 isian cingkrik Goning [top] [top]

gak terasa ye bang rasyid..tau2 dah jam 12 malem aje :) padahal kite2 masih semangat tuh dengerin babenye bang rasyid same babe Sa'ali ngobrolin tentang kong Goning n maenannye n siape aje yg belajar cingkrik goning(khususnye yg didaerah kebon jeruk n sekitarnye)

oiye...kabar bagus nih buat sahabat cingkrik...ternyata babe Sa'ali masih nyimpen tuh potonye kong Goning...

buat info yg lebih jelas kyknye bang rasyid deh yg pantes nyampein...soalnye kan bang rasyid yg kmrn jadi notulen ;D

tengkyu ye bang rasyid kmrn kite dah dijamu...jgn kapok ye bang he he...

salam hormat buat babe Tabrani ye bang [top]

salam,
Dendy

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #319 on: 13/01/2008 11:00 »
maunye sih langsung ane posting langsung, tapi lantaran mate dah kagak kuat lagi diajak melek, dah jam 2 pagi, ye kepaksa deh merem dulu, bentaran.
udah gitu nyoba-nyoba insert foto nye babe saali dipostingan ga bisa-bisa, aduh, payah nih....

iye d, nih sedikit oleh2 obrolan kite semalem

salam

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #320 on: 13/01/2008 11:11 »

SEKELUMIT RIWAYAT KONG GONING


Kong Goning berasal dari kampung Pejuangan Kedoya, Jakarta Barat, saat ini lokasi nya sekitar Kompleks Studio RCTI. Kong Goning lahir tahun…tanggal…. Dan meninggal dunia pada tahun 1974 pada usia +/- 70 tahun di Batu Ceper. Makam beliau berada di Rawa Kopi (Al Kamal ).

Nama asli Kong Goning adalah AININ BIN URIM. Silsilah keluarga Kong Goning yang masih dapat dilacak (sampai dengan informasi ini didapat) sebagai berikut :
 

Bapak dan Ibu = Urim + Ani Binti Aling Bin Mahmud
Anak-anak =
1.   Kosim
2.   Nasaah
3.   Saadi
4.   Saadah
5.   Husin
6.   Arsad Jago
Cucu  yang masih hidup dan mewarisi cingkrig =
1.   Saali


       SAALI (SAALI GUTET) adalah cucu langsung dari Kong Goning yang masih ada hingga kini dan mewarisi maenan Cingkrig Goning langsung dari Kong Goning. Bapak Saali lah yang meriwayatkan kisah ini pada saya. Riwayat ini diceritakan di rumah saya pada hari Sabtu Malam Minggu tanggal 12 Januari 2008 dari jam 9 s.d jam 11 malam. Saya tidak sendirian karena bersama saya adalah Sahabat Adam (Bang Deprok) dan Dendy (Bang Gobrek),  bapak saya, serta Bapak RT.

Menurut Bapak Saali Kong Goning berguru pada Ki KILIN di Batu Ceper, sedangkan Ki KILIN sendiri berguru pada siapa tidak sempat diceritakan oleh Kong Goning kepada Pak Saali. Menurut penuturan Kong Going pada Pak Saali, Ki KILIN mengajarkan agar Kong Goning “belajar”/memperhatikan kucing yang sedang berkelahi dengan monyet. Mungkin dari sinilah asal dari langkah cingkrig. Sedangkan gerakan menyerang kucing aplikasinya pada sorongan tangan kiri mengarah muka dan tenggorokan musuh. Dalam Cingkrig Goning yang jadi andalan adalah tangan kiri, bagaimanapun serangan, tangan kiri harus cepat menutup, sedangkan tangan kanan menjadi pelengkap.

Kong Goning mengajarkan Cingkrig sampai seantero Jakarta, beliau juga mengajar Cingkrig di rumah Menteri pada jaman Presiden Sukarno, a.l. Ali Sastroamijoyo dan Ir H. Juanda. Oleh karena itu dapatlah dimaklumi kalau penyebaran Cingkrig Goning meluas sampai ke seluruh wilayah Jakarta.

Dari sekian banyak murid beliau, yang jadi dan mengajarkan Cingkrig Goning adalah :
1.   Sofyan di daerah Gang Jamblang (Jembatan lima)
2.   Rosadi di daerah Kalideres
3.   Kibin di daerah Kalimati
4.   Usup Utay di daerah Grogol
5.   Amsir O’on di daerah Kemanggisan dan Kebon Jeruk;
6.   Pak Saali selaku cucu beliau

Pusaka peninggalan Kong Goning saat ini masih tersimpan di rumah Pak Saali di Kampung Duri. Beberapa pusaka beliau menurut Pak Saali antara lain, golok, pisau, dll tidak disebutkan terinci. Foto Kong Goning juga ada, hanya saja Pak Saali mengaku tidak bisa membuka tempat penyimpanan foto beliau.

Sahabat silat,
Demikian sekelumit riwayat dan silsilah keluarga Kong Goning, barangkali informasi ini belum begitu lengkap, tetapi paling tidak informasi ini bisa menjadi langkah awal penelusuran riwayat dan sejarah Cingkrig Goning dan menjadi wacana diskusi sehingga lambat laun dapat menjelaskan yang kurang jelas dan menerangkan yang masih samar-samar.  Apabila para sahabat ingin bertemu langsung dengan Pak Saali dan menggali informasi lebih dalam, Pak Saali dengan senang hati mau menerimanya.
Bapak Saali, menurut saya pribadi adalah orang yang paling berhak atas klaim sebagai PE WARIS SILAT  CINGKRIG GONING, hanya saja beliau tidak begitu tertarik dengan hiruk pikuk “dunia persilatan”
 


Wassalam.

n.b. Bang Gobrek dan Bang Deprok ma kasih ye udah rela  ninggalin jadwal latian cingkrignye.. mudah2an sedikit bekel dari babe ama pak saali ade manpaatnye
 


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #321 on: 13/01/2008 11:51 »
bang Rasyid.....abang keterlaluan kagak ngajak kite-kite... :'( :'( :'(, disini kite malah lagi rebutan "pepesan kosong" abang ama bang Gobrek dapetin bistik enak... :'(


salam,


Iwan Setiawan

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #322 on: 13/01/2008 12:12 »
nah...sekarang silahkan kita buka lebih lanjut aliran ini.... [top]

siapapun yang memiliki data, info, sejarah silsilah dan keberadaan Cingkrik, mari kita buka disini... :)

salam,

one

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: cingkrik
« Reply #323 on: 13/01/2008 12:58 »
Bapak Saali, menurut saya pribadi adalah orang yang paling berhak atas klaim sebagai PE WARIS SILAT  CINGKRIG GONING, hanya saja beliau tidak begitu tertarik dengan hiruk pikuk “dunia persilatan”
Salam...
Pendekar tulen emang begitu Bang... Beliau lebih tertarik dan asyik dengan maenan yang ditekuninya, dari pada ngabisin energi untuk sesuatu yang kaga ade hasilnya. Kalo pendekar jadi-jadian, die sibuk belain gelarannya nyang sundul langit, biar kaga nimpe palanya kalo digoyang orang.  ;D

Jabat erat...

matcodet

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 4
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #324 on: 13/01/2008 22:27 »

Saudara2 seperguruan Cingkrik dimana Berada.

Saya mendapat kabar dari anaknya bpk Masfar, bahwa beliau kembali masuk rumah sakit pada hari Jumát malam jam 9 karena kembali mendapat serangan jantung padahal pada pagi hari saya masih berbicara melalui tlp meminta kepada saya dan semua anggauta Cingkrik Europa untuk tidak lagi masuk ke Forum Sahabat Silat dan  merencanakan pertemuan seluruh dewan pelatih di Europa dalam membubarkan Cingkrik Europa pada bulan Februari depan.
Saya mengharapkan kepada Bang Cerlos di Athena(yunani),Bang Antonio di Porto Portugal,Bang Freek van Laar di Den Helder Nederland,bang Suryo Aribowo di Paris Perancis,Bang Peter dan siti Nursanah di Gent Belgie dan dan Bang Jaelani di Barcalona Sepanyol semua sama2 berdoa untuk kesehatan bpk H.Masfar semoga lekas sembuh dan untuk Raymond Masfar dikuatkan imannya dalam menghadapi cobaan2 ini dan  memberikan kami kabar perkembangan kesehatan Bapak.
Untuk semua Dewan Pelatih Cingkrik di Europa dan bang Riduan Masfar di Marieland USA saya mengharapkan kembali mempertimbangkan SK 0189/10/PSCE 2007 yang dikirim bpk.H.Masfar bulan oktober thn lalu hal tetap memakai nama aliran Cingkrik.
Karena saya masih bertugas di Dubai sampai bulan september mendatang semua kegiatan Cingkrik Belgie saya serahkan ke Bang Peter dan Siti Nursanah.

D.Sjahrir

darmawan_sjahrir@yahoo.com
 


one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #325 on: 13/01/2008 22:46 »
Terima kasih atas informasinya.

Saya pribadi mendoakan semoga lekas sembuh dan dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala. Tak lupa saya mengajak kepada semua anggota sahabat silat dan komunitas pencak silat Indonesia untuk juga mendoakan kesembuhan pak Masfar.

Billahi taufik wal hidayah,
wassalamu 'alaikum Wr Wb,




Iwan Setiawan 



Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #326 on: 14/01/2008 07:51 »
Kepada Bpk. H. Masfar,
semoga diberikan kekuatan lahir dan batin oleh Yang Maha Kuasa, dan segera sehat kembali untuk dapat beraktifitas seperti sedia kala..amiinn...

@Bang Iwan,
Ane juga ga nyangka babe saali langsung dateng ke rumah begitu dibilang ane mau ketemu, padahal rencananya ane yang mau sowan ke rumah beliau. itu juga dengan pertimbangan informasi ttg keberadaan ahli waris Kong Goning mau ane pastiin dulu sebelum temen2 semua ane kasih kabar, soalnya kalo belon apa2 ane dah cerita trus kalo info nya ga bener kan bisa kacaooo....ntar kita rame2 aj ke sane...

salam

salam

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #327 on: 14/01/2008 11:15 »
titik terang aliran Cingkrik Goning mulai terkuak...ayo Cingkrik yang lainnye juga dong...Cingkrik Sinan, Rawa Belong, Tumbal Pitung....Kita telusuri jejaknya.

tetep semanget [top]

salam,


one


Elang

  • Guest
Re: cingkrik
« Reply #328 on: 14/01/2008 13:37 »

Setelah cukup penasaran dengan ID orang2 cingrik disini akhirnya bisa ketemuanjuga dengan para pendekar cingrik pada suatu malam di gedung hidro

Saya di temani oleh pendekar super sakti " Mas Ezra Danulelana" yang menurut gosip baru saja malangsungkan niat sucinya untuk berencana meminang seorang gadis cantik dari turunan darah eropa campur Purwokerto, semoga niat itu terlaksana.

Btw ...saya cukup bahagia bisa berjabat tangan dengan akang2 kemarin malem itu..., rasanya seperti mimpi bisa bertemu dengan Bang One,  Bang rasyid, Bang Gobrek dll dech terutama calon engkong kita bang Nizam al jamjami. pokeke salam kenal semua, semoga persahatan makin lancar.

melem itu juga di hadir oleh mahluk gaib lainnya ...yang hanya nampak bagi orang2 yang sdh mampu....syukur banget malem itu bisa menampakkan diri..., salam kenal mas Alam kerok....:)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #329 on: 14/01/2008 15:20 »
alam pendekar alam gaib, huahaha....
bang iwan, bang nijam, bang ajad, bang deprok, bang gobrek, dan senior lainnya emang bener jagoan2 cingkrig...
kalu ane mah, ancuuurrrr...penggembira doank.
btw, mas dreamcore jg jangan2 pendekar super sakti nih karena kehadirannya di hydro tidak dapat saya rasakan. ato malah bu kek sian su?
maap...pan saye belon kenal name ente, bang...


 

Powered by EzPortal