+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263786 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #360 on: 16/02/2008 19:10 »
OK eh...Kite tunggu aplikasinye...
Ade baeknye nanti sekalian aje dibikinin wadah persatuan Cingkrik...
Format acare bisa aje diskusi,silaturami kalo berkenan juga sekalian tawasulan buat Kong Goning ame Kong Sinan.

Tabik,...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #361 on: 18/02/2008 10:36 »
kemaren abis maen ke rumahnye babe na'ali (cingkrik Sinan) ni gurunye dian..nemenin dian n gusman trus gak lama rizal nyusul..
maksud hati sih pengen tau sape tau babe na'ali tau gurunye kong sinan tuh siape?..eh ternyata mentok jg smp kong sinan,sama kyk di cingkrik rawabelong(depok)..gurunye kong sinan kite jg lom tau..yg pasti bang popon(guru ane) bilang kl kong sakam nyebut gurunye tuh "orang tua" gak pernah nyebut nama... :P

@bang iwan...gusman punya oleh2 tuh buat ente  [top]

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #362 on: 18/02/2008 12:02 »
ape lagi tuhhh? jangan sampe ane di kasih palu ama...aja [lucu]. ntar ane nge-bel deh kang Gusman. eh kemaren kang O'ong Maryono ketemuan ama ketua asosisasi pencak silat Suriname...kita ntar tanya aje apa bener tuh Cingkrik Suriname ada?!

Selamet buat semua yang mau nyempetin nyari data Cingkrik [top] [top] [top]

salam salut,

one ;D
BBM

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #363 on: 18/02/2008 12:12 »
Tabik, kang Iwan...
kemarenan nemenin Gobrek...nyusurin Maenannye Sinan. ketemu Baba Nahali...die nyengar nyengir aje...keder kali.

Yang top cerita Kong Buasim yang Buaya Cingkrik Sinan, waktu pertama dateng ke Karet ngandelin Maen Pukulan Bongkot...ketemu pukul sama Kong Ayar, Jawara Cingkrik Sinan...sempet lama Pibu-nya, sewaktu keliatan sama Kong Ayar kelemahan Bongkot di kaki kiri yang jadi pancer, begitu mo nipu pindah langkah...di koset kaki kirinye...Kong Buasyim jatuh duduk,tapi posisi tangannye di perut Kong Ayar...

Sebenernye sih seri kali ye... tapii lantaran Kong Buasyim legowo die ngaku kalah,...ucapnye waktu itu kepada Kong Ayar:.."Gue pungut deh lu punya maenan...siape guru lu" Kong Ayar bilang..."Ki Sinan"

Langsung deh dianterin buat belajar.

Denger2 bang dari orang Karet di Tenabang (jangan bilang2 ya...), Cingkrik Sinan Nyang masih asli ade di kampung Makasar, Namenye Kong Buasyim...tapi orangnye dah lama gada...

Tabik Jali...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #364 on: 18/02/2008 13:13 »
boleh dibilang kalo cingkrig nih salah satu maenan betawi yang penyebarannya paling luas di jakarta. variasi kembangannya juga sangat variatif. sangat sulit untuk menentukan mana yg paling asli dan mana yang sudah mengalami modifikasi. inget cerita nya sobat dendy bahwa bang popon juga masih nyimpen maenan asli dari kong sakam (CMIIW).

Kita tau bahwa asal muasal cingkrig masih misterius. informasi yg kita dapat baru sampai kepada Kong Goning, Kong Sinan, Kong Sakam. Informasi ttg siapa guru2 beliau dan di mana belajarnya juga masih simpang siur. Contoh untuk Cingkrig Goning menurut Babe sa'ali (cucu nya) Kong Goning belajar di Batu Ceper dan menyebut Ki Kilin sebagai gurunya (Ki Kilin ini juga masih misterius dan ga muncul di silsilah tokoh Cingkrig pada postingan awal. Kalo ga salah dari Sobat Office Boy).

Nah, apakah K Goning hanya belajar dari Ki Kilin ataukah beliau cuma salah satu guru dari Ki Goning? ini perlu studi lebih lanjut.
Begitu juga dengan Kong Sinan dan Kong Sakam rasanya sejarahnya juga perlu diurai lebih dalam lagi.

Mungkin saja beliau2 adalah tokoh yang menonjol pada jamannya sehingga terkenal sebagai guru2 cingkrig. jadi bukan mustahil ada tokoh lain seangkatan yang tidak menonjolkan diri tapi mengajar juga maenan ini, maka maklumlah kita kalo banyak versi cingkrig di jakarta ini.

Penamaan cingkrig kan kalo ga salah, mengacu pada gerak langkah yang jingkrak-jingkrik. sedikit banyak gerak langkah ini juga ada di beberapa maenan betawi, bedanya mungkin pada tekanan langkah dan arahnya aja. gerak kaki tangan juga rada-rada mirip, malah bisa dibilang  di hampir semua maenan betawi ada gerak tangan kaki yang sama. semisal sabet, bandut/bandul, kelid/liyud, tangkep, seser/desek, pecah. perbedaan mencolok ada pada posisi badan : tegak, bungkuk, doyong ke belakang, doyong ke depan, sabetan pendek, sabetan panjang.

Perbedaan yang tampak ada saat ini saya perkirakan dipengaruhi oleh daya cipta  masing2 guru yang disesuaikan dengan karakter dan pengalaman tanding beliau2.
apakah bisa dikatakan bahwa permaenan yang kita kenal sekarang merupakan hasil evolusi dari sumber awalnya? wallahu alam. kalau pun iya, maka evolusi ini tentu akan terus berlanjut sampai entah kapan.

sekian dulu, mohon maklum kalo banyak yang kurang tepat...
salam

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #365 on: 18/02/2008 13:31 »
gmane kagak keder....sm muridnye aje tangan kite udah bunyi "pletek"..ha ha..

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #366 on: 18/02/2008 13:36 »
haha...ini pengalaman yang mana lagi nih, den? ;D

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #367 on: 18/02/2008 14:04 »
Bang Rasyid,...si Gobrek baru ngerasain model maen jalim2an ala cingkrik...jadi inget pak bambang... [lucu]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #368 on: 18/02/2008 14:11 »
nahhh..bang rasyid pake nanya..pan ente jg dah tau gmane kelakuan orang2 padepokan...he he.. :w
gusman sih nyengar nyengir aje pas tangan ane bunyi "pletek"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #369 on: 18/02/2008 14:16 »
jadi udah pada bisa zolim nih anak2 cingkrig generasi biru? ape emang udah bawaan??? hahaha...
hehe...kudu banyak2 in takuut tuh. ;D

lanjuut dah cingkrignye biar tambah matebbb..
salam silup

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #370 on: 18/02/2008 16:33 »
Buat B@ng Gobrek ame B@ng Deprok nih...

Ane tandesin lagi nih Maenan Sinan dari Kong Buasyim...

Langkah 13 gak dikurangin gak dilebihin...paling sikon aje waktu pertarungan isian banyak yang diringkesin...

1.  Cingkrik
2.  Beset
3.  Saup
4.  Singa Deprok
5.  Singa Tonjok
6.  Langkah 3
7.  Langkah 4
8.  Langkah 5
9.  Lok Be
10.Singkur
11.Gerak Pukul
12.Tedeng1
13.Tedeng 2

Isi ame jurus amper sama ame Cingkrik Goning nye Pak Bambang, bedanye dikiiit....bener..

Tabik,...Kapan ade waktu maen ke Baba Nahali.

Jali.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #371 on: 18/02/2008 18:09 »
cingkrik ....viva forever ;D ;D ;D

salam salut,


one
BBM

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: cingkrik
« Reply #372 on: 20/02/2008 12:06 »
keren habis..  [top]

lanjut Bang Rasyid.. ente primadona di thread ini  x-))
bongkar terus misteri Cingkrik maenan pukulan Betawi  [top]

kalo kang Iwan mah , seneng jadi centeng diye... hihihi  :P  [lucu]

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #373 on: 20/02/2008 13:06 »
wah, Ki Sawung pujiannya salah alamat kaleee... :D
mestinya itu hadiah buat abang jalatunda. saya mah seneng aja dapet pujian dari Ki Sawung, tapi sayang bukan hak saya, hehe...

ayo deh para jagoan cingkrig terusin perjuangannya, bang jali jadi kumendan nye, ane jadi penggembira aje...

salam engkol

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #374 on: 27/02/2008 14:28 »
Buat B@ng Gobrek ame B@ng Deprok nih...

Ane tandesin lagi nih Maenan Sinan dari Kong Buasyim...

Langkah 13 gak dikurangin gak dilebihin...paling sikon aje waktu pertarungan isian banyak yang diringkesin...

1.  Cingkrik
2.  Beset
3.  Saup
4.  Singa Deprok
5.  Singa Tonjok
6.  Langkah 3
7.  Langkah 4
8.  Langkah 5
9.  Lok Be
10.Singkur
11.Gerak Pukul
12.Tedeng1
13.Tedeng 2

Isi ame jurus amper sama ame Cingkrik Goning nye Pak Bambang, bedanye dikiiit....bener..

Tabik,...Kapan ade waktu maen ke Baba Nahali.

Jali.
eh, kok name2nye sering disebut babe  ane yak? padahal babe kan belajar cingkrig goning ama kong goning sendiri. berarti cingkrig goning ama sinan deket banget nih..
lanjuuut...

 

Powered by EzPortal