+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cingkrik  (Read 263986 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #390 on: 03/03/2008 12:07 »
buat abang-abang,
kite (ane, bang Ajad, bang Rasyid, Bang Nizam and Ujang Baden, Alam, uda Parewa, dll) ngumpul ampe tadi sore dari tadi malem...(abis "ngabur") ngengokin bang Nani nyang katenye sakit...eh kita ke sono, ane gubrak-gubrak nyang lagi merungkut di tempat tidur, kite paksa bangun.. dasar pendekar...meskipun sakit kalo nyang namenye kedatangan tamu "gile", maksain juga buka jurus ama maen atu dua gebrakan...ane mah ngakak abis... [lucu] [lucu] [lucu] tuh badan keringet dingin ngoprot ngeladenin tamu nyang rada-rada.

salut buat abang ane (bang Nani/Sani) ..pokoknye top abis [top] [top] [top], pagi ngerengkol di kasur, siang cerita ame maen ame kite-kite...sore udeh segeran dikit....T O P, eni baru nyang namenye pendekar. Ngasih sesuatu nyang berharga tanpa ngerasa sayang elmu ame takut kesaingin...

salam,

one
BBM

NB: data Cingkrik udah ampir kelar nih...kita siap-siap ketemuan buat nyatuin semua data untuk penulisan dokumentasi. Kita kayaknya wajib ketemuan nih..
buat Cingkrikers ayo kite siap-siap..

ane perhatiin tadi Pendekar Samui nongol lagi, selamet gabung lagi Pak. salam.

ye dah Bang, eni nih nyang ane punye mao dari dulu...kite "amprokan/dame" aje bareng2. Sebelon diangkat jadi topik diskusi formil bulanan. Kalo ane pribadi sih udah siap dari dulu...Malahan punye niatin ngebuku-in ni maenan. Cuman tanpa bantuan temen2 kagak bakalan jadi ape2.

Nyok deh, kite mulain...nyang tadinye start bediri,sekarang udeh waktunye start jongkok...Jangan lupa kumpulin nama2 cingkrikers buat dikontakin,biar komplit.

Tabik,...Jali
« Last Edit: 03/03/2008 12:10 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #391 on: 03/03/2008 12:33 »
insya Allah ane temuin... [top]

salam,


one
asiiik nih bisa liat pendekar selaksa jurus beraksi.... ;D
ayo2...cinkrigers pada dateng, kite kumpul sekalian rembukan ngematengin kompilasi data cingkrig.

sampe ketemu

Pandeka samui

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 6
Re: cingkrik
« Reply #392 on: 05/03/2008 17:59 »



Assalamuálaikum wr wb

Salam  Iwan, saya turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas bepulangnya kakak iwan kesisi Allah SWT semoga tabah seluruh keluarga yang ditinggalkan.

Atas nama seluruh Keluarga besar Cingkrik Europa.

Wass.Wr.Wb

H.Masfar

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #393 on: 06/03/2008 14:36 »
Quote from: parewa
katenye si bule mau datang lg minggu depan krn salut dg
permainan cingkrik... mnrt babe, kang One mesti siap2 nyobain si bule...... :w
=))) [yahoo]

Ha? saya kok gak inget yang satu ini yak? Apa bener dia mau balik minggu
depan? ???

Setahu saya waktu itu, dia mau tinggal di Jakarta cuma beberapa hari, abis itu
mau jalan ke Krakatau atau Bromo. Kecuali kalau dia bilang begitu pas saya lagi
sholat... tapi perasaan 'nggak deh... waktu saya pamit mau sholat, dia juga
pamit mau nerusin jalan-jalan ke Sea World.

Duh, kalo dia bener-bener dateng, rugi ni... soalnya sabtu besok saya udah janji
mau nganterin anak ke TK. Gak bisa liat maenan kelas tinggi-nya Mas Iwan... :'(

Laporan pandangan mata ya?

Kemaren waktu Freddy (ini nama si Bule Swedia, entah tulisannya bener apa
nggak) main ke padepokan, kita lagi pada istirahat, ngos-ngosan habis dikerjain
babe. Dia tanya-tanya soal kegiatan kita di martial art village (ini nama
Padepokan Pencak Silat menurut buku panduan pariwisata yang dia bawa) dan
Pak Bambang dengan senang hati buka jurus.

Bareng Mas Puragabaya saya ngebantuin babe jadi penerjemah. Untung Bahasa
Inggrisnya Freddy kagak susah... konon katanya lidah orang-orang yang
berbahasa Germanik relatif sama dengan lidah orang Indonesia.

Freddy orangnya sopan banget. Dia ngaku kalau pegang sabuk hitam Tae Kwon-
Do tradisional, tapi karena cedera lutut kanan, dia beralih ke MMA (padahal MMA
bukannya tambah susah tuh?). Walaupun dia nggak secara khusus dateng ke
Indonesia buat belajar bela diri tapi dia tertarik banget begitu tau di Jakarta ada
Martial Art Village, makanya dia bela-bela-in dateng.

Pak Bambang sama Mas Lutfie bergantian maen jurus, sesudah itu mereka
berdua demo isi jurus. Freddy manggut-manggut, kalau dari komentarnya, dia
salut dengan maenan Cingkrik yang punya kekhususan di takedown. Menurut
dia, itu ciri-ciri maenan yang berorientasi ke berantem beneran.

Belakangan, atas kemurahan hati Pak Bambang, Freddy diajak jajal satu-dua isi.
Saya kebagian motretin (kamera digitalnya Freddy keren euy...).  :w

Kalau saya bilang dua-duanya boleh diacungin jempol. [top]

Pak Bambang mah kita sudah gak ragu lagi... beliau bisa nyelip ke mana aja buat
bikin Freddy gedubrakan ke matras. Tapi sebaliknya, Freddy juga menunjukkan
sikap sportmanship yang apik. Dia mukul dengan sopan, bukan kayak orang yang
pingin jajal atau unjuk kemampuan, dan dia-pun bisa mengikuti permainan Pak
Bambang dengan baik. Di pandangan saya, dia waktu itu menunjukkan
keterampilan untuk bisa jatuh dengan baik dan aman. Saya salut sama
keterampilan badannya menerima tangan Pak Bambang.

Itulah asyiknya dunia bela diri ya? Saling kenal dan saling hormat. [toop]

Freddy secara khusus tertarik sama jatuhan yang pakai kaki (injek sama
engkol), katanya dia belum pernah tahu yang model begitu dan menurutnya
efektif sekali, mudah tapi efektif. Dia minta Pak Bambang peragakan lagi maenan
yang itu sementara saya diminta ambil gambar dari berbagai sudut (sampe
jumpalitan, soalnya Babe maennya gak bisa lambet-lambet)

Waktu Pak Bambang ajak maen bawah, Freddy minta saya bilang ke Babe bahwa
maenan bawah adalah keahlian dia dan mengingat ukuran badannya lebih besar
dia punya keunggulan dibanding babe. Dia akan turuti Babe mau menunjukkan
apa, dan gak mau adu jago di bawah.

Emang bener sih, belakangan Pak Bambang bilang ke saya kalau Freddy itu
kuatnya minta ampun di bawah. Walaupun Babe pada akhirnya bisa reverse
Freddy punya full-mount, tapi Babe akuin kalau tuh bule emang pinter di bawah.

Lepas dari situ, kita ngobrol lama soal macem-macem.
Freddy nawarin apel ke Babe, sementara dia sendiri makan wortel. Berhubung
babe basa-basi nolak, apelnya saya yang embat... he...he...he... :w

Karena tuh bule, saya yang janji sama istri pulang jam satu, baru sampe rumah
jam lima... %-(
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #394 on: 06/03/2008 14:42 »
keren liputan pandangan matanya. jurnalis ya?

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: cingkrik
« Reply #395 on: 06/03/2008 15:21 »
Karena tuh bule, saya yang janji sama istri pulang jam satu, baru sampe rumah
jam lima... %-(
Salam,
Bukan Bang... Bukan karena tuh bule... Tapi lebih karena Abang udah kena virus silatophile.  ;D Jadi inget waktu harus tidur di mobil gara-gara janji pulang jam 10 malem, baru sampe rumah jam setengah tiga pagi, gara-gara latihan silat keterusan. Pintu dipalang dan ga dibukain sama bini.  ;D

Anyway... Salut sama para pendekar Cingkrik!

Jabat erat...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cingkrik
« Reply #396 on: 06/03/2008 16:42 »
Salut Mas Antara, ane sebulan ni gak bisa latihan lagi banyak gawean ame persiapan ngadepin Mulud nih... x-))

Wah... bisa2 kalo ketemu kang Iwan bisa jadi pelampiasannye Kang Iwan tuh... [lucu] mudah2an sih gak...

BTW...tuh bule tangannye kena "dipletekin" gak...gaya cingkriknye P'Bambang...? ;D

Salam,Jali.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: cingkrik
« Reply #397 on: 06/03/2008 19:22 »
tengkiu atas lapaoran pandangan matanya mas Antara.... [top]
GRP buat sampean....

ane dengernya dari pak Tb Bambang, mungkin aja beliau salah.....

Salam...

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cingkrik
« Reply #398 on: 09/03/2008 20:17 »



Assalamuálaikum wr wb

Salam  Iwan, saya turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas bepulangnya kakak iwan kesisi Allah SWT semoga tabah seluruh keluarga yang ditinggalkan.

Atas nama seluruh Keluarga besar Cingkrik Europa.

Wass.Wr.Wb

H.Masfar

Terima Kasih pak Masfar. Semoga keadaan anda sehat selalu.

salam,


Iwan Setiawan

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #399 on: 10/03/2008 13:54 »
Quote from: parewa
tengkiu atas lapaoran pandangan matanya mas Antara.... [top]
GRP buat sampean....

ane dengernya dari pak Tb Bambang, mungkin aja beliau salah.....

Salam...

Terima kasih GRP-nya Uda Parewa... bila ada kesalahan Pak Bambang, maka itu
tentu berakar dari kesalahan saya sebagai penerjemah... :-[
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: cingkrik
« Reply #400 on: 12/03/2008 16:56 »
mantab bang antara reportasenya, jangan2 pegawai kantor berita antara nih  8) , grp dulu deh  [top]

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: cingkrik
« Reply #401 on: 20/03/2008 12:31 »
waahh sepertinya orangnya asik2 yaa teman2 pendekar Cingkrik... [top] ;D
mudah2an suatu saat saya bisa bertemu dan melihat secara langsung jurus2nya cingkrik yang pastinya mantaaap  [top] [top]
salam hormat n salam kenal aja semuanya ^:)^

salam

simpay

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cingkrik
« Reply #402 on: 20/03/2008 15:34 »
mantab bang antara reportasenya, jangan2 pegawai kantor berita antara nih  8) , grp dulu deh  [top]

Betul khan, Mas Antara itu pinternya amprud deh. Boleh diadu dengan Mas Dasaman yang juga ahli silat yang luas pengetahuan akademisnya. Saya juga tekagum-kagum dengan uraian-uraiannya. Menurut saya baiknya mereka berdua nulis buku tentang silat pasti OK.

Mas Antara Pegawe KB Antara? Yang jelas bukan Kang Sobary khan? Baindewey mana foto-foto dari kameranya Freddy koq gak di upload di sini?

Dan apa maksudnya dipletekin?

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: cingkrik
« Reply #403 on: 21/03/2008 06:13 »
Waduh Mas Bram, modal baru Cingkrik Goning 3 jurus koq disuruh nulis buku...
Apalagi ditandingin ama Mas Dasaman, bisa gepeng saya ditindih beliyau...  [pray2]

Kemarin saya sudah titip sama Freddy untuk kirim foto-fotonya lewat e-mail,
tapi kayaknya ybs masih asyik jalan-jalan. Harap dimaklumi, bule nyentrik satu
itu sedang dalam perjalanan back-pack keliling dunia. Sudah satu setengah
tahun ini dia belum pulang ke rumah.

Hihihi... saya ngiri sama idupnya.... dia sama saudara kembarnya buka usaha
impor barang etnik buat interior, jadi sementara sodara kembarnya jagain warung
di rumah, dia keliling dunia nyari-nyari benda etnik buat dikirim ke Swedia.
Spanjang jalan dia mampir2 ke perguruan bela diri... ck...ck...ck...

Saya mah modal cuma keyboard doang...  :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: cingkrik
« Reply #404 on: 21/03/2008 08:53 »
SEKELUMIT RIWAYAT KONG GONING
Kong Goning berasal dari kampung Pejuangan Kedoya, Jakarta Barat, saat ini lokasi nya sekitar Kompleks Studio RCTI. Kong Goning lahir tahun…tanggal…. Dan meninggal dunia pada tahun 1974 pada usia +/- 70 tahun di Batu Ceper. Makam beliau berada di Rawa Kopi (Al Kamal ).
Nama asli Kong Goning adalah AININ BIN URIM. Silsilah keluarga Kong Goning yang masih dapat dilacak (sampai dengan informasi ini didapat) sebagai berikut :
 
Bapak dan Ibu = Urim + Ani Binti Aling Bin Mahmud
Anak-anak =
1.   Kosim
2.   Nasaah
3.   Saadi
4.   Saadah
5.   Husin
6.   Arsad Jago
Cucu  yang masih hidup dan mewarisi cingkrig =
1.   Saali


       SAALI (SAALI GUTET) adalah cucu langsung dari Kong Goning yang masih ada hingga kini dan mewarisi maenan Cingkrig Goning langsung dari Kong Goning. Bapak Saali lah yang meriwayatkan kisah ini pada saya. Riwayat ini diceritakan di rumah saya pada hari Sabtu Malam Minggu tanggal 12 Januari 2008 dari jam 9 s.d jam 11 malam. Saya tidak sendirian karena bersama saya adalah Sahabat Adam (Bang Deprok) dan Dendy (Bang Gobrek),  bapak saya, serta Bapak RT.

Menurut Bapak Saali Kong Goning berguru pada Ki KILIN di Batu Ceper, sedangkan Ki KILIN sendiri berguru pada siapa tidak sempat diceritakan oleh Kong Goning kepada Pak Saali. Menurut penuturan Kong Going pada Pak Saali, Ki KILIN mengajarkan agar Kong Goning “belajar”/memperhatikan kucing yang sedang berkelahi dengan monyet. Mungkin dari sinilah asal dari langkah cingkrig. Sedangkan gerakan menyerang kucing aplikasinya pada sorongan tangan kiri mengarah muka dan tenggorokan musuh. Dalam Cingkrig Goning yang jadi andalan adalah tangan kiri, bagaimanapun serangan, tangan kiri harus cepat menutup, sedangkan tangan kanan menjadi pelengkap.

Kong Goning mengajarkan Cingkrig sampai seantero Jakarta, beliau juga mengajar Cingkrig di rumah Menteri pada jaman Presiden Sukarno, a.l. Ali Sastroamijoyo dan Ir H. Juanda. Oleh karena itu dapatlah dimaklumi kalau penyebaran Cingkrig Goning meluas sampai ke seluruh wilayah Jakarta.

Dari sekian banyak murid beliau, yang jadi dan mengajarkan Cingkrig Goning adalah :
1.   Sofyan di daerah Gang Jamblang (Jembatan lima)
2.   Rosadi di daerah Kalideres
3.   Kibin di daerah Kalimati
4.   Usup Utay di daerah Grogol
5.   Amsir O’on di daerah Kemanggisan dan Kebon Jeruk;
6.   Pak Saali selaku cucu beliau
....

Wassalam.

n.b. Bang Gobrek dan Bang Deprok ma kasih ye udah rela  ninggalin jadwal latian cingkrignye.. mudah2an sedikit bekel dari babe ama pak saali ade manpaatnye
 

sobat2 cingkrig, salam..
ternyata selain babe saali masih ada anak Kong Goning yang bisa kite temuin. dari informasi yang ane dapet, ternyata Kong Saadi (anak ke-3) dan Kong Husin (anak ke-5) dan satu anak perempuan Kong Goning masih ada. Ane sempet diajak nemuin Kong Saadi (panggilannya Bang Gudil), yang rupenye masih keitung tetangge ama ane, malem jumat tadi. sempet ngobrol2 bentar, sayang belum ada info terbaru.
dari sedikit informasi tadi, ada satu yang sangat menarik yaitu : begitu bervariasi nya cingkrig ini.  Untuk daerah kebon jeruk, kedoya, kampung rawa, dan kemanggisan aja saat ini cingkrig bisa termodifikasi. padahal itu adalah daerah asal penyebaran cingkrig goning. Hal ini kemungkinan akibat begitu dekatnya cingkrig goning dan sinan baik dari segi wilayah penyebaran, kultur maupun hubungan kekerabatan keduanya.
tapi sayang Kong Saadi mengaku ga ngewarisin maenan Kong Goning..jadi niat pengen ngeliat "Kong Goning" maen belon kesampean. (ato mungkin juga belum mau nunjukkin?)
Info laen yang ane dapet, cucu dari Kong Sinan juga masih ada dan masih bisa ditemuin. Makam Kong Sinan di mesjid kebon jeruk (deket SMP 75 dan Polsek Kebon Jeruk.
Untuk Cingkrig Rawa Belong, orang2 sekitar sini nyebutnya cingkrig Tumbal Pitung..
Info ini masih sangat sangat sedikit dan terbatas, perlu tekad dan usaha keras dari sobat2 cingkrig kalo mau nyari titik terang sejarah dan riwayat cingkrig.

Abang2 cingkrig, sekian dulu..maap kalo ada kesalahan
kapan nih tur cingkrig?

salam cingkrig
« Last Edit: 21/03/2008 09:18 by rasyid »

 

Powered by EzPortal