+-

Video Silat

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi  (Read 15131 times)

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Jalan Enam 4 Tahap 5 Pancer Pengasinan Kebon Kopi Depok - Jawa Barat

<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/_KguxTuGr0A&hl=en&fs=1"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/_KguxTuGr0A&hl=en&fs=1" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>

Video di atas dokumentasi tahun 2007 pada suatu acara kebudayaan

Peraga dari Jurus Tiga Urung adalah Bpk. Dalung



jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #1 on: 12/12/2009 10:05 »
kok skript video nya salah yaa....  ??? tolong dong boss momod, di benerin biar tampil videonya terima kasih

sorri masih nubie soalnya

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #2 on: 12/12/2009 10:27 »
Sejarah

Silat ini berasal dari pengasinan kebon kopi parung depok, menurut guru kami permainan ini tidak ada namanya cuma karena daerah dan gerakan jurusnya ada 6 jadi sering di sebut silat pengasinan jalan enam.

Silat ini diturunkan dari orang tua ke anak laki-laki, di turun disini maksudnya secara ke ilmuan tanpa dipelajari. Sebagai contoh Guru kami (Alm.) engkong Imang dia termuda dari lima bersaudara, ke empat saudaranya Bp. Mustari, Bp. Marsad, Bp. No'ih dan Bp. Iming telah mempelajari silat ini dan telah menjadi guru silat.

Engkong Imang ini tidak berminat akan silat, dia hanya seorang penjual cincau keliling, tapi dari ke empat saudaranya dia terpilih menjadi guru silat hanya dengan mengadakan rosul dan diurut oleh Engkong Meran (Nama aslinya Engkong Mistan tapi karena ke tela'ah anaknya yg bernama meran jadi dia sering dipanggil dengan nama anaknya).

istirahat dolo

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #3 on: 12/12/2009 11:07 »
lanjuut ....  :)

Engkong Imang tanpa belajar dia bisa memperagakan silat tsb, katanya suka si ajarin dalam impian oleh keruhun2 pengasinan

silat ini diturunkan dari orang tuanya Bapa Tua Jumat bin Imung Salimun, berhubung pada saat Bapa Tua Jumat meninggal dunia engkong imang masih kecil, beliau meninggal tahun 1942 melihat yg tertulis pada batu nisan makam beliau. Jadi untuk sementara waktu di Ijab Qobul kepada adik dari Bapa Tua Jumat yaitu Bapa Tua Mistan (Engkong Meran) agar kelak Engkong imang dewasa dia di Rosul dan di Urut.

Sekian lama engkong imang tidak berminat mempelajari silat, tapi setelah engkong meran menasehati engkong imang  ngerinya dia gak ada umur siapa lagi yg meneruskan permainan ini, lagipula ini adalah wasiat dari bapa tua jumat orang tua engkong imang akhirnya dia di rosul dan di urut hingga menjadi guru silat yg berhak membuat minyak urutan untuk acara rosulan murid baru dan urutan pada saat bulan mulud.

jadi silsilahnya engkong imang diturunkan dari bapa tua jum'at melalui perantara ijab qobul engkong meran. Bapa tua jumat diturunkan dari orang tuanya Bapa Tua Imung salimun .... sebenarnya masih banyak silsilah di atas bapa tua Imung salimun tapi saya hanya di izinkan hanya sampe sini  :)

istirahat dolo .......  [[run2]]


ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #4 on: 12/12/2009 11:37 »
salam kenal
wah kita sodara dong, sy belajar jalan enam pengasinan dari alm Babe Uwie Effendi (Bang Pendi) dari Paseban Kawi-kawi. beliau bilang yg diajarin ke sy itu campuran antara Pengasinan gaya Pusat dgn Kebon Kopi. Beliau itu murid dari Pak Marno'i. tp beliau lebih kuat pengaruh gaya dari Pak Rinta (Ri'ih bin Niung). metode ngajarnya agak beda, beliau ga kasih nama jurus dua urung atau tiga urung, langsung gerak terus sy disuruh nurutin instruksinya, baru dikasih tau isi2nya. dimana latiannya, sebab sy pengen sowan. klo sy saban Mauludan selalu ke perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan. sekarang ketuanya itu Pak Agus, masih keturunan dari Mbah Misar. Apa di sana ada jurus kotek sambutan juga (trapping hand)?
thegor

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #5 on: 12/12/2009 11:47 »
salam
wah pengen juga neh belajar maenan jalan enam kebon kopi buat nambahin pengasinan yg udah sy punya, sebab kita masih satu sumber. sekedar nambahin, silat pahaman Baba Nasa juga masih satu sumber sebab asalnya dari Mbah Siban. pengen juga saya ngelengkapin dgn gaya Kebon Kopi dan Pahaman, sebab satu sumber dan bisa saling melengkapi. cm sayangnya pada jauh latiannya, klo hari Minggu latnya sih ok2 aja.

klo dari Babe Uwie jurus dasarnya itu Jurus Kepret Empat Pancer, ini ciri khasnya. tapi namanya dari satu sumber pasti konsepnya banyak kesamaannya sy rasa, misalnya:
Jalan Enam
Ini maksudnya begini, badan kita dibagi jd 3 area bawah, tengah, atas. Nah dari tiga area ini dibagi 2 lg jd kiri-kanan atawa istilah lainnya luar-dalam. Dalam menyerang dan bertahan kita selalu menyerang dan melindungi 6 area tersebut, kira2 begitu deh. Bisa jg dibilang aga mirip sm konsep center line. Pola serangan dan bertahan kita meliputi 6 area itu, jd ga cuman nyerang atas melulu.
Jaga Pukul
Ini maksudnya kira2 total counter attack. Selalu jaga dulu baru pukul. dalam jurus2nya setiap pertahanan atawa tangkisan selalu disertai/diakhiri dengan serangan tangan/pukulan dgn tangan yg sama. jd ga ada gerakan nangkis doang atawa nendang doang, harus selalu disertai serangan. Alm,Babe Uwie pernah bilang klo silat ini bukan warung punya, tp supermarket punya, artinya orang nyerang sekali/orang jual kita bales bertubi2 ga pake berenti alias kita borong aja, ga usah nanggung. makanya ngandalin jarak rapat dgn kombinasi trapping hand.
Kunci2an yg dipake kebanyakan yg bersifat kecil, misalnya kunci pergelangan. klo kita bandingin sm Aikido atawa Jujutsu kira2 ky Kotegaishi, ikkyo, sankyo. jg ada patah2an sikut.
Kebanyakan gerakannya motong arah tenaga lawan, semacam intercept, bantingannya/jatuhannya pk konsep ini.

apa betul sama konsepnya Bang?
thegor

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #6 on: 12/12/2009 12:03 »
hmm ... mungkin maksudnya jurus lenggang/pancer kali yaa

coba aja liat youtube yg saya upload
http://www.youtube.com/watch?v=_KguxTuGr0A

diawal video itu disebut jurus lenggang satu sampai enam, mungkin ada kesamaan dengan yg boss deskripsikan

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #7 on: 12/12/2009 12:11 »
metode ngajarnya agak beda, beliau ga kasih nama jurus dua urung atau tiga urung, langsung gerak terus sy disuruh nurutin instruksinya, baru dikasih tau isi2nya.

memangnya ada jurus dua urung, dalam silat jalan enam 4 tahap 5 pancer cuma terbagi 3 jurus lenggang/pancer, pulet dan terakhir tiga urung. hanya itu

setelah itu blajar lapisan tangan

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #8 on: 12/12/2009 12:22 »
salam
nah itu uniknya Bang, sebab tiap guru punya metode dan gaya2 sendiri2 dalam memainkan jurus, sejauh yg sy tau tiap ketemu guru Pengasinan maen jurusnya aga beda, meskipun konsepnya sm2 jalan enam. latiannya dimana, tiap hari apa jam berapa? boleh sy sowan kesana?

Pengasinan itu emang unik, tiap guru pasti laen jalannya, di sy malah ga ada nama lenggang, ntar sy liat dulu you tube, baru sy komentar lagi.

wah menyenangkan bisa ketemu yg satu akar. menurut sy Pengasinan itu apapun namanya berasal dari satu akar tp berkembang jd banyak cabangnya.
thegor

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #9 on: 12/12/2009 12:38 »
lanjut lagi ceritanya yaa boss ....  :D

untuk mbah misar ... hmmm namanya Bp. Mi'ing bin Ki'in (udah haji kayaknya seh) dari sekian banyak gurunya salah satunya bernama Bapa Tua Misar. Jadi yg sering disebut2 mbah misar ini sebenarnya Bp. Mi'ing bin Ki'in yang ke tela'ah nama gurunya (saking cintanya dia terhadap gurunya begitu menurut kakak saya)

paman saya juga murid dari Mbah samin, dia adalah murid langsung dari Bp. Mi'ing bin Ki'in (sering disebut Mbah misar) alhamdulillah walaupun sudah tua mbah samin ini masih sehat wal afi'at. dan dia kenal betul dengan Alm. engkong imang. Jadi Bp. Mi'ing bin Ki'in dan Bapa Tua Misar adalah dua orang yang berbeda.

sedangkan Bapa Tua Misar dan Bapa tua Siban sendiri hidup di zaman Bapa Tua Imung Salimun .... tahun berapa tuh kira2 yaa  ??? sedangkan Bapa tua Jumat aja Meninggalnya Th. 1942

istirahat dolo

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #10 on: 12/12/2009 12:41 »
salam
sy udah liat, dasarnya mah sama Bang, konsepnya juga ga ada bedanya. bedanya cm dikit2 aja, beda di variasinya Bang. Maenan Babe Uwie lebih berisik karena banyak tepokan dan banyak benturan, pukulannya kita punya banyak diputer. itu yg maen berpasangan berdua, klo di kita namanya Maen Kotek sambutan. numpang tanya Bang, apa di maenan Abang ada ke posisi Deprok, klo di sy ada. wah menyenangkan bisa ketemu yg dari satu akar.

bener Bang kita dari satu rumpun. klo boleh sy minta no telp nya Bang, buat silaturahmi. kita sambung lagi tali silaturahmi dari yg satu akar.

ntar deh sy coba posting maenan kita di youtube, lg sy proses, mudah2an minggu dpn dah ada di Youtube, tp sayang sy ga punya rekaman guru sy maen.
thegor

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #11 on: 12/12/2009 12:44 »
salam
Betul Bang, Mbah Misar yg sy sebut itu kata sesepuh di Pengasinan adalah Mi'in Bin Ki'in. makamnya ada di Pengasinan, di belakang Padepokan.
sy sering denger dari guru sy dan dari sesepuh tentang aliran kebon kopi ini, dulu katanya saban Maulud juga ngadain acara, sekarang masih ada ga?
thegor

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #12 on: 12/12/2009 12:54 »
klo sy saban Mauludan selalu ke perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan. sekarang ketuanya itu Pak Agus, masih keturunan dari Mbah Misar. Apa di sana ada jurus kotek sambutan juga (trapping hand)?

untuk acara urutan maulud itu sewaktu masih ada (Alm) Engkong Imang masih ada, saya dan kawan2 datengnya ke rumah engkong Imang, dan di urut di sana tapi setelah beliau meninggal dunia kami mengadakan di rumah kakek saya atas persetujuan dari orang2 tua yg lebih dolo blajar silat ini termasuk mbah samin

jurus kotek sambutan .... hmm kalo di kita bukan jurus tapi hanya disebut lapisan tangan / kadang disebut koprekan ma yg tua tua

saya dan kawan2 pernah ziarah ke makam Bp. Mi'in Bin Ki'in ketemu sama kakek yg katanya anak dari Bp. Mi'in Bin Ki'in selaku juru kunci tapi anehnya kok nggak kenal engkong imamg yaa  :'(

enak tempatnya banyak bale'  :D dibawahnya ada setu ... dolo seh blm jd pariwisata tapi kayaknya sekarang dah mirip kayak setu babakan rameeee hehehhehe

ghorylla

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 140
  • Reputation: 15
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #13 on: 12/12/2009 20:35 »
salam
betul bang tempatnya enak, Bang minta no Hp atawa telp dan alamatnya dong, sy kapan2 mau sowan. terima kasih.
thegor

jalan6

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 83
  • Reputation: 5
Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
« Reply #14 on: 14/12/2009 08:32 »
salam
betul bang tempatnya enak, Bang minta no Hp atawa telp dan alamatnya dong, sy kapan2 mau sowan. terima kasih.

hihihihih sebenernya guru ente juga pasti ngenalin pelatih ane  :D

bp. agus juga kenal kok, pelatih ane Bp. dalung tinggal di daerah Beji Depok


 

Powered by EzPortal