Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Aliran Pencak Silat => Topic started by: jalan6 on 12/12/2009 09:57

Title: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 09:57
Jalan Enam 4 Tahap 5 Pancer Pengasinan Kebon Kopi Depok - Jawa Barat

<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/_KguxTuGr0A&hl=en&fs=1"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/_KguxTuGr0A&hl=en&fs=1" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>

Video di atas dokumentasi tahun 2007 pada suatu acara kebudayaan

Peraga dari Jurus Tiga Urung adalah Bpk. Dalung


Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 10:05
kok skript video nya salah yaa....  ??? tolong dong boss momod, di benerin biar tampil videonya terima kasih

sorri masih nubie soalnya
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 10:27
Sejarah

Silat ini berasal dari pengasinan kebon kopi parung depok, menurut guru kami permainan ini tidak ada namanya cuma karena daerah dan gerakan jurusnya ada 6 jadi sering di sebut silat pengasinan jalan enam.

Silat ini diturunkan dari orang tua ke anak laki-laki, di turun disini maksudnya secara ke ilmuan tanpa dipelajari. Sebagai contoh Guru kami (Alm.) engkong Imang dia termuda dari lima bersaudara, ke empat saudaranya Bp. Mustari, Bp. Marsad, Bp. No'ih dan Bp. Iming telah mempelajari silat ini dan telah menjadi guru silat.

Engkong Imang ini tidak berminat akan silat, dia hanya seorang penjual cincau keliling, tapi dari ke empat saudaranya dia terpilih menjadi guru silat hanya dengan mengadakan rosul dan diurut oleh Engkong Meran (Nama aslinya Engkong Mistan tapi karena ke tela'ah anaknya yg bernama meran jadi dia sering dipanggil dengan nama anaknya).

istirahat dolo
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 11:07
lanjuut ....  :)

Engkong Imang tanpa belajar dia bisa memperagakan silat tsb, katanya suka si ajarin dalam impian oleh keruhun2 pengasinan

silat ini diturunkan dari orang tuanya Bapa Tua Jumat bin Imung Salimun, berhubung pada saat Bapa Tua Jumat meninggal dunia engkong imang masih kecil, beliau meninggal tahun 1942 melihat yg tertulis pada batu nisan makam beliau. Jadi untuk sementara waktu di Ijab Qobul kepada adik dari Bapa Tua Jumat yaitu Bapa Tua Mistan (Engkong Meran) agar kelak Engkong imang dewasa dia di Rosul dan di Urut.

Sekian lama engkong imang tidak berminat mempelajari silat, tapi setelah engkong meran menasehati engkong imang  ngerinya dia gak ada umur siapa lagi yg meneruskan permainan ini, lagipula ini adalah wasiat dari bapa tua jumat orang tua engkong imang akhirnya dia di rosul dan di urut hingga menjadi guru silat yg berhak membuat minyak urutan untuk acara rosulan murid baru dan urutan pada saat bulan mulud.

jadi silsilahnya engkong imang diturunkan dari bapa tua jum'at melalui perantara ijab qobul engkong meran. Bapa tua jumat diturunkan dari orang tuanya Bapa Tua Imung salimun .... sebenarnya masih banyak silsilah di atas bapa tua Imung salimun tapi saya hanya di izinkan hanya sampe sini  :)

istirahat dolo .......  [[run2]]

Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 11:37
salam kenal
wah kita sodara dong, sy belajar jalan enam pengasinan dari alm Babe Uwie Effendi (Bang Pendi) dari Paseban Kawi-kawi. beliau bilang yg diajarin ke sy itu campuran antara Pengasinan gaya Pusat dgn Kebon Kopi. Beliau itu murid dari Pak Marno'i. tp beliau lebih kuat pengaruh gaya dari Pak Rinta (Ri'ih bin Niung). metode ngajarnya agak beda, beliau ga kasih nama jurus dua urung atau tiga urung, langsung gerak terus sy disuruh nurutin instruksinya, baru dikasih tau isi2nya. dimana latiannya, sebab sy pengen sowan. klo sy saban Mauludan selalu ke perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan. sekarang ketuanya itu Pak Agus, masih keturunan dari Mbah Misar. Apa di sana ada jurus kotek sambutan juga (trapping hand)?
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 11:47
salam
wah pengen juga neh belajar maenan jalan enam kebon kopi buat nambahin pengasinan yg udah sy punya, sebab kita masih satu sumber. sekedar nambahin, silat pahaman Baba Nasa juga masih satu sumber sebab asalnya dari Mbah Siban. pengen juga saya ngelengkapin dgn gaya Kebon Kopi dan Pahaman, sebab satu sumber dan bisa saling melengkapi. cm sayangnya pada jauh latiannya, klo hari Minggu latnya sih ok2 aja.

klo dari Babe Uwie jurus dasarnya itu Jurus Kepret Empat Pancer, ini ciri khasnya. tapi namanya dari satu sumber pasti konsepnya banyak kesamaannya sy rasa, misalnya:
Jalan Enam
Ini maksudnya begini, badan kita dibagi jd 3 area bawah, tengah, atas. Nah dari tiga area ini dibagi 2 lg jd kiri-kanan atawa istilah lainnya luar-dalam. Dalam menyerang dan bertahan kita selalu menyerang dan melindungi 6 area tersebut, kira2 begitu deh. Bisa jg dibilang aga mirip sm konsep center line. Pola serangan dan bertahan kita meliputi 6 area itu, jd ga cuman nyerang atas melulu.
Jaga Pukul
Ini maksudnya kira2 total counter attack. Selalu jaga dulu baru pukul. dalam jurus2nya setiap pertahanan atawa tangkisan selalu disertai/diakhiri dengan serangan tangan/pukulan dgn tangan yg sama. jd ga ada gerakan nangkis doang atawa nendang doang, harus selalu disertai serangan. Alm,Babe Uwie pernah bilang klo silat ini bukan warung punya, tp supermarket punya, artinya orang nyerang sekali/orang jual kita bales bertubi2 ga pake berenti alias kita borong aja, ga usah nanggung. makanya ngandalin jarak rapat dgn kombinasi trapping hand.
Kunci2an yg dipake kebanyakan yg bersifat kecil, misalnya kunci pergelangan. klo kita bandingin sm Aikido atawa Jujutsu kira2 ky Kotegaishi, ikkyo, sankyo. jg ada patah2an sikut.
Kebanyakan gerakannya motong arah tenaga lawan, semacam intercept, bantingannya/jatuhannya pk konsep ini.

apa betul sama konsepnya Bang?
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 12:03
hmm ... mungkin maksudnya jurus lenggang/pancer kali yaa

coba aja liat youtube yg saya upload
http://www.youtube.com/watch?v=_KguxTuGr0A

diawal video itu disebut jurus lenggang satu sampai enam, mungkin ada kesamaan dengan yg boss deskripsikan
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 12:11
metode ngajarnya agak beda, beliau ga kasih nama jurus dua urung atau tiga urung, langsung gerak terus sy disuruh nurutin instruksinya, baru dikasih tau isi2nya.

memangnya ada jurus dua urung, dalam silat jalan enam 4 tahap 5 pancer cuma terbagi 3 jurus lenggang/pancer, pulet dan terakhir tiga urung. hanya itu

setelah itu blajar lapisan tangan
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 12:22
salam
nah itu uniknya Bang, sebab tiap guru punya metode dan gaya2 sendiri2 dalam memainkan jurus, sejauh yg sy tau tiap ketemu guru Pengasinan maen jurusnya aga beda, meskipun konsepnya sm2 jalan enam. latiannya dimana, tiap hari apa jam berapa? boleh sy sowan kesana?

Pengasinan itu emang unik, tiap guru pasti laen jalannya, di sy malah ga ada nama lenggang, ntar sy liat dulu you tube, baru sy komentar lagi.

wah menyenangkan bisa ketemu yg satu akar. menurut sy Pengasinan itu apapun namanya berasal dari satu akar tp berkembang jd banyak cabangnya.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 12:38
lanjut lagi ceritanya yaa boss ....  :D

untuk mbah misar ... hmmm namanya Bp. Mi'ing bin Ki'in (udah haji kayaknya seh) dari sekian banyak gurunya salah satunya bernama Bapa Tua Misar. Jadi yg sering disebut2 mbah misar ini sebenarnya Bp. Mi'ing bin Ki'in yang ke tela'ah nama gurunya (saking cintanya dia terhadap gurunya begitu menurut kakak saya)

paman saya juga murid dari Mbah samin, dia adalah murid langsung dari Bp. Mi'ing bin Ki'in (sering disebut Mbah misar) alhamdulillah walaupun sudah tua mbah samin ini masih sehat wal afi'at. dan dia kenal betul dengan Alm. engkong imang. Jadi Bp. Mi'ing bin Ki'in dan Bapa Tua Misar adalah dua orang yang berbeda.

sedangkan Bapa Tua Misar dan Bapa tua Siban sendiri hidup di zaman Bapa Tua Imung Salimun .... tahun berapa tuh kira2 yaa  ??? sedangkan Bapa tua Jumat aja Meninggalnya Th. 1942

istirahat dolo
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 12:41
salam
sy udah liat, dasarnya mah sama Bang, konsepnya juga ga ada bedanya. bedanya cm dikit2 aja, beda di variasinya Bang. Maenan Babe Uwie lebih berisik karena banyak tepokan dan banyak benturan, pukulannya kita punya banyak diputer. itu yg maen berpasangan berdua, klo di kita namanya Maen Kotek sambutan. numpang tanya Bang, apa di maenan Abang ada ke posisi Deprok, klo di sy ada. wah menyenangkan bisa ketemu yg dari satu akar.

bener Bang kita dari satu rumpun. klo boleh sy minta no telp nya Bang, buat silaturahmi. kita sambung lagi tali silaturahmi dari yg satu akar.

ntar deh sy coba posting maenan kita di youtube, lg sy proses, mudah2an minggu dpn dah ada di Youtube, tp sayang sy ga punya rekaman guru sy maen.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 12:44
salam
Betul Bang, Mbah Misar yg sy sebut itu kata sesepuh di Pengasinan adalah Mi'in Bin Ki'in. makamnya ada di Pengasinan, di belakang Padepokan.
sy sering denger dari guru sy dan dari sesepuh tentang aliran kebon kopi ini, dulu katanya saban Maulud juga ngadain acara, sekarang masih ada ga?
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 12/12/2009 12:54
klo sy saban Mauludan selalu ke perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan. sekarang ketuanya itu Pak Agus, masih keturunan dari Mbah Misar. Apa di sana ada jurus kotek sambutan juga (trapping hand)?

untuk acara urutan maulud itu sewaktu masih ada (Alm) Engkong Imang masih ada, saya dan kawan2 datengnya ke rumah engkong Imang, dan di urut di sana tapi setelah beliau meninggal dunia kami mengadakan di rumah kakek saya atas persetujuan dari orang2 tua yg lebih dolo blajar silat ini termasuk mbah samin

jurus kotek sambutan .... hmm kalo di kita bukan jurus tapi hanya disebut lapisan tangan / kadang disebut koprekan ma yg tua tua

saya dan kawan2 pernah ziarah ke makam Bp. Mi'in Bin Ki'in ketemu sama kakek yg katanya anak dari Bp. Mi'in Bin Ki'in selaku juru kunci tapi anehnya kok nggak kenal engkong imamg yaa  :'(

enak tempatnya banyak bale'  :D dibawahnya ada setu ... dolo seh blm jd pariwisata tapi kayaknya sekarang dah mirip kayak setu babakan rameeee hehehhehe
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 12/12/2009 20:35
salam
betul bang tempatnya enak, Bang minta no Hp atawa telp dan alamatnya dong, sy kapan2 mau sowan. terima kasih.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 14/12/2009 08:32
salam
betul bang tempatnya enak, Bang minta no Hp atawa telp dan alamatnya dong, sy kapan2 mau sowan. terima kasih.

hihihihih sebenernya guru ente juga pasti ngenalin pelatih ane  :D

bp. agus juga kenal kok, pelatih ane Bp. dalung tinggal di daerah Beji Depok

Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 14/12/2009 08:59
dalam video dokumentasi tsb Bp. Dalung dan kawan2 ane tinggal nya di daerah Beji semua kok

lanjut ceritanya

karena engkong Imang tidak memiliki anak laki2 jadi dia meng-Ijab Qobul ke beberapa orang muridnya yang kebanyakan berdomisili di daerah Beji depok untuk meneruskan permainan silat ini.

salah satunya uwa Brohim selaku sesepuh (Kukusan), Bp. Dalung (Beji), (Alm) Bp. Saidih, Bp. Nain (Beji), (Alm) Bp. Yahya (Beji)

Sampai saat ini Bp. Dalung dan Bp. Nain masih aktif melatih, kalo (Alm) Bp. yahya diteruskan oleh anak2 nya

Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 18/12/2009 09:56
ntar deh sy coba posting maenan kita di youtube, lg sy proses, mudah2an minggu dpn dah ada di Youtube, tp sayang sy ga punya rekaman guru sy maen.

di tunggu neh video nya boss, untuk alamat ntar saya PM
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: santri kinasih on 18/12/2009 14:52
Waktu saya belajar sama Baba Nasan (silat pahaman) murid kong siban di Jalan Bango..Pernah dibilangin kalau salah satu sodara aliran adalah aliran jalan enam...Saya sendiri pernah ketemu bareng perguruan2 aliran jalan enam waktu ziarah ke makam kong siban, tepat hari ini 10 tahun yang lalu...:)
Pendekar jalan enam yang saya tau malah sekarang jadi pendekar lingkungan, Banga Iding, yang masuk tipi dan dapet penghargaan dari dalam dan luar negri karene membersihkan aliran kali sepanjang 15 km dan membuat lingkungan jadi lebih asri...Ini baru pendekar beneran, gak cuma jago maen pukulan.. [top]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 18/12/2009 17:28
salam
Bang Santri kinasih, boleh sy minta no teleponnya, kebetulan sy kan emang belajar jalan enam gaya Babe Uwie Effendi. sekalian silaturahmi Bang. sy memang lg nyari aliran2 atau gaya2 silat yg masih satu akar sama aliran jalan enam. terima kasih.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 19/12/2009 09:19
boss gorilla katanya mo upload video ..... ::) di tunggu aksinya
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 19/12/2009 10:57
Salam
yup sabar abang2 semua, sy lg edit dulu sebab rekamannya nyampur sm Silat Paseban, jdnya mesti dipotong2 dulu. sebab klo atraksi dua2nya baik Pangasinan maupun Paseban selalu kita tampilkan. Namanya amanat dari guru, kualat kan klo ga dijalanin hehe....
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: Mantrijeron14 on 22/12/2009 21:39
bang Ghor, bang jalan6....
ane barusan ketemu temen nyang daripada kebetulan adalah pengamal silat jalan6 dr bapak Aca/ caca. menurut beliau enih silat jalan enam make senjata nyang daripada adalah khas silat betawi make: golok, toya, trisula, siku (apa tonfa ya maksudnya?).

Mohon penjelasannya seklumit duaklumit ttg permainan senjata di aliran ini....

waktu dan tempat kami persilahkeun....

wassalam,
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: Dodol Buluk on 23/12/2009 08:15
wah..wah...ane juga dapet inpo dari temen ane di citayem, katenye ade sekuriti yang punya maenan yang mirip dg tret ini tp namanya "Pakihai",ape sama ye?

debuls
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 23/12/2009 14:26
maksudnya "mirip" gimana bang .....  ??? mirip dengan video yg di upload disini  :)

kalo saya pribadi blm bernah denger tuh, mungkin ada yg mo jabarin kemiripannya  ::)
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 25/12/2009 13:25
salam
klo siku terus terang sy sendiri kaga tau sebab kaga pernah diajarin, klo golok, pisau, trisula sm toya ya itu memang familiar. seperti umumnya silat betawi. klo teknik yg paling umum di Pengasinan itu golok dan pisau.
orang2 pengasinan tempo dulu klo keluar kampung selalu diingetin sm sesepuh2 "pinggang ga boleh kosong" artinya jgn lupa bawa golok atau pisau. kenapa? karena waktu itu daerah sekitar pengasinan sampe parung itu banyak begal. sering kejadian pendekar2 pengasinan waktu itu berantem sm begal.

di sisi lain orang2 pengasinan yg "merantau" ke jakpus wabil khusus ke daerah Paseban kebanyakan berprofesi sebagai tukang buah, makanya mereka lebih ngembangin pada permainan golok dan  pisau, dimana pisaunya berfungsi juga buat ngupas buah. selain itu toya panjang, dulunya adalah pikulan, jd begitu ditodong begal pas lagi dagang buah, mereka ambil tuh pikulan, jadi lah toya buat beladiri. klo trisula ga umum, tp ada guru2 yg memang mengajarkan trisula juga.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 06/01/2010 10:13
kok sepi yaa  [[run2]]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: budi prihatin on 09/01/2010 18:16
@jalan6 : kenal dong sama bang manta (PPS.Putera Betawi Kancing 7 Bintang 12)

http://kancing7bintang12.blogspot.com
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 19/01/2010 14:25
karena gak jauh, masih satu daerah pasti kenal lah boss

Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: hummdee6 on 19/01/2010 20:55
Wuihh ..
emang pengasinan bukan di daerah depok?
Kl gak salah si ghorylla nyariin pengasinan yg kebon kopi neh .. disangka dia sdh mati obor.

Ceritain dong ttg aliran ini.
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 21/01/2010 08:49
yup daerah depok ....

di daerah beji - kukusan depok masih ada tuh yang pada latihan silat ini pelatihnya Bp. Dahlan dalung dan Bp. Nain
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 06/02/2010 15:51
mana neh yg katanya mo kasih video  ??? kok lama amat yaa ......  ::)

jadi tambah penasaran neh hehehhe .... duduk manis menunggu dech
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 06/07/2010 10:54
hmmm .... dah lama di tinggal kok masih sepi aja yaa  :o

yang janji kasih vid mana yaa  :D

 [[run2]]  [[run2]]  [[run2]]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 07/10/2010 20:02
Salam
sori neh agak lama soalnya udah lama ane kaga nongol di ini forum..silakan liat aja di fesbuk ane....sekedar info ane jg memperdalam ilmu silat paseban babe cacang, jadinya kadang klo dalam atraksi dua2nya ane tongolin.....

http://www.youtube.com/watch?v=dtUTIkafpdU

http://www.youtube.com/watch?v=gnrD2kdIAYg&feature=related

http://www.facebook.com/?ref=home#!/video/video.php?v=1584523222250&subj=100001102650537
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 30/11/2010 14:04
akhirnya .... kok tiga urung nya buru2 amat yaa  :o

mantaff  [top]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 20/12/2010 13:33
Salam
emang begitu lah Bang..ciri khas cara maennya alm.babe uwie emang begitu kalo maen jurus kaga boleh dilambatin, kudu cepet dan kaya keburu2, belaiu lebih nekenin di kecepatan dan stamina/daya tahan pas maenin jurus....

itulah makanya klo pas maenin jurus kotek/jalan enam/pulet kaga bisa pake irama kendang pencak laennya selain dari irama/ketukan padungdung...makanya kalo pake tepak dua atau tepak tilu/tepak tiga kita kudu pake jurus laen....

maklum dah di aliran pengasinan kan emang begitu tiap guru pada punya ciri khas dan cara maen yg beda...klo kata orang2 MS Jalan Enam Pusat sih begini: "jalannya mas sama cuman beda cara maeninnya aja sm beda pengembangannya".....
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 03/01/2011 12:05
iya juga seh ... tapi kalo di shot pake video jadi kurang ok diliatnya  ::)

 [top]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 03/01/2011 19:59
salam
enak ga enak diliat tergantung selera dan kebiasaan bang..hehhehe
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 03/03/2011 14:52
itu di youtube ada vid baru tentang kotek pengasinan, katanya seh udah diringkas / dipangkas sama pengajarnya yg menurut penuturannya murid dari kong neman jebolan MS

tapi saya liat kok malah banyak yg di pangkas gerakannya jadi gak mirip sama aslinya lagi terutama tiga urung

tapi hebat bener si kakek bisa ngembangin jurus sendiri, mungkin berdasarkan pengalaman pribadi
[top]
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: Bayu Umbara on 04/03/2011 16:18
Boleh tuh bang jalan 6 ditampilin link videonya di mari,makasi bang,
salam
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: sedyaleksana on 04/03/2011 18:50
Ini kali ya videonya:
http://www.youtube.com/watch?v=6FF3pDBsAVE
http://www.youtube.com/watch?v=FpDMtYIVykc&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=Mb_EefC4568&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=t8wXBz3k4M0&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=tDcPhsV8Bnw&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=wMDg9AxzbFg&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=V95cbGVma4Q&feature=related
Salam
Chandrasa
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 08/03/2011 09:27
makasih bang sedyaleksana, atas link nya

Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: ghorylla on 24/03/2011 14:46
itu di youtube ada vid baru tentang kotek pengasinan, katanya seh udah diringkas / dipangkas sama pengajarnya yg menurut penuturannya murid dari kong neman jebolan MS

tapi saya liat kok malah banyak yg di pangkas gerakannya jadi gak mirip sama aslinya lagi terutama tiga urung

tapi hebat bener si kakek bisa ngembangin jurus sendiri, mungkin berdasarkan pengalaman pribadi
[top]

salam
dalam aliran jalan enam pengasinan ga ada masalah mau ngembangin sendiri atawa dicampur2 sm yg merasa udah bisa alias udah dianggap guru, buat ane itu bukan masalah, setiap orang berhak ngembangin gayanya masing2 yg penting tetep inget aja lah sm pongkolnya dan bisa jelasin silsilah gurunya dalam arti bukan ngarang2 ngaku2 jalan enam...

malah bagus jadinya kan ada ciri khas sendiri2, maklum lah dari dulunya jg gitu tiap guru punya style-nya masing2
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: Bayu Umbara on 24/03/2011 16:21
Betul sekali saya setuju banget sama bang ghorylla [top] [top] [top]
, karena setiap orang yang mendalami sebuah ilmu silat atau beladiri akan menghasilkan gaya dan karakter silat yang berbeda2, karena pendalaman dan pemaknaan setiap orang itu akan berbeda dan memiliki tingkatan masing2 apalagi kalau sudah pernah mempelajari teknik2 silat yang lainnya sehingga itu semua akan menjadi sebuah variasi yang menyatu dalam gerakan silatnya,maaf kalau pendapat saya kurang tepat,terima kasih
salam
Title: Re: Jalan Enam 4 Tahap Lima Pancer Pengasinan Kebon Kopi
Post by: jalan6 on 28/03/2011 12:39
betul ... setuju saya  [top]