Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Aliran Pencak Silat => Topic started by: anyuus on 01/06/2007 12:25

Title: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 01/06/2007 12:25
Sekilas Perisai Diri

Sepanjang tatar Jawa, terutama bagian tengah dan timur serta di pulau tetangga, bali. Terdapat teknik bertarung gaya melayu yang dikenal dengan nama Silat Perisai Diri. Perisai Diri sendiri terdiri dari dua makna, yaitu :

Silat Perisai Diri adalah suatu sistem seni prtarungan yang mengandung unsur rekreasional maupun sportifitas. Unsur pertarungan dari Silat Perisai Diri ditekankan pada penggunaan kata Silat yang merupakan aplikasi dari suatu teknik bertarung.
Perisai Diri berarti suatu sistem pertahanan diri. "Perisai" berarti pelindung dan "Diri" terkait dengan seorang pribadi. Perisai dalam kebudayaan indonesia dikenal sebagai senjata pertahanan diri yang mempunyai arti sebagai simbol baik penyerangan maupun perlindungan para anggota Silat Perisai Diri.
Silat Perisai Diri lebih populer dengan singkatan PD. PD merupakan suatu sistem modern yang menggabungkan logika pertarungan dan teknik-teknik yang diambil dari para pendahulunya. Langkah awal untuk memformulasikan sistem PD dimulai pada tahun 1955 di Yogjakarta, Jawa Tengah. Tapi baru di Surabayalah PD yang diinspirasi dan dipimpin oleh Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo (lebih dikenal dengan sebutan Pak De atau Pak Dirdjo) menjadi suatu sistem beladiri yang terorganisasi. Dalam 3 dekade Pak De mempelajari dan mengajarkan PD, sistem ini akhirnya berkembang cukup baik dan menjadi organisasi seni beladiri yang sangat dihormati. Sekarang PD telah dipelajari oleh ratusan ribu anggota di seluruh Indonesia dan memiliki komisariat-komisariat di luar negeri seperti Belanda, Jerman, Prancis, Jepang, Italia, Kanada, Amerika Serikat dan Australia. Selain dipelajari oleh kalangan sipil, PD juga dipelajari oleh Angkatan Bersenjata Indonesia, personel-personel penegak hukum dan lain-lain. Ini dikarenakan kepraktisan dan serbaguna dari sistem PD ini sendiri. Menurut Pak Dirdjo, PD merupakan suatu sistem yang mengkombinasikan berbagai metode pertarungan yang dipilih dari berbagai sumber etnis kebudayaan yang memiliki pengaruh dalam kebudayaan Indonesia setidaknya sejak abad ke 7 Masehi.

SEJARAH RINGKAS PERISAI DIRI

PERISAI DIRI lahir dari perenungan atas langkah perjalanan yang panjang, tumbuh dengan latihan yang tidak pernah berakhir dan besar karena semangat yang diwariskan oleh pendirinya, Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo .

Putra Raden Mas Pakoe Soedirdjo ini lahir pada tanggal 8 Januari 1913 didalam lingkungan Keraton Paku Alaman di Yogyakarta. Lingkungan Taman Siswa di sekitarnya tentu saja mengharapkan pemuda kecil ini tumbuh menjadi guru. Namun kenyataannya ia lebih mempunyai tulang yang baik, sehingga baru berumur sembilan tahun saja silat di Keraton Paku Alaman sudah terkuasai dengan baik. Teman-teman selatihannya menjadi tidak segan untuk menganggapnya sebagai pelatih.
Tahun berganti, sang pelatih muda pun sadar kalau dunia silat bukan cuma tembok keraton. Setamat HIK pada umur 16 tahun, Soebandiman meninggalkan Paku Alaman demi menuntut ilmu silat. Dasar anak muda, melangkah hanya berbekal tekad dan betul-betul melangkah dengan berjalan kaki.

Pemuda Soebandiman pun sampai di Jombang, gudang pesantren Jawa Timur ini berfasilitas lengkap. Bapak Hasan Basri didatanginya untuk berguru Silat, sedang ilmu agama dan pengetahuan umum disadapnya dari Pondok Pesantren Tebu Ireng. Untuk menyambung hidupnya dirantau, ia bekerja di pabrik gula Peterongan. Hari-haripun menjadi padat, hidup dirantau memang tidak mudah. Namun nyatanya, semua itu bisa dijalani dengan mulus dan Soebandiman melakoni gemblengan hidup.

Begitu merasa cukup, pemuda ini kembali ke Barat. Solo kotanya, Bapak Sayid Sahab tujuannya, berguru silat tentunya. Untuk memperdalam ilmunya, ia juga mendatangi kakeknya, Jogosurasmo. Soebandiman pun mewarisi ilmu kakeknya yang pakar ilmu kanuragan ini. Semaranglah tujuan berikutnya. Ia berguru kepada bapak Soegito yang beraliran Setia Saudara (SS). Pemuda yang haus pengalaman ini belum puas, maka ia berguru ilmu kanuragan lagi di pondok Randu Ginting, Semarang.

Dari sana, langkah terayun ke Cirebon. Namun ternyata baru sampai di Kuningan, langkahnya terhenti. Daerah ini pada waktu itu memang cukup terkenal untuk di datangi berguru. Kembali Soebandiman berguru silat dan Kanuragan. Kesana kemari berguru silat, jenuhkah ia? Ternyata tidak. Tekad besar untuk menggabungkan dan mengolah ilmu-ilmu yang di pelajarinya semakin kuat dan itu cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan yang mungkin timbul. Berpindah-pindah guru baginya berarti mengetahui yang baru dan menambal yang kurang, begitu tekadnya sejak pertama kali pergi merantau. Pengalaman dan gemblengan akhirnya menjadikannya sesosok manusia yang bermental baja dan penuh percaya diri yang didasari dengan niat baik. Maka Tuhan Yang Maha Esa pun berkenan menuntun mencapai cita-citanya. Ia pun mulai meramu ilmu silat ciptaannya sendiri. RM Soebandiman Dirdjoatmojo lalu menetap di Banyumas, tepatnya di Parakan. Silat ciptaannya yang pertama disebar dengan membuka perguruan silat EKA KALBU (EKA). Di tengah kesibukan melatih, bertemulah ia dengan suhu Yap Kie San, seorang pendekar berbangsa Tionghoa yang beraliran Siaw Liem Sie. Bagi RMS Dirdjoatmojo, untuk belajar tidak perlu memandang suku, usia, agama dan bangsa, yang penting ilmu yang dituntut itu berguna. Setelah 14 tahun penuh cobaan dan gemblengan, sampailah puncak latihan silat RMS Dirdjoatmojo kepada suhu Yap Kie San ini.

Sejauh-jauhnya bangau terbang akhirnya ke pelimbahan juga. RMS Dirdjoatmodjo pun kembali ke tanah kelahirannya, Yogyakarta. Ki Hadjar Dewantoro yang masih pak de nya memintanya untuk mengajar silat di Perguruan Taman Siswa. Memenuhi harapan keluarga, RMS Dirdjoatmodjo pun menjadi guru silat. Sekitar tahun 1947, beliau diangkat menjadi pegawai negri pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Seksi Pencak Silat. Dengan misi mengembangkan pencak silat, beliau membuka kursus silat melalui dinas untuk umum. Beliau juga mengajar di organisasi HPPSI serta Himpunan Siswa Budaya.

Pada tahun 1954, RMS Dirdjoatmodjo pindah ke Surabaya, ke kantor Kebudayaan Jawa Timur, Jalan Wijaya Kesuma 53. dikantor inilah beliau dibantu Bp. Imam Ramelan mengadakan kursus pencak silat yang menandai berdirinya KELUARGA SILAT NASIONAL INDONESIA PERISAI DIRI pada tanggal 2 Juli 1955. Teknik silat yang beliau ajarkan adalah gabungan berbagai teknik beladiri yang ada di Indonesia.

Pengalaman sebagai pegawai kantor urusan silat memungkinkannya untuk melakukan hal itu. Dasar ilmu silat yang telah dikeduk berpuluh-puluh tahun, kini tercurah dalam bentuk teknik yang amat sesuai dengan kemampuan anatomi tubuh manusia.
Kursus Perisai Diri yang tadinya Cuma berumur setahun ini mulai berkembang pesat. Namanya pun menjadi Keluarga Silat nasional Indonesia PERISAI DIRI, atau disingkat Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI. Banyak kalangan yang menyebutnya dengan Perisai Diri atau bahkan PD saja. Nama PD bagi sebagian besar murid PERISAI DIRI juga sering dianggap sebagai singkatan dari Pak Dirdjo, sebutan akrab bagi sang guru besar tercinta.

Peminat Perisai Diri bukan sekedar pelajar dan mahasiswa, namun meluas ke kalangan pekerja, pegawai negri/swasta sampai militer. Perisai diri melebarkan sayapnya sampai ke Australia , Belanda, Ingris, Jerman dan Austria. Suatu prestasi yang amat membanggakan karena silat Perisai Diri ini mudah dipelajari oleh semua orang, segala usia, tingkat ekonomi dan sosial.
Tetapi manusia tidak pernah menang melawan waktu. Di Surabaya, pada tanggal 9 Mei 1983, RMS Dirdjoatmodjo berpulang menghadap Allah, Tuhan Sang Maha Pencipta Alam Semesta. Tongkat kepelatihan pun beralihn pada murid-murid utamanya, para anggota Dewan Pendekar PERISAI DIRI.

Untuk menghargai jasa-jasa yang telah diberikannya dalam partisipasinya membangun nusa, bangsa dan negara, khususnya dalam hal pembinaan generasi muda di bidang seni beladiri silat, maka pada tahun1986, Pemerintah Republik Indonesia menganugerahkan gelar PENDEKAR PURNA UTAMA untuk guru tercinta ini

Sumber: www.pdbandung.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kisawung on 02/06/2007 09:50
terima kasih atas informasinya sahabat Anyuus  [top]

bisakah diterangkan tingkatannya dan lama belajarnya  :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 02/06/2007 15:55
TEKNIK DAN TINGKATAN

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri didirikan oleh Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmojo pada tanggal 2 Juli 1955, memiliki ciri-ciri silat: cepat, tepat, tangkas, teratur dan berbudi luhur. Gerakan-gerakannya memperhitungkan segi anatomis tubuh, tidak memperkosa badan serta to the point , sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Teknik Perisai Diri dikelompokkan kedalam teknik-teknik yang diberi nama/istilah binatang dan manusia, diantaranya: Burung Mliwis, Burung Kuntul, Burung Garuda, Harimau, Naga, Satria, Pendeta, Putri, dll. Dengan sifat dan ciri khas tersebut tidaklah berlebihan apabila teknik silat Nasional Perisai Diri disebut teknik silat modern. Disamping itu, pada masing-masing tingkatan selain mempelajari teknik tangan kosong, juga diajarkan permainan senjata seperti pisau, pedang, thoya, ruyung, trisula, dll, dengan maksud agar anggota Perisa Diri mengetahui betul karakter dari masing-masing senjata, sehingga akan mengetahui kelemahan tiap-tiap senjata dan mampu menghadapi lawan yang bersenjata

Sistem Pendidikan Silat Perisai Diri menerapkan sistem yang praktis yaitu dengan pengenalan teknik serta penggunaannya secara langsung sejak awal pendidikan dasar. Pada garis besarnya sistem pendidikan dapat digambarkan sebagai berikut:

-Pengenalan dasar teknik
-Penggunaan teknik
-Peningkatan kemantapan dan refleksi
-Kematangan dan keyakinan

Sebagai seni/ ilmu beladiri Indonesia, selain segi fisik, dalam pendidikannya tidak lepas pula dari pemberian pendidikan mental sebagai unsur paralel yang dibutuhkan dalam membentuk kematangan jiwa dan budi pekerti yang luhur. Pendidikan mental ini juga dimaksudkan sebagai kendali dan pegangan bagi para pesilat Perisai Diri, agar di dalam melaksanakan fungsi hidupnya sebagai umat Tuhan Yang Maha Esa selalu mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi, mendahulukan kepentingan umum, berjiwa besar disertai dengan rasa percaya diri dan berwibawa.

Pada tingkatan tertentu dalam kematangan jiwanya, diberikan latihan-latihan pernafasan yang penerapan lebih lanjutnya di pergunakan dalam:

     -Pengerasan badan luar (Gwakang)
     -Daya tenaga dalam (Lweekang)
     -Meringankan tubuh (Ginkang)
Sesuai dengan tingkat pemahaman teknik, pesilat Perisai Diri diberikan tingkatan sebagai berikut:

Tingkat Dasar, terdiri dari:

-Dasar I, lama pendidikan 6 bulan dengan sabuk berwarna putih.
-Dasar II, lama pendidikan 6 bulan dengan sabuk berwarna hitam.
-Calon Keluarga (Cakel), ditempuh selama 6 bulan dengan sabuk berwarna merah dan badge bunga sepasang tanpa strip (tanda tingkatan).

Tingkat Keluarga, terdiri dari lima tingkat, dengan sabuk berwarna merah yaitu:

-Tingkat I, dengan tanda strip PUTIH pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 6 bulan; dan strip PUTIH-HIJAU pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 6 bulan.
-Tingkat II, dengan tanda strip HIJAU pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 6 bulan; dan strip HIJAU-BIRU pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 1 tahun.
-Tingkat III, dengan tanda strip BIRU pada badge bunga sepasang berwarna kuning-hitam, ditempuh selama 2 tahun; dan strip BIRU-MERAH pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 2 tahun.
-Tingkat IV, dengan tanda strip MERAH pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 3 tahun; dan strip MERAH-KUNING pada badge bunga sepasang, ditempuh selama 3 tahun.
-Tingkat V (Pendekar Muda) dengan tanda strip KUNING pada badge, ditempuh selama 3 tahun
-Tingkat Pendekar, memakai sabuk merah dengan badge bunga sepasang berwarna kuning   emas.

Sumber: www.pdbandung.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: loka on 11/06/2007 21:30
Salam bunga sepasang

salam bwt mas anyuus, saya dr ex kolat BDN, cakel, pelatihan nya mas tongam cs.

salam kenal juga untuk Ki sawung



salam penutup

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 13/06/2007 16:46
Salam bunga sepasang

salam bwt mas anyuus, saya dr ex kolat BDN, cakel, pelatihan nya mas tongam cs.

salam kenal juga untuk Ki sawung



salam penutup



SBS,
Loka, latihan lagi aja di PLN Pusat Jalan Trunojoyo Blok M setiap Minggu Pagi Jam 08 pagi sampai 12 siang, nggak usah malu2 banyak yang angkatan lama kok.
Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: samber gledek on 14/06/2007 16:34

 Mas anyus salam kenal.

Ada yang ingin saya tanyakan, P Dirjo waktu pertama kali belajar silat di Paku alaman itu silat apa ya?

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: loka on 15/06/2007 18:49
insyaAllah mas, kemarin baru ketemu mas Triyoga, baru dikasih info lokasi di PLN.

kalau ketemu mas sugeng salam hormat.



zonny

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 16/06/2007 02:27

 Mas anyus salam kenal.

Ada yang ingin saya tanyakan, P Dirjo waktu pertama kali belajar silat di Paku alaman itu silat apa ya?


Salam Kenal Juga Mas Samber Gledek
Jaman dulu mungkin belum ada perguruannya kemungkinan besar adalah silat Mataraman yang biasa dipelajari oleh keluarga keraton
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 16/06/2007 02:35
insyaAllah mas, kemarin baru ketemu mas Triyoga, baru dikasih info lokasi di PLN.

kalau ketemu mas sugeng salam hormat.



zonny


SBS
Mas Triyoga (Lilik (BM)) lebih sering latihan hari Selasa-Jumat malam, kalau saya lebih sering Minggu pagi, Mas Sugeng (MK) suka dateng Minggu pagi. Lagi pada persiapan untuk PDIC ke Bandung. Banyak Pendekar Muda yang datang lho.
Salam Penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kisawung on 16/06/2007 10:28
SBS
Mas Triyoga (Lilik (BM)) lebih sering latihan hari Selasa-Jumat malam, kalau saya lebih sering Minggu pagi, Mas Sugeng (MK) suka dateng Minggu pagi. Lagi pada persiapan untuk PDIC ke Bandung. Banyak Pendekar Muda yang datang lho.
Salam Penutup
Mas Lilik ini apakah yang dahulu tinggal di sekretariat pusat PD Yogya :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 16/06/2007 11:52
assalamualaikum,
ada yg pernah ikutan kerohanian? bisa dishare ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 16/06/2007 21:34
SBS
Mas Triyoga (Lilik (BM)) lebih sering latihan hari Selasa-Jumat malam, kalau saya lebih sering Minggu pagi, Mas Sugeng (MK) suka dateng Minggu pagi. Lagi pada persiapan untuk PDIC ke Bandung. Banyak Pendekar Muda yang datang lho.
Salam Penutup
Mas Lilik ini apakah yang dahulu tinggal di sekretariat pusat PD Yogya :)
Salam,
Kisawung, Mas Lilik (Triyoga) ini memang orang Yogya tepatnya di Kadipaten dan Bintaran, tetapi beliau bergabung dengan PD di PD Cabang Jaksel Senayan.
Salam Penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 16/06/2007 21:44
assalamualaikum,
ada yg pernah ikutan kerohanian? bisa dishare ?
Salam,
Bung Wolvie, kalau kerohanian saya tidak berani share disini karena di PD hanya tingkat tertentu yang dapat pelajaran kerohanian. BTW bung Wolvie Keluarga PD juga? Angkatan tahun berapa?
Salam Penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: takomuda on 17/06/2007 21:28
Salam perkasa...!!! Osh...

Perkenalkan bang Anyuss..saya dari perguruan TAKO Indonesia. Menurut sejarahnya guru besar TAKO yang berasal dari tanah Deli ( Alm. Syahrunisa ) pada saat dijawa timur pernah belajar silat dengan R.M.Dirjoatmodjo  dan memang pada saat didirikannya perguruan ini didaerah Tebing Tinggi Sumatera Utara didalam kurikulum pelajarannya banyak teknik PD yang teradopsi dan dikembangkan namun seiring  perkembangan perguruan ini tampaknya lebih mengarah kepada KARATE mengingat unsur-usur Karate yang juga dipelajari oleh Syahrunnisa dari O.Takugawa ( Croocked Karate tehnique ) lebih sering digunakan atau didemonstrasikan oleh guru besar syahrunisa ditambah lagi beliau juga ikut bergabung didalam membentuk FORKI. jadi sejak saat itu perguruan TAKO yang pada mulanya merupakan perguruan silat berubah menjadi perguruan KARATE yang unik karena secara aliran TAKO tidak punya induk dijepang sementara itu banyak teknik-teknik serangan maupun bertahan mengambil gerakan dari silat.

Perguruan TAKO Indonesia pada saat ini memang mengkhususkan diri dan berkonsentrasi pada jenis beladiri Karate dan berkiblat pada aliran Shotokan untuk pembinaan para generasi mudanya namun sejarah tidak boleh dilupakan kalau TAKO dengan PD mempunyai ikatan batin dan emosional sebagai guru dan murid semoga tetap jaya PD salam hormat dari kami semua ....Sikap hormat ..!! Salam TAKO Osh...!!! ^:)^
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: loka on 18/06/2007 21:39
Mas Lilik ini apakah yang dahulu tinggal di sekretariat pusat PD Yogya :)
[/quote]

Mas Lilik sekarang tinggal di Kodam bintaro, asli-nya memang jogja, di jln teruno seputro (dekat plengkung gading keraton jogja). hampir sekeluarga ikutan PD, yg lebih lama di jogja adiknya, Mas Nunu (Nugroho) tapi sekarang juga sdh pindah ke pamulang ciputat.


salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 19/06/2007 01:45
Salam perkasa...!!! Osh...

Perkenalkan bang Anyuss..saya dari perguruan TAKO Indonesia. Menurut sejarahnya guru besar TAKO yang berasal dari tanah Deli ( Alm. Syahrunisa ) pada saat dijawa timur pernah belajar silat dengan R.M.Dirjoatmodjo  dan memang pada saat didirikannya perguruan ini didaerah Tebing Tinggi Sumatera Utara didalam kurikulum pelajarannya banyak teknik PD yang teradopsi dan dikembangkan namun seiring  perkembangan perguruan ini tampaknya lebih mengarah kepada KARATE mengingat unsur-usur Karate yang juga dipelajari oleh Syahrunnisa dari O.Takugawa ( Croocked Karate tehnique ) lebih sering digunakan atau didemonstrasikan oleh guru besar syahrunisa ditambah lagi beliau juga ikut bergabung didalam membentuk FORKI. jadi sejak saat itu perguruan TAKO yang pada mulanya merupakan perguruan silat berubah menjadi perguruan KARATE yang unik karena secara aliran TAKO tidak punya induk dijepang sementara itu banyak teknik-teknik serangan maupun bertahan mengambil gerakan dari silat.

Perguruan TAKO Indonesia pada saat ini memang mengkhususkan diri dan berkonsentrasi pada jenis beladiri Karate dan berkiblat pada aliran Shotokan untuk pembinaan para generasi mudanya namun sejarah tidak boleh dilupakan kalau TAKO dengan PD mempunyai ikatan batin dan emosional sebagai guru dan murid semoga tetap jaya PD salam hormat dari kami semua ....Sikap hormat ..!! Salam TAKO Osh...!!! ^:)^
Salam Bunga Sepasang,
Terima Kasih atas perhatiannya dan tetap menjaga ikatan batin dan ikatan emosional kepada kami. Semoga rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara kita tetap terjaga selalu.
Salam Hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 19/06/2007 13:07
Salam,
Bung Wolvie, kalau kerohanian saya tidak berani share disini karena di PD hanya tingkat tertentu yang dapat pelajaran kerohanian. BTW bung Wolvie Keluarga PD juga? Angkatan tahun berapa?
Salam Penutup
ini saya sudah mengisi di buku tamu

assalamualaikum,
ijin memperkenalkan diri, nama saya nanang di sby. saya belajar silat PD mulai smp (1987) sampai sma di tingkat strip putih, ditinggal keluar masuk hutan ikut pencinta alam, baru aktif lagi pas kuliah di surabaya (1993) tapi cuma berhasil ikut ujian sampai strip hijau. sekarang sudah jadi hijau lumut soalnya jarang banget latihan lagi. sempat privat kungfu 6 bulanan tapi akhirnya berhenti krn nguber setoran buat bayar duit kuliah saat itu.

alhamdulillah karena waktu kuliah sering ketemu para pendekar sempat mencicipi kerohanian dan ikut pertemuan malan jumat kliwon di cabang surabaya
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 20/06/2007 13:39
Permisi ... numpang lewat ... 8)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: pendekar on 20/06/2007 13:45
Permisi ... numpang lewat ... 8)

Mas ! Mas kalo lewat ati-ati, jangan meleng yaaaa..., :w

Hihihii, Master Bunga sepasang akhrinya nonggol lage... [top]

kalo di cari susahnya minta ampun.., gimana kabar keluarga dan kabar batam island??

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Taufan on 20/06/2007 16:19
Salam untuk Chandra, Sigit, Syamil, Eko, Oki... pokoke teman2 PD ITB era 80an.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 20/06/2007 17:46
Permisi ... numpang lewat ... 8)

Mas ! Mas kalo lewat ati-ati, jangan meleng yaaaa..., :w

Hihihii, Master Bunga sepasang akhrinya nonggol lage... [top]

kalo di cari susahnya minta ampun.., gimana kabar keluarga dan kabar batam island??


Kabar Batam aman terkendali. Iya nih, sudah sekian lamanya aku gak mampir ke forum, eh sekali mampir sudah ketinggalan jauh. Bener-bener takjub aku. Apalagi ada topik PD tapi bukan aku yang mengawalinya.  ;D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 22/06/2007 12:03
Permisi ... numpang lewat ... 8)

. Apalagi ada topik PD tapi bukan aku yang mengawalinya.  ;D
Salam Bunga Sepasang,
Mohon Ijin Mas Aguswin, Saya yg mengawali Topik PD. Perkenalken saya Antonius (anyuss) dari Pengda DKI dan Yogyakarta, maksudnya "alumni" PD Yogya yang cari makan di Jakarta. Saya juga ada di Milist PD sedunia lho mas. Ikut hadir di Bandung nggak mas?
Salam Hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 22/06/2007 12:26
Permisi ... numpang lewat ... 8)

. Apalagi ada topik PD tapi bukan aku yang mengawalinya.  ;D
Salam Bunga Sepasang,
Mohon Ijin Mas Aguswin, Saya yg mengawali Topik PD. Perkenalken saya Antonius (anyuus) dari Pengda DKI dan Yogyakarta, maksudnya "alumni" PD Yogya yang cari makan di Jakarta. Saya juga ada di milist PD sedunia lho mas. Ikut hadir di Bandung nggak mas?
Salam Hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 22/06/2007 13:19
Salam perkasa...!!! Osh...

Perkenalkan bang Anyuss..saya dari perguruan TAKO Indonesia. Menurut sejarahnya guru besar TAKO yang berasal dari tanah Deli ( Alm. Syahrunisa ) pada saat dijawa timur pernah belajar silat dengan R.M.Dirjoatmodjo  dan memang pada saat didirikannya perguruan ini didaerah Tebing Tinggi Sumatera Utara didalam kurikulum pelajarannya banyak teknik PD yang teradopsi dan dikembangkan namun seiring  perkembangan perguruan ini tampaknya lebih mengarah kepada KARATE mengingat unsur-usur Karate yang juga dipelajari oleh Syahrunnisa dari O.Takugawa ( Croocked Karate tehnique ) lebih sering digunakan atau didemonstrasikan oleh guru besar syahrunisa ditambah lagi beliau juga ikut bergabung didalam membentuk FORKI. jadi sejak saat itu perguruan TAKO yang pada mulanya merupakan perguruan silat berubah menjadi perguruan KARATE yang unik karena secara aliran TAKO tidak punya induk dijepang sementara itu banyak teknik-teknik serangan maupun bertahan mengambil gerakan dari silat.

Perguruan TAKO Indonesia pada saat ini memang mengkhususkan diri dan berkonsentrasi pada jenis beladiri Karate dan berkiblat pada aliran Shotokan untuk pembinaan para generasi mudanya namun sejarah tidak boleh dilupakan kalau TAKO dengan PD mempunyai ikatan batin dan emosional sebagai guru dan murid semoga tetap jaya PD salam hormat dari kami semua ....Sikap hormat ..!! Salam TAKO Osh...!!! ^:)^
Salam Bunga Sepasang
Bung Takomuda, salam anda kami sampaikan juga kepada seluruh Keluarga PD sedunia melalui milist PD sedunia. Berikut ini salam balasan dari Moderator milist PD sedunia
Salam

Salam Bunga Sepasang,
 
Terima kasih kepada murid perguruan TAKO,
jarang sekali yang bersikap seperti Sdr. Syahrunisa (alm).
Salam hormat kami pula atas nama Keluarga Silat Nasional
Perisai-Diri se dunia. Semoga perguruan beladiri TAKO dapat
berhasil sesuai dengan cita-cita Sdr. Syahrunisa (alm).
 
Salam hormat,
Monu Katili
 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 22/06/2007 19:43
Halah Mas Anyuus kok pakai ijin saya segala sih :D Kayaknya sih saya juniornya Mas Anyuus kok. :) Kami dari Batam berencana untuk berpartisipasi dalam PDIC V Jabar 2007 besok. Saat ini kami masih jungkir balik menghimpun dana buat beli tiket, maklumlah jaraknya kan jauh, butuh dana lebih untuk berangkat ke Bandung nanti.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: zul on 22/06/2007 20:46
Salam Bunga sepasang,

Saya sebagai anggota PD, sangat terharu dengan statement mas Anyuss ini. Yang saya ingat bahwa, harapan Pak Dirdjo adalah ajaran beliau bisa menyebar kemana-mana. Semoga ilmu yang beliau ajarkan kepada kami khususnya, menjadi amal jariah yang diridhai oleh Allah swt. Amien.

Walau anda bukan anggota PD, kita tetap saudara.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 23/06/2007 11:29
Salam untuk Chandra, Sigit, Syamil, Eko, Oki... pokoke teman2 PD ITB era 80an.

Mas Chandra di Jerman, Mas Sigit di Manado, tapi kadang2 nglatih di Jakarta, Mas Syamil di Arkansas, AS, Mas Eko...?, Kang Oki masih di Bandung
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 23/06/2007 11:34
Salam Bunga sepasang,

Saya sebagai anggota PD, sangat terharu dengan statement mas Anyuss ini.

Walau anda bukan anggota PD, kita tetap saudara.


Lah, saya ini Keluarga PD lho mas dan belum pernah berpaling ke lain hati.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 23/06/2007 13:50


Lah, saya ini Keluarga PD lho mas dan belum pernah berpaling ke lain hati.
[/quote]

Betul Mas... Saya waktu di Jakarta sering latihan bareng Mas Anyuus di PLN Pusat tiap hari Minggu pagi. Betul kan Mas Anyuus?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 23/06/2007 13:57
Salam untuk Chandra, Sigit, Syamil, Eko, Oki... pokoke teman2 PD ITB era 80an.

Mas Chandra di Jerman, Mas Sigit di Manado, tapi kadang2 nglatih di Jakarta, Mas Syamil di Arkansas, AS, Mas Eko...?, Kang Oki masih di Bandung

Koreksi Mas Anyuus: kemungkinan besar yang dimaksud adalah Mas Sigit Gunawan, bukan Mas Sigit Prakoso. Soalnya, Mas Sigit G adalah PD ITB angkatan 80-an, sedangkan Mas Sigit P adalah PD ITB angkatan 70-an kalau saya nggak salah. Mas Sigit G sekarang ada di Jakarta. Mas Oki Musakti kemungkinan besar ada di Aussie lagi. Saya juga termasuk PD ITB 80-an lho.... tapi 80-an akhir. Hehehehe... Jadi ketahuan deh... Mas Eko Mursito mungkin masih di Jakarta atau Bandung? Oh ya, ada milis untuk PD ITB lho... (milis ini khusus untuk anggota dan alumni PD ITB).
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 23/06/2007 14:05
assalamualaikum,
ada yg pernah ikutan kerohanian? bisa dishare ?

Salam,
Bung Wolvie74, Kerohanian PD hanya ditujukan kepada murid-murid PD minimal tingkat Keluarga Strip Putih dan telah berusia minimum 17 tahun. Tujuan pendidikan Kerohanian PD adalah untuk membentuk manusia yang berbudi luhur dan mendekatkan dirinya kepada Tuhan Yang Mahaesa. Paling hanya itu yang saya bisa share tentang Kerohanian PD.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 23/06/2007 14:15
Salam untuk Chandra, Sigit, Syamil, Eko, Oki... pokoke teman2 PD ITB era 80an.

Mas Chandra di Jerman, Mas Sigit di Manado, tapi kadang2 nglatih di Jakarta, Mas Syamil di Arkansas, AS, Mas Eko...?, Kang Oki masih di Bandung

Koreksi Mas Anyuus: kemungkinan besar yang dimaksud adalah Mas Sigit Gunawan, bukan Mas Sigit Prakoso. Soalnya, Mas Sigit G adalah PD ITB angkatan 80-an, sedangkan Mas Sigit P adalah PD ITB angkatan 70-an kalau saya nggak salah. Mas Sigit G sekarang ada di Jakarta. Mas Oki Musakti kemungkinan besar ada di Aussie lagi. Saya juga termasuk PD ITB 80-an lho.... tapi 80-an akhir. Hehehehe... Jadi ketahuan deh... Mas Eko Mursito mungkin masih di Jakarta atau Bandung? Oh ya, ada milis untuk PD ITB lho... (milis ini khusus untuk anggota dan alumni PD ITB).
Wah salah kasih info saya soal Mas Sigit........ :-\
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 23/06/2007 14:26


Lah, saya ini Keluarga PD lho mas dan belum pernah berpaling ke lain hati.

Betul Mas... Saya waktu di Jakarta sering latihan bareng Mas Anyuus di PLN Pusat tiap hari Minggu pagi. Betul kan Mas Anyuus?

[/quote]

Betul Mas, kapan pulang ke Jakarta u/ latihan lagi, sekarang lagi dimana?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 23/06/2007 20:47
Betul Mas, kapan pulang ke Jakarta u/ latihan lagi, sekarang lagi dimana?

Saya sekarang menetap di Kuala Lumpur, tetapi sekarang masih macul di Shekou, China. Belum tahu kapan saya kembali ke Jakarta. :( Rasanya kangen sekali pengin kembali latihan bareng saudara-saudara yang lainnya... Insya Allah, bisa segera kelakon. Sayang sekali, saya juga nggak bisa main ke Bandung untuk nonton PDIC. Padahal kemungkinan besar para pangcu dari komisariat pada datang.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 24/06/2007 18:34
Benar ternyata, Mas Anyuus senior saya jauh.  ::)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 24/06/2007 19:32
mas anyuus,
mohon sarannya, kalau ada pengalaman mengenai kerohanian boleh dishare disini gak yah ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 25/06/2007 16:20
Benar ternyata, Mas Anyuus senior saya jauh.  ::)

Nggak juga Mas, saya cuma terlalu lama "ngendon" di tingkat ini
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 25/06/2007 16:32
mas anyuus,
mohon sarannya, kalau ada pengalaman mengenai kerohanian boleh dishare disini gak yah ?

Wah... ttg kerohanian saya ini belum ada apa-apanya.....
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 25/06/2007 18:52
mas anyuus,
mohon sarannya, kalau ada pengalaman mengenai kerohanian boleh dishare disini gak yah ?

Salam Mas Wolvie74,
Pengalaman kerohanian Perisai Diri tidak bisa diceritakan, melainkan hanya bisa dirasakan oleh orang-orang berada di sekitar orang yang menjalankan kerohanian PD. Seperti yang sudah saya jelaskan di posting sebelum ini, kerohanian itu sendiri merupakan proses, atau latihan untuk menjadi seorang manusia yang berbudi luhur dan selalu ingat akan Tuhannya, yang sadar akan siapa "aku" ini sesungguhnya. Kalau dalam "bahasa Islam", kerohanian ini semacam "tarekat" (saya beri tanda kutip lho... mohon jangan disalahartikan) untuk mencapai taraf "insan kamil". Orang itu akan bagaikan sebuah bunga teratai, tetap indah dan bersih walau tumbuh di lumpur. Orang yang kerohanian PD-nya sudah jalan, maka dalam masyarakat lingkungannya, dia adalah seorang yang berjiwa bersih, suka menolong tanpa pamrih, tak silau oleh gemebyar harta dunia, jiwanya tenang, orang akan merasa nyaman dan aman bila berada di dekatnya, wajahnya akan selalu tersenyum, tidak mudah marah, orang akan segan karena hormat padanya (bukan hormat karena dipaksa atau takut), dalam bekerja dia akan selalu menjaga agar tidak korupsi atau melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Dia akan berlaku bahwa Tuhan selalu mengawasinya, sehingga setiap langkahnya akan sangat berhati-hati agar tidak terperosok dalam lubang dosa. Dia akan mampu mengendalikan nafsu-nafsunya.

Perlu dijelaskan bahwa kerohanian PD itu TIDAK SAMA  dengan kebatinan dan/atau kanuragan. Mungkin saja, dalam menjalankan latihan kerohanian PD, orang itu akan mendapatkan kemampuan yang berbentuk kanuragan. Tetapi itu bukan merupakan tujuan akhir, itu adalah "bonus". Dan biasanya, praktisi kerohanian PD tidak terlalu memikirkan (tidak perduli) apakah bisa kanuragan atau tidak. Karena memang bukan itu tujuan dari pelajaran kerohanian PD.

So, menjawab permintaan Mas Wolvie74, maka seorang praktisi kerohanian PD tidak akan pernah bisa menjawabnya, karena yang merasakan efeknya adalah orang lain di sekitarnya. Kalau mau tahu cara-caranya... Ya ikutan PD dulu... Jadi keluarga strip putih dan minimal sudah berusia 17 tahun.

Semoga tidak tambah penasaran...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: harunhdr on 26/06/2007 01:51
Assalamualaikum
Permisi, pingin banget ikutan Latihan Perisai Diri, ada info gak tempat latihan di Palembang ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 26/06/2007 06:44
Assalamualaikum
Permisi, pingin banget ikutan Latihan Perisai Diri, ada info gak tempat latihan di Palembang ?

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakaatuh,
Silakan mampir ke situs: http://www.geocities.com/pd_depkeu/
Semoga bisa membantu.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 26/06/2007 08:11
Betul Mas Don, itu adalah alamat website salah satu unit PD yang ada di Palembang.

Di Palembang pelatihan cabang PD diadakan di halaman kantor security pintu gerbang utama PT Pupuk Sriwidjaja (Jl. Mayor Zen) setiap hari Minggu pagi. Selain di PT Pusri, saat ini ranting/unit PD yang masih aktif juga ada di Pertamina UP.III Plaju (Gedung Aneka Ria, Komperta Plaju), SMK Negeri 3 (Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar), SMP Negeri 30 (Plaju) dan SMP YKPP 1 (Komperta Plaju).
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 26/06/2007 12:43
Betul sekali penjelasan Mas DSB ttg kerohanian, saya sendiri juga masih belajar untuk bisa menjadi manusia yang berbudi luhur
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Kobok Muka on 27/06/2007 14:02
Waktu SMA sy sempat latihan PD di PLN cabang Jatinegara sm (kalau gak salah) Pak Sudarmoko. Tapi belajarnya gak sampai selesai karena yg latihan malah di pindah ke PLN Pusat, padahal yg latihan di Jatinegara tambah banyak. Walaupun trus belajar silat2 laen, sy msh menganggap PD sebagai "First Love"  :)

Salam kenal  :) 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: harunhdr on 29/06/2007 02:41
Betul Mas Don, itu adalah alamat website salah satu unit PD yang ada di Palembang.

Di Palembang pelatihan cabang PD diadakan di halaman kantor security pintu gerbang utama PT Pupuk Sriwidjaja (Jl. Mayor Zen) setiap hari Minggu pagi. Selain di PT Pusri, saat ini ranting/unit PD yang masih aktif juga ada di Pertamina UP.III Plaju (Gedung Aneka Ria, Komperta Plaju), SMK Negeri 3 (Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar), SMP Negeri 30 (Plaju) dan SMP YKPP 1 (Komperta Plaju).

Pak Agus, kalau tempat latihan yang di gedung keuangan Palembang di sebelah kantor gubernur masih tidak ? Kalau masih, kapan waktu latihannya ? Apakah untuk umum atau hanya keluarga pegawai keuangan saja ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 29/06/2007 18:56
Betul Mas Don, itu adalah alamat website salah satu unit PD yang ada di Palembang.

Di Palembang pelatihan cabang PD diadakan di halaman kantor security pintu gerbang utama PT Pupuk Sriwidjaja (Jl. Mayor Zen) setiap hari Minggu pagi. Selain di PT Pusri, saat ini ranting/unit PD yang masih aktif juga ada di Pertamina UP.III Plaju (Gedung Aneka Ria, Komperta Plaju), SMK Negeri 3 (Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar), SMP Negeri 30 (Plaju) dan SMP YKPP 1 (Komperta Plaju).

Pak Agus, kalau tempat latihan yang di gedung keuangan Palembang di sebelah kantor gubernur masih tidak ? Kalau masih, kapan waktu latihannya ? Apakah untuk umum atau hanya keluarga pegawai keuangan saja ?

Di Gedung Keuangan Negara (GKN) Palembang sudah vakum latihan PD-nya. Dulu mayoritas pesertanya adalah Mahasiswa STAN yang pendidikan di Balai Diklat Keuangan II, ditambah beberapa yang orang luar. Dulu kampusnya di Jalan Kolonel Atmo, tapi sekarang kampusnya lumayan jauh di daerah Sukabangun sehingga tidak aktif lagi latihan PD-nya.

Sampeyan domisili di daerah mana ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Lost on 05/07/2007 12:14
assalamualaikum,
mohon tanya, ada tempat latian silat di cilacap gak, saya dulu sekali, alumni kelatnas PD, baru pelet putih,.
wassalamualaikum
Title: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Pengukuhan PENDEKAR
Post by: dsbasuki on 10/07/2007 15:49
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Bunga Sepasang,

Dengan diiringi puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami ingin berbagi kebahagian kami atas pengukuhan PENDEKAR KUNING EMAS dan PENDEKAR MUDA Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI, pada tanggal 3 Juli 2007 di Bandung, bertepatan dengan pembukaan acara "Perisai Diri International Championship V".

Para PENDEKAR KUNING EMAS yang dikukuhkan dan dilantik oleh Dewan Pendekar Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI adalah:
1. Mas I Gede Arya Penida - Bali
2. Mas Sigit Prakoso - DKI Jakarta
3. Mas Limonu Katili - DKI Jakarta
4. Mas Boeniran - NTB
5. Mas Ida Bagus Bawa - DKI Jakarta
6. Mas I Made Astrama - Bali

Dan para PENDEKAR MUDA yang dikukuhkan dan dilantik oleh Dewan Pendekar Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI adalah:
1. Mas Ida Made Pradnya Suhita - NTB
2. Mas I Nyoman Sujana - Bali
3. Mas  I Nyoman Suharta – Bali
4. Mas I Wayan Sudirtha – Bali
5. Mas I Ketut Wijaya – Bali
6. Mas I Wayan Sarja – Bali
7. Mas Edi Turyono – Jatim
8. Mas Abdul Manab – Jatim
9. Mas Suraji – Jatim
10. Mas Manari – Jatim
11. Mas Abu Bakar Tuasikal – Jatim
12. Mas  Putu Ngurah Suyatna Yasa – Bali
13. Mas I Nyoman Merta – Bali

Semoga Para Pendekar Kuning Emas dan Para Pendekar Muda yang baru dikukuhkan dan dilantik bisa memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan pencak silat Indonesia dan dunia pada umumnya, serta Silat Perisai Diri pada khususnya.

Semoga kita bisa saling mempererat tali silaturahim di antara kita, dan turut memajukan pembangunan nasional melalui wadah dunia persilatan Indonesia dan dunia.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam hormat,
Don S. Basuki
Anggota Bidang Hubungan Internasional
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: harunhdr on 13/07/2007 09:07
Betul Mas Don, itu adalah alamat website salah satu unit PD yang ada di Palembang.

Di Palembang pelatihan cabang PD diadakan di halaman kantor security pintu gerbang utama PT Pupuk Sriwidjaja (Jl. Mayor Zen) setiap hari Minggu pagi. Selain di PT Pusri, saat ini ranting/unit PD yang masih aktif juga ada di Pertamina UP.III Plaju (Gedung Aneka Ria, Komperta Plaju), SMK Negeri 3 (Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar), SMP Negeri 30 (Plaju) dan SMP YKPP 1 (Komperta Plaju).

Pak Agus, kalau tempat latihan yang di gedung keuangan Palembang di sebelah kantor gubernur masih tidak ? Kalau masih, kapan waktu latihannya ? Apakah untuk umum atau hanya keluarga pegawai keuangan saja ?

Di Gedung Keuangan Negara (GKN) Palembang sudah vakum latihan PD-nya. Dulu mayoritas pesertanya adalah Mahasiswa STAN yang pendidikan di Balai Diklat Keuangan II, ditambah beberapa yang orang luar. Dulu kampusnya di Jalan Kolonel Atmo, tapi sekarang kampusnya lumayan jauh di daerah Sukabangun sehingga tidak aktif lagi latihan PD-nya.

Sampeyan domisili di daerah mana ?

Pak agus, saya berdomisili di Dwikora II. Dekat dengan Gedung Keuangan. kan ?
Jadi dimana tempat latihan yang bapak bisa sarankan buat saya.
Pak Agus di Palembang juga ? bolehkah saya hubungi ? via HP
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Pengukuhan PENDEKAR
Post by: Sosro_Birowo on 13/07/2007 13:04
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Bunga Sepasang,

Dengan diiringi puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami ingin berbagi kebahagian kami atas pengukuhan PENDEKAR KUNING EMAS dan PENDEKAR MUDA Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI, pada tanggal 3 Juli 2007 di Bandung, bertepatan dengan pembukaan acara "Perisai Diri International Championship V".

Para PENDEKAR KUNING EMAS yang dikukuhkan dan dilantik oleh Dewan Pendekar Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI adalah:
1. Mas I Gede Arya Penida - Bali
2. Mas Sigit Prakoso - DKI Jakarta
3. Mas Limonu Katili - DKI Jakarta
4. Mas Boeniran - NTB
5. Mas Ida Bagus Bawa - DKI Jakarta
6. Mas I Made Astrama - Bali

Dan para PENDEKAR MUDA yang dikukuhkan dan dilantik oleh Dewan Pendekar Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI adalah:
1. Mas Ida Made Pradnya Suhita - NTB
2. Mas I Nyoman Sujana - Bali
3. Mas  I Nyoman Suharta – Bali
4. Mas I Wayan Sudirtha – Bali
5. Mas I Ketut Wijaya – Bali
6. Mas I Wayan Sarja – Bali
7. Mas Edi Turyono – Jatim
8. Mas Abdul Manab – Jatim
9. Mas Suraji – Jatim
10. Mas Manari – Jatim
11. Mas Abu Bakar Tuasikal – Jatim
12. Mas  Putu Ngurah Suyatna Yasa – Bali
13. Mas I Nyoman Merta – Bali

Semoga Para Pendekar Kuning Emas dan Para Pendekar Muda yang baru dikukuhkan dan dilantik bisa memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan pencak silat Indonesia dan dunia pada umumnya, serta Silat Perisai Diri pada khususnya.

Semoga kita bisa saling mempererat tali silaturahim di antara kita, dan turut memajukan pembangunan nasional melalui wadah dunia persilatan Indonesia dan dunia.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam hormat,
Don S. Basuki
Anggota Bidang Hubungan Internasional
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat

SELAMAT untuk para Pendekar di Perisai Diri [top]

Semoga dengan semakin banyaknya insan yang mendalami dan melestarikan pencak silat kita ini, semakin majulah dunia persilatan Indonesia dan juga di manca negara..

salam hormat

S.Birowo

(utk Bpk Don S Basuki, terus kasih kita inormasi ya supaya semakin mengenal dan erat tali silahturahmi-nya..Btw, thanks atas info-infonya selama ini. Kami sangat menghargainya)

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 16/07/2007 13:26
Pak agus, saya berdomisili di Dwikora II. Dekat dengan Gedung Keuangan. kan ?
Jadi dimana tempat latihan yang bapak bisa sarankan buat saya.
Pak Agus di Palembang juga ? bolehkah saya hubungi ? via HP

Betul, Dwikora lebih dekat dengan Gedung Keuangan Negara. Kalo saya menyarankan, langsung saja latihan ke Cabang, di halaman kantor security pintu gerbang utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri). Atau bisa juga latihan ke Gedung Aneka Ria Komp.Pertamina UP-III Plaju.

Saya sudah hampir 2 tahun meninggalkan Palembang.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Kocil on 23/07/2007 16:13

Mas Chandra di Jerman, Mas Sigit di Manado, tapi kadang2 nglatih di Jakarta, Mas Syamil di Arkansas, AS, Mas Eko...?, Kang Oki masih di Bandung

Hello ...
Saya dan Esti tidak pergi jauh-jauh, masih di ITB.
Cuma kalau ditanya apa masih latihan PD .... malu deh. :-[

Apa ada latihan PD buat yang sudah renta ini ya ???
Mau latihan sama mahasiswa, nanti patah tulangku kena sabit mereka.

----
Eko
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 24/07/2007 01:12

Mas Chandra di Jerman, Mas Sigit di Manado, tapi kadang2 nglatih di Jakarta, Mas Syamil di Arkansas, AS, Mas Eko...?, Kang Oki masih di Bandung

Hello ...

Apa ada latihan PD buat yang sudah renta ini ya ???
Mau latihan sama mahasiswa, nanti patah tulangku kena sabit mereka.

----
Eko

Salam Bunga Sepasang,
Jangan salah mas, kalo di DKI Jakarta (PLN Pusat) justru yang angkatan2 tua yang rajin latihan dan mereka oke2 saja nggak ada masalah dengan tulang tuanya, latihan sedapatnya sajalah sesuai umur.
Salam Hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 24/07/2007 20:51
Hallo Eko,
bener datang saja ke PLN, ditanggung tulang2 tu menjadi muda kembali. Salam buat Esti ya.
Chandrasa
P.S.: kalau bisa kontak ke japri ya, di csedyaleksana@yahoo.de
Title: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Tekhnik Minang
Post by: f4iz on 09/08/2007 08:34
Salam Bunga Sepasang,
Mas Chandrasa, Mas Don, Mas Anjar, dan Mas-2x yg lainnya.
Gimana kabarnya ? Mudah-2xan posting saya nemuin semuanya dalam keadaan baik-2x.
Saya kepingin nanya nih ttg. tekhnik Minang.
Saya waktu itu melihat tekhnik Minang yg diperagain oleh Mas Chandrasa di website multiply. Yg waktu itu saya diajarin mirip dengan tekhnik yg diperagain Mas Chandrasa (posisi tangannya yg satu diangkat kira-2x diatas bahu dan yg satunya lagi sedikit lebih rendah dari bahu)
Saya liat yg diperagakan oleh PD Bali di youtube:
http://www.youtube.com/watch?v=fyIxTY1ZZqA
Kalau saya liat tekhniknya yg diperagakan sama tetapi cara melakukan gerakannya beda. Sikap minangnya kedua tangannya tinggi diangkat.
Yg saya ingin tanya apakah kedua cara melakukan gerakannya itu benar ?
Apakah gerakannya ada standarisasi ?
Terima kasih sebelumnya.
Salam penutup.
Faiz.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Tekhnik Minang
Post by: dsbasuki on 09/08/2007 12:23
Salam Bunga Sepasang,
Kalau saya liat tekhniknya yg diperagakan sama tetapi cara melakukan gerakannya beda. Sikap minangnya kedua tangannya tinggi diangkat.
Yg saya ingin tanya apakah kedua cara melakukan gerakannya itu benar ?
Apakah gerakannya ada standarisasi ?

Salam Bunga Sepasang,
Mas Faiz, untuk pertanyaan yang bersifat teknis perguruan, sebaiknya ditanyakan lewat Milis Resmi Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI, atau langsung via japri ke email masing-masing.
Terima kasih.

Hormat penutup,
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: pendekar on 20/08/2007 15:46
Teman2 di PD, ini cuplikan wawancara silatindonesia dengan salah satu admin silatindonesia.com yang juga anggota PD, tetap semangat !!!


http://silatindonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=15&artid=241
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: gehan on 23/08/2007 15:41
 ^:)^ [top] [polisi]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 27/08/2007 19:13
Lagi sepi nih  ::)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 29/08/2007 13:32
Salam Bunga Sepasang,

Kelatnas Indonesia Perisai Diri DKI Jakarta akan menyelenggarakan Ujian Kenaikan Tingkat untuk tingkat Dasar I s/d Hijau Biru pada

Hari           : Minggu, 2 September 2007
Jam           : 08.00 WIB sampai Selesai
Tempat      : Aula PLN Pusat Jalan Trunojoyo Blok M Jakarta Selatan

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, Terima Kasih

Salam Hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 30/08/2007 13:40
Salam Bunga Sepasang,

Saya Sunan dari PD Cabang Bandung, mas-mas sekalian, sekarang PD Cabang Bandung sudah ada website loh, disana kita bikin forum diskusinya juga, cuma masih kosong, dulu udah lumayan rame, gara2 kena hacker, error tuh website baru beres lagi kira2 3-4 hari yang lalu (terpaksa develop web dari awal lagi  :'( ), tinggal fitur foto gallery yang belum diaktifin, belum sempet bikinnya  ^:)^, tapi semua fitur yang lain udah jalan kok .

Silahkan mampir ke web www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com) disana saya bikin kategori-kategori diskusi yang pasti bikin mas-mas semua tertarik. forum kita terbuka untuk semua anggota PD, tidak hanya untuk anggota PD Bandung doang kok.

Oya mas,  ;D jangan lupa klak-klik iklan googlenya ya buat nambah2 income maintenance webnya hahaha....

thenk yu

Wasalam,

Sunan R. Dananjaya
www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 30/08/2007 13:44
Oya mas,  ;D jangan lupa klak-klik iklan googlenya ya buat nambah2 income maintenance webnya hahaha....

Kayaknya menarik nih. Gimana cara bikinnya tuh ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 30/08/2007 14:28
Gampang mas, masuk aja dulu ke google, buka link program periklanannya, bikin account aja dulu untuk program adsense nya, terus baca-baca deh ketentuannya ky apa.
Ntar kalo udah diterima ama si google (2hari - 1 mingguan lah prosesnya) ntar accountnya aktif deh, trus kt dikasih kode buat ditayangin di web kita.
Udah, berikutnya tinggal tunggu visitor, satu yang mesti di inget, jangan sampai kita nge klik sendiri tuh iklan2 google, bisa di ban ntar account kita.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Elang on 30/08/2007 15:17
Salam Bunga Sepasang,

Saya Sunan dari PD Cabang Bandung, mas-mas sekalian, sekarang PD Cabang Bandung sudah ada website loh, disana kita bikin forum diskusinya juga, cuma masih kosong, dulu udah lumayan rame, gara2 kena hacker, error tuh website baru beres lagi kira2 3-4 hari yang lalu (terpaksa develop web dari awal lagi  :'( ), tinggal fitur foto gallery yang belum diaktifin, belum sempet bikinnya  ^:)^, tapi semua fitur yang lain udah jalan kok .

Silahkan mampir ke web www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com) disana saya bikin kategori-kategori diskusi yang pasti bikin mas-mas semua tertarik. forum kita terbuka untuk semua anggota PD, tidak hanya untuk anggota PD Bandung doang kok.

Oya mas,  ;D jangan lupa klak-klik iklan googlenya ya buat nambah2 income maintenance webnya hahaha....

thenk yu

Wasalam,

Sunan R. Dananjaya
www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com)

MAs Sunan webnya bagus, ciamik banget he he he....

Menurut catatan saya, perguruan PD adalah perguruan yang memiliki web terbanyak  , termasuk perguruan MP, kalau saja, ada satu portal khusus buat PD maka saya rasa konsentrasi anggota PD khususnya di seluruh dunia akan tertuju pada web resmi yg berbentuk portal tsb, kalo tidak salah nich, salah satu temen saya namanya sudaryanto pernah membuat web perisaidiri.or.id, namun skr werbya kurang aktif....


btw, fotonya juga bagus banget, punya foto2 pesilat ce yg keren2 nggak mas yg kayak gini nich

(http://www.pdbandung.com/picture/pdbule1.jpg)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 30/08/2007 16:01

MAs Sunan webnya bagus, ciamik banget he he he....
heheehe thenkyu2..
Quote
Menurut catatan saya, perguruan PD adalah perguruan yang memiliki web terbanyak  , termasuk perguruan MP, kalau saja, ada satu portal khusus buat PD maka saya rasa konsentrasi anggota PD khususnya di seluruh dunia akan tertuju pada web resmi yg berbentuk portal tsb, kalo tidak salah nich, salah satu temen saya namanya sudaryanto pernah membuat web perisaidiri.or.id, namun skr werbya kurang aktif....
yup, setuju banget, itu domain siapa yang pegang sih? aku ambil alih aja deh, hahaha..
gini aja, sementara belum ada, kita pake aja yang udah ada, gmn kl kita jadikan web pd bandung yang udah ada discussion forumnya aja sebagai portal bersama? setuju?

Quote
btw, fotonya juga bagus banget, punya foto2 pesilat ce yg keren2 nggak mas yg kayak gini nich

(http://www.pdbandung.com/picture/pdbule1.jpg)
huahahaa...
itu foto aku juga ngambil dari website orang mas, nederland punya, jelaslah cakep..bule gitu loh.. x-))
ntar lah aku usahain produk2 lokal. hahaha..

oya mas, bikin postingan dong di forum pdbandung, mancing temen2 yang lain..

thx mas
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Elang on 30/08/2007 17:38

MAs Sunan webnya bagus, ciamik banget he he he....
heheehe thenkyu2..
Quote
Menurut catatan saya, perguruan PD adalah perguruan yang memiliki web terbanyak  , termasuk perguruan MP, kalau saja, ada satu portal khusus buat PD maka saya rasa konsentrasi anggota PD khususnya di seluruh dunia akan tertuju pada web resmi yg berbentuk portal tsb, kalo tidak salah nich, salah satu temen saya namanya sudaryanto pernah membuat web perisaidiri.or.id, namun skr werbya kurang aktif....
yup, setuju banget, itu domain siapa yang pegang sih? aku ambil alih aja deh, hahaha..
gini aja, sementara belum ada, kita pake aja yang udah ada, gmn kl kita jadikan web pd bandung yang udah ada discussion forumnya aja sebagai portal bersama? setuju?

Quote
btw, fotonya juga bagus banget, punya foto2 pesilat ce yg keren2 nggak mas yg kayak gini nich

(http://www.pdbandung.com/picture/pdbule1.jpg)
huahahaa...
itu foto aku juga ngambil dari website orang mas, nederland punya, jelaslah cakep..bule gitu loh.. x-))
ntar lah aku usahain produk2 lokal. hahaha..

oya mas, bikin postingan dong di forum pdbandung, mancing temen2 yang lain..

thx mas

Woiii mantep banget, fotonya di pasang di http://www.sahabatsilat.org (http://www.sahabatsilat.org) saluut
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 30/08/2007 20:06
Woiii mantep banget, fotonya di pasang di http://www.sahabatsilat.org (http://www.sahabatsilat.org) saluut
itu versi inggrisnya sahabatsilat.com ya? itu mas agus yang bikin ya?
soalnya di bagian welcome ada pepatah dari elang, nicknamenya mas kan?

Picnya diatas kan? wow, Kalo gitu bagus dong, Perisai Diri dipromosi in gede-gedean tuh, wah keren...thx mas udah ditayangin  ;D

Hidup Perisai Diri !!
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aircadas on 30/08/2007 21:39
Woiii mantep banget, fotonya di pasang di http://www.sahabatsilat.org (http://www.sahabatsilat.org) saluut
itu versi inggrisnya sahabatsilat.com ya? itu mas agus yang bikin ya?
soalnya di bagian welcome ada pepatah dari elang, nicknamenya mas kan?

Picnya diatas kan? wow, Kalo gitu bagus dong, Perisai Diri dipromosi in gede-gedean tuh, wah keren...thx mas udah ditayangin  ;D

Hidup Perisai Diri !!

Oh elang itu nicknya mas agus ya ? lam kenal ya  [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 31/08/2007 07:49
Salah. Kalo bahasa matematikanya, Elang tidak sama dengan Agus. (http://sahabatsilat.com/forum/Smileys/default/grin.gif)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 31/08/2007 09:58
...kalo tidak salah nich, salah satu temen saya namanya sudaryanto pernah membuat web perisaidiri.or.id, namun skr werbya kurang aktif....

Salam Bunga Sepasang,
Koreksi Mas Elang... Mas Sudaryanto bukan pembuat situs resmi PD, melainkan salah seorang webmaster sekaligus juga yang menyediakan host dan domain. Pembuat situs resmi PD (yang sekarang sedang tidur) adalah keroyokan dari Mas Anjar, Mas Radit, dan saya sendiri, dengan bahan-bahan dari mana-mana, termasuk dari Mas Syamil, Mas Chandrasa, Mas Oki dan masih banyak lagi lainnya. So, situs itu adalah hasil dari gotong royong rame-rame.

Tahukah Anda sekalian bahwa Situs PD adalah situs silat pertama kali di dunia maya? Situs PD pada awalnya berdiri tahun 1992 dengan host di Future Net Wichita dan mirror di University of Toledo Ohio, yang digawangi oleh Mas Syamil (beliau sekaligus juga cikal-bakal pendiri milis PD yang awalnya hanya khusus bagi PD ITB, dan kemudian berkembang hingga digabungkan dengan milis yang dikelola oleh Mas Monu dan Mbak Risargati).

Lowongan:
Bagi anggota Keluarga Perisai Diri yang mempunyai kemampuan mengelola dan membuat situs serta bersedia dan sanggup mengorbankan waktunya yang sangat berharga, diminta dengan hormat dan sangat agar bergabung dengan para webmaster PD lainnya.

Mas Agus Win sudah mengajukan diri. Mungkin Mas Sunan dan yang lainnya mau bergabung?

Untuk anggota PD (aktif maupun tidak aktif) tingkat keluarga ke atas dan minimal sudah berusia 17 tahun, silakan bergabung dalam Milis Resmi Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI. Kirimkan email ke: perisai_diri-subscribe@yahoogroups.com
Terima kasih.

Hormat penutup...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 31/08/2007 10:10

Lowongan:
Bagi anggota Keluarga Perisai Diri yang mempunyai kemampuan mengelola dan membuat situs serta bersedia dan sanggup mengorbankan waktunya yang sangat berharga, diminta dengan hormat dan sangat agar bergabung dengan para webmaster PD lainnya.

Mas Agus Win sudah mengajukan diri. Mungkin Mas Sunan dan yang lainnya mau bergabung?


Boleh mas..demi kemajuan Perisai Diri..tinggal bagi2 tugas aja lah.. [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 01/09/2007 02:22
Salam Bunga Sepasang,

Saya Sunan dari PD Cabang Bandung, mas-mas sekalian, sekarang PD Cabang Bandung sudah ada website loh, disana kita bikin forum diskusinya juga, cuma masih kosong
thenk yu
Wasalam,
Sunan R. Dananjaya
www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com)
Salam Bunga Sepasang,
Salam kenal Mas.
Mas Sunan waktu itu ikut tanding di kejuaraan antar perguruan tinggi di Semarang dan juga di PDIC Yogyakarta 2005 ya ?
Saya waktu itu nonton video clipnya pas lagi tanding versi IPSI. Keren tandingnya Mas.
Saya juga liat waktu muridnya Kang Yana dari PD USA tanding dikelas bebas.
Kalo gak salah namanya Curtis, orangnya gede banget. Pas lagi tanding lawan pesilat dari Indonesia saya jadi inget waktu di filem Bruce Lee "Game of Death" waktu Bruce Lee berantem lawan Kareem Abdul Jabar  ;D

Wasalam,
Faiz
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 03/09/2007 09:06

Salam Bunga Sepasang,
Salam kenal Mas.
Mas Sunan waktu itu ikut tanding di kejuaraan antar perguruan tinggi di Semarang dan juga di PDIC Yogyakarta 2005 ya ?


Salam kenal juga, mas Faiz  :)

Iya mas. waktu itu saya ikutan pertandingan antar perti di Semarang 2002 kl ga salah, ama invitasi Yogya 2005, kelas Bebas Khusus, sekarang dah ga tanding, pensiun  ;D udah terlalu sibuk & pernah kecelakaan motor, kayanya tulang aku yang patah udah ga kuat dibanting ama orang2 gede itu...hahaha...ga deng, emang udah sibuk banget ama kerjaan sekarang mah.

Sekarang lebih fokus mengembangkan PD dengan melatih di kantor aja, dan nyoba2 mempromosikan PD melalui internet.

Ini mas Faiz yang dari cabang mana ya? lupa2 inget.. kalo maen ke Bandung, kontak2 aku ya, tar kita latihan bareng di Cabang. Jangan lupa join di forum pd ya.. www.pdbandung.com (http://www.pdbandung.com)

Wassalam,

Sunan
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Tekhnik Minang
Post by: srdananjaya on 03/09/2007 14:08
Salam Bunga Sepasang,
Mas Chandrasa, Mas Don, Mas Anjar, dan Mas-2x yg lainnya.
Gimana kabarnya ? Mudah-2xan posting saya nemuin semuanya dalam keadaan baik-2x.
Saya kepingin nanya nih ttg. tekhnik Minang.
Saya waktu itu melihat tekhnik Minang yg diperagain oleh Mas Chandrasa di website multiply. Yg waktu itu saya diajarin mirip dengan tekhnik yg diperagain Mas Chandrasa (posisi tangannya yg satu diangkat kira-2x diatas bahu dan yg satunya lagi sedikit lebih rendah dari bahu)
Saya liat yg diperagakan oleh PD Bali di youtube:
http://www.youtube.com/watch?v=fyIxTY1ZZqA
Kalau saya liat tekhniknya yg diperagakan sama tetapi cara melakukan gerakannya beda. Sikap minangnya kedua tangannya tinggi diangkat.
Yg saya ingin tanya apakah kedua cara melakukan gerakannya itu benar ?
Apakah gerakannya ada standarisasi ?
Terima kasih sebelumnya.
Salam penutup.
Faiz.


Mas Faiz..

saya bawa topik ini ke forum pd di www.pdbandung.com ya... buat ngerame in  ;D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 03/09/2007 17:35
Yang pidato dari pihak Pemprov Jabar ketika Welcome Party di Gedung Sate kemarin siapa ya Mas ? Sekda Tk.I Jabar bukan ? Atau mahal itu Gubernur Jabar ? Kalo bisa, sekalian namanya Mas.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Yaza on 04/09/2007 11:06
SBS
salam kenal tuk smuanya....
pendatang baru dan pemerhati sahabat silat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 21/09/2007 13:07
 [yahoo]

(http://www.geocities.com/agus.winarno2/pdbandung.jpg) (http://pdbandung.com/forumpd/YaBB.pl)   (http://www.geocities.com/agus.winarno2/sahabatsilat.jpg) (http://sahabatsilat.com/forum/index.php)   (http://www.geocities.com/agus.winarno2/silatindonesia.jpg) (http://www.silatindonesia.com)

(http://www.geocities.com/pd_depkeu/bs_online.gif) (http://bungasepasang.blogspot.com)

 [rapat]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 06/10/2007 12:38
Lagi sepi nih.. ???

Ngiklan ah...

Oya, walaupun banyak yang sudah punya blog/multiply sendiri, rekan-rekan sekalian yang tertarik memiliki web pribadi dengan domain pribadi (.com, .net, dll, yang internasional) boleh bikin di saya..lumayan, selain bisa merepresentasikan profile pribadi/usaha, bisa berbisnis (ecommerce), bisa bikin komunitas (forum), bisa juga nambah duit dari iklan2 google adsense, dan sejenisnya..

Boleh PM saya atau telp ke 022-7804482/ 08172374256 atau email ke srdananjaya@gmail.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 06/10/2007 21:47
Lagi sepi nih.. ???
Ngiklan ah...

Wah, mas Sunan cari setori. Kan di sini gak boleh ngiklan..... :-\
Cuma ingetin dari pada di selepet moderator..... [run]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 07/10/2007 12:38
Ga boleh ya?..  :-\ maaf ya mas moderator, ga ngiklan lagi deh.. ;D
thx mas Java
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Red Hawk on 07/10/2007 15:17
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 08/10/2007 08:44
SBS

Ada diskusi menarik tentang kerohanian di
http://pdbandung.com/forumpd/YaBB.pl?num=1191651608 (http://pdbandung.com/forumpd/YaBB.pl?num=1191651608)
tapi restricted buat mas2 yang tingkat biru keatas... yang belum teregister atau sudah register tapi status membernya belum di upgrade jadi pelatih, tolong kontak saya via email, nanti saya upgrade..

Trims
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 08/10/2007 10:01
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?

mas Red Hawk bisa baca-baca di internet, check di search engine : Perisai Diri, di sana ada PD Jakarta, Bandung, USA, Germany, Austrlia, Swiss, Holland, dll.

Gerakan tehnik Perisai Diri (disingkat PD) sepintas mirip dg kung fu. Hal tsb tdk aneh karena pendiri PD belajar pada 155 perguruan termasuk pada suhu Yap Kie San pribadi yg beraliran Shaolin sekitar 14 tahun. Namun tehnik-tehnik PD sendiri jauh berbeda dibandingkan kung fu dari Shaolin. Biar seru dilanjut baca di internet aja ya  [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 08/10/2007 19:59
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?

mas Red Hawk bisa baca-baca di internet, check di search engine : Perisai Diri, di sana ada PD Jakarta, Bandung, USA, Germany, Austrlia, Swiss, Holland, dll.

Gerakan tehnik Perisai Diri (disingkat PD) sepintas mirip dg kung fu. Hal tsb tdk aneh karena pendiri PD belajar pada 155 perguruan termasuk pada suhu Yap Kie San pribadi yg beraliran Shaolin sekitar 14 tahun. Namun tehnik-tehnik PD sendiri jauh berbeda dibandingkan kung fu dari Shaolin. Biar seru dilanjut baca di internet aja ya  [top]

Oya, ini saya kasih salah satu link nya, dari situ ntar bisa link ke website PD yang lain di seluruh dunia [top]
www.pdbandung.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 09/10/2007 13:09
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?

mas Red Hawk bisa baca-baca di internet, check di search engine : Perisai Diri, di sana ada PD Jakarta, Bandung, USA, Germany, Austrlia, Swiss, Holland, dll.

Gerakan tehnik Perisai Diri (disingkat PD) sepintas mirip dg kung fu. Hal tsb tdk aneh karena pendiri PD belajar pada 155 perguruan termasuk pada suhu Yap Kie San pribadi yg beraliran Shaolin sekitar 14 tahun. Namun tehnik-tehnik PD sendiri jauh berbeda dibandingkan kung fu dari Shaolin. Biar seru dilanjut baca di internet aja ya  [top]

Oya, ini saya kasih salah satu link nya, dari situ ntar bisa link ke website PD yang lain di seluruh dunia [top]
www.pdbandung.com

Ikutan ah .... :D
Klik di sini juga >>> http://bungasepasang.blogspot.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 09/10/2007 14:51
SBS

Wah, mas Agus kemana aja nih, kayanya dah lama menghilang dari dunia persilatan maya... aktif di forum pdbandung.com lagi dong mas..

Thx
Wassalam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 10/10/2007 12:40
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?


latihannya Keluarga PD UGM
http://download.gilaupload.com/filep...bcd3ee444b1ffb
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 10/10/2007 13:14
SBS

Wah, mas Agus kemana aja nih, kayanya dah lama menghilang dari dunia persilatan maya... aktif di forum pdbandung.com lagi dong mas..

Thx
Wassalam

Aku memantau terus kok. Cuma mau posting belum ada yang pas. Tunggu saat yang tepat :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 10/10/2007 16:46
mas, aku belum tau perisai diri. tapi udah sering denger.
gerakannya kayak apa? katanya kayak kungfu yah?


latihannya Keluarga PD UGM
http://download.gilaupload.com/filep...bcd3ee444b1ffb


http://download.gilaupload.com/filepointer.php?fid=85622d5298c6931242bcd3ee444b1ffb
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 18/10/2007 15:06
Wah, mas Agus kemana aja nih, kayanya dah lama menghilang dari dunia persilatan maya... aktif di forum pdbandung.com lagi dong mas..
Salam Bunga Sepasang,
Waaaahhh... Kayak ga tau aja... Mas Aguswin mungkin sedang bertapa ato lagi cari wangsit... Hehehehe....  ;D

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 18/10/2007 15:44
Waaaahhh... Kayak ga tau aja... Mas Aguswin mungkin sedang bertapa ato lagi cari wangsit... Hehehehe....  ;D

mas Agus lagi nyusun kekuatan di forumnya mas Sunan. Anak buahnya didorong-dorong supaya menyusup ke sana he...he...he.... :D

salam,
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 18/10/2007 16:36
lebih baik dia di guwah aja,

kalau die ketemu manusia ... manusia itu bingung; mikirin apa yang ketemu: orang atau binatang  [lucu]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 18/10/2007 16:59
lebih baik dia di guwah aja,
kalau die ketemu manusia ... manusia itu bingung; mikirin apa yang ketemu: orang atau binatang  [lucu]

Kalau bertapanya serius mungkin dapat good idea.
Tapi kalau kurang concern, paling-paling badannya habis di gigit nyamuk. :'(
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 19/10/2007 18:45
Wah, mas Agus kemana aja nih, kayanya dah lama menghilang dari dunia persilatan maya... aktif di forum pdbandung.com lagi dong mas..
Salam Bunga Sepasang,
Waaaahhh... Kayak ga tau aja... Mas Aguswin mungkin sedang bertapa ato lagi cari wangsit... Hehehehe....  ;D

Salam...

Wangsit atau pangsit ? :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 19/10/2007 19:10
Lebih baik Pangsit  8)


marilah kita ke GM di Blok M  [yahoo]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 20/10/2007 20:47
Mas Eric kok tau bakmi GM segala? Dulu waktu belajar pencak silat di ID sambil wisata kuliner ya? :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 20/10/2007 21:52
Jelas dong,

tanpa mencoba semua makanan pelajaran tidak masuk (http://members.home.nl/allesgoed/Eat/eat.gif) itulah budaya juga (http://members.home.nl/allesgoed/Characters/prop.gif)

kalau perut sudah diisi barusan kita mulai latihan (http://members.home.nl/allesgoed/Fight/bruce.gif) dan (http://members.home.nl/allesgoed/Fight/cassiusclay.gif)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 20/10/2007 22:03


Sampeyan memang effisien. [top]

Btw kalau suatu saat datang ke ID atau JKT kasih tau lewat forum ini ya. Biar sahabat-sahabat silat bisa jumpa langunsg dengan mas Eric. [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: okariyadi on 21/10/2007 18:47
salm bunga sepasang mas
mw nanya klo filosofi'a meliwis, ksatria sama pendeta apa? ???
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 22/10/2007 09:06
salm bunga sepasang mas
mw nanya klo filosofi'a meliwis, ksatria sama pendeta apa? ???

Salam silat,

Coba sampeyan gabung di web nya mas Sunan. Disana bisa ngobrol lebih panjang lebar. Bukannya apa-apa, forum ini membernya plural. Kalau bicara filosofi tehnik rasanya kurang sreg, maklum tiap-tiap PS memandang suatu tehnik bisa berbeda bahkan bertolak belakang.

salam,

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 25/10/2007 08:39
Sepi....  :-\

 :)p [fruit] [hai] [band] [gro] [payung]
mmh  ::) ada yang tahu info terakhir atlit PD yang ikut kejuaraan di Malaysia ga?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 07/11/2007 18:47
salm bunga sepasang mas
mw nanya klo filosofi'a meliwis, ksatria sama pendeta apa? ???

Salam silat,

Coba sampeyan gabung di web nya mas Sunan. Disana bisa ngobrol lebih panjang lebar. Bukannya apa-apa, forum ini membernya plural. Kalau bicara filosofi tehnik rasanya kurang sreg, maklum tiap-tiap PS memandang suatu tehnik bisa berbeda bahkan bertolak belakang.

salam,


(http://www.geocities.com/agus.winarno2/pdbandung.jpg) (http://pdbandung.com/forumpd/YaBB.pl)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 08/11/2007 09:03
SBS

anggota PD yg belum gabung buruan gabung.. ga ada perpeloncoan kok  [payung]

Salam hangat
Sunan
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: anyuus on 08/11/2007 12:37
* quote removed by Moderator *
tidak perlu pakai quote untuk jawab berita terachir dalam thread

SBS,
Betul nggak ada perploncoan, kecuali yang gabung ke BRIGES pasti diplonco dan disuruh tarung dengan temannya dan seniornya, pakai ditampar :'( dan disuruh berendam di sungai pula... Ya kan Kang...  :w
Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aquila on 27/11/2007 11:45
Tanya PD di medan?
buat para pendekar PD, saya mau tanya tempat latihan PD di medan. dan ngubek2 inet tapi ngga ktemu2.
makasih!!
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 27/11/2007 17:34
Tanya PD di medan?
buat para pendekar PD, saya mau tanya tempat latihan PD di medan. dan ngubek2 inet tapi ngga ktemu2.
makasih!!

Yang pernah saya tau, ada di Dinas Ketahanan Pangan di Titi Kuning. Yang ngelatih Mas Miskad Pribadi.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 12/12/2007 17:32
Salam Bunga Sepasang,
Ngomong2... Mas Naga Sakti Laut Selatan (Lam Hai Sin Liong) ada di Forum ini apa nggak ya? Ato lagi sibuk nyilem dan bertapa di dasar Laut Selatan?  ;D

Hormat penutup...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 12/12/2007 17:50
SBS,
siapa ya.....
Belum kenal saya...
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: CrYPTON on 12/12/2007 23:43
salam kenal untuk seluruh keluarga perisai diri
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 13/12/2007 00:57
@bang Crypton, salam kenal juga. Terimakasih.
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kuntulbaris on 13/12/2007 05:43
SBS (Salam Buat Semua),

Hening dalam hening
Ada tapi tiada
Raga mengikut sukma
Pasrah pada Yang Selalu Ada

Salam kenal buat semua....

 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Sabrang kidul on 26/12/2007 08:35
Salam Bunga Sepasang,
Ngomong2... Mas Naga Sakti Laut Selatan (Lam Hai Sin Liong) ada di Forum ini apa nggak ya? Ato lagi sibuk nyilem dan bertapa di dasar Laut Selatan?  ;D

Hormat penutup...

Maksudnya saya, mas ...?
Baru daftar untuk masuk ke dunia kangow lagi.
Sekarang jadi pengamat dulu aja aah....

Salam dari tanah selatan, terra australis
O' 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 31/12/2007 00:12
(http://www.takeforum.com/forum/banners/bungasepasang.jpg) (http://www.takeforum.com/bungasepasang/)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: roy on 04/01/2008 09:57
Saya baru dalam silat khususnya Perisai Diri.
Bisa diinformasikan ga y tentang syarat ikut perisai diri (mungkin kapan penerimaan murid baru ?), tetapi berhubung saya bukan anak smp ato sma lagi apakah ada ketentuan yang lain?

Thx b4
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 04/01/2008 12:37
@ Mas Roy:

darimana anda ? usia berapa, sekarang latihan dimana ?
coba cerita sedikit lebih panjang supaya kita bisa tolong mencari informasi yang perlu :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 06/01/2008 09:37
Maksudnya saya, mas ...?
Baru daftar untuk masuk ke dunia kangow lagi.
Salam Bunga Sepasang,
Horeee... Akhirnya Si Naga Sakti Laut Selatan turun gunung dan keluar dari pertapaannya.... I ya, Mas Sabrang Kidul, Sampeyan yang saya maksud. Ditanyain sama Mas Chandrasa juga tuh....
Saya pun baru nongol lagi di sini, setelah sekian lama "ider buwana" dulu, dan rupanya tambah rame....

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 06/01/2008 10:16
Salam Bunga Setaman buat semua,

Wah, rupanya sedang terjadi reuni para master PD? Ataukah sedang terjadi suatu Konferensi Bandung?

Selamat mosting kembali Mas Don, semoga sudah lega waktunya karena banyak yang menunggu posting Anda. Ada thread tentang Sastra Jendra yang seharusnya porsi Mas Don menerangkan, lancang keladuk wani, saya mulai daripada nganggur. Mohon diperiksa dan dikoreksi, Mas. Mas Oki juga sudah berkenan menanggapi.

Mumpung membahas PD, sejak dulu saya ada pertanyaan: Apa motivasi R.M Dirdjo mendirikan PD dan bagaimana metode beliau menyusun sistemnya?

Saya mengendus sepertinya pendirian PD ada hubungannya dengan getaran gerakan kesadaran kebangsaan di kala itu. Saya mencium PD didirikan dengan tujuan dan cita-cita yang digarami oleh semangat bangsa untuk bernegara demi membangunkan jiwa dan raga Endonesya. Apakah meleset penciuman saya?

Selanjutnya: R.M Soebandiman dikatakan menguasai 'silat Pakualaman' di usia 9 tahun. Adakah ada yang tau silat seperti apa ini? Sering dikatakan kanuragan Jawa gak banyak ngenal ato gak ngenal jurus dan teknik gerak terlalu banyak. Saya membayangkan, mestinya yang dikisahken sebage silat Pakualaman ini merupakan olah gerak berprinsip greget+sawiji+sengguh+nora-mingkuh atawa berakhir pada gerak nurani / hawa murni. Sebab dalam bayangan saya tentu pada usia 9 tahun seorang bocah tak akan ditamatkan silat gebuk-gebukan, tetapi akan lebih banyak diarahkan kepada latihan-latihan pengolahan kepekaan, keseketikaan, dan dedikasi pada Sangkan Paraning Dumadi. Karena 'gerak nurani' ini sering dikatakan sebagai 'inti' dari segala bentuk kagunan (kesenian) di Jawa saya sangat menduga inilah sesungguhnya 'silat Pakualaman' itu. Bentuk seni Jawa manapun yang Anda temui adalah hasil dari gerak nurani, bukan lahir di meja desain, gitu kata Guru saya dibidang Kapujanggan yang misih saya inget.

Mohon pencerahan para Master di sini dan sebesar-besarnya maaf Anda semua bilamana tulisan saya terlalu banyak bertanya, atau tengil ataupun menyinggung mungkin memang bawaan orok. 

Salam hangat,
Ranggalana.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Sabrang kidul on 06/01/2008 10:57
Salam Bunga Setaman buat semua,

Wah, rupanya sedang terjadi reuni para master PD? Ataukah sedang terjadi suatu Konferensi Bandung?

.....
Saya mengendus sepertinya pendirian PD ada hubungannya dengan getaran gerakan kesadaran kebangsaan di kala itu. Saya mencium PD didirikan dengan tujuan dan cita-cita yang digarami oleh semangat bangsa untuk bernegara demi membangunkan jiwa dan raga Endonesya. Apakah meleset penciuman saya?
....
Selanjutnya: R.M Soebandiman dikatakan menguasai 'silat Pakualaman' di usia 9 tahun. Adakah ada yang tau silat seperti apa ini? ....


Salam hangat,
Ranggalana.


Mas Bram, Salaman juga :)
Wah, maap saya belum menguasai teknik kuwot, jadi main potong posting sampeyan saja.

Untuk nomer satu, kelihatannya iya. Saya kurang beruntung tidak pernah bertemu langsung pak Dirdjo tapi dari berbagai cerita yang saya dapat, beliau semasa di Jogja pernah menjadi guru silat di Taman Siswa karena konon Ki Hajar Dewantoro itu masih terhitung paman beliau. Pencantuman kata NASIONAL dalam nama resmi PD juga saya rasa masih dalam konteks ini (meskipun ada juga yang bilang untuk menjawab keraguan apakah PD termasuk silat atau kungfu....for whatever it's worth....).Jangan lupa, Pak Dirdjo termasuk salah satu pendiri IPSI yang salah satu tujuan pembentukannya adalah memberikan identitas silat sebagai beladiri bangsa Indonesia.


Kalau soal style silat di dalem Pakualaman dan keraton in general, rasanya yang lebih berhak menjawab itu mas Sedyalaksana yang setahu saya punya family lineage ke silat kraton Solo (? yang mana, rak ruh)

Mekaten ndisik mas.....

Salam
O'

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 06/01/2008 13:29
Terimakasih Mas Oki,

Begitu ya... sayang sekali jiwa Ki Hadjar makin tuwipis di mana-mana, padalah perguruan Montesouri yang dipelajari beliau di Belanda sampe saat ini misih dianggep garda depan dalam pendidikan (anak-anak) di Barat. Weeee di sini malah ditinggal.

Kalo gitu PD pasti ada prinsip2 Nusantaranya dong, gak mungkin mentahan Shaolin?

Pripun Mas Chandrasa? Nyuwun pirsa, silat kraton ingkang kados menapa ingkang saged dipun kuwasai lare umur 9 tahun?

Nyuwun paring katerangan,

Bram.
(dalang tiban)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Sabrang kidul on 06/01/2008 14:08
Terimakasih Mas Oki,


Kalo gitu PD pasti ada prinsip2 Nusantaranya dong, gak mungkin mentahan Shaolin?


Well PD is PD.... :)
Bahwa ada pengaruh shaolin disana itu pasti.  Saya pernah lihat foto Pak Dirdjo beserta murid-murid seniornya (tahun 50 an ahir ???) dibawah spanduk yang bertuliskan Siauw Liem. Tapi shaolin hanya salah satu dari ilmu yang beliau pelajari,  sepanjang mudanya juga banyak berguru ke pendekar2 sepuh lain jaman itu. Belum lagi hasil interaksi beliau dengan aliran2 silat lain baik lewat IPSI maupun kedudukannya di seksi pencak silat depdikbud (gak tahu sekarang masih ada apa gak)

Jadi kalau anak PD ditanya lineage nya sampai dimana, jawabnya ya sampai almarhum pak Dirdjo. Perkara beliau belajar dari mana-mana itu lain soal he he he

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 06/01/2008 16:32
Pripun Mas Chandrasa? Nyuwun pirsa, silat kraton ingkang kados menapa ingkang saged dipun kuwasai lare umur 9 tahun?

Nyuwun paring katerangan,

Bram.
(dalang tiban)

Hallo mas Bram,
terus terang sampai skr saya belum pernah berpikir sampai sejauh mas Bram tanyakan, dan belum tahu jawabnya juga :(. Tapi saya akan usahakan utk mencari ke sumbernya, mudah2an ketemu jawabanya nanti. Saya sendiri juga penasaran dgn silat kraton, karena alm. kakek saya yg pendekar silat kraton Solo, tapi saya tdk mewarisi satu gerak pun :(.

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 06/01/2008 17:52
Terimakasih atas jawabanya Mas Chandrasa,

Saya juga banyak memikirkan silat kraton, seperti apakah itu? Ayahanda guru kepujanggan saya seorang pesilat kraton di bawah HBVIII, tetapi yang bagaimana silatnya saya tidak pernah tau. Yang saya pernah diajari adalah ilmu gerak warisan dari leluhur guruku, yakni Pangeran Suryaningalaga seorang Panglima pasukan Baris Pendhem dalam Perang Dipanegara, yakni yang kemudian dinamakan 'gerak nurani' oleh kami-kami, yang prinsipnya sama dengan beksan yakni greget-sawiji-sengguh nora mingkuh, mencapai gregel, atau gerak wajar bayi. Do'a sebelon gerak memohon bimbingan Tuhan.

Riwayat interen kami, waktu Pak Subur melihat anak-anak Bengkel Teater latihan, beliau berkata, "Gila lu, Ren, anak-anak belon apa-apa lu ajarin tenaga dalem!" ... padahal kami latihan penghayatan untuk kebutuhan panggung biasa saja, meski memang materi dan metode berasal dari ilmu simpanan keluarga guru saya. Dari situ, anak Bengkel Teater seakan juga menjadi anak PGB, lewat pintu belakang, langsung ambil piring sendiri di dapur kalo laper nambah nasi dan lauknya.

Saya mengira, ilmu silat yang dapat dikuasai anak berusia 9 tahun adalah ilmu semacam yang kita namakan 'gerak nurani' ini. Dan memang ini nanti akan kelihatan dipakai terus oleh Pak Dirdjo dalam menciptakan ekspresi uniknya sendiri yang sarat nilai moral, mirip dengan perenungan pencipta Cikalong yah? Karena itu orang luar macam Don Draeger juga melihat bahwa karya Pak Dirdjo itu khas Jawa.

Kami di PGB sekarang juga mulai memikirkan HAM murid dengan mendekati belajar silat tanpa cedera. Sekarang kalau pelatih ngajarin bantingan murid harus dijaga jangan sampe kepalanya kena lante. Kalau dulu jaman saya paling kalau kepala kita kejedot kitanya yang ditambahin kena marah: "Makanya angkat pala lu! Sakit? Rasain!" dan semacam dialog seperti itu.

Pun kalau nanya-nanya aplikasi saat pelatih maunya kita ngedrill, selalu dibilang "Jangan banyak tanya lu, gerakin aja, ntar juga ketemu sendiri!" Latihan gulingan pun kalau punggung belon berdarah-darah sepertinya gak mantep.

Dunia berkembang, kini rasa ingin tau murid harus dihargai, seperti juga HAMnya. Saya kira PD patut ditinjau lebih mendetil dari segi kemanusiannya ini, jangan-jangan ada sumbangan besar buat kita semua warga silat seluruhnya.

Salam hormat,
Bram.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Senopati on 06/01/2008 18:24
Salam Bunga Setaman buat semua,
Selanjutnya: R.M Soebandiman dikatakan menguasai 'silat Pakualaman' di usia 9 tahun. Adakah ada yang tau silat seperti apa ini?



Mas Ranggalana saya akan coba jawab tentang Pencak Pakualaman.
Di Pura Pakualaman Yogyakarta pencak yang dipelajari adalah aliran Setia Hati. Sayangnya latihan sampai hanya pada masa mudanya KGPAA Pakualam XIII (beliau wafat sekitar tahun 90an kalau tidak salah, mohon dikoreksi)
Pendekar terakhir SH di Pakualaman adalah pak Abdul Gani, biasa dipanggil pak dul gani dan sudah wafat pada akhir tahun 70an. KGPAA Pakualam pernah menjadi sesepuh Setia Hati Yogyakarta.

Salam,
Senopati
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 06/01/2008 18:36
Jadi menurut Mas Senopati, yang dipelajari dan dikuasai Soebandiman muda di usia 9 tahun di Pakualaman adalah pencak Setia Hati (nya Eyang Soera)?

Salam hangat dan terimakasih

Ranggalana
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 06/01/2008 19:47
Di Pura Pakualaman Yogyakarta pencak yang dipelajari adalah aliran Setia Hati.
Salam Bunga Sepasang,
Maaf Mas Senopati, IMHO, ini khan yang "resmi" dan "sekarang-sekarang" ini. Pendapat Mas Senopati benar dan tidak salah. Tetapi, setahu saya, Pura Pakualaman juga punya silat yang memang "trade mark" dari Pura Pakualaman, yang diajarkan hanya kepada keluarga saja. Kemungkinan besar, karena Pak Dirdjo masih keluarga PA juga, maka yang dipelajari beliau adalah yang "tanpa nama" ini. Ilmu ini juga salah satu yang dipelajari oleh Eyang Hari (RM Harimurti, pendiri Perpi Harimurti). Menurut penuturan dan "babaran ilmu" dari almarhum kakek (RM Harjo Soepono, seorang pendekar Pura Pakualaman yang hijrah ke Surabaya), pelajaran silat ini didasarkan pada pemahaman ilmu "Sangkan Paraning Dumadi" dan arti dari "Layang Hanacaraka" dan pengetahuan dari "Pranata Mangsa". Teknik gerakannya sangat sedikit dan sederhana dan hanya mengenal satu tendangan, karena mengacu pada teknik berkelahi Arjuna yang memang "irit gerak". Teori dan geraknya bisa dipelajari dalam waktu seminggu untuk orang normal, tetapi pemahaman dan "manjing"-nya ilmu harus dilakoni seumur hidup. Pelatihan ilmunya ini melalui lelaku yang berat, sama sebagaimana tokoh Arjuna yang memang gentur lelaku tapa brata lara lapa.

Saya tidak tahu pasti apakah memang Pak Dirdjo mempelajari "Silat Pakualaman" yang "tanpa nama" ini atau "Silat Pakualaman" yang lainnya. Tetapi saya bisa menarik "benang merah" antara Silat Perisai Diri yang saya pelajari dengan "Silat Pakualaman tanpa nama" yang dibabar oleh almarhum kakek.

Semoga bisa membantu. Maaf kalo ada yang keliru....

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 06/01/2008 19:56
Selamat mosting kembali Mas Don, semoga sudah lega waktunya karena banyak yang menunggu posting Anda. Ada thread tentang Sastra Jendra yang seharusnya porsi Mas Don menerangkan, lancang keladuk wani, saya mulai daripada nganggur. Mohon diperiksa dan dikoreksi, Mas. Mas Oki juga sudah berkenan menanggapi.
Salam Mas Bram...
Terima kasih. Mas Bram dan semua yang "bercerita" tentang Sastra Jendra sudah benar semua. Itu dari segi ceritanya. Insya Allah, saya akan posting mengenai "Serat Sastra Jendra" di threadnya sendiri. Ini beratzzz....  :-\ Karena seperti yang Mas Bram bilang, kalo "nglakoninya" terbalik, maka akan bakalan "merusak dunia".  ???

Anyway... Kang Sunan ke mana ya, kok ga ada bunyinya? Apa lagi nyari wangsit?

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kuntulbaris on 06/01/2008 23:02
Tulisan berikut ini saya sarikan dari makalah/artikel yang pernah disampaikan oleh pengurus pusat dan dewan pendekar Perisai Diri dalam suatu sarasehan:

“Latar belakang R M Soebandiman Dirdjoatmodjo membentuk Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri adalah karena terdorong keinginan beliau untuk menciptakan ilmu silat yang anatomis, natural, dan cocok untuk digunakan oleh Bangsa Indonesia. Keinginan inilah yang mendorong beliau berkelana menuntut ilmu ke berbagai daerah yang dianggapnya mempunyai latar belakang beladiri yang spesifik. Didalam pengembaraannya beliau telah berhasil mempelajari 157 aliran, ditambah ilmu silat asal daratan tiongkok, yaitu dari Siauw Liem Sie. Bisa dibayangkan kemampuan beliau merangkum dan menyusun secara sistematis teknik silat yang dikuasainya, kemudian mengemasnya menjadi ilmu silat Perisai Diri yang kita kenal sekarang.

Teknik silat Perisai Diri adalah unik, berbeda dengan aliran silat lain maupun teknik silat Siaw Liem Sie. Kalaupun ada kemiripan yang terlihat, terutama bagi orang awam, itu hanya pada sikap awalan dan akhirannya saja, tetapi pelaksanaan tekniknya sendiri berbeda. Jadi sesungguhnya, seluruh ilmu-ilmu yang dimiliki pak Dirdjo dilebur menjadi satu, menjadi ilmu silat Perisai Diri, bukan dikombinasikan. Kombinasi mempunyai konotasi sekian % dari silat tertentu dan sekian % dari silat yang lain dan seterusnya. Sedangkan silat Perisai Diri bukan seperti itu. Dengan memperhatikan segenap aspek yang ikut mewarnai silat Perisai Diri, dapat dikatakan bahwa Perisai Diri merupakan seni beladiri yang natural dengan kombinasi unik. Pengertian unik adalah tidak ada padanannya, hanya satu-satunya, berbeda dengan silat yang lain.”

Demikian, mudah2an bisa sedikit menambah wawasan kita.

Salam,

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 06/01/2008 23:10
Hallo Don,
selamat mendarat di dunia Maya lagi. Nang ndi wae, kok ngilang ambles bumi :).
Mas Sunan lagi sibuk mbenerke Forum PD. Kapan ganng lagi di sana.
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Senopati on 06/01/2008 23:38
Jadi menurut Mas Senopati, yang dipelajari dan dikuasai Soebandiman muda di usia 9 tahun di Pakualaman adalah pencak Setia Hati (nya Eyang Soera)?

Salam hangat dan terimakasih

Ranggalana

Wah kalo yang dipelajari pak Dirdjo itu apakah pencaknya eyang Soera atau pencak yang tanpa nama kulo mboten saget maringi jawaban mas. Uraian dari mas dsbasuki tentang pencak di Pakualaman saya kira sudah jelas, yang belum klar yang mana yang dipelajari pak Dirdjo. Karena kan didalam lingkungan Kadipaten, jadinya orang umum pada nggak tahu.
Yang saya tahu hanya bahwa KGPAA XIII (alm) pernah berlatih pencaknya eyang Soera dan menjadi sedulur dari Setia Hati Yogya.
Nah kalo yang dipelajari oleh pak Dirdjo diluar tembok Pakualaman, misalnya di daerah Pathuk yang sekarang jadi wilayah pusatnya jajanan bakpia pathuk itu masih ada saksi sejarah yang bisa ditelusur, misalnya mbah Dul Wahab atau pak Gunardjo atau nama lainnya yang saya tidak tahu.
Mungkin teman-teman dari PD malahan lebih tahu.
Nyuwun pangapunten menawi wonten ingkang lepat
Salam

Senopati
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 07/01/2008 06:08
Nang ndi wae, kok ngilang ambles bumi :).
Mas Sunan lagi sibuk mbenerke Forum PD. Kapan ganng lagi di sana.
Salam Bunga Sepasang,
Mas, janjiku mengko yo... Sabar... Kitab soko Mas Nanang jek tak simpen yang harddisk kantor. Biasa, aku wis menclok maneh soko ider buwono. Oooo... dadine Forum PD Bandung lagi ora iso diakses to? Tak kiro nek lagi dipageri....
Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 07/01/2008 06:12
....Nah kalo yang dipelajari oleh pak Dirdjo diluar tembok Pakualaman, misalnya di daerah Pathuk yang sekarang jadi wilayah pusatnya jajanan bakpia pathuk itu masih ada saksi sejarah yang bisa ditelusur, misalnya mbah Dul Wahab atau pak Gunardjo atau nama lainnya yang saya tidak tahu......Senopati

Maturnuwun Mas Senopati,

Kesimpulan saya dari keterangan para Kangmas di atas, kemungkinan Soebandiman kecil belajar silat yang tanpa nama itu, sebab Setia Hati-nya Eyang Soera khan gak bisa dikuasai anak usia 9 tahun.

Kemungkinan pula ilmu silat yang dikuasai saat usia 9 tahun itulah yang menjadi bungkus atau waduk pencerna semua ilmu silat lainnya yang beliau pelajari selanjutnya.  Dan dari awal memang hendak memayu Endhonesya. Makasih, makin jelas sosok beliau bagi saya kini.

Tapi ada tambahan info yang cukup menggelitik, nama-nama Dul Wahab (ini klo gak salah terkenal sebagai gerilyawan Yogya?) dan Pak Gunardjo dan pencak Pathuk? Apa pula ini? Perlu bikin thread lain khusus Pencak Yogya-Solo?

Salam hangat,
(dayi Dab!)
Bram
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: AGUNGP on 07/01/2008 07:17
T beliau telah berhasil mempelajari 157 aliran, ditambah ilmu silat asal daratan tiongkok, yaitu dari Siauw Liem Sie. Bisa dibayangkan kemampuan beliau merangkum dan menyusun secara sistematis teknik silat yang dikuasainya, kemudian mengemasnya menjadi ilmu silat Perisai Diri yang kita kenal sekarang.
Ndak bisa ngebayangkan Mas kuntul baris (masalahnya ane aja satu aliran belum lulus)

Yang pasti beliau berarti sangat Jenius dan sangat cinta terhadap ilmu beladiri, Khususnya Pencak silat. [top]

Salam kenal Para warga Perisai diri

AgungP
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 07/01/2008 09:24

Anyway... Kang Sunan ke mana ya, kok ga ada bunyinya? Apa lagi nyari wangsit?

Salam...
iya mas.. nyari wangsit di kamar kecil  ;D
aku kena disentry sama demam, hampir seminggu an..
forum PDnya diganti mas. sekarang yg integrasi dengan website, masuknya harus dari pintu depan www.pdbandung.com .. mesti registrasi lagi..insya Allah ga ada masalah bisa diakses dengan lancar hanya masih ada masalah kecil untuk file attachment saja..

oke.. gabung lagi ah.. 8)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 07/01/2008 14:05
Yang pasti beliau berarti sangat Jenius dan sangat cinta terhadap ilmu beladiri, Khususnya Pencak silat. [top]
Salam kenal Para warga Perisai diri
@Mas Agung
Ikhwal Pak Dirdjo seorang jenius atau bukan, sifatnya relatif bin subyektif.
Buat sebagian orang bisa jadi beliau dianggap jenius namun untuk sebagian lain boleh dong beranggapan biasa saja!


Saya mengira, ilmu silat yang dapat dikuasai anak berusia 9 tahun adalah ilmu semacam yang kita namakan 'gerak nurani' ini. Dan memang ini nanti akan kelihatan dipakai terus oleh Pak Dirdjo dalam menciptakan ekspresi uniknya sendiri yang sarat nilai moral, mirip dengan perenungan pencipta Cikalong yah? Karena itu orang luar macam Don Draeger juga melihat bahwa karya Pak Dirdjo itu khas Jawa.
@kang Bram memang waskito
Di PD ilmu itu dikenal dg nama "kerohanian". Pada tataran tertentu kerohanian sudah tidak menyinggung kanuragan lagi tapi meningkat dg membahas hubungan kawula lan Gusti.

Pun kalau nanya-nanya aplikasi saat pelatih maunya kita ngedrill, selalu dibilang "Jangan banyak tanya lu, gerakin aja, ntar juga ketemu sendiri!" Latihan gulingan pun kalau punggung belon berdarah-darah sepertinya gak mantep.

Dunia berkembang, kini rasa ingin tau murid harus dihargai, seperti juga HAMnya. Saya kira PD patut ditinjau lebih mendetil dari segi kemanusiannya ini, jangan-jangan ada sumbangan besar buat kita semua warga silat seluruhnya.
Di PD ada motto; belajar silat tanpa sakit.
Motto tersebut janganlah di artikan secara harfiah. Di dalam motto tersebut terkandung filosofi yang tidak akan cukup pelajari dengan hitungan berbulan saja.

Selain motto diatas Pak Dirdjoatmodjo berpesan sebagai berikut;
1. Jangan menggunakan kepandaian silat nya bila tak perlu.
2. Jangan memperlihatkan bahwa mengerti silat.
3. Bertindaklah yang sopan dan sabar.
4. Kalau perlu, laksanakan dengan betul-betul sampai titik darah penghabisan.

catatan pen;
Pesan beliau memang "magis" dan gawat wiiiihhhhh......

 

 

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Senopati on 07/01/2008 20:22

Selain motto diatas Pak Dirdjoatmodjo berpesan sebagai berikut;
1. Jangan menggunakan kepandaian silat nya bila tak perlu.
2. Jangan memperlihatkan bahwa mengerti silat.
3. Bertindaklah yang sopan dan sabar.
4. Kalau perlu, laksanakan dengan betul-betul sampai titik darah penghabisan.

Motto dari pak Dirdjo tersebut menunjukan takaran bahwa beliau betul-betul seorang pendekar, ilmu padi.
Sangat cocok untuk praktisi beladiri, khususnya pencak silat.
Sudah ngalah, sabar kok terus diinjak ya habisi saja, gimana mas Java ?
Sedih kalo lihat orang baru belajar beladiri terus keminter, petentang-petenteng kayak jagoan di film. Dan yang sudah mahir malahan sok tahu dan merendahkan aliran lain.
Cocok saya dengan motto diatas.

mas Bram, jape mete dab !

Salam,
Senopati



* quote repaired by moderator *
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 07/01/2008 20:36
....
mas Bram, jape mete dab !
....
Salam,
Senopati

Wah, wah,

Nyegedu jape methe dal nyedhe?

(Ketemu cahe dhewe nang kene?)

Wonten negari teng pundi Mas Senopati? Kula jebolan Ketanggungan Wetan dll.

Salam hangat,
Bram
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 07/01/2008 20:46
...@kang Bram memang waskito
Di PD ilmu itu dikenal dg nama "kerohanian". Pada tataran tertentu kerohanian sudah tidak menyinggung kanuragan lagi tapi meningkat dg membahas hubungan kawula lan Gusti.
......

Mas Java berlebihan memuji ... mungkin karena sama-sama penggemar sate Salihara? Saya dulu lama ngenger di Salihara 1A, lalu pindah, nyebrang jalan, masuk kompleks pertanian di Jl Lobi-Lobi ... tetapi itu ya sekitar 20 an tahun lalu.

Jadi itu toh yang dibilang 'kerohanian' oleh anak-anak PD. Pantes, saya kalo ketemu anak PD ada terasa persodaraan ilmu, kagak nyetrum-nyetrum kayak ketemu murid-murid perguruan Jin Tomang. Ternyata memang ada beberapa kaitan, baik dari tradisi Jawa, maupun tradisi Cina, belum lagi suasana bangsa baru bisa bilang aku.

Salam persaudaraan,
Ranggalana
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 08/01/2008 10:51
@kangmas Bram
Dimana-mana samalah, ada yang putih, ada yang kelabu dan ada pula yang hitam kelam. Tidak semua anak PD putih. Ini fakta. Bagi yang keberatan silahkan protes, saya terima. Jujur itu memang mudah dipromosikan tapi susah dilakoni.

Dengan menyadari dunia persilatan itu isinya nano-nano, kita jadi sadar dan tidak asal gebyah uyah. Kalau toh ada satu atau dua "coro" yang keblinger bukan berarti satu perguruan isinya bromocorah semua. Ini dari pemahaman saya lho. Jadi ya itu, sekiranya ada yg keberatan dengan statemen di atas, tanggung akibatnya ada di saya.

Tetap semangat dan salam persaudaraan juga.  [top]

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 08/01/2008 11:10
Mas Java memang selalu bijaksana ...

Memang, murid perguruan yang baik bisa saja bengal bin biadab, tetapi jarang, murid perguruan Pangleakan bisa keluar dari ilmu Leaknya.

Seperti Mpu Baradah di Kediri dulu saya percaya ada ilmu Putih dan ada Ilmu Hitam, meski seringkali bedanya hanya pada dedikasinya saja.

Namun dedikasi itu, karena berhubungan dengan Sangkan Paraning Dumadi, sangat penting dalam keilmuan. 

Salam hangat,
Bram
(rindu sate Salihara)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 08/01/2008 14:07
Mas Bram,
saya setuju dgn anda dan mas Java. Kami berdua sempat mengalaminya bersama2. Putih Hitam bukan hanya dr asalnya, putih hitam juga dr aplikasinya...

Saya lihat 1-2 anak dr perguruaan Pangleakan juga sudah mulai jadi manusia, terkena sastra jendra yg anda babar. Mudah2an saya tdk salah lihat.

Salam
Chandrasa

P.S.: anda benar skl mengenai ilmu Leak ini, hati saya selalu miris, bulu kuduk saya berdiri, kalau membaca website mereka....
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 08/01/2008 19:54
Saya lihat 1-2 anak dr perguruaan Pangleakan juga sudah mulai jadi manusia, terkena sastra jendra yg anda babar. Mudah2an saya tdk salah lihat.
Salam Bunga Sepasang,
Lha, saiki lak wis jelas to... Mas Bram iku pancen sekti tenan...  [top]

Ngomong-ngomong Kang Yana ke mana ya? Kok lama banget nggak pernah nongol lagi di Forum ini? Apa lagi bertapa?

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 09/01/2008 07:08
Wah, bombonganya Mas Don berbahaya ini...

Saya juga kangen Kang Yana yang selalu memberikan input unik dan otoritatif. Apa belio lagi jaga Mas Obama yang sedang disiapkan untuk dijadikan korban mafia pulitik dunia ini atawa di-Kennedy-Diana-kan?

Take care, Kang Yana, sahabat silat di seluruh dunia banyak yang menanti sumbangan pikiran Anda!

Salam hangat,
Bramantyo
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 09/01/2008 07:53
Mas Kris,

Bahwa Obama pro Israel, makin membuktikan semua politisi di level itu, di seluruh dunia, pasti merupakan pemain 'front-man' mafia yang sama. Ini sebabnya Obama, anak kemaren-sore itu, moncer bagai bintang berekor: karena didukung, dan disutradarai Mafia tersebut. 

Gak ada beda antara Republican-Democrat itu hanya untuk mengecoh orang banyak saja. Sama seperti pada Perang Dunia pertama, keluarga Rothschild ditengarai membiayai pihak Jerman dan juga pihak Sekutu. Rakyat Eropa diadu mampus di parit-parit demi  bisnis keluarga Rothschild tersebut. 

Yang kubilang ini: Obama  sedang disiapkan untuk dijadikan korban, dibunuh dengan dramatis sekaligus misterius seperti JFK dan Diana. Tunggu saja tanggal mainnya pembunuhan teatrikal itu akan jadi berita di TV Anda.

Semoga aku salah,
Ranggalana.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 13/01/2008 22:08
Sepi lagi ya ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 14/01/2008 09:45
Lagi pada diinterogasi... [lucu]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: roy on 17/01/2008 11:33
@ EricB:
Maaf kelamaan reply mas EricB  :) soalnya lg jauh banget dari internet....
saya kebetulan di jkt brt (sekitar slipi), usia 25 thn (ketuaan ga yah u belajar silat di PD), untuk latihan silat PD belum pernah, tapi pernah sempet blj beberapa beladiri yang berbeda2 ketika SMP/sma/kuliah. Dan kebetulan setelah lulus n kerja ada cukup waktu luang (sabtu - minggu) sepertinya ingin juga ikut latihan terlebih silat (salah satu alasannya untuk olahraga n melestarikan budaya jg siy  8), biar ga diklaim malaysia ;)

Dengan kondisi seperti itu memungkinkah? tidak masalah untuk memulai dari awal, (tetapi mungkinkah ada kelas akselerasi ;), walaupun sebenarnya yg saya yakini tidak ada jalan pintas dalam bela diri :)

Salam...

@ Mas Roy:

darimana anda ? usia berapa, sekarang latihan dimana ?
coba cerita sedikit lebih panjang supaya kita bisa tolong mencari informasi yang perlu :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 17/01/2008 11:39
Nah gitu, dengan info lebih lanjut ini saya rasa kawan² PD diforum bisa cari tempat latihan di sana

mungkin Mas Don bisa bantu ??


Roy, kalau saya di Jakarta juga selalu tinggal di Slipi, di Jln Anggrek Neli Murni,...... dunia kecil :P
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 17/01/2008 12:16
Utk mas Roy,
dak ada istilah telat utk belajar silat. Kalau anda tertarik, silahkan anda datang ke PLN Pusat di jalan Trunojoyo setiap hari Minggu jam 8.00-12.00.
Mas Tony Widya dkk melatih di sana.

Salam
Chandrasa
P.S.: murid saya di sini juga tdk semua anak2 muda, banyak yg baru mulai latihan di usia lebih dr 25 th.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 17/01/2008 17:48
Tambahan utk mas Roy,
sebetulnya masih banyak tempat latihan yg mungkin dekat dgn tempat tinggal atau tempat kerja mas Roy. Hanya kebetulan saya tidak tahu pasti dimana, jadi silahkan datang ke Pusat saja di Trunojoyo, nanti mas mas yg disitu bisa memberikan keterangan lebih lengkap lagi. Mudah2an keterangan ini membantu.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 19/01/2008 14:36
Permisiii ... numpang lewaaat ...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 23/01/2008 23:20
Latihan Bersama PD Batam dan SH Batam

Tidak lama lagi akan digelar pesta olahraga khusus untuk pelajar yang ada di Propinsi Kepulauan Riau, Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau biasa disingkat Popda. Sebagaimana pada Popda-Popda sebelumnya, even ini juga akan mempertandingkan cabang olahraga Pencak Silat. Dinas Pendidikan Nasional Kota Batam bekerja sama dengan Pengcab IPSI Batam akan mengadakan seleksi atlet Pencak Silat yang akan mewakili Kota Batam dalam Popda tersebut. Berdasarkan informasi dari Yateno, Sekretaris Pengcab IPSI Batam, seleksi ini dijadwalkan akan diadakan pada akhir Februari 2008.

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/R5dk0Pr9kmI/AAAAAAAAAFs/xKtBYTiTzHM/s320/pemko1.jpg)

Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Batam tentunya tidak mau ketinggalan untuk turut menerjunkan atlet pelajarnya. Program Pelatcab (Pemusatan Latihan Cabang) atau yang dikenal dengan istilah TC (Training Centre) telah dilakukan sejak tanggal 28 Oktober 2007 di Sekretariat Pengcab Perisai Diri Batam yang berlokasi di Perumahan Taman Mediterania, Batam Centre. Calon atlet yang digembleng berjumlah 16 orang, semuanya berasal dari Perisai Diri Ranting SMP Al-Azhar Batam. Penempaan calon atlet ini langsung ditangani oleh Ricky Mendoza, Ketua Bidang Pembinaan Atlet Pengcab Perisai Diri Batam.

(http://bp3.blogger.com/_0GnBevLifIw/R5dlWfr9knI/AAAAAAAAAF0/LbW2SeTgKvg/s320/pemko2.jpg)

Sebagai salah satu bentuk evaluasi latihan sekaligus untuk menambah wawasan calon atlet, Pengcab Perisai Diri Batam mengadakan latihan bersama dengan perguruan Pencak Silat lainnya. Untuk yang pertama, latihan bersama dilakukan dengan Persaudaraan Setia Hati yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2008 berlokasi di lapangan Engku Putri, Batam Centre.

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/R5dllPr9koI/AAAAAAAAAF8/RKXpdlK01Us/s320/pemko3.jpg)

Setelah masing-masing pesilat melakukan pemanasan dan stratching, latihan diawali dengan menendang patching pad bergiliran yang dipandu oleh Ricky Mendoza dari Perisai Diri. Setelah cukup, latihan dilanjutkan dengan uji tanding antar calon atlet yang dipandu oleh Wahyudi dari Setia Hati. Walaupun saling pukul dan saling tendang hingga ada yang sampai terjatuh, namun suasana latihan tetap terlihat santai dan penuh persahabatan walaupun dua kubu berasal dari perguruan Pencak Silat yang berbeda. Walaupun yang satu berseragam putih dan yang satu berseragam hitam, tidak sedikitpun nampak ketegangan akibat perbedaan atribut perguruan masing-masing. Tidak jarang penonton dari kedua kubu tertawa bersama-sama ketika ada hal yang tampak lucu, misalnya ketika kedua pesilat yang sedang bertarung sama-sama berhenti dengan nafas tersengal-sengal kecapekan seperti di film kungfu komedi. Setiap selesai bertarung, kedua pesilat selalu berjabat tangan dan berpelukan khas insan dunia persilatan.

(http://bp0.blogger.com/_0GnBevLifIw/R5dl6vr9kpI/AAAAAAAAAGE/gCLWd3JxoBQ/s320/pemko4.jpg)

Setelah latihan usai, perwakilan dari Perisai Diri maupun dari Setia Hati menyampaikan pesan dan kesannya. Setelah mengucapkan terima kasih atas kerja sama pesilat Setia Hati dalam acara ini, Ricky membakar semangat para pesilat pelajar yang hadir dengan optimis bahwa mereka lah yang kelak akan diandalkan dalam mengangkat nama Pencak Silat Batam dalam dunia persilatan. Kedua belah pihak berharap agar hubungan dan kerja sama ini tetap berlanjut untuk ke depannya nanti. Acara ini juga dihadiri oleh Asfian Rosadi, Ketua Pengcab Perisai Diri Batam, didampingi Agus Winarno, Sekretaris Pengcab Perisai Diri Batam.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: AGUNGP on 24/01/2008 07:53
@ Mas Aguswin Terimakasih beritanya   [top]
Berita seperti ini seperti ini wajib ane Baca.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Sosro_Birowo on 24/01/2008 09:25
Mantap..top markotop... [top] [top] [top]
Ini nih contoh konkret dan nyata persaudaraan antar perguruan yang patut kita teladanai..
Meski berbeda aliran bisa latihan bersama dengan rukun..
Tidak di semua tempat bisa begini lho...banyak yang malah tawuran kagak jelas atau saling intrik dan menjelekkan...

makanya kuacungkan dua jempol untuk PD Batam dan SH batam...
maju terus pencak silat Indonesia dan terus mempererat tali SILATurahmi..

salut

S Birowo
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 24/01/2008 09:37
Tidak di semua tempat bisa begini lho...banyak yang malah tawuran kagak jelas atau saling intrik dan menjelekkan...
makanya kuacungkan dua jempol untuk PD Batam dan SH batam...
maju terus pencak silat Indonesia dan terus mempererat tali SILATurahmi..

Saya salut kepada mas Ricky-PD Batam, mas Wahyudi - SH Batam dan kawan-kawannya.

Perguruan Silat bisa maju ataupun mundur tergantung kepada upaya segenap Pengurus didukung murid-muridnya. Semoga persahabatan PD & SH Batam bisa menjadi inspirasi buat daerah-daerah lain. [top]

salam,
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 25/01/2008 17:37
Besok Minggu rencananya mau latihan bersama dengan Persinas ASAD. Mudah-mudahan terlaksana.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 25/01/2008 18:14
Jadi inget masa muda :D,

waktu di ITB kami unit2 beladiri (silat) sangat dekat 1 sama lain, dgn SH Terate, Bandarkarima & SMI, kami malah pernah 2x menyelenggarakan pertandingan antar himpunan.

Silaturahmi memang sangat diperlukan.

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 03/02/2008 16:11
Tadi pagi, di tempat yang sama, PD dan ASAD ngadain latihan bersama. Sorry, berita dan foto menyusul, HP yang buat memfoto tadi gak kebaca sama komputer, lagi ada masalah koneksi.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 05/02/2008 23:21
Latihan Persahabatan PD Batam dan ASAD Batam

Setelah dua minggu sebelumnya mengadakan latihan bersama dengan Persaudaraan Setia Hati, pada hari Minggu tanggal 3 Februari 2008 Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Batam mengadakan latihan persahabatan dengan Persinas Asad. Latihan ini diadakan di lapangan kantor Pemerintah Kota Batam. Sebagaimana latihan bersama sebelumnya, latihan kali ini masih difokuskan pada evaluasi dan penyegaran calon atlet remaja yang akan diterjunkan dalam seleksi pemilihan atlet Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Kepulauan Riau yang diagendakan diselenggarakan pada akhir Februari 2008.

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/R7DvZtKWC-I/AAAAAAAAAHM/eaCMrsPZBGs/s320/pemko5.jpg)

Latihan diawali dengan pemanasan dan stratching bersama dengan formasi melingkar menghadap ke tengah. Cuaca pagi saat itu sedang mendung sehingga para pesilat dapat terhindar dari sengatan sinar matahari mengingat lokasi berada tidak jauh dari laut di teluk Batam Centre yang cepat terik. Dan seperti biasanya, lapangan ini apabila Minggu pagi banyak dipakai untuk masyarakat berolahraga, terutama jogging dan futsal outdoor, plus dilengkapi dengan hadirnya pedagang makanan dan minuman.

(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/R6iJqvr9kuI/AAAAAAAAAGs/IDwcI_1-mXI/s320/pemko6.jpg)

Setelah siap, para pesilat secara bergiliran latih tanding yang dipandu oleh wasit bergantian dari Perisai Diri dan Asad. Dari Perisai Diri diwakili oleh Agus Winarno, Sekretaris Pengcab Perisai Diri Batam, dan dari Asad diwakili oleh Hadi Santoso, Pelatih Pengda Persinas Asad Kepri. Yang menarik kali ini yaitu adanya latih tanding pesilat dewasa, antara Marcos, pesilat Perisai Diri yang akan berlaga dalam Teluk Danga International Games 2008 di Johor Malaysia, berhadapan dengan Agus Wihantono, pesilat Asad yang akan berlaga dalam PON XVII di Kalimantan Timur. Pertarungan dua atlet ini memberikan teladan dan membangkitkan semangat para pesilat remaja yang hadir.

(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/R6iKDvr9kvI/AAAAAAAAAG0/K62pz8wth60/s320/pemko7.jpg)

Hadirnya dua perguruan silat yang nampak jelas dari perbedaan atribut pakaian seragam silatnya tentu menjadi daya tarik masyarakat sekitar untuk melihatnya. Apalagi kedua pihak berkumpul dalam nuansa latihan persahabatan, jauh dari kesan sebagian masyarakat pada umumnya yang menggambarkan ketidakserasian antar aliran atau perguruan silat. Image jiwa persaudaraan antar pesilat walau berbeda perguruan akan terbangun dengan kegiatan semacam ini, sehingga dapat mensosialisasikan bahwa Pencak Silat bukan hanya mengajarkan teknik bertempur semata namun juga mengajarkan mental yang berbudi luhur.

(http://bp3.blogger.com/_0GnBevLifIw/R6iKePr9kwI/AAAAAAAAAG8/tAm88NQ62CQ/s320/pemko8.jpg)

Setelah latih tanding usai, para pesilat berkumpul duduk lesehan dan diawali dengan perkenalan antar kedua pihak. Dalam sambutannya, Ricky Mendoza, Ketua Bidang Pembinaan Atlet Pengcab Kelatnas Indonesia Perisai Diri Batam, menyampaikan bahwa latihan bersama tidak harus dalam bentuk latih tanding yang masih menampakkan terpisahnya dua kubu. Kegiatan bisa dikemas dalam bentuk lain yang lebih terasa semangat kebersamaannya, seperti senam pemanasan bersama. Selanjutnya, Nurdin Arief, Wakil Ketua Cabang Persinas Asad Batam, menyambut gembira atas kegiatan persahabatan antar perguruan silat seperti ini, apalagi bagi Persinas Asad yang termasuk perguruan baru dalam kalangan IPSI, sehingga menantikan kegiatan seperti ini untuk diadakan lagi.
 
 
 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 06/02/2008 00:42
[top] [top] Jempol buat PD dan Persinas Asad Batam. GRP dulu lah buat mas Agus.

Salam buat keluarga PD di sana mas Agus.
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: puragabaya on 11/02/2008 13:20
 [top] [top] Salut utk Perisai Diri dan Persinas ASAD Batam, mudah2an kegiatan dan semangat persaudaraan seperti ini bisa menular ke Perguruan2 Silat yang lain. Bravo Pencak Silat.... [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 12/02/2008 08:39
Latihan Gabungan PD Batam dan TS Batam

Sebagaimana yang telah diagendakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Batam bekerja sama dengan Pengcab IPSI Batam, pada tanggal 16-17 Februari 2008 bertempat di aula SMU Negeri 3 Batam akan diadakan seleksi atlet pencak silat yang akan mewakili Kota Batam dalam Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Kepulauan Riau.

Seminggu sebelum pertandingan berlangsung, Kelatnas Indonesia Perisai Diri memanfaatkan waktu pada hari Minggu tanggal 10 Februari 2008 untuk mengadakan latihan gabungan dengan Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah bertempat di lapangan Engku Putri belakang kantor Pemerintah Kota Batam. Latihan kali ini lebih difokuskan untuk refreshing dan penajaman teknik bagi calon atlet yang akan berlaga dalam pertandingan tersebut.

(http://bp3.blogger.com/_0GnBevLifIw/R7DzP9KWC_I/AAAAAAAAAHU/rpQkfESjnp0/s320/pemko9.jpg)

Para pesilat pelajar dari kedua perguruan silat ini melakukan pemanasan dan stratching bersama, termasuk melakukan latihan teknik dasar standard pencak silat yang dipandu oleh Mahyouhendra Kamil dan Mahyouhandrie Kamil dari Tapak Suci. Para pesilat yang pakaian seragam silatnya terlihat sangat kontras perbedaan warnanya, yang mana Perisai Diri berwarna putih dan Tapak Suci berwarna merah, berbaur menjadi satu barisan. Hal ini menjadikan nuansa latihan lebih terasa kebersamaan dan persahabatannya. Kesan jiwa persaudaraan antar pesilat dari perguruan yang berbeda seperti ini dapat menjadi bentuk sosialisasi bahwa pencak silat bukan hanya mengajarkan teknik bertempur semata namun juga mengajarkan mental yang berbudi luhur.

(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/R7DzndKWDAI/AAAAAAAAAHc/PQctNr68faQ/s320/pemko10.jpg)

Latihan dilanjutkan dengan bergantian melakukan teknik serangan dengan sasaran patching pad yang dipandu oleh Ricky Mendoza dan Agus Winarno dari Perisai Diri. Salah satu tujuan latihan ini untuk melatih ketepatan dan kekuatan serangan, baik serangan tangan maupun serangan kaki. Setelah beristirahat sejenak, para pesilat duduk dengan membentuk lingkaran besar sebagai batas arena untuk melakukan latih tanding yang yang dipandu kembali oleh Mahyouhendra Kamil dan Mahyouhandrie Kamil.

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/R7Dz5tKWDBI/AAAAAAAAAHk/B-qC8ScO48w/s320/pemko11.jpg)

Setelah latihan selesai, para pesilat mendapatkan pengarahan dari para pelatih. Dari Tapak Suci pengarahan disampaikan oleh Tukiban, Ketua Pendekar Daerah Batam, didampingi oleh Rendra Topan, Sekretaris Pimda Tapak Suci Batam. Tukiban mengatakan bahwa seorang atlet harus rajin berlatih dan beliau memberikan teladan bahwa sejak tahun 1980-an beliau tetap berlatih tanpa pernah absen. Tukiban juga menyampaikan bahwa sebenarnya antara Tapak Suci dan Perisai Diri adalah satu saudara namun berbeda organisasi, dan keduanya dipersatukan dengan terbentuknya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/R7D0ItKWDCI/AAAAAAAAAHs/TC_84rpiN4Y/s320/pemko12.jpg)

Dari Perisai Diri pengarahan disampaikan oleh Agus Winarno, Sekretaris Pengcab Perisai Diri Batam. Setelah menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pesilat Tapak Suci yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti latihan persahabatan ini, Agus menambahkan bahwa pendiri Perisai Diri juga berasal dari Yogyakarta yang merupakan daerah yang menjadi pusat Tapak Suci, namun beliau hijrah ke Surabaya karena pindah tugas. Selain itu Perisai Diri dan Tapak Suci sama-sama menjadi perguruan pencak silat yang mendapatkan predikat Perguruan Historis karena memiliki kontribusi besar dalam terbentuknya dan berkembangnya IPSI pada masa awal.

Semoga insan pencak silat dapat maju bersama-sama dengan semangat persaudaraan walaupun berbeda organisasi dan atribut perguruan masing-masing. Bravo pencak silat !
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Java on 12/02/2008 10:01
@mas Aguswin
Persaudaraan komunitas Silat di Batam memang patut dicontoh oleh daerah-daerah lain. Khususnya PD Batam sebagai satu diantara motor terjalinnya silaturahim sesama pesilat.

Maju terus mewujudkan gagasan persatuan dan persaudaraan antar insan bela diri. [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 21/02/2008 07:51
Bersama ini kami laporkan bahwa pada tanggal 16-17 Februari 2008 telah diselenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Pelajar se-Kota Batam yang mana hasil pertandingan ini adalah untuk menyeleksi atlet-atlet yang akan mewakili Kota Batam dalam POPDA Kepulauan Riau dua bulan mendatang di Kota Tanjungpinang. Kejuaraan ini diikuti oleh para pelajar dari berbagai sekolahan SMP dan SMA yang ada di Kota Batam yang dibina oleh 8 perguruan pencak silat, diantaranya yaitu Perisai Diri, Tapak Suci, Asad, Himssi, Pagar Nusa, Bintang Surya, Setia Hati Organisasi dan Setia Hati Terate.

Perisai Diri menerjunkan 8 orang atlet dari SMP Al-Azhar Batam dengan meraih prestasi Juara I Kelas C Putra, Juara II Kelas A Putri, Juara II Kelas D Putri dan Juara III Kelas B Putri.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Elang on 23/02/2008 23:19

Thanks mas agus atas liputannya, ane salut dengan PD krn sdh bisa latihan bareng, bila hal ini bisa dilakukan di seluruh perguruan maka tidak ada lagi skat2 yang memisahkan kita.

Title: Berita Duka Cita dr Keluarga Silat Nasional Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 13/03/2008 16:49
Saya sampaikan berita duka cita dr kami Keluarga Silat Nasional Perisai Diri.

Kami yg sedang berduka cita.
a.n. Kel. Besar Perisai Diri
Chandrasa Sedyaleksana
Penanggung Jawab Teknik Perisai Diri Komisariat Jerman dan Swiss

Quote
Salam Bunga Sepasang,
 
Hari ini Keluarga besar Kelatnas Indonesia Perisai Diri telah kehilangan salah seorang Pendekarnya mas "Gunawan Parikesit", seorang Pendekar Historis Perisai Diri di Jawa Tengah telah meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 13 Maret 2008 jam 15.30.
 
Atas nama seluruh keluarga besar Kelatnas Indonesia Perisai Diri, kami mengucapkan turut berduka cita, Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadahnya dan mengampuni segala kesalahannya.
Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah memberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi takdirNya.

Salam,
Ir. Nanang Soemindarto
Ketua Umum Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Jali Jengki on 13/03/2008 16:55
Inalillahi wa inailahi roji'un...

Atas nama pribadi dan perguruan Silat saya turut berduka cita yang sedalam2nya...semoga diterima amal ibadahnya dan dilipat gandakan amal kebaikannya. Semoga yang ditinggalkan diberikan ketabahan...amin

Jali.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: HartCone on 13/03/2008 17:07
Atas nama pribadi dan Club Stick Fighting Eskrima Blitar, kami mengucapkan ikut berbela sungkawa, Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadahnya dan mengampuni segala kesalahannya. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah memberi ketabahan dan kesabaran...

salam

Tonny Harto
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Unknown on 13/03/2008 17:31
Inalillahi wa inailahi roji'un...

turut berbela sungkawa kepada keluarga beliau dan keluarga besar Perisai Diri, semoga diberi ketabahan dan keimanan, amiiinnnn
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: M. Ikhsan on 13/03/2008 18:15
kami keluarga silat nasional  indonesia PERISAI DIRI UGM turut berduka cita atas meninggalnye pendekar jawa tengah BAPAK GUNAWAN PARIKESIT.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 13/03/2008 18:44
Salam Bunga Sepasang

saya atas nama pribadi dan rekan2 dari Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Bandung mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya Pendekar kami tercinta mas Gunawan Parikesit, semoga diterima segala amalan ibadahnya dan diampuni segala kesalahan. Tidak lupa bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi keikhlasan dan kesabaran atas ujian ini.

Salam hormat
Sunan R. Dananjaya
PD Bandung
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: one on 13/03/2008 19:59
Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un

Atas nama pribadi juga teman-teman di Perguruan Silat Cingkrik Goning dan Paguron Maenpo Cikalong Pancer Bumi di Jakarta turut berbela sungkawa atas kepergian sang Pendekar pak Gunawan Parikesit, semoga segala amal ibadahnya diterima disisi-Nya dan keluarganya diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini.

Turut Berduka Cita


Iwan Setiawan
NB: kita telah kehilangan lagi seorang pendekar silat..... :'(
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: parewa on 14/03/2008 06:55
Inalillahi wa inailahi roji'un.....

Saya dan segenap administrator/moderator forum diskusi SahabatSilat.com turut berduka cita atas meninggalnya Pendekar Gunawan Parikesit, semoga almarhum diterima segala amalan ibadahnya dan diampuni segala kesalahan, bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi keikhlasan dan kesabaran atas ujian ini.

Salam hormat.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 27/04/2008 18:35
Salam bunga sepasang

bagi rekan2 Perisai Diri senusantara dan se dunia.. diberitahukan..kini telah diaktifkan kembali website Perisai Diri pusat dengan alamat yang baru..

www.silatperisaidiri.com (http://www.silatperisaidiri.com)

silahkan kunjungi dan bergabung sebagai member di website baru ini yang diharapkan dapat makin menguatkan dan mempererat silaturahmi anggota Perisai Diri di segenap penjuru nusantara dan dunia ..

semoga bermanfaat..

hidup silat..

salam hormat
sunan
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: pendekar on 02/05/2008 01:28


Makin mantap temen2 dari PD, t o p dach, salut [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 02/05/2008 20:08
Permisiii ... numpang lewaaat ...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: EricB on 02/05/2008 21:24
kalau lewaaat ... mau ke mana ??

kalau lewaaat ... titipnya apa ??

kalau lewaaat ... kenapa ngak mampir dulu ??


 :D ;D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 04/05/2008 17:19
Silaturahmi antar perguruan pencak silat di Batam

Setelah beberapa kali mengadakan kegiatan latihan bersama dengan perguruan pencak silat lain, Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Batam mengundang beberapa perguruan pencak silat yang ada di Kota Batam dalam acara silaturahmi bertempat di rumah Sekretaris Pengcab Perisai Diri Batam pada hari Minggu tanggal 30 Maret 2008. Acara ini dihadiri beberapa perwakilan perguruan pencak silat, diantaranya yaitu Perisai Diri, Tapak Suci, Asad, Pagar Nusa, Bintang Surya, Himssi, Satria Muda Indonesia dan Setia Hati Terate. Kalau latihan bersama yang telah dilaksanakan sebelumnya hanya diikuti dua perguruan pencak silat saja, maka direncanakan latihan bersama mendatang dapat diikuti oleh banyak perguruan pencak silat sekaligus.

(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/SAYjcGzZd2I/AAAAAAAAAJc/APCwL3D2zLg/s320/silaturahmi1.jpg)

Sebagaimana yang diinformasikan oleh Sekretaris Pengcab IPSI Batam dalam pertemuan tersebut, perguruan pencak silat yang telah terdaftar di IPSI Cabang Batam ada 24, yaitu :
1. Perisai Diri
2. Himssi
3. Asad
4. Setia Hati Terate
5. Setia Hati Organisasi
6. Satria Muda Indonesia
7. Pagar Nusa
8. Bintang Surya
9. Cempaka Putih
10. Domas
11. Merpati Putih
12. Pandawa
13. Dikapasita
14. Walet Putih
15. Kera Sakti
16. Tapak Suci
17. Sapu Jagad
18. Telago Biru
19. Empat Bambu
20. Sport Silat
21. Budi Suci Ranah Minang
22. Budi Suci Melati
23. Budi Suci Asmaul Husnah
24. Silaturahmi

Selain untuk menambah wawasan dan mempererat tali persaudaraan antara sesama pesilat, latihan bersama yang direncanakan akan diadakan sebulan sekali ini juga menjadi sarana silaturahmi dan koordinasi bagi para pengurus perguruan pencak silat yang ada di Kota Batam. Pertukaran informasi diharapkan menjadi lebih mudah dengan pertemuan yang dilaksanakan secara rutin dan periodik seperti ini. Diusulkan juga untuk mengajarkan rangkaian gerak TGR (Tunggal, Ganda dan Regu) kepada para pesilat.

(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/SAYkLGzZd3I/AAAAAAAAAJk/MwSvrPSV6eM/s320/silaturahmi2.jpg)

Selain membahas latihan bersama, Sekretaris Pengcab IPSI Batam yang turut hadir dalam pertemuan ini menginformasikan bahwa akan segera diadakan Muscab III 2008 IPSI Kota Batam yang diagendakan pada akhir bulan April 2008. Selain memilih dan menetapkan Ketua Pengcab IPSI Batam masa bakti 2008-2012, dalam Muscab nanti juga akan dibahas rencana realisasi padepokan pencak silat di Batam. Agenda Musda IPSI Kepulauan Riau direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Nopember 2008 mendatang.

Selain Muscab dan Musda, agenda kegiatan pencak silat tahun 2008 yang belum dilaksanakan antara lain yaitu penataran wasit-juri, kejuaraan pencak silat Sijori (Singapore, Johor dan Riau), Popda Kepulauan Riau, dan sebagainya. Seorang atlet silat Perisai Diri dari SMP Al-Azhar yang meraih Juara I Kelas C Putra dalam seleksi Popda di even Kejuaraan Pencak Silat Pelajar se-Kota Batam yang diadakan di SMAN 3 Batam pada tanggal 16-17 Februari 2008 yang lalu, akan diterjunkan dalam Popda Kepulauan Riau yang akan digelar di Kota Tanjungpinang pada bulan Juli 2008 mendatang.

(http://bp2.blogger.com/_0GnBevLifIw/SAYlQWzZd4I/AAAAAAAAAJs/n9aCilXYTy0/s320/silaturahmi3.jpg)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 04/05/2008 19:42
Silaturahmi antar perguruan pencak silat di Batam


(http://bp1.blogger.com/_0GnBevLifIw/SAYkLGzZd3I/AAAAAAAAAJk/MwSvrPSV6eM/s320/silaturahmi2.jpg)


guantenge..  ;D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Ranggalana on 04/05/2008 21:00
Selamat dan salut buat pesilat Batam yang suka berkumpul bersilaturahmi semoga makin erat persaudaraanya.

Salam hangat,
Bram
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 05/05/2008 02:28
guantenge..  ;D
Iya nih, sok serius...padahal nunggu2 kapan makanan keluar yah  ;D
salam mas Agus, pis ah....
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Sosro_Birowo on 05/05/2008 11:45
Bener...keliatan guanteng ...

GRP dulu untuk keluarga pencak silat di Batam yang mencoba untuk terus menjalin tali silahturahmi antar perguruan dan bersama-sama membangun dan mengembangkan pencak silat disana.
Sebuah usaha yang sepatut-nya dicontoh tidak hanya bagi para pengurus IPSI di manapun, tapi juga bagi para perguruan dan praktisi pencak silat di daerah manapun..

Selalu bersilahturahmi dan membantu dalam mengembangkan budaya luhur bangsa ini...

Btw, 'orang ganteng' itu pake bajunya juga bagus.. ;D..itu baju pencak silat tradisional yang sudah dikenal kemana-mana [top] [top]..GRP juga utk para pembuat bajunya (Kang pendekar, Kang Danulelana dan Kang pendekar keybord pencabut nyawa--semoga udah baekan sakitnya)

tabik
S Birowo
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 05/05/2008 21:39
guantenge..  ;D
Iya nih, sok serius...padahal nunggu2 kapan makanan keluar yah  ;D
salam mas Agus, pis ah....


Lha wong acaranya di rumahku kok. :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 05/05/2008 21:44
Btw, 'orang ganteng' itu pake bajunya juga bagus.. ;D..itu baju pencak silat tradisional yang sudah dikenal kemana-mana [top] [top]..GRP juga utk para pembuat bajunya (Kang pendekar, Kang Danulelana dan Kang pendekar keybord pencabut nyawa--semoga udah baekan sakitnya)

Iya, mungkin itu satu-satunya kaos Silat Indonesia yang ada di kawasan Sumatera dan sekitarnya. :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 05/05/2008 22:15
Lha wong acaranya di rumahku kok. :D
wakakakak, kirain lagi namu....
kalau gitu mikir "makanannya cukup gak ya?".....

Salut deh buat mas Agus dan teman2 silat di Batam.  [top]. GRP meluncur dari Jerman buat batam :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aquila on 19/06/2008 19:49
tanya dong!
kalo main ke pln pusat, trus boleh ikutan trial latihan ngga?
kalo mau daftar gmana caranya?
thanks
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 19/06/2008 20:38
Kebetulan lagi ada pendaftaran baru utk latihan di PLN. Silahkan saja datang hari minggu pagi ke PLN pusat.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aquila on 20/06/2008 09:21
wah minggu besok dateng ah!! perlu syarat apa aja  ya?
thank!
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 20/06/2008 09:48
salam

mas.. bawa aja pakaian yang enak buat sport tapi sopan (jangan pake celana pendek atau celana senam yg ngetat yah..  [lucu])
contohnya celana training dan kaos

dan.. jangan malu2 kl dah nyampe .. langsung aja sapa temen2 disana.. pasti mereka welcome

salam
sunan
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 25/06/2008 17:34
Salah satu keunikan PD (...doa bagi Pak Dirjo...) adalah metode dan pengajaran silat ini bisa dipakai bertanding (serang hindar) dengan notasi diatas kertas. Seperti catur, pecatur bisa bertanding tanpa papan. jadi tanpa papan kita bisa main catur. Setiap keluarga PD saya kira bisa melakukan serang hindar bahkan melalui sms. Dulu saya pernah dalam perjalan invitasi PD ke Semarang serang hindar ditas kertas. Sikap pertama adalah sikap bersedia. Ada yang memerankan orang bernama "A" dan ada yang memerankan orang "B". Apakah teman2 PD saat ini masih sering melakukan seperti ini?

Misalnya disepakai mulai dari hormat bunga sepasang dan sikap berseda, lalu saya menuliskan diatas kertas :
A. gesut a pendeta
dan rekan kita menuliskan :
B. Gesut a sikap kuntul
lalu selanjutnya saya menuliskan :
A. Klat a gejuk a
dan dibalas lagi dan seterusnya......maka sepanjang perjalanan kita terus belajar strategi dan variasi serangan dan hindaran.

Sekarang ini bisa pakai SMS atau email atau forum seperti ini. Bahkan melalui forum di internet, serang hindar ini bisa terbuka dilanjutkan oleh siapa saja, juga bahkan bisa juga "tawuran". Mas dan Mbak, siapa yang mau pelopori SERANG HINDAR ONLINE ini? (tentu di forum khusus kali  ya..)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 25/06/2008 18:45
wah.. asik asik.. ayo mas serang hindar ama aku.. mmh.. kl disini ga enak.. boleh di www.pdbandung.com atau di www.silatperisaidiri.com.. atau di multiplyku jg gpp.. kita mulai aja berdua dulu.. misal saya vs mas satrianaga.. ntar sama mas anjar.. mas don.. mas chandra... mas java.. mbak henny.. yah giliran aja.. gimana-gimana ? [top]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 25/06/2008 18:51
mungkin kalau serang hindarnya pakai fasilitas chatting lebih asik lagi ya....Atau video chatting :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 25/06/2008 18:53
wahaha.. kereen.. conference aja sekalian.. jadi seranghindar tawuran.. boleh pake senjata ga nih?  :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 25/06/2008 18:58
Salam Bunga Sepasang,
Walah... walah... serang hindar pake video call begitu sambungan internet mbrebet... langsung dah kena jotos. Belum lagi kalo lawannya Merah ke atas... Dipapas melulu... :P\
Tapi, salut sama idenya!  [top] Dulu Pak Dirdjo mungkin ga sampai terbayangkan bahwa metode beliau bisa diaplikasikan via dunia maya.

Hehehehe... ntar keenakan serang-hindar via internet, jadinya keyboard warrior dooong.... Macem di Amrik aja... sertifikasi sabuk item via online ato surat.... Piye to???

Hormat penutup...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 25/06/2008 19:03
Salam Bunga Sepasang

Wakakaka
keren juga tuh.. pendekar keyboard.. atau strip biru merah keyboard  :P
ujiannya ky gmn ya? :D ntar kalo berantem ngajak ke warnet dulu.. atau sedia laptop dan modem setiap saat  [lucu]

Salam hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 25/06/2008 19:05
Salam Bunga Sepasang

Btw.. ada yg ketinggalan nih..
GRP buat mas satria naga atas ide kreatifnya..serang hindar online  [top]

Salam penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 25/06/2008 23:26
Aku pernah iseng serang hindar via chatting mIRC dengan mantan pelatihku dulu. Dulu pas dilatih dia, aku sabuk putih dia strip biru. Sekarang tingkatan kami udah sama. Makanya aku berani iseng nantangin dia serang hindar via chatting, soalnya kalo serang hindar beneran gak berani, selain takut babak belur juga takut kuwalat, durhaka sama guru, hahaha ...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 26/06/2008 07:44
Salam ..(SBS)
Rada melenceng dikit dari topik, tapi masih ada hubungannya soalnya ini video ada serang hindarnya :)
Ini saya nemuin 2 clip PD di youtube.
Sayang gambarnya rada gelap, cuman karena seragam PD putih jadi masih keliatan gerakannya :)
http://www.youtube.com/watch?v=28gKLpfEVJg
http://www.youtube.com/watch?v=nW4hG23D6sE

Wasalam,
Faiz
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 26/06/2008 19:49
http://www.youtube.com/watch?v=28gKLpfEVJg
http://www.youtube.com/watch?v=nW4hG23D6sE

Perisai Diri didirikan di Jogja di Paku Alam ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 27/06/2008 10:33

Walah... walah... serang hindar pake video call begitu sambungan internet mbrebet... langsung dah kena jotos. Belum lagi kalo lawannya Merah ke atas... Dipapas melulu... :P\
Tapi, salut sama idenya!  [top] Dulu Pak Dirdjo mungkin ga sampai terbayangkan bahwa metode beliau bisa diaplikasikan via dunia maya.


Ide ini jadi kenyataan jika diorganisir...kalau perorangan dan berdua kan bisa chat atau sms.....tapi kalu mas Sunan (salam kenal)dan mas Anjar mau buatkan fasilitas di silatperisaidiri.com atau lainnya saya kira akan baik. Saya berharap PD jadi beladiri moern pertama yang bisa dipertandingkan dengan notasi tertulis.....ini adalah lompatan bagi promosi silat ke seluruh dunia.....apalagi PD sudah terstandar nama gerakan, langkah hindaran dsb.....asal pengantarnya bisa pakai bahasa ingris, metode ini langsung go global.....

Dulu di PDUI diskusi kita ya yang aneh-aneh begini...semua untuk mengembangkan PD ke seantero dunia...heheh.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 23/07/2008 12:42
Permisiii ... numpang lewaaat ...

Sekedar meneruskan informasi dari PD Cabang Muara Enim, bahwa Kejurwil PD Sumatera direncanakan akan diselenggarakan bulan Nopember 2008 di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Mohon info ini disebarluaskan kepada cabang-cabang PD yang ada di Sumatera.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 24/08/2008 06:08
Saya pekan depan ada rencana ke Kuala Lumpur. Apakah sudah ada tempat latihan disana ya? Mohon info..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 24/08/2008 11:01
Kayaknya Mas Anjar masih di Malaysia. Coba tanya di Milis PD.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aprayudi on 03/09/2008 12:39
SBS,

Saya jarang main ke Malaysia mas.. kemarin2 mainnya di Singapore atau Vietnam. Tp sekarang sering nangkring di stasiun Tanah Abang.

Mas Satria Naga, di Kuala Lumpur ada mas Pram Harsono, tepatnya di KLCC Tower tp saya ga tau ada di lantai berapa dan sudah pindah apa belum.


Eh maaf saya ralat, mas Pram terakhir ada di Kuching, bukan di KLCC. Tapi yg tau updateannya tentang pendekar tanah sebrang ini mungkin mas DSB.

Salam,
Anjar
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 03/09/2008 16:45
Salam Bunga Sepasang,
Naaaa... akhirnya Mas Anjar bergabung juga ke Forum Sahabat Silat ini.
Selamat bergabung Mas... Silakan posting dan ditunggu pencerahan Sampeyan di forum ini.

@Mas Satria Naga:
Mas Pram tinggal di Miri, sedangkan saya tinggal di Kuala Lumpur. Sayangnya, saya jarang sekali ada di Kuala Lumpur.

Hormat penutup,
Don S. Basuki
di Cairo lagi...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hidup on 09/09/2008 19:02
Mana nih Mbak Putri Teratai, kok nggak ikutan disini?
Salut untuk keakraban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, semoga bisa ditiru yang lain! Amin.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: putri teratai on 09/09/2008 20:29
Mana nih Mbak Putri Teratai, kok nggak ikutan disini?
Salut untuk keakraban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, semoga bisa ditiru yang lain! Amin.

Hadiiiirrr....
saya kan sedang di GOA juga..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hawu on 13/09/2008 00:18
assalamualaikum
salam bunga sepasang

maaf saya baru di forum ini
alhamdulilah akhirnya dipertemukan sesama pesilat
saya handy dari bandung

salam kenal buat semuanya
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hawu on 13/09/2008 00:35
 lanjut dari ide2 kreatif rekan2
kayanya asik tuch serang hindar online
 [top]
btw saya ranting tamansiswa bandung

ada ide nich kenapa ga bikin room chating YM
perisai diri saja?????
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 13/09/2008 05:03
SBS,
kang Handy sudah masuk www.silatperisaidiri.com belum? Disitu juga ada forumnya. Administratornya salah satunya kang Sunan anak Bandung.
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hidup on 13/09/2008 11:54
Bos Basuki, nyarinya kok susah ya?
Lagi jadi Pengerah Tenaga Kerja Indonesia atau Tenaga Kerja Silat nih?
Buat Putri, jangan ikut-ikutan di GOA, entar bertelor, hahaha :w
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: putri teratai on 13/09/2008 14:24
Bos Basuki, nyarinya kok susah ya?
Lagi jadi Pengerah Tenaga Kerja Indonesia atau Tenaga Kerja Silat nih?
Buat Putri, jangan ikut-ikutan di GOA, entar bertelor, hahaha :w

ha..ha..ha.. pengen bertelor nih..masa cuman satu aja.., adiknya gak keluar-keluar..
bantuin doong
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 13/09/2008 14:51
Bos Basuki, nyarinya kok susah ya?
Nyariin saya bukan Kang? Saya memang sedang lelana di negerinya Firaun. Mau gali sumur.
Silakan PM saja kalo cari saya, karena setiap kali ada kesempatan, saya pasti mampir ke sini.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 13/09/2008 23:42
Saya memang sedang lelana di negerinya Firaun. Mau gali sumur.

Jadi inget film Mummy. :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: putri teratai on 14/09/2008 19:39
Saya memang sedang lelana di negerinya Firaun. Mau gali sumur.

Jadi inget film Mummy. :D

Mummy apa Momy..he..he..he.. mas Agus...kapan ke Singapore?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hidup on 15/09/2008 11:39

ha..ha..ha.. pengen bertelor nih..masa cuman satu aja.., adiknya gak keluar-keluar..
bantuin doong


Omongannya dewasa sih. He he he, situ nyariin Mas Agus (ketahuan). Untung nggak nyariin Irwansyah, situ dicariin terus tuh sama dia!
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hawu on 16/09/2008 19:00
assalamualaikum

maaf sebelumya
boleh minta ID yahoo massanger para akang2 ma teteh2
biar lebih akrab ?? (add me @ abdi_teh_saha )
ditunggu

buat sedyalaksana makasih web nya
kebetulan kang sunan saya kenal :d

salam penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hidup on 16/09/2008 19:06
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Hawu, met gabung ama kita-kita!

Semoga nggak ketularan sindrom YwK, waras nggak waras yang penting kumpul!
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hawu on 17/09/2008 00:04
justru karena saya rada kurang waras jadi males gabung sama yang waras2 =))

jangan lupa bagi para sesepuh dan sebagainya
add my yahoo massanger id >>> abdi_teh_saha
ditunggu
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 17/09/2008 22:43
SBS,
mas Handy di Bandung latihan dgn siapa? Siapa tahu saya kenal pelatihnya. Terakhir saya ketemu anak2 Bandung & Cimahi di Surabaya, bulan Juli kemaren ini.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: aprayudi on 18/09/2008 13:45
SBS,

mas DSB, jangan lupa pesenan saya ya.. mau di upload ke web mas, biar tiap hari ada barang baru  8)

Salam,
Anjar
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: hawu on 21/09/2008 04:32
SBS,
mas Handy di Bandung latihan dgn siapa? Siapa tahu saya kenal pelatihnya. Terakhir saya ketemu anak2 Bandung & Cimahi di Surabaya, bulan Juli kemaren ini.
Salam
Chandrasa

saya di bdg latihan di ranting tamansiswa kebetulan sekarang saya udah ga aktif
terakhir latihan thn2001
pelatih kang Dede, kang Taufik sama kang Yusuf...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 22/09/2008 11:43
...pelatih kang Dede, kang Taufik sama kang Yusuf...
Salam Bunga Sepasang,
Kang Yusuf mana neeh? Kang Yusuf PD ITB bukan? Kalo ya, salam ya...

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: xistars on 26/09/2008 19:13
salam bunga sepasang
wah, mas2 yang disini tadi udah pada senior semua yaph?  [top]
kenalkan saya adik yang masih nangkring di tkt cakel, saat ini kuliah di daerah Bintaro.

ps: yang soal serang hindar via chatting ni keren juga, sayang ilmu saya belum begitu cukup buat ini. hehehe. bisa2 lama ntar balesnya.

salam penutup
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 03/10/2008 14:18
Wah, aku alumnus PD Bintaro Jaya lho, tepatnya di Jurangmangu Timur.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: pandeka on 11/11/2008 15:03
assalamualaikum,
ada yg pernah ikutan kerohanian? bisa dishare ?

Salam kenal semua.
Saya dulu pernah aktif di PD Dumai. tahun 1993 (kelas 1 STM Neg) sampai dengan kelas 3. Trus lanjut lagi di UKM Silat PD UNRI. ingkatan terakhir Putih Hijau. Untuk kerohanian saya rasa hanya di berikan untuk tingkatan tertentu saja dan itu tidak masuk dalam kurikulum wajib. Terus Terang pernah belajar kerohanian sedikit2 tapi sekarang udah nggak aktif di PD lagi.
Sekian info dari saya. Tenatang kerohanian nya betul terus terang saya nggak berani share di sini.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri - Tekhnik Minang
Post by: pandeka on 11/11/2008 15:22
Salam Bunga Sepasang,
Mas Chandrasa, Mas Don, Mas Anjar, dan Mas-2x yg lainnya.
Gimana kabarnya ? Mudah-2xan posting saya nemuin semuanya dalam keadaan baik-2x.
Saya kepingin nanya nih ttg. tekhnik Minang.
Saya waktu itu melihat tekhnik Minang yg diperagain oleh Mas Chandrasa di website multiply. Yg waktu itu saya diajarin mirip dengan tekhnik yg diperagain Mas Chandrasa (posisi tangannya yg satu diangkat kira-2x diatas bahu dan yg satunya lagi sedikit lebih rendah dari bahu)
Saya liat yg diperagakan oleh PD Bali di youtube:
http://www.youtube.com/watch?v=fyIxTY1ZZqA
Kalau saya liat tekhniknya yg diperagakan sama tetapi cara melakukan gerakannya beda. Sikap minangnya kedua tangannya tinggi diangkat.
Yg saya ingin tanya apakah kedua cara melakukan gerakannya itu benar ?
Apakah gerakannya ada standarisasi ?
Terima kasih sebelumnya.
Salam penutup.
Faiz.


Salam Bunga Sepasang
Benar Mas. Cara melakukan teknik minang nya terlalu cepat. A.L.A.I.K (as long as I knew) teknik minang itu ada "bunga"nya, nah untuk bunganya ini di lakukan dengan perlahan2 dengan mantap dan tegas. Ini sepanjang yang saya pelajari lho,Mas
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: pandeka on 11/11/2008 15:47
@ EricB:
Maaf kelamaan reply mas EricB  :) soalnya lg jauh banget dari internet....
saya kebetulan di jkt brt (sekitar slipi), usia 25 thn (ketuaan ga yah u belajar silat di PD), untuk latihan silat PD belum pernah, tapi pernah sempet blj beberapa beladiri yang berbeda2 ketika SMP/sma/kuliah. Dan kebetulan setelah lulus n kerja ada cukup waktu luang (sabtu - minggu) sepertinya ingin juga ikut latihan terlebih silat (salah satu alasannya untuk olahraga n melestarikan budaya jg siy  8), biar ga diklaim malaysia ;)

Dengan kondisi seperti itu memungkinkah? tidak masalah untuk memulai dari awal, (tetapi mungkinkah ada kelas akselerasi ;), walaupun sebenarnya yg saya yakini tidak ada jalan pintas dalam bela diri :)

Salam...



Anda benar Mas. Sesuai dengan salah satu wejangan dari sang Pendiri Pak Dirjo yang pernah saya dengar (bukan dari mulut beliau langsung lho), bahwa untuk keatas, tak usah melompat. panjatlah dari bawah. (CMIIW)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 04/12/2008 16:49
Salam Bunga Sepasang..

Buat mas2/mbak2 PD tingkat biru keatas, dimohon ikut berpartisipasi dalam diskusi teknik di

http://www.silatperisaidiri.com/index.php?option=com_fireboard&Itemid=26&func=view&catid=6&id=551#551 (http://www.silatperisaidiri.com/index.php?option=com_fireboard&Itemid=26&func=view&catid=6&id=551#551)
(cttn: mesti login dl ya..)
terima kasih atas perhatiannya,

salam hormat penutup

sunan
Title: Perisai Diri Bandung Gelar Kejuaraan Walikota Cup
Post by: srdananjaya on 23/12/2008 23:55
Bandung (PD)
Perisai Diri Cabang Kota Bandung akan menggelar kejuaraan silat Perisai Diri memperebutkan Piala Walikota pada 26 – 28 Desember 2008 di GOR Sasakawa Jalan Padjadjaran Bandung. Sebanyak 23 ranting telah mendaftarkan diri menerjunkan pesilatnya pada kejuaraan ini. Hingga Kamis (18/12) telah 250 pesilat yang mendaftarkan diri.

Sekretaris Umum PD Bandung Sintia Catur Sutantri menjelaskan kejuaraan ini merupakan yang ke-23 kali digelar. "Pada kejuaraan kali ini kami mencoba mempertandingkan kelas anak-anak sebagai pesilat dini. Mereka berumur 7 – 10 tahun," katanya.
 
Para pesilat itu akan bertanding pada beberapa nomor pertandingan mulai dari Versi Perisai Diri, pertandingan bebas full body contact versi IPSI, kerapian teknik tangan kosong, kerapian teknik bersenjata, dan kerapian teknik berpasangan.
 
Para pengurus PD Bandung mengharapkan lewat kejuaraan ini maka akan terjaring bibit-bibit unggul pesilat. PD Bandung sejauh ini telah menelorkan beberapa pesilat kaliber dunia seperti Kang Suryanto, Kang Samiaji, maupun Kang Denny Sumantri.
 
Seluruh anggota PD Bandung terlibat langsung untuk menyukseskan acara tersebut. Wasit/juri sepenuhnya ditangani oleh anggota PD. (*)

diambil dari www.silatperisaidiri.com
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: udin,nganga on 12/01/2009 16:33
tingkat senjata itu dimulai dari mana? Dan apa saja senjata yg dipergunakan dlm perisai diri ???
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 12/01/2009 19:06
Senjata wajib ada 3, yaitu pisau, pedang dan toya. Berdasarkan kurikulum, teknik senjata dilatihkan kepada Keluarga Tingkat I, dimulai dengan senjata pisau. Setelah itu dilatihkan senjata pedang kepada Keluarga Tingkat II. Untuk Keluarga Tingkat III dilatih senjata toya.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 13/01/2009 10:24
Sebelum berada di tingkat Keluarga (kalo di beladiri Jepang disebut Dan), pesilat melalui tingkat Dasar (kalo di beladiri Jepang disebut Kyu) terlebih dahulu.

Pada umumnya tingkat Kyu di beladiri Jepang memiliki beberapa level, di Perisai Diri hanya ada 3 tingkatan, yaitu Dasar I (sabuk putih), Dasar II (sabuk hitam) dan Calon Keluarga (sabuk merah). Masing-masing ditempuh dalam waktu 6 bulan.

Di Tingkat Dasar, pesilat sudah dilatih dasar-dasar silat tangan kosong. Salah satu fungsi senjata merupakan perpanjangan tangan, sehingga dengan penguasaan dasar silat tangan kosong, pesilat Tingkat Keluarga juga diajarkan teknik silat dengan menggunakan senjata.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sangjati on 13/01/2009 12:00
salam kenal,
saya sangjati ingin tanya adakah anggota perisai diri dari Bali, soalnya dulu saya kerja di PT.Airparadise dan kenal dengan temen2 perisai diri. Terutama ada yang kenal dengan Bp. BRENDAN Martin dari australia tidak dia juga pesialat perisai diri.

Terima kasih kalo ada infonya.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 13/01/2009 12:33
Mas Sangjati...
PD Bali termasuk yang besar dan punya padepokan sendiri. Anggotanya ada banyak.
Silakan klik: www.silatperisaidiri.com (http://www.silatperisaidiri.com)

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 13/01/2009 13:35
mas Sangjati, kalau gak salah Brendan memang rajin latihan, biasanya dia tinggal di rumah salah seorang pendekar PD di Denpasar, pernah ketemu waktu saya lagi liburan dan latihan di PLN, mas Arya (pendekar PD) datang berkunjung ke tempat latihan ditemani Brendan. Kalau anda lagi ke Bali, hampir di setiap pelosok ada tempat latihan PD, tinggal nanya aja, ada latihan PD pasti ada yg menunjukkan.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 13/01/2009 18:13
Seinget saya, Kejuaraan Internasional Perisai Diri yang ke-3 diselenggarakan di Bali, Desember 2003 yang lalu.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 13/01/2009 18:24
mas Agus iki ngomong karo sopo Mas? Tahu2 kok bicara soal kejuaraan internasional.
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 14/01/2009 09:38
Ngomong karo kucing. :D
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: putri teratai on 14/01/2009 11:19
mas Agus iki ngomong karo sopo Mas? Tahu2 kok bicara soal kejuaraan internasional.
Chandrasa

disinilah saktinya mas Agus.. [lucu]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 14/01/2009 13:25
mas Agus kebanyakan numpang lewat nih, jadi bingung sendiri lagi ada dimana :), kesasar dimana mas? (btw memangnya di batam bisa kesasar  :D )
Salam
chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: putri teratai on 14/01/2009 14:35
mas Chandra..di Batam gak bakal kesasar, tapi ke culik iya... hutannya banyak dan sepi banget jalannya...
kayaknya mas Agus nih ke culik kali ya..?  [lucu]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 14/01/2009 15:43
PUJAKESUMA = PUtera JAwa KEsasar di SUMAtera
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sangjati on 16/01/2009 22:19
Makasih pak infonya,
kayaknya bli Arya masih aktif latihan dibali ya.
Mungkin kalo ke bali saya main.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 01/05/2009 10:44
Salam Bunga Sepasang,
Lagi iseng browsing dunia maya saya temuin harta karun video PD di thn 80'an.
Selamat menikmati.
Salam Hormat,
Faiz

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=553SWwCwnNw&feature=channel_page[/youtube]
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 01/05/2009 15:41
manteb nih mas Faiz. Siapa yg pasang ya. Masih hitam putih lagi.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 01/05/2009 22:27
SBS,
Salam Mas, saya kurang tau ya posting siapa.
Mungkin dari dokumentasi PD australia soalnya diawal video kayaknya ada Judulnya.
Salam Horma,
Faiz
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 03/05/2009 21:51
Salam Bunga Sepasang,
Waah nemu lagi tekhnik Pedang Katana.
Selamat menikmati.

Salam Hormat,
Faiz
http://www.youtube.com/watch?v=LdduXJxaNIw
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 04/05/2009 00:27
Hebat, bagus skl. Ini senior banget pasti ya, 25 th yg lalu sudah pakai badge pelatih.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 16/06/2009 17:58
Salam bunga Sepasang

Innalillahi wa inna Ilaihi Raji'un Berita Duka Cita Pendekar Kuning Emas - Mas Raden Mas Bambang Moediono Probokoesoemo (Mas Whuk) di Yogyakarta telah meninggal hari ini, Selasa16 juni 2009 pukul 17 tadi kabar dari Mas Herjoko PD Yogyakarta. Semoga Segala amalan beliau diterima Yang Maha kuasa, dan diampuni segala kesalahannya, serta ketabahan menyertai keluarga yang ditinggalkan.. Amin..
Mas Wook adalah sosok seorang pendekar yg rendah hati , telaten dalam mengajar serta salah satu murid pak De angkatan sebelum Perisai Diri. (murid pak DE wkt masih tinggal di Jogya)
Banyak cerita tentang sejarah awal PD dan perjalanan perkembangan PD sampai menjadi perguruan yg besar yg bisa kami dengarkan dari cerita beliau.
Terima kasih mas Wook atas segala bimbinganmu , semoga kami generasi penerus dapat mengamalkan dan mengembangkan pd sesuai cita2 bpk Dirdjo alm.
Selamat jalan mas Wook... Jasa2 dan ilmumu akan selalu kami kenang dan kami amalkan.

Wassalam
Sunan
Title: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 11/11/2009 08:17
Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Disertai puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala rahmatNya, Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI mengumumkan atas dilantiknya Pendekar Kuning Emas dan Pendekar Muda yang baru untuk angkatan 2009.

Pendekar Kuning Emas:
1. Mas Bambang Wahyono
2. Mas Didi Achmady, SH.
3. Mas Drs. Kartono, MM.
4. Mas H. Muhammad Arif  Ely, BA.
5. Mas Drh. Prima Lurianto.
6. Mas Ir. Sunardi Sindumintono, MM.
7. Mas Ir. Willem Kilanta, MT., MPm.

Pendekar Muda:
1. Mas Ir. Maryono Gopur
2. Mas Drs. Heroe Poernomohadi, SH. MM
3. Mas Suryowanto, SH.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh,

Don S. Basuki
Hubungan Internasional
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 12/11/2009 14:39
Mas don,

ada daftar lengkap pendekar-pendekar PD dan lokasi mereka? tks
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: haikun on 02/12/2009 19:17
ok sy juga suka pencak silat :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 16/12/2009 23:59
Mas don,

ada daftar lengkap pendekar-pendekar PD dan lokasi mereka? tks

Iya, betul, ini penting lho.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Mantrijeron14 on 17/12/2009 09:08
dari hasil wawancanda colongan dengan Komisaris Perush yang juga murid langsung Pak Dirdjo di thread ini:http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,1435.msg29729/topicseen.html#new (http://sahabatsilat.com/forum/index.php/topic,1435.msg29729/topicseen.html#new), ada bbrp kesan tentang pak Dirdjo yang saya tangkap:
-sangat memperhatikan regenerasi; setiap beliau hendak melatih pasti hal yang ditanyakan adalah sudah berapa banyak anggota remaja yang hadir. Saat itu yang banyak berlatih malah dari angkatan dan Polri.
-sangat alus dan egaliter
-melatih dengan sikap kebapakan yang kental. Sampai sang Bapak Komisaris ini merasa banget sebagai anak didik yang "dianakke" atau diperlakukan laiknya anak sendiri...

Duuuhhhh.... kalo kite mendapat bimbingan dari mestro sekelas Pak Dirdjo dengan gaya seperti enih pasukan gila silat pasti terpuaskan dahaga ilmu silatnya.

-sekedar hasil ngobrol dan saya sudah minta ijin untuk ditulis di forum ini*

wassalam,
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 11/01/2010 23:44
Numpang majang foto ya. Latihan silat Perisai Diri untuk Gegana di Kelapa Dua.

(http://photos-e.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs176.snc3/20369_268800136638_703776638_4272138_2777916_n.jpg)

(http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs196.snc3/20369_268800186638_703776638_4272143_195960_n.jpg)

(http://photos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs196.snc3/20369_268800181638_703776638_4272142_1719104_n.jpg)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 12/01/2010 00:29
Koreksi mas Agus. Bukan Latihan PD tetapi demo Perisai Diri di satuan Gegana, Brimob, Kelapa Dua. Demo diperkuat a.l. oleh mas Joko Widodo (salah satu living legend Perisai Diri) yg kebetulan sedang berkunjung di Jakarta, mas Tony Widya, dll. 234 Anggota Satuan Gegana Brimob POLRI yg akan jadi murid Perisai Diri selama 3 bulan mendatang dan mendapatkan latihan selama 3 jam setiap harinya.

Salam
Chandrasa

P.S.: dr Info yg didapat di Korps Brimob, hanya Satuan Gegana yg memutuskan untuk latihan silat, satuan lainnya latihan a.l. Tae Kwondo, Karate, dsb.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Mantrijeron14 on 12/01/2010 09:24
wuih... mangstabh mas Agus!!! [top]
Ini nyang bener.... bener-bener melestarikan dus menggunakan silat dalam fungsionalitasnya. Format pelatihannya juga intensif.

Aye pernah baca di majalah militer "defender" ada sebuah kesatuan yang memasukkan pengajaran silat dr perguruan Gajah Putih dalam BDM-bela diri militer mereka, tapi formatnye nyang bikin ane ragu:  lima orang dikirim mendalami silat di perguruan tsb selama 2 minggu (aye gak tau ape selame entu sehari-semalem blajar silat muluk? ) trus balik ngajar se-batalyon. Setauk ane silat bisa taunan utk dapet memahami, kalo cuman 2 minggu apa ya bisa ngresep ye?

wassalam,

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 12/01/2010 09:34
Koreksi mas Agus. Bukan Latihan PD tetapi demo Perisai Diri di satuan Gegana, Brimob, Kelapa Dua.

Iya Mas, pesan yang aku sampaikan maksudnya di sana anggotanya berlatih silat, tapi foto yang dipajang foto pas lagi demonya kemaren. Jadi tulisannya bukan keterangan foto.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 18/01/2010 20:20
Berikut liputan lengkap pembukaan latihan PD di Brimob.

http://www.silatperisaidiri.com/index.php/Latest/234-Anggota-Brimob-Polri-Berlatih-PD.html

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 02/07/2010 16:27
Salam Buat Semuanya,
Salam Bunga Sepasang bagi Saudara-Saudaraku Keluarga PERISAI DIRI,

Tepat 55 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 2 Juli 1955, Bapak Pendekar Purna Utama Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo mendirikan Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI. Alhamdulillah, segala puja, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena hingga kini Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI tetap berdiri dan meneruskan cita-cita Pak Dirdjo dalam mengembangkan dan melestarikan silat sebagai kebudayaan dan harta warisan nasional Indonesia. Semoga, kami dapat terus berjuang dalam melestarikan dan mengembangkan budaya silat nasional Indonesia bersama-sama dengan para pencinta silat, para pesilat, dan para pendekar di seluruh dunia.

Selamat ulang tahun PERISAI DIRI!

Salam hormat,
Don S. Basuki
Hubungan Internasional
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Unknown on 02/07/2010 17:15
wah, selamat ulang tahun Kelatnas PERISAI DIRI, dan seluruh keluarga besar PERISAI DIRI semoga makin maju, makin sukses dan makin mengibarkan pencak silat di seluruh dunia...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Mantrijeron14 on 05/07/2010 09:09
Selamat Ulang Tahun sahabat Kelatnas Perisai Diri... semoga dapat mmewujudkan cita-cita perguruan dan menjawab tantangan kekinian silat. Terus terang menurut ane, perguruan besar yang sangat potensial menggaungkan perkembangan silat itu sendiri.

wassalam,
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 05/07/2010 17:42
(http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs038.snc4/34285_1511597839788_1529664576_31303457_5455938_n.jpg) (http://www.facebook.com/photo.php?pid=31303457&id=1529664576)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: t3wa on 10/12/2010 23:56
haloo semuanya_______

PD adalah beladiri yg pertama kali saya pelajari. Ketika masih SD saya latihannya di Perum BUMN Perikanan, trus sempat berhenti. Latihan lg waktu masih SMA di Kampus Udayana. Jadi ingat masa2 latihan dulu, apalagi kalau ujian kenaikan tingkat, uh.. benar2 stamina harus prima.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 21/12/2010 14:13
Numpang tanya :

1. Apakah tujuan hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
2. Apakah dasar untuk menjalani hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
3. Apakah tujuan latihan silat menurut ajaran Perisai Diri ?

 :o...ngrokok dulu ah...sambil nunggu...

salam

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 23/12/2010 15:14
Saya jawab yg no 3 ya:

“Tujuan berlatih ilmu silat ialah untuk memelihara kesehatan, ketenangan dan kepercayaan kepada diri sendiri. Dilarang untuk berkelahi, sombong, mencari musuh dan berbuat apapun yang tidak baik untuk pribadi maupun untuk fihak lain. Pokoknya semua itu untuk keselamatan dan kebaikan budi. Itulah Perisai Diri yang ampuh”

(Pesan RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, pendiri Perisai Diri)

Chandrasa Sedyaleksana
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: ibu on 26/12/2010 02:18
Numpang tanya :

1. Apakah tujuan hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
2. Apakah dasar untuk menjalani hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
3. Apakah tujuan latihan silat menurut ajaran Perisai Diri ?

 

Mas Sukmo Lelono sudah pernah lihat Lambang Perisai Diri dan metode Latihan Perisai Diri? sepertinya jawaban pertanyaan anda ada disitu juga....
bagaimana menurut mas sedyaleksana? salam hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 26/12/2010 22:06
Saya jawab yg no 3 ya:

“Tujuan berlatih ilmu silat ialah untuk memelihara kesehatan, ketenangan dan kepercayaan kepada diri sendiri. Dilarang untuk berkelahi, sombong, mencari musuh dan berbuat apapun yang tidak baik untuk pribadi maupun untuk fihak lain. Pokoknya semua itu untuk keselamatan dan kebaikan budi. Itulah Perisai Diri yang ampuh”

(Pesan RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, pendiri Perisai Diri)

Chandrasa Sedyaleksana

luar biasa kalimat ini ya
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 27/12/2010 08:04
salam semua

Terima kasih atas jawaban mas candrasa s. dan IBU, saya setuju dengan pendapatnya, namun kayaknya masih terlalu umum deh mas...karena pengertian-pengertian tadi di perguruan lain, di lambang perguruan lain juga seperti itu, nah sebenarnya yang pingin saya tahu...adalah versi PD, karena saya pikir ada alasan yang sangat kuat bahkan sangat-sangat kuat mengapa PD sampai di resmikan sebagai Keluarga Silat Nasional Indonesia oleh Kepala Negara saat itu.Pasti ada Nilai2 yang sangat-sangat berarti, nah itu yang saya harapkan kepada senior-senior untuk membagi...khususnya pada saya..dan pada Anggota PD lainnya.Terima kasih.

salam Hormat.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: ibu on 30/12/2010 00:17
Salam hormat,

Ijinkan saya menjawab pertanyaan mas Sukmo .....

1. Apakah tujuan hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
Tujuan Hidup praktisi Perisai Diri adalah mendekatkan hidupnya kepada Sang Maha Hidup
Manusia memiliki energi KeTuhanan yang mengalir didalam dirinya masing-masing.
Perisai Diri melalui metode latihannya melalui proses latihan sikap dasar mliwis sampai naga ditujukan agar praktisinya mampu mengendalikan energi nafsu kebinatangannya yang memang juga tersimpan disel-sel tubuh manusia.
Namun Mulai di sikap satria, pendeta, putri,...latihan sikap ini bertujuan untuk mengalirkan energi Ketuhanan yang ada ditubuh sehingga praktisi Perisai Diri menjadi manusia yang suci, agung dan mulia.
Sejatinya, melalui latihan sikap binatang, tubuh , pikiran, dan kerohanian, praktisi Perisai Diri sedang dipersiapkan untuk mencapai tingkat energi hidup yang lebih besar..yaitu level energi hidup manusia murni.
setelah badan kuat, nafas kuat, kerohanian kuat, atau setelah menjadi manusia yang utuh ......puncaknya adalah sikap putri bersembahyang dimana praktisi Perisai Diri  sudah siap untuk benar-benar mendekatkan hidupnya kepada Sang Maha Hidup dan menyembahNya....sambil selalu mohon bimbingan dan tuntunan Nya dalam menjalankan tugas kehidupan.

2. Apakah dasar untuk menjalani hidup menurut ajaran Perisai Diri ?
Dasarnya adalah menerima hidup secara utuh , patuh mutlak kepada Sang Maha Hidup, dan memberikan yang terbaik kepada kehidupan disetiap hembus nafasnya...sebagai wujud ibadah kepada Sang Maha Hidup pada setiap saat
Disetiap awal latihan, praktisi Perisai Diri akan melakukan pelepasan keterikatan atas aspek material...dengan cara hening total.
Lalu menengadahkan tangan keatas, dua tangan, lalu satu tangan menempel diurat nadi sambil ditarik kearah muka dan dada sambil menarik nafas dalam dan tangan membentuk sikap bhakti kepada Sang Maha Hidup.
Sesungguhnya metode tadi gunanya adalah hidup kita memohon bimbingan Sang Maha hidup dalam berlatih, berlatih hanya dalam kepasrahan kepada Nya dan hasil latihan akan digunakan untuk menyembah Nya.
Tidak ada sedikitpun ruang untuk kesombongan, kebanggaan, bermegah diri...hidup hanya tulus ikhlas patuh kepada Sang maha Hidup dan memberikan yang terbaik kepadaNya.
sewaktu mulai melakukan latihan fisik, nafas,...selalu diiringi dengan kepasrahan total kepada Nya....sehingga seluruh proses latihan murni dibimbing oleh Sang Maha hidup.
Apabila memang praktisinya sungguh-sungguh menjalankannya, maka kemampuannya akan luar biasa hebat, karena pembimbingnya adalah Sang Sumber dari semuanya ( Tuhan)....pencapaian pun tak terbatas.

3. Apakah tujuan latihan silat menurut ajaran Perisai Diri ?
Tujuannya adalah agar praktisi bisa mengenal dirinya, menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan yang sangat luar biasa karena energi Ketuhanan mengalir didalam dirinya, mengolah energi itu beserta wadahnya ( tubuh) melalui latihan sungguh-sungguh, sambil terus berproses setinggi-tingginya menuju Sang Maha Tinggi......untuk beribadah padaNya.
Sudah bisa dipastikan melalui latihan yang sungguh-sungguh akan menciptakan manusia-manusia yang sangat kuat, berbudi luhur, berpikiran luarbiasa, berteknologi luar biasa karena mendapatkan seluruh kemampuannya dari Sang Maha Luar Biasa/ Sang Maha Hidup.
kemampuan silatnya juga tak terukur lagi, karena kemungkinan maju secara tak terbatas sangat bisa terjadi.

seluruh nilai ini akan menjadi sangat berarti untuk kehidupan seluruh insan di kehidupan ini, karena apabila dipraktekkan secara sungguh-sungguh , praktisinya akan membuat kehidupan meningkat dan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.....menciptakan kehidupan yang luarbiasa .....berlandaskan atas kepatuhan kepada bimbingan dan tuntunan dari Sang maha hidup.

Salam hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 30/12/2010 08:59
mantab dan sangat dalam sekali penjelasan dari ibu, terima kasih ibu,GRP buat ibu [top] [top] [top]
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 30/12/2010 16:24
Salam Hormat,

Salut kepada IBU, atas penjelasannya, mantap, semoga hal ini dibaca dan direnungkan khususnya oleh saya dan anggota Perisai Diri lainnya, biar lebih mantap dan semangat untuk belajar tentang Perisai Diri dalam arti yang sebenarnya.

Terima kasih,

Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: tjondrot on 10/01/2011 17:55
SBS,

Salut dan hormat pada IBU.
Mohon babaran lebih lanjut.

Bolehkah menimba ilmu dari IBU?
Terima Kasih

Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: tjondrot on 10/01/2011 18:07
SBS,

IBU, boleh tanya: latihan mana untuk melatih badan fisik (bayu sejati), nafas (muhamad sejati) dan kerohanian (sukma  sejati)?

Untuk menggabungkan menjadi manusia sejati yang berbudi luhur ?

Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: ibu on 11/01/2011 23:16
Salam sembah Kepada Sang Maha Hidup

Pak tjondrot dapat info darimana mengenai badan fisik (bayu sejati), badan nafas (muhamad sejati) dan badan kerohanian (sukma sejati)?
karena ini ilmu tua sekali ...ilmu awal-awal peradaban...

Sepengetahuan saya untuk melatih hal tersebut tadi paling mudahnya adalah melakukan latihan metode Perisai Diri secara utuh dan menyenangkan.

melalui latihan gerak sikap asli secara simultan dan menyenangkan, maka badan fisik atau bayu sejati mulai dilatih untuk menjadi kuat.

Apabila badan fisiknya kuat maka badan fisiknya sudah mulai siap menampung energi nafas atau Muhamad sejati sehingga energi nafas tadi mengisi seluruh tubuh secara maksimal.

Badan yang kuat dan seluruh sel tubuh sudah diisi nafas, maka praktisi sedang bersiap untuk mengalirkan energi Ketuhanan atau sukma sejati yang ada didalam tubuh pada sikap putri/ibu sembahyang.

Pada sikap ini akan memancar dengan deras energi Ketuhanan atau sukma sejati keseluruh tubuh dan menimbulkan PERISAI bagi DIRI yang melakukannya.

Sukma Sejati bersifat
CINTA KASIH TULUS MURNI. Bisa dipastikan siapapun yang bisa melakukan sembahyang dengan badan nafas yang mengisi penuh (muhamad sejati) dan badan fisik yang kuat (bayu sejati) dan mumpuni, maka orang tersebut menjadi manusia sejati yang berbudi luhur.
Seluruh perbuatannya merupakan pancaran sukma sejati/energi Ketuhanan/budi luhur yang mengalir tanpa henti.

Inilah tujuan PERISAI DIRI seutuhnya: menciptakan manusia sejati yang berbudi luhur

Salam hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 12/01/2011 12:44
sepertinya pak tjondrot dan ibu ini sudah mendalami kerohanian.. monggo di diskusikan lebih lanjut :)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: tjondrot on 12/01/2011 13:12
SBS,

Mohon pencerahan dari Ibu:

Apakah Latihan di Perisai Diri secara singkat dapat diringkas, sbb:


   - Latihan Dinamis Beladiri (Dasar Satu-sabuk putih dan Dasar Dua-sabuk hitam)

   - Persiapan seluruh otot dan sendi (Calon Keluarga - Jurus Minang)

   - Fokus pada pengelolaan hawa nafsu (Strip Putih- Jurus Mliwis, Strip Putih Hijau- Jurus Kuntul, Strip Hijau- 
     Garuda)
   
   - Fokus pada pengelolaan hawa nafsu yang lebih besar (strip  hijau biru- harimau)

   - Fokus pada pengelolaan hawa nafsu dan pemahaman apakah nafas itu dan pemanfaatannya. Pengumpulan
     energi nafas dan penyalurannya (Strip Biru-Jurus Naga)
   
   - Fokus pada Kedirian; Siapa AKU (Strip Biru Merah- Jurus Satria)

   - Fokus pada Kedirian;  Siapa AKU (Strip Merah- Jurus Pendeta)

   - Fokus pada Kedirian; Siapa AKU (    Stri Merah Kuning- Jurus Putri)

Hingga pada akhirnya menemukan diri sendiri (AKU) -Stri Kuning dan Kuning Emas.
 Sebagaimana gambar manusia tanpa muka pada lambang perisai diri (Tanpa muka=Siapa AKU?)

AKU (Sukma Sejati) yang bisa langsung berhubungan dengan MAHA AKU melalui Jurus Putri Bersembahyang?

Mohon bimbingan dan pencerahannya. Terima Kasih.

Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 12/01/2011 15:16
Salam Bunga Sepasang,
dan Salam Buat Semuanya.

Dimohon dengan hormat Mas-Mas yang berdiskusi masalah kerohanian PD diteruskan lewat japri (jalur pribadi, alias via email atau inbox) atau lebih baik lagi langsung ditanyakan kepada Pendekar/Pendekar Muda Perisai Diri, atau yang terbaik langsung ditanyakan kepada Pendekar yang memang diserahi tugas untuk itu: Mas Owo (Jakarta), Mas Kastam (Surabaya) dan Mas Made Swetja (Denpasar). Tanpa bimbingan yang benar, ilmu kerohanian PD dapat ditafsirkan secara bermacam-macam.
Terima kasih.

Salam,
Don S. Basuki
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 12/01/2011 19:46
SBS,
terimakasih mas Don sdh ikut membantu menjaga PD di forum ini. Seperti himbauan mas Don, saya harap keluarga PD tdk mendiskusikan kerohanian PD dlm Forum terbuka krn bisa salah arti dan selain itu narasumber juga tdk jelas. Oleh karena itu menghindari kesalah pahaman saya minta utk kontak langsung mas2 Pendekar yg ditunjuk utk memberikan pembinaan dalam bidang kerohanian atau ke mas2 Pendekar dan Pendekar Muda yg lain.
Salam
Chandrasa Sedyaleksana
Tingkat Merah-Kuning
Penanggung Jawab Teknik PD Jerman, Swiss & Perancis
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 13/01/2011 12:29
SBS,
terima kasih buat ibu "ibu" dan pak tjondrot yg mengawali diskusi ini, jadi saya mendapat pencerahan mengenai hal ini.

pak don dan pak chandrasa,
terima kasih juga atas remindernya, maklum pak tidak semua yg dapat kerohanian mendapat penjelasan seperti di atas. kebetulan yang berkenan memberi kerohanian yg saya kenal sudah almarhum (pak IGN dilla dan pak rudi kapojos)

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 14/01/2011 08:02
Salam Bunga Sepasang,

Untuk Pembahasan Kerohanian yang masih dalam lingkup pengetahuan umum, monggo tetap dibahas aja, gak papa, toh di buku-buku yang beredar di pasar sudah banyak diceritakan. Yang penting harus ditata penyampaiannya sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah, maklum pembaca kaskus kan tidak hanya orang PD. Dan untuk Istilah-istilah tertentu yang bisa menimbulkan pertanyaan diganti aja dengan bahasa yang punya makna sama.

Yang jelas, biarlah orang-orang di Indonesia maupun di Luar Indonesia mengenal PD agak lebih dalam, tidak hanya tentang tehnik, tapi tentang pembentukan pribadi pesilatnya, tentang pendidikan moral dan spiritual,tentang mencerdaskan kehidupan Bangsa. Biar orang tahu, kenapa PD dianugerahi nama "Keluarga Silat Nasional Indonesia" kok gak yang lain, kok gak Keluarga Silat Paku Alaman atau mungkin Keluarga Silat Orang Jogja.

salam,


For Nations And GOD
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 14/01/2011 13:52
Salam Bunga Sepasang,
dan Salam Buat Semuanya.

Kerohanian Perisai Diri tidak untuk umum dan/atau berlaku umum. Kerohanian PD hanya untuk tingkat keluarga strip putih, berusia 17 tahun ke atas dan telah dibuka kerohaniannya oleh Pendekar yang telah ditunjuk. Di pasar belum pernah saya baca dan/atau temukan buku mengenai kerohanian PD. Setahu saya, SahabatSilat.com ini adalah forum untuk umum, dan khusus untuk thread ini, ditujukan bagi orang yang ingin tahu lebih banyak mengenai Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI atau hal-hal yang menyangkut PD. Kerohanian PD bukan suatu rahasia, hanya saja ada syarat-syarat yang menyertainya. Perlu diketahui, kerohanian PD juga bukan sarana untuk mencari kesaktian atau kanuragan, bahkan sangat jauh dari itu.

Cara paling mudah untuk mengenal PD lebih dalam, lahir dan batin, adalah dengan bergabung dan menjadi anggota/murid. Dijamin, apa pun yang ingin diketahui pasti akan diberikan, yang tentu saja sesuai dengan porsi tingkatannya. Saya yakin, ini juga berlaku sama dengan perguruan lainnya. Untuk hal-hal yang berlaku umum, bisa dibaca di halaman situs resmi Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI: http://www.silatperisaidiri.com/ (http://www.silatperisaidiri.com/).

@Mas Wolvie74: Memang Mas Dilla dan Mas Ruddy Kapojos telah mendahului kita, tetapi tugas mereka telah dibebankan kepada Mas Kastam. Silakan sowan ke Mas Kastam dan berlatihlah kerohanian kepada beliau. Saya yakin beliau akan menerima dengan sangat terbuka.

Terima kasih.

Salam,
Don S. Basuki
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: tjondrot on 14/01/2011 14:41
SBS,

Sejarah Peradaban mengajarkan tentang keterbukaan.  Sistem yang terbuka selalu dimasalahkan oleh berbagai pihak hingga tetap langgeng sepanjang zaman. Sebaliknya sitem yang tertutup akan hilang ditelan waktu.

Para senior mengajarkan:

   ' Ilmu tinemuning dening LAKU'
   
   ' Seng temen Tinemu'

Kehidupan dan kerohanian adalah hal yang UNIVERSAL.

Salam.


Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: totokpr on 17/01/2011 15:11
Assalamualaikum,
SBS, saya ikut latihan PD saat SMA tingkat terakhir adalah strip putih. Pelatih saya pernah bercerita bahwa Pak Dirjo pernah berlatih silat hingga ke biara shaolin di China. Ceritera beliau di sana Pak Dirjo dalam waktu singkat berhasil menguasai ilmu silat biara shaolin, bahkan mengalahkan gurunya. Karena itu lah beliau dianggap mempermalukan perguruan dan dikejar-kejar oleh orang2 biara shaolin. Dalam pelariannya beliau sempat membawa pedang sakti shaolin hingga ke tanah air. Para pengejarnya konon mengikuti sampai tanah air, bahkan rumah beliau sempat diledakan dalam mencari pedang sakti tersebut. Apakah ceritera tersebut benar adanya?

Totok
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 17/01/2011 20:52
SBS,
cerita tersebut tidak benar, pak Dirdjo belum pernah belajar sampai ke China. Beliau ketemu dgn Yap Kie San di sekitar Parakan (Magelang), beliau memang memperoleh hadiah pedang dr Suhu Yap, silahkan baca di www. perisaidiri.com
Salam
Chandrasa
P.S.: siapakah pelatih anda yg bercerita seperti itu, silahkan japri ke saya. Terimakasih sebelumnya
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 17/01/2011 23:01
Sedikit koreksi,
website: www.silatperisaidiri.com
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 18/01/2011 01:25
SBS,

Sejarah Peradaban mengajarkan tentang keterbukaan.  Sistem yang terbuka selalu dimasalahkan oleh berbagai pihak hingga tetap langgeng sepanjang zaman. Sebaliknya sitem yang tertutup akan hilang ditelan waktu.

Para senior mengajarkan:

   ' Ilmu tinemuning dening LAKU'
   
   ' Seng temen Tinemu'

Kehidupan dan kerohanian adalah hal yang UNIVERSAL.

Salam.
SBS

kalau mau bahas secara umum.. sebaiknya tidak bawa nama Perisai Diri :)
khususnya di trit ini..

dicoba saja bikin trit khusus kang.. kerohanian universal atau apa gitu namanya.. nama perguruan di samarkan saja, supaya tidak timbul kesalah pahaman

ilmu ini luhur.. dalam keluhuran kita juga belajar untuk bijaksana dalam menempatkan segala sesuatu pada tempatnya

mutiara hanya akan bernilai jika dalam genggaman orang yg mengerti nilainya.. namun akan menjadi benda biasa, bahkan tersia-sia, dan lebih jauh lagi menjadi prasangka negatif jika dipegang oleh yang tidak paham nilainya

salam hormat

Sunan (BM)
== saat ini ndak menjabat apa2  :D ==
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 18/01/2011 15:50
...Pak Dirjo pernah berlatih silat hingga ke biara shaolin di China.
Salam Bunga Sepasang,
Soal berlatih ilmu Shaolin, ya, benar bahwa Pak Dirdjo salah satu ilmu Beliau adalah kungfu Shaolin, yang Beliau pelajari dari Suhu Yap Kie San. Suhu Yap ini adalah murid dari Suhu Louw Djing Tie. Beliau, seperti yang Mas Chandrasa bilang, bergurunya di Parakan, BUKAN di biara Shaolin di China.

Ceritera beliau di sana Pak Dirjo dalam waktu singkat berhasil menguasai ilmu silat biara shaolin, bahkan mengalahkan gurunya. Karena itu lah beliau dianggap mempermalukan perguruan dan dikejar-kejar oleh orang2 biara shaolin.
Wah, justru Pak Dirdjo itu mempelajari ilmu Shaolin yang paling lama dibandingkan ketika belajar ilmu-ilmu silat lainnya. Kalau yang selama ini saya dengar, Pak Dirdjo itu sangat menghormati guru-guru Beliau. Rasanya  tidak mungkin Pak Dirdjo mempermalukan guru Beliau, sedangkan kepada murid-murid Beliau saja Beliau selalu bersikap sopan dengan berbahasa Jawa halus. Pernah, ada seorang murid Beliau yang "iseng" menggoda Beliau dengan ucapan yang sedikit tidak sopan terhadap guru Beliau, dan langsung Beliau marah sekali kepada murid Beliau. Ini yang menceritakan adalah murid yang dimarahi Beliau, langsung cerita ke saya.

Dalam pelariannya beliau sempat membawa pedang sakti shaolin hingga ke tanah air. Para pengejarnya konon mengikuti sampai tanah air, bahkan rumah beliau sempat diledakan dalam mencari pedang sakti tersebut.
Waaaaahhhh... Masak Pak Dirdjo sampai mencuri pedang segala??? Beliau itu seorang yang sangat sederhana dan tidak tertarik dengan harta keduniawian. Kalau diberi pedang oleh Suhu Yap, baru cerita itu benar adanya. Rumah Pak Dirdjo masih berdiri tegak hingga sekarang, asli sejak dibangun belum pernah diubah kecuali dalam perawatan. Sekarang rumah Beliau dijadikan kantor Pigeon (produk bayi).

Apakah ceritera tersebut benar adanya?
CERITA PELATIH MAS TOTOK (atau siapa pun yang mengarang cerita fiksi itu) TIDAK BENAR ALIAS HOAX!
Cerita seperti di atas bukan membuat nama Pak Dirdjo menjadi hebat, malah cerita tersebut menjelekkan nama besar Pak Dirdjo. Mohon cerita semacam itu STOP sampai di sini saja.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 18/01/2011 17:21
Salam Bunga Sepasang

mohon informasinya..mas totok cerita diatas dikasih tahu siapa, maksudnya nama pelatihnya....soalnya ada beberapa hal yang benar tapi juga ada bebrapa hal yang kurang tepat.

mohon infonya, bisa email ke hadi_conk@yahoo.co.id

salam hormat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 19/01/2011 09:06
Kalau cerita sejarah pak dirjo boleh dong dishare..Kan beliau bukan hanya milik perguruan PD..Tauladan beliau bisa jadi inspirasi semua orang..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 19/01/2011 11:57
Kalau cerita sejarah pak dirjo boleh dong dishare..
Ooohhh... Tentu saja boleh Bang SK. Kalau mau cari via Mbah Gugel, ada banyak situs yang menceritakan tentang kehidupan Pak Dirdjo. Tentu saja, situs resmi PD bisa jadi acuan utama (http://www.silatperisaidiri.com/index.php/history-mainmenu-34 (http://www.silatperisaidiri.com/index.php/history-mainmenu-34)).

Di Kaskus juga ada di halaman pertama, posting pertama (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2364693 (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2364693)).

Silakan diklik sendiri.
Terima kasih.

(http://3.bp.blogspot.com/_0GnBevLifIw/Ryq3SGyafsI/AAAAAAAAACk/GL-ZDKxqJA0/s320/pak_dirjo.jpg)
Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo
Pendekar Purna Utama Republik Indonesia
Pendiri Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 19/01/2011 12:16
...bahkan rumah beliau sempat diledakan...
Salam Bunga Sepasang,
Menguatkan keterangan saya pada posting terdahulu, ini adalah foto rumah ASLI Pak Dirdjo ketika beliau masih tinggal di Jogja. Foto ini diambil tahun 2010.

(http://img268.imageshack.us/img268/1472/rumahpakdirdjo.jpg)
Rumah kediaman Pak Dirdjo di Pakualaman

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 19/01/2011 15:07
sbs,
Mas Don, saat ini rumah beliau siapa yang tempati? apa tidak sebaiknya jadi Musium Silat?...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 19/01/2011 19:35
Salam Bunga Sepasang,
Saat ini rumah asli keluarga Pak Dirdjo yang di Pakualaman disewakan kepada PT Pigeonland (perusahaan produk bayi) untuk dijadikan kantor. Rumah ini masih milik keluarga Pak Dirdjo. Setahu saya, rumah milik keluarga Pakualaman dan/atau milik keluarga kraton Jogja tidak boleh bebas dijualbelikan.

Sepertinya sekarang ini faktor ekonomi yang lebih berperan. Bisa saja kalau ada sponsor yang mau berkomitmen "menyewa" rumah peninggalan Pak Dirdjo untuk dijadikan "Museum Silat" setelah kontrak dengan PT Pigeonland selesai atau habis dan tidak diperpanjang lagi.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 19/01/2011 21:23
Kalo gak salah inget, nickname ibu ini yang dulu pernah bikin kekacauan di forum ini dengan membawa-bawa nama Pak Dirdjo ya ? Dan ada satu lagi oknum (entah orang yang sama atau tidak) yang ngaku-ngaku orang PD Jakarta, bikin kekacauan juga, ternyata dia dari beladiri lain yang kecewa karena gagal mau masuk PD.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 19/01/2011 22:06
Salam...
SBS,
Saya Mau tanya ttg. keluarga Pak Dirjo, kalo boleh.
Apakah ada keluarga spt. anak atau cucu Alm. Pak Dirjo yang meneruskan ilmu silat Perisai Diri  ?

Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,


Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 19/01/2011 22:30
Mas Faiz,
ada putera pak Dirdjo yg masih aktif di Perisai Diri, yaitu mas Djati. Cucu pak Dhe, putera dr mas Djati juga mulai aktif di PD Surabaya.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 20/01/2011 08:12
Salam Bunga Sepasang,

Mas Faiz, berikut adalah Mas Djati Kusumo (putra Pak Dirdjo) dan putera Mas Djati (saya lupa namanya)

(http://1.bp.blogspot.com/_zcjW_j8RLAI/TTeLNmHmmMI/AAAAAAAAAAM/Xn38sdNIbTw/s320/Putra+dan+Cucu+Pak+Dirdjo.jpg)
Kiri ke kanan: DSB, Cucu Pak Dirdjo, Mas Djati Kusumo

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: totokpr on 20/01/2011 09:01
Salam Bunga Sepasang,

Sebelumnya saya meminta maaf, tidak ada maksud untuk memperkeruh suasana, apalagi menyinggung nama Pak Dirjo yang secara pribadi juga saya hormati.
Mohon dimaklumi cerita yang pernah saya dengar itu adalah pada masa sebelum ada internet, sehingga tidak semudah sekarang untuk melakukan pengecekan.
Dan pada saat saya mendengar cerita tersebut, tidak ada perasaan lain selain saya sangat kagum dan bangga dengan Pak De.
Kemungkinan ceritera tersebut bercampur dengan kisah Suhu Yap itu sendiri, yang saya baca bahwa, Suhu Yap adalah seorang pelarian dari Daratan China, karena mencederai seorang pendekar silat dalam sebuah turnamen resmi kerajaan.

salam

totok
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 20/01/2011 09:20
Kalo gak salah inget, nickname ibu ini yang dulu pernah bikin kekacauan di forum ini dengan membawa-bawa nama Pak Dirdjo ya ? Dan ada satu lagi oknum (entah orang yang sama atau tidak) yang ngaku-ngaku orang PD Jakarta, bikin kekacauan juga, ternyata dia dari beladiri lain yang kecewa karena gagal mau masuk PD.

Salam Bunga Sepasang,
Mas Agus, kalau saya pribadi tidak tahu apakah "ibu" yang sekarang ini sama dengan "ibu" yang dulu pernah bikin heboh dan gonjang-ganjing jagad PD di thread ini. Sedangkan "oknum" yang mengaku-aku yang Mas Agus maksudkan itu adalah "ibu" yang dulu. Dia bukan kecewa karena gagal masuk PD, tetapi kecewa karena ingin mempelajari ilmu PD dari seorang Pendekar PD Jakarta tanpa mau masuk PD. Tentu saja Pendekar itu menolak dengan halus dan baik-baik keinginan si "ibu". Mungkin, ini mungkin lho..., karena ditolak permintaannya, si "ibu" jadi nganeh-anehi. Padahal di beladiri yang dia tekuni, tingkatannya sudah tinggi dan hebat. Kejadian persisnya seperti apa, ya hanya si "ibu" dan Pendekar PD DKI yang tahu (tentu saja Gusti Allah juga tahu).

Mari kita sama-sama jaga thread PD ini dengan niat yang baik dari hal-hal yang tidak baik, dalam bentuk apa pun. Terima kasih untuk para pengurus situs SahabatSilat.com yang telah berbaik hati mengizinkan thread ini untuk ada.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Unknown on 20/01/2011 09:52
trima kasih temen2 PD yg sudah menghidupkan diskusi ini dan tetep menjaga suasana diskusi secara dewasa, wa bil khusus mas chandra dan mas don yg sudah mengklarifikasi secara bijaksana.
silakan dilanjut diskusi nya dengan materi yg terjaga dr isu2 sensitif. setiap perguruan tentu mempunyai aturan dan pakem tentang "apa yg boleh dan tidak boleh" diekspose ke publik.
hal2 yg menyangkut rahasia dan pribadi bs dilanjut melalui JAPRI.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: ki gringsing on 20/01/2011 10:10
Salam Bunga Sepasang.

Saya kenal baik dengan 'Ibu'. Betul bahwa beliau adalah praktisi beladiri lain dengan tingkatan yang tinggi. Beliau pernah melatih beberapa pasukan khusus di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Saat ini, Beliau bergabung pada komunitas kami. Berdiskusi dan berlatih secara mendalam. Pada komunitas ini juga terdapat beberapa Pendekar Kuning Emas Perisai Diri. Saya sendiri anggota aktif Perisai Diri dengan tingkatan Strip Merah Kuning.

Saya telah berkomunikasi dengan Beliau. Hanya niatan baik yang mendorongnya untuk 'share' apa yang diketahui.
Bila ada nilai yang baik ambillah. Bila tidak bisa ditinggalkan.

Saya telah meminta Beliau untuk menghentikan 'posting' di 'thread' ini.

Mohon Maaf untuk ketidaknyamanan.

Terima Kasih

Salam Penutup.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 20/01/2011 11:48
Salam Bunga Sepasang. Saya kenal baik dengan 'Ibu'. Betul bahwa beliau adalah praktisi beladiri lain dengan tingkatan yang tinggi. Beliau pernah melatih beberapa pasukan khusus di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Saat ini, Beliau bergabung pada komunitas kami. Berdiskusi dan berlatih secara mendalam.
Berarti masih orang yang sama dengan yang dulu.
Pada komunitas ini juga terdapat beberapa Pendekar Kuning Emas Perisai Diri.
Oh ya ? Kalo boleh tau, dan itu bukan komunitas rahasia, mohon disebutkan komunitas apakah itu. Hal ini sangat penting karena sudah mencatut "Pendekar Kuning Emas".
Saya sendiri anggota aktif Perisai Diri dengan tingkatan Strip Merah Kuning.
Maaf, kalo boleh tau, sampeyan siapa ya ?
Saya telah berkomunikasi dengan Beliau. Hanya niatan baik yang mendorongnya untuk 'share' apa yang diketahui.Bila ada nilai yang baik ambillah. Bila tidak bisa ditinggalkan.
Sebelum sampeyan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya di atas, saya tidak akan percaya apa yang sampeyan bilang niatan baik tersebut.
Saya telah meminta Beliau untuk menghentikan 'posting' di 'thread' ini. Mohon Maaf untuk ketidaknyamanan. Terima Kasih Salam Penutup.
Terima kasih atas pengertiannya.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 20/01/2011 15:06
Saat ini, Beliau bergabung pada komunitas kami. Berdiskusi dan berlatih secara mendalam. Pada komunitas ini juga terdapat beberapa Pendekar Kuning Emas Perisai Diri. Saya sendiri anggota aktif Perisai Diri dengan tingkatan Strip Merah Kuning.
Salam Bunga Sepasang,
Mas Ki Gringsing, apakah komunitas itu semacam paguyuban di luar PD? Atau latihan beladiri umum (dalam artian beladiri lintas perguruan, tetapi nonformal)? Ataukah latihan PD? Bolehkah saya tahu nama besar Mas Ki Gringsing dan Para Pendekar Kuning Emas PD yang ikutan komunitas yang Mas Ki Gringsing sebutkan?

Saya telah berkomunikasi dengan Beliau. Hanya niatan baik yang mendorongnya untuk 'share' apa yang diketahui. Bila ada nilai yang baik ambillah. Bila tidak bisa ditinggalkan.
Niat baik tentu saja harus diapresiasi. Hanya saja, niat baik kalau salah tempat juga jadinya tidak baik juga to? Bagi saya, "lucu" saja ada orang dari beladiri lain bicara soal "kerohanian PD" (sengaja saya beri tanda kutip, karena BUKAN) di forum umum (SahabatSilat.com) di thread khusus PD. Buat orang yang tidak tahu, kan jadinya rancu dan bisa-bisa dianggap bahwa itu adalah benar "kerohanian PD".

Saya telah meminta Beliau untuk menghentikan 'posting' di 'thread' ini.
Terima kasih Mas Ki Gringsing. Bicara hal umum dan diskusi teknik masih boleh kok. Yang dilarang dibabar di depan umum itu khan yang memang punya syarat-syarat dan ketentuan khusus.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 20/01/2011 17:50
Banyak hal yang saya tidak mengerti nih mas don.

1. Pendekar kuning emas itu apakah?

2. Merah strip kuning apakah juga pendekar?

3. mengapa putri disebut sebagai teknik tertinggi?

4. Kalau putri tertinggi, ada kawan saya yang katanya dia belum tinggi tingkatnya tapi sudah dapat teknik putri..
Apakah bisa demikian?

5. Apakah PD mengenal pewaris berdasarkan keturunan? anak pak dirjo otomatis calon gubes?

Segitu aja..makasih
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 20/01/2011 18:51
Salam Bunga Sepasang,
silahkan ki Gringsing PM ke saya utk klarifikasi identitas ki Gringsing dan hal2 lainnya.
Salam
Chandrasa Sedyaleksana
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 20/01/2011 19:08
Kang Santri
Quote
1. Pendekar kuning emas itu apakah?
Pendekar Kuning Emas adalah tingkatan tertinggi di PD. Bisa dilihat dari badge yg kuning penuh, dan bukan 2/3 kuning + 1/3 hitam

Quote
2. Merah strip kuning apakah juga pendekar?
Merah kuning belum bisa disebut pendekar. Tingkat sesudah merah kuning yaitu tingkat kuning disebut "Pendekar Muda".

Tingkatan di PD sbb:
Dasar 1: Sabuk putih
Dasar 2: Sabuk Hitam
Calon Keluarga: Sabuk Merah, bagde hitam tanpa strip

Tingkat keluarga:
Keluarga putih: Sabuk Merah, bagde hitam strip putih
Keluarga putih-hijau: Sabuk Merah, bagde hitam strip putih-hijau
Keluarga hijau: Sabuk Merah, bagde hitam strip hijau
Kelaurga hijau-biru: Sabuk Merah, bagde hitam strip hijau Biru

Asisten pelatih:
Biru: Sabuk Merah, bagde 2/3 kuning+1/3 hitam, strip biru
Biru-Merah:  Sabuk Merah, bagde 2/3 kuning+1/3 hitam, strip biru-Merah

Tingkat pelatih:
Merah:  Sabuk Merah, bagde 2/3 kuning+1/3 hitam, strip merah
Merah-Kuning:  Sabuk Merah, bagde 2/3 kuning+1/3 hitam, strip merah-kuning

Tingkat pendekar:
Pendekar Muda:  Sabuk Merah, bagde 2/3 kuning+1/3 hitam, strip kuning
Pendekar Kuning Emas:  Sabuk Merah, bagde kuning penuh

No 3 & 4 menyusul

No 5. Tidak

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 21/01/2011 00:16
Kans Santri,
utk sementara cut and paste dr website perisai diri, mungkin bisa menjawab sebagian dr no 3. Utk menghangatkan diskusi, nanti saya tambah lagi.
Salam
Chandrasa

http://www.silatperisaidiri.com/index.php/techniques-mainmenu-28/teknik-asli-mainmenu-29 (http://www.silatperisaidiri.com/index.php/techniques-mainmenu-28/teknik-asli-mainmenu-29)

Quote
Teknik asli is a set of movements that has been prepared in an order. The techniques are grouped according to it’s original technique. In silat, it is commonly called as Jurus (similar to Kata in Karate). There are 9 teknik asli customized by the founder to be trained. Out of those 9 teknik asli, we can split them into 2 groups, Animal techniques and Human techniques.
Those teknik aslis are listed as follow:

1. Minangkabau (as a basic technique, before they learn Animal technique)

Animal techniques:
2. Burung Mliwis (heron)
3. Burung Kuntul (egret)
4. Burung Garuda (eagle)
5. Harimau (tiger)
6. Naga (dragon)

Human technique :
7. Satria (knight)
8. Pendeta (priest)
9. Putri (princess)

 

1. Technique of Minangkabau
Level trained : Cakel (Calon Keluarga)

The name of Minangkabau technique is taken due to the movements are similar to the traditional dance of Minangkabau, West Sumatra, Indonesia.

One of the objective in learning this technique is to strengthen lower body,  i.e. leg muscles and tendon as well as the back area.  This technique also gives some experience in ‘feeling grounded’.

This technique also teach how to move soft and slowly when opponent in a long distance, but suddenly change to very fast and sharp when attacking or blocking opponent’s attack. 

In order to attract the opponent, Minang technique often opens weak areas in the body with a slow movement. This is actually ‘a trap’ for the opponent to attack those open areas. Once the opponent coming with an attack, Minang technique will always be ready to destroy opponent’s attack, by hitting any part of opponent’s body.

 

2. Technique of Burung Meliwis.
Level trained : White Stipe

Burung Meliwis is a kind of bird like heron. This technique moves from one stance to another in a light and fast movement.

The objectives  of learning this technique is to build a good acceleration, as well as to make a habit of moving light.  By learning this technique, students will train their leg and hip muscles.

Meliwis uses it’s top fingers to attack the opponent. Those, this technique will always attack to weak areas such as eyes and neck. During attacking, Meliwis throws their hands very fast and pull them back to the body, so the opponent will find some difficulties to block the hands.

Beside the top fingers, Meliwis can also use it’s wrist to attack other areas such as neck and chin. It can also uses the inner and outer side of the hands to block, by shifting opponent’s attack to different way.

 

3. Technique of Burung Kuntul
Level trained : White Green Stripe

After learning technique of Mliwis, a student will be given another teknik asli to be learned. Burung Kuntul is kind of egret that lives around rice field in Indonesia.

If a student was trained to move lightly when learning mliwis technique, they will now learn how to move light and combining a power in their technique. While mliwis mostly attack weak area such as eyes, kuntul not only strike to the eyes but also to the knee. This technique have one kicking technique that is used to break opponent’s leg.

Kuntul performs it’s attack more to whip than to hit. The attack is thrown very fast from the body to the target and automatically return back to the body with the same speed. However, kuntul will always attack to the side, not staight to the front.

 
4. Technique of Burung Garuda (eagle)
Level trained : Green Stripe

Garuda (eagle) is a symbol of powerful bird. Thus, compare to previous birds technique, Garuda  has the most ability amongst other bird techniques.

When learning garuda technique, student starts to learn using their body as a power source. This technique starts transforming the body movement as additional power during attacking and blocking. Due to this capability, the power of garuda technique is stronger than mliwis and kuntul.

Garuda uses side of the hands and elbow as the equipment for attacking and blocking. This technique spreads all the 5 fingers to strengthen the muscle on the outer side of the hands.

The target of attacking are mostly the neck. Using the side of the hand, garuda hit the neck using the elbow and slice the neck skin in order to damage the skin as well as the bone. Garuda is also targeting opponent’s eye to be attacked by the side of the hand. The strike is using the elbow as a start to hit just below the forehead and slice it, by using the side of the hand, along the eye line.

In a very close distance, garuda uses it’s elbow to attack. With similar distance, garuda uses short distance kick to damage opponent’s groin.

In order to shield the body from opponent’s attack, garuda uses the legs to block all attackings that coming to lower body and uses its hands to block upper body area.

 

5. Technique of Harimau (tiger)
Level trained : Green Blue Stripe

The technique of harimau is adopted from tiger’s behavior. Compare to garuda, harimau is stronger due to the technique uses a total body spin to increase the power. The body also twist a little bit to fasten the movements.

The stance of harimau can be varied. This technique has the ability to fight in a low, medium and high stances.  In a low stance, this technique will widely spread the legs to get closer to the ground and attack lower area. It will use it’s rolling technique after attacking opponent’s lower area, to stay away from the opponent. In a high stance, this technique will target to opponent’s body and head. It can also jump to the opponent’s side to attack upper area.

During attacking, harimau uses it’s claws, palm, knee and toe. When blocking, this technique will use the legs, hands and also the claws. The attacking target points are almost the whole area, such as eyes, face, ears, head, neck, chest, joints, groin, knees and skins.

This technique has its own breathing rhythm. However, this breathing systematic will be delivered when the student has reached red-yellow stripe.

 

6. Naga (dragon)
Level trained : Blue Stripe

Naga is a symbol of the strongest animal in PD. Thus, naga is given as the last animal technique. The unique characteristic of this technique is the movement. It mostly moves in a small rotation movement instead of straight forward. The power is stronger than other animal techniques because naga merge the body twist and the body weight all together.

Even more, student has already become an instructor when they receive this technique. At the same time, this new instructor will also receive a first level of pernafasan (breathing exercise). This pernafasan will increase the strength of the instructor. Thus, naga will even stronger because the practitioner will combine the body twist, body weight and pernafasan into an application of each technique.

Naga aim for main joints for attacking such as necks, thigh joint and arm joint. Some weak areas such as chin and groin can also become a target point when they are open.

The stance of Naga are mostly low. This technique has a back circling kick in a very low stance to drop the opponent down when they are standing on it’s back. From a low position, Naga can also throw the opponent away by hitting opponents thigh from the ground.

 

7. Satria (knight)
Level trained : Blue Red Stripe

After learning all animal techniques, an instructor will start to learn human techniques. The first human technique is called as satria. On this stage, an instructor should be able to perform the abilities of all animal techniques in previous levels.

However, as a human technique, satria will put animal’s characteristics aside, such as the wildness and brutality. Satria will always think what is right before performing a technique. 

Together with this technique, an instructor will also receive a second level of pernafasan (breathing exercise), which is focused in how to explode the power. Due to the result of two level breathing exercises, the power of satria is stronger and can be exploded anytime. To explode here means that the power can be quickly transferred to any area of the body , either to attack or to block.

This ability makes satria technique very confidence in handling opponent’s attack. When it comes an attack, such as a kick from the opponent, this technique will break the leg on the spot by hitting the joints. This technique does not require a sophisticated movement like harimau and naga.

 

8. Pendeta (priest/monk)
Level trained : Red Stripe

Taken from the javanese language ‘pandito’, this mean as a person who provide guidance for others into goodness.

This character is adopted to the technique. Pendeta is a bridging technique to putri (princess). It does not show the wildness and brutality, nor to destroy opponent’s attack.

Although this technique has the ability of all technique in previous, pendeta will only hit when necessary. The movement is always short and never make a long distance to the opponent. The attack is always performed with the body twist with full power.

The equipment during an attack are knuckles, back of the hand, toe, body, shoulder and forehead. The attacking targets are ulu hati, head, side of the body and some joints.

 

9. Putri (princess)
Level trained : Red Yellow and Yellow.

This is the highest technique asli in PD. The characteristic of this technique is unpredictable. Sometime it is soft, but sometimes it is fast. Putri merges all ability on previous techniques. It moves very light and soft, but suddenly changed to very fast when attacking or beladiri and back to soft again.

Putri mostly do two moves at once. It can be attacking while avoiding or attacking after blocking, in only one step movement and a very close distance. A body twist is always used and third level of pernafasan will always be implemented in this technique. Since normally the movement is hard to see by the opponent, this technique is then called as having an unsighted attack.

Putri will normally react to the opponent’s attack. It is not it’s main characteristic to open the first attack. During learning this technique, all part of the body becomes very flexible.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 21/01/2011 06:31
4. Kalau putri tertinggi, ada kawan saya yang katanya dia belum tinggi tingkatnya tapi sudah dapat teknik putri..
Apakah bisa demikian?

5. Apakah PD mengenal pewaris berdasarkan keturunan? anak pak dirjo otomatis calon gubes?
Bang SK,
Mas Chandrasa sudah menjawab semua pertanyaan Bang SK. Untuk no 4&5, saya akan menambahkan.
4. Semua dan seluruh gerakan teknik silat PD sudah diperkenalkan dan dilatihkan mulai dari Dasar 1 sampai tingkat Pendekar. Yang membedakan adalah ISI dari tiap gerakan teknik. Makin tinggi tingkatan, makin tinggi kualitasnya. Isi di sini adalah: pengaturan napas, pengaturan tenaga, boge (mekanika tubuh), teknik meringankan atau memberatkan tubuh, kecepatan, dan yang utama adalah unsur kerohanian dalam setiap gerak.

5. Di PD, Guru Besar itu hanya ada satu, satu-satunya, dan tidak akan tergantikan. Gelar Guru Besar hanya disandang oleh Bapak RMS Dirdjoatmodjo. Yang ada sekarang ini adalah Pendekar Historis (23 orang Pendekar yang pertama dan terakhir dilantik oleh Pak Dirdjo, sekarang tinggal 14 orang), Pendekar Kuning Emas, Pendekar Muda, Pelatih, Asisten Pelatih, Keluarga dan Anggota. Untuk organisasi ada Ketua Umum dan Ketua Dewan Pendekar.
Pak Dirdjo memberikan ilmu Beliau kepada siapa pun tanpa pilih kasih kepada semua murid Beliau, sesuai dengan kapasitas masing-masing murid, berdasarkan kewaskitaan Beliau. Putra Pak Dirdjo, Mas Djati Kusumo, belum mencapai tingkat Pendekar, dan sekarang berlatih kepada murid-murid Ayahanda Mas Djati. Di PD berlaku "sapa sing temen, tinemu" (siapa yang bersungguh- sungguh akan menemukan). Contohnya, Mas Russell Dennis dari PD Australia sekarang telah menyandang tingkat Pendekar Muda, walau pun beliau bukan orang Indonesia. Tak tertutup kemungkinan suatu hari nanti beliau akan meraih tingkat Pendekar Kuning Emas.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 21/01/2011 12:02
Banyak hal yang saya tidak mengerti nih mas don.
1. Pendekar kuning emas itu apakah?
2. Merah strip kuning apakah juga pendekar?

Kang SantriPendekar
Kuning Emas adalah tingkatan tertinggi di PD. Bisa dilihat dari badge yg kuning penuh, dan bukan 2/3 kuning + 1/3 hitam Merah kuning belum bisa disebut pendekar.
Tingkat sesudah merah kuning yaitu tingkat kuning disebut "Pendekar Muda". 
Tingkatan di PD sbb:
 

Kalau Mas Santri masih bingung membayangkan gambaran dari Mas Chandrasa, bisa coba lihat gambar dan tabel di  http://bungasepasang.blogspot.com/2006/08/kurikulum-silat-perisai-diri.html 
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 23/01/2011 00:11
Terima kasih mas chandrasa, mas don..ilmu yang hebat disebarkan dengan sistematika yang benar membuat PD tumbuh menjadi perguruan yang besar..Sayang sekarang sk dah bukan remaja lagi..kalau masih mgkin dah latian iweekang di pln pusat..:)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 23/01/2011 11:07
...Sayang sekarang sk dah bukan remaja lagi..kalau masih mgkin dah latian iweekang di pln pusat..:)
Salam Bang SK,
Siapa bilang terlambat? Program untuk jadi Pendekar di PD itu "standarnya" adalah 17 tahun sejak Dasar 1. Katakanlah sekarang umur Bang SK baru 40 tahun, 17 tahun ke depan Bang SK baru 57 tahun. Masih muda Baaaang... :) Mas Maryono Gopur (alias Pendekar Gurun Pasir) menyandang tingkat Pendekar Muda ketika beliau berusia lebih dari 60 tahun dan masih semangat latihan toya di gurun pasir Oman hingga saat ini.
Lweekang (biasanya) diajarkan pada tingkat Pendekar Muda (yah, kalo lancar dan rajin, kira-kira 15an tahun dari sejak Dasar 1, ato tingkatan di bawahnya kalo via jalur "ekstra kurikuler"). So... Gimana? Silakan isi formulir Bang... :)

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 24/01/2011 09:51
Ass,mas don s basuki terima kasih penjelasannya kemaren di padepokan tentang manajemen perguruan silat yang membuka cakrawala berfikir saya untuk bisa mengemas dan mengelola silat tradisioanal secara modern, serta silaturahmi singkatnya yang sangat menggembirakan saya karena bisa ketemu anggota forum sahabat silat secara langsung,belum sempat ngobrol2 tentang silat mas don udah keburu pergi,mudah2an dikesempatan yang lain bisa bersilaturahmi lebih lama lagi,terimakasih
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 24/01/2011 12:47
Wa'alaikumsalam warahmatuLlahi wabarakaatuh,
Terima kasih kembali Mas Bayu Umbara. Kemarin itu saya memang jadwalnya jagain sumur. Kok ya alhamdulillah, gali-gali sumurnya sedikit ditunda, hingga saya bisa mampir sebentar ke Padepokan untuk memenuhi undangannya Mas Taufan. Lucunya, begitu saya nempelin pantat di kursi kantor, gali-gali sumurnya dimulai. Alhamdulillah.

Mohon maaf, saya harus buru-buru meninggalkan acara dengan berat hati. Insya Allah, kita bisa bertemu dan ngobrol panjang lebar tentang apa saja, terutama tentang beladiri pada umumnya dan silat pada khususnya.

Terima kasih buat semuanya.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Taufan on 24/01/2011 15:12
Atas nama FP2STI, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mas dsbasuki atas kesediaannya berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal "Manajemen Perguruan Silat" kepada para Guru silat tradisional yang hadir di acara diskusi bulanan sahabat silat pada hari Sabtu, 22 Januari 2011 bertempat di gedung PERSILAT - Padepokan Pencak Silat Indonesia.

Semoga kontribusinya dalam pelestarian silat tradisional Indonesia menjadi amal ibadah yg diridhoi Allah SWT.

Alhamdulillah nggak sampai mengganggu kerjaan, walau saya sempat was-was juga... takut disalahin   :D

Wassalam,
TP
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: totokpr on 29/01/2011 18:52
SBS,
Dari Majalah Tempo,
21 Mei 1983

Pulangnya Sang Pendekar

KELUARGA besar perkumpulan silat Perisai Diri (PD) dipukul duka pekan kemarin. Pendiri sekaligus pendekarnya, Raden Mas Subandiman Dirjoatmojo, 70 tahun, meninggal 8 Mei malam. Ribuan murid dan bekas anak-didiknya -- banyak di antaranya dengan mata sembab karena tangis -- mengantar jenazah almarhum ke pemakaman Islam, Ngagel, Surabaya. Ia meninggal setelah beberapa lama menderita tumor yang menyerang lambungnya. Di kalangan pesilat, Pak Dirjo sudah merupakan merk paten. Dia mendirikan PD tahun 1955. Pertumbuhannya boleh dikatakan pesat. Dalam 3 tahun dia sudah punya anak buah di hampir semua kota Jawa Timur. Sekarang nama dan jurus-jurusnya malahan meloncat ke Negeri Belanda, Prancis, Italia, Kanada, AS, dan Australia. Menurut Javanese Silat, The Fighting Art of Perisai Diri, tulisan Quintin Chambers dan Donn F. Draeger, yang terbit di Tokyo tahun 1978, sekitar 70.000 orang menjadi pengikut PD. Perjalanan hidup Pak Dirjo mirip kisah seorang pendekar dalam buku silat. Cucu Pakualam IX ini merasa sumpek dalam tembok istana. Usia 16 tahun, setelah lulus HIK (SGA zaman Belanda) dia merantau ke Jawa Timur. Dia memutuskan berjalan kaki sepanjang hampir 400 km dari Yogya menuju Jombang. Di kota ini dia memperdalam silat pada Guru Hasan Basri. Dari Jombang dia merantau lagi ke Solo dan berguru pada Sayit Sahab dalam ilmu silat. Untuk memperdalam kemahirannya dla merangkak terus melewati perguruan-perguruan yang terdapat di Semarang dan Cirebon. Seperti merasa sudah sampai di tepi langit, Pak Dirjo kemudian menetap dan mendirikan perguruan silat Eko Kalbu (Satu Hati) di Banyumas. Di kota itu secara tak sengaja dia bertemu dengan gurunya yang paling besar: Yap Kie San. Orang ini merupakan tokoh persilatan dari Siau Liem Sie atau yang populer dengan sebutan aliran Shaolin. Sebagai tanda ikatan batin, sang guru menghadiahi Pak Dirjo sebuah pedang luar biasa tajam dan bermata dua. Tapi kemudian Gow Kon Keng seorang pesilat yang sejak lama mengincar pedang itu, akhirnya berhasil meminjamnya dari Pak Dirjo. Tapi bom telah melumatkan rumah Gow. Dan pedang yang dianggap berkhasiat itu hilang tanpa bekas. Pak Dirjo kemudian pulang ke Yogva. Bukan karena kemauannya sendiri. Ki Hiajar Dewantara, pamannya yang memutuskan begitu. Tokoh pendidikan itu membutuhkan si pendekar untuk mengajarkan silat di Taman Siswa. Pengalamannya yang panjang dan banyaknya perguruan yang dia singgahi membuat Pak Dirjo seorang pendekar komplit. "Ia menguasai 19 aliran. Mulai dari Cimande sampai Putri Sembahyang," ujar Noer Hasdianto, S.H., ketua umum PD seluruh Indonesia. "Dasar ajarannya adalah kecepatan. Dalam satu detik bisa bergerak dengan 2 gerakan," sambung Syaukat Ali, salah seorang muridnya, mahasiswa UGM Yogyakarta. Karena gerakan-gerakannya yang berkelebat begitu cepat, maka PD sulit disebutkan perhimpunan pencak silat. Karena tabuhan gendang sudah tak dapat meningkahi gerak dan pukulan si pesilat. Apalagi seperti disebutkan dalam Javanese Silat hampir semua sikapnya merupakan campuran dari gerak dan reaksi manusia dan binatang. Inilah barangkali daya pikatnya, hingga PD populer di kalangan anak muda dan mahasiswa. Di kalangan tentara terutama di Jawa Tengah jurus-jurus dari Pak Dirjo ini sampai-sampai menjadi pelajaran yang dianjurkan.

Mohon, masukan para pinisepuh.

Salam Hormat

Totok
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 29/01/2011 23:14
wow mantab sekali kisah pak dirjo,mau nanya nih para sesepuh dan pendekar PD apakah kisah yang disampaikan oleh majalah tempo ini 100% sesuai aslinya atau ada yang kurang valid informasinya.terima kasih
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 30/01/2011 19:20
Silahkan baca sejarah pak Dirdjo secara lengkap di website PD sbb:
http://silatperisaidiri.com/index.php/history-mainmenu-34 (http://silatperisaidiri.com/index.php/history-mainmenu-34)

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 30/01/2011 20:38
Terimakasih mas sedyaleksana, barusan saya udah baca history beliau di website PD, cuma keterangan tentang gow kon keng yang tidak ada kalau baca dari kisah masalah tempo diatas:"Tapi kemudian Gow Kon Keng seorang pesilat yang sejak lama mengincar pedang itu, akhirnya berhasil meminjamnya dari Pak Dirjo. Tapi bom telah melumatkan rumah Gow. Dan pedang yang dianggap berkhasiat itu hilang tanpa bekas."
terima kasih
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 31/01/2011 07:54
Salam Uda Bayu Umbara,
Bahwa Pak Dirdjo memiliki pedang pemberian Suhu Yap Kie San, itu benar. Bahwa pedang itu kemudian hilang, itu juga benar. Bahwa rumah Gow hancur terkena bom, itu juga benar (tapi itu karena perang lho, bukan karena dibom sama orang Shaolin). Itu adalah fakta. Tetapi mengapa hal itu tidak diceritakan di situs resmi Perisai Diri, karena kami menganggap hal itu bukan sesuatu yang esensial.

Saya pribadi berpendapat, bahwa sebenarnya Pak Dirdjo, lewat kewaskitaan Beliau, sudah mengetahui sebelumnya bahwa suatu hari nanti pedang Beliau itu akan hilang. Ini pun tidak merisaukan Beliau. Mengapa? Mungkin saja dengan hilangnya pedang itu jadi membuat Perisai Diri seperti apa adanya yang sekarang ini. Dengan kata lain, Pak Dirdjo tidak meninggalkan pusaka apa-apa sebagai simbol penerus Perisai Diri, kecuali ilmu-ilmu Beliau. Ilmu tidak bisa dicuri. Ilmu harus dipelajari, dilatih, dan dilakoni. Sementara, benda (pedang misalnya) bisa dicuri, bisa dipinjamkan, dan bisa hilang. Kan lucu jadinya kalau, misalkan saja karena satu dan lain hal, saya memiliki pedang itu dan otomatis saya jadi ketua PD, padahal ilmu saya masih dalam taraf tiarap (jongkok masih lebih tinggi). Skenario ini masih lebih mending dari pada, misalkan saja, ada di antara 23 Pendekar Historis yang berebut pedang karena masing-masing merasa paling berhak. Untungnya saja, tidak demikian halnya.

Nah, karena pusaka yang ditinggalkan oleh Pak Dirdjo itu adalah ilmu-ilmu Beliau, makanya di PD ada yang namanya Dewan Pendekar, yang salah satu tugasnya adalah menggali, mengkaji dan mengajarkan ilmu-ilmu Pak Dirdjo, untuk diteruskan kepada murid-murid generasi berikutnya. Tentu saja, hanya murid yang bersungguh-sungguh yang akan mendapatkan pusaka Pak Dirdjo secara utuh, sesuai dengan wejangan Beliau yang selalu ditekankan oleh para pelatih dan Para Pendekar, "Sapa sing temen, tinemu" (siapa yang bersungguh-sungguh, akan menemukan).

Jadi panjang ya? Semoga bermanfaat.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 31/01/2011 08:43
Terima kasih banyak mas Don,sudah terang benderang sekarang,memang apa yang disampaikan oleh mas don adalah hikmah yang terbaik buat PD dari kejadian tersebut, Mudah2an ilmu dan kewaskitaan pak dirjo akan lestari selamanya oleh generasi penerus cita-cita beliau,amiin. terima kasih pencerahannya
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 31/01/2011 10:07
Salam Bunga sepasang,

Yah Begitulah Perisai Diri, sangat banyak menyimpan misteri bahkan ilmunya pun juga misteri, khususnya bagi saya. Tapi entah bagi yang lain.....?

salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 31/01/2011 14:59
SBS,
yg mana mas yg masih misteri? Mungkin saya bisa membantu memecahkan misteri tersebut, atau paling tdk menyampaikan ke orang yg bisa menjawabnya? Kalau perlu pm saya, jangan sungkan2 mas.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 31/01/2011 16:34
SBS (ikutan salam pd..:) ),
Mungkin ilmunya tidak ada yang misterius, cuma untuk pemahaman yang sempurna..perlu keikhlasan dalam belajar.. Sing temen sing tenemu..:)..Anehnya belajar silat, seperti keimanan, ketika kita surrender ourselves to it, pemahaman akan datang..Mungkin kata pak d mengenai sing temen..adalah yang benar2 ikhlas..mungkin..Maap kalau ada yang salah..Saya gak percaya..ilmu misterius..hehehe..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 31/01/2011 20:59
Betul kang Santri, semuanya datang berasal dr ketekunan, makanya pak Dhe bilang sopo temen tinemu, siapa yg bersungguh2 akan menemukan. Kadang2 yg kita ketemukan lebih dari yg kita harapkan, hal ini sudah dibuktikan dgn nyata oleh senior2 saya yg latihan di PLN. Yang sepuh2 latihannya rajin sekali hanya karena ingin sehat, hasilnya wah... luar biasa, selain badan fit dan sehat masih dapat "bonus" dr latihan. Sedang yg muda2 karena pengen cepet lihat hasilnya akhirnya malah gak dapat apa2 karena kurang tekun. Kalau sudah begitu bagaimana coba.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 01/02/2011 09:19
Salam bunga sepasang,

Mungkin betul juga mas-mas senior, memang kayaknya saya kurang tekun nih...pelaksanaan Ilmu PD akan mendapatkan hasil jika silat, napas dan kerohanian dapat dilaksanakan secara serentak dan ajeg, tanpa itu memang susah.

Dan soal misteri ilmu PD mungkin lebih tepat terkait akan hasil puncak yang dicapai dari pelaksanaan ilmu PD secara keseluruhan, karena kita tidak tahu, apa yang akan Tuhan anugerahkan kepada kita atas hasil penghambaan kita, Karena sebagaimana mas-mas senior sampaikan, bahwa Ilmu PD bukan Ilmu Kanuragan yang jelas targetnya, tapi Ilmu PD adalah Ilmu Kanugrahan, dan terserah Kepada Kehendak YANG MAHA SUCI apa yang akan dianugerahkan.

Mugi Ya Allah Panjenengan Ngabulaken Punopo Ingkang Kulo Sedio

salam hormat,


Yang Lagi Mabuk

Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 01/02/2011 11:45
Salam Bunga Sepasang,

Misteri ilmu adalah daya tarik untuk mempelajarinya. Apa pun bentuk dan jenis ilmu itu, termasuk juga ilmu silat. Menjadi misteri karena memang kita belum sampai sana. Begitu sudah tahu, sudah bisa dan sudah ahli, maka yang tadinya misteri sudah bukan lagi merupakan suatu misteri, namun sesuatu yang "biasa saja".

Ilmu teknik silat PD, misalnya, menjadi misteri bagi orang yang belum (saya bilang "belum", bukan "tidak") mengetahuinya. Tetapi bagi murid PD (sesuai tingkatannya) bukan suatu hal yang aneh. Contohnya: maju ki pukul pendeta i, terusan cawuk harimau a setempat sabit ka sapunjut langsung daun melayang slosor sapunjut. Tentu saya yakin Mas Sukmo Lelono bisa membayangkan teknik-teknik ini, sementara (mungkin) Bang SK akan bingung. Begitu diperagakan, bisa jadi Bang SK lalu bilang, "Ooo... gitu to?" Nah, buat Bang SK, "satu layer" misteri sudah terbuka. Tetapi masih ada lapisan-lapisan misteri lainnya, seperti bagaimana mengatur napasnya, bagaimana penyaluran tenaganya, bagaimana "boge"-nya, bagaimana pengaturan berat-ringannya tubuh, dan lain-lain.

Sekedar sharing.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 03/02/2011 09:17
Salam Bunga Sepasang,
Bismillahirahmannirahiim,

Susunan Pengurus Pusat Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI, periode 2010-2014

Penasehat               :       Sri Sultan Hamengkubuwono X
Ketua Kehormatan   :       Rachmat Gobel
Ketua Umum           :   Ir. Nanang Soemindarto
Ketua Harian           :   Didi Achmady, SH.

Sekretaris Umum   :   Drs. Heroe Poernomohadi, SH. MM.
Sekretaris           :   1. R. DJati Kusumo
                         2. Kukuh Karnanto, ST.MEng.Sc.
                         3. Unggul Wicaksono, ST.

Bendahara Umum   :   H. Hari Soejanto
Bendahara           :   1. Hari Purwanto, BA.
                         2. drh. Rozak Abadi

BIDANG – BIDANG   :
1.   Bidang Hubungan Organisasi dan Pembinaan Hubungan Daerah
Ketua   :   Ir. Syaukat Ali, MSi.
Asisten   :   Ir. Sigit Prakoso, MM.
              I Made Astrama, SE.

2.   Bidang Pendidikan dan Latihan
Ketua   :   drh. Prima Lurianto
Asisten   :   I Gede Madia B.W.
              Joko Widodo, AMd.
              I Nyoman Sujana, SH. MH.

3.   Bidang Mental Spiritual
Ketua   :   Djang Kastam
Asisten   :   Arnowo Adji
              Slamet Priyadi

4.   Bidang Pembinaan Prestasi
Ketua   :   Dr. Johansyah Lubis
Asisten   :   Ir. Karyono
      Nyoman Yamadiputra, SE.Ak.

5.   Bidang Pembinaan Seni
Ketua   :   Momon Ageng Purnomo
Asisten   :   Nengah Ardina
               Drs. Joko Priyanto

6.   Bidang Luar Negeri
Ketua   :   Don Sunaringsuryo Basuki, MSc.
Asisten   :   Monu Katili
              Ir. Maryono Gapoer

7.   Bidang Usaha dan Dana
Ketua   :   Drs. Kartono, MM.
Asisten   :   Tri Sutikno
              Choirul Alam, SPd.
              Nurhadi
              Syaiful

8.   Lembaga Pelatih
Ketua   :   Bambang Wahyono
Asisten   :   Henry Molomoe
              Mulyana, SPOK.

9.   Lembaga Wasit Juri
Ketua   :   Leonora HB.
Asisten   :   Satriyo Lelono
              Nurzaman

Susunan Presidium Dewan Pendekar Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI, periode 2010-2014:

Ketua   :   Drs. Noerhasdijanto, SH. MBA.

Anggota   :   1.    Dr. I Made Suwetja, MBA.
              2.   Gatot Mudjono, BA.
              3.   Ir. Sunardi, MSi.
              4.   Ir. Putu Surya Kencana Putra

Hormat penutup,
Don S. Basuki
Bidang Luar Negeri
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 03/02/2011 11:03
Selamat mas don..asistennya mas don, pendekar kuning emas, monu katili..hebat2..:)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 03/02/2011 12:48
Selamat mas don..asistennya mas don, pendekar kuning emas, monu katili..hebat2..:)

Wow ... buseeet ... Mas Monu jadi asistennya Mas Don.
Hormat kakak pertama ... (sambil menuangkan teh ke cangkir kecil).
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 03/02/2011 15:49
Selamat mas don..asistennya mas don, pendekar kuning emas, monu katili..hebat2..:)

Wow ... buseeet ... Mas Monu jadi asistennya Mas Don. Hormat kakak pertama ... (sambil menuangkan teh ke cangkir kecil).

Huussshhh... Jangan begitu... Nanti aku kuwalat repot lhooo... Mas Monu itu guruku, dan Mas Maryono itu suhengku. "Asisten" itu kan yang nyebut tim formatur Pengurus Pusat. Pada kenyataannya, "ketua" manut saja dengan para "asisten"nya. Hehehehe...

@Mas Agus: Hormat juga ke kakak pertama, pangcu PD Batam... (sambil bersoja membawa cangkir kecil isi teh)

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: wolvie74 on 04/02/2011 08:14
pak dsbasuki,
selamat menjalankan amanahnya. semoga PD bisa se-populer beladiri jepun atau tiongkok. hitung2 sebagai sarana promosi indonesia juga ...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 04/02/2011 14:53
Sukses selalu buat perisai diri,semoga semakin berjaya didunia membawa harum nama silat dan nama bangsa dipanggung nasional maupun internasional,dan buat mas don yang ganteng semoga diberikan kemampuan, kemudahan serta kesabaran dalam menjalankan amanah yang diembankan dipundak mas don dan rekan2,amiin YRA,terima kasih
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 04/02/2011 15:18
Sukses selalu buat perisai diri,semoga semakin berjaya didunia membawa harum nama silat dan nama bangsa dipanggung nasional maupun internasional,dan buat mas don yang ganteng semoga diberikan kemampuan, kemudahan serta kesabaran dalam menjalankan amanah yang diembankan dipundak mas don dan rekan2,amiin YRA,terima kasih
salam

Bangga bisa foto bersama dengan orang ganteng.  :D

(http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs079.snc4/35316_1539378494287_1529664576_31376900_4570893_n.jpg)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 05/02/2011 01:35
Salam Bunga Sepasang,
Bismillahirahmannirahiim,

Susunan Pengurus Pusat Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI, periode 2010-2014

Mas Don, mohon ijin menayangkan susunan pengurus ini di www.perisaidiri.co.nr
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 06/02/2011 20:51
mas agus dari foto diatas mas agus yang mana kiri apa kanan,terima kasih
salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 06/02/2011 23:27
mas agus dari foto diatas mas agus yang mana kiri apa kanan,terima kasih
salam

Yang ganteng juga dong.  :P
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 07/02/2011 13:03
saya liat ganteng semua mas,soalnya ga ada ceweknya hehe
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 08/02/2011 10:45
Mas Don, mohon ijin menayangkan susunan pengurus ini di www.perisaidiri.co.nr
Salam Bunga Sepasang,
Monggo, silakan Mas Agus. Daftar susunan Pengurus Pusat dan Presidium Dewan Pendekar boleh (malah sudah seharusnya) disebarluaskan. Terima kasih, sudah membantu.

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 14/02/2011 09:12
Salam Bunga Sepasang,
Salam Buat Semuanya,

Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI memiliki para pendekar yang disebut dengan nama PENDEKAR HISTORIS. Beliau-beliau ini adalah para pendekar lulusan pertama dan terakhir yang dilantik oleh pendiri Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI, Bapak Pendekar Purna Utama Raden Mas Soebandiman Dirdjo Atmodjo. Dari 23 orang Pendekar Historis, saat ini yang masih aktif berkiprah di PD ada 14 orang (Februari 2011).

Para Pendekar Historis Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI adalah:
1.   Yahya Buari (Lamongan)
2.   Bambang Soekotjo Maxnoll (Cimahi)
3.   Mat Kusen (Surabaya)
4.   Drs. I Made Suwetja, MBA (Denpasar)
5.   Arnowo Adji (Cikampek)
6.   Dr. H.Suparjono, SH, MSi (Surabaya)
7.   Drs. Noerhasdiyanto, SH , MBA (Surabaya)
8.   Prof. Dr. dr. M.Hidayat, SpOT (Malang)
9.   H.Hari Soejanto (Surabaya)
10.   FX. Supi’i (Surabaya)
11.   Ir. H.Nanang Soemindarto (Surabaya)
12.   Prof. Dr. dr. Hari K Lasmono, MS (Surabaya)
13.   Drs. Siaman (Surabaya)
14.   Tonny S Kohartono (Surabaya)
15.   Wardjiono (Jakarta, almarhum)
16.   Gunawan Parikesit (Semarang, almarhum)
17.   Ruddy J Kapojos, BA (Surabaya, almarhum)
18.   I Gusti Ngurah Dilla (Surabaya, almarhum)
19.   Moeljono (Nganjuk, almarhum)
20.   Soegiharto (Jakarta, almarhum)
21.   Mondo Satrijo (Surabaya, almarhum)
22.   Kusnadi (Surabaya, almarhum)
23.   Totok Sumantoro (Solo, almarhum)

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 18/02/2011 23:53
SBS,
Mas Don,
Senang bisa ngobrol lagi di Seminar UI kemarin.
Terima kasih buat daftar nama pendekar historis ini. Saya dulu (ketika masih jadi ketua perisai diri UI) ingin sekali buat semacam biografi para pendekar historis ini, pasti menarik buat generasi muda PD saat ini...
oh ya, apakah Mas Don juga punya daftar Pendekar Kuning Emas saat ini?

salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 19/02/2011 06:56
Salam Bunga Sepasang,
Salam Buat Semuanya,

Mas Arifin, tentu saja daftar nama Pendekar Kuning Emas ada lengkap terdaftar di Pengurus Pusat.

Berikut ini daftar nama-nama Pendekar Kuning Emas Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI:

Lulus tahun 1982: Para PENDEKAR HISTORIS

Lulus tahun 1985:
SUMBADJI ISKANDAR.
IMAM RAMELAN (Alm) , Surabaya.

Lulus tahun 1987:
OETOMO SOERODJO , Surabaya.
SOENARJO , Surabaya.
R.M.HARTONO SOERJOPRANOTO , S.H , Yogjakarta.
GATUT MUDJONO , BA , Surabaya.
JANG KASTAM , Surabaya.
MOELJONO BUDI PITOJO (Alm), Sidoarjo.

Lulus tahun 1995:
SOEBAGIO RACHMAT , Surabaya.
KOESMANHADJI , Jakarta.
I GUSTI BAGUS DANENDRA , Denpasar - Bali.
BAMBANG MUDIONO (Alm) , Bandung.
Drs.SAMBIYONO , Jakarta.
Ir.BOTH SUDARGO , Jakarta.
LING HANANTO (Alm) , Jakarta.
I GUSTI NGURAH AGUNG HARTAWA (Alm) , Bali.
MADE RAI SUARTANA , MBA (Alm), Denpasar - Bali.

Lulus tahun 2007:
Ir.SIGIT PRAKOSO , Jakarta.
LIMONU KATILI , Jakarta.
I GEDE ARYA PENIDA , S.H , MBA , Denpasar - Bali.
H.BOENIRAN , Lombok Barat - NTB.
I MADE ASTRAMA , SE , Denpasar - Bali.
I BAGUS BAWA , Denpasar - Bali.

Lulus tahun 2008:
BAMBANG RACHMAN SOEGIHARTO , S.H , Surabaya.
DR.BAMBANG S.WIDAGDO KUSUMO , S.H , Msi , Sidoarjo.
I GUSTI MADYA BAWA , Surabaya.
GUNDONO , Malang.
KASIYAN HADIPURNOMO , Balikpapan.
SLAMET PRIADI , Malang.
HENRY MOLOMOE , Jakarta.
SOESILO SOEDARMADJI , Tokyo - Japan.
NURZAMAN M.NUR , Bandung.
UPIT SUPRIATNA , Bandung.
AGUS KUSUMA , Cimahi.

Lulus tahun 2009:
Ir.SUNARDI SINDHUMINTONO , Yogjakarta.
Drs.KARTONO , Malang.
BAMBANG WAHJONO , Surabaya.
M.ARIEF ELLY , BA , Surabaya.
Drh.PRIMA LURIANTO , Surabaya.
Ir.WILLIEM KILANTA MT. MPm , Jakarta Selatan.
DIDI ACHMADI , S.H , Surabaya.

Lulus tahun 2010:
MINGAN SUGIANTO, Bogor

Salam,
Don S. Basuki
Bidang Luar Negeri
Keluarga Silat Nasional Indonesia PERISAI DIRI Pusat
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria Naga on 19/02/2011 07:40
terima kasih mas Don...
selamat buat Mas Mingan.....kemarin waktu PDIC masih pendekar muda...ternyata sudah jadi pendekar..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 04/03/2011 16:36
salam Bunga Sepasang,


Semakin banyak Pendekar...tetapi mengapa PD semakin susut perkembangannya...ada apa ini.... :o....harus browsing dulu nih..cari informasi.

salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: dsbasuki on 04/03/2011 16:47
...tetapi mengapa PD semakin susut perkembangannya...ada apa ini....
Salam Bunga Sepasang,
Sepertinya ini bukan gejala dari PD saja, tapi hampir semua silat dan bahkan hampir semua cabang beladiri.
Mungkin, karena makin banyak "saingan" sebagai pengisi waktu luang: games, komputer, jalan-jalan ke mall, dan lain-lain. Lucunya, di dalam negeri sepertinya menyusut, tapi di luar negeri perkembangannya relatif pesat.
Australia menyalip Belanda dari segi jumlah. Jepang makin banyak anggotanya. Perancis mulai unjuk gigi. Sebentar lagi buka di Oman.
So, apa memang sekarang ini orang asing (baca: non-Indonesia) lebih cinta silat ketimbang orang Indonesia sendiri?

Salam...
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 07/03/2011 09:26
Salam Bunga Sepasang,

Waduh ini memang bener-bener bahaya, sudah kebolak-balik, yang orang luar negeri pada cenderung mempelajari silat, sedangkan yang dalam negeri malah kecenderungan mempelajari beladiri luar. Banyak yang lupa akan jatidiri, dan mungkin akan bisa berkembang menjadi tidak tahu diri, tidak tahu harga diri.

Bahaya...bahaya...

salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kantungkentut on 14/03/2011 05:48
ikut nimbrung ya semuanya, salam bunga sepasang..
kenalin sebelumnya, saya anak perisai diri dari Bandung  :)

Salam Bunga Sepasang,

Waduh ini memang bener-bener bahaya, sudah kebolak-balik, yang orang luar negeri pada cenderung mempelajari silat, sedangkan yang dalam negeri malah kecenderungan mempelajari beladiri luar. Banyak yang lupa akan jatidiri, dan mungkin akan bisa berkembang menjadi tidak tahu diri, tidak tahu harga diri.

Bahaya...bahaya...

salam

yang saya liat mengapa banyak anak Indonesia yang mempelajari beladiri lain, mungkin karena kemasan beladiri luar tersebut lebih menarik dan malah sering dimasukan kedalam tontonan. artinya promosi "produk" mereka tersebut lebih wah dan meyakinkan, sehingga terlihat waah..
sedangkan silat ya gak se-wah seperti itu, cenderung monoton2 saja,,
sori kalo OOT :D
salam untuk semua anggota PD seluruh nusantara..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sukmo lelono on 14/03/2011 10:58
Salam Bunga Sepasang,

Nah...jadi ketahuan deh masalahnya...berarti kurikulum tehnik yang disusun kurang berjalan atau kurang mengena.

sehingga yang dilihat, menjadi monoton dan gitu2 aja,,..bela diri lain...dilihat tegas, gerakannya mantap...padahal di beladiri indonesia juga banyak yang tegas dan mantap..termasuk didalamnya Perisai Diri.

Tapi yang jelas menurut saya, marilah kita mengenal PD lebih dalam, sehingga akan tahu keilmuan Perisai Diri lebih dalam. sehingga jika ada kesempatan kita untuk melatih, kita mampu menjelaskan, apakah itu Perisai Diri, sejarah keilmuannya dari mana, tujuannya untuk apa, bisa menjelaskan runtutan kurikulum tehnik dan beda ditiap tingkatannya.dan tentunya bisa melatih dengan baik dan benar. Biar gak monoton.....

sayang saya masih biru nih...masih....junior..masih anak kemarin sore..he..he..jadi bisanya komentar doang deh...

salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 18/03/2011 01:49
Salam kpd. anggota Keluarga Silat Perisai Diri,
Saya mau tanya.. apakah Silat Perisai Diri mempunyai hubungan dgn Silat Bima (Budaya Indonesia Mataram) ?
Saya baca informasi tentang perguruan BIMA. Disitu ditulis  tekhnik-2x yang ada didalam perguruan tsb.
(kutipan dari halaman informasi Silat Bima)
Jurus/Permainan
Jurus dalam Perguruan Silat BIMA dikenal dengan sebutan “Permainan”. Adapun permainan ini terbagi dalam beberapa nama yang masing-masing mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, yaitu:
1. Pendeta Kuda Kuningan
2. Naga
3. Satria
4. Satria Hutan
5. Ular
6. Garuda
7. Burung Kuntul
8. Harimau
9. Putri Berhias
10. Putri Teratai
11. Putri Sepasang Bunga
Masing-masing jenis permainan tersebut memiliki tehnik serang bertahan yang berbeda, serta dilengkapi dengan ragam permainan senjata.

Nama-2x tekhniknya mirip dengan tekhnik-2x Perisai Diri (tekhnik ular = jiet ?). Apakah gerakan-2xnya ada kemiripan dgn Silat Perisai Diri ?
Saya juga lihat foto Bapak R. Brotosutarjo dgn Suhu Yap Kie San.

Terima kasih sebelumnya.
Wasalam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 18/03/2011 18:41
Mas Faiz,
sudah pernah dibahas mas, coba lihat2 lagi di topic ini. Hubungannya jelas ada, Pak Dhe dan Pak Broto sama2 belajar dari Yap Kie San.
Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: f4iz on 18/03/2011 22:46
@Mas Chandrasa,
Terima mas, ketemu thread-nya. Pas saya baca lagi sejarah Silat Perisai Diri ternyata juga ditulis disitu.
Jadi ada 3 perguruan (Silat Perisai Diri, Silat Bima, dan Kung Fu Naga Emas) yang ada garis keilmuan dari Suhu Yap Kie San ?
Dithread itu juga dibahas sedikit walo sikap awal dan nama beberapa gerakannya sama, tetapi isi/kandungan tekhniknya berbeda sesuai dgn karakteristik perguruan.

Salam
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Aguswin on 18/03/2011 22:56
Jadi ada 3 perguruan (Silat Perisai Diri, Silat Bima, dan Kung Fu Naga Emas) yang ada garis keilmuan dari Suhu Yap Kie San ?

Yang saya dengar, Garuda Emas itu dari Louw Djing Tie.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 19/03/2011 00:47
Seperti kata mas Agus, tepatnya keturunan Louw Djing Tie. Pak Rudy dr Garuda Emas itu keturunan Louw Djing Tie, Suhu Yap Kie San juga cucu murid Louw Djing Tie, karena Suhu Yap berguru kepada 2 orang murid Louw Djing Tie. Jadi ya kalau diurut2 semua mempunyai sumber keilmuan dari Shaolin / Siau Liem Sie.

BTW, ada adik perguruan saya yg ketemu dgn murid Yap Kie San di Parakan atau Wonosobo. Murid suhu Yap ini kenal baik dgn pak Dirjo. Kapan2 kalau saya ke Indonesia saya mau diajak utk menemui murid Suhu Yap ini.

Salam
Chandrasa
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: sedyaleksana on 18/05/2011 19:18
Salam Bunga Sepasang,

Kembali Berita Duka Cita Menghampiri KELUARGA SILAT PERISAI-DIRI :

Telah Berpulang Ke Rahmatullah
Mas Heroe Poernomohadi
- Pendekar Muda Perisai Diri Surabaya,
- Ketua Umum KONI Surabaya
- Ketua Harian Perisai Diri Pusat

tadi sore akibat serangan jantung.

Semoga Arwah Beliau mendapat tuntunan Cahaya Illahi menuju Haribaan-Nya dan bersatu dgn Allah Yang Maha Suci

kami yg berduka cita,

Chandrasa Sedyaleksana

Ketua & Penanggung Jawab Teknik PD Komisariat Jerman
Penanggung jawab Teknik PD Komisariat Swiss
Penanggung jawab Teknik PD Komisariat Perancis

http://us.surabaya.detik.com/read/2011/05/18/183346/1641928/466/ketua-koni-surabaya-meninggal-usai-bulu-tangkis
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Suprapto on 18/05/2011 19:53
Inna lillahi wa inna lillahi rajiun.
Bela sungkawa atas wafat mas Heroe Poernomohadi, dalam usia belum 50 th (adik mas Deni). Semoga pemakaman besok jam 10 wib ke Keputih berjalan lancar. Semoga mendapat khusnul khatimah, keluarga yang ditinggal diberi ketabahan, keikhlasan , kekuatan dan  PangayomanNya. Amin.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: kunderemp on 19/05/2011 08:27
Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.
Semoga keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan kekuatan. Ain.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Bayu Umbara on 19/05/2011 09:54
Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan,amiin YRA
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Satria_Udara on 18/06/2012 22:29
Assalamualaikum, Salam Bunga Sepasang

Perkenalken, sy anggota baru forum Sahabat Silat, dari Kelatnas PD. Salam hangat utk senior & rekan2 disini.

Salam Bunga Sepasang,
Wassalam.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: Putra Petir on 19/06/2012 09:43
Kalau bukan PD boleh nimbrung dan nanya-nanya gak ?
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 23/06/2012 20:47
Salam Bunga Sepasang,
@Gus Sarkam..yang gak boleh nimbrung di sini yang belum registrasi member SS..:) Kalau udah member ya pasti boleh..:D

Sedikit cuap2..PD dulu berkembang dengan slogan Belajar Silat Tanpa Sakit..Seragam yang menarik Terus diikuti dengan buku2 pak Dirdjo..Kemudian pembuktian prestasi2 PD di ajang2 kejuaran nasional dan Internasional.

Mengenai beladiri import..Ada cerita seorang Grand master Karate berkata pada Presiden Soekarno setelah melihat Gubes Mustika Kwitang bermain golok: Kalau Indonesia punya silat yg hebat spt itu, Indonesia gak perlu belajar Karate dr orang Jepang..

Di luar negeri, kalau gak salah di tempatnya Mas Sedyaleksana mukim, konon ada murid PD yg buka pelatihan silat, walaupun bukan dgn nama PD, namun mendapatkan minat cukup bagus dr bule2..

Orang belajar itu karena persepsi...Persepsilah yg mendorong orang untuk ingin belajar sesuatu...Pada masanya, silat dipersepsikan sebagai mainan kasar dan menyebabkan kematian, Pak Dirdjo membawa konsep kesehatan dan kekuatan tanpa harus cedera..

Tapi persepsi manusia terus berubah dengan adanya tambahan2 informasi..Persepsi ini menentukan orientasi hidup masing2 orang..

Kalau silat mau berkembang lagi, cobalah kita tengok apa persepsi umum..dan apakah ilmu silat yang dijanjikan untuk diberikan bisa masuk ke dalam orientasi kehidupan masyarakat umum..

Silat sama dengan organisasi lain, harus inovasi, harus evolusi..Bukan untuk larut dalam perkembangan manusia..Tapi menjadi bagian dari perubahan..agent of change..:D

Bisakah PD menjadi agent of change? Harapan kita ada pada generasi massedyaleksana,masdon, masarifin, massunan..:D

Salam..
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: santri kinasih on 23/06/2012 21:18
Duh lupa nyebut..mbak Puteri Teratai yang juga member SS..Mudah2an melalui generasi mbak puteri teratai dkk..PD bisa menjadi organisasi yang bermanfaat bagi semua orang.
SBS
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: srdananjaya on 14/07/2013 17:56
Sudah lama ndak mampir di sini :D
mejeng bentar lah  8)
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: faiz on 15/07/2013 23:02
Ga skalian promosi novel silatnya puh sunan? Hehe. Jgn mahal2 ya? Biar ane bisa mesen kalo dah thr.
Title: Re: Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
Post by: susantoss on 25/09/2013 09:34
salam bunga sepasang.... bbrp waktu yang lalu sy mendapatkan copy buku silat perisai diri (teknik kuntul), karangan pak dirdjo. isinya lengkap dg gambar-gambar tekniknya, pembelaan diri dan penjelasan istilah-istilah yg digunakan dlm gerakan silat perisai diri. di bagian belakang buku tsb, ada iklan buku perisai diri (teknik garuda). jika ada yg punya koleksi lengkapnya dan berkenan untuk sharing...... terima kasih sebelumnya :-P