+-

Video Silat


GGBD - Demo/Aplikasi #1
Pencak Silat Mendunia - Metro Siang 10.02
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Jambore Pencak Silat, al azhar performance
ice 2009, bang husein beraksi dengan golok seliwa
ICE 2009, golok seliwa performance by bang husein
ICE 2009, cingkrik goning
ICE 2009, cingkrik goning

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Ki Ontong  (Read 17076 times)

Sarjono

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 0
    • Email
Ki Ontong
« on: 22/04/2009 11:44 »
Assallammualaikum,wr.wb
Para Sahabat Silat,yang terhormat,Ijinkan saya untuk membuka Thread baru tentang Aliran Silat Ki Ontong,banyaknya permintaan untuk membahas salah satu dari beragamnya Seni Tradisionil Pencak Silat Kita ini,maka saya mencoba memancing Informasi dari para Sesepuh,sahabat,dan para pencinta Silat tentunya,agar Sejarah Aliran Ki Ontong ini bisa Muncul kepermukaan seperti Aliran Silat yang lainnya. 

Permainan Silat Ki Ontong ini,Berkembang di daerah Kemanggisan,Tenabang,Kp.Rambutan,dan daerah lainnya di Betawi.di Kemanggisan sendiri setelah dari Ki Ontong diteruskan oleh salah satu Keponakan Beliau yaitu Bang Dadang( Informasi ini dari salah satu murid Beliau ),dikenal dengan Panggilan Bang Dadang Tukang Asinan.

Dalam Jurus-jurus yang ada di Aliran ini,ada Persamaan dengan Aliran Sabeni,ada Sinding,Sera,Suliwa,Kosetan,Tumbal Pitung,dan beberapa Persamaan lainnya.( Kemungkin ada pengaruh dari perpaduan beberapa Aliran ).

Mohon Pencerahannya dari para Sesepuh,Senior yang Mungkin mempunyai Informasi lebih Akurat dari yang saya dapat,bagaimana Ki Sawung,mohon Ilmu Terawangnya..hehehe.. [top]

Tabe,






Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Ki Ontong
« Reply #1 on: 23/04/2009 08:26 »
wah, ma kasih kang jono udah buka tret eni... mantap.. [top]
terlebih dulu ane mo ngenalin diri,
ane lahir dan gede di kemanggisan, enyak babe juga dari kemanggisan..
biarpun ga terlalu ngeh ama sejarah kemanggisan, ane dikit2 tau juga.. dikit doang loh..

kemanggisan emang ga seterkenal sebagai kampung tempat lahir maen pukulan macem rw belong, condet, tenabang dll.

tapi ada maenan yang menurut ane khas kemanggisan..
*ane sempet buka tret maenan kemanggisan dari kong iyi di ni forum..

Ki Ontong salah satu maenan yang khas dari kemanggisan. Menurut cerita babe, Ki Ontong asli kemanggisan, bisa dibilang ni maenan udah duluan ada di kemanggisan sebelum cingkrig ngetop di sana. Argumentasi nya (silakan dibenerin kalo salah) babe belajar cingkrig ama kong goning taun 50 an. pada waktu itu babe bilang ki ontong udah almarhum..
babe betemen akrab ama salah satu anak ki ontong (lupa nama nya, nanti ane cari tau lagi)
anak ki ontong ini menurut babe juga ngewarisi maenan babe nya.. profesi nya adalah tukang cukur rambut..

soal ciri permaenan nya maap ane kurang tau..
dulu waktu anak2 sempet ngeliat orang latian deket rumah..
kuda2 rendah, gerakan cepet, keras, praktis..
salah satu gerakan khas nya adalah "jugil" = ngelipet tangan pake sikut, lantas pukul dan sabet..
cuma dua orang yg ane tau pernah ngajar maenan ki ontong di kemanggisan :
1. Bang melih, rumah nya kalo belon pindah, di belakang kober jalan bhkati IV komp pjk kemanggisan, sebrang SD Bhakti.
2. Bang Noar, udah lumayan tua umur nya. Rumah nya di jalan H Sale kemanggisan ilir III
deket komp migas 61, kemanggisan. Tanya aja di situ orang2 pasti tau..

mohon maap cuma segitu yg ane tau, sekali lagi ini juga kalo tokoh yg kita bicaraan adalah orang yang sama..

tabek

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Ki Ontong
« Reply #2 on: 23/04/2009 11:45 »
Atas permintaan senior ane, juragan ochid, jadi ikutan deh posting :P 

Ane belajar karena diajak sodara. Sebelom belajar, kita nyari ayam jago dulu. Sodara ane bilang cari ayam yang masih muda, gesit, ama ada jalunya biar pemaenan kita juga bagus. Nah, setelah dapet tuh ayam berangkatlah kita ke rumahnya Bang Makmun di daerah batusari. Sampe sono, ngobrol-ngobrol bentar, trus bang makmun pegang itu ayam dan ane juga disuruh pegang juga kemudian mulutnya komat-kamit, entah baca apaan. Lalu langsung latihan deh.

Jurus yang ane masih inget cuman jurus 1 doang. Keset-bacok-gedor. Trus waktu aplikasinya yang ane inget, tarik kupingnya, patahin dengkulnya, injek pelernya, sadis emang dan ini juga yang bikin ane pikir-pikir buat nerusin belajar secara waktu itu masih muda, kalo kata orang tua belom bisa bawanye.

Selain itu ada istilah lain (kemungkinan ini nama jurus) yang sering ane denger, yaitu Engkek. Bang Makmun pernah nyebut kalo orang yang sok jagoan di kampung tuh baru belajar sampe Engkek 1 ama Engkek 2. Selaen itu, ane denger tipuannya juga banyak. Kesannya mukul terus tau-tau nyabut golok.

Menurut ane dan orang-orang yang lebih tua, ini pemaenan emang keras banget, cocok buat orang yang ga suka bertele-tele. Kontras sekali sama cingkrik goning yang lebih banyak koncian.

Namun, entah apakah masih cocok di jaman sekarang :( Kenapa? Karena ilmu silat itukan refleks, nah kalo kita belajar silat yang sama sekali ga ada basa-basi maen copotin kuping, matahin dengkul, sama nginjek alat vital bisa-bisa kalo berantem refleknya keluar trus musuh cilaka ato mate, berabe jadinya. CMIIW.

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Ki Ontong
« Reply #3 on: 23/04/2009 11:49 »
wah..jawara-jawara kemanggisan pade turun gunung..aye salut deh..(*lagi mikir mo maen ke tempat bang ochid lagi sambil ngeliat maenan ki ontong)


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Ki Ontong
« Reply #4 on: 23/04/2009 13:10 »
wah, juragan dodol, enete salah alamat.. kalo liat noh nyusul irwan ke belande :w
eniwey, sebener nya ane masih ragu
apa maenan ki ontong yang irwan ama ane sebutin sama ato kagak
ama yg dimaksud kang jono dan bang kalamangga..
secara, menurut riwayat yg ane denger, taun 50 an ki ontong sudah alm.                 
kalo menurut tuturan kang jono pewaris lgsg ki Ontong bang dadang masih ada.
dengan begitu bang dadang kira2 seumuran atau lbh tua dr babe..
kalau memang bg dadang adalah seorang pewaris maenan asli kemanggisan,
cukup aneh kalo bokap ga kenal dan ga pernah nyebut nama nya..
o iya, temen2 seangkatan babe di kemanggisan boleh dibilang udah almarhum semua..

btw, menurut ancer2 rumah bg dadang deket lampu merah kemanggisan mana ya?
kemanggisan raya? ato kemanggisan batu sari?
kalo di kemanggisan raya, siapa yang ga kenal h. jali bin h talip, tuan tanah paling kaya
jagoan cingkrig sinan, temen jalan babe dulu..

tabek

Gobrek

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 126
  • Reputation: 5
Re: Ki Ontong
« Reply #5 on: 23/04/2009 20:41 »
mantep nih pembahasannya,apelagi dah ada putra asli kemanggisan dah urun nimbrung  [top]....ijin nyimak yeee !!!!

ontoseno

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 68
  • Reputation: 2
Re: Ki Ontong
« Reply #6 on: 24/04/2009 01:23 »
 
Quote
[Menurut cerita babe, Ki Ontong asli kemanggisan, bisa dibilang ni maenan udah duluan ada di kemanggisan sebelum cingkrig ngetop di sana. Argumentasi nya (silakan dibenerin kalo salah) babe belajar cingkrig ama kong goning taun 50 an. pada waktu itu babe bilang ki ontong udah almarhum../quote]

he he he justru klo argumentasinya begitu jd engga pas, karena menurut salah satu riwayat cingkrik di rawabelong diperkenalkan ki maing sejak taun 1817, dan nasab juga silsilah dan perawinya ada tercatat salah satunya dari sesepuh dan pewaris cingkrik rawabelong h.nur (umur 70-an) yg merupakan murid dan cucu pendekar cingkrik ki Ali,  ki ali belajar cingkrik tahun18-an akhir  jd mohon untuk kalim yg duluan tdk usah dipanjangkan lagi biar kita kage salah lidah. CMIIW  :) [top]

mohon dilanjut ki ontongnye kang biar puas hati, saye pernah liat nih maenan digabung same tumbal sipitung buat palang pintu,

kira-kira ade berapa jurus dan ape aje...
trus salah satu jagoan pasar slipi jaya julukannye kobra konon maenannya ki ontong juga... apakah ade yg tau si KOBRA ini, rumahnye dikemanggisan cuma saye belom ketemu..

salamualaekum...

ontoseno

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 68
  • Reputation: 2
Re: Ki Ontong
« Reply #7 on: 24/04/2009 01:26 »
maap nyang diatas salah quote he he

Quote
Menurut cerita babe, Ki Ontong asli kemanggisan, bisa dibilang ni maenan udah duluan ada di kemanggisan sebelum cingkrig ngetop di sana. Argumentasi nya (silakan dibenerin kalo salah) babe belajar cingkrig ama kong goning taun 50 an. pada waktu itu babe bilang ki ontong udah almarhum

he he he justru klo argumentasinya begitu jd engga pas, karena menurut salah satu riwayat cingkrik di rawabelong diperkenalkan ki maing sejak taun 1817, dan nasab juga silsilah dan perawinya ada tercatat salah satunya dari sesepuh dan pewaris cingkrik rawabelong h.nur (umur 70-an) yg merupakan murid dan cucu pendekar cingkrik ki Ali,  ki ali belajar cingkrik tahun18-an akhir  jd mohon untuk kalim yg duluan tdk usah dipanjangkan lagi biar kita kage salah lidah. CMIIW   

mohon dilanjut ki ontongnye kang biar puas hati, saye pernah liat nih maenan digabung same tumbal sipitung buat palang pintu,

kira-kira ade berapa jurus dan ape aje...
trus salah satu jagoan pasar slipi jaya julukannye kobra konon maenannya ki ontong juga... apakah ade yg tau si KOBRA ini, rumahnye dikemanggisan cuma saye belom ketemu..

salamualaekum...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Ki Ontong
« Reply #8 on: 26/04/2009 14:37 »
bang onotseno, ente salah tangkep maksud ane,
eh, ato ane salah ketik ya?
semua sahabatsilat di sini udah mahfum akan riwayat cingkrig dan sejarah nya..
yang ane maksud di atas adalah DI KEMANGGISAN..
pada jaman jaya2 nay maenan ki ontong di kemanggisan, cingkrig (Ki Goning dan Ki Sinan) belum terlalu banyak yang belajar.
bukan berarti ane nge klaim maenan ki ontong lebih tua dari cingkrig, bukan..
babe termasuk angkatan awal belajar cingkrig taun 50 an, dan insyaallah kenal semua pemaen pukulan di kemanggisan dan sekitarnya, kenal dengan ki ontong dan keluarganya..

kalo ente juga dari kemanggisan barangkali ente jg kenal KOng Ce'od dan KOng Iyi. Kebetulan babe sekarang lg ada di jakarta
kalo ada kesempetan silakan dateng ke rumah dan ngobrol2..
ane ngendon di Taman Kedoya Permai Blok A 6 No. 19 jalan pejuangan kebon jeruk..

wassalam

makdekipe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 55
  • Reputation: 0
Re: Ki Ontong
« Reply #9 on: 27/04/2009 10:23 »

secara, menurut riwayat yg ane denger, taun 50 an ki ontong sudah alm.                 
kalo menurut tuturan kang jono pewaris lgsg ki Ontong bang dadang masih ada.

[/quote]

wuih... meninggal nye deket2 sama kong Sabeni, berarti kalo ane kagak salah pengertian, kemungkinan terbesar nye mereka seangkatan ...
wah pastinye kl orang dulu, kenalan nye bisa jauh2 pada kenal...
ape yg mereka "omongin" ye kalo pade ketemuan.... siape yg mempengaruhi siape ye?
jadi penasaran nih mo liat maenan nye ki Ontong ...  [top]

lanjut dong bang Ochid, ane jd pembaca setia aje deh ....  ;D

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Ki Ontong
« Reply #10 on: 27/04/2009 12:48 »
wuih... meninggal nye deket2 sama kong Sabeni, berarti kalo ane kagak salah pengertian, kemungkinan terbesar nye mereka seangkatan ...
wah pastinye kl orang dulu, kenalan nye bisa jauh2 pada kenal...
ape yg mereka "omongin" ye kalo pade ketemuan.... siape yg mempengaruhi siape ye?
jadi penasaran nih mo liat maenan nye ki Ontong ...  [top]

lanjut dong bang Ochid, ane jd pembaca setia aje deh ....  ;D

Pernah juga denger selentingan katenye kong sabeni dulunye tinggal di kemanggisan terus pindah ke tenabang. Bener kagak ye?

Sarjono

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Ki Ontong
« Reply #11 on: 27/04/2009 13:17 »
Kalo ga salah,bener kate ente bang Irwan,dulu guru ane mo belajar musti bawa ayam jago dulu,begitu kate beliau,sekarang ini,guru ane usianye 70an, dari Beliaulah ane dapet Informasi tentang Ki Ontong.

   Kalo mo lihat Mainan Ki Ontong,Insyaallah bisa Kita undang beliau untuk Memperagakan Jurus2,aliran tsb. dan Beliau Kebetulan juga Banyak Menguasai beberapa aliran Silat,terutama,Sabeni,Rahmat,cingkrik,Beksi,Bandrong,Seliwa,Cimande..dll.

   Trus..ane juga dapet Informasi yang sama,kalo dulu Kong Sabeni pernah tinggal di Kemanggisan.Guru Ane sering main ke Tangerang ( Curug )

  Ade nyang minat buat ngundang..? [top]


   Tabe,

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Ki Ontong
« Reply #12 on: 27/04/2009 13:33 »
informasi menarik, berhubung ane kagak paham soal sejarah.. ane tunggu deh para
pakar sejarah ngebahas ini inpo
   Trus..ane juga dapet Informasi yang sama,kalo dulu Kong Sabeni pernah tinggal di Kemanggisan.Guru Ane sering main ke Tangerang ( Curug )
 

undangannye ane tunggu kang jono,
kapan lagi bisa silaturahmi ama tokoh maenan ki ontong..
siape mo ikut??

ontoseno

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 68
  • Reputation: 2
Re: Ki Ontong
« Reply #13 on: 27/04/2009 14:38 »
@bang ochid :
Quote
ane ngendon di Taman Kedoya Permai Blok A 6 No. 19 jalan pejuangan kebon jeruk

wah ternyate bang ochid orang adaan ye, setau saye  taman kedoye permai itu daerahnye orang elit, yg dipejuangan kan ye... 8)

afath

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
Re: Ki Ontong
« Reply #14 on: 27/04/2009 16:49 »
Ade yg kenal alm kong cu'ud "si buta dari kemanggisan" ga?..
Abang ane pernah belajar ame beliau.. singkat cerite die ngaku "tangan kirinye" Sabeni.
Tapi diwasiatkan ame kong sabeni nggak boleh ngajarin/nurunin maenan Sabeninye,
tapi di sela jurus kiontongnye die selipin tuh buah2x maenan sabeni.
Mohon maap kalo salah ye bang...

 

Powered by EzPortal