+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: maenpo Cikalong  (Read 286101 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #30 on: 28/05/2007 13:41 »
Silsilahnya mana ya.....  ???

di postingan bung maenpo diatas...
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

pamanah rasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 57
  • Reputation: 11
  • Perguruan: Suliwa - Lima Adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #31 on: 29/05/2007 00:53 »

Wah terimakasih kang maenpo,

Sepertinya memanng seperti namanya, pengetahuan tentang silsilah maenponya juga sangat dalam :)

sepertinya ini silsilah maenpo dari Kang Gending Respuzi ya?

Apakah kang maenpo ini kang gending atau anak muridnya. wah senang sekali akhirnya sahabat silat jadi ramai dengan tokoh maenpo nih.

ayo di tambah lagi dong informasinya....

ssttt katanya kang gending juga belajar ulin makao ya  ;D


Dia emang muridnya kang Gending kang...Belajar Ulin Makao sama kang Gending.

Tapi silsilah itu, hasil penelitiannya bulan kemarin, udar-ider di cianjur.

:D

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: maenpo Cikalong
« Reply #32 on: 29/05/2007 07:10 »

Wah terimakasih kang maenpo,

Sepertinya memanng seperti namanya, pengetahuan tentang silsilah maenponya juga sangat dalam :)

sepertinya ini silsilah maenpo dari Kang Gending Respuzi ya?

Apakah kang maenpo ini kang gending atau anak muridnya. wah senang sekali akhirnya sahabat silat jadi ramai dengan tokoh maenpo nih.

ayo di tambah lagi dong informasinya....

ssttt katanya kang gending juga belajar ulin makao ya  ;D


Salam

Sebetulnya saya tidak begitu dalam memahami maenpo. Saya hanya ingin memancing dengan harapan semoga teman-teman yang lain disini juga menyajikan pengetahuan maenponya yang dimiliki. Dan silsilah yang saya sajikan ini sangat penting untuk bisa membantu menunjukkan kepada siapa kita harus mencari apa.

Masih banyak garis yang saya belum temukan, dan tugas teman-teman sahabat silat disinilah yang harus menambahkan. Kalau bisa tolong sebutkan pula sumbernya, sehingga saya bisa meng-cross check.

Terimakasih


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #33 on: 29/05/2007 14:35 »
He he he... Nuhun ah silsilahna,

Saya coba tambahkan warna biar jelas dan sedikit koreksi link yang ada. beberapa yang saya coba koreksi :
1. Gan Idrus selain belajar pada gan brata bilau juga belajar kepada gan obing sama seperti halnya gan Didi 

2. Gan Memed selain belajar pada kaka kandungnya Gan Nunung serta Kaka Iparnya yaitu gan Abad belau juga sempat mendapatkan pengajaran juga dari Ayahnya yaitu Gan obing

3. Beberapa silsilah dari Gan Uweh ( R.O. Saleh - Pasar Baru) bisa di update salah satunya adalah  H. Aceng dan H. Azis yang keduanya merupakan Murid utama Gan Uweh dan merupakah salah satu sesepuh forum silat Indonesia yang sekarang ini juga mengajar silat cikalong di paguron pancer bumi.

ini tambahan dari saya, masih ada yang lain tapi nanti ya :) di silsilah yang saya sempat posting ada abah aleh Juga.....



http://nagapasa.multiply.com/photos/hi-res/3/10?xurl=%2Fphotos%2Fphoto%2F3%2F10


Salam

Sebetulnya saya tidak begitu dalam memahami maenpo. Saya hanya ingin memancing dengan harapan semoga teman-teman yang lain disini juga menyajikan pengetahuan maenponya yang dimiliki. Dan silsilah yang saya sajikan ini sangat penting untuk bisa membantu menunjukkan kepada siapa kita harus mencari apa.

Masih banyak garis yang saya belum temukan, dan tugas teman-teman sahabat silat disinilah yang harus menambahkan. Kalau bisa tolong sebutkan pula sumbernya, sehingga saya bisa meng-cross check.

Terimakasih


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -
« Last Edit: 29/05/2007 14:44 by Nagapasa »
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #34 on: 29/05/2007 14:53 »
wah ternyata ada murid kang Gending Respuzi disini, salam yah sama kang Gending.

suruh ikutan diskusi disini atuh... biar bisa berbagi wawasan dengan kita kita yang cupu ini....

Oh iya dari kang Gending Cikalongnya yang jurus berapa? Jurus 30 dari gan Abad kah atau jurus cikalong yang 10 dari pak abdur rauff?

he he he... boleh dong share disini  [top]



Wah terimakasih kang maenpo,

Sepertinya memanng seperti namanya, pengetahuan tentang silsilah maenponya juga sangat dalam :)

sepertinya ini silsilah maenpo dari Kang Gending Respuzi ya?

Apakah kang maenpo ini kang gending atau anak muridnya. wah senang sekali akhirnya sahabat silat jadi ramai dengan tokoh maenpo nih.

ayo di tambah lagi dong informasinya....

ssttt katanya kang gending juga belajar ulin makao ya  ;D


Dia emang muridnya kang Gending kang...Belajar Ulin Makao sama kang Gending.

Tapi silsilah itu, hasil penelitiannya bulan kemarin, udar-ider di cianjur.

:D
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: maenpo Cikalong
« Reply #35 on: 29/05/2007 15:54 »

3. Beberapa silsilah dari Gan Uweh ( R.O. Saleh - Pasar Baru) bisa di update salah satunya adalah  H. Aceng dan H. Azis yang keduanya merupakan Murid utama Gan Uweh dan merupakah salah satu sesepuh forum silat Indonesia yang sekarang ini juga mengajar silat cikalong di paguron pancer bumi.



Di silsilah pasar baru (murid Gan Uweh) ada satu nama senior lagi yg sebaiknya ditambahkan: Rd. Adang I. Arifin. Sekalian biar lengkap, nama lengkap H. Aceng & H Azis: H. Ceng Suryana dan Rd. H. Azis Asy'arie. Begicu..... ;D
« Last Edit: 29/05/2007 16:26 by parewa »

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: maenpo Cikalong
« Reply #36 on: 29/05/2007 20:48 »
2. Gan Memed selain belajar pada kaka kandungnya Gan Nunung serta Kaka Iparnya yaitu gan Abad belau juga sempat mendapatkan pengajaran juga dari Ayahnya yaitu Gan obing


Salam

Terimakasih Bung Nagapasa. Sebetulnya kemarin itu saya lupa masukin garis dari Gan Nunung ke Gan Memed. Tapi terimakasih atas koreksinya.


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #37 on: 30/05/2007 10:38 »
he he he....  ;D

sama sama, cuman kok pertanyaan saya terakhir ke sahabat maenpo belum di jawab  ::)

jadi kang gending ngajarin cikalongnya yang mana? yang jurus 30 dari gan abad kah? atau jurus yang 10 dari Rd. Abdul Rauf? atau beliau bikin mekanisme baru


2. Gan Memed selain belajar pada kaka kandungnya Gan Nunung serta Kaka Iparnya yaitu gan Abad belau juga sempat mendapatkan pengajaran juga dari Ayahnya yaitu Gan obing


Salam

Terimakasih Bung Nagapasa. Sebetulnya kemarin itu saya lupa masukin garis dari Gan Nunung ke Gan Memed. Tapi terimakasih atas koreksinya.


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: maenpo Cikalong
« Reply #38 on: 30/05/2007 10:49 »
kejar terus Kang Naga :D

udah kayak panah beneran nih  [lucu]

ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: maenpo Cikalong-nanya tentang aplikasi Jurus Serut
« Reply #39 on: 30/05/2007 14:07 »

Waktu di Desa Cikalong, saya lihat permainan jurus serut-nya mengarah ke atas. Yang saya pelajari dari H.Aceng dan H.Azis jurus serut-nya mengarah ke bawah.

Apakah ada yg tahu makna perbedaan ini dalam aplikasi?

thanks
Lifetime Student of Martial Art

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong-nanya tentang aplikasi Jurus Serut
« Reply #40 on: 30/05/2007 15:38 »
mas ery yang caem (ikutan Gan Eko ngomongnya  ;D )

sebenarnya aplikasi serut adalah untuk membuka pegangan tangan lawan, teknisnya bisa ke arah bawah atau kearah atas.

mungkin salin juga salah satu bentuk aplikasi dari serut CMIIW.

sebenarnya ada kegunaan lain untuk melatih/mengasah rasa tangan sehingga sensitif ketika bersentuhan dengan tangan lawan in juga CMIIW

Cheers,


Waktu di Desa Cikalong, saya lihat permainan jurus serut-nya mengarah ke atas. Yang saya pelajari dari H.Aceng dan H.Azis jurus serut-nya mengarah ke bawah.

Apakah ada yg tahu makna perbedaan ini dalam aplikasi?

thanks
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: maenpo Cikalong
« Reply #41 on: 30/05/2007 16:49 »

sama sama, cuman kok pertanyaan saya terakhir ke sahabat maenpo belum di jawab  ::)

jadi kang gending ngajarin cikalongnya yang mana? yang jurus 30 dari gan abad kah? atau jurus yang 10 dari Rd. Abdul Rauf? atau beliau bikin mekanisme baru

Boleh ngga saya yang jawab Kang Naga?  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #42 on: 30/05/2007 17:41 »
sebenarnya mah engak kaci sih  :-\

tapi ok deh buat referensi, tapi bukan berarti jatah sahabat maenpo hilang lo, pokoke tetep harus jawab he he he

 x-))

sama sama, cuman kok pertanyaan saya terakhir ke sahabat maenpo belum di jawab  ::)

jadi kang gending ngajarin cikalongnya yang mana? yang jurus 30 dari gan abad kah? atau jurus yang 10 dari Rd. Abdul Rauf? atau beliau bikin mekanisme baru

Boleh ngga saya yang jawab Kang Naga?  ;D
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: maenpo Cikalong
« Reply #43 on: 30/05/2007 18:34 »
he he he....  ;D

sama sama, cuman kok pertanyaan saya terakhir ke sahabat maenpo belum di jawab  ::)

jadi kang gending ngajarin cikalongnya yang mana? yang jurus 30 dari gan abad kah? atau jurus yang 10 dari Rd. Abdul Rauf? atau beliau bikin mekanisme baru


Salam

Mohon maaf bila pertanyaan bung Nagapasa belum saya jawab. Tapi karena kang Bradlee sudah lebih dulu ingin menjawab sepertinya akan saya serahkan saja sama beliau  :)


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #44 on: 30/05/2007 18:48 »
Mangga...

tapi ke disambungnya :) dan dilengkapi penjelasannya :P

he he he....  ;D

sama sama, cuman kok pertanyaan saya terakhir ke sahabat maenpo belum di jawab  ::)

jadi kang gending ngajarin cikalongnya yang mana? yang jurus 30 dari gan abad kah? atau jurus yang 10 dari Rd. Abdul Rauf? atau beliau bikin mekanisme baru


Salam

Mohon maaf bila pertanyaan bung Nagapasa belum saya jawab. Tapi karena kang Bradlee sudah lebih dulu ingin menjawab sepertinya akan saya serahkan saja sama beliau  :)


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

 

Powered by EzPortal