+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: maenpo Cikalong  (Read 280040 times)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: maenpo Cikalong
« Reply #405 on: 23/10/2010 17:50 »
kang sawer, kang duyeh..ma kasih udah menghidupkan kembali diskusi maenpo cikalong
mangga dilanjut diskusi nya mumpung ada kang naga.

emang ga salah deh, kang naga ini narasumber kita kalo soal maenpo.
kang naga ditunggu pembabaran selanjut nya... [[damai]]

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: maenpo Cikalong
« Reply #406 on: 23/10/2010 22:58 »
siap kemandan....

silahkan dilanjut diskusi cikalongnya.

Mari kita hangatkan lagi diskusi Maenpo Cikalong........


beberapa pertanyaan yang masih sering timbul :
1. Dari guru2 awal belajaran silat aliran apa yang Mama Ibrahim dapatkan?
Ane pernah mendengar bahwa sebenarnya Daleman Cikundul memiliki seni beladiri khas sendiri..... Ada yg tau kah?

Salam.






Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #407 on: 11/12/2010 09:36 »
Ass,ikut gabung akang2 dari maenpo Cikalong :)
Saya sangat tertarik dengan sejarah dan silsilah maenpo cikalong ini,walaupun saya ga sempat buka semuanya karena udah banyak sekali, sebelumnya saya juga pernah ngikutin treadnya aki sija dengan Pabucinya,kira2 hubungannya gimana nih kang naga,atau sama aja,mohon penjelasannya
karena saya sudah punya rencana untuk gabung dengan cikalong,karena yg saya tau baru pabuci jadi letak persamaan atau pun perbedaannya dimana,atau memang sama aja, maaf kalau pertanyaan saya udah pernah dibahas sebelumnya ^:)^ ^:)^ ^:)^
Hatur nuhun Kang Naga [thank] [thank] [thank]
Salam Hormat
Angin nu Ngumbara

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: maenpo Cikalong
« Reply #408 on: 12/12/2010 22:49 »
begitu arifnya guru-guru baik dari generasi awal hingga kini, dan begitu "moderat" pola pikir mereka baik yang belajar maupun yang mengajar hingga banyak sekali varian Cikalong yang ada. Baik dari tata gerak, pemahaman yang diterjemahkan baik berdasar pada daya tanggap dan kreatifitas murid ataupun dari keadaan bentuk tubuh...semua itu merupakan kekayaan yang ada di Cikalong. ketika ditanyakan perbedaannya, ya tentu saja banyaak sekali. Karena sekalipun dari waktu dan saat yang bersamaan  dalam belajar maka nantinya bisa menjadikan seseorang akan berbeda dalam pencapaian hasil...... 

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #409 on: 13/12/2010 08:44 »
Ass, kalau dari silsilah sejarahnya gimana nih kang one kalau saya boleh tau,apa masih satu induk atau memang berbeda kang antar perguruan cikalong ini,
hatur nuhun kang,mohon maaf atas keterbatasan saya
wassalam

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: maenpo Cikalong
« Reply #410 on: 14/12/2010 07:15 »
karena saya sudah punya rencana untuk gabung dengan cikalong,karena yg saya tau baru pabuci jadi letak persamaan atau pun perbedaannya dimana,atau memang sama aja, maaf kalau pertanyaan saya udah pernah dibahas sebelumnya ^:)^ ^:)^ ^:)^
sambil nunggu perg cikalong buka secara resmi di bandung, mendingan cari2 silat tradisional aja dl disana. Dibandung banyak silat2 aneh yang ngumpet. Spt timbangan..tmn kul saya dulu pernah belajar timbangan di bandung. Ngerayu gurunya susah bgt..tp worthed lah kl bs diterima.

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: maenpo Cikalong
« Reply #411 on: 14/12/2010 08:44 »
secara garis besar silsilah maenpo Cikalong terbagi menjadi 2, yakni yang mendapat pengaruh unsur Sabandar dan yang tidak. Yang memiliki pengaruh Sabandar adalah garis keilmuan dari Gan Enoh, Gan Obing Ibrahim dan Gan Emod.

Sementara yang tidak memiliki pengaruh Sabandar seperti garis keilmuan Gan Bustomi Bratadilaga (anak mama Haji Ibrahim), Raden Haji Tarmidi (menurut beberapa penuturan tidak memiliki murid) dan Raden Busrin dengan muridnya (Gan Abad) juga banyak dikenal dengan buku catatan Tuduh Kaedah Maenpo-nya biasanya disebarkan melalui pasantren.

Perpaduan dua garis keilmuan mama Haji Ibrahim dan mama Sabandar langsung adalah Gan Enoh. Gan Obing yang memiliki keilmuan mama Haji Ibrahim langsung tapi pengaruh mama Sabandar tak langsung karena belajar dari Gan Enoh. Gan Emod adalah garis keilmuan Gan Enoh ke silsilah bawahnya kita kenal Aa Aman dan Aa Oha yang nantinya terkenal dengan aliran Cikaret.

Sementara perpaduan lainnya adalah murid yang mempelajari garis keilmuan Cikalong yang memiliki pengaruh Sabandar dan tidak yang keduanya tak langsung. Seperti Gan Idrus Wiradireja dan Gan Didi Muhtadi belajar Ke Gan Bustomi Bratadilaga dan Gan Obing Ibrahim,

Sementara itu Ibing Cikalong yang dikembangkan oleh Gan Didi juga memberi warna tersendiri pada perkembangan aliran Cikalong dan seni penca Tatar Pasundan (sering dijadikan bagian kurikulum diberbagai perguruan pencak silat di Jawa Barat).     

Kalau ditanya Cikalong murni apalagi yang ada di Bandung, secara pribadi saya berpendapat tidak ada. Lha di tanah kelahirannya Cianjur saja, sekarang rata-rata generasi VI atau VII tak ada satupun orang yang masih hidup yang pernah belajar langsung ke mama Haji Ibrahim. Jadi yang murni Cikalong ya yang belajar ke mama Haji Ibrahim seperti Gan Enoh, Gan Obing, Gan Brata, Gan Emod atau Gan Tarmidi, gan Busrin....

Yang ada mungkin yang tidak memiliki pengaruh unsur Sabandar, yakni dari garis keilmuan Gan Busrin dan Gan Brata. Terakhir kabarnya murid Gan Muhyidin pun telah tiada yakni pak Iyus Sarosi....entah jika ada yang lainnya, mungkin sudah sangat sepuh ...

salam

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #412 on: 14/12/2010 08:53 »
Dimana tuh bos kasih tau dong alamatnya?
 kalau yang umum2 dibandung saya udah liat, mungkin belum cocok aja, soalnya
dulu saya pernah belajar sama satu orang dari daerah cijerah Bandung, jurus2 binatangnya sangat kumplit dan gerakan silatnya juga sangat mantap,ada jurus kijang,jurus gajah ,jurus ular,jurus harimau,jurus elang,jurus kodok dll,dan silatnya memang sangat tradisional banget bukan silat perguruan,katanya gabungan dari berbagai daerah seperti cikalong ,cimande,cianjur,sukabumi,banten,sumedang dll, cuma beliau ini sangat kuat memegang mistiknya sehingga kadang susah membedakan mana yang alam nyata maupun alam mistik,kadang sudah kecampur2 dua2nya, sehingga sudah seperti orang yang kurang...... akhirnya saya berhenti karena beliau ini mohon maaf agak lieur, dari sana saya mencari silat sunda dengan perbandingan minimal seperti silat beliau ini,makanya waktu saya melihat2 dibandung belum ada yang sreg,demikian bang kisahnya,bagi2 dong infonya yang tadi ;D
hatur nuhun
salam

one

  • Moderator
  • Pendekar Muda
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: maenpo Cikalong
« Reply #413 on: 14/12/2010 09:28 »
untuk Cikalong yang saya tahu (kebetulan jadi murid) sangat rasional sekali meski ada yang sebut bela diri sufi. Baik dari teknik tata gerak, pengerahan, pengalihan maupun pengosongan tenaga tidak merupakan hal mistis. Semuanya mengambil dari yang ada di manusia.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #414 on: 14/12/2010 09:57 »
Alhamdulillah sangat lengkap sekali, semakin terpikat saya sama cikalong,hatur nuhun pisan kang one atas informasinya,mudah2an cikalong segera hadir di ibukota jawa barat (bandung),amiin
salam

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: maenpo Cikalong
« Reply #415 on: 14/12/2010 11:57 »
Jadi mau nimbrung juga......maapin buat semuanya :-P :-P :-P

Nambahin informasi Cikalong yang dari Pasarbaru Cianjur......ada yg masih asli dan jelas benang merahnya yaitu dari Mama Haji Ibrahim.- Gan Brata- Gan Muhidin- H.Iyus Sarosi (alm )+ Sdr Gagan +Sdr Aam..............Sdr Aam dan Sdr Gagan tidak mau muncul ke permukaan. :D :D :D

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #416 on: 14/12/2010 12:06 »
Alhamdulillah ditunggu2 keluar juga aki sija dari pertapaannya nih, sok ki dibabar cikalong pabucinya di sini ki [top] [top] [top]
hatur nuhun aki sija sudah mau muncul ,
iraha kabandung deui ki?
salam

Sawer Wulung

  • Guest
Re: maenpo Cikalong
« Reply #417 on: 14/12/2010 18:10 »
Apa sama ki dengan cikalongnya PABUCI.

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: maenpo Cikalong
« Reply #418 on: 15/12/2010 09:50 »
Kang Sawer wulung...........kita ambil gambarannya dari silsilah maenpo Cikalong versi Pasar baru cianjur.atau RHO Soleh. ...... [[peace2]]

RHO Soleh dan H.Iyus Sarosi sama2 belajar dari Gan Muhidin.......tetapi untuk RHO Soleh belajar juga dari abangnya Gan Muhidin yaitu Gan Idrus maenpo Cikalong juga yg sudah terpengaruh Sabandar,,,,,karena Gan Idrus sendiri disamping belajar dari Gan Brata gurunya Gan Muhidin belajar pula dari Gan Obing sama sudah terpengaruh npelajaran Mama Sabandar. ;D ;D ;D.......
jadi H.Iyus Sarosi Cikalong murni.........RHO Soleh Cikalong plus Sabandar. Sedang Pabuci ilmunya dapat dari Gan Uweh ( RHO Soleh ). :w :w :w.....itu perbedaannya.

Mungkin bisa lebih jelas lagi nanti dalam Skema silsilah di buku Aki Sija. [top]


Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: maenpo Cikalong
« Reply #419 on: 15/12/2010 11:54 »
Alhamdulillah jadi makin terang, jadi tambah mantap saya ki,
hatur nuhun 
salam

 

Powered by EzPortal