+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: maenpo Cikalong  (Read 378235 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #60 on: 15/06/2007 13:37 »
kalau melihat dari garis Rd. Brata yang memang di claim bahwa jurus cikalongnya masih murni maka kemungkinan Jurus aslinya 10 Ki. ini menurut pendapat saya.

jika kita lihat permainan Gan Didi dan Gan Ita jurusnya ada 13. perbedaanya terletak pada pemecahan jurus tomplok yang tadinya 1 jurus menjadi 3 Jurus dan beberapa jurus yang sumbernya dari Jurus 10 ini.

Gan Didi mendapatkan pengajaran dari cikalong jalur gan brata juga.

jadi asumsi saya dari galur pasar baru paling mirip lah jurusnya dengan cikalong generasi pertama.

Wallohualam bi sawab.
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: maenpo Cikalong
« Reply #61 on: 15/06/2007 16:27 »
@Kang Naga dan Kisawung
Gan Muhyidin mendapat jurus dari Gan Brata itu cuma 7, karena itulah dipercaya bahwa itulah jurus 7 nya Gan Brata. Kenapa disebut jurus 7 nya Gan Brata, karena itulah yang diwariskan oleh Rd.H. Ibrahim ke Gan Brata.

Rd.H. Ibrahim sendiri memiliki keunikan, dia mengajarkan jurus-jurus yang berbeda kepada murid-muridnya, baik itu urutan pengajaran jurus bahkan jumlah jurus. Tetapi yang jelas tidak banyak, antara 7 dan 13. Prinsif ini berdasar kepada fakta bahwa tiap murid punya "rasa" masing-masing. Ada yang cepat menerima pengajaran ada juga yang lambat, sehingga harus diajarkan dulu "jurus panambah" sebagai batu loncatan ke jurus utama.

Jadi, kalau mau melihat jurus Cikalong yang masih belum terpengaruh Sahbandar, mungkin kita bisa merujuk ke Jurus 7 yang sekarang dipegang oleh anak cucu murid nya Gan Muhyidin.

Tetapi kalau pertanyaannya dibalik, apakah Rd.H. Ibrahim mengajar ke murid-murid yang lainnya Jurus 7 yang sama seperti yang diajarkan ke Gan Brata? Maka jawaban saya adalah tidak.  :)

CMIIW (Punten leureuskeun upami aya nu leupat)  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #62 on: 15/06/2007 18:21 »
yap saya setuju dengan kang bradlee, sepertinya memang gan brata menurunkan jurus 7 ini.

cuman kembali apakah memang hanya jurus 7 saja yang diciptakan adakah jurus lain ? mengingat murid H. Ibrahim generasi pertama bukan cuma Gan Brata melainkan ada Gan. Enoh, Gan Obing dan Gan Busrin diantaranya. yang merupakan beberapa tokoh jenius yang ikut serta dalam pengembangan cikalong generasi berikutnya.

apakah sama jurus yang diajarkan ke Gan Brata dengan Gan Enoh, Gan Obing atau Gan busrin oleh H. Ibrahim? Wallohualam bi sawab.

Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: maenpo Cikalong
« Reply #63 on: 16/06/2007 11:11 »
lama-lama saya jadi tambah curiga neh ::)

tetapi dengan sebelumnya Hapunten ka sadulur sadayana  ^:)^

saya pernah mendengar bahwa awalnya Jurus cimande juga ada 5
bang Madi malah lebih parah cuma ada 4, dan bang Kari juga cuma ada 5

tetapi yah itulah.. informasi yang dasarnya teu kiyat :D

nah.. menurut analisa saya ialah ..

Jurus Cimande nya Mama Ibrahim
kemudian dikasih "halus" oleh Bang Madi
dan dikasih "keras" oleh bang Kari

akibatnya... muncullah dalam pikiran beliau ialah kehadiran " Counter Attack"
terutama "Counter untuk mementahkan Attacknya Cimande"
dan juga umumnya "untuk mementahkan Attacknya jurus aliran manapun"

sehingga lahirlah pahaman "mengobati setiap kemungkinan adanya jurus aneh"
atau kata lain dari "cari obatnya kalau ada pertanyaan tentang suatu gerakan"
yang kemudian menjadi "sifat usik-usikan"

dan untuk itu diperlukan suatu "fondasi" ilmu yang dapat menjawab persoalan
dengan seketika itu juga..  ialah "pemahaman Rasa"

dan selanjutnya menjadi introspeksi atas "maksud jurus" dan "kejadian jurus"

sehingga menjadi suatu bentuk baku, yang jalannya pada setiap orang ialah berbeda
sehingga pemberian pengajaranpun menjadi berbeda

ialah mengikuti karakter si murid, keras atau halus
atau "sudah tua kasih halusan, masih muda kasih kasaran/keras" :o

atau jika murid perempuan kasih halusan, pria kasih kasaran.. >:(

atau jika orangnya berpostur kurus tinggi
maka jurus menjadi rendah dan pendek [lucu]

sedangkan untuk yang berpostur pendek gemuk
maka jurus menjadi panjang panjang :)p

semua kembali pada "paham rasa" dengan 4 jalur utamanya  :)p



kesimpulannya..

ikutan bro bradlee.... CMIIW ( jewer saya karena saya iseng) ^:)^

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Re: maenpo Cikalong
« Reply #64 on: 16/06/2007 12:49 »
lama-lama saya jadi tambah curiga neh ::)

tetapi dengan sebelumnya Hapunten ka sadulur sadayana  ^:)^

saya pernah mendengar bahwa awalnya Jurus cimande juga ada 5
bang Madi malah lebih parah cuma ada 4, dan bang Kari juga cuma ada 5

tetapi yah itulah.. informasi yang dasarnya teu kiyat :D

nah.. menurut analisa saya ialah ..

Jurus Cimande nya Mama Ibrahim
kemudian dikasih "halus" oleh Bang Madi
dan dikasih "keras" oleh bang Kari

akibatnya... muncullah dalam pikiran beliau ialah kehadiran " Counter Attack"
terutama "Counter untuk mementahkan Attacknya Cimande"
dan juga umumnya "untuk mementahkan Attacknya jurus aliran manapun"

sehingga lahirlah pahaman "mengobati setiap kemungkinan adanya jurus aneh"
atau kata lain dari "cari obatnya kalau ada pertanyaan tentang suatu gerakan"
yang kemudian menjadi "sifat usik-usikan"

dan untuk itu diperlukan suatu "fondasi" ilmu yang dapat menjawab persoalan
dengan seketika itu juga..  ialah "pemahaman Rasa"

dan selanjutnya menjadi introspeksi atas "maksud jurus" dan "kejadian jurus"

sehingga menjadi suatu bentuk baku, yang jalannya pada setiap orang ialah berbeda
sehingga pemberian pengajaranpun menjadi berbeda

ialah mengikuti karakter si murid, keras atau halus
atau "sudah tua kasih halusan, masih muda kasih kasaran/keras" :o

atau jika murid perempuan kasih halusan, pria kasih kasaran.. >:(

atau jika orangnya berpostur kurus tinggi
maka jurus menjadi rendah dan pendek [lucu]

sedangkan untuk yang berpostur pendek gemuk
maka jurus menjadi panjang panjang :)p

semua kembali pada "paham rasa" dengan 4 jalur utamanya  :)p



kesimpulannya..

ikutan bro bradlee.... CMIIW ( jewer saya karena saya iseng) ^:)^


Salam

Sekedar ikut menambahkan. Menurut guru saya, sebetulnya di dalam aliran Cimande sudah ada prinsip halus dan kerasnya. Bahkan prinsip "miceun tanaga batur" juga sudah ada, ini bisa dilihat dari gerakan gilek dalam jurus-jurus Cimande atau bahkan lebih jelasnya dalam jurus Batekan.

Apa yang di pelajari oleh Rd. H. Ibrahim dari Bang Madi dan Bang Kari mungkin adalah prinsip-prinsip "ngabendung tanaga", serta prinsip "miheulaan batur"-nya. Seperti yang telah kita ketahui, aliran Cimande sifatnya cenderung defensif menunggu serangan lawan. Sedangkan untuk "ngabendung tanaga" itu berarti kita harus menutup tenaga lawan dengan mendahuluinya bergerak. Jadi sifatnya lebih ofensif. Prinsip seperti ini yang memang tidak ada dalam aliran Cimande. Sehingga pada saat itu Rd. H. Ibrahim merasa perlu berguru kepada Bang Madi dan Bang Kari mempelajari tehnik tersebut..


-  Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur  -

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: maenpo Cikalong
« Reply #65 on: 19/06/2007 19:11 »
yap saya setuju dengan kang bradlee, sepertinya memang gan brata menurunkan jurus 7 ini.

cuman kembali apakah memang hanya jurus 7 saja yang diciptakan adakah jurus lain ? mengingat murid H. Ibrahim generasi pertama bukan cuma Gan Brata melainkan ada Gan. Enoh, Gan Obing dan Gan Busrin diantaranya. yang merupakan beberapa tokoh jenius yang ikut serta dalam pengembangan cikalong generasi berikutnya.

apakah sama jurus yang diajarkan ke Gan Brata dengan Gan Enoh, Gan Obing atau Gan busrin oleh H. Ibrahim? Wallohualam bi sawab.



Kang Naga, kayaknya perlu nempel dulu nih ama muridnya Aki Muhidin hehehe.... masih ada kok orangnya di Cianjur... kalo gak salah namanya pak Iyus, beliau hanya belajar ke Gan Muhidin.

Salam

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #66 on: 19/06/2007 19:42 »
he he he.. kalau nempel doang mah kayak perangko atuh nantinya  ;D

kalau sambung tangan mungkin juga (asik juga bisa ketemu penerus Gan Muhidin).

sebagai tambahan pada buku yang baru saya dapat dari saudara saya dijelaskan bahwa H. Ibrahim Meninggal ketika berusia Gan Brata berusia 15 tahun. jadi dari sini timbul saya asumsikan yang memantapkan (ngasakkeun) rd brata bukan ayah handanya melainkan murid ayahnya yaitu RD. Tarmidi yang dikenal dengan jalan tengah.Rd. Brata sendiri meninggal pada usia relatif muda yaitu 42 tahun.

Catatan : Rd. tarmidi adalah naib cikalong penerus silat cikalong di cikalong

yap saya setuju dengan kang bradlee, sepertinya memang gan brata menurunkan jurus 7 ini.

cuman kembali apakah memang hanya jurus 7 saja yang diciptakan adakah jurus lain ? mengingat murid H. Ibrahim generasi pertama bukan cuma Gan Brata melainkan ada Gan. Enoh, Gan Obing dan Gan Busrin diantaranya. yang merupakan beberapa tokoh jenius yang ikut serta dalam pengembangan cikalong generasi berikutnya.

apakah sama jurus yang diajarkan ke Gan Brata dengan Gan Enoh, Gan Obing atau Gan busrin oleh H. Ibrahim? Wallohualam bi sawab.



Kang Naga, kayaknya perlu nempel dulu nih ama muridnya Aki Muhidin hehehe.... masih ada kok orangnya di Cianjur... kalo gak salah namanya pak Iyus, beliau hanya belajar ke Gan Muhidin.

Salam
« Last Edit: 19/06/2007 20:31 by Nagapasa »
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: maenpo Cikalong
« Reply #67 on: 19/06/2007 19:49 »
Betul... Rd.H.Tarmidi dianggap sebagai penerus Jalan Tengah.
Jalan Tengah di sini bukan merujuk kepada nama tempat atau nama jalan,
tetapi kepada kaedah bagaimana pasang (kuda-kuda), melewatkan lawan dan menyerang. Jalan Tengah berprinsip menempatkan semuanya di posisi tengah-tengah badan kita sebagai titik nol (pusat). Begitu juga ketika maju ataupun mundur (beberapa tidak mengenal mundur, tetapi malik / berbalik).

Saking kuatnya pengaruh Jalan Tengah, maka ketika Gan Obing melakukan sesuatu yang lain, tehnik Gan Obing itu lalu dikenal dengan nama Jalan Serong.

CMIIW  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #68 on: 19/06/2007 20:37 »

Quote
Jalan Tengah berprinsip menempatkan semuanya di posisi tengah-tengah badan kita sebagai titik nol (pusat). Begitu juga ketika maju ataupun mundur (beberapa tidak mengenal mundur, tetapi malik / berbalik).

memang tidak mengenal mudur, dan hanya mengenal malik atau berbalik yang bedasarkan pada langkah pancer.
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: maenpo Cikalong
« Reply #69 on: 19/06/2007 20:40 »
Betul... Rd.H.Tarmidi dianggap sebagai penerus Jalan Tengah.
Jalan Tengah di sini bukan merujuk kepada nama tempat atau nama jalan,
tetapi kepada kaedah bagaimana pasang (kuda-kuda), melewatkan lawan dan menyerang. Jalan Tengah berprinsip menempatkan semuanya di posisi tengah-tengah badan kita sebagai titik nol (pusat). Begitu juga ketika maju ataupun mundur (beberapa tidak mengenal mundur, tetapi malik / berbalik).

Saking kuatnya pengaruh Jalan Tengah, maka ketika Gan Obing melakukan sesuatu yang lain, tehnik Gan Obing itu lalu dikenal dengan nama Jalan Serong.

CMIIW  ;D

Cikalongan meskipun merupakah salah satu silat tradisional yg paling jelas silsilahnya, tapi disisi kelimuan, bingung mana yg bener2 asli diturunkan dari RH. Ibrahim... :-\ tidak tercampur dg yg lain.... ::)

Soal Gan Obing dg jalan serongnya, yang turun ke Gan Idrus kok masih yg jalan tengah ya..... ??? Ada penjelasan kenapa begitu ???

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #70 on: 20/06/2007 09:23 »
he he he... engak usah bingung uda parewa,

justru kita bersyukur karena para master silat itu sangat jenius dan sangat cerdas, mereka lebih mengenal esensi dari pada pakem gerak dan pada kenyataannya semua sudah tercampur karena mereka semua juga sadar tidak ada yang sempurna.

bagaimana kita mengenal cikaret yang wujudnya sudah sangat berbeda dengan sumber asalnya. Ajengan cikaret pertama belajar adalah Cimande kemudian beliau belajar cikalong sampai akhirnya terciptalah aliran cikaret. dimana Bentuk dan sikap sepintas mirip cimande tapi rasanya ketika usik adalah rasa cikalong.

Karena faktor lingkungan saat itu sangat mendukung, dimana setiap orang yang belajar maenpo adalah juga sodara dan sering juga terjadi cross training maka ilmu maenpo berkembang sangat pesat di cianjur khususnya setelah generasi ke 2 aliran cikalong. setiap orang pasti berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dengan memikirkan faktor pengalaman, Rasa, Analisa terhadap gerakan yang telah di ajarkan (dan sebagian besar memang tidak belajar pada 1 guru saja)

sebenarnya ini juga merupakan buah dari open mainded nya sang maestro H. Ibrahim yang bersedia belajar pada siapa saja bahkan memiliki lebih dari 17 guru. untuk selanjutnya akhirnya beliau menciptakan Cikalong itu sendiri.

nah mengenai kenapa gan idrus masih menurut pendapat saya karena gan idrus basicnya adalah cikalong, nah apa yang di pelajari dari Gan obing adalah unsur unsur lemesnya (leuleusan) karena unsur leuleus ini adanya di sabandar dan gan obing adalah salah satu murid dari sabandar yang juga murid kesayangan H. Ibrahim.

bisa jadi cikalong yang pertama di ciptakan adalah unsur-unsur pelajaran dari H. Ibrahim dari Guru-gurunya (yang jumlah 17 orang) ditambah analisa dan hasil perenungan beliau terutama dari Aliran yang ada (terutama cimande) di tambah dengan kemampuan Tenaga Membendung (dari bang madi) dan kecepatan Gerak menyerang (dari Bang Kari).

Unsur unsur mengalirkan memindahkan/tenaga (tenaga sabandar) mulai ada setelah masuknya perinsip perinsip sabandar yang terjadi akibat adanya cross training dilingkungan praktisi maenpo cikalong generasi pertama. dan ini semakin memperkaya referensi di aliran cikalong.

dan yang luar bisa adalah para maestro sekali lagi menunjukkan bahwa mereka sangat mengutamakan esensi dari bagaimana ulin itu sendiri, daripada hanya sekedar gerak. dan yang menarik mereka tetap masuk pohon besar cikalong dan tidak ada pertentangan atau pertikaian ketika yang lain mengembangkan metoda baru yang ada adalah silaturahmi yang semakin erat.

saya quote tulisan dari R. Obing Ibrahim (alm)
"Padahal sadajana ameng oge henteu aja anoe langkoeng sae atanapi awon, estoe loembrah bae, awon soteh kanggo anoe masih bodo, da kanggo anoe parantos pinter mah tetep saena, teu goemantoeng kana ameng itoe ameng ieu. saha saha anoe kawon nawiskeun jen bodo keneh."

Padahal semua maenan tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, lumrah saja jelek buat yang masih bodoh. untuk yang sudah pintar tetap saja bagus, tidak tergantung pada permainannya. barang siapa yang kalah maka dia masih bodoh.



Cikalongan meskipun merupakah salah satu silat tradisional yg paling jelas silsilahnya, tapi disisi kelimuan, bingung mana yg bener2 asli diturunkan dari RH. Ibrahim... :-\ tidak tercampur dg yg lain.... ::)

Soal Gan Obing dg jalan serongnya, yang turun ke Gan Idrus kok masih yg jalan tengah ya..... ??? Ada penjelasan kenapa begitu ???

Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: maenpo Cikalong
« Reply #71 on: 20/06/2007 09:50 »

Quote
Jalan Tengah berprinsip menempatkan semuanya di posisi tengah-tengah badan kita sebagai titik nol (pusat). Begitu juga ketika maju ataupun mundur (beberapa tidak mengenal mundur, tetapi malik / berbalik).

memang tidak mengenal mudur, dan hanya mengenal malik atau berbalik yang bedasarkan pada langkah pancer.

Asallamu 'alaikum.

Jalan tengah berbalik dengan langkah pancer? wah menarik nih... selama ini saya hanya diajari jalan tengah maju mundur dengan langkah suliwa.

Wassalam.

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: maenpo Cikalong
« Reply #72 on: 20/06/2007 11:22 »
wah kang taufan belajar cikalong juga ya,

boleh dong di share kang, seperti apa langkahnya suliwa kang?

boleh tahu belajar dari siapa kang taufan ini?

Makasih

 8)

Asallamu 'alaikum.

Jalan tengah berbalik dengan langkah pancer? wah menarik nih... selama ini saya hanya diajari jalan tengah maju mundur dengan langkah suliwa.

Wassalam.
« Last Edit: 20/06/2007 11:28 by Nagapasa »
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Maheso_Jenar

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 8
    • Email
Re: maenpo Cikalong
« Reply #73 on: 20/06/2007 14:51 »
he he he... engak usah bingung uda parewa,

justru kita bersyukur karena para master silat itu sangat jenius dan sangat cerdas, mereka lebih mengenal esensi dari pada pakem gerak dan pada kenyataannya semua sudah tercampur karena mereka semua juga sadar tidak ada yang sempurna.

bagaimana kita mengenal cikaret yang wujudnya sudah sangat berbeda dengan sumber asalnya. Ajengan cikaret pertama belajar adalah Cimande kemudian beliau belajar cikalong sampai akhirnya terciptalah aliran cikaret. dimana Bentuk dan sikap sepintas mirip cimande tapi rasanya ketika usik adalah rasa cikalong.

Karena faktor lingkungan saat itu sangat mendukung, dimana setiap orang yang belajar maenpo adalah juga sodara dan sering juga terjadi cross training maka ilmu maenpo berkembang sangat pesat di cianjur khususnya setelah generasi ke 2 aliran cikalong. setiap orang pasti berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dengan memikirkan faktor pengalaman, Rasa, Analisa terhadap gerakan yang telah di ajarkan (dan sebagian besar memang tidak belajar pada 1 guru saja)

sebenarnya ini juga merupakan buah dari open mainded nya sang maestro H. Ibrahim yang bersedia belajar pada siapa saja bahkan memiliki lebih dari 17 guru. untuk selanjutnya akhirnya beliau menciptakan Cikalong itu sendiri.

nah mengenai kenapa gan idrus masih menurut pendapat saya karena gan idrus basicnya adalah cikalong, nah apa yang di pelajari dari Gan obing adalah unsur unsur lemesnya (leuleusan) karena unsur leuleus ini adanya di sabandar dan gan obing adalah salah satu murid dari sabandar yang juga murid kesayangan H. Ibrahim.

bisa jadi cikalong yang pertama di ciptakan adalah unsur-unsur pelajaran dari H. Ibrahim dari Guru-gurunya (yang jumlah 17 orang) ditambah analisa dan hasil perenungan beliau terutama dari Aliran yang ada (terutama cimande) di tambah dengan kemampuan Tenaga Membendung (dari bang madi) dan kecepatan Gerak menyerang (dari Bang Kari).

Unsur unsur mengalirkan memindahkan/tenaga (tenaga sabandar) mulai ada setelah masuknya perinsip perinsip sabandar yang terjadi akibat adanya cross training dilingkungan praktisi maenpo cikalong generasi pertama. dan ini semakin memperkaya referensi di aliran cikalong.

dan yang luar bisa adalah para maestro sekali lagi menunjukkan bahwa mereka sangat mengutamakan esensi dari bagaimana ulin itu sendiri, daripada hanya sekedar gerak. dan yang menarik mereka tetap masuk pohon besar cikalong dan tidak ada pertentangan atau pertikaian ketika yang lain mengembangkan metoda baru yang ada adalah silaturahmi yang semakin erat.

saya quote tulisan dari R. Obing Ibrahim (alm)
"Padahal sadajana ameng oge henteu aja anoe langkoeng sae atanapi awon, estoe loembrah bae, awon soteh kanggo anoe masih bodo, da kanggo anoe parantos pinter mah tetep saena, teu goemantoeng kana ameng itoe ameng ieu. saha saha anoe kawon nawiskeun jen bodo keneh."

Padahal semua maenan tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, lumrah saja jelek buat yang masih bodoh. untuk yang sudah pintar tetap saja bagus, tidak tergantung pada permainannya. barang siapa yang kalah maka dia masih bodoh.



Cikalongan meskipun merupakah salah satu silat tradisional yg paling jelas silsilahnya, tapi disisi kelimuan, bingung mana yg bener2 asli diturunkan dari RH. Ibrahim... :-\ tidak tercampur dg yg lain.... ::)

Soal Gan Obing dg jalan serongnya, yang turun ke Gan Idrus kok masih yg jalan tengah ya..... ??? Ada penjelasan kenapa begitu ???


Kang Naga ... kata2 gan Obing walaupun sederhana tetapi dalam maknanya ...esensinya sama sperti yang dikemukakan oleh perumus AIKIDO tak quote tin ya ...(membuktikan bahwa bangsa kita dari dulu telah memiliki kecerdasan/kejeniusan sosial budaya yang ngak kalah dengan luar)

Do Away with set forms. With the mastery of spirit as your highest principle, pour your heart and soul into the art of takemusu (The generation of spontaneous martial techniques by remaining in accordance with the power and structure of nature), and seek the truth. If you, waver from making the spirit the center of your existence, all techniques and movements are of no use.

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: maenpo Cikalong
« Reply #74 on: 20/06/2007 16:13 »
wah kang taufan belajar cikalong juga ya,

boleh dong di share kang, seperti apa langkahnya suliwa kang?

boleh tahu belajar dari siapa kang taufan ini?

Makasih

 8)


Assalamu 'alaikum.

Langkah suliwa adalah langkah menyerong dengan kuda2 rendah.

Benar kata kang Bradlee, jalan tengah prinsipnya menempatkan center of gravity tepat ditengah. Menurut saya hal ini menghasilkan kuda2 yang paling kokoh dibandingkan dengan jenis kuda2 lainnya.

Sementara itu prinsip langkah pancer adalah pemindahan center of gravity dari satu posisi ke posisi lainnya.

Nah apakah jalan tengah yang menggunakan langkah pancer tidak menyalahi prinsip jalan tengah itu sendiri atau justru melengkapinya?

Saya diajari oleh Pak HM Yosis Siswoyo tapi nggak bisa2 euy... kacian deh gue!
Bila kang Nagapasa mau silaturahmi, silahkan datang ke rumah beliau di Jl. Cijerah 198 Bandung atau ke Padepokan Bandarkarima di Pasir Jaid, Ujung Berung.

Wassalam.

 

Powered by EzPortal