+-

Video Silat


jurus 1 calok selaben / lancor aliran chakra-v
Festival Silat Kampung Jampang - Pusaka Jakarta
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang
Pencak Malioboro Festival - sabeni
a tribute pencak silat
maung lugay sambut performance, Jambore pencak sil
Apakah Pencak Silat termasuk salah satu Budaya Ind
Silat Cingkrik Goning
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Margaluyu Fenomena  (Read 60515 times)

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #90 on: 04/04/2008 13:23 »
Hueibat tenan Ki Sawung dan Boss baruklinting..  [top]
saya sendiri pernah belajar di pranasakti bang Asfanuddin P di Serangan jokja, pada saat ingin menelusuri sejarah keilmuan dapetnya memang dr pak Dan Suwaryono, tetapi setelah digali dari sumber perguruan lain pak Dan memang mendapatkan dr ML cicalengka ini. (hal ini tdk pernah diungkap di Prana Sakti)

Di YK sendiri pak Dan punya 10 murid utama, salah satunya bang Asfan itu. Setelah marak perguruan TD diexpose via majalah Bola era 82-an maka mereka mulai muncul ke permukaan dengan dasar sendiri2. Perguruan yg berakar kepada pak Dan yg besar a.l : Sinar Putih (pak Mudhofar) dan AN Nur (Pak Mitro alm). Kebawahnya aliran bercabang menjadi lebih banyak lagi.. misalnya satria Nusantara dan Silat Tauhid Indonesia. Dr diskusi dengan aliran2 turunan pak Dan tsb mereka saling mengklaim sbg yg berhak/certified utk mendirikan perguruan, cuma satu yg arahnya sangat kental ke keagamaan. yaitu.... (ada deh.... niru2 ki sawung)

Pengalaman make TD?? Wah pernah tapi agak mbeling: Ditangkep Polisi lolos, polisi bingung ndiri (ketangkep ngebut boss... biasalah anak muda, bukan narkoba lho!!), Nonton bioskop (waktu itu MITRA) ga bayar, etc. Pengalaman TD saya  buat fight mah ga bisa dijadikan landasan, waktu itu paralelly saya juga blajar silat dan terus terang waktu di TD, percaya diri kita dibubbling habis2an, jadi waktu ketemulawan belon dilibas dienye ude pade nyingkir... ga tau takut ame energi kite apa ama muke kite nyang kereng kaya satpam!! :). Sekarang?? wah saya ndak tahu apa mase bisa???

baru dipostingan ini saya tahu kalo ML ade jurus silatnya... wah makasih pencerahannye Ki Sawung!!

Santri Ndugal juga ikut nih di PS dan STI... monggo nambahi kalo berkenan

Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #91 on: 04/04/2008 16:50 »
Kang Mantri memang gila bener..tenaga dalam aja dia pernah jadi ketua pelatih putra....tapi dia protes besar katanya dia lebih cuocok melatih wanita.. ;D..Untunglah santri kinasih yang baik hati dapat menghalangi maksud2x terselebung mantrijeron ;D...

Btw, silat tauhid indonesia kan kang mantri tau persis jurusnya jauh banget sama prana sakti dan marguluyu..Kalau pecahannya marguluyu yang saya tau mulai dari pak Dan, ya cuma prana sakti, annur dan sinar putih. Cucunya margaluyu ya satria nusantara, sinar perak, as-syifa'..dll cicitnya marguluyu..ada pecahannya satria nusantara, tetada kalimasada, SPN..dkk..

Tapi semua banyak yang sudah berkembang kemana-mana..sinar perak misalnya..ada silat dan pemecahan benda keras kayak di merpati putih..Kalau setau saya..di marguluyu yogya..gak ada begituan....Terus kalau di Satria Nusantara semua jurus tenaga dalam melangkah maju dan harus melawan, sementara di prana sakti dan sinar putih jurusnya ya..itu undur-undur..

silat permainan marguluyu memang ada...kang mantri kemana aje?..

Anyhow, marguluyu kalau mau diangkat sebagai perguruan induk tenaga dalam di indonesia mungkin masuk akal karena banyak jurus yang berasal dari sana..

 

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 27
  • Posts: 502
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #92 on: 10/04/2008 15:57 »
Assalamu 'alaikum,

Pada PSP Bandarkarima, 10 Jurus Margaluyuan diberikan sebagai salah satu materi pelajaran tingkat Riringkesan. Pak Yosis mendapatkannya langsung saat berguru kepada abah Anda.

Saat saya tanyakan tentang Payung Rosul, seingat pak Yosis tidak pernah disebut2 oleh abah Anda. Nah timbul pertanyaan dalam diri saya, apakah penamaan jurus tersebut langsung diberikan oleh abah Anda atau oleh penerusnya?

Mohon pencerahannya.

Wassalam,
TP

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Sejarah Margaluyu di Malang
« Reply #93 on: 29/04/2008 16:59 »
Mohon Ki Sawung berkenan "ngudal kawruh" sejarah berkaitan perjalanan "pak Saleh" dan sempat menyebarkan Margaluyu di daerah Dinoyo, Malang.

Terus terang saya lagi penasaran melacak sejarah salah satu perguruan tenaga dalam yang cukup besar berpusat di malang... karena model kesepuluh jurusnya identik banget. Nanti saya uraikan lebih detil soal perguruan ini...saya lupa naruh filenya :-D

Nah saya pernah baca..lupa dimana...bahwa Margaluyu sempat mampir di Malang... apakah perguruan yg saya maksud sebenarnya turunan margaluyu juga..

Thanks banget Ki..
« Last Edit: 27/08/2008 13:30 by pastorbonus »
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #94 on: 30/04/2008 11:09 »
cerita ini yg kumaksud ...

Pada th 1952 M. Sholeh (Mang Aleh) dengan membawa kuasa resmi dari Bp.S. Adadinata merantau ke Karangnongko,Giripeni,Kulon Progo menyusul kerabatnya yg telah ada disitu ( Pak Sudia) yg punya pabrik krupuk disitu M.Sholeh tinggal sambil nyambi jadi tukang sepatu sekalian mengajarkan ML sebatas keluarga,baru pada 1953 diajarkan keluar,salah satu muridya adalah Bp.Sumopawiro ,Bp.Wakimin Hs( ML Wates Angkatan ke 2 dan di HARKAT lansung oleh Bp.Andadinata sampai sekarang masih ada dan menjadi sesepuh di Jogja) dan dihadiri oleh Ibu.Sukaesih (ibu Andadinata), Bp.Andi Rohaendi. (Mang Adi)

Pak Shaleh merantau lagi di Dinoyo, Malang, Jatim (<---- siapa saja yg diajar trus kelanjutannya gimana?) dan mengajarkan disana sehingga sampai ke Surabaya, di Wates pelatihan dilanjutkan Oleh P.Sumo punya murid al.Warsono, Mujiarto, Sriwarsito, Srihadi dll.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #95 on: 30/04/2008 15:41 »
Kisawung, kang mantrijeron & para pendekar sekalian..
Filenya dah ktmu..perguruan yg kumaksud Teratai Tunjung dan udah ta bukain new  topic..trima kasih atas pencerahannya.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #96 on: 06/05/2008 10:58 »
wadoh padha sibuk smua ya...

gimana para pinisepuh pemegang sejarah... ada yg bisa bantu mengenai perjalanan margaluyu sampe ke tanah dinoyo, malang???

kisawung lg memperdalam ilmu ne...

kalo perjalanan ke surabaya dah dapat sambungannya.. yaitu murid dari Pak Dan yg bernama Eddy Surohadi, beliaunya jadi dokter trus mengembangkan margaluyu ke arah terapi tenaga dalam dan akhirnya mendirikan perguruan sendiri bernama "Tetada Kalimasada" berpusat di sby.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #97 on: 14/06/2008 13:39 »
Ngobrol dikit ah, ke arah silatnya Margaluyu.  :P

Kalau bicara silat yang asli dipunyai Abah Anda adalah silat Peksi Muih. Silat ini cukp dikenal di daerah Sumedang, dan biasanya dipelajari oleh keluarga ajengan di Sumedang.

Silat Peksi Muih ini sangat unik dan cukup rumit dipelajari, karena gerakannya yg berputar2 mengikuti kaedah tertentu. Dalam beberapa sisi silat ini mirip dengan banyak bela diri yang ada di dunia. Kemiripannya antara lain;

- Ada gerakannya yg mirip Tehnik Bela Diri Thailand yg terdiri dari 12 jurus, yg pernah diperlihatkan Mas Oong.
- Waktu Uda Alda pernah lihat gerakan ini sekilas, ada unsur yg mirip dengan Taichi (kata Uda).
- Waktu berapa kali demo bertarung dgn Peksi Muih, banyakan pada komenta mirip dengan aikido, malah saya dituduh belajar aikido padahal gak pernah belajar. (Gak ada waktu dan uangnya  :D)

Yg pasti Silat ini tidak punya pukulan dan tendangan, prinsip silat ini adalah putaran dan olah rasa.

Salah satu silat lain Margaluyu lainnya yg punya prinsip mendekati Peksi Muih adalah "Letter O" hanya saja bentuk tenaga sedikit berbeda. Jika kita serang silat Peksi Muih maka kita akan merasa masuk ke dalam pusaran, tenaga kita serasa berputar kembali ke diri kita sendiri. Sedangkan jika kita serang Letter O, tenaga kita tiba2 amblas, lenyap, dan tiba2 ada suatu tembakan dari dalam menyerang kita.

Kayaknya cukup sekian dulu deh ngobrol silatnya. Kapan2, saya lanjut sama silat Margaluyu lainnya. 

 
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

mapioso

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 21
  • Reputation: 2
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #98 on: 01/07/2008 17:26 »
dilanjut bang rama ceritanya  :)

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #99 on: 23/07/2008 21:31 »
udah lama gak hadir....jadi kangeeen niih....dilanjut lagi kang Rama pemaparannya... [top] [top]

salam
simpay

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #100 on: 29/07/2008 16:52 »
Seulah Erih
Seulah Erih adalah silat yang dibawa oleh Pa Idit Djunadi (sesepuh Margaluyu Pusat) ketika dia (atas perintah Abah Anda) belajar silat pada Ajengan Kyai di kampung Seulah Erih, Cianjur. Jadi seulah erih ini bukanlah silat yang berasal dari Abah Anda, melainkan didapat dari salah satu dari 9 guru Pa Idit Djuanidi lainnya.

Latar Belakang Pa Idit ke Kampung Seulah Erih

Margaluyu Pusat sampai dengan sekarang adalah anggota PPSI Jawa Barat, sebagaimana layaknya anggota MLP juga turut diundang dalam pertandingan resmi yang diadakan PPSI pada masa itu. Singkat cerita, Abah Anda mengutus murid Pa Idit untuk turut serta dalam pertandingan tersebut. waktu itu MLP hanya ikut dalam perlombaan Pasang Giri (sebab untuk tanding tarung, peraturannya belumlah jelas).

Bermodal silat Peksi Muih, MLP ikut serta dalam pertandingan tersebut mengikuti aturan yang berlaku pada masa itu. Sayangnya silat Peksi Muih yang dibawakan MLP pada masa itu kalah dalam penilaian juri  :'( :'(, alasan juri adalah Peksi Muih adalah silat yang tak jelas maksud dan tujuannya, dalam gerakannya tidak pukulan, tendangan, dan macam serangan lainnya, yang ada hanya "kembangan" yang berputar-putar tak menentu.

Karena kecewa terhadap penilaian juri atas Silat Peksi Muih, maka Abah Anda meminta Pa Idit untuk belajar silat di guru2 lain. Silat yang jika diibingkan memiliki nilai di mata juri, sebab pola serangannya terlihat. Inlah yang menjadi lasan Pa Idit belajar silat Seulah Erih.

Sepintas Seulah Erih

Seulah Erih dalam permainan ibingannya terbagi atas 2 set;
- Set pertama disebut Palaredan karena dimainkan dalam irama palaredan.
- Set kedua disebut sebagai Seulah Erih dimainkan dalam irama tepak 2. Didalamnya ada 3 Pak Dundung.

Dalam Palaredan, gerakan silatnya mengalir tiada putus, permainan Suliwa sangat ditekankan dalam palaredan ini. Gerkan palaredan termasuk lembut tetapi dinamis, pukulan dan tendangan dilancarkan setelah gerakan menepis atau menangkis. Secara keseluruhan Palaredan ini termasuk silat pendek, artinya perubahan jurus2nya tidak banyak, hanya mengulang2 gerakan intinya.

Dalam Seulah Erih gerakannya terlihat cepat, lugas, dan agresif. Serangannya bertubi-tubi, tidak memberi kesempatan bagi musuh untuk balas menyerang. Gerakan Seulah Erih seakan berpedoman pada "dikasih 1, dikembalikan 3", jadi 1 serangan musuh dibalas 3 kali serangan Seulah Erih.

Seulah Erih di Margaluyu Pusat

Seulah Erih boleh dikatakan silat yang paling banyak diajarkan kepada warga Margaluyu Pusat. Ini tidak terlepas dari peran Pa Idit sebagai pelatih pusat untuk Silat di MLP. Berkat Seulah Erih akhirnya Margaluyu dapat menjadi juara dalam pertandingan Pasang Giri yg diadakan PPSI berikutnya.

Selain itu dengan Seulah erih juga akhirnya Pa Idit ikut serta dalam kejuaran pertandingan tarung yang diadakan PPSI. Boleh dibilang sepanjang pertarungan Pa Idit hanya mengandalkan Seulah erih untuk jadi juara.

Begitu juga dalam pengembaraan dan pengalamannya menjadi instruktur militer, Seulah Erih lah yang banyak dipakai dalam pertarungan di jalanan, dan digunakan untuk mengajar militer. Sekalipun Pa Idit memiliki beberapa macam ilmu silat lain dari guru-guru yang berbeda, tetapi Seulah Erih lah yang selalu dijadikan contoh jika diajak bercerita mengenai Silat di Margaluyu Pusat.

kayaknya sgitu dulu ceritanya, ntar saya bakal bahas Silat Margaluyu lainnya, termasuk pengalaman saya dalam mencari "usikan di jurus margaluyu pusat", perjalanan yang membawa saya menuju ke salah satu akar Margaluyu yaitu Cikalong dan Sahbandar.

17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

Ganesu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 31
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #101 on: 30/07/2008 07:31 »
permisi numpang tanya :)
kalo boleh tau belajar nya berapa lama ya ?
kira2 sampai tingkat I. makasih

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #102 on: 30/07/2008 21:16 »
Seulah Erih

kayaknya sgitu dulu ceritanya, ntar saya bakal bahas Silat Margaluyu lainnya, termasuk pengalaman saya dalam mencari "usikan di jurus margaluyu pusat", perjalanan yang membawa saya menuju ke salah satu akar Margaluyu yaitu Cikalong dan Sahbandar.




salas
Yang berakar ke cikalong dan sahbandar itu jurus silat mlp atau atau jurus TDnya?


yang diambil dari cikalong dan sahbandar itu bentukan jurusnya, rasa atau kaidahnya?


wah asik nih bang, mohon dibabar...


salam sayang

mega naruto
besok kamis latihan yuk di mega...

Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #103 on: 31/07/2008 16:52 »
permisi numpang tanya :)
kalo boleh tau belajar nya berapa lama ya ?
kira2 sampai tingkat I. makasih
Tergantung kerajinan dan keuletan mas dalam mempelajarinya, Standar yang sudah di bakukan sih 70X pertemuan, tapi ga bisa di jadikan patokan. Kalo mas sudah "berbakat" sejak awalnya, mungkin saja sebelum 70X pertemuan sudah di harkat, nah kalo rada2 susah (kurang berbakat) mungkin saja akan jadi lebih lama proses harkatannya. :)

Setahu saya dalam margaluyu tidak ada tingkatan/level/sabuk. Semuanya statusnya sama. Yah mas tinggal pilih aja, mau belajar silatnya atau TD nya saja, atau mau dua2nya. Lebih bagus sih dua2nya, soalnya sdh semakin jarang yang menguasai silatnya :'(. Sayangnya kebanyakan tertarik pada TD, padahal abah andadinata dan pak idit selain menguasai TD nya juga menguasai silatnya,kenapa kita tidak? :)

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Margaluyu Fenomena
« Reply #104 on: 31/07/2008 16:59 »
Kalau saya dalam margaluyu lebih tertarik ke silatnya, terutama letter o, sayang ga dikasih semuanya :'(

Kalau boleh di bilang, silat dalam margaluyu itu, pola bertarungnya dalam jarak dekat (close combat), jika diperhatikan dan dirasakan lebih lanjut justru di dalam silat margaluyu banyak keunikan yang mirip dgn beladiri import, seperti kata mas P-Muda peksi muih sangat mirip dgn aikido yang memanfaatkan alir tenaga lawan. Ada lagi seula eurih yang mirip dgn wingchun, ada lagi yang menggunakan hantaman badan seperti baji quan dan xinyiliuhe quan, ada lagi yang dibuat mutar2 spt baguazhang/pakua chang. Pokoknya lengkap deh.

Sayangnya ga ada yang tamat di pelajari, masalah waktu, jarak dan niat :D

 

Powered by EzPortal