Forum > Aliran Pencak Silat

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA

(1/4) > >>

zvprakozo:
Bismillahirrahmanirrahim ...

Assalamualaikum Wr.Wb.

Mohon maaf sebelumnya saya ingin sedikit Memperkenalkan Silat Keluarga yang sedang saya lestarikan, yaitu perguruan SANDEKALA

berawal waktu say akecil pernah sedikit berlatih silat dari guru saya (muarid paman saya), yang kemudian hanya bertahan sedikit dan kemudian terlupakan. yang kemudian saya tergugah kembali ketika saya ngobrol berdua dengan ua (paman/om) saya yang kebetulan merupakan salah satu Guru Besar SANDEKALA yang bercerita bahwa SANDEKALA terancam punah, karena tidak diturunkan ke keluarga ataupun yang lainnya, kalopun ada, tidak semua ilmu diturunkan. berangkat dari sana saya dan saudara saya bertekad ingin mempertahankan budaya keluarga sekaligus budaya silaturahmi antar keluarga.

sebenarnya silat ini adalah penggabungan dan pengkolaborasian antara silat buhun (kolot) dan modern, karna paman saya waktu muda termasuk orang yang sering keliling perguruan silat buhun (kolot) di indonesia (khususnya tatar sunda)

SANDEKALA itu sendiri bukan berarti nama JIN yang selama ini orang2 ketahui, tetapi SANDEKALA itu sendiri adalah singkatan yaitu SYAHBANDAR, CIMANDE, KARI, LANGKAH , yang memiliki moto "MAHIR-BERANI-TANGKAS-SELARAS-BERBUDI LUHUR"

dan bukan hanya sahbandar, cimande, kari dan langkah saja yang terdapat di sandekala, tetapi ad juga pengaruh jurus cikalong, gaya MAENPO Peupeuhan (adung rais) dll.

dan pernah paman saya bertemu dengan petualang silat dan sharing gerakan, beliau mengomentari bahwa jurus yang dipakai ternyata termasuk gerakan kuno (sudah jarang terlihat) wallohualam (semoga kenyataannya masih banyak yang melestarikan)

dan insya Alloh mudah-mudahan Alloh memberikan saya dan keluarga saya kesehatan sehingga Silat yang menjadi budaya Asli indonesia ini bisa terus bertahan dan berkembang tanpa kehilangan jati diri masing-masing perguruan. sudah hampir 10 tahun lebih SANDEKALA tidak diajarkan ke orang lain, hanya ad satu murid paman saya yang sampai sekarang masih eksis melatih, itupun muridnya terberai karena tuntutan pekerjaan masing-masing sehingga tidak pernah latihan lagi.

HORMAT SAYA ke semua perguruan yang ad di Indonesia, dari sabang sampai merauke. mohon Do`a dan bimbingannya

SALAM SILAT ..... !!!!

Mohon maaf sekali lagi saya hanya ingin berkenalan dengan para suhu yang ad di indonesia, senang bisa bergabung di forum ini :D

samber gledek:
Mas Zyprakoso bisa cerita sejarah perguruan ? salam

Fanani:
di daerah manakah perguruan silat ini? apakah orang luar boleh belajar di perguruan ini?

Bayu Umbara:
Ayo kang zvprakozo dibabar lebih dalam,saya juga sangat penasaran kalau baca sekilas tentang unsur2 aliran silat sunda yg ada didalamnya, dimana nih lokasinya, dibandung ada ga, pengen silaturahmi langsung kang
terima kasih
salam

harunhdr:
Ditunggu bahasannya lebih lanjut

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version