+-

Video Silat

Shoutbox

07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)  (Read 236665 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #15 on: 10/03/2009 19:03 »
Salam Hormat saya, ke Wak Haji Guru... [top]

Bade ngiringan menyimak...

Cag,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #16 on: 10/03/2009 19:23 »
Salam Hormat saya, ke Wak Haji Guru... [top]

Bade ngiringan menyimak...

Cag,

heg geura palikiran. .. :)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #17 on: 10/03/2009 19:50 »
He he he ah aki sija mah bisa wae :).

perbedaan utama maenan dari gan uweh sama gan didi apa atuh ki? seperti jurus gedig itu apakah dari cikalong atau dari aliran laen ?

punten kumawantun naros, maklum sok panasaran :)

Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #18 on: 10/03/2009 20:31 »
He he he ah aki sija mah bisa wae :).

perbedaan utama maenan dari gan uweh sama gan didi apa atuh ki? seperti jurus gedig itu apakah dari cikalong atau dari aliran laen ?

punten kumawantun naros, maklum sok panasaran :)



Ieu mah sakadar pandangan aki

Tadi juga sebenarnya harus sudah dimengerti, tapi ngga apa-apalah klo mau lebih jelas mah.
Gan Didi itu blajar dasarnya dari ulin isi, dia termasuk seorang yang luhung dalam ilmu silat isi tapi dia juga sangat berbakat dalam mengembangkan seni ibing silat.  Jadi kalau dia tampil di panggung memainkan ibing pasti sangat bagus sebab didukung kemampuan silat isinya yang luhung tadi, dan panjang crita kata orang-orang dulu kalau ada orang masuk makalangan tidak ada yang mampu menghadapinya.
Ari Gan Uweh....... begitu ajah, dia seorang ahli isi
Kitu meureun.

Puas ngga yah??? :D

Ari gedig mah, aki juga teu neuleuman.   x-))

ontoseno

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 68
  • Reputation: 2
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #19 on: 11/03/2009 06:32 »
salam kenal ki, dari ponakan jauh dibetawi.
 
kalo paguron pancer bumi ini apakah dibuka untuk umum secara  moderen kayak beladiri jepang dan ade sabuk dan tingkatan. ape tetep secara tradisional...

 

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #20 on: 11/03/2009 13:19 »
Cikalong Parguron Pancar Bumi.. khan ada pelatihannya di padepokan tmii setiap sabtu....

pelatihannya sebenarnya masih secara tradisional ... tapi yang jelas murid-muridnya udah modern  ya wak guru ya?

hehehehehhehhehehe... [lucu]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #21 on: 11/03/2009 16:55 »
Cikalong Parguron Pancar Bumi.. khan ada pelatihannya di padepokan tmii setiap sabtu....

pelatihannya sebenarnya masih secara tradisional ... tapi yang jelas murid-muridnya udah modern  ya wak guru ya?

hehehehehhehhehehe... [lucu]

ya begitulah.... Gurunya juga modern juga kok...  [top]

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #22 on: 11/03/2009 17:02 »
Cikalong Parguron Pancar Bumi.. khan ada pelatihannya di padepokan tmii setiap sabtu....

pelatihannya sebenarnya masih secara tradisional ... tapi yang jelas murid-muridnya udah modern  ya wak guru ya?

hehehehehhehhehehe... [lucu]

ya kira-kira  begitulah.... Tapi Gurunya juga modern  kok...  He.. he... [top]

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
JURUS dalam PABUCI
« Reply #23 on: 11/03/2009 19:23 »
Sebagai tahap awal pembelajaran silat suatu perguruan (paguron) umumnya diberi pengetahuan pelajaran jurus, begitu pula di PABUCI mulai diperkenalkan 10 jurus, yaitu :
1.   Jurus
2.   Suliwa
3.   Serong
4.   Kocet
5.   Susun
6.   Tomplok
7.   Lipet potong
8.   Jurus 7 atau jurus 5
9.   Potong serong
10.   Serut
Jurus yang pertama kebetulan namanya sama, yaitu “jurus”.
Mari kita simak “jurus”…..

Gerakannya :
1.   Bediri tegak dengan pandangan ke depan angkat kedua belah tangansimpan masing-masing di samping dada dengan posisi telapak tangan membuka ke atas.
2.   Turunkan badan (sunda : rengkuh)
3.   Langkahkan kaki kanan ke depan, langsung berhenti (stop)
4.   Rojokkan tangan kanan ke depan dengan posisi awal ujung tangan kebuka ke atas dijalan diputar, akhirnya di ujung gerakan menjadi telungkup (telapak tangan terbuka ke bawah)
5.   Tangan kembali ke posisi semula di samping dada
Catatan : Tadi baru gerakan yang sebelah kanan, kemudian teruskan giliran gerakan bagian sebelah kiri.
Dalam aliran Cikalong kesemua jurus (10 jurus) dilakukan gerakan sebelah kanan dan sebelah kirinya.

Makna :
           Jurus berasal dari kata “jujur” dan “lurus” orang Sunda mengatakan itu peribahasa kirata, yaitu sing jujur, sing lurus.  Perilaku awal “sing jujur” artinya dalam menuntut ilmu kita diharuskan menunjukkan kesemangatannya, keseriusannya, juga harus berperilaku baik,  tidak menengok kiri dan kanan. “Sing lurus” juga kita tidak melakukan sikap-sikap yang salah apalagi merugikan bagi orang lain seperti menyakiti, menipu, korupsi, dll.

Penjabarannya:
1.   Berdiri tegap, artinya dihati dicamkan dengan niat yang baik, mudah-mudahan kalau diawali dengan niat baik kita mendapat paha dari Allah SWT. Pandangan ke depan, menerapkan optimisme, mudah-mudahan cita-cita tercapai.
2.   Rengkuh, artinya merendahkan diri untuk memperlihatkan sopan santun, etika dengan kesan tidak angkuh.
3.   Melangkahkan kaki terus berhenti, artinya memperhatikan kesiapan kita apakah bekalnya sudah suap, lengkap dan mantap? Yang ditinggalkan juga cukup dan tidak ada masalah (misalnya di rumah kompor sudah dimatikan, pintu sudah dikunci atau dititipkan, dll) sehingga kita mendapatkan ketenangan dan percaya diri.
4.   Rojokan, artinya baru tujuan kita dilaksanakan.
5.   Kembali ke posisi asal, artinya kalo sudah selesai tugas, kita jangan lupa kembali.


Jurus ke dua : Suliwa (disusul sing kabawa)

To be continue…..   [run]



ery

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 126
  • Reputation: 31
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #24 on: 11/03/2009 19:37 »

Assalamu'alaikum WR WB Aki Sija yang kami hormati,

Selamat datang di forum dunia maya ini, baru beberapa tulisan saja sudah terasa banyak manfaatnya  [top]

Terimakasih banyak, insya Allah kami siap menyimak
Lifetime Student of Martial Art

nizar

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #25 on: 11/03/2009 21:15 »
terima kasih atas keihklasannya membagi ilmu ... barakallah ...

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #26 on: 12/03/2009 04:08 »
alhamdulilah, ternyata gabung di Sahabatsilat.com banyak manfaat dan ilmunya, terimakasih aki sija yang telah sudi membagi ilmunya disini, mudah mudahan menjadi amal salih.

nagapasa
*siap menyimak dan menerima ilmu sambil duduk di pojokan
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Patih Gajahmada

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
    • Email
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #27 on: 12/03/2009 05:38 »
wooowwww ada mantap juga penjelasannya..... terimakasih banyak atas penjelasannya..........

Ternyata ilmu tradisional sangat memiliki makna yang mendalam....... [top]  [top]

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #28 on: 12/03/2009 05:42 »
Aduh bagja Aki kersa rurumpahan kadieu. Nyuhunkeun widina Aki ieu abdi, ngiring ngalap elmu di dieu  [top] [top] [top]

(Wah senang Aki mau berkunjung ke sini. Minta izin dari Aki untuk ikut belajar di sini)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR)
« Reply #29 on: 12/03/2009 08:19 »
Kalau nuntut ilmu ngintip-ngintip dari luar tanpa masuk ke dalam ngenalin diri rasanya kok kurang sopan ya? Begitu juga kalau cuma baca-baca diem-diem tanpa lebih dulu hatur salam ... Kesannya kayak nyuri... ???

Jadinya saya terdorong untuk ikut ngisi absensi  :) Hadiiiiirrrrrr.....

Terima kasih atas penjabarannya yang murah hati, Aki Sija, saya duduk bareng yang lain sambil pegang catetan...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

 

Powered by EzPortal